Salak Pondoh

Top PDF Salak Pondoh:

Penggunaan Kitosan dan Kemasan Plastik Film untuk Memperpanjang Masa Simpan Salak Pondoh.

Penggunaan Kitosan dan Kemasan Plastik Film untuk Memperpanjang Masa Simpan Salak Pondoh.

Salak merupakan komoditas buah tropis yang mudah mengalami kerusakan selama proses transportasi dan penyimpanan. Beberapa penyebab kerusakan di antaranya adalah benturan, respirasi dan infeksi mikroba jamur. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh penggunaan kemasan plastik dan pelapisan kitosan terhadap masa simpan salak pondoh selama penyimpanan. Salak pondoh dipanen di kebun petani di daerah Sleman pada tingkat kematangan 80 persen. Setelah dipanen sampel buah salak dibersihkan dan disortasi. Selanjutnya buah salak dibawa ke bangsal pasca panen di Semarang. Sampel buah salak disoratasi kembali dan dilakukan pelapisan kitosan dengan konsentrasi 0.5%. Sampel buah salak dikemas dengan tiga kemasan berbeda, yaitu polipropilen, polietilen dan white stretch film dengan masing-masing berat 500 gram. Buah salak dibawa ke laboratorium dengan menggunakan kendaraan pada suhu ruang selama 24 jam. Selanjutnya kemasan buah salak disimpan pada suhu 15°C dan suhu ruang. Kualitas salak pondoh selama penyimpanan diukur berdasarkan besar susut bobot, nilai TPT, kadar air, kekerasan, persentase kerusakan dan dilakukan uji organoleptik. Hasil pengukuran menunjukkan bahwa salak yang dikemas dengan plastik polietilen (LDPE) memilki masa simpan maksimum 24 hari pada suhu penyimpanan 15 o C. Pada suhu ruang perlakuan bahan pengemasan mampu memperpanjang masa simpan hingga 9 hari. Salak pondoh tanpa perlakuan memilki masa simpan 6 hari pada suhu ruang dan 18 hari pada suhu 15 o C.
Baca lebih lanjut

48 Baca lebih lajut

Prototipe Coklat Praline Relief Salak Pondoh Sebagai Souvenir Khas Kabupaten Sleman  Prototipe Coklat Praline Relief Salak Pondoh Sebagai Souvenir Khas Kabupaten Sleman.

Prototipe Coklat Praline Relief Salak Pondoh Sebagai Souvenir Khas Kabupaten Sleman Prototipe Coklat Praline Relief Salak Pondoh Sebagai Souvenir Khas Kabupaten Sleman.

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan coklat praline relief salak pondoh khas Kabupaten Sleman. Desain dan simulasi permesinan pola cetakan salak pondoh dilakukan dengan menggunakan software ArtCAM pro 9. Proses machining dilakukan menggunakan mesin Roland Modela MDX-40. Pembuatan cetakan coklat salak pondoh berbahan baku Polyvinil Chloride (PVC) rigid sheet plastic dilakukan menggunakan mesin thermoforming. Alat bantu penjepit cetakan diperoleh melalui proses laser cutting dengan bahan aklirik.

11 Baca lebih lajut

Pemberdayaan Kelompok Aisyiyah dalam Pengelolaan Salak Pondoh di Kecamatan Turi, Sleman

Pemberdayaan Kelompok Aisyiyah dalam Pengelolaan Salak Pondoh di Kecamatan Turi, Sleman

Di wilayah Kecamatan Turi terdapat banyak organisasi sosial kemasyarakatan, dan salah satunya adalah Aisyiyah yang merupakan kelompok jamaah ibu-ibu, baik yang berada di tingkat kecamatan yang tergabung dalam Pimpinan Cabang Aisyiyah (PCA) maupun tingkat desa/dusun dalam Pimpinan Ranting Aisyiyah (PRA). Sebagian besar anggota Aisyiyah mempunyai lahan salak pondoh dan merupakan petani salak pondoh. Pada umumnya, anggota Aisyiyah menjual hasil panen salak pondoh ke tengkulak atau ke pengepul di wilayah tersebut. Permasalahan yang sering dihadapi adalah harga salak pondoh yang sangat fluktuatif. Pada saat musim panen raya hasil salak pondoh melimpah di pasaran sehingga harga salak dapat turun drastis sehingga dibeli tengkulak hanya dengan harga Rp. 1.500–Rp. 2.000 per kg. Padahal pada saat tidak panen raya, salak pondoh dapat dijual dengan harga antara Rp. 4.000–Rp. 5.000 per kg. Selain itu, petani tidak mempunyai kekuatan untuk menentukan harga buah salak pondoh dan tergantung pada harga dari tengkulak. Hal ini menyebabkan pada saat panen raya hasil penjualan salah pondoh dan pendapatan anggota Aisyiyah sangat rendah. Permasalahan lainnya adalah pengetahuan dan ketrampilan anggota dalam mengelola hasil dan mengolah buah salak pondoh masih sangat terbatas.
Baca lebih lanjut

10 Baca lebih lajut

ANALISIS WAKTU PEMBUATAN KERIPIK SALAK PONDOH MELALUI PROSES DIFUSI PENGERINGAN - Diponegoro University | Institutional Repository (UNDIP-IR)

ANALISIS WAKTU PEMBUATAN KERIPIK SALAK PONDOH MELALUI PROSES DIFUSI PENGERINGAN - Diponegoro University | Institutional Repository (UNDIP-IR)

Pengeringan merupakan salah satu tahapan dalam proses pengawetan makanan yang harus dilakukan secara hati-hati. Dalam skripsi ini dibahas tentang model matematika yang dikonstruksi untuk proses pengeringan, dengan obyek salak pondoh secara difusi. Dengan demikian, waktu yang dibutuhkan dalam proses pengeringan sampai buah salak pondoh menjadi keripik dapat ditemukan. Model matematika tersebut dikenal sebagai rasio kadar air ( ) MR . Model ini dikonstruksikan dengan mengkombinasikan antara solusi umum dari hukum Fick’s kedua, laju pengeringan buah, dan kadar air yang terkandung pada saat awal. Faktor penting dalam model adalah ketebalan irisan salak pondoh, suhu pengeringan, dan koefisien difusi ( D eff ). Koefisien difusi dihitung dengan
Baca lebih lanjut

2 Baca lebih lajut

PERANCANGAN CORPORATE IDENTITY DAN PROMOSI DESTINASI AGROWISATA SALAK PONDOH DESA BANGUNKERTO TURI SLEMAN YOGYAKARTA | putrihadi | Jurnal DKV Adiwarna 1942 3657 1 SM

PERANCANGAN CORPORATE IDENTITY DAN PROMOSI DESTINASI AGROWISATA SALAK PONDOH DESA BANGUNKERTO TURI SLEMAN YOGYAKARTA | putrihadi | Jurnal DKV Adiwarna 1942 3657 1 SM

b. Bentuk pesan yang terdiri dari dua macam bentuk komunikasi yang dapat digunakan sebagai media untuk menyampaikan isi pesan, yaitu pesan verbal dan pesan visual. Pesan verbal lebih dikenal dengan pesan tertulis yang disampaikan melalui kata-kata atau tulisan. Pesan verbal yang akan disampaikan adalah kata-kata persuasif yang mengandung ajakan yang menarik bagi target audience mengenai Agrowisata Salak Pondoh Bangunkerto Turi Sleman Yogyakarta dan fasilitas apa saja yang dapat dinikmati serta produk-produk yang dijual. Sedangkan pesan visual adalah pesan yang berupa gambar, grafik maupun foto yang menunjukkan agrowisata ini yang dibuat sebagus mungkin agar mampu menarik perhatian target audience.
Baca lebih lanjut

13 Baca lebih lajut

Isolasi, Seleksi, dan Identifikasi Jamur Penghasil Xilanase dari Serasah Daun Salak Pondoh (Salacca zalacca var. pondoh).

Isolasi, Seleksi, dan Identifikasi Jamur Penghasil Xilanase dari Serasah Daun Salak Pondoh (Salacca zalacca var. pondoh).

In this study fungi isolated from leaf litter of salak pondoh. Isolation of fungi from leaf litter of salak pondoh used potato dextrose agar medium (PDA). Screening was done by growing xylanolitic fungal isolates in the test medium using mineral medium containing xylan 1%. Fungal isolates that possess xylan degrading activity formed the clear zone around the colony. To clarify the clear zone by staining with congo red 0,1%. Sixteen isolates of fungi that isolated from salak pondoh leaf litter were known positive can produce xylanases on media screening.
Baca lebih lanjut

4 Baca lebih lajut

BAB 1 PENDAHULUAN  Prototipe Coklat Praline Relief Salak Pondoh Sebagai Souvenir Khas Kabupaten Sleman.

BAB 1 PENDAHULUAN Prototipe Coklat Praline Relief Salak Pondoh Sebagai Souvenir Khas Kabupaten Sleman.

Dalam bab ini berisi uraian sistematis definisi dan teori yang ada pada literature maupun penjabaran tinjauan pustaka yang mendasari pemecahan masalah sehingga pembaca dapat mengetahui dan memahami tentang proses desain prototype coklat praline relief salak pondoh.

10 Baca lebih lajut

Proses Pengolahan Asinan Salak Pondoh (Salacca edulis Reinw.)

Proses Pengolahan Asinan Salak Pondoh (Salacca edulis Reinw.)

Salak pondoh sebagai komoditi perdagangan yang prospektif namun karakternya yang mudah rusak membutuhkan penanganan lebih lanjut untuk mempertahankan umur simpannya baik dengan metode pengolahan buah minimal maupun dikembangkan menjadi produk yang memiliki nilai ekonomis lebih tinggi seperti manisan salak, asinan salak, kripik salak maupun selai salak. Asinan merupakan salah satu alternatif proses pengolahan buah salak segar dengan proses fermentasi menggunakan garam ataupun asam sebagai pengawetnya. Bahan yang dapat diolah menjadi asinan antara lain berbagai sayur dan buah yang dapat menghasilkan rasa asam karena penambahan cuka dari luar maupun karena proses fermentasi itu sendiri (Vail et al. 1973). Adanya formulasi larutan garam, gula, dan cuka akan mempengaruhi nilai aktivitas air (a w ) pada asinan salak.
Baca lebih lanjut

34 Baca lebih lajut

085428 AKJ 2005 07 13 Salak Pondoh

085428 AKJ 2005 07 13 Salak Pondoh

Selain menyajikan tempat wisata yang menyenangkan /obyekwisata Agro/ juga menyediakan program paket wisata kebun//Pada paket ini pengunjung di tarik biaya sebesar Rp6000,00/ kemudian pengunjung akan diantar oleh pemandu untuk masuk ke kebun salak// didalam kebun/ pengunjung bisa memetik langsung / untuk menikmati dan juga akan dijelaskan tentang budidaya salak pondoh// Dengan harapan/ pengunjung yang mungkin belum pernah melihat tanaman salak tentunya akan senang sekali//

2 Baca lebih lajut

SIFAT FISIK DAN KIMIA BUAH SALAK PONDOH DI KABUPATEN SLEMAN PHYSICAL AND CHEMICAL PROPERTIES OF Salacca Edulis REINW FRUIT IN SLEMAN DISTRICT Nurul Hidayati

SIFAT FISIK DAN KIMIA BUAH SALAK PONDOH DI KABUPATEN SLEMAN PHYSICAL AND CHEMICAL PROPERTIES OF Salacca Edulis REINW FRUIT IN SLEMAN DISTRICT Nurul Hidayati

Hasil sidik ragam pada taraf kepercayaan lima persen menunjukkan bahwa kadar asam total daging buah salak pondoh di tingkat petani berbeda nyata terhadap kadar asam total daging buah salak pondoh di tingkat pedagang pengepul maupun pedagang pengecer. Kandungan asam di dalam buah – buahan didominasi oleh asam sitrat dan asam malat. Kandungan asam organik di dalam buah akan meningkat selama pertumbuhan dan perkembangan buah, tetapi menurun selama pematangan yang disebabkan karena proses oksidasi dan transpirasi (Tranggono & Sutardi 1990). Setelah buah dipanen, terjadi perubahan kandungan asam karena mengalami degradasi yang dipengaruhi oleh suhu penyimpanan dan tingkat kematangan buah (Pantastico 1986).
Baca lebih lanjut

8 Baca lebih lajut

PEMANFAATAN EKOWISATA MELALUI PETANI SALAK PONDOH DI DESA PANDANSARI, KAJORAN, MAGELANG.

PEMANFAATAN EKOWISATA MELALUI PETANI SALAK PONDOH DI DESA PANDANSARI, KAJORAN, MAGELANG.

Dengan berbagai manfaat yang dimiliki oleh salak pondoh, kita dapat mengkonsumsinya dengan berbagai olahan. Seperti mengolahnya menjadi jus, membuat manisan dengan bahan dasar salak pondoh, serta mengolahnya menjadi kopi salak pondoh. Dengan di dukung suasana desa Pandansari yang asri dengan kebun salak pondohnya, mewujudkan desa agrowisata salak pondoh bukanlah hal yang mustahil. Oleh karena itu, kami tim PKM-M dari UNS dalam program pengabdian masyarakat membantu para petani salak pondoh di desa Pandansari, Kajuran, Magelang untuk mewujudkan desa agrowisata salak pondoh.
Baca lebih lanjut

23 Baca lebih lajut

Pemanfaatan Agrowisata Salak Pondoh SEMNAS BIO UNY 2011 0

Pemanfaatan Agrowisata Salak Pondoh SEMNAS BIO UNY 2011 0

Ditinjau dari proses dan produk penelitian, seleksi pemanfaatan hasil penelitian sebagai sumber belajar, serta penerapan hasil penelitian dalam bentuk bahan ajar maka penelitian ini dapat dijadikan sebagai alternatif sumber belajar IPA di SMP untuk beberapa sub materi pembelajaran, antara lain: Struktur Fungsi Tumbuhan Monokotil, Faktor yang Mempengaruhi Fotosintesis, Macam Hama dan Penyakit Tanaman Salak Pondoh. Hasil penelitian ini dapat ditindaklanjuti dan diorganisasikan sebagai bahan ajar.

1 Baca lebih lajut

IbM SLB TUNA GRAHITA : PEMBERDAYAAN SISWA DENGAN PENGOLAHAN SALAK PONDOH

IbM SLB TUNA GRAHITA : PEMBERDAYAAN SISWA DENGAN PENGOLAHAN SALAK PONDOH

Kegiatan penyuluhan dan diskusi di SLB Wiyata Dharma 2 Sleman dilakukan pada pertengahan bulan Juni 2014 diikuti oleh Kepala Sekolah, guru–guru, siswa SMP serta SMA sebagai penerima program. Nara sumber dalam kegiatan ini adalah Tim Pelaksana yang sudah mempunyai pengetahuan dan wawasan dalam pengelolaan salak pondoh, dan menghadirkan nara sumber praktisi Ibu Suwartini dari Kecamatan Turi, Sleman yang sudah mempunyai banyak pengalaman dan bergerak dalam wirausaha pengolahan salak pondoh (Gambar 2).

33 Baca lebih lajut

Pengaruh Pelilinan pada Ujung Buah Salak Pondoh Pascapanen dengan suhu yang berbeda terhadap Investasi Penyakit

Pengaruh Pelilinan pada Ujung Buah Salak Pondoh Pascapanen dengan suhu yang berbeda terhadap Investasi Penyakit

Pada Gambar 15 dan 16 menunjukkan salak pondoh dengan konsentrasi lilin 12% pada suhu 26°C dan suhu 10°C, baik dari awal penyimpanan sampai akhir penyimpanan menghasilkan nilai kekerasan yang tertinggi berturut – turut yaitu sebesar 1.643 kgf dan 1.353 kgf untuk suhu 26°C serta 1.622 kgf dan 1.331 kgf untuk suhu 10°C. Pada penyimpanan suhu 26°C, nilai kekerasan terendah yaitu pada pelapisan lilin lebah 8% yaitu sebesar 1.229 kgf. Sedangkan pada penyimpanan suhu 10°C, nilai kekerasan pada salak pondoh dengan konsentrasi 0% (kontrol) relatif rendah dibandingkan salak pondoh dengan konsentrasi 8%, 10% dan 12%. Akan tetapi pada akhir penyimpanan salak pondoh dengan konsentrasi 8% pada suhu 10°C menghasilkan nilai terendah yaitu 1,257 kgf. Secara umum konsentrasi 12% pada salak pondoh mampu menghambat pertumbuhan cendawan dan memperkecil terjadinya kerusakan. Aktivitas cendawan ini dapat menyebabkan percepatan pelunakan buah karena terjadi proses pembusukan buah. Pelapisan lilin lebah dapat mempertahankan kadar air dan susut bobot pada buah salak pondoh sehingga kekerasan pun dapat dipertahankan. Hal ini sesuai dengan Seymour et al. (1993) kekerasan pada buah- buahan segar disebabkan oleh hilangnya tekanan turgor, perubahan pati dan degradasi dinding sel. Aplikasi pelapisan lilin akan memperlambat terlepasnya ikatan matriks pektin dengan selulosa pada dinding sel karena terbatasnya O 2
Baca lebih lanjut

82 Baca lebih lajut

Dosis efektif antidiare sari buah salak pondoh (zallaca edulis reinw) pada mencit dengan metode proteksi oleh oleum recini - USD Repository

Dosis efektif antidiare sari buah salak pondoh (zallaca edulis reinw) pada mencit dengan metode proteksi oleh oleum recini - USD Repository

Perlakuan yang diberikan pada hewan uji adalah sama persis antara keenam kelompok perlakuan tersebut. Hanya saja terdapat perbedaan yaitu pada jenis larutan yang diberikan diawal perlakuan. Pada menit ke nol kelompok kontrol negatif mendapatkan perlakuan aquadest, sedangkan pada kelompok kontrol positif mendapatkan perlakuan larutan Immodium yang dibuat dalam dosis 0,728 mg/g BB dengan konsentrasi 0,2912 x 10 -2 g/100 ml. Pada kelompok CMC Na 1%, diberikan larutan CMC Na dengan konsentrasi 1% secara oral. Sedangkan pada kelompok perlakuan dibagi menjadi tiga kelompok berdasarkan tiga peringkat dosis. Kelompok dosis I pada menit ke nol mendapatkan sari buah salak pondoh dengan dosis 12,5 ml/kg BB; pada kelompok dosis II mendapatkan sari buah salak pondoh dosis 25 ml/kg BB dan pada kelompok dosis III mendapat sari buah salak pondoh dengan dosis 50 ml/kg BB. Selanjutnya dilakukan proses penelitian yang sama pada enam kelompok uji seperti cara kerja yang telah ditentukan.
Baca lebih lanjut

180 Baca lebih lajut

100721 AKJ 22 November 2004 Budi Daya Salak Pondoh

100721 AKJ 22 November 2004 Budi Daya Salak Pondoh

Budi daya salak pondoh/ yang terdapat di Bangun Kerto kecamatan Turi Sleman Yogyakarta// Dengan sisitem stek/ pohon salak ini untuk pembuatan bibit salak yang unggul dan berkualitas// Dari penanaman / perawatan/ sampai pemanenan sangat mudah// Untuk penanamannya/ jarak antara pohon satu dengan pohon lainnya berjarak 2 meter// Perbedaan antara pohon jenis jantan dan betina sangat berbeda/ jika pada pohon jenis jantan/ tidak berbuah dan bunganya berbeda pula di banding jenis betina// Pada pohon salak betina/ dapat berbuah dan dengan bantuan angin atau bantuan manusia dari serbuk bunga yang jantan ke bunga betina// Nantinya akan berbuah/ dan siap di panen pada 6 bulan kemudian// Usia salak sampai 30 tahun// Ada juga pohon salak yang sudah tua/ hingga berumur 60 tahun//
Baca lebih lanjut

1 Baca lebih lajut

ANALISIS KELAYAKAN USAHATANI SALAK PONDOH (Salacca Zalacca) (Studi Kasus pada Petani Salak Pondoh Anggota Kelompok Salak Kencana Desa Cimara Kecamatan Pasawahan Kabupaten Kuningan).

ANALISIS KELAYAKAN USAHATANI SALAK PONDOH (Salacca Zalacca) (Studi Kasus pada Petani Salak Pondoh Anggota Kelompok Salak Kencana Desa Cimara Kecamatan Pasawahan Kabupaten Kuningan).

YUKI VEGARINI, 2012. Analisis Kelayakan Usahatani Salak Pondoh (Salacca Zalacca) (Studi Kasus pada Petani Salak Pondoh Anggota Kelompok Salak Kencana Desa Cimara, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan). Dibawah bimbingan M. Gunardi Judawinata.

2 Baca lebih lajut

DAYA ANTIDIARE SARI BUAH SALAK PONDOH (Salacca edulis Reinw) PADA MENCIT DENGAN METODE TRANSIT INTESTINAL

DAYA ANTIDIARE SARI BUAH SALAK PONDOH (Salacca edulis Reinw) PADA MENCIT DENGAN METODE TRANSIT INTESTINAL

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental murni dengan rancangan acak lengkap pola searah menggunakan mencit putih betina berumur 2- 3 bulan, berat 20-30 gram. Pada penelitian ini digunakan metode transit intestinal. Pada proses penelitian digunakan 60 ekor mencit yang dibagi secara acak dalam 6 kelompok, yaitu kelompok kontrol negatif, kontrol positif, kelompok CMC Na dan tiga kelompok uji dengan tiga peringkat dosis berturut-turut yaitu 14,95 g/kg BB; 25 ml/kg BB dan 63,23 g/kg BB. Bahan uji yang digunakan yaitu sari buah salak pondoh (Salacca edulis reinw). Setelah 45 menit, hewan uji diberi larutan marker karbo adsorben sebanyak 0,2 ml/20 gram BB mencit secara oral. Setelah 20 menit, mencit dimatikan dan diambil ususnya. Diukur panjang usus yang dilalui marker karbo adsorben (A) dan panjang usus seluruhnya (B) dan dihitung nilai rasio antara A dan B. Data yang diperoleh kemudian di analisis menggunakan statistik dengan metode Anova dan dilanjutkan dengan uji post hoc/LSD.
Baca lebih lanjut

104 Baca lebih lajut

NILAI TAMBAH PRODUK OLAHAN BERBAHAN BAKU SALAK PONDOH SKALA INDUSTRI RUMAH TANGGA DI DESA DONOKERTO KECAMATAN TURI KABUPATEN SLEMAN

NILAI TAMBAH PRODUK OLAHAN BERBAHAN BAKU SALAK PONDOH SKALA INDUSTRI RUMAH TANGGA DI DESA DONOKERTO KECAMATAN TURI KABUPATEN SLEMAN

Sampai saat ini banyak dijumpai jenis Salak yang berkembang luas dan agak spesifik dikaitkan dengan daerah pembudidayannya, misal Salak codet (Jakarta), Salak Padang Sidempuan (Medan), Salak Pondoh (Sleman, Yogyakarta), Salak Bongkok (Sumedang), Salak Monanjaya (Tasikalaya), Salak Suwaru (Malang), Salak Bali (karangasem) dan sebagainya. Banyaknya varietas Salak tersebut disebabkan oleh pengaruh iklim dan lingkungan yang berbeda-beda. Disamping itu, kemungkinan juga karena adanya kawin silang antara tanaman Salak itu sendiri. Karena masing-masing varietas Salak memilki kualitas yang berbeda-beda, maka harga dari masing-masing varietas tersebut juga berbeda. Tentunya Salak yang memiliki kualitas terbaik akan paling mahal harganya. Untuk saat ini, Salak Pondoh merupakan Salak yang paling mahal diantara jenis Salak yang lainnya (Rochani, 2007).
Baca lebih lanjut

139 Baca lebih lajut

162987 ID analisis tataniaga salak pondoh salacca

162987 ID analisis tataniaga salak pondoh salacca

tataniaga yang paling efisien. Produksi salak pondoh di Banjarnegara setiap tahunnya mengalami peningkatan dengan pertumbuhan produksi yang cukup signifikan, pemasaran dari produksalak pondoh cukup komplek karena banyak lembaga pemasaran yang berperan dalam tataniaga salak itu sendiri, dari pedagang pengumpul kecil desa, pedagang pengumpul besar, serta pedagang di pasar induk salak di Banjarnegara, salak produksi dari petani di Desa Sigeblog dalam pemasarannya yaitu dari panen pada petani ke pedagang pengumpul ataupun dijual langsung ke pasar induk salak di Kabupaten Banjarnegara.
Baca lebih lanjut

4 Baca lebih lajut

Show all 1109 documents...