Ragam Hias (Ornamen)

Top PDF Ragam Hias (Ornamen):

Penerapan Ragam Hias Pada Bahan Keras

Penerapan Ragam Hias Pada Bahan Keras

Indonesia memiliki kekayaan dalam seni ragam hiasnya yang sangat beragam. Ragam hias melambangkan makna bagi masyarakat pendukungnya. Ragam hias diterapkan pada bangunan rumah, pusaka, perhiasan, pakaian, peralatan rumah tangga, serta alat-alat untuk keperluan adat dan upacara. Ragam hias memiliki makna dan simbol berbeda, baik bentuk maupun ornamen yang dibuat. Ornamen bunga teratai misalnya melambangkan keagungan. Bunga melati melambangkan kesucian. Di bawah ini terdapat beberapa ragam hias yang diterapkan pada beberapa benda dengan bahan yang berbeda.
Baca lebih lanjut

14 Baca lebih lajut

PERANCANGAN SELENDANG BATIK TULIS DENGAN SUMBER IDE ORNAMEN RAGAM HIAS RUMAH GADANG TRADISI MINANGKABAU

PERANCANGAN SELENDANG BATIK TULIS DENGAN SUMBER IDE ORNAMEN RAGAM HIAS RUMAH GADANG TRADISI MINANGKABAU

Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT atas berkat, rahmat dan karunianya- Nya, sehingga Tugas Akhir yang berjudul “ Perancangan Selendang Batik Tulis Dengan Sumber Ide Ornamen Ragam Hias Rumah Gadang Tradisi Minangkabau” dapat terselesaikan. Pengantar karya ini disusun untuk memenuhi sebagian Persyaratan guna melengkapi gelar sarjana seni jurusan Kriya Seni / Tekstil Fakultas Sastra dan Seni Rupa.

16 Baca lebih lajut

KOMBINASI BENTUK RAGAM HIAS TRADISIONAL KARO DALAM PENCIPTAAN MOTIF DASAR RAGAM HIAS KARO BARU.

KOMBINASI BENTUK RAGAM HIAS TRADISIONAL KARO DALAM PENCIPTAAN MOTIF DASAR RAGAM HIAS KARO BARU.

Proses penciptaan karya diawali dari penelitian keberadaan ornamen tradisional Karo, dengan hasil penelitian yang ditemukan 66 jenis ornamen. Inovator hanya mengaplikasikan 15 jenis ornamen untuk dikembangkan menjadi bentuk ragam hias Karo baru. Dari hasil pengembangan inovator menciptakan 13 motif ragam hias Karo baru yang di desain mulai dari tekhnik manual (sket), kemudian tekhnik digital dengan menggunakan program Photoshop CS5. Pada pembahasan hasil karya, inovator membahas secara terperinci, mulai dari unsur garis, bidang, bentuk, warna, dan tekhnik digital yang digunakan dalam proses pembuatan karya. Hasil penciptaan karya motif ragam hias Karo baru dikembangkan dalam bentuk yang lebih modern dan minimalis sehingga bisa diseimbangkan dengan perkembangan seni saat ini.
Baca lebih lanjut

40 Baca lebih lajut

Menggambar Ragam Hias Flora Geometris Figuratif Fauna Prosedur Alat dan Bahan Teknik Pola Susunan Motif

Menggambar Ragam Hias Flora Geometris Figuratif Fauna Prosedur Alat dan Bahan Teknik Pola Susunan Motif

Ragam hias atau ornamen merupakan bentuk karya seni rupa yang sudah ber- kembang sejak zaman prasejarah. Indonesia sebagai negara kepulauan memiliki banyak ragam hias. Ragam hias di Indonesia di- pengaruhi oleh faktor lingkungan alam, flora dan fauna, serta budaya masing- masing daerah. Keinginan untuk menghias merupakan naluri atau insting manusia. Selain itu, pembuatan ragam hias juga di- dasarkan atas kebutuhan masyarakat baik yang bersifat praktis maupun yang ter- kait dengan kepercayaan atau agama. Ada ragam hias memiliki makna simbolis karena mengandung nilai-nilai budaya masyarakat pendukungnya. Meng gambar ragam hias dapat dilakukan dengan stilasi (penggayaan) dengan menyederhanakan bentuk objek yang menjadi sumbernya dengan pertimbangan keindahan. Selain itu, gambar hias juga harus disesuaikan dengan fungsinya.
Baca lebih lanjut

15 Baca lebih lajut

Bab 2 Menggambar Ragam Hias

Bab 2 Menggambar Ragam Hias

Ragam hias atau ornamen merupakan bentuk karya seni rupa yang sudah berkembang sejak zaman prasejarah. Indonesia sebagai negara kepulauan memiliki banyak ragam hias. Ragam hias di Indonesia dipengaruhi oleh faktor lingkungan alam, lora dan fauna, serta budaya masing-masing daerah. Keinginan untuk menghias merupakan naluri atau insting manusia. Selain itu, pembuatan ragam hias juga didasarkan atas kebutuhan masyarakat baik yang bersifat praktis maupun yang terkait dengan kepercayaan atau agama. Terdapat ragam hias memiliki makna simbolis karena mengandung nilai-nilai budaya yang terdapat di masyarakat pendukungnya. Menggambar ragam hias dapat dilakukan dengan stilasi (penggayaan) dengan menyederhanakan bentuk objek yang menjadi sumbernya dengan pertimbangan keindahan. Selain itu, gambar hias juga harus disesuaikan dengan fungsinya.
Baca lebih lanjut

15 Baca lebih lajut

KAJIAN RAGAM HIAS BATIK LASEM MASA KINI.

KAJIAN RAGAM HIAS BATIK LASEM MASA KINI.

menggunakan garis calligraphic mark …………………. 76 Gambar 27 Ragam hias utama batik lasem sekar jagad …………….. 77 Gambar 28 Ragam hias isen batik Lasem sekar jagad ………………. 78 Gambar 29 Ragam hias tepi (geometris) batik Lasem sekar jagad ….. 78 Gambar 3 0 Skema warna split-komplementer batik Lasem sekar

17 Baca lebih lajut

ragam hias kreasi utuh

ragam hias kreasi utuh

Atas dasar permasalahan tersebut, sebagai langkah awal yang perlu diperbahrui adalah pemahaman ragam hias di lingkungan akademik. Hal ini dilakukan selain untuk memperbaharuai pemahaman ragam hias mahasiswa selama ini, juga menyadari betul bahwa kampus sebagai pusat dan sumber penyebaran pengetahuan. Selain itu, dengan pembaharuan ini diharapkan mahasiswa lebih kreatif dalam menciptakan ragam hias yang relatif baru, sehingga akan memperkaya khasanah ragam hias tradisional; yang sudah terhampar diseluruh pelosok nusantara. Dalam tulisan yang sedrhana ini disodorkan sebuah pemikiran tentang perlunya redefinisi terhadap pemahaman ragam hias yang berkembang saat ini. Hal ini dilakukan terutama terkait dengan pemahaman mahasiswa tentang ragam hias yang selalu menghadirkan motif-motif klasik atau tradisional dalam menghias berbagai produk kerajinan yang dibuatnya.
Baca lebih lanjut

59 Baca lebih lajut

Menerapkan Ragam Hias pada Bahan Kayu

Menerapkan Ragam Hias pada Bahan Kayu

Ragam hias diterapkan pada per muka- an bahan kayu yang berbentuk bidang dua dan tiga dimensi. Penerapan ragam hias pada bahan kayu ini dilakukan dengan menggambar atau mengukir. Penerapan ragam hias pada bahan kayu juga terdapat pada benda-benda seni kerajinan daerah seperti tameng dan topeng. Ragam hias ini dikerjakan dengan cara digambar kemudian diberi warna.

11 Baca lebih lajut

Menerapkan Ragam Hias pada Bahan Tekstil

Menerapkan Ragam Hias pada Bahan Tekstil

Bentuk ragam hias dapat diaplikasikan pada media tekstil, salah satunya adalah dengan menggunakan teknik menggambar. Menggambar pada bahan tekstil kaos menjadi pilihan yang bisa dilakukan. Pewarnaan bisa dilakukan dengan menggunakan cat tekstil atau cat sablon. Proses pem buatannya dapat menggunakan kuas dan diberi campuran beraneka warna.

10 Baca lebih lajut

Silabus Mata Kuliah Ragam Hias Tradisional

Silabus Mata Kuliah Ragam Hias Tradisional

100 menit 12 Karakteristik visual dan tekstual ragam hias Mendut. 100 menit 13 Karakteristik visual dan tekstual ragam hias Mojopahit . 100 menit 14 Karakteristik visual dan tekstual ragam hias Cirebon. 100 menit 15 Karakteristik visual dan tekstual ragam hias Pekalongan. 100 menit 16 Karakteristik visual dan tekstual ragam hias Yogyakarta. 100 menit

3 Baca lebih lajut

Pengembangan Pola Ragam Hias Trowuli

Pengembangan Pola Ragam Hias Trowuli

Pengembangan pola ragam hias Trowuli yang berinspirasi dari gerabah Majapahit ini adalah satu dari beberapa upaya peneliti dalam rangka melestarikan seni dan budaya Indonesia, memberikan kebanggaan akan kebesaran negara Indonesia bahwa bangsa ini tidak kalah dengan bangsa asing. Ragam hias yang merupakan transformasi dari bentuk tiga dimensi ragam hias yang terdapat pada gerabah Majapahit menjadi dua dimensi dalam bentuk ilustrasi berbasis vector dengan mempertimbangkan kemampuannya untuk diaplikasikan dalam ukuran yang tidak terbatas dengan kualitas gambar yang tetap terjaga. Pengapilkasikan ragam hias dalam beberapa konfigurasi disertai pengaplikasian kombinasi dari warna-warna bernuansa energetic adalah hasil dari satu dari beberapa eksperimentasi yang dilakukan untuk menciptakan ragam hias dengan nuansa bergaya kontemporer.
Baca lebih lanjut

10 Baca lebih lajut

Ragam Hias Tradisional

Ragam Hias Tradisional

Ragam hias merupakan pola hias yang dibuat dengan digambar, dipahat, dan dicetak, untuk dengan digambar, dipahat, dan dicetak, untuk mendukung meningkatnya kualitas dan nilai pada suatu benda atau karya seni. Ragam hias juga merupakan perihal yang akan menyertai bidang gambar (lukisan atau jenis karya

71 Baca lebih lajut

KREASI RAGAM HIAS UIS BARAT.

KREASI RAGAM HIAS UIS BARAT.

Sesuai dengan rumusan masalah yang dikemukakan di atas maka penelitian ini akan menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Secara kualitatif akan dipaparkan data tentang aktualitas mengenai estetika atau keindahan ragam hias uis ragi barat, diawali bentuk-bentuk ragam hias desain struktur (structual design), pemilihan material kain, zat pewarna tekstil, hingga proses pembuatan tenunan uis (finishing). Maksud metode kualitatif di sini adalah membuat percobaan desain tekstil khususnya uis ragi barat secara manual sebab ada perbedaan antara desain tekstil uis ragi barat klasik dengan kreasi baru uis ragi barat. Sehingga penelitian ini dapat mengenal secara mendalam mengetahui bentuk ciri khas kain tradisional uis ragi barat batak karo baik itu dari bentuk tekstur, warna, ragam hias, teknik pembuatan, dan pengaplikasian tekstil tradisional uis.
Baca lebih lanjut

20 Baca lebih lajut

3.RAGAM HIAS DAN WARNA SEBAGAI SIMBOL moejiono

3.RAGAM HIAS DAN WARNA SEBAGAI SIMBOL moejiono

bangunan yang ada pada dasarnya adalah termasuk dalam Arsitektur Tradisional berornamen baik yang ada di dinding, di pintu, di jendela bahkan bisa keluar dihalaman, yang kesemuanya didasarkan pada mitos orang- orang Tionghoa. Ornamen yang ditampilkan bermacam-macam meliputi motif flora, fauna, geometris, fenomena alam, bahkan sampai tema-tema legenda yang terkenal. Gaya orientalnya sangat kuat ditandai dengan penggunaan material kayu, kertas pelapis dinding, dengan warna-warna dominan merah, coklat tua dan emas, yang dimunculkan dalam disain interiornya termasuk penggunaan ornamen dalam bentuk ukiran seperti naga, singa dan lain-lain. Dari motif flora yang sering muncul seperti bunga lotus, bunga teratai, bambu, beringin, dan lain-lain yang selain tampil dalam bentuk ukiran, sering juga tampil dalam bentuk lukisan.
Baca lebih lanjut

6 Baca lebih lajut

BAB II Tinjauan Pustaka 2.1. Pengertian Kaligrafi - Analisis Kaligrafi ( Al-Khattu ) Dan Ornamen Pada Masjid Raya Al-Osmani Medan Labuhan – Kota Medan

BAB II Tinjauan Pustaka 2.1. Pengertian Kaligrafi - Analisis Kaligrafi ( Al-Khattu ) Dan Ornamen Pada Masjid Raya Al-Osmani Medan Labuhan – Kota Medan

Istilah ornamen atau ragam hias berasal dari dua kata yaitu ragam dan hias yang terpadu menjadi satu pengertian yakni pola. Dalam Bahasa Inggris disebut ornament dan dalam Bahasa Belanda disebut Siermotieven. Di dalam kamus Umum Bahasa Indonesia di jelaskan bahwa : kata “ragam” itu bermacam-macam, jenis, corak warna. Misalnya : kain yang banyak ragamnya, banyak warnanya, banyak coraknya, dan banyak jenisnya. Di dalam ragam hias banyak bermacam-macam pola hias yang antara lain :

17 Baca lebih lajut

Komodifikasi Kain Tradisional Karo Pada Era Globalisasi

Komodifikasi Kain Tradisional Karo Pada Era Globalisasi

Menurut ahli ragam hias A.G Sitepu, kesemua jenis ornamen lemah yang berbentuk garis, titik, bidang sama sisi yang terdapat pada uis Karo terjadi akibat tehnik penenunan yang masih sangat tradisional (gedongan) dan tidak memilki kemampuan alat yang tinggi dalam membentuk ornamen yang rumit, salah satu contohnya adalah yang pengaplikasi ornamen pengeret-ret pada beka buluh. Menurut Netty Juliana pada jurnalnya Kreasi Ragam Hias uis Nipes bentuk visual dalam uis Karo umumnya berbentuk geometrik, simetris, dan stilasi.
Baca lebih lanjut

66 Baca lebih lajut

Silabus Ragam Hias Tekstil

Silabus Ragam Hias Tekstil

Mata kuliah ini terdiri dari teori dan praktek yang membahas tentang: ruang lingkup ragam hias tekstil, konsep pelayanan prima dan prosedur mengerjakan ragam hias tekstil yang sesuai dengan konsep K 3, mencipta desain motif ragam hias tekstil dengan menerapkan unsur-unsur dan prinsip desain, sumber ide dan pengembangannya. Teknik membesarkan dan mengecilkan pola ragam hias tekstil.Teknik memindahkan motif pada desain struktur. Macam-macam tusuk hias tekstil, Teknik membuat sulaman putih, sulaman berwarna dan sulaman istimewa dari bahan benang, pita, manik-manik dan kain/tekstil. Menghias benda fungsional dan dekoratif dengan teknik sulaman, serta teknik mengemas benda fungsional yang telah dihias.
Baca lebih lanjut

7 Baca lebih lajut

LAPORAN INDIVIDU PPL UNY 2016 SMP N 1 PRAMBANAN KLATEN.

LAPORAN INDIVIDU PPL UNY 2016 SMP N 1 PRAMBANAN KLATEN.

Ragam hias biasa disebut juga ornamen. Ornamen berasal dari bahasa Yunani dari kata ornare yang artinya hisan atau perhiasan. Ragam hias berkaitan dengan pola hias dan motif. Pola hias merupakan unsur dasar yang dapat digunakan sebagai pedoman dalam merancang suatu hiasan. Sedangkan, motif hias merupakan pokok pikiran dan bentuk dasar dalam perwujudan ragam hias, meliputi segala bentuk alami ciptaan Tuhan seperti manusia, binatang, tumbuhan, gunung, batuan, air, awan dan lainnya serta hasil kreasi manusia. Ragam hias atau ornamen itu sendiri terdiri dari berbagai jenis motif dan motif-motif itulah yang digunakan sebagai penghias. Oleh karena itu motif adalah dasar untuk menghias suatu ornamen.
Baca lebih lanjut

134 Baca lebih lajut

UNSUR ESTETIKA DAN ERGONOMIS PADA KERAJI

UNSUR ESTETIKA DAN ERGONOMIS PADA KERAJI

Bentuk ragam hias umumnya memiliki pola atau susunan yang diulang-ulang. Pada bentuk ragam hias yang lain, pola yang ditampilkan dapat berupa pola ragam hias yang teratur, terukur, dan memiliki keseimbangan. Pola ragam hias geometris dapat ditandai dari bentuknya seperti persegi empat, zigzag, garis silang, segitiga, dan lingkaran. Pola bidang tersebut merupakan pola geometris yang bentuknya teratur. Bentuk lain dari pola geometris adalah dengan mengubah susunan pola ragam hias tak beraturan dan tetap memperhatikan segi keindahan.
Baca lebih lanjut

8 Baca lebih lajut

TATA RUANG DAN ELEMEN ARSITEKTUR PADA RU (2)

TATA RUANG DAN ELEMEN ARSITEKTUR PADA RU (2)

Berdasarkan data di atas dapat disimpulkan kecenderungan penggunaan elemen, ragam hias, dan ruang. Yang paling sering digunakan adalah ragam hias flora dan alam. Seiring dengan meningkatkan hirarki bangunan, maka akan ditambah dengan fauna, dan selanjutnya agama. Yang paling sering untuk dihias adalah berturut-turut senthong, dalem, pringgitan, dan pendopo Saran bagi Penelitian Lanjut

16 Baca lebih lajut

Show all 4356 documents...