Sistem Pemeliharaan

Top PDF Sistem Pemeliharaan:

Sistem Pemeliharaan Plambing Pada Bangunan Hotel.

Sistem Pemeliharaan Plambing Pada Bangunan Hotel.

2. Penyediaan air panas dan sistem pemeliharaan plambing air panas yang dilakukan di Hotel Panghegar ini sudah cukup baik, karena ada banyak hal yang sesuai dengan prosedur dan standar peraturan yang ada dan berlaku. Air panas yang tersedia di hotel ini dijaga selalu kehangatannya sehingga air tidak terlalu panas atau agak seperti air bersih biasa.

17 Baca lebih lajut

Sistem Pemeliharaan Ternak Potong dan Ke

Sistem Pemeliharaan Ternak Potong dan Ke

Sejalan dengan meningkatnya permintaan daging kambing dan domba, mengakibatkan terjadinya pengurasan ternak di tingkat petani ternak khususnya di pedesaan. Untuk mengatasi terjadinya kelangkaan ternak, pada petani/peternak perlu diberikan informasi mengenai pentingnya sistem pemeliharaan dan perawatan ternak kambing/domba yang benar untuk meningkatkan produktivitas.

14 Baca lebih lajut

SISTEM PEMELIHARAAN PADA TERNAK pptx

SISTEM PEMELIHARAAN PADA TERNAK pptx

CARA PEMELIHARAAN  Pemeliharaan Intensif Dimana hewan ternak dipelihara dalam kandang, pakan maupun produksi ternak diperhatikan  Pemeliharaan secara Ektensif Dimana kandang hanya [r]

10 Baca lebih lajut

Analisis dan Usulan Sistem Pemeliharaan Gedung Serta Fasilitasnya, Prosedur dan Formulir Di Universitas Kristen Maranatha.

Analisis dan Usulan Sistem Pemeliharaan Gedung Serta Fasilitasnya, Prosedur dan Formulir Di Universitas Kristen Maranatha.

Begitu juga Universitas Kristen Maranatha (UKM) yang merupakan salah satu universitas swasta yang terkenal di Bandung telah menyadari pentingnya pemeliharaan gedung, lalu mendirikan Unit Pemeliharaan Gedung (UPG) yang bertugas untuk menangani pemeliharaan gedung. Setelah didirikan, penanganan pemeliharaan gedung yang dilakukan oleh UPG membutuhkan waktu yang lama dalam pekerjaannya yang dikarenakan kurangnya koordinasi dengan Unit Kerumahtanggaan 1 yang menangani Mechanical Electrical (ME). Kondisi ini diperparah dengan semakin bertambahnya gedung UKM. Untuk saat ini UKM memiliki 7 Fakultas yaitu Fakultas Kedokteran, Fakultas Teknik, Fakultas Psikologi, Fakultas Sastra, Fakultas Ekonomi, Fakultas Seni Rupa dan Desain, dan Fakultas Teknologi Informasi. Selain itu juga terdapat dua program magister, yaitu Magister Manajemen dan Magister Psikologi. Untuk melaksanakan fungsinya sebagai lembaga pendidikan, UKM pada saat ini sudah memiliki 9 gedung dan pada tahun 2003 didirikan lagi sebuah gedung baru yaitu gedung Grha Widya Maranatha (GWM).
Baca lebih lanjut

184 Baca lebih lajut

TATA KELOLA PEMELIHARAAN SISTEM JARINGAN

TATA KELOLA PEMELIHARAAN SISTEM JARINGAN

Smart grid merupakan sistem pemeliharaan jaringan infrastruktur ketenagalistrikan di dunia yang telah diterapkan di negara-negara maju seperti Amerika Serikat, Uni Eropa, Australia, Jepang bahkan Cina juga telah mengembangkan sistem ini. Oleh sebab itu, tulisan ini bertujuan untuk mengkaji tata kelola pemeliharaan jaringan smart grids di dunia dan melihat aplikasinya yang diterapkan di Indonesia. Dengan menggunakan metode komparasi yang dilakukan negara-negara maju dalam mengelola jaringan infrastruktur tenaga listrik smart grid, diharapkan dapat terlihat apa yang menjadi kekurangan dan kelebihan penerapan smart grid di Indonesia. Masalah kesiapan infrastruktur, kemampuan membeli masyarakat, institusi pemeliharaan dan operasional serta kemampuan sumber daya manusia lokal dapat menjadi pertimbangan dasar sebelum memulai sistem yang dinilai mahal ini. Dengan mengambil pelajaran dari keberhasilan-keberhasilan negara-negara di dunia, diharapkan smart grid menjadi salah satu kunci dalam pengelolaan tata kelola pemeliharaan jaringan infrastruktur tenaga listrik yang berkelanjutan dan dapat diterapkan aplikasi dan pengelolaannya di Indonesia.
Baca lebih lanjut

6 Baca lebih lajut

Keanekaragaman Serangga Pada Mina Padi Di Desa Purwosari, Pematang Bandar, Simalungun, Sumatera Utara.

Keanekaragaman Serangga Pada Mina Padi Di Desa Purwosari, Pematang Bandar, Simalungun, Sumatera Utara.

Mina padi merupakan suatu kegiatan pemeliharaan ikan di sawah dimana bentuk sawah dibuat sedemikian rupa sehingga membuat ikan layak hidup. Sistem mina padi dapat menambah pendapatan petani melalui hasil panen ikan pada sawah. Ikan yang biasa digunakan dalam sistem mina padi di dasa purwosari adalah ikan mas. Mina padi biasa juga disebut tumpang sari. Istilah mina padi berasal dari bahasa Sansekerta yaitu mina (yang berarti ikan). Mina padi dapat diartikan sebagai sistem pemeliharaan ikan di sawah yang dilakukan bersamaan dengan penanaman atau pemeliharaan padi. Batas masa pemeliharaan ikan pada sistem mina padi berkisar 45-65 hari. Batas masa pemeliharaan ikan ini terkait erat dengan umur padi. Dalam praktiknya, waktu pemanenan ikan disesuaikan dengan tujuan penanaman ikan, untuk pendederan atau pembesaran (Tiku, 2008).
Baca lebih lanjut

12 Baca lebih lajut

Sistem Manajemen Pemeliharaan untuk Hulu

Sistem Manajemen Pemeliharaan untuk Hulu

Organisasi pemeliharaan dihadapkan dengan lebar berbagai tantangan yang meliputi peningkatan kualitas, mengurangi lead time, mengatur waktu dan biaya pengurangan, kapasitas ekspansi, mengelola teknologi yang kompleks dan inovasi, meningkatkan keandalan sistem, dan terkait isu lingkungan [7]. Namun, tren menunjukkan bahwa banyak organisasi pemeliharaan yang mengadopsi Jumlah Produktif Pemeliharaan (TPM), yang ditujukan pada partisipasi total dari personil pabrik dalam keputusan pemeliharaan dan penghematan biaya [8,9]. Tantangan persaingan internasional yang kuat dan globalisasi pasar telah menempatkan tekanan besar pada sistem pemeliharaan untuk meningkatkan efisiensi dan mengurangi biaya operasional. Tantangan-tantangan ini telah memaksa pemeliharaan manajer untuk mengadopsi alat, metode, dan konsep yang bias merangsang pertumbuhan kinerja dan meminimalkan kesalahan, dan untuk memanfaatkan sumber daya secara efektif ke arah membuat organisasi yang "Manufaktur kelas dunia" atau "high-performance manufaktur "pabrik. Pemeliharaan industri memiliki dua tujuan penting yang adalah ketersediaan tinggi dari peralatan produksi dan rendah biaya pemeliharaan [1]. Namun, faktor kuat militating terhadap pencapaian tujuan tersebut adalah sifat dan intensitas kegagalan peralatan di pabrik. Sejak kegagalan system dapat menyebabkan penghentian mahal operasi organisasi, yang dapat mengakibatkan manusia rendah, material, dan peralatan
Baca lebih lanjut

12 Baca lebih lajut

Sistem Kearsipan Di Sekretariat Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara

Sistem Kearsipan Di Sekretariat Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara

Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan maka dapat dianalisis bahwa sistem pemeliharaan dan pengamanan arsip pada sekretariat Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara telah berjalan dengan baik. Hal ini dapat diketahui dari ruangan tempat penyimpanan arsip yang memiliki ventilasi yang memadai dan menggunakan pendingin ruangan (AC) agar tetap kering (tidak lembab) dengan suhu udara berkisar 50 % - 60 % serta sinar matahari yang tidak langsung ke ruangan.

66 Baca lebih lajut

KAJIAN SISTEM MANAJEMEN PEMELIHARAAN JAL

KAJIAN SISTEM MANAJEMEN PEMELIHARAAN JAL

Penanganan pemeliharaan infrastruktur jalan rel tidak terlepas dari sistem manajemen pemeliharaan infrastruktur jalan rel. Perencanaan program pemeliharaan merupakan aspek terpenting dalam manajemen pemeliharaan jalan rel. Perencanaan yang matang akan menghasilkan suatu sistem manajemen pemeliharaan jalan rel yang efektif dan efisien. Penelitian ini membahas tentang pemeliharaan jalan rel yang dilakukan oleh PT KAI dalam lingkup Daerah Operasi 2 Bandung. Analisis dilakukan pada rencana pemeliharaan jalan rel tahun 2003, yaitu pada Distrik 23C Kiaracondong. Analisis dilakukan pada laporan pemeriksaan dengan kereta ukur. Kemudian ditentukan siklus perawatan
Baca lebih lanjut

9 Baca lebih lajut

PERBAIKAN and PEMELIHARAAN SISTEM KOPLIN

PERBAIKAN and PEMELIHARAAN SISTEM KOPLIN

Seperti telah dijelaskan kopling berfungsi untuk memutus dan menghubungkan penyaluran tenaga mesin ke roda penggerak. Untuk mengoperasikan fungsi tersebut, pada kendaraan ada dua macam yaitu sistem mekanik dan sistem hidrolik. Sistem mekanik untuk memindahkan tenaga kaki melalui pedal kopling disalurkan kabel baja ke pengungkit (throwout lever). Sementara pengoperasian sistem hidolik tenaga disalurkan melalui minyak rem yang dirangkai sedemikkian rupa sehingga dapat mengoperasikan kopling.

27 Baca lebih lajut

TEKNIK PEMELIHARAAN DAN PERBAIKAN SISTEM ELEKTRONIKA

TEKNIK PEMELIHARAAN DAN PERBAIKAN SISTEM ELEKTRONIKA

Dalam kehidupan sehari-hari kita sering mengalami ketidaknyamanan, misalnya saat hujan dan harus menyeberang jalan tiba-tiba atap pada jembatan pe- nyeberang jalan bocor; saat perlu menggunakan telepon umum ternyata telepon tidak berfungsi karena rusak; saat akan pergi kendaraan kita atau ken-daraan umum yang kita tumpangi tiba-tiba mogok atau remnya tidak berfungsi, dan masih banyak lagi masalah yang kita bisa lihat dan rasakan. Hal- tersebut antara lain karena orang pada umumnya kurang memperhatikan masalah peme- liharaan, sehingga gangguan kecil pada peralatan yang digunakan tidak terde- teksi. Gangguan kecil ini jika dibiarkan tentunya akan mempengaruhi kinerja alat atau sistem secara keseluruhan. Oleh karena itu, pencegahan adalah tindakan yang tepat. Jika masalah pemeliharaan dan perbaikan ini dapat dikelola dengan baik akan memberikan manfaat yang besar bagi kita, antara lain: biaya peme- liharaan dan perbaikan dapat ditekan secara optimal, kegiatan kita tidak terhenti karena alat rusak, waktu kerja kita menjadi lebih efektif dan efisien, usia alat a- kan lebih panjang. Buku ini akan memberikan pengetahuan tentang pengelolaan masalah pemeliharaan dan perbaikan, masalah kesehatan dan keselamatan ker- ja, serta teknik pemeliharaan khususnya untuk peralatan dan sistem elektronika.
Baca lebih lanjut

217 Baca lebih lajut

PEMELIHARAAN DAN PEBAIKAN SISTEM REM (1)

PEMELIHARAAN DAN PEBAIKAN SISTEM REM (1)

Rem tromol merupakan sistem rem yang telah menjadi metode pengereman standar yang digunakan sepeda motor kapasitas kecil pada beberapa tahun belakangan ini. Alasannya adalah karena rem tromol sederhana dan murah. Konstruksi rem tromol umumnya terdiri dari komponen-komponen seperti: sepatu rem (brake shoe), tromol (drum), pegas pengembali (return springs), tuas penggerak (lever), dudukan rem tromol (backplate), dan cam/nok penggerak. Cara pengoperasian rem tromol pada umumnya secara mekanik yang terdiri dari; pedal rem (brake pedal) dan batang (rod) penggerak.

19 Baca lebih lajut

Pemeliharaan servis sistem pendingin dan (1)

Pemeliharaan servis sistem pendingin dan (1)

(1) Pendinginan oleh aliran udara secara alamiah. Pada sistem ini panas yang dihasilkan oleh pembakaran gas dalam ruang bakar sebagian dirambatkan keluar dengan menggunakan sirip-sirip pendingin (cooling fins) yang dipasangkan di bagian luar silinder (Gambar 2). Pada tempat yang suhunya lebih tinggi yaitu pada ruang bakar diberi sirip pendingin yang lebih panjang daripada sirip pendingin yang terdapat di sekitar silinder yang suhunya lebih rendah.

50 Baca lebih lajut

Sistem Pendukung Keputusan Pemeliharaan pdf

Sistem Pendukung Keputusan Pemeliharaan pdf

Abstrak – Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan peneliti, bahwa budidaya ikan nila masih mengalami peluang keuntungan yang sangat besar. Ikan ini banyak digemari masyarakat untuk dibudidayakan karena harganya yang cukup tinggi. Saat ini harga ikan nila menduduki harga ikan tawar lumayan tinggi. Penelitian ini menggunakan metode Fuzzy Tahani untuk mengetahui diagnosa penyakit ikan nila. penelitian ini adalah Sistem yang mampu memberikan diagnosis penyakit ikan nila dengan gejala- gejala yang timbul, aplikasi sistem dengan diagnosa penyakit menggunakan metode fuzzy tahani dapat diterapkan. Dengan merancang dan membangun sebuah sistem pendukung keputusan pemeliharaan dan budidaya ikan nila diharapkan bisa memberi informasi tentang penyakit ikan nila dan apabila ada tanda gangguan kesehatan dapat segera melakukan penanganan
Baca lebih lanjut

4 Baca lebih lajut

Pemeliharaan Sistem Pertemuan 6 pptx

Pemeliharaan Sistem Pertemuan 6 pptx

PRIORITAS PEMELIHARAAN Prioritas menunjukkan seberapa cepat pemeliharaan sistem harus dimulai: • Prioritas gawat darurat: pemeliharaan harus segera dimulai, karena sistem berhenti ber[r]

9 Baca lebih lajut

Kelas 11 SMK Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan 2

Kelas 11 SMK Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan 2

Penyajian  buku  teks  untuk  Mata  Pelajaran  ″  Pemeliharaan Mesin Kendaraan.Ringan ″ ini disusun dengan tujuan agar supaya peserta didik dapat  melakukan proses pencarian pengetahuan berkenaan dengan materi pelajaran melalui berbagai aktivitas proses sains sebagaimana dilakukan oleh para ilmuwan dalam melakukan eksperimen ilmiah (penerapan scientifik), dengan demikian peserta didik diarahkan untuk menemukan sendiri berbagai fakta, membangun konsep, dan nilai-nilai baru secara mandiri.

175 Baca lebih lajut

KESIMPULAN DAN SARAN  KAJIAN TENTANG MANAJEMEN PEMELIHARAAN STUDI KASUS PADA PEMELIHARAAN JALAN NASIONAL.

KESIMPULAN DAN SARAN KAJIAN TENTANG MANAJEMEN PEMELIHARAAN STUDI KASUS PADA PEMELIHARAAN JALAN NASIONAL.

1. Berdasarkan hasil mean terhadap pemeliharaan jalan nasional yang dilakukan pemerintah dengan responden 10 orang memiliki rata-rata 2,43 yang dikategorikan baik. Dan hal ini menunjukkan bahwa manajemen pemeliharaan yang sudah dilakukan pemerintah berdasarkan Peraturan Menteri Pembangunan Umum Nomor 13/PRT/M/2011 sudah berlangsung baik.

11 Baca lebih lajut

Pemeliharaan ikan sidat dengan sistem air bersirkulasi

Pemeliharaan ikan sidat dengan sistem air bersirkulasi

daya dengan sistem air berganti/mengalir bahan- bahan yang ditambahkan tersebut akan terbuang ketika media air diganti dengan air baru. Untuk meminimumkan terbuangnya bahan yang dipakai untuk memperbaiki lingkungan (air bersuhu, garam, keeper, dan lain-lain) agar biaya perbaikan lingkungan tidak terlalu tinggi, maka media budi daya perlu diresirkulasikan. Selain perlu mensirkulasikan air perlu pula diketahui kemampuan air dengan sistem resirkulasi untuk menopang kehidupan sidat. Untuk menjawab permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan mengevaluasi pengaruh padat tebar benih ikan sidat pada kelangsungan hidup dan pertumbuhannya yang dipelihara pada wadah dengan sistem air bersirkulasi.
Baca lebih lanjut

6 Baca lebih lajut

RKS Pengadaan Pemeliharaan Jaringan Sistem Informasi

RKS Pengadaan Pemeliharaan Jaringan Sistem Informasi

72.3 Jika penyedia tidak memperbaiki Cacat Mutu dalam jangka waktu yang ditentukan maka PPK, berdasarkan pertimbangan Pengawas Pekerjaan, berhak untuk secara langsung atau melalui pihak ketiga yang ditunjuk oleh PPK melakukan perbaikan tersebut. Penyedia segera setelah menerima klaim PPK secara tertulis berkewajiban untuk mengganti biaya perbaikan tersebut. PPK dapat memperoleh penggantian biaya dengan memotong pembayaran atas tagihan penyedia yang jatuh tempo (jika ada) atau uang retensi atau pencairan Surat Jaminan Pemeliharaan atau jika tidak ada maka biaya penggantian akan diperhitungkan sebagai utang penyedia kepada PPK yang telah jatuh tempo.
Baca lebih lanjut

112 Baca lebih lajut

BA PENJELASAN PEMELIHARAAN SISTEM PENGAMANAN GUDANG

BA PENJELASAN PEMELIHARAAN SISTEM PENGAMANAN GUDANG

---------Pada hari ini Jum’at tanggal delapan bulan April tahun dua ribu sebelas pukul Sembilan nol nol waktu Indonesia Barat, kami Panitia Pengadaan yang dibentuk dan ditugaskan berdasarkan Surat Perintah Assarpras Kapolri Nomor : Sprin / 84 / I / 2011 tanggal 19 Januari 2011 tentang Penunjukan Panitia Pengadaan Barang/Jasa Pemeliharaan Sistem Pengamanan Gudang yang proses pelelangannya dilaksanakan dengan system E-Procurement melalui Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Polri telah melaksanakan penjelasan (aanwijzing) dengan menjawab pertanyaan- pertanyaan yang dilaksanakan dalam aplikasi (print out) terlampir. ----------------------------
Baca lebih lanjut

2 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...