Sistem Digital

Top PDF Sistem Digital:

silabus praktikum sistem digital

silabus praktikum sistem digital

Mahasiswa melaksanakan kerja laboratorium (praktikum) untuk mengamati karakteristik komponen digital, menyusun rangkaian digital, mempelajari dan menganalisis cara kerja sistem digital melalui praktikum gerbang logika, rangkaian kombinasional (pembanding dan penjumlah biner), flip-flop (bistabil), pencacah, register, decoder/demultiplekser dan multiplekser, monostabil, astabil dan picu Schmitt, serta rangkaian digital fungsional.

3 Baca lebih lajut

silabus sistem digital

silabus sistem digital

Mata kuliah ini mempelajari prinsip-prinsip dasar dari sistem digital dan mencakup sistem bilangan dan sistem kode, aljabar Boole, gerbang logika, penyederhanaan rangkaian logika (peta Karnaugh), rangkaian kombinasional (pembanding dan penjumlah biner), flip-flop (bistabil), pencacah, register, decoder/demultiplekser dan multiplekser, monostabil, astabil dan picu Schmitt, serta berbagai aplikasi rangkaian digital.

3 Baca lebih lajut

Sistem Digital.pdf (224Kb)

Sistem Digital.pdf (224Kb)

Perubahan materi mata kuliah Sistem Digital yang dilakukan dengan menambah materi mengenai simulator Xilinx. Untuk perancangan rangkaian digital, Xilinx mempunyai tiga cara yaitu menggunakan state diagram, Hardware Description language (HDL) dan schematic editor. Dalam perancangan bisa menggunakan salah satu cara saja atau menggabungkan ketiga cara tersebut. Untuk HDL, Xilinx dapat menggunakan dua bahasa pemrograman yaitu ABEL dan VHDL. Pada penerapan di depan kelas untuk mempermudah mahasiswa memahami dengan memberikan materi mengenai Xilinx sesederhana mungkin dengan menggunakan schematic editor, sedangkan untuk program lain dijelaskan pada saat awal memberikan gambaran umum tentang simulator Xilinx.
Baca lebih lanjut

24 Baca lebih lajut

MAKALAH SISTEM DIGITAL UNIVERSITAS SAINS

MAKALAH SISTEM DIGITAL UNIVERSITAS SAINS

Sistem Digital adalah suatu sistem yang berfungsi untuk mengukur suatu nilai atau besaran yang bersifat tetap atau tidak teratur dalam bentuk diskrit berupa digit digit atau angka angka .Biasanya sebelum mempelajari lebih dalam tentang sistem digital pertama pasti kita akan mempelajari yang namanya Sistem Bilangan ,ada 4 jenis sistem bilangan yaitu biner ,oktal ,desimal ,hexadesimal .

13 Baca lebih lajut

Official Site of Missa Lamsani - Gunadarma University Sistem Digital   1

Official Site of Missa Lamsani - Gunadarma University Sistem Digital 1

Keuntungan sistem digital vs sistem analog Kemampuan pemrograman yang lebih mudah Lebih cepat debug IC complete complex digital dapat memproduksi sebuah keluaran lebih kecil dari 2 na[r]

36 Baca lebih lajut

RPS INF203 Sistem Digital

RPS INF203 Sistem Digital

Mata kuliah ini membantu mahasiswa dalam mempelajari Sistem Digital, dalam hal ini memahami definisi Sistem Digital, mengenal fungsi modul-modul digital yang mendukung sebuah sistem kompute serta mampu merancangbangun sebuah modul digital sebagai wujud pemahaman teori yang memadai. Rancangbangun modul digital dilaksanakan oleh mahasiswa pada sesi praktikum, dilakukan secara bertahap dari sesi ke sesi dengan arahan intensif dari dosen.

10 Baca lebih lajut

ebook Sistem Digital

ebook Sistem Digital

The following analogy will help you understand the difference between computer operation and digital logic circuit operation and the role of lan- guage elements used to describe what the systems do. Consider the chal- lenge of describing what is done to an Indy 500 car during a pit stop. If a single person performed all the necessary tasks one at a time, he or she would need to be very fast at each task. This is the way a computer operates: one task at a time but very quickly. Of course, at Indy, there is an entire pit crew that swarms the car, and each member of the crew does his or her task while the others do theirs. All crew members operate concurrently, like the elements of a digital circuit. Now consider how you would describe to someone else what is being done to the Indy car during the pit stop using (1) the individual- mechanic approach or (2) the pit-crew approach. Wouldn’t the two English language descriptions of what is being done sound very similar? As we will see, the languages used to describe digital hardware (HDL) are very similar to languages that describe computer programs (e.g., BASIC, C, JAVA), even though the resulting implementation operates quite differently. Knowledge of any of these computer programming languages is not necessary to under- stand HDL. The important thing is that when you have learned both an HDL and a computer language, you must understand their different roles in digi- tal systems.
Baca lebih lanjut

970 Baca lebih lajut

 RPS  Sistem Digital

RPS Sistem Digital

Mata kuliah ini memberikan gambaran tentang dasar – dasar system digital yang meliputi system bilangan, gerbang logika, penyederhanaan rangkaian logika, flip – flop, pencacah, register, rangkaian aritmatika digital. Perkuliahan akan memberikan penjelasan kepada mahasiswa tentang konsep – konsep system digital, bagaimana merancang system digital berdasar konsep – konsep yang ada.

14 Baca lebih lajut

TSK205 Kuliah 1 Pendahuluan Sistem Digital v201602

TSK205 Kuliah 1 Pendahuluan Sistem Digital v201602

Diinginkan satu rangkaian digital untuk menentukan kesamaan 2 keadaan masukan. Masukan rangkaian berupa saklar yang bernilai 1 jika digeser ke atas dan bernilai 0 jika ke bawah. Keluaran rangkaian berupa lampu yang akan menyala jika posisi kedua saklar sama dan padam jika posisi kedua saklar berbeda.

65 Baca lebih lajut

Papan Pergantian Pemain Sepak Bola Berbasis Digital Menggunakan IC4072 dan IC7447

Papan Pergantian Pemain Sepak Bola Berbasis Digital Menggunakan IC4072 dan IC7447

Semua rangkaian elektronika pada umumnya menggunakan komponen tabung hampa (vaccum tube) atau komponen diskrit seperti dioda dan transistor. Terkait dengan perkembangan teknologi dalam bidang elektronika, baik rangkaian maupun komponen mengalami perkembangan yang begitu pesat. Sehingga setiap rangkaian elektronika dibentuk oleh komponen semikonduktor yang disebut sistem digital. Di dalam dunia olahraga, konsep digital dapat diterapkan. Salah satunya adalah olahraga sepak bola. Di dalam sepak bola, papan angka sangat dibutuhkan. Hal tersebut untuk memudahkan pergantian pemain oleh sebuah tim. Sebagian stadion di Indonesia masih menggunakan papan pergantian pemain secara manual. Dalam perkembangan rangkaian pergantian pemain saat ini masih menggunakan mikrokontroler. Namun, di dalam rangkaian mikrokontroler tersebut terdapat banyak kelemahan antara lain, efisiensi penggunaannya kurang begitu baik karena hanya untuk menampilkan angka 0 sampai 9 menggunakan bahasa pemrograman komputer. Penggunaan papan angka berbasis IC (Integrated Circuit) lebih sederhana karena dalam pembuatannya tidak memerlukan bahasa pemrograman hanya menggunakan rangkaian dasar elektronika. Apabila dalam kerusakannya lebih mudah ditangani dan tidak membutuhkan banyak biaya dan waktu. Rangkaian ini merupakan alat yang digunakan untuk mempermudah penggantian pemain sepak bola berbasis digital dengan tampilan berupa angka pada seven segment.
Baca lebih lanjut

7 Baca lebih lajut

Sistem Telekomunikasi Analog dan Digital

Sistem Telekomunikasi Analog dan Digital

 Kelemahan sistem digital : Sistem digital juga mempunyai beberapa kerugian dibandingkan dengan sistem analog, bahwa sistem digital memerlukan bandwidth yang besar. Sebagai contoh, sebuah kanal suara tunggal dapat ditransmisikan menggunakan single – sideband AM dengan bandwidth yang kurang dari 5 kHz. Dengan menggunakan sistem digital, untuk mentransmisikan sinyal yang sama, diperlukan bandwidth hingga empat kali dari sistem analog. Kerugian yang lain adalah selalu harus tersedia sinkronisasi. Ini penting bagi sistem untuk mengetahui kapan setiap simbol yang terkirim mulai dan kapan berakhir, dan perlu meyakinkan apakah setiap simbol sudah terkirim dengan benar.
Baca lebih lanjut

5 Baca lebih lajut

5. Elektronika Digital (Pengenalan, Sistem Bilangan)

5. Elektronika Digital (Pengenalan, Sistem Bilangan)

Sistem digital menggunakan kombinasi-kombinasi biner BENAR & SALAH untuk menyerupai cara ketika menyelesaikan masalah sehingga disebut juga logika- logika kombinasional. Dengan sistem digital dapat digunakan langkah- langkah berpikir logis atau keputusan-keputusan masa lalu (memori) untuk menyelesaikan masalah sehingga biasa disebut logika-logika sekuensial (terurut). Logika digital dapat direpresentasikan dengan beberapa cara yaitu : • Tabel kebenaran (truth table) menyediakan suatu daftar setiap kombinasi

51 Baca lebih lajut

TERMOMETER BADAN DENGAN OUTPUT SUARA BERBASIS MIKROKONTROLER ATMEGA 16

TERMOMETER BADAN DENGAN OUTPUT SUARA BERBASIS MIKROKONTROLER ATMEGA 16

Penggunaan termometer digital yang biasanya hanya menggunakan output display, namun kini telah banyak dilengkapi dengan kelebihan yang lain seperti output suara. Kelebihan ini sangat efektif untuk pengguna termometer digital yang memiliki kekurangan dalam penglihatan/tunanetra. Berawal dari fenomena tersebut, maka penulis merancang suatu alat pengukur suhu tubuh manusia sederhana dengan sistem digital dengan judul “Termometer Digital dengan Output Suara Berbasis Mikrokontroler ATmega 16.” Diharapkan ranca ngan alat ini, dapat memudahkan pengguna dalam penggunaan termometer digital karena dibantu dengan tampilan LCD dan output suara sebagai nilai tambah pada rancangan alat ini.
Baca lebih lanjut

89 Baca lebih lajut

C3 KI KD XI 13. SISTEM KENDALI INDUSTRI

C3 KI KD XI 13. SISTEM KENDALI INDUSTRI

KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI DASAR 3.1 Mendeskripsikan sistem analog dan sistem digital 4.1 Mendemonstrasikan sistem analog dan sistem digital 3.2 Menerapkan sistem bilangan 4.2 Mengol[r]

2 Baca lebih lajut

SIARAN PERS 4 MEI 20171

SIARAN PERS 4 MEI 20171

Materi yang akan dipaparkan dalam Rakornas di antaranya: Pengisian JPT dengan menggunakan sistem digital yang akan disampaikan oleh Pemanfaatan teknologi digital untuk efisiensi dan ef[r]

2 Baca lebih lajut

Konsep dasar "perbedaan" Analog dan Digital.

Konsep dasar "perbedaan" Analog dan Digital.

22 KEUNTUNGAN RANGKAIAN DIGITAL • PERANCANGAN SISTEM DIGITAL MUDAH DILAKUKAN  PENYIMPANAN INFORMASI RELATIF MUDAH  KETEPATAN DAN KETELITIAN LEBIH TINGGI  KERJA RANGKAIAN DIGITAL D[r]

32 Baca lebih lajut

S FIS 1005284 Chapter3

S FIS 1005284 Chapter3

Pada penelitian ini sistem digital dibuat untuk beberapa fungsi seperti: menggerakan dua buah motor stepper secara otomatis, menjalankan sensor ultrasonik, mengambil data dari sensor, serta mengolah data dan menampilkannya dalam bentuk gambar tiga dimensi secara realtime . Sistem ini terdiri dari dua buah software yaitu Arduino IDE dan Matlab. Arduino IDE digunakan untuk membuat bahasa pemrograman Arduino untuk mengatur gerakan dua buah motor stepper dan menjalankan sensor ultrasonik. Sedangkan Matlab digunakan untuk membuat bahasa pemrograman untuk mengambil data dari arduino menggunakan serial komunikasi, mengolahnya, dan menampilkannya dalam bentuk gambar tiga dimensi secara realtime . Skema dari sistem scanner 3D pada penelitian ini dapat dilihat pada Gambar 3.4.
Baca lebih lanjut

16 Baca lebih lajut

PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN DIGITAL DI SMA NEGERI 1 YOGYAKARTA.

PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN DIGITAL DI SMA NEGERI 1 YOGYAKARTA.

3. Dikerjakan PC Metode yang dapat diaplikasikan untuk memindah informasi dari buku ke data digital bisa beragam. Berikut 2 metode yang dapat dipakai, yaitu a. Manual Metode manual memaksimalkan potensi manusia (hardskills) untuk memindah data. Orang mengetik satu huruf per huruf berdasarkan teks tertulis pada buku. Sedangkan gambar discan dan disimpan ke bank data. Metode ini memiliki keuntungan yaitu tidak membutuhkan biaya lebih banyak karena tidak perlu membeli alat baru. Sedangkan kelemahannya yakni membutuhkan waktu sangat lama, tenaga manusia banyak, rawan kesalahan dalam pengetikan dan dibutuhkan editing yang menyita waktu & rumit guna mengecek editorial ketikan. b. Otomatis Metode otomatis mengoptimalkan potensi gadget dan meminimalkan keterlibatan manusia (softskills). Gadget yang dimaksud adalah scanner. Sekarang telah tersedia scanner khusus misal produksi Canon (maaf, serinya lupa) yang dapat membaca gambar beserta tulisan/ huruf. Tatkala kita tinggal menyecan suatu halaman, kalimat bisa disimpan dalam format doc (MS Word), txt (notepad) dll. Sehingga bisa langsung dimasukkan kedalam halaman situs PD. Metode ini memiliki keuntungan yaitu kebalikan dari kelemahan metode manual. Waktu yang dibutuhkan jauh lebih sedikit dan operasionalitas mudah. Sedangkan kelemahannya yakni mengharuskan memakai scan baru sehingga harus beli (kalau ada yang mau pinjami, ya tidak apa-apa :p )
Baca lebih lanjut

189 Baca lebih lajut

PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI DSA (DIGITAL SIGNATURE ALGORITHM) MENGGUNAKAN BAHASA PEMROGRAMAN JAVA - Diponegoro University | Institutional Repository (UNDIP-IR)

PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI DSA (DIGITAL SIGNATURE ALGORITHM) MENGGUNAKAN BAHASA PEMROGRAMAN JAVA - Diponegoro University | Institutional Repository (UNDIP-IR)

Pada tahap ini sender mengambil pasangan kunci privat dan publik yang telah disimpan. Untuk kemudian sender mengisi pesan yang akan dikirm. Dimana pesan tersebut akan diperoleh nilai message digestnya menggunakan fungsi hash SHA-1. Ketika pesan dengan sebarang panjang < 2 64 bit dimasukkan, SHA-1 menghasilkan 160 bit keluaran yang disebut sebagai message digest. Message digest ini kemudian dimasukkan ke dalam DSA. Setelah didapat kunci privat dan kunci publik maka tahap selanjutnya adalah membangkitkan digital signature dari pesan yang akan dikirim. Seperti yang ditunjukkan pada Gambar 10.
Baca lebih lanjut

7 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...