semi otomatis

Top PDF semi otomatis:

KOMENTAR SEMI OTOMATIS UNTUK MEMUDAHKAN

KOMENTAR SEMI OTOMATIS UNTUK MEMUDAHKAN

Studi memperkirakan bahwa biaya perawatan perangkat lunak meningkat dengan sangat cepat hingga mencapai 90% dari biaya keseluruhan dalam daur hidup pengembangan perangkat lunak. Perawatan perangkat lunak menjadi sangat sulit dikarenakan tidak adanya dokumentasi pada program yang ada. Salah satu bentuk dokumentasi program adalah pemberian komentar program. Komentar sangat berguna dalam pemahaman program dan pemeliharaan program. Komentar memungkinkan pengembang dalam memahami kode lebih cepat dalam pembacaan source code. Pemberian komentar program biasanya dilakukan manual oleh programmer. Pada penelitian ini, dilakukan dua kegiatan pemberian komentar pada bahasa pemrograman java, yaitu pemberian komentar secara otomatis dan pemberian komentar secara semi otomatis. Komentar semi otomatis yang diberikan pada program secara langsung diharapakan dapat mempermudah proses pemahaman pada program khususnya bahasa pemrograman java. Penggunaan ekspresi regular sangat membantu dalam mempolakan baris source code. Dari uji yang dilakukan terdapat rata -rata keberhasilan pemberian komentar otomatis sebesar 92% dan proses pemahaman pengguna sebesar 86% dari total responden 21.
Baca lebih lanjut

8 Baca lebih lajut

Knapsack sprayer semi otomatis bertenaga sepeda (bike sprayer) pada tanaman sayuran (hortikultura)

Knapsack sprayer semi otomatis bertenaga sepeda (bike sprayer) pada tanaman sayuran (hortikultura)

Proses penyemprotan yang dilakukan oleh petani di Indonesia umumnya menggunakan knapsack sprayer tipe gendong sehingga menyita waktu dan tenaga . Hal tersebut jelas berbeda dengan negara-negara maju yang telah menerapkan aspek di bidang teknologi untuk penyemprotan tanaman sayuran. Pada dasarnya, prinsip kerja Knapsack sprayer semi otomatis bertenaga sepeda (Bike Sprayer) mencakup dua kegiatan yaitu: Pendistribusian cairan semprot ke tanaman dan Pemompaan cairan

18 Baca lebih lajut

TUGAS AKHIR  RANCANG BANGUN ALAT PENCEKAM BENDA KERJA SEMI-OTOMATIS MESIN PILIN.

TUGAS AKHIR RANCANG BANGUN ALAT PENCEKAM BENDA KERJA SEMI-OTOMATIS MESIN PILIN.

Perancangan ini menghasilkan Alat Pencekam Benda Kerja Semi- Otomatis Mesin Pilin yang memiliki beberapa sistem yaitu: sistem pencekam, sistem penggerak, dan sistem pengontrol. Alat ini direncang untuk benda kerja besi tempa kotak dengan dimensi sisi 10 -15 mm. Waktu yang dibutuhkan untuk melakukan pencekaman dari posisi terbuka penuh adalah selama 5 detik.

16 Baca lebih lajut

RANCANG BANGUN MESIN SERUT KAYU SEMI OTOMATIS DENGAN PENGGERAK MOTOR LISTRIK ( PEMBUATAN )

RANCANG BANGUN MESIN SERUT KAYU SEMI OTOMATIS DENGAN PENGGERAK MOTOR LISTRIK ( PEMBUATAN )

Puji dan syukur kehadirat Allah SWT, karena atas berkat rahmat-Nya penulis dapat menyelesaikan laporan akhir ini. Adapun judul laporan akhir ini adalah “RANCANG BANGUN MESIN SERUT KAYU SEMI OTOMATIS DENGAN PENGGERAK MOTOR LISTRIK ”. Laporan ini dibuat karena merupakan salah satu syarat untuk menyelesaikan Program Diploma III Politeknik Negeri Sriwijaya.

12 Baca lebih lajut

DESAIN SARANA VERTIKULTUR HIDROPONIK SISTEM ALIR SEMI OTOMATIS Mahasiswa: Imaniar Vanda Sandria

DESAIN SARANA VERTIKULTUR HIDROPONIK SISTEM ALIR SEMI OTOMATIS Mahasiswa: Imaniar Vanda Sandria

Imaniar Vanda Sandria atau Ima lahir di Surabaya pada tanggal 17 September 1994. Penulis merupakan anak tunggal dari pasangan Bapak Sugiharto Atmojo dan Ratih Sudarwati. Pendidikan formal yang telah ditempuh penulis yaitu SD Swasta Islam Al-Muslim Waru, Sidoarjo (2000- 2006), SMPN 35 Surabaya (2006-2009), SMAN 5 Surabaya (2009-2012), dan S1 Desain Produk Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya dengan NRP 3412100179. Penulis menyelesaikan Tugas Akhir dengan judul : “Desain Sarana Vertikultur Hidroponik Sistem Alir Semi Otomatis”.
Baca lebih lanjut

154 Baca lebih lajut

Rancang Bangun Alat Pemerah Susu Sapi Semi Otomatis Tipe Engkol

Rancang Bangun Alat Pemerah Susu Sapi Semi Otomatis Tipe Engkol

Perbedaan alat pemerah semi otomatis ini dengan alat pemerah otomatis yaitu penggunaan tenaga manusia untuk melakukan sistem pemerahan. Pada alat pemerah otomatis, fungsi pulsator sebagai alat yang secara bergantian membentuk vakum dan udara atmosfer diantara bagian pemerah (shells) dan karet pemerah (liner) digantikan oleh pompa engkol pada alat pemerah semi otomatis ini, untuk menggerakkan pompa engkol tersebut digunakan tenaga manusia. Claw pada alat pemerah otomatis merupakan ruang vakum yang mempunyai katup buka-tutup berfungsi menghentikan vakum untuk puting sebelum memindahkan alat pemerah dari sapi. Gaya hisap atau tekanan langsung didapat dari pompa vakum yang membentuk ruang vakum pada milkcan, sehingga milkcan dapat menggantikan fungsi claw. Ruang vakum yang dibentuk pada milkcan ini akan secara langsung melakukan penghisapan pada puting sapi.
Baca lebih lanjut

91 Baca lebih lajut

Uji Kinerja Alat Pemerah Susu Sapi Semi Otomatis Tipe Engkol

Uji Kinerja Alat Pemerah Susu Sapi Semi Otomatis Tipe Engkol

Untuk mengatasi hal tersebut telah dilakukan kerjasama penelitian antara Departemen Teknik Pertanian ( TEP ) IPB dengan CENTRAS ( Center For Tropical Animal Studies) LPPM IPB dalam rancangan alat pemerah susu sapi semi otomatis tipe engkol. Dengan adanya kerjasama ini diharapkan akan dihasilkan alat pemerah susu sapi yang sesuai dengan kebutuhan para peternak sapi perah di Indonesia. Dalam penelitian ini akan dilakukan uji kinerja dan uji pengoperasian alat pemerah susu semi otomatis tipe engkol dengan tujuan untuk menentukan efektifitas fungsional dan produktivitas prototipe alat pemerah susu sapi semi otomatis tipe engkol dan menentukan beban kerja kualitatif operator pengguna alat pemerah susu sapi semi otomatis tipe engkol.
Baca lebih lanjut

94 Baca lebih lajut

Rancang Bangun dan Uji Performansi Alat Pemerah Susu Sapi Semi Otomatis

Rancang Bangun dan Uji Performansi Alat Pemerah Susu Sapi Semi Otomatis

Alhamdulillah puji syukur penulis panjatkan kehadirat Alloh SWT yang telah senantiasa melimpahkan rahmat, hidayah dan karunia-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan penelitian yang berjudul Rancang Bangun dan Uji Performansi Alat Pemerah Susu Sapi Semi Otomatis. Penelitian ini merupakan dasar yang digunakan dalam penyusunan skripsi. Skripsi merupakan salah satu syarat untuk memperoleh gelar Sarjana Teknologi Pertanian pada Departemen Teknik Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian, Institut Pertanian Bogor.

103 Baca lebih lajut

SEGMENTASI OBYEK SEMI-OTOMATIS MENGGUNAKAN METODE REGION MERGING MAXIMAL SIMILARITY BERBASIS ALGORITMA MEAN SHIFT DAN NORMALIZED CUTS - UDiNus Repository INDARYANTO BAB I

SEGMENTASI OBYEK SEMI-OTOMATIS MENGGUNAKAN METODE REGION MERGING MAXIMAL SIMILARITY BERBASIS ALGORITMA MEAN SHIFT DAN NORMALIZED CUTS - UDiNus Repository INDARYANTO BAB I

al [2] mengatakan bahwa segmentasi citra adalah membagi citra menjadi bagian-bagian yang homogen berdasarkan pola, warna, atau tepi gambar. Memisahkan obyek dari background disekitarnya juga termasuk salah satu kajian dalam penelitian segmentasi citra [3]. Proses segmentasi yang akurat merupakan suatu kunci untuk mendapatkan hasil pengenalan obyek yang akurat. Menurut Forsyth et al [4] tujuan dari segmentasi citra adalah untuk mempermudah atau mengubah citra digital ke dalam bagian yang lebih berarti atau lebih mudah untuk dianalisa. Warna dan tekstur di dalam citra biasanya sangat kompleks sehingga segmentasi secara full- otomatis untuk memisahkan obyek dari background adalah hal yang sulit untuk dilakukan [5]. Berbagai metode segmentasi secara full-otomatis telah dikembangkan, tetapi sejauh ini tidak ada yang dapat memberikan jaminan hasil segmentasi yang akurat untuk semua kasus segmentasi. Hal ini menyebabkan metode segmentasi secara semi-otomatis yang mampu mendapatkan hasil segmentasi pemisahan obyek dan background yang moderat dan mampu menangani pekerjaan segmentasi yang berat menjadi popular [6].
Baca lebih lanjut

7 Baca lebih lajut

Usulan Konsep Perencanaan Mesin  Pengemas Semi Otomatis Berbasis Programmable Logic Cotroller pada PT Sang Hyang Seri

Usulan Konsep Perencanaan Mesin Pengemas Semi Otomatis Berbasis Programmable Logic Cotroller pada PT Sang Hyang Seri

Berdasarkan hasil observasi diperoleh bahwa masalah pada bagian pengepakan secara manual adalah berat netto produk yang telah dikemas tidak homogen (tidak 5 kg). Hal ini disebabkan karena fasilitas kerja bagian pengisian dan penimbangan pada pengepakan manual tidak ergonomis. Kondisi fasilitas yang tidak ergonomis mengakibatkan keluhan pada tubuh operator sehingga ketelitian operator dalam bekerja berkurang, dampak ini yang mengakibatkan berat netto tidak homogen. Masalah pada pengepakan fully automatic yaitu mesin jarang digunakan, karena tidak sesuai dengan jumlah produksi perusahaan selain itu dalam pengoperasianya dibutuhkan syarat yang berat, seperti konsumsi listrik yang tinggi serta penyetelan mesin yang rumit apabila ukuran kemasan berubah- ubah. Waktu pengepakan secara manual adalah 10,19 detik/kemasan dengan output sebesar 1,65 ton/jam; waktu pengepakan fully automatic adalah 5,14 detik/kemasan dengan output sebesar 3,5 ton/jam. Jalan keluar yang diusulkan peneliti adalah konsep perencanaan mesin pengemas semi otomatis berbasis PLC (Programmable Logic Controller) yang sesuai dengan dimensi tubuh operator dan fleksibilitas produk.
Baca lebih lanjut

293 Baca lebih lajut

RANCANG BANGUN ALAT BANTU PRODUKSI FLANGE PIPE MENGGUNAKAN LAS POTONG ASETILEN SEMI OTOMATIS ( PROSES PEMBUATAN)

RANCANG BANGUN ALAT BANTU PRODUKSI FLANGE PIPE MENGGUNAKAN LAS POTONG ASETILEN SEMI OTOMATIS ( PROSES PEMBUATAN)

Laporan akhir yang berjudul “ Rancang Bangun Alat Bantu Produksi Flange Pipe Menggunakan Las Potong Asetilen Semi Otomatis ”, bertujuan untuk memotong flange pada pipa atau benda seperti plat yang tebal dengan las asetilen. Pada pemotongan bisa menggunakan plasma cutting manual, gerinda, gunting pelat Untuk memotong benda agar berbentuk lingkaran merupakan hal yang sangat sulit dan keterbasan alat yang jarang ditemui. Pada pemotongan flange juga akan sulit jika menggunakan gergaji ataupun gerinda karena flange tebal dan akan memakan waktu yang lama. Jika menggunakan gerinda kelemahannya biaya yang dikeluarkan lebih besar, hasilnya kurang presisi, dan sulit untuk pemotongan berbentuk lingkaran. Pada pemotongan flange yang berbentuk lingkaran digunakan plasma cutting hasilnya presisi namun pada proses pemotongannya harus memutar jangka dari alat tersebut. Oleh karena itu untuk memudahkan dalam memproduksi suatu produk secara massal maka alat yang digunakan akan dimodifikasi semi otomatis agar proses pembuatan benda menjadi lebih efisiensi dan lebih mudah mendapatkan kualitas produk yang bermutu serta laju produksi yang banyak.
Baca lebih lanjut

11 Baca lebih lajut

Teknologi Mesin Sachet Kopi Celup Semi Otomatis Untuk Peningkatan Produksi Dan Perluasan Segmen Pasar Kopi Temanggungan

Teknologi Mesin Sachet Kopi Celup Semi Otomatis Untuk Peningkatan Produksi Dan Perluasan Segmen Pasar Kopi Temanggungan

Tersedianya satu unit mesin pengemas primer kopi celup yang semi otomatis, mudah dioperasikan dan dirawat. Terciptanya produk olahan kopi yang baru (kopi celup) dengan kualitas yang baik dan secara ilmiah dapat dipertanggungjawabkan, serta memenuhi batasan normatif standard mutu kopi celup Indonesia, Meningkatnya daya saing kelompok usaha kopi Temanggungan dan Bertambahnya akses pasar semua produk kopi yang dihasilkan oleh kelompok. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya permintaan kopi luwak sachet dari hotel dikota wisata seperti Yogyakarta, semarang, malang dan bahkan sudah mulai ada permintaan dari malaisya, dengan kapasitas 200 kg perbulan
Baca lebih lanjut

9 Baca lebih lajut

RANCANG BANGUN PERANGKAT LUNAK PADA SEMI OTOMATIS ALAT TENUN SELENDANG SONGKET PALEMBANG BERBASIS MIKROKONTROLER ATMEGA 128 - POLSRI REPOSITORY

RANCANG BANGUN PERANGKAT LUNAK PADA SEMI OTOMATIS ALAT TENUN SELENDANG SONGKET PALEMBANG BERBASIS MIKROKONTROLER ATMEGA 128 - POLSRI REPOSITORY

Segala puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT karena berkat rahmat dan hidayah-Nya penulis dapat menyelesaikan Laporan Akhir dengan judul “ Rancang Bangun Perangkat Lunak semi otomatis alat tenun selendang songket Palembang berbasis Mikrokontroler ATMega 128 ”.

12 Baca lebih lajut

RANCANG BANGUN MESIN SERUT KAYU SEMI OTOMATIS DENGAN PENGGERAK MOTOR LISRTRIK ( PERHITUNGAN BIAYA PRODUKSI )

RANCANG BANGUN MESIN SERUT KAYU SEMI OTOMATIS DENGAN PENGGERAK MOTOR LISRTRIK ( PERHITUNGAN BIAYA PRODUKSI )

Puji dan syukur kehadirat Allah SWT, karena atas berkat rahmat-Nya penulis dapat menyelesaikan laporan akhir ini. Adapun judul laporan akhir ini adalah “RANCANG BANGUN MESIN SERUT KAYU SEMI OTOMATIS DENGAN PENGGERAK MOTOR LISTRIK”. Laporan ini dibuat karena merupakan salah satu syarat untuk menyelesaikan Program Diploma III Politeknik Negeri Sriwijaya.

12 Baca lebih lajut

Pengaturan Pemanfaatan Ruang Hutan Pendidikan Gunung Walat Menggunakan Metode Semi-Otomatis Berbasis SIG

Pengaturan Pemanfaatan Ruang Hutan Pendidikan Gunung Walat Menggunakan Metode Semi-Otomatis Berbasis SIG

Tujuan utama dilakukannya penelitian ini adalah membangun sistem zonasi pemanfaatan ruang secara semi-otomatis berbasis SIG di Hutan Pendidikan Gunung Walat. Tujuan tambahan dari penelitian ini adalah mengevaluasi efisiensi relatif dari sistem yang dikembangkan dibandingkan dengan metode konvensional (manual). Jenis data yang digunakan meliputi : peta rupa bumi (RBI) skala 1 : 50.000, peta jenis tanah tahun 1981, peta areal kerja tahun 1983 dan peta tata batas Hutan Gunung Walat serta data tabel (atribut) curah hujan. Tahapan penelitian yang dilakukan meliputi identifikasi peubah, overlay, menampilkan peta, manipulasi data, analisis data, pemodelan spasial, zonasi pemanfaatan lahan, dan menguji efesiensi relatif.
Baca lebih lanjut

87 Baca lebih lajut

SEGMENTASI OBYEK SEMI-OTOMATIS MENGGUNAKAN METODE REGION MERGING MAXIMAL SIMILARITY BERBASIS ALGORITMA MEAN SHIFT DAN NORMALIZED CUTS - UDiNus Repository INDARYANTO BAB VI

SEGMENTASI OBYEK SEMI-OTOMATIS MENGGUNAKAN METODE REGION MERGING MAXIMAL SIMILARITY BERBASIS ALGORITMA MEAN SHIFT DAN NORMALIZED CUTS - UDiNus Repository INDARYANTO BAB VI

Dari penelitian ini didapatkan hasil bahwa penerapan segmentasi obyek secara semi-otomatis dengan metode region merging berdasarkan perhitungan maximal similarity dengan menggunakan hasil segmentasi low level algoritma mean shift plus normalized cuts berhasil mensegmentasi obyek dengan background yang kompleks secara lebih akurat. Hal ini dibuktikan dengan nilai bit rate error yang lebih kecil. Nilai rata-rata bit error rate yang didapatkan adalah 0.09454, lebih rendah dibandingkan dengan nilai bit error rate dari proses region merging menggunakan segmentasi low level algoritma mean shift pada minimum region = 50 yang hanya mencapai 0.20515. Peningkatan akurasi yang berhasil dicapai adalah 11 %.
Baca lebih lanjut

1 Baca lebih lajut

DESAIN TITRATOR POTENSIOMETRI SEMI OTOMATIS DAN APLIKASINYA PADA TITRASI ASAM BASA

DESAIN TITRATOR POTENSIOMETRI SEMI OTOMATIS DAN APLIKASINYA PADA TITRASI ASAM BASA

sebagai titran. Hasil titik akhir titrator semi otomatis kemudian dibandingkan dengan hasil titrasi konvensional pada kondisi yang sama. Hasil pengujian menunjukkan bahwa titrator semi otomatis memiliki beberapa kelebihan yaitu dapat membaca nilai potensial setiap detik, larutan yang dibutuhkan untuk penitrasi (titran) lebih sedikit, waktu yang dibutuhkan lebih cepat, dan operator dapat melakukan pekerjaan lainnya. Berdasarkan hasil uji-t terhadap hasil titrasi, dapat dikemukakan bahwa titrator potensiometri semi otomatis berkesesuaian secara signifikan dengan titrasi konvensional sehingga dapat digunakan sebagai alternatif untuk proses titrasi.
Baca lebih lanjut

9 Baca lebih lajut

DESAIN TITRATOR POTENSIOMETRI SEMI OTOMATIS DAN APLIKASINYA PADA TITRASI ASAM BASA

DESAIN TITRATOR POTENSIOMETRI SEMI OTOMATIS DAN APLIKASINYA PADA TITRASI ASAM BASA

Titrator Potensiometri Semi Otomatis telah didesain dengan tujuan untuk memudahkan proses titrasi yang selama ini masih sering dilakukan secara manual dan untuk mengurangi kesalahan yang diakibatkan oleh kesalahan manusia. Titrator Potensiometri Semi Otomatis ini telah diujikan pada titrasi asam kuat (HCl) dengan basa kuat (NaOH) dan titrasi asam lemah (CH 3 COOH) dengan basa

20 Baca lebih lajut

DESAIN TITRATOR POTENSIOMETRI SEMI OTOMATIS DAN APLIKASINYA PADA TITRASI ASAM BASA

DESAIN TITRATOR POTENSIOMETRI SEMI OTOMATIS DAN APLIKASINYA PADA TITRASI ASAM BASA

Titrator Potensiometri Semi Otomatis telah didesain dengan tujuan untuk memudahkan proses titrasi yang selama ini masih sering dilakukan secara manual dan untuk mengurangi kesalahan yang diakibatkan oleh kesalahan manusia. Titrator Potensiometri Semi Otomatis ini telah diujikan pada titrasi asam kuat (HCl) dengan basa kuat (NaOH) dan titrasi asam lemah (CH 3 COOH) dengan basa

19 Baca lebih lajut

RANCANG BANGUN MESIN PRES SEMI OTOMATIS

RANCANG BANGUN MESIN PRES SEMI OTOMATIS

Puji syukur kehadirat Allah SWT atas segala rahmat, karunia dan hidayah-Nya. Sehingga laporan Proyek Akhir dengan judul RANCANG BANGUN MESIN PRES SEMI OTOMATIS ini dapat terselesaikan dengan baik tanpa halangan suatu apapun. Laporan Tugas Akhir ini disusun untuk memenuhi salah satu persyaratan dalam mata kuliah Tugas Akhir dan merupakan syarat kelulusan bagi mahasiswa DIII Teknik Mesin Produksi Universitas Sebelas Maret Surakarta dalam memperoleh gelar Ahli Madya (A.Md)

92 Baca lebih lajut

Show all 4187 documents...