Raja di atas segala raja

Top PDF Raja di atas segala raja:

Kelas 10 SMA Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti Siswa

Kelas 10 SMA Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti Siswa

Dalam kelompok Rājasika ini, Dewa Brahma merupakan Dewatanya yang paling utama. Termasuk dalam kelompok ini terdiri atas enam buah kitab Purāna juga, yaitu: Brahmānda Purāna, Brahmawaiwasta Purāna, Mārkandeya Purāna, Bhawisya Purāna, Wamana Purāna, dan Brahma Purāna. Dari nama-nama itulah kita dapat menyimpulkan bahwa tokoh Dewatanya adalah Brahma. Brahma adalah salah satu dari Tri Murti dan merupakan salah satu dari bentuk sifat Ketuhanan Y.M.E, apabila kita kembalikan kepada Veda sebagai dasar Purāna. Adanya nama-nama seperti Mārkandeya di dalam tradisi yang dikenal di Bali, dan adanya kitab Brahmanda Purāna yang sering disebut- sebut terdapat di Bali, kesemuanya itu hanya dapat membuktikan bahwa di Bali pada zaman dahulu pernah berkembang madzab Brahmanisme di samping madzab Waisnawa atau Bhāgawata. Dalam berbagai jenis Purāna, terdapat keterangan bahwa kitab Brahmawaiswata Purāna keseluruhanya terbagi atas empat buah buku. Masing-masing dengan namanya sendiri-sendiri, seperti misalnya Brahma dan Markandeya Purāna dan Kresnakhanda. Kitab Markandeya isinya bersifat umum dan mirip seperti Raja Purāna. Adapun kitab Wamana Purāna, walaupun isinya memuat aspek Rajasa, tetapi kalau kita perhatikan isinya justru menceritakan riwayat Wisnu awatara yang turun menjelma sebagai Wamana (orang cebol). Adapun Kitab Brahma Purāna, kitab ini lebih terkenal dengan nama lain, yaitu, Adi Purāna dan diduga kitab asal mulanya ditulis oleh Vyāsa. 3. Kelompok Tamasika (Tamasa) Purāna
Baca lebih lanjut

216 Baca lebih lajut

Bahan PA 6 Oktober 2015

Bahan PA 6 Oktober 2015

mereka menentang hak dan keadilan Allah yang melindungi orang-orang miskin dan lemah (Ul 19:14; Ams 22:28). Nabi Hosea memang mengecam keras Efraim dengan semua perilaku jahat mereka, namun tindakan Yehuda juga tidak dapat dibenarkan. Ternyata keadaan keagamaan di Selatan sama buruknya dengan di Utara (bdk 2 Raj 16:10-18). Oleh karena itu Hosea pun menyampaikan nubuat dari Allah: ‘ke atas mereka akan Kucurahkan gemasKu seperti air (=dengan hebat). Seluruh Israel (segala suku, ayat 9), berada di bawah hukuman Allah yang disampaikan lewat nubuat sang nabi. Di ayat 11, kerajaan Utara, yakni Efraim tertindas, artinya: Karena kekerasan dan peperangan dari pihak Tiglat-Pileser. Diremukkan oleh hukuman. Dalam hal pertama, perkosaan hukum oleh Asyur, penaklukkan yang bertentangan dengan perikemanusiaan, adalah merupakan suatu ‘hukuman” yang meremukkan Efraim. Dalam hal kedua, hak-hak (dari yang ditaklukkan dan ditindas) ditiadakan. Dalam hal ini, Hosea sang nabi pada satu sisi berdiri di sisi bangsa yng menderita itu; ia benar-benar solider dengan mereka, juga dalam penghukuman. Namun pada sisi yang lain, ia juga menunjukkan kepada mereka hal apa yang membuat mereka menderita, yakni: karena kesalahan mereka sendiri! Sebab ia berkeras untuk berjalan mengikuti kesia-siaan. Hal itu terkait dengan tindakan kerajaan Israel Utara yang bersekutu dengan raja Rezin darai Aram (Siria), yang hasilnya sia-sia belaka. Mereka yang awalnya hendak mengancam Yehuda, sekarang mereka ditimpa oleh nasib yang malang itu. Ayat 12-14. Ayat 12 menyimpulkan isi ayat 9, 10 dan 11: kebencian di antara saudara dan perang-saudara di cela oleh Yahweh. Penghukuman atasa Efraim (ayat 9) maupun atas Yehuda (ayat 10) berasal dari Yahweh. Secara perlahan tapi pasti keduanya akan hancur dan binasa. Seperti ngengat memakan habis dengan perlahan-lahan (Yes 50: 9) dan belatung merusak tulang belulang (Hak 3:16). Penyakit dan bisul, artinya: Kebobrokan politik dan militer memang akan disadari, karena sudah cukup jelas. Namun penyebabnya, yakni penghukuman oleh Yahweh, disangkal atau diabaikan. Oleh karena itu, baik Efraim maupun Yehuda mencari pertolongan pada tempat yang salah. Sebelum itu raja Ahas dari Yehuda telah membayar upeti kepada Asyur dan membiarkan agama-agama yang dianut bangsa itu masuk dan dibiarkan bercampur dengan penyembahan kepada Yahweh. 4 Sementara Efraim mengirim utusan kepada Asyur menyatakan
Baca lebih lanjut

3 Baca lebih lajut

PAI SD MI Kelas 5. Pelajaran 3

PAI SD MI Kelas 5. Pelajaran 3

Pada suatu hari ketika Musa sedang berjalan-jalan, ia melihat dua orang pemuda yang berkelahi. Seorang dari Bani Israil dan satunya dari suku Qibti (golongan Firaun). Saat Musa berusaha mendamaikan kedua orang yang sedang berkelahi tersebut, orang dari golongan Qibti itu menolak untuk berdamai. Dia merasa sombong karena berasal dari golongan raja Firaun. Pada masa itu, Bani Israil adalah bangsa yang ditindas oleh raja Firaun. Karena Nabi Musa a.s. merupakan keturunan dari Bani Israil, maka Nabi Musa a.s. membela kaumnya dan memukul orang Qibti tersebut. Setelah dipukul, maka orang Qibti itu meninggal, Nabi Musa a.s. menyesali atas perbuatannya dan memohon ampunan kepada Allah swt.
Baca lebih lanjut

12 Baca lebih lajut

BAB 5 ISLAM DI ALAM MELAYU (1)

BAB 5 ISLAM DI ALAM MELAYU (1)

1. Islam juga turut disebarkan melalui penaklukan . Misalnya Melaka telah menakluk Pahang dan mara hingga ke Pattani dan menewaskan kuasa Siam. Di seberang Melaka pula, termasuk Inderagiri, Aru dan Kampar. Dalam melaksanakan misi penjajahan, kerajaan Melayu Islam ini biasanya akan melaksanakan tanggungjawab dakwah ke atas raja dan rakyat di kawasan berkenaan.

8 Baca lebih lajut

Konstruksi Melayu saat Revolusi Sosial Sumatera Timur diKesultananLangkat dalam Surat Kabar(Analisis Framing tentang KonstruksiMelayu saat Revolusi SosialSumateraTimur di Kesultanan Langkat dalam SuratKabar PandjiRa’jat)

Konstruksi Melayu saat Revolusi Sosial Sumatera Timur diKesultananLangkat dalam Surat Kabar(Analisis Framing tentang KonstruksiMelayu saat Revolusi SosialSumateraTimur di Kesultanan Langkat dalam SuratKabar PandjiRa’jat)

Pada hal 5 th 1947, kami mendapat kabar Wakil Presiden Drs M Hatta akan datang ke Sumatra, atas moepakat kami jang ditahan berdjoemlah kira-kira 280 dikamp Raja laloe memboeat rekes pada Wakil President, pada salinan rekes itoe kami kirimkan djoega pada Goebernoer Sumatra, Hakim Tinggi Sumatra, Djaksa Tinggi Sumatra, Resident Sumatra Timoer Ketoea DPR Sumatra Timoer menerangkan hal kami jang ditahan dan kesoesahan keluarga kami jang tinggal diloear kamp dengan tidak mendapat bantoean dari pihak Repoeblik dan djoega mengingat Linggardjati soedah diteken.

22 Baca lebih lajut

Assingment hns 2 ROSLIZA RAZALI

Assingment hns 2 ROSLIZA RAZALI

pemerintahan Negara atas nama Yang di-Pertuan Agong. Di peringkat Persekutuan, Yang di- Pertuan Agong menjalankan tugas secara simbolik iaitu berdasarkan perlembagaan dan nasihat Perdana Menteri serta anggota kabinet. Manakala, di peringkat negeri, raja-raja bertindak atas nasihat Menteri Besar dan Majlis Mesyuarat Kerajaan Negeri. Ahli perundangan ini akan dipilih oleh rakyat melalui pilihan raya yang diadakan lima tahun sekali. Parti politik yang memenangi 2/3 kerusi yang dipertandingkan layak membentuk kerajaan dan melantik Perdana Menteri. Selepas itu, Perdana Menteri pula akan melantik ahli kabinet dalam kalangan angggota Dewan Rakyat dan Dewan Negara. Dewan Rakyat berkuasa memecat Perdana Menteri melalui usul undi tidak percaya yang diluluskan dengan kelebihan undi majoriti yang mudah.
Baca lebih lanjut

22 Baca lebih lajut

BAB 5 ISLAM DI ALAM MELAYU

BAB 5 ISLAM DI ALAM MELAYU

1. Islam juga turut disebarkan melalui penaklukan . Misalnya Melaka telah menakluk Pahang dan mara hingga ke Pattani dan menewaskan kuasa Siam. Di seberang Melaka pula, termasuk Inderagiri, Aru dan Kampar. Dalam melaksanakan misi penjajahan, kerajaan Melayu Islam ini biasanya akan melaksanakan tanggungjawab dakwah ke atas raja dan rakyat di kawasan berkenaan.

8 Baca lebih lajut

Keutamaan berperang di laut

Keutamaan berperang di laut

Bahwa Rasulullah saw. pernah menemui Ummu Haram binti Milhan lalu beliau disuguhi makanan olehnya. Saat itu Ummu Haram adalah istri Ubadah bin Shamit. Suatu hari Rasulullah datang menemuinya lalu disuguhi makanan, kemudian wanita itu duduk sambil mencarikan kutu kepala beliau hingga tertidurlah Rasulullah saw. kemudian beliau terbangun dan tersenyum. Ummu Haram bertanya: Apakah yang membuat engkau tersenyum, wahai Rasulullah? Rasulullah saw. menjawab: Beberapa orang dari umatku diperlihatkan kepadaku mereka sedang berperang di jalan Allah dengan menaiki kapal di tengah lautan sebagai raja-raja yang berkuasa atas beberapa orang kerabat atau seperti raja- raja yang berkuasa atas beberapa kaum kerabat, perawi ragu mana yang benar antara keduanya. Ummu Haram berkata: Wahai Rasulullah, mohonkanlah kepada Allah agar Dia menjadikan aku termasuk dalam golongan mereka. Lalu beliau mendoakannya dan segera meletakkan kepalanya lagi lalu tertidur kembali. Ketika terbangun, beliau tersenyum lagi. Dia berkata: Aku bertanya lagi: Apakah yang membuat engkau tersenyum, wahai Rasulullah? Rasulullah saw. menjawab: Beberapa orang dari umatku diperlihatkan kepadaku mereka sedang berperang di jalan Allah (seperti yang beliau sabdakan tadi). Ia berkata: Aku berkata: Wahai Rasulullah, mohonkanlah kepada Allah agar Dia menjadikan aku termasuk dalam golongan mereka. Rasulullah saw. bersabda: Kamu termasuk orang-orang yang pertama. Kemudian berlayarlah Ummu Haram pada zaman Mu`awiah, namun ketika hendak keluar dari kapal ia pun terjatuh dari hewan tunggangannya sehingga wafatlah ia.
Baca lebih lanjut

1 Baca lebih lajut

sejarah kerajaan Dan samudra pasai

sejarah kerajaan Dan samudra pasai

Betung mempunyai rambut pirang di kepalanya. Ketika rambut pirang itu dibantun oleh Marah Gajah keluarlah darah putih. Setelah darah putih itu berhenti mengalir, maka menghilanglah Putri Betung. Peristiwa itu didengar oleh ayah angkat Putri Betung ialah Raja Muhammad. Raja Muhammad karena marah segera mengerahkan orang-orangnya untuk mencari dan menangkap Marah Gajah. Marah Gajah yang takut karena kehilangan Putri Betung menyingkir dan meminta perlindungan dari ayah angkatnya pula yang bernama Raja Ahmad. Ternyata Raja Muhammad dan Raja Ahmad adalah dua orang bersaudara. Tetapi karena peristiwa Putri Betung d atas, maka kedua orang bersaudara itu akhirnya berperang. Keduanya tewas dan Marah Gajah sendiri juga tewas terbunuh dalam peperangan. Putri Betung meninggalkan dua orang putra yaitu Marah Sum dan Marah Silu, mereka berdua meninggalkan tempat kediamannya dan mulai hidup mengembara. Marah Sum kemudian menjadi raja Biruen. Sedang Marah Silu akhirnya dapat merebut rimba Jirun dan menjadi raja di situ. Marah Slu mendirikan istana kerajaannya di atas bukit yang banyak didiami oleh semut besar yang oleh rakyat di sekitarnya disebut Semut Dara (Samudra). Itulah sebabnya maka negara itu kemudian dinamakan negara Samudra.
Baca lebih lanjut

37 Baca lebih lajut

Kelas 10 SMA Bahasa Indonesia Guru 2016

Kelas 10 SMA Bahasa Indonesia Guru 2016

Proses utama belajar mengajar pedagogi genre dikenal sebagai siklus belajar mengajar yang terdiri atas empat tahap, yaitu: Building Knowledge of Field, Modelling of Text, Joint Construction of Text, and Independent Construction of Text. Dalam Building Knowledge of Field, peserta didik dipajankan kepada pembahasan atau kegiatan yang membantu peserta didik memaknai konteks situasional dan kultural genre yang sedang dipelajari. Modelling of Text, fokus pada analisis teks, yang menarik perhatian peserta didik untuk mengidentifikasi tujuan dan struktur generik (skematik) dan fitur bahasa teks. Joint Construction, guru dan peserta didik membangun teks bersama-sama. Guru sebagai penulis atau pengarang, menulis kontribusi peserta dididk di papan tulis. Guru juga mungkin harus memperbaiki kalimat peserta didik agar lebih tepat. Guru melatih subketerampilan yang dibutuhkan. Jika peserta didik cukup percaya diri, akan bergerak menuju Independent Construction, dan peserta didik menulis tulisan mereka sendiri berdasarkan pemahaman, pengalaman, dan penalarannya sehingga menghindari plagiasi atau mengakui karya orang lain sebagai karyanya.
Baca lebih lanjut

394 Baca lebih lajut

Pemurnian dan Pengembangan Mutu Genetik Sapi Bali di Bali.

Pemurnian dan Pengembangan Mutu Genetik Sapi Bali di Bali.

Sifat genetik yang harus dipenuhi oleh suatu breed/bangsa/rumpun ternak untuk dapat ditingkatkan populasinya dalam waktu yang relatif singkat adalah sifat reproduksi dan sifat produksi termasuk kekuatan/daya hidupnya. Mengenai sifat reproduksi sapi bali, hasil penelitian telah membuktikan bahwa sapi bali mempunyai laju reproduksi yang tinggi. Ini terbukti dengan angka panen pedet (calv crop) yang cukup tinggi yakni sebesar 80 persen (Ngadiyono, 1997), bahkan telah dilaporkan ada sampai mencapai 100 persen (Payne dan Rollinson, 1973; Hardjosubroto, 2000). Hal ini dicapai dalam keadaan asupan pakan yang sederhana dan pada sistem pemeliharaan yang tradisional, serta dalam keadaan digunakan untuk kerja membajak. Mengenai kekuatan/daya hidup sapi Bali dikenal mempunyai daya adaptasi yang sangat tinggi terhadap lingkungan. Ini terbukti bahwa di Indonesia sapi ini tersebar cepat ke pulau-pulau lainnya, khususnya di pulau Sulawesi, Nusa Tenggara Barat dan Timur, Sumatera dan bahkan di Australia. Bahkan dilaporkan pula bahwa di Kalimantan sapi-sapi bali masih menunjukkan penampilan produksi dan reproduksi yang cukup baik meski dipelihara di tempat-tempat pengembalaan yang terdiri atas rumput alang-alang saja.
Baca lebih lanjut

14 Baca lebih lajut

PTS BAHASA. INDOnesia gantean. docx

PTS BAHASA. INDOnesia gantean. docx

Alkisah, disebuah laut yang luas dan dalam, terdapatlah seekor raja guritayang kaya raya namun tamak. Sebagai penguasa lautan yang luas, sang raja gurita bernama Gupta memiliki kekayaan yang melimpah. Kekayaan yang didaptkannya berasal dari emas yang dimiliki oleh daerah kekuasaanya. Walaupun memiliki kekayaan yang melimpah, dia tidak menjadi raja yang rendah hati dan murah hati. Sebaliknya, Raja Gupta menjadi raja lautan yang sangat keji yang tak segan-segan untuk menghukum mati para pengikutnya yang tidak sependapat dengan dia. Istri-istri dan keluarga Raja Gupta sudah sering mengingatkan, agar dia tidak menjadi raja jahat yang ditakuti rakyatnya. Namun dengan congkaknya, sang raja selalu berkata bahwa tak ada satupun rakyatnya yang berani menentang dia. Dialah penguasa lautan yang agung.
Baca lebih lanjut

6 Baca lebih lajut

TESIS edy silistiono

TESIS edy silistiono

Kultus tokoh Arjuna di Mataram diketahui sejak masa pemerintahan Panembahan Senopati (1584-1601) dengan instruksi raja kepada abdi dalem dalang agar membuat wayang Arjuna wanda Jimat . Sejak itulah, tonggak awal lahirnya pemakaian wanda, yaitu penampilan wayang dengan ekspresi muka disesuaikan dengan suasana adegan. Wanda itu pertama kali diperuntukkan wayang Arjuna dengan raut muka ekpresi mitis dan tajam yang dinamakan Jimat . Kata jimat dalam bahasa Jawa juga bermakna pusaka yang sangat dikeramatkan. Demikian pula Sunan Hanyakrawati, ayahanda Sultan Agung (1601 – 1613) memerintahkan membuat wayang Arjuna wanda Kanyut, dan Sultan Agung Tahun 1630 M memerintahkan membuat wayang Arjuna wanda Mangu . Pemujaan Arjuna sangat nampak di era Mataram dengan dibuatnya tiga karya wayang wanda Jimat, Kanyut dan Mangu dari tiga generasi raja. Ketiga wayang Arjuna tersebut di Mataram dan dinasti keturunannya diposisikan sebagai pusaka keramat sejajar dengan pusaka yang memiliki sejarah monumental seperti tumbak Kyai Pleret (pusaka tinggalan Senopati yang telah digunakan untuk membunuh Harya Penangsang), dan Keris Kyai Crubuk, tinggalan Sunan Kalijaga. Sesuai tradisi keraton, pusaka-pusaka termasuk wayang Arjuna selalu mendapatkan persembahan sesaji bunga, pembakaran dupa, serta dimandikan setahun sekali dalam bulan Sura , dan mendapatkan sebutan gelar kehormatan Kyai (Soetarno, 1995:24).
Baca lebih lanjut

125 Baca lebih lajut

Kumpulan Khotbah Sang Buddha

Kumpulan Khotbah Sang Buddha

Ketiga sutta yang menjadi bagian pertama dari bab ini menunjukkan hal ini dengan begitu tepat, masing-masing dengan caranya sendiri-sendiri. Text I,1(1) menjelaskan hukum yang tidak terhindarkan bahwa semua makhluk yang dilahirkan pasti mengalami penuaan dan kematian. Walaupun sepintas khotbah ini tampaknya sekadar mengatakan fakta alami, dengan menyebutkan contoh para anggota dari peringkat atas masyarakat (para penguasa kaya, brahmana kaya, dan perumah tangga kaya) dan para Arahant yang telah terbebaskan, namun secara tidak langsung menyiratkan suatu pesan moral yang halus dalam kata-katanya. Teks I,1(2) memaparkan pesan ini secara lebih nyata dengan perumpamaan gunung yang mengesankan, yang mengembalikan poin bahwa ketika “penuaan dan kematian menghampiri” kita, tugas kita dalam hidup adalah menjalani hidup dengan benar dan melakukan perbuatan-perbuatan baik dan bermanfaat. Sutta tentang “utusan surgawi” – Teks I,1(3) – memberikan makna yang wajar akan hal ini: ketika kita gagal mengenali “para utusan surgawi” di tengah-tengah kita, ketika kita melewatkan isyarat peringatan tersembunyi dari usia tua, penyakit, dan kematian, maka kita menjadi lalai dan berperilaku sembrono, menciptakan kamma tidak bermanfaat yang berpotensi menghasilkan konsekuensi-konsekuensi yang mengerikan.
Baca lebih lanjut

733 Baca lebih lajut

MAKALAH TENTANG KERAJAAN SAMUDERA PASAI

MAKALAH TENTANG KERAJAAN SAMUDERA PASAI

Berdasarkan Hikayat Raja-raja Pasai, menceritakan tentang pendirian Pasai oleh Marah Silu, setelah sebelumnya ia menggantikan seorang raja yang bernama Sultan Malik al-Nasser.[2] Marah Silu ini sebelumnya berada pada satu kawasan yang disebut dengan Semerlanga kemudian setelah naik tahta bergelar Sultan Malik as-Saleh, ia wafat pada tahun 696 H atau 1297 M.[4] Dalam Hikayat Raja-raja Pasai maupun Sulalatus Salatin nama Pasai dan Samudera telah dipisahkan merujuk pada dua kawasan yang berbeda, namun dalam catatan Tiongkok nama- nama tersebut tidak dibedakan sama sekali. Sementara Marco Polo dalam lawatannya mencatat beberapa daftar kerajaan yang ada di pantai timur Pulau Sumatera waktu itu, dari selatan ke utara terdapat nama Ferlec (Perlak), Basma dan Samara (Samudera).
Baca lebih lanjut

19 Baca lebih lajut

STUDI GEOPOLITIK INDONESIA DALAM PERSPEK

STUDI GEOPOLITIK INDONESIA DALAM PERSPEK

957 atas dasar kepentingan di atas harus juga didasarkan atas analisa yang tajam tentang masalah-masalah riil yang sedang dan akan dihadapi. Hal pertama yang harus dipahami adalah konteks strategis internasional saat ini. Di tengah-tengah intensitas interaksi, sebenarnya globalisasi justru menyediakan pilihan-pilihan yang terbatas. Kebijakan negara makin dibatasi oleh bagaimana negara lain bereaksi, makin dibatasi oleh gerakan-gerakan individu warganya dalam hubungan mereka dengan negara dan individu yang lain dalam lingkup lebih luas dari batas nasional. Sementara itu bagi individu-individu, negara menjadi bukan satu-satunya entitas yang bisa menyediakan dan memenuhi kepentingan yang dengan demikian negara bukanlah satu-satunya tujuan atau arah loyalitas. Hubungan-hubungan di atas menjelaskan muncul-munculnya tantangan baru keamanan nasional Indonesia. Sesungguhnya hanyalah di mata orang asing yang datang dari luar saja bahwa pulau-pulau besar itu merupakan kesatuan geografis. Sementara visi luar harus diperhitungkan, layak pula ditekankan pandangan yang lain, laut yang tampaknya memisahkan, sebenarnya juga mempersatukan. Hubungan ekonomi dan kebudayaan lebih sering terjalin di antara pantai yang satu dan pantai yang lain daripada di antara suatu daerah dan daerah lain di pulau yang sama. 43
Baca lebih lanjut

19 Baca lebih lajut

T1 852008008 BAB III

T1 852008008 BAB III

Komposisi “Aku Anak Tuhan dan Raja” dengan format a cappella untuk paduan suara remaja ini terdiri dari tiga bagian komposisi yang saling berkaitan berdasarkan satu cerita yang dikutip dari Galatia 4:6-7. Pembagian komposisi ini berdasarkan urutan cerita ketika kita diangkat menjadi anak oleh Tuhan dan bukan lagi hamba. Pada bagian pertama komposisi ini bercerita tentang kita yang dilayakkan oleh Tuhan menjadi anakNya dengan bantuan Roh Kudus yang hidup di dalam hati kita sehingga kita sanggup memanggilNya Abba ya Bapa. Pada bagian kedua bercerita tentang Tuhan sebagai Raja segala raja, sehingga kita yang telah dilayakkan menjadi anakNya juga memiliki identitas sebagai anak Raja segala raja. Pada bagian ketiga merupakan kesimpulan dari bagian pertama dan kedua yang menjelaskan bagaimana seharusnya kita sebagai remaja Tuhan hidup di dunia dengan identitas sebagai anak Tuhan dan Raja.
Baca lebih lanjut

22 Baca lebih lajut

Perbandingan Pemerintahan.

Perbandingan Pemerintahan.

Pihak legislatif terdiri atas Majelis Tinggi (The House of Lord) dan Majelis Rendah (The House of Common). Majelis Tinggi diangkat berdasarkan keturunan oleh Mahkota (create peers) yang dapat berupa golongan bangsawan dan golongan pemuka agama. Majelis rendah anggota-anggotanya dipilih oleh rakyat dalam suatu pemilihan umum. Kekuasaan Majelis Rendah lebih dominan dari kekuasaan Majelis Tinggi karena Majelis Rendah dapat menjatuhkan kabinet (Force Resignation). Hal ini bisa terjadi tentunya jika dalam tubuh partai yang sedang berkuasa timbul perpecahan sehingga dukungan kepada kabinet tidak kompak lagi. Mahkota (Monarch) atas usul perdana menteri dapat membubarkan Majelis Rendah (disolve House of Common on Advice of Prime Minister). Usul pembubaran parlemen itu diajukan oleh perdana menteri apabila perdana menteri menganggap parlemen tidak mencerminkan kehendak rakyat lagi atau apabila terjadi perbedaan visi antara kabinet dengan parlemen mengenai uatu kebijakan yang ditempuh oleh pemerintah. Adanya kekuasaan Mahkota untuk membubarkan parlemen merupakan kunci keseimbangan kekuasaan antara kabinet dan parlemen. Apabila Mahkota membubarkan parlemen maka segera setelah perintah pembubaran itu, diperintahkan pula untuk mengadakan pemilihan umum (call election) guna memilih anggota parlemen. Jika partai oposisi yang menang dalam pemilihan umum tersebut, maka kabinet harus mengundurkan diri dan mengembalikan mandat itu kepada partai oposisi sebagai pemenang pemilu untuk membentuk kabinet.
Baca lebih lanjut

154 Baca lebih lajut

PELAPISAN SOSIAL DAN PERNIKAHAN IDEAL DALAM MITOS SANGKURIANG: TELAAH STRUKTURAL ANTROPOLOGI LÉVI-STRAUSS

PELAPISAN SOSIAL DAN PERNIKAHAN IDEAL DALAM MITOS SANGKURIANG: TELAAH STRUKTURAL ANTROPOLOGI LÉVI-STRAUSS

Mytheme (miteme) inilah yang me- rupakan konsep Lévi-Strauss yang sangat operasional dan sangat banyak membantu para peneliti dalam mengung- kapkan relasi-relasi penting antartokoh dalam sebuah mitos. Konsep ini merupa- kan implikasi dari strategi Lévi-Strauss menggunakan linguistik struktural, khu- susnya fonologi dari Roman Jakobson sebagai model analisis mitos. Dengan menganalisis miteme-miteme dan cerite- me-ceriteme pada sebuah mitos dan ke- mudian menghubungkannya dengan mi- tos lain–dengan tema yang berbeda–dan dari masyarakat yang berbeda akan di- dapat sebuah pemahaman yang kom- prehensif atas keberadaan mitos tersebut. Cara seperti ini didasarkan pada pandangan bahwa sebuah mitos sebenar- nya tidak mempunyai makna tertentu, kecuali ketika dia ditempatkan dalam hubungannya dengan mitos-mitos yang lain, yang tidak harus berasal dari kebu- dayaan yang sama. Dengan kata lain, da- lam membahas mitos-mitos Lévi-Strauss sebenarnya berbicara tentang mitos de- ngan M besar. Logika mitos yang ingin diungkapkannya adalah logika Mitos, yang mencerminkan cara kerja Nalar Manusia (Ahimsa-Putra, 2006:106).
Baca lebih lanjut

15 Baca lebih lajut

Peranan Raja Koser Maha Dalam Sejarah Perkembangan Islam di Pakpak Dairi - Repository UIN Sumatera Utara

Peranan Raja Koser Maha Dalam Sejarah Perkembangan Islam di Pakpak Dairi - Repository UIN Sumatera Utara

Guna mewujudkan keinginannya, Pinggan Matio mengambil dahan pohon beringin (jabi-jabi). Didepan orangtuanya (Raja Matanari) dan keluarga saudaranya (Mancintaratus) Pinggan Matio menenam dahan (ranting) pohon beingin tersebut seraya memohon, berjanji/bersumpah, “ jika dahan/ranting pohon beringin yang ku tanam ini tumbuh, maka tidak ada yang bisa menghalangi putranya Sihaloho Raja mempersunting parumaennya si Rumintang berru Matanari”. Ternyata apa yang dilakukan dan diharapkan Pingga Matio terwujud baik, yakni dahan/ranting beringin yang ditanam tumbuh subur (selanjutnya pohon ini disebut Tongkat = tungkot ni Pinggan Matio) dan dengan demikian Sihaloho Raja mempersunting Ranimbani berru Matanari menjadi istrinya (marboru tulang).
Baca lebih lanjut

20 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...