Simaninggir dalam Ingatan Sejarah (1954-2002)

Top PDF Simaninggir dalam Ingatan Sejarah (1954-2002):

SIMANINGGIR DALAM INGATAN SEJARAH (1954-2002)

SIMANINGGIR DALAM INGATAN SEJARAH (1954-2002)

Judul skripsi ini adalah “ Simaninggir dalam Ingatan Sejarah (1954-2002)”. Tulisan ini menguraikan perjalanan sejarah masyarakat Simaninggir mulai dari latar belakang historisnya, aktivitas kehidupan sebelum tahun 1954, dinamika kehidupan yang terjadi selama kurun waktu 1954-2002, hingga kemudian masyarakat benar-benar meninggalkan Desa Simaninggir dan bermigrasi sampai ke luar daerah. Dalam tulisan ini akan diuraikan faktor-faktor penyebab migrasi masyarakat Simaninggir sampai daerah tersebut kembali menjadi belantara.

14 Baca lebih lajut

Simaninggir dalam Ingatan Sejarah (1954-2002)

Simaninggir dalam Ingatan Sejarah (1954-2002)

Hasil wawancara menyebutkan bahwa keadaan ekonomi mereka jauh lebih baik jika dibanding dengan orang tua mereka yang tinggal di Simaninggir. Bagi mereka yang bekerja di sektor informal, upah harian yang mereka terima lebih pasti dan lebih besar dari penghasilan rata-rata harian yang mereka peroleh, dibandingkan seandainya tetap tinggal di Desa Simaninggir. Seorang bapak yang berasal dari Simaninggir, yang kini tinggal di Jakarta, mengemukakan bahwa walaupun dia bekerja di sektor informal (suplayer bawang merah) penghasilannya setiap hari jauh lebih terjamin dan memuaskan serta pasti. Lebih lanjut dikemukakan bahwa di desanya dia jarang memegang uang, sedangkan di Jakarta Pada gilirannya, peningkatan pendapatan tersebut menyebabkan tingkat kesejahteraan mereka lebih tinggi di daerah baru dibandingkan dengan di daerah asal. Menurut keluarga mereka yang datang berkunjung ke daerah baru mereka, saat telah menyaksikan secara langsung menyebutkan bahwa pada umumnya mereka memiliki keadaan ekonomi yang lebih baik di daerah tempat tinggal yang sekarang. Suatu idaman yang tetap bergema di dalam sanubari mereka adalah agar anak-anaknya tidak petani lagi. Kalaupun tetap bertani hendaklah lebih kaya dari orang tuanya.
Baca lebih lanjut

136 Baca lebih lajut

BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Masalah - Simaninggir dalam Ingatan Sejarah (1954-2002)

BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Masalah - Simaninggir dalam Ingatan Sejarah (1954-2002)

Sumber yang membantu penulis selanjutnya yakni, skripsi dari Ade Putera Arif Panjaitan dengan judul Jejak Kehidupan Masyarakat Pedalaman Mariah Dolog Kecamatan Raya Kabupaten Simalungun (1960-2005). Penulis jadikan sebagai bahan perbandingan dan refrensi dalam penelitian yang penulis laksanakan, karena topik yang kami angkat sama-sama tentang perubahan yang terjadi akibat pendidikan. Perbedaan penelitian yang penulis lakukan yakni: penelitian ini lebih berfokus pada pemukiman yang ditinggalkan dan berbagai dampak yang terjadi terhadap Desa Simaninggir setelah ditinggalkan oleh penduduknya, sedangkan skripsi dari Ade Putera lebih berfokus pada masyarakatnya yang meninggalkan desa Mariah Dolog.
Baca lebih lanjut

14 Baca lebih lajut

1) Penalaran ingatan (Memorized Reasoning) MR

1) Penalaran ingatan (Memorized Reasoning) MR

Kemampuan penalaran matematis menjadi penting karena ketika seseorang harus menarik kesimpulan dari sebuah masalah matematika, ia harus menggunakan nalar untuk menyelesaikannya. Kemampuan penalaran matematis peserta didik dikelompokan berdasarkan karakteristik dan kesulitan peserta didik dalam menyelesaikan masalah matematika. Terdapat dua kemampuan penalaran yaitu penalaran imitatif dan penalaran kreatif. Penalaran imitatif sendiri dibagi menjadi dua yaitu penalaran ingatan dan penalaran algortima. Kemampuan penalaran menurut Lithner menggunakan strategi penyelesaian dan implementasi strategi sebagai kriteria. Strategi penyelesaian tersebut tergantung kepada setiap peserta didik yang dipengaruhi oleh gaya belajarnya. Gaya belajar yang dikembangkan oleh Silver dkk, mengedepankan gaya belajar yang lebih matematis. Artinya antara gaya belajar tersebut dengan kemampuan matematis peserta didik memiliki keterkaitan. Pemilihan strategi penyelesaian dapat didukung dengan argumentasi prediktif. Penyusunan argumentasi prediktif inilah yang menjadi acuan masing- masing gaya belajar, apakah akan menggunakan teori yang terdapat dalam buku, pengembangan teori yang terdapat dalam buku, hasil diskusi atau argumentasi baru yang dirasa masuk akal. Kemudian cara setiap peserta didik mengimplementasikan strategi penyelesaian juga disesuaikan dengan gaya belajar. Implementasi strategi didukung argumentasi verifikasi juga disesuaikan dengan gaya belajar masing- masing.
Baca lebih lanjut

22 Baca lebih lajut

MAKALAH MEMORI Disusun sebagai Tugas Mat

MAKALAH MEMORI Disusun sebagai Tugas Mat

Otak merupakan organ yang paling kompleks, yang terdiri dari jutaan sel-sel dan mempunyai fungsi yang sangat spesifik, namun saling berhubungan. Otak memiliki kemampuan mengendalikan segala aspek kehidupan secara fisik maupun psikis, secara sadar maupun tidak. Fungsi otak erat hubungannya dengan memori atau ingatan. Memori membuat manusia dapat mengingat berbagai macam informasi, seperti mengingat nama seseorang teman yang sudah bertahun-tahun tidak dijumpai maupun mengingat detail dari sebuah gambar yang tergantung di dinding kamar tidur pada masa kanak-kanak, namun tidak jarang terjadi kegagalan memori.
Baca lebih lanjut

10 Baca lebih lajut

KESULITAN BELAJAR

KESULITAN BELAJAR

Apa bila seorang anak ditanya oleh gurunya, “Pada libur semester lalu kamu pergi kemana”? anak yang kemampuan mengingatnya baik akan dapat menjelaskan segala sesuatu yang dialaminya ketika libur dengan tepat. Tetai anak yang mengalami hambatan dalam mengingat akan mengalai kesulitan untuk mengungkapkan kembali apa yang pernah dialaminya. Kemampuan mengingat sesuatu yang sudah ada jarak waktu (lama) dan dapat mengungkapkan kemabali pada saat yang diperlukan, disebut dengan kemampuan ingatan jangka panjang (long term memory). Orang dapat memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari, antara lain karena dapat menggunakan pengetahuan dan pengalaman yang pernah dipelajarinya yang disimpan dalam ingatan jangka panjang.
Baca lebih lanjut

13 Baca lebih lajut

AZAS AZAS PEMBELAJARAN UNTUK ABK [Compatibility Mode]

AZAS AZAS PEMBELAJARAN UNTUK ABK [Compatibility Mode]

1.KETERBATASAN DALAM 1.KETERBATASAN DALAM MEMORI: MEMORI: GANGGUAN PROSES GANGGUAN PROSES MENTAL MELALUI INGATAN, MENTAL MELALUI INGATAN, TIDAK SEMUA INFORMASI TIDAK SEMUA INFORMASI [r]

15 Baca lebih lajut

Max Lane Unifinished Nation ingatan revo

Max Lane Unifinished Nation ingatan revo

Ditulis dari sudut pandang seorang aktivis yang ikut terjun dan terlibat di dalam suatu proses dan dinamika pergerakan di masa itu. Manfaat buku ini tidak terbatas hanya pada pembaca yang memiliki perhatian yang sama dengannya melainkan dapat menjadi suatu sumber kajian yang berguna kepada mereka yang berkepentingan untuk mendalami suatu informasi terkait perjuangan bangsa Indonesia – dinamika pemerintahan – sampai proses pergerakan massa yang menuntut perubahan bangsa Indonesia itu sendiri dalam arti sejarah dan sudut pandang yang sebenarnya. Selain itu, pola penyampaian artikulasi bahasa yang dipaparkan cukup memicu gairah untuk lebih membacanya dengan asumsi ingin mendalami isi kajian buku ini lebih dalam dan mengetahui lebih lanjut terkait isi dari buku ini terlebih bagi seorang pelajar, mahasiswa dan para akademikus lainnya yang memang berkepentingan untuk mengetahui perkembangan serta informasi kesejarahan bangsa Indonesia terkait pergerakan massa dan sangat cocok bagi para kalangan umum atau kalangan awam dari kebangsaan Indonesia sendiri untuk mengetahui perkembangan bangsa Inonesia yang dipicu oleh pergerakan revormasi yang dipelopori oleh aksi massa dari sudut pandang aktivis sehingga menjadi tambahan pengetahuan, kajian dan perspektif terkait perubahan dan perkembangan bangsa Indonesia.
Baca lebih lanjut

6 Baca lebih lajut

Pengembara Si Binatang Jalang Ingatan ad

Pengembara Si Binatang Jalang Ingatan ad

Jassin seorang kritikus sastra, dalam bukunya, demikian Jassin, “Dengan demikian maka sebagai ralat dapatkah dicatat, bahwa Chairil telah menulis 72 sajak asli 1 dalam bahasa Belanda, 2[r]

19 Baca lebih lajut

Tugas Sastra Bandingan Dalam Novel Ingatan Malam

Tugas Sastra Bandingan Dalam Novel Ingatan Malam

materi, harta benda dan lain sebagainya, bagi orang awam mereka menggunakan benda fisik hanya untuk meyakinkan otak tapi bagi orang yang sudah bisa mengontrol otaknya mereka tidak butuh apa-apa untuk merangsang otak menjadi bahagia.” (dalam ingatan malam: 35)

9 Baca lebih lajut

BAB II TINJAUAN PUSTAKA A. Kemampuan Mengingat 1. Defenisi Ingatan - Efektifitas Pelatihan Mind Mapping Terhadap Kemampuan Mengingat Materi pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Sumatera Utara Angkatan 2013

BAB II TINJAUAN PUSTAKA A. Kemampuan Mengingat 1. Defenisi Ingatan - Efektifitas Pelatihan Mind Mapping Terhadap Kemampuan Mengingat Materi pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Sumatera Utara Angkatan 2013

Ingatan sensori akan merekam informasi yang diterima oleh indera manusia. Proses masuknya informasi menuju otak terjadi dengan cepat. Manusia tidak akan sadar dengan semua yang informasi yang masuk melalui indera manusia. Indera penghilatan akan direkam pada iconic memory dan indera pendengaran akan direkam pada echoic memory. Namun, informasi hanyak bisa disimpan selama ±2 detik dan jika melebihi , informasi akan dilupakan.

15 Baca lebih lajut

Contoh RPP Seni Budaya Perangkat Pembelajaran SMP SMP Kelas 7 8 9 Kurikulum 2013.zip

Contoh RPP Seni Budaya Perangkat Pembelajaran SMP SMP Kelas 7 8 9 Kurikulum 2013.zip

perhatian pada topic  Latihan Imajinasi Tanpa Stimulus  Latihan Ingatan Emosi dengan Rasa  Latihan Ingatan Emosi dengan Permainan dengan cara :  Melihat tanpa atau dengan alat [r]

31 Baca lebih lajut

EFEKTIVITAS PELATIHAN SENAM OTAK TERHADAP PENINGKATAN INGATAN JANGKA PENDEK PADA ANAK AKHIR SKRIPSI Diajukan Untuk Memenuhi Salah Satu Syarat Memperoleh Gelar Sarjana Psikologi Program Studi Psikologi

EFEKTIVITAS PELATIHAN SENAM OTAK TERHADAP PENINGKATAN INGATAN JANGKA PENDEK PADA ANAK AKHIR SKRIPSI Diajukan Untuk Memenuhi Salah Satu Syarat Memperoleh Gelar Sarjana Psikologi Program Studi Psikologi

dipahami sebagai tipe meja kerja yang secara konstan mengubah, mengkombinasikan, dan memperbarui informasi baru dan lama (Solso & Maclin, 2008). Baddeley (1990a; 2000a, dalam Sternberg, 2008) menyatakan bahwa working memory ini memadukan empat elemen, yaitu: visuospatial sketchpad yang menangani gambar visual dan spasial yang singkat, phonological loop yang menangani ujaran di dalam hati yang singkat ketika memahami ucapan verbal dan melatih kemampuan akustik, central executive yang mengkoordinasikan aktivitas-aktivitas atensi dan mengatur respon, serta episodic buffer yang mengikat atau menggabungkan informasi dari ingatan jangka panjang. Pendekatan ini menyanggah pandangan bahwa ingatan jangka pendek hanya sekedar “kotak” di kepala. Pendekatan ini juga menyanggah pandangan bahwa kapasitas ingatan jangka pendek terbatas pada tujuh aitem (Solso & Maclin, 2008). Baddeley (1990a) menyatakan bahwa rentang memori ditentukan oleh kecepatan individu mengulang informasi.
Baca lebih lanjut

140 Baca lebih lajut

Konsep Sistem dan Sistem Informasi pada Organisasi dan Manajemen Perusahaan

Konsep Sistem dan Sistem Informasi pada Organisasi dan Manajemen Perusahaan

Manusia Sebagai Pengolah Informasi z Berdasarkan kemampuannya, ingatan jangka panjang dapat disamakan dengan sistem penyimpanan pada komputer, ingatan jangka pendek dapat disamakan de[r]

41 Baca lebih lajut

Konsep Sistem dan Sistem Informasi pada Organisasi dan Manajemen Perusahaan

Konsep Sistem dan Sistem Informasi pada Organisasi dan Manajemen Perusahaan

Manusia Sebagai Pengolah Informasi z Berdasarkan kemampuannya, ingatan jangka panjang dapat disamakan dengan sistem penyimpanan pada komputer, ingatan jangka pendek dapat disamakan de[r]

41 Baca lebih lajut

EFEKTIVITAS BRAIN GYM DALAM MENINGKATKAN DAYA INGAT JANGKA PENDEK PADA ANAK.

EFEKTIVITAS BRAIN GYM DALAM MENINGKATKAN DAYA INGAT JANGKA PENDEK PADA ANAK.

Sistem ingatan jangka pendek menyimpan informasi atau stimuli selama kurang lebih 30 detik, dan hanya sekitar tujuh bongkahan infomasi (chunks) dapat dipelihara dan disimpan di sistem ingatan jangka pendek dalam suatu saat. Setelah berada di sistem ingatan jangka pendek, informasi tersebut dapat ditransfer lagi melalui proses rehearsal ke sistem ingatan jangka panjang untuk disimpan, atau dapat juga informasi tersebut hilang atau terlupakan karena tergantikan oleh tambahan bongkahan informasi yang baru. Untuk itu peningkatan kemampuan menyimpan informasi di ingatan jangka pendek perlu diajarkan pada para peserta didik sehingga informasi tersebut mudah ditransfer ke ingatan jangka panjang (dalam Purwanto, 1999).
Baca lebih lanjut

10 Baca lebih lajut

TA : Perancangan Media Promosi Geomorfologi Karst Rammang-Rammang Berbasis Alam Sebagai Identitas Kabupaten Maros Sulawesi Selatan.

TA : Perancangan Media Promosi Geomorfologi Karst Rammang-Rammang Berbasis Alam Sebagai Identitas Kabupaten Maros Sulawesi Selatan.

Sulawesi Selatan menyimpan sejumlah ragam potensi wisata. Potensi itu tak hanya wisata pantai, air terjun maupun kulinernya. Salah satu kabupaten yang memiliki kekayaan alam, budaya dan peninggalan sejarah di Provinsi Sulawesi Selatan adalah Kabupaten Maros. Terdapat kawasan gugusan karst terluas (45.000 hektare) di dunia setelah kawasan karst di Cina dan Vietnam yang berada di Dusun Rammang-Rammang Desa Salenrang Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan. Karst Rammang-rammang menyimpan banyak potensi di bidang wisata alam terutama panorama alami keindahannya, namun pemerintah daerah Kabupaten Maros belum melakukan kegiatan promosi karst Rammang- Rammang dengan optimal, perlu dilakukan upaya promosi yang lebih intensif dan terfokus dengan mempertimbangkan aspek peluang pasar potensial wisatawan tanpa merusak karst rammang-rammang. Untuk mengenalkan karst Rammang-rammang di mata dunia dibutuhkan media promosi. Tujuan penelitian ini adalah merancang media promosi geomorfologi Karst Rammang-Rammang berbasis alam sebagai identitas KabupatenMaros Sulawesi Selatan.
Baca lebih lanjut

144 Baca lebih lajut

Staff Site Universitas Negeri Yogyakarta

Staff Site Universitas Negeri Yogyakarta

• Ingatan cepat mudah dalam mencamkan sesuatu hal tanpa menjumpai kesukaran • Ingatan setia  apa yang telah dicamkan akan disimpan dengan baik tanpa berubah, tetap cocok dengan kead[r]

12 Baca lebih lajut

s pkr 0804185 chapter1

s pkr 0804185 chapter1

Peranan minat sangat besar pengaruhnya terhadap kemauan seseorang dalam menerima dan melakukan suatu perbuatan. Minat memiliki manfaat sebagai pendorong yang kuat dalam mencapai prestasi. Dengan memiliki minat belajar, siswa lebih menyukai pelajaran tersebutserta memperkuat ingatan tentang pelajaran yang diberikan oleh guru.Dengan ingatan yang kuat, siswa berhasil memahami materi pelajaran yang diberikan oleh guru.Sehingga, tidak sulit bagi siswa dalam mengerjakan soal atau pertanyaan dari guru.Hal tersebut menghasilkan nilai yang bagus dan meningkatkan prestasi siswa tersebut.Demikian halnya, jika minat belajar siswa sudah/mulai menurun, maka dapat dipastikan siswa yang bersangkutan kurang antusias dalam mengikuti rangkaian kegiatan belajar, baik kegiatan belajar yang dilakukan di dalam kelas, maupun kegiatan belajar yang dilakukan di luar kelas (di rumah).
Baca lebih lanjut

14 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...