Sejarah perkembangan sistem operasi

Top PDF Sejarah perkembangan sistem operasi:

Sejarah Perkembangan Sistem Operasi

Sejarah Perkembangan Sistem Operasi

Booting adalah istilah teknologi informasi dalam bahasa Inggris yang mengacu kepada proses awal menyalakan komputer dimana semua register prosesor disetting kosong, dan status mikroprosesor/prosesor disetting reset. Kemudian address 0xFFFF diload di segment code (code segment) dan instruksi yang terdapat pada alamat address 0xFFFF tersebut dieksekusi. Secara umum program BIOS (Basic Input Output System), yaitu sebuah software dasar, terpanggil. Sebab memang biasanya BIOS berada pada alamat tersebut. Kemudian BIOS akan melakukan cek terhadap semua error dalam memory, device-device yang terpasang/tersambung kepada komputer -- seperti port-port serial dan lain-lain. Inilah yang disebut dengan POST (Power-On Self Test). Setelah cek terhadap sistem tersebut selesai, maka BIOS akan mencari [Sistem Operasi], memuatnya di memori dan mengeksekusinya. Dengan melakukan perubahan dalam setup BIOS (kita dapat melakukannya dengan menekan tombol tertentu saat proses booting mulai berjalan), kita dapat menentukan agar BIOS mencari Sistem Operasi ke dalam floppy disk, hard disk, CD-ROM, USB dan lain-lain, dengan urutan yang kita inginkan.
Baca lebih lanjut

20 Baca lebih lajut

Sejarah Perkembangan Sistem Operasi Micr

Sejarah Perkembangan Sistem Operasi Micr

Windows 1.0 bukanlah sebuah sistem operasi yang lengkap, namun hanya memperluas kemampuan MS-DOS dengan tambahan antarmuka grafis berbasis 16-bit. Windows 1.0 juga memiliki masalah dan kelemahan sama yang dimiliki oleh MS-DOS. Selain itu, Apple yang menuntut Microsoft membuat Microsoft membatasi kemampuannya. Sebagai contoh, jendela-jendela di dalam Windows 1.0 hanya dapat ditampilkan di layar secara "tile" saja, sehingga jendela tersebut tidak dapat saling menimpa satu sama lainnya. Dan juga tidak ada semacam tempat yang digunakan untuk menyimpan berkas sebelum dihapus (Recycle Bin), karena memang Apple berkeyakinan bahwa mereka memiliki hak terhadap paradigma tersebut. Microsoft pun kemudian membuang limitasi tersebut dari Windows dengan menandatangani perjanjian lisensi dengan Apple.
Baca lebih lanjut

18 Baca lebih lajut

SEJARAH PERKEMBANGAN SISTEM OPERASI Perkembangan Filologi (1)

SEJARAH PERKEMBANGAN SISTEM OPERASI Perkembangan Filologi (1)

Generasi pertama merupakan awal perkembangan sistem komputasi elektronik sebagai pengganti sistem komputasi mekanik, hal itu disebabkan kecepatan manusia untuk menghitung terbatas dan manusia sangat mudah untuk membuat kecerobohan, kekeliruan bahkan kesalahan.

7 Baca lebih lajut

SEJARAH PERKEMBANGAN SISTEM OPERASI ANDR

SEJARAH PERKEMBANGAN SISTEM OPERASI ANDR

Perkembangan teknologi yang terjadi di dunia sangatlah pesat. Membuat perkembangan sistem operasi semakin cepat pula. Sistem operasi tidak hanya terdapat dalam komputer, namun juga terdapat dalam telepon selular atau handphone. Sistem operasi pada ponsel adalah software utama yang melakukan manajemen dan kontrol terhadap hardware secara langsung serta manajemen dan mengotrol software-software lain sehingga software-software lain tersebut dapat bekerja. Ada banyak jenis sistem operasi ponsel pada saat ini, antara lain Java, Windows Mobile, Symbian, sistem operasi Ios, sistem operasi WebOs, sistem operasi Blackberry, sistem operasi Maemo, sistem operasi Palm Os, sistem operasi Samsung dan sistem operasi Android.
Baca lebih lanjut

16 Baca lebih lajut

Sejarah Perkembangan Komputer dan sistem

Sejarah Perkembangan Komputer dan sistem

komputer ini banyak di gunakan di berbagai perusahaan perusahaan khususnya dalam bidang bisnis. Ukurannya lebih kecil ketimbang komputer generasi pertama, yaitu kira kira seukuran lemari. Pada era ini juga manusia telah mengenal printer, memori, disket ataupun sitem operasi.

19 Baca lebih lajut

Makalah Sejarah Dan Perkembangan Sistem

Makalah Sejarah Dan Perkembangan Sistem

Linux Ubuntu adalah salah satu dari jenis Linux yang ada di dunia. Ubuntu Linux merupakan sebuah distro baru yang langsung mendapatkan tempat dihati para pengguna Linux khususnya bagi para Debian mania. Bagaimana tidak Ubuntu memiliki lebih banyak kelebihan dibandingkan debian sendiri. Ubuntu menawarkan semua kelebihan yang dimiliki oleh Debian ditambah dengan update berkala setiap 3 bulan, dukungan komunitas yang sangat banyak, dukungan dana yang melimpah, bahkan anda bisa mendapatkan CD Installernya secara gratis. Ubuntu adalah sebuah kata kuno dari Africa yang berarti “Humanity towards other” yang kurang lebih artinya adalah kemanusian untuk membantu yang lain. Tujuan dari proyek ini adalah menciptakan sebuah Sistem Operasi Desktop yang gratis dengan dukungan aplikasi serta dokumentasinya. Project ini disponsori oleh Canonical Ltd.
Baca lebih lanjut

31 Baca lebih lajut

Sejarah dan perkembangan sistem pentadbi

Sejarah dan perkembangan sistem pentadbi

Malaysia mengamalkan sistem Demokrasi Berparlimen di bawah pentadbiran Raja Berperlembagaan dengan Seri Paduka Baginda Yang Di-Pertuan Agong sebagai Ketua Negara yang mana dilantik secara bergilir setiap 5 tahun dari kalangan Sultan 9 buah negeri. Perlembagaan negara telah digubal dengan mengadakan syarat-syarat untuk mengamalkan sistem ini. Salah satu syarat sistem Demokrasi Berparlimen adalah pembahagian kuasa kepada tiga bahagian di dalam pemerintahan, iaitu Kuasa Perundangan, Kuasa Kehakiman dan Kuasa Eksekutif (pentadbiran).
Baca lebih lanjut

14 Baca lebih lajut

Sejarah Perkembangan Komputer dan Sistem

Sejarah Perkembangan Komputer dan Sistem

Dari uraian diatas terlihat bahwa perkembangan komputer generasi pertama umumnya dirancang untuk mengerjakan suatu tugas spesifik tertentu dimana hal ini dicirikan dengan adanya program kode-biner yang sangat berbeda (machine language). Hal ini membuat sistem kerja generasi komputer pertama sangat dibatasi. Kemudian komputer dari generasi pertama biasanya terdapat penggunaan tube vakum (sehingga membuat ukuran komputer sangatlah besar) dan untuk penyimpanan datanya menggunakan silinder magnetik.

8 Baca lebih lajut

SISTEM OPERASI SEJARAH WINDOWS PC DAN SE

SISTEM OPERASI SEJARAH WINDOWS PC DAN SE

Untuk fungsi-fungsi perangkat keras seperti sebagai masukan dan keluaran dan alokasi memori, sistem operasi bertindak sebagai perantara antara program aplikasi dan perangkat keras komputer, meskipun kode aplikasi biasanya dieksekusi langsung oleh perangkat keras dan seringkali akan menghubungi OS atau terputus oleh itu. Sistem operasi yang ditemukan pada hampir semua perangkat yang berisi komputer-dari ponsel dan konsol permainan video untuk superkomputer dan server web.

12 Baca lebih lajut

Lisensi Dokumen SEJARAH SISTEM OPERASI

Lisensi Dokumen SEJARAH SISTEM OPERASI

Generasi pertama merupakan awal perkembangan sistem komputasi elektronik sebagai pengganti sistem komputasi mekanik, hal itu disebabkan kecepatan manusia untuk menghitung terbatas dan manusia sangat mudah untuk membuat kecerobohan, kekeliruan bahkan kesalahan. Pada generasi ini belum ada sistem operasi, maka sistem komputer diberi instruksi yang harus dikerjakan secara langsung.

8 Baca lebih lajut

Pengertian Dan Sejarah Sistem Operasi Li

Pengertian Dan Sejarah Sistem Operasi Li

Para pengamat teknologi informatika beranggapan kesuksesan Linux dikarenakan Linux tidak bergantung kepada vendor (vendor independence), biaya operasional yang rendah, dan kompatibilitas yang tinggi dibandingkan versi UNIX tak bebas, serta faktor keamanan dan kestabilannya yang tinggi dibandingkan dengan sistem operasi lainnya seperti Microsoft Windows. Ciri-ciri ini juga menjadi bukti atas keunggulan model pengembangan perangkat lunak sumber terbuka (opensource software).

11 Baca lebih lajut

Konsep Sistem Operasi dan Perkembangan S (1)

Konsep Sistem Operasi dan Perkembangan S (1)

Generasi kedua memperkenalkan Batch Processing System, yaitu Job yang dikerjakan dalam satu rangkaian, lalu dieksekusi secara berurutan.Pada generasi ini sistem komputer belum dilengkapi sistem operasi, tetapi beberapa fungsi sistem operasi telah ada, contohnya fungsi sistem operasi ialah FMS (Fortran Monitoring System) dan IBSYS. Jadi generasi komputer kedua ini merupakan generasi pertama dari sistem

3 Baca lebih lajut

Sejarah Sistem Operasi Komputer Windows

Sejarah Sistem Operasi Komputer Windows

4 ini menggunakan UI (User Interface) dan memiliki tampilan yang disebut Metro sehingga pengguna dapat langsung berinteraksi dengan mudah menggunakan touch screen. Sistem operasi ini memiliki versi yang berbeda seperti Windows 8 untuk PC, Windows 8 RT untuk Tablet, dan Windows Phone 8 untuk smartphone.

4 Baca lebih lajut

PENGANTAR ORGANISASI DAN ARSITEKTUR KOMPUTER

PENGANTAR ORGANISASI DAN ARSITEKTUR KOMPUTER

Sistem operasi multiprogram menyediakan supply untuk I/O routine. Sistem harus dapat mengalokasikan memori untuk beberapa job. Beberapa job yang sudah siap dieksekusi akan dipilih oleh sistem job mana yang akan dieksekusi oleh CPU. Perangkat apa saja yang diperlukan oleh setiap job juga harus

38 Baca lebih lajut

User yang menggunakan sistem, terdiri dari orang, mesin atau komputer

User yang menggunakan sistem, terdiri dari orang, mesin atau komputer

• Beberapa sistem menggunakan asymmetric multiprocessing, dimana setiap prosesor mempunyai tugas tetentu. Prosesor master mengontrol sistem, prosesor lain menunggu instruksi master atau mempunyai tugas yang ditentukan oleh master. Skema ini merupakan hubungan master- slave. Prosessor master menjadwal dan mengalokasikan pekerjaan dari prosessor slave.

48 Baca lebih lajut

Contoh Makalah Lengkap  Format Microsoft Word Makalah Windows Xp

Contoh Makalah Lengkap Format Microsoft Word Makalah Windows Xp

Windows XP adalah jajaran sistem operasi berbasis grafis yang dibuat oleh Microsof untuk digunakan pada komputer pribadi, yang mencakup komputer rumah dan desktop bisnis, laptop, dan pusat media (Media Center). Nama "XP" adalah kependekan dari "Experience". Windows XP merupakan penerus Windows 2000 Professional dan Windows Me, dan merupakan versi sistem operasi Windows pertama yang berorientasi konsumen yang dibangun di atas kernel dan arsitektur Windows NT. Windows XP pertama kali dirilis pada 25 Oktober , dan lebih dari 400 juta salinan instalasi digunakan pada Januari , menurut perkiraan seorang analis IDC. Windows XP digantikan oleh Windows Vista, yang dirilis untuk pengguna volume license pada 8 November , dan di seluruh dunia untuk masyarakat umum pada tanggal 30 Januari . Banyak Original Equipment Manufacturer (OEM) dan juga penjual ritel menghentikan produksi perangkat dengan Windows XP pada tanggal 30 Juni . Microsof sendiri terus menjual Windows XP melalui Custom-built PC (OEM kecil yang menjual komputer rakitan) sampai dengan 31 Januari . Windows XP mungkin akan tetap tersedia bagi para pengguna korporasi dengan volume licensing, sebagai sarana downgrade untuk komputer-komputer yang belum siap menjalankan sistem operasi baru, Windows Vista Business Edition atau Ultimate Edition atau Windows 7 Professional.
Baca lebih lanjut

25 Baca lebih lajut

KONSEP SISTEM OPERASI dan SEJARAH SISTEM

KONSEP SISTEM OPERASI dan SEJARAH SISTEM

Menurut Pangera,Ariyus (2010:60) menyatakan bahwa sistem operasi meiliki fungsi dan tujuan, adapun yang dimaksud dengan fungsi sistem operasi adalah “sebagai pengontrol eksekusi program- program aplikasi dan juga interface antara pengguna komputer dan uga hardware komputer”. Selain fungsi tersebut terdapat tiga tujuan dasar sistem operasi, yaitu adalah sebagai berikut :

3 Baca lebih lajut

Sejarah Sistem Operasi dari Sejarah Sist

Sejarah Sistem Operasi dari Sejarah Sist

Desktop di I ndonesia ditandai dengan hadirnya Desktop di I ndonesia ditandai dengan hadirnya sistem operasi 3D OS yang dikembangkan oleh sistem operasi 3D OS yang dikembangkan oleh PC LI NUX. Ada beberapa versi yang disediakan, PC LI NUX. Ada beberapa versi yang disediakan, yaitu

30 Baca lebih lajut

Sejarah dan Perkembangan Sistem Operasi (1)

Sejarah dan Perkembangan Sistem Operasi (1)

Windows 3.0 dirilis pada tanggal 22 Mei 1990. Windows 3.0 memiliki kemampuan dukungan kartu grafis SVGA atau XGA dan juga icon. Microsoft menyediakan SDK (Software Development Kit) sehingga para developer piranti lunak dapat mengembangkan aplikasi agar mampu berjalan di Windows 3.0 ini. Sistem ini mengenalkan Virtual Device Driver (VXD) yang berguna untuk

12 Baca lebih lajut

Sejarah dan Perkembangan Sistem Operasi

Sejarah dan Perkembangan Sistem Operasi

Sistem batch mengizinkan pengurutan tugas secara otomatis dengan menggunakan Sistem operasi yang terintegrasi dan memberikan peningkatan yang cukup besar dalam utilisasi komputer. Komputer tidak perlu lagi menunggu operasi oleh pengguna. Tapi utilisasi CPU tetap saja rendah. Hal ini dikarenakan lambatnya kecepatan alat-alat untuk I/O secara relatif terhadap kecepatan CPU. Operasi off-line dari alat-alat yang lambat bertujuan untuk

11 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...