Slogan iklan

Top PDF Slogan iklan:

PENDAHULUAN  BAHASA INDONESIA DALAM SLOGAN-SLOGAN IKLAN DI TRANS TV PADA BULAN JANUARI-FEBRUARI 2010 DENGAN TINJAUAN PRAGMATIK.

PENDAHULUAN BAHASA INDONESIA DALAM SLOGAN-SLOGAN IKLAN DI TRANS TV PADA BULAN JANUARI-FEBRUARI 2010 DENGAN TINJAUAN PRAGMATIK.

Berdasarkan pendapat di atas, jelas bahwa pemakaian bahasa tidak lepas dari faktor linguistik maupun nonliguistik. Artinya, bahwa pemakaian bahasa selalu terkait dengan konteks dan situasi yang melingkupinya. Demikian halnya dengan pemakaian bahasa Indonesia dalam slogan-slogan iklan yang ditayangkan di televisi, tidak terlepas dari fungsi dan tujuan bahasa itu digunakan dalam proses komunikasi. Jadi, setiap ujaran yang dilontarkan pasti mengandung kekuatan ujar, yaitu untuk apa ujaran itu harus diujarkan.

8 Baca lebih lajut

ANALISIS PRAANGGAPAN PADA SLOGAN IKLAN “KENDARAAN” HARIAN SURAT KABAR SOLOPOS EDISI   Analisis Praanggapan Pada Slogan Iklan “Kendaraan” Harian Surat Kabar Solopos Edisi November 2013 – Februari 2014.

ANALISIS PRAANGGAPAN PADA SLOGAN IKLAN “KENDARAAN” HARIAN SURAT KABAR SOLOPOS EDISI Analisis Praanggapan Pada Slogan Iklan “Kendaraan” Harian Surat Kabar Solopos Edisi November 2013 – Februari 2014.

pikiran yang berlandaskan logika induktif maupun deduktif. Menggunakan bahasa yang baik dalam berpikir belum tentu mendapatkan kesimpulan yang benar apalagi dengan bahasa yang tidak baik dan tidak benar. Hal ini juga berlaku dalam memahami atau memaknai sebuah informasi. Oleh karena itu, setiap konsumen harus dapat beranggapan pada slogan iklan “Kendaraan” yang terdapat di harian surat kabar Solopos. Dalam hal ini tidak hanya sekedar berbagai anggapan yang diketahui oleh konsumen saja, tetapi konsumen (pembaca) juga dapat memahami maksud dan makna slogan iklan “Kendaraan” tersebut.
Baca lebih lanjut

15 Baca lebih lajut

ANALISIS MAKNA SLOGAN IKLAN ROKOK DI KOTA MATARAM SKRIPSI

ANALISIS MAKNA SLOGAN IKLAN ROKOK DI KOTA MATARAM SKRIPSI

Tahapan pelaksanaan penelitian bahasa ada dua yaitu penelitian bahasa secara sinkronis dan diakronis. Penelitian bahasa secara sinkronis adalah bidang ilmu bahasa yang mengkaji sistem bahasa pada waktu tertentu, sedangkan penelitian secara diakronis adalah bidang linguistic yang menyelidiki perkembangan bahasa dari satu masa ke masa yang lain, serta menyelidiki perbandingan bahasa dengan bahasa yang lain. Dengan demikian, penelitian pada slogan iklan rokok ini dilakukan secara sinkronis karena meneliti fenomena suatu bahasa pada kurun waktu tertentu yang bersifat deskriptif. Dalam penelitian yang bersifat deskriptif atau sinkronis terdapat tiga tahapan pelaksanaan penelitian, yaitu penyediaan data, analisis data, dan penyajian hasil analisis data.
Baca lebih lanjut

146 Baca lebih lajut

ANALISIS GAYA BAHASA DALAM SLOGAN IKLAN MINUMAN DI TELEVISI.

ANALISIS GAYA BAHASA DALAM SLOGAN IKLAN MINUMAN DI TELEVISI.

koffie tersebut terdapat perulangan bunyi konsonan g. Makna yang terdapat dalam slogan iklan adalah minuman tersebut aman dikonsumsi oleh konsumen serta nyaman di lambung, tidak membuat konsumen deg-degan setelah minum. Karena terkadang kopi tertentu ada yang mengandung kafein yang tinggi sehingga menyebabkan jantung berdetak dengan cepat sehingga membuat deg-degan penikmatnya. Iklan ini dalam teori semantik tergolong makna kias yakni kata deg- degan yang memiliki arti yang tidak merujuk pada arti sebenarnya. Deg-degan dalam arti jantung berdetak lebih cepat, oleh karena itu semua bentuk bahasa (baik kata, frase, maupun kalimat) yang tidak merujuk pada arti sebenarnya (arti leksikal, arti konseptual, atau arti denotatif) disebut mempunyai arti kiasan.
Baca lebih lanjut

107 Baca lebih lajut

MAKNA AMBIGUITAS SLOGAN IKLAN SEPEDA MOTOR  DI TELEVISI  Makna Ambiguitas Slogan Iklan Sepeda Motor Di Televisi.

MAKNA AMBIGUITAS SLOGAN IKLAN SEPEDA MOTOR DI TELEVISI Makna Ambiguitas Slogan Iklan Sepeda Motor Di Televisi.

Data dalam penelitian ini difokuskan pada bentuk pemakaian ambiguitas slogan iklan pada iklan sepeda motor di televisi. Pengumpulan data dilakukan dengan simak dan catat. Analisis ambiguitas slogan iklan sepeda motor di televisi yang menjadi korpus penelitian ini berjumlah 11 slogan iklan sepeda motor yang mengandung makna ambiguitas. Semua iklan berasal dari 3 merek sepeda motor yang mendominasi di Iklan televisi yaitu Yamaha, Honda dan Suzuki. Slogan iklan yang mengandung ambiguitas dapat dilihat pada tabel berikut:
Baca lebih lanjut

14 Baca lebih lajut

TINDAK TUTUR LANGSUNG DAN TINDAK TUTUR TIDAK LANGSUNG DALAM SLOGAN IKLAN DI TELEVISI  TINDAK TUTUR LANGSUNG DAN TINDAK TUTUR TIDAK LANGSUNG DALAM SLOGAN IKLAN DI TELEVISI.

TINDAK TUTUR LANGSUNG DAN TINDAK TUTUR TIDAK LANGSUNG DALAM SLOGAN IKLAN DI TELEVISI TINDAK TUTUR LANGSUNG DAN TINDAK TUTUR TIDAK LANGSUNG DALAM SLOGAN IKLAN DI TELEVISI.

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan bentuk-bentuk tindak tutur langsung dan tidak langsung, serta maksud dan tujuan yang terkandung di dalam tindak tutur langsung dan tidak langsung dalam slogan iklan di televisi. Obyek penelitian ini adalah iklan di televisi.

11 Baca lebih lajut

MAKNA AMBIGUITAS SLOGAN IKLAN SEPEDA MOTOR  DI TELEVISI  Makna Ambiguitas Slogan Iklan Sepeda Motor Di Televisi.

MAKNA AMBIGUITAS SLOGAN IKLAN SEPEDA MOTOR DI TELEVISI Makna Ambiguitas Slogan Iklan Sepeda Motor Di Televisi.

Hasil analisis makna ambiguitas dari slogan iklan sepeda motor di televisi ini menunjukkan bahwa ada dua penafsiran yaitu secara konvensional ada 11 iklan merek sepeda motor yaitu sepeda motor Yamaha, Suzuki, Honda. Penafsiran secara kontekstual dari slogan-slogan iklan sepeda motor di televisi yang mengandung ambiguitas 11 motor merek Yamaha, Suzuki, Honda. Namun demikian, pemilihan penafsiran makna ini tampaknya tidak bermasalah bagi pemirsa karena proses ambiguitas terjadi secara seketika sehingga hanya ada satu penafsiran yang mungkin dikenakan kepada slogan iklan tersebut.
Baca lebih lanjut

13 Baca lebih lajut

DIKSI NOMINA BERARTIKEL MASKULIN DALAM SLOGAN IKLAN BIR BERBAHASA JERMAN.

DIKSI NOMINA BERARTIKEL MASKULIN DALAM SLOGAN IKLAN BIR BERBAHASA JERMAN.

Nomina Berartikel Maskulin dalam Slogan Iklan Bir Berbahasa Jerman dalam Kaitannya dengan Fenomena Bahasa Jerman Ber-gender ...[r]

2 Baca lebih lajut

BAHASA IPADA BAHASA INDONESIA DALAM SLOGAN-SLOGAN IKLAN DI TRANS TV PADA BULAN JANUARI-FEBRUARI 2010 DENGAN TINJAUAN PRAGMATIK.

BAHASA IPADA BAHASA INDONESIA DALAM SLOGAN-SLOGAN IKLAN DI TRANS TV PADA BULAN JANUARI-FEBRUARI 2010 DENGAN TINJAUAN PRAGMATIK.

Puji syukur kehadirat Allah swt., yang telah melimpahkan rahmat-Nya, shalawat serta salam haturkan kepada Nabi Muhammad saw., sehingga penyusunan skripsi yang berjudul ” Bahasa Indonesia Dalam Slogan-Slogan Iklan Di Trans Tv Pada Bulan Januari-Februari 2010 Dengan Tinjauan Pragmatik” dapat terselesaikan dengan baik dan lancar.

12 Baca lebih lajut

PENDAHULUAN  Makna Ambiguitas Slogan Iklan Sepeda Motor Di Televisi.

PENDAHULUAN Makna Ambiguitas Slogan Iklan Sepeda Motor Di Televisi.

Pembatasan masalah diperlukan agar penelitian dapat mengarah serta mengena pada sasaran yang diinginkan. Dalam penelitian ini masalah yang akan dikaji dibatasi pada ambiguitas Slogan iklan Sepeda Motor Yang ada di Televisi. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut.

7 Baca lebih lajut

Ketaksaan dalam Slogan Iklan Makanan dan Minuman Ringan Nestle pada Laman www.nestle.de.

Ketaksaan dalam Slogan Iklan Makanan dan Minuman Ringan Nestle pada Laman www.nestle.de.

Alhamdulillah, Puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT, tuhan semesta alam dan isinya, yang telah melimpahkan rahmat, taufik, dan hidayah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan penulisan skripsi yang berjudul “ Ketaksaan dalam Slogan Iklan Makanan dan Minuman Ringan Nestlé pada laman www.nestle.de” dengan baik.

7 Baca lebih lajut

PENDAHULUAN  TINDAK TUTUR LANGSUNG DAN TINDAK TUTUR TIDAK LANGSUNG DALAM SLOGAN IKLAN DI TELEVISI.

PENDAHULUAN TINDAK TUTUR LANGSUNG DAN TINDAK TUTUR TIDAK LANGSUNG DALAM SLOGAN IKLAN DI TELEVISI.

Di dalam iklan terdapat istilah slogan dapat diartikan bahwa slogan adalah kelompok kata yang menjanjikan suatu hadiah atau imbalan dengan cara yang dramatis, yaitu mudah dibaca, mudah diucapkan, dan mudah diingat. Selain itu slogan dapat pula diartikan bahwa secara khusus slogan merupakan bagian dari penulisan iklan dan dianggap atau dimasukkan dalam bagian penulisan. Slogan harus dipahami bahwa mereka mempunyai nilai (fungsi) sebagai identitas produk. Hal ini adalah benar bahwa slogan yang telah dipakai oleh perusahaan-perusahaan swasta bertahun-tahun dan dianggap memiliki bobot iklan (maksud) didalamnya, walaupun terkadang khalayak tidak mampu menghubungkan sebuah slogan dengan produk yang dimaksudkan, namun cukup banyak orang yang bisa mengacu pada produk yang dimaksud dengan benar dan menentukan aspek apa yang dimaksud dalam slogan tersebut.
Baca lebih lanjut

7 Baca lebih lajut

Makna Slogan Pada Iklan Slogan Rokok Di Televisi Swasta Di Indonesia

Makna Slogan Pada Iklan Slogan Rokok Di Televisi Swasta Di Indonesia

Metode yang digunakan dalam menganalisis data adalah metode agih yaitu metode yang memadankan sesuatu dengan objek penentu yang berasal dari bahasa itu sendiri dan metode padan ialah metode yang memadankan, menyelaraskan sesuatu dengan alat penentu di luar bahasa (Sudaryanto,1993:13). Metode agih digunakan untuk menganalisis struktur pembentukan kata-kata pada slogan iklan rokok. Dalam hal ini teknik dasar yang digunakan adalah teknik bagi unsur langsung. Teknik bagi unsur langsung digunakan untuk membagi satuan lingual datanya menjadi beberpa bagian atau unsur dan unsur yang bersangkutan dipandang sebagai bagian yang langsung membentuk satuan lingual yang dimaksud, sedangkan metode padan digunakan untuk menganalisis makna yang terdapat pada slogan iklan rokok. Dalam hal ini teknik dasar yang digunakan adalah teknik pilah unsur penentu. Sejalan dengan metode padan referensial, teknik ini menggunakan daya pilah referensial untuk membagi satuan lingual menjadi berbagai jenis, maka perbedaan referen atau sosok yang ditunjuk oleh kata itu harus diketahui terlebih dahulu, dan untuk mengetahui perbedaan referen itu, daya pilah yang bersifat mental harus dimiliki oleh peneliti. Lalu daya pilah itu dipandang sebagai alat sedangkan penggunaan alat dipandang sebagai tekniknya.
Baca lebih lanjut

59 Baca lebih lajut

TINGKAT PENGETAHUAN MASYARAKAT SURABAYA TERHADAP ISI PESAN IKLAN DNPI DENGAN SLOGAN “ LAKUKAN SEKARANG “ (studi deskriptif tentang tingkat pengetahuan masyarakat Surabaya terhadap isi pesan iklan dnpi dengan slogan “lakukan sekarang”).

TINGKAT PENGETAHUAN MASYARAKAT SURABAYA TERHADAP ISI PESAN IKLAN DNPI DENGAN SLOGAN “ LAKUKAN SEKARANG “ (studi deskriptif tentang tingkat pengetahuan masyarakat Surabaya terhadap isi pesan iklan dnpi dengan slogan “lakukan sekarang”).

Tabel diatas menunjukkan bahwa seluruh responden dalam penelitian ini menjawab tahu terkait slogan iklan DNPI “Lakukan Sekarang”, yaitu 100% responden dan tidak satu pun yang menjawab tidak tahu, 0%. Hal ini disebabkan oleh ketepatan pemilihan kata dalam slogan iklan DNPI, cukup sederhana tapi mengena. Isu mengenai pemanasan global sudah menjadi pembahasan didunia internasional seiring dampak buruk yang ditimbulkan, termasuk perubahan iklim. Indonesia sangat rentan terhadap perubahan iklim yang menyebabkan bencana seperti banjir, longsor, kemarau panjang, angin kencang, dan gelombang tinggi. Maka dari itu harus segera dilakukan perubahan, misalnya dengan hemat energi, budayakan penghijauan, menggunakan kendaraan rendah emisi sehingga slogan DNPI “Lakukan Sekarang”. 2. Responden mengetahui setting ik lan DNPI “Lakukan Sekar ang” di beber apa
Baca lebih lanjut

82 Baca lebih lajut

Analisis Semiotika Iklan Slogan Motor Yamaha ―Semakin di Depan

Analisis Semiotika Iklan Slogan Motor Yamaha ―Semakin di Depan

Skripsi ini berjudul ANALISIS SEMIOTIKA SLOGAN IKLAN YAMAHA ―SEMAKIN DI DEPAN‖. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem tanda yang terdiri atas makna dan bahasa visual serta makna denotasi, konotasi serta isi pesan slogan yang terkandung dalam objek yang diteliti. Penelitian ini memfokuskan pada analisis semiotika iklan. Penelitian ini memakai paradigma Konstruktivisme sebagai pendekatan. Sedangkan pisau analisis atau instrumen analisis data, peneliti menggunakan teknik analisis semiotika signifikasi dua tahap yang dibuat oleh Roland Barthes. Dalam penelitian ini, peneliti berusaha meneliti makna konotatif, denotatif dan isi pesan slogan yang disampaikan iklan ―Yamaha N-Max Momen Terbaik Bersama Keluarga‖. Dalam penelitian ini, peneliti meneliti subjek yang diambil dari Televisi. Adapun iklan Televisi yang diteliti adalah iklan Yamaha Versi Yamaha N-Max yang mulai tayang pada bulan Februari 2017. Dimana dalam penelitian ini peneliti mendapatkan hasil tentang pemaknaan isi pesan dan slogan dalam Iklan Yamaha secara denotatif dan konotatif. Secara denotatif, iklan ini menampilkan pentingnya sebuah kebersamaan dan pengorbanan dalam sebuah keluarga. Dari segi konotatif, Yamaha ingin menyampaikan bahwa waktu bersama yang dilalui bersama keluarga merupakan hal paling penting. Dalam slogannya sendiri yaitu ―Semakin Di Depan‖ Yamaha ingin menunjukkan bahwa produknya memberikan kemajuan yang selalu selangkah di depan ketimbang produsen-produsen sepeda motor lainnya, baik dari segi fitur dan kenyamanan serta angka produktivitas penjualan yang tinggi.
Baca lebih lanjut

2 Baca lebih lajut

Analisis Semiotika Iklan Slogan Motor Yamaha ―Semakin di Depan

Analisis Semiotika Iklan Slogan Motor Yamaha ―Semakin di Depan

Yamaha rupanya tidak puas hanya memasang nama "Yamaha". Mereka memasang juga tulisan slogan iklan untuk pasar Indonesia, "Semakin di Depan", di dinding pitstop itu.Tak hanya itu, bau Indonesia makin tampak karena tulisan "Semakin di Depan" juga dipasang besar-besar pada lengan Rossi. Jadi, bisa dipastikan, pada musim 2010 ini kalimat bahasa Indonesia itu bakal selalu muncul setiap kali Rossi tampil di podium atau difoto saat menikung. Sebenarnya tidak mengherankan bahwa Rossi memasang tulisan "Semakin di Depan" pada kostum balapnya. Ini karena penjualan Yamaha di Indonesia sangat luar biasa dibandingkan di wilayah lain di dunia ini.
Baca lebih lanjut

5 Baca lebih lajut

Efek Iklan Televisi Program Keluarga Berencana

Efek Iklan Televisi Program Keluarga Berencana

Efek iklan KB di televisi di level kognitif karena terdapat terpaan pesan iklan KB yang diterima responden secara repetitif. Pesan iklan diterima responden melalui jenis pesan slogan iklan, visualisasi iklan, suara dan jingle lagu iklan. Pesan iklan KB yang paling banyak diingat responden berupa pesan memiliki dua anak dalam sebuah keluarga, baik itu pesan dua anak lebih baik (36,5%) dan pesan dua anak cukup (31,8%). Pesan dua anak telah menjadi bagian kampanye kependudukan di Indonesia sejak program KB pertama kali dicanangkan pada akhir tahun 1960-an. Konsep dua anak dalam keluarga juga dikenal dengan istilah “keluarga catur warga” yaitu keluarga yang terdiri dari ayah, ibu dan dua orang anak. Menurut pengamatan Subijanto (2014) iklan KB pada era Orde Baru sedikit yang menampilkan pesan dua anak ataupun “keluarga catur warga”. Gagasan dua anak dalam keluarga justru banyak bermunculan pada iklan komersial yang menampilkan keluarga dengan dua orang anak (Subijanto, 2014). Misalnya iklan cetak di salah satu majalah perempuan, terkait iklan produk susu atau minuman merepresentasikan keluarga bahagia dengan dua orang anak yang sedang minum susu.
Baca lebih lanjut

13 Baca lebih lajut

Analisis Semiotika Iklan Slogan Motor Yamaha ―Semakin di Depan

Analisis Semiotika Iklan Slogan Motor Yamaha ―Semakin di Depan

Skripsi ini berjudul ANALISIS SEMIOTIKA SLOGAN IKLAN YAMAHA ―SEMAKIN DI DEPAN‖. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem tanda yang terdiri atas makna dan bahasa visual serta makna denotasi, konotasi serta isi pesan slogan yang terkandung dalam objek yang diteliti. Penelitian ini memfokuskan pada analisis semiotika iklan. Penelitian ini memakai paradigma Konstruktivisme sebagai pendekatan. Sedangkan pisau analisis atau instrumen analisis data, peneliti menggunakan teknik analisis semiotika signifikasi dua tahap yang dibuat oleh Roland Barthes. Dalam penelitian ini, peneliti berusaha meneliti makna konotatif, denotatif dan isi pesan slogan yang disampaikan iklan ―Yamaha N - Max Momen Terbaik Bersama Keluarga‖. Dalam penelitian ini, peneliti meneliti subjek yang diambil dari Televisi. Adapun iklan Televisi yang diteliti adalah iklan Yamaha Versi Yamaha N-Max yang mulai tayang pada bulan Februari 2017. Dimana dalam penelitian ini peneliti mendapatkan hasil tentang pemaknaan isi pesan dan slogan dalam Iklan Yamaha secara denotatif dan konotatif. Secara denotatif, iklan ini menampilkan pentingnya sebuah kebersamaan dan pengorbanan dalam sebuah keluarga. Dari segi konotatif, Yamaha ingin menyampaikan bahwa waktu bersama yang dilalui bersama keluarga merupakan hal paling penting. Da lam slogannya sendiri yaitu ―Semakin Di Depan‖ Yamaha ingin menunjukkan bahwa produknya memberikan kemajuan yang selalu selangkah di depan ketimbang produsen-produsen sepeda motor lainnya, baik dari segi fitur dan kenyamanan serta angka produktivitas penjualan yang tinggi.
Baca lebih lanjut

16 Baca lebih lajut

Tabel 4.1 Responden Berdasarkan Jenis Kelami n Yang Merokok

Tabel 4.1 Responden Berdasarkan Jenis Kelami n Yang Merokok

Perusahaan atau produsen rokok A Mild menggunakan humor sebagai jenis pesan iklannya karena humor merupakan metode yang paling tepat dan menarik untuk menarik perhatian konsumen pada iklan. Humor juga akan menambah kesenangan konsumen pada iklan dan merek yang diiklankan karena mereka terhibur akan produk yang diiklankan sehingga mereka tidak merasa bosan untuk melihat iklan rokok tersebut. Perusahaan atau produsen rokok A Mild dalam menggunakan humor, pesan yang disampaikan mudah dipahami dan tidak merusak pemahaman konsumen tentang produk rokoknya.

41 Baca lebih lajut

Show all 6382 documents...