Si Kancil

Top PDF Si Kancil:

Cerita si kancil dan buaya dalam bahasa

Cerita si kancil dan buaya dalam bahasa

"Tidak perlu kau lihat cara menanam biji ketimun ini, sebab nanti pasti kau curi ketimun yang sudah masak" kata petani kepada si kancil. "Ah, masak tidak percaya pak, kedatangan ku kemari untuk belajar bercocok tanam, sebab aku sudah jera mencuri ketimun milik bapak".

3 Baca lebih lajut

Perancangan Buku Ilustrasi Tokoh Si Kancil Dalam Dongeng Binatang

Perancangan Buku Ilustrasi Tokoh Si Kancil Dalam Dongeng Binatang

Opini masyarakat terkait dongeng si Kancil yang didapat melalui hasil kuisioner pada tanggal 14 sampai 16 april tahun 2015, berlokasi di taman lalu lintas, Bandung. Dari 50 responden didapatkan hasil sebagai berikut, 28% beranggapan si kancil adalah binatang yang baik, 42% beranggapan si kancil adalah binatang yang nakal, 22% beranggapan si kancil adalah binatang yang cerdik dan sisanya yaitu 8% beranggapan bahwa si kancil adalah binatang yang licik. Berdasarkan hasil kuisioner dapat disimpulkan bahwa masyarakat khususnya orang tua menganggap tokoh si Kancil memiliki sifat yang nakal, namun sebagian orang tua beranggapan bahwa si Kancil memiliki sifat yang cerdas. Pemaknaan sifat yang berbeda tentang tokoh si Kancil disebabkan karena cerita yang didengar masyarakat beragam. Berdasarkan hasil observasi diketahui bahwa masyarakat khususnya orang tua yang beranggapan bahwa si Kancil adalah tokoh yang nakal disebabkan karena umumnya mendenga r atau membaca cerita “ Si Kancil dan Pak Tani ” yang mana didalam cerita, si Kancil digambarkan sebagai hewan nakal yang senang mencuri mentimun di ladang pak Tani, sedangkan masyarakat yang beranggapan bahwa si Kancil adalah tokoh yang cerdas karena umumnya mendengar atau membaca cerita dongeng “ Si Kancil memperdaya Buaya ” yang mana didalam cerita, si Kancil yang cerdas berhasil memperdaya para buaya agar ia dapat menyebrang sungai.
Baca lebih lanjut

73 Baca lebih lajut

REPRESENTASI BUDAYA JAWA DALAM DONGENG SI KANCIL

REPRESENTASI BUDAYA JAWA DALAM DONGENG SI KANCIL

Selain itu ada juga dongeng Si Kancil yang berjudul ’Si Kancil Mencuri Timun ‟. Yang juga banyak menyampaikan pesan moral berwujud ajaran untuk kreatif, ajaran menggunakan kecerdasan untuk mencari jalan keluar dari suatu permasalahan, petuah menghindari pertumpahan darah, dan menanamkan keyakinan bahwa si lemah belum tentu kalah melawan si kuat,. Pesan moral ini disampaikan dengan maksud agar pembaca atau pendengar (anak-anak) mendapatkan pengalaman dan pemahaman tentang bagaimana moral yang baik harus dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari untuk menolong dan membantu orang lain dan diri sendiri. Meskipun demikian, dalam dongeng ini juga dikisahkan kelicikan Si Kancil dalam hal mencuri dan menipu. Hal demikian harus mendapat perhatian dari orang tua dan guru. Harus disadari dari awal bahwa penanaman kesadaran akan sosok Si Kancil yang memiliki perangai baik pada satu sisi dan perangai buruk pada sisi lain merupakan kewajaran fitrah manusia, mengingat Si Kancil merupakan representasi manusia yang tentunya juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Penyadaran ini penting bagi anak-anak untuk menghindari resiko buruk bagi perkembangan kepribadian anak akibat overgeneralisasi watak Si Kancil sebagai perangai yang dapat dicontoh dan diteladani.
Baca lebih lanjut

12 Baca lebih lajut

TA : Pembuatan Animasi Menggunakan Penggabungan Teknik Stop Motion dan Animasi 2D Berjudul “Si Kancil Dan Buaya”.

TA : Pembuatan Animasi Menggunakan Penggabungan Teknik Stop Motion dan Animasi 2D Berjudul “Si Kancil Dan Buaya”.

2. Tahap awal yang dilakukan dalam proses produksi adalah mengembangkan ide dan konsep cerita. Ide didapatkan film animasi Shaun The Sheep dimana mulai banyak dikenal oleh masyarakat Internasional. Sehingga dengan membuat konsep stopmotion dengan cerita rakyat Indonesia maka diharapkan dapat memberikan inspirasi serta masukan yang baru dalam dunia animasi Indonesia serta untuk melestarikan cerita rakyat dari generasi ke generasi melalui penyampaian yang berbeda. Tahap selanjutnya yaitu sketsa karakter yang terdiri dari Kancil dan Buaya.. Untuk treatment disertai dengan gambar di mana menjelaskan details dari setiap pembuatan. Storyboard merupakan kunci utama dalam pembuatan animasi ini dimana jalan ceritanya berpedoman pada storyboard yang ada di mana storyboard akan disertai gambar sketsa. Tahap terakhir yaitu sinopsis yang menceritakan cerita si Kancil dan Buaya.
Baca lebih lanjut

89 Baca lebih lajut

PENERAPAN NILAI NILAI AKHLAK DALAM BUKU DONGENG SI KANCIL DAN TEMAN-TEMANNYA

PENERAPAN NILAI NILAI AKHLAK DALAM BUKU DONGENG SI KANCIL DAN TEMAN-TEMANNYA

Berdasarkan observasi penulis dalam pemilihan buku dongeng yang layak dikonsumsi menjadi bahan bacaan maupun pembelajaran untuk usia anak-anak, penulis datang mengunjungi TK Al-Madaniyah yang merupakan salah satu TK unggulan di kota Malang, setelah mengunjungi perpustakaan dan bertanya kepada beberapa ustadzah yang mengajar di sana, salah satu ustadzah mengatakan bahwasannya buku yang paling sering dijadikan media untuk membacakan dongeng anak adalah dongeng tentang si kancil, dari sini penulis tertarik menganalisis salah satu buku bacaan anak-anak yang berjudul Dongeng si Kancil dan Teman-temannya dengan tujuan untuk mengetahui apakah buku tersebut adalah buku yang sesuai dengan karakteristik mereka, serta adakah muatan-muatan isi dari buku dongeng tersebut yang mana terdapat muatan nilai-nilai akhlaq yang bisa dijadikan contoh atau teladan bagi anak-anak.
Baca lebih lanjut

28 Baca lebih lajut

Dongeng Bacaan Anak TK   GuruPintar Si Kancil dan Siput

Dongeng Bacaan Anak TK GuruPintar Si Kancil dan Siput

Pada suatu hari si kancil nampak ngantuk sekali. Matanya serasa berat sekali untuk dibuka. “Aaa....rrrrgh”, si kancil nampak sesekali menguap. Karena hari itu cukup cerah, si kancil merasa rugi jika menyia-nyiakannya. Ia mulai berjalan-jalan menelusuri hutan untuk mengusir rasa kantuknya. Sampai di atas sebuah bukit, si Kancil berteriak dengan sombongnya, “Wahai penduduk hutan, akulah hewan yang paling cerdas, cerdik dan pintar di hutan ini. Tidak ada yang bisa menandingi kecerdasan dan kepintaranku”.
Baca lebih lanjut

2 Baca lebih lajut

S STR 1201708 Appendix

S STR 1201708 Appendix

Pagi pun datang, matahari yang merah sudah terlihat, suara burung-burung berkicau dan hewan lain mulai bergemuruh membangunkan si Kancil dari mimpi yang indah di ladang mentimun “huaaamm… ternyata sudah pagi…!!!” kemudian kancil berjalan - jalan, K ancil merasa lapar… dan kembali lagi ke ladang pak tani untuk mencari makan. Setelah hamper sampai, Kancil berhaenti sejenak lalu tercengang…!! “Siapa ituu? itu bukan pak tani yang kemarin.. ahh… tunggu dulu sampai tidak ada orang…” akhirnya si Kancil menunggu untuk menunda sarapan paginya. Sudah lama sekali Kancil menunggu ternyata pak tani kok tetap ada di ladang” ternyat pak tani enggan pulang, tumben dia betah disini” Si kancil bergerutu dalam hati.
Baca lebih lanjut

27 Baca lebih lajut

Cerita Kancil Dan Buaya docx

Cerita Kancil Dan Buaya docx

Di situ ada sungai besar yang airnya dalam sekali. Setelah sekian lama berjemur, Si Kancil merasa bahwa ada yang berbunyi di perutnya,..krucuk… krucuk…krucuk. Wah, rupanya perutnya sudah lapar. Dia membayangkan betapa enaknya kalau ada makanan kesukaannya, ketimun. Namun kebun ketimun ada di seberang sungai, bagaimana cara menyeberanginya ya? Dia berfikir sejenak.

3 Baca lebih lajut

Cerita Rakyat Kancil si pencuri Timun

Cerita Rakyat Kancil si pencuri Timun

Dengan tanpa dosa, Kancil melahap sayur dan buahbuahan yang ada di ladang. Wah, kasihan Pak Tani. Dia pasti marah kalau melihat kejadian ini. Si Kancil nakal sekali, ya? "Hmm, sedap sekali," kata Kancil sambil mengusap-usap perutnya yang kekenyangan. "Andai setiap hari pesta seperti ini, pasti asyik." Setelah puas, Kancil merebahkan dirinya di bawah sebatang pohon yang rindang. Semilir angin yang bertiup, membuatnya mengantuk. "Oahem, aku jadi kepingin tidur lagi," kata Kancil sambil menguap. Akhirnya binatang yang nakal itu tertidur, melanjutkan tidur siangnya yang terganggu gara-gara kebakaran di hutan tadi. Wah, tidurnya begitu pulas, sampai terdengar suara dengkurannya. Krr... krr... krrr...
Baca lebih lanjut

6 Baca lebih lajut

Cerita fabel kancil dan Kura kura

Cerita fabel kancil dan Kura kura

Di sebuah hutan kecil di pinggir desa ada seekor kancil yang sombong. Dia suka mengejek hewan–hewan lain yang lebih lemah. Hewan–hewan lain seperti siput, siput, semut dan hewan-hewan kecil lain tidak ada yang suka pada kancil yang sombong itu. Suatu hari, si kancil berjalan dengan angkuhnya mencari lawan yang lemah untuk diejeknya. Kebetulan dia bertemu dengan siput.

2 Baca lebih lajut

ContohSoalUlanganHarianBahasaIndonesiaKelas3Semester1

ContohSoalUlanganHarianBahasaIndonesiaKelas3Semester1

Suatau hari Kera berkunjung ke rumah Kancil. Ia melihat pohon pisang Kancil. “Cil, sepertinya buah pisangmu sudah matang, kenapa tidak dipetik?” tanya Kera. “Aku tidak bisa memanjatnya. Bisakah kamu memetikan buah pisang untukku Kera?” pinta Kancil. Tanpa menunggu lama Kera langsung memanjat pohon pisang milik Kancil. Setelah sampai di atas, Kera langsung memetik buah pisang itu dan memakannya dengan lahap. Kancil tidak diberi satupun buah pisang itu. Karena merasa ditipu si Kera, Kancil segera mengambil parang dan menebang pohon pisang itu. Kera yang masih di atas pohon jatuh bersama robohnya pohon pisang. Kera merasa kesakitan. Ia minta maaf kepada Kancil dan berjanji tidak akan mengulangi perbuatan itu lagi.
Baca lebih lanjut

1 Baca lebih lajut

Ayo Berbahasa Indonesia   SD Kelas 6   20090904002450

Ayo Berbahasa Indonesia SD Kelas 6 20090904002450

Si bungsu bertekad akan membuat rumah dari batu-bata yang kuat yang tidak goyah dengan angin atau serangan serigala. Malam pun tiba, pada saat bulan purnama, si bungsu telah selesai. Esok harinya, si bungsu mengundang kedua kakaknya, lalu mereka pergi ke rumah ibu Babi. “Hebat anak-anakku, mulai sekarang kalian hidup dengan mengolah ladang sendiri,” ujar Ibu Babi. Kedua kakak si bungsu menggerutu. “Tidak ah, cape…,” gerutu mereka. Menjelang senja telah tiba, mereka pamit kepada Ibu mereka. Dalam perjalanan, tiba-tiba seekor serigala membuntuti mereka. “Aku akan memakan babi malas yang tinggal di rumah jerami itu,” kata serigala. Ketika sampai di depan pintu si sulung ia langsung menendang pintu. “Buka pintu!” teriaknya. Si sulung terkejut dan cepat-cepat mengunci pintu. Tetapi serigala lebih cerdik. Ia langsung meniup rumah jerami itu sehingga menjadi hancur.
Baca lebih lanjut

207 Baca lebih lajut

sd6bhsind AyoBerbhsInd Ida

sd6bhsind AyoBerbhsInd Ida

Si bungsu bertekad akan membuat rumah dari batu-bata yang kuat yang tidak goyah dengan angin atau serangan serigala. Malam pun tiba, pada saat bulan purnama, si bungsu telah selesai. Esok harinya, si bungsu mengundang kedua kakaknya, lalu mereka pergi ke rumah ibu Babi. “Hebat anak-anakku, mulai sekarang kalian hidup dengan mengolah ladang sendiri,” ujar Ibu Babi. Kedua kakak si bungsu menggerutu. “Tidak ah, cape…,” gerutu mereka. Menjelang senja telah tiba, mereka pamit kepada Ibu mereka. Dalam perjalanan, tiba-tiba seekor serigala membuntuti mereka. “Aku akan memakan babi malas yang tinggal di rumah jerami itu,” kata serigala. Ketika sampai di depan pintu si sulung ia langsung menendang pintu. “Buka pintu!” teriaknya. Si sulung terkejut dan cepat-cepat mengunci pintu. Tetapi serigala lebih cerdik. Ia langsung meniup rumah jerami itu sehingga menjadi hancur.
Baca lebih lanjut

207 Baca lebih lajut

Ayo Berbahasa Indonesia Kelas 6 Ida Hamidah Rosita Rahma Nunuy Nurjanah Sri N 2009

Ayo Berbahasa Indonesia Kelas 6 Ida Hamidah Rosita Rahma Nunuy Nurjanah Sri N 2009

Si bungsu bertekad akan membuat rumah dari batu-bata yang kuat yang tidak goyah dengan angin atau serangan serigala. Malam pun tiba, pada saat bulan purnama, si bungsu telah selesai. Esok harinya, si bungsu mengundang kedua kakaknya, lalu mereka pergi ke rumah ibu Babi. “Hebat anak-anakku, mulai sekarang kalian hidup dengan mengolah ladang sendiri,” ujar Ibu Babi. Kedua kakak si bungsu menggerutu. “Tidak ah, cape…,” gerutu mereka. Menjelang senja telah tiba, mereka pamit kepada Ibu mereka. Dalam perjalanan, tiba-tiba seekor serigala membuntuti mereka. “Aku akan memakan babi malas yang tinggal di rumah jerami itu,” kata serigala. Ketika sampai di depan pintu si sulung ia langsung menendang pintu. “Buka pintu!” teriaknya. Si sulung terkejut dan cepat-cepat mengunci pintu. Tetapi serigala lebih cerdik. Ia langsung meniup rumah jerami itu sehingga menjadi hancur.
Baca lebih lanjut

205 Baca lebih lajut

Penelitian   SEKOLAH DASAR NEGERI KURIPAN INSTRUMENT PRE TEST

Penelitian SEKOLAH DASAR NEGERI KURIPAN INSTRUMENT PRE TEST

Saat diberitahu hal itu oleh Anjing Gembala, Pak Tani menjadi marah. Bagaimana mungkin Sang Kancil yang telah dikurungnya masih mampu mencuri timun?. Setelah berdebat seru dengan Sang Kancil dan Anjing Gembala tentang siapakah yang telah mencuri timun, akhirnya Pak Tani mau mengikuti taktik melacak pencuri yang diajarkan Sang Kancil. Tentu saja si Anjing Gembala girang bukan kepalang,dia punya kesempatan emas untuk membuktikan kehandalan dirinya dalam melacak pencuri.

11 Baca lebih lajut

UPT PENDIDIKAN KECAMATAN GEBOG DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA KABUPATEN KUDUS PROVINSI JAWA TENGAH 2012

UPT PENDIDIKAN KECAMATAN GEBOG DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA KABUPATEN KUDUS PROVINSI JAWA TENGAH 2012

Timo suka mencuri makanan, Tiba-tiba timo sakit perut. Ibu kancil sangat bingung Timo tidak mau makan Ibu kancil mencari obat Di jalan ia bertemu harimau Harimau member obat sakit perut, Harimau juga memberikan pesan, Timo tidak boleh mencuri makanan.

14 Baca lebih lajut

rpp diklat teknis strategi pembelajaran kurikulum 2013 rpp klp iv

rpp diklat teknis strategi pembelajaran kurikulum 2013 rpp klp iv

Harimau mengejar dan menangkap salah satu kancil setelah berhasil menangkap kacil, harimau berubah jadi orang. Kancil yang tertangkap berubah menjadi harimau dan mengejar kancil yang ada, begitu seterusnya sampai kancil dalam lingkaran habis.

6 Baca lebih lajut

Perancangan Board Game Kancil Sang Pamong untuk Menanamkan Pesan Moral terhadap Anak.

Perancangan Board Game Kancil Sang Pamong untuk Menanamkan Pesan Moral terhadap Anak.

Batasan-batasan masalah wayang ini adalah wayang Kancil Jawa Tengah. Tema board game yang dipilih adalah “ Perancangan Board game Wayang Kancil Jawa Tengah Untuk Menanamkan Pesan-pesan Moral Terhadap Anak- anak”. Penulis memilih wayang Kancil dari sekian banyak wayang yang ada di Indonesia, karena wayang Kancil memiliki target audience anak-anak dan setiap cerita dari wayang Kancil mengisahkan cerita rakyat binatang kancil yang sudah populer di kalangan anak-anak.

17 Baca lebih lajut

Show all 7271 documents...