SMK Negeri 1 Klaten

Top PDF SMK Negeri 1 Klaten:

PENGELOLAAN UNI PRODUKSI DI SMK NEGERI 1 KLATEN  PENGELOLAAN UNIT PRODUKSI DI SMK NEGERI 1 KLATEN.

PENGELOLAAN UNI PRODUKSI DI SMK NEGERI 1 KLATEN PENGELOLAAN UNIT PRODUKSI DI SMK NEGERI 1 KLATEN.

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mendeskripsikancara memperoleh barang di Unit produksi Toko Harapan di SMK Negeri 1 Klaten, (2) Mendeskripsikansistem penjualan barang Unit Produksi Toko Harapan di SMK Negeri 1 Klaten, (3) Mendiskripsikanpertanggungjawaban keuangan Unit produksi Toko Harapan di SMK Negeri 1 Klaten. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, ketua unit produksi toko sekolah, pengurus toko, guru dan siswa SMK Negeri 1 Klaten, jurusan pemasaran (PM).Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah: (1) Cara memperoleh barang dagangan yang akan dijual kembali dengan para konsumen masyarakat sekitar SMK Negeri 1 Klaten,antara lain dengan membeli langsung ke supplier, membeli dengan cara langganan kemudian dianter ke Toko Harapan, membeli langsung barang kepada grosir, dan dengan cara menerima titipan dari orang lain, dengan pertimbangan melihat dari faktor bentuk, rasa, daya tahan, dan harga dari barang dagangan tersebut. (2) Barang telah dibeli untuk dijual kembali pada Toko Harapan di SMK Negeri 1 Klaten dijual kembali dengan tiga cara, (1) dengan promosi oleh siswa, (2) dengan cara promosi oleh guru produktif dan KWU, dan (3) secara periodik siswa diberi tugas untuk menjual barang dagangan kepada masyarakat. (3) Pertanggungjawaban adalah siswa yang bertugas di toko secara estafet memberikan laporan tertulis berdasarkan kenyataan adanya barang masuk dan keluar barang. Laporan dilakukan setiap hari kepada ketua unit prosuksi toko. Dan selanjutnya setiap tahun ketua unit produksi melaporkan keuangan toko kepada Kepala sekolah melalui rapat Unit Produksi sekolah.
Baca lebih lanjut

15 Baca lebih lajut

LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMK NEGERI 1 KLATEN.

LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMK NEGERI 1 KLATEN.

Dalam pelaksanaan PPL yang bertempat di SMK Negeri 1 Klaten, praktikan mengajarkan materi Administrasi Keuangan untuk kelas XI Administrasi Perkantoran 1 dan XI Administrasi Perkantoran 2. Kegiatan PPL yang dijalankan selama 2 bulan ini antara lain observasi kelas, serta proses pengidentifikasian lingkungan belajar dan karakteristik peserta didik, koordinasi dengan pihak terkait antara lain, Koordinator KKN-PPL SMK N 1 Klaten dan guru pembimbing, penyusunan silabus dan RPP, serta pelaksanaan proses pembelajaran selama kurang lebih 7 minggu. Pembelajaran yang dilakukan menggunakan metode Diskusi dan Ceramah dengan tambahan penggunaan media dan games yang relevan dengan materi yang disampaikan.
Baca lebih lanjut

125 Baca lebih lajut

PENDAHULUAN  PENGELOLAAN UNIT PRODUKSI DI SMK NEGERI 1 KLATEN.

PENDAHULUAN PENGELOLAAN UNIT PRODUKSI DI SMK NEGERI 1 KLATEN.

Sementara itu, pengelolaan unit produksi di SMK Negeri 1 Klaten yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian terlihat masih kurang maksimal. Guru-guru bidang produktif yang semestinya berpotensi untuk dapat menunjang perkembangan unit produksi, ternyata banyak yang belum dioptimalkan, justru belum dimasukkan dalam jajaran kepengurusan. Bahkan ada beberapa guru senior yang merupakan perintis berdirinya unit produksi sudah tidak lagi masuk dalam jajaran pengurus tersebut.

11 Baca lebih lajut

NASKAH PUBLIKASI  PENGELOLAAN UNIT PRODUKSI DI SMK NEGERI 1 KLATEN.

NASKAH PUBLIKASI PENGELOLAAN UNIT PRODUKSI DI SMK NEGERI 1 KLATEN.

Penelitian yang menggambarkan realitas kondisi Unit Produksi Toko Harapan di SMK Negeri 1 Klaten dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Untuk memperoleh barang dagangan yang akan dijual kembali dengan para konsumen masyarakat sekitar SMK Negeri 1 Klaten, antara lain dengan membeli langsung ke supplier, membeli dengan cara langganan kemudian diantar ke Toko Harapan, membeli langsung barang kepada grosir, dan dengan cara menerima titipan dari orang lain, dengan pertimbangan melihat dari faktor bentuk, rasa, daya tahan, dan harga dari barang dagangan. Dari keempat cara memperoleh dagangan tersebut, yang paling efektif dan menguntungkan Toko Harapan SMK Negeri 1 Klaten adalah membeli langsung ke supplier. (2) Barang telah dibeli untuk dijual kembali pada Toko Harapan di SMK Negeri 1 Klaten dijual kembali dengan tiga cara, (a) dengan promosi oleh siswa, (b) dengan cara promosi oleh guru produktif dan KWU, dan (c) secara periodik siswa diberi tugas untuk menjual barang dagangan kepada masyarakat. Dari ketiga cara yang dilakukan oleh Toko Harapan SMK Negeri 1 Klaten tersebut, yang paling efektif dilakukan dan mendatangkan keuntungan bagi toko adalah dengan cara siswa diberi tugas untuk menjual barang dagangan kepada masyarakat. (3) Pertanggungjawaban adalah siswa yang bertugas di toko secara estafet memberikan laporan tertulis berdasarkan kenyataan adanya barang masuk dan barang keluar. Laporan dilakukan setiap hari kepada ketua unit produksi toko. Dan selanjutnya setiap tahun ketua unit produksi melaporkan keuangan toko kepada Kepala sekolah dalam rapat sekolah. Dua sistem pelaporan tersebut sangat tepat dilakukan dalam rangka menanamkan kedisiplinan dan tanggungjawab baik bagi siswa yang praktik maupun guru selaku pengelola unit produksi toko.
Baca lebih lanjut

17 Baca lebih lajut

LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK NEGERI 1 KLATEN.

LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK NEGERI 1 KLATEN.

Selama mahasiswa melaksanakan PPL di SMK Negeri 1 Klaten semua kegiatan dapat dilaksanakan dengan baik dan lancar, namun masih terdapat beberapa hambatan yaitu siswa tidak memiliki buku pegangan Akuntansi manufaktur/akuntansi biaya sebagai acuan belajar sehingga ketika praktikan menyampaikan materi, siswa cenderung menerima apa yang praktikan sampaikan dan masih sedikit siswa yang mau bertanya, jadwal pelajaran yang terpotong waktu istirahat membuat jam mengajar di kelas sedikit molor karena banyak siswa yang belum selesai makan dan shalat meski bel jam masuk sudah berbunyi, sulit mengkondisikan siswa jika mengajar di jam-jam menjelang istirahat dan menjelang pulang, adanya LED di suatu kelas yang berukuran 29” masih dirasa kecil bagi siswa yang duduk di bangku belakang sehingga proses penyampaian materi sedikit terhambat khususnya ketika menggunakan media slide powerpoint . Dari beberapa hambatan yang dialami praktikan tersebut, ada beberapa solusi yang diterapkan untuk mengatasinya yaitu meminta siswa meminjam buku panduan di perpustakaan ataupun mencari materi melalui internet, meningkatkan kemampuan mengelola kelas, melakukan pendekatan kepada siswa saat kegiatan pembelajaran sehingga siswa menjadi lebih disiplin dan mampu mengelola waktu istirahat dan waktu belajar di kelas dengan baik, memotivasi siswa dengan memberikan poin tambahan bagi siswa yang mau bertanya, berpendapat, maupun menjawab pertanyaan.
Baca lebih lanjut

35 Baca lebih lajut

BAB I PENDAHULUAN - Institutional Repository | Satya Wacana Christian University: Implementasi Pendidikan Karakter dalam Mata Pelajaran Normatif dan Adaptif di SMK Negeri 1 Klaten Tahun Pelajaran 2013/2014

BAB I PENDAHULUAN - Institutional Repository | Satya Wacana Christian University: Implementasi Pendidikan Karakter dalam Mata Pelajaran Normatif dan Adaptif di SMK Negeri 1 Klaten Tahun Pelajaran 2013/2014

Kurikulum KTSP memasukkan nilai-nilai karakter pada setiap mata pelajaran melalui silabus dan RPP, hal ini menunjukkan pentingnya kurikulum tersebut. Guru sebagai pengembang silabus dan penyusun RPP, sekaligus sebagai agen perubahan diharapkan dengan implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran ini dapat memberikan semaksimal mungkin pembelajaran afektif kepada peserta didik dalam hal ini siswa SMK Negeri 1 Klaten dengan menekankan pada penanaman sikap dan nilai karakter.

8 Baca lebih lajut

Keefektifan Implementasi Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran Akuntansi di SMK Negeri 1 Klaten BAB 0

Keefektifan Implementasi Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran Akuntansi di SMK Negeri 1 Klaten BAB 0

menyatakan bahwa skripsi saya berjudul “ KEEFEKTIFAN IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA PEMBELAJARAN AKUNTANSI DI SMK NEGERI 1 KLATEN ” ini benar -benar merupakan hasil karya saya sendiri. Selain itu, sumber informasi yang dikutip dari penulis lain telah disebutkan dalam teks dan dicantumkan dalam daftar pustaka.

17 Baca lebih lajut

LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK NEGERI 1 KLATEN.

LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK NEGERI 1 KLATEN.

Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan wadah kegiatan belajar mahasiswa yang dilakukan secara langsung di lapangan untuk menyempurnakan pengetahuan teori yang diperoleh di kampus dengan pengalaman praktik di lapangan, sehingga target kompetensi yang diharapkan dapat tercapai. Kegiatan Praktik Pengalman Lapangan (PPL) melatih dan meningkatkan kualitas diri mahasiswa dalam hal pembelajaran di sekolah yang tujuannya adalah untuk melatih mahasiswa agar memiliki pengetahuan dan pengalaman nyata berkenaan dengan proses belajar mengajar. Dengan adanya kegiatan PPL ini, diharapkan mahasiswa akan memiliki bekal untuk mengembangkan dirinya sebagai tenaga kependidikan yang profesional. Salah satu lokasi yang menjadi sasaran sebagai tempat pelaksanaan program PPL pada semester khusus tahun 2014 ini adalah di lingkungan masyarakat sekolah, yaitu masyarakat SMK Negeri 1 Klaten khususnya seluruh siswa SMK Negeri 1 Klaten.
Baca lebih lanjut

176 Baca lebih lajut

KONTRIBUSI PENGALAMAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI DAN KEMAMPUAN SOFT SKILLS TERHADAP KESIAPAN KERJA   Kontribusi pengalaman praktik kerja industri dan Kemampuan soft skills terhadap kesiapan kerja Siswa kelas xII akuntansi SMK Negeri 1 Klaten Tahun ajaran 2016

KONTRIBUSI PENGALAMAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI DAN KEMAMPUAN SOFT SKILLS TERHADAP KESIAPAN KERJA Kontribusi pengalaman praktik kerja industri dan Kemampuan soft skills terhadap kesiapan kerja Siswa kelas xII akuntansi SMK Negeri 1 Klaten Tahun ajaran 2016

This research aim to determine 1) the contribution of industrial work practice experience toward work readiness students class XII Accounting in SMK Negeri 1 Klaten academic year 2016/2017, 2) the contribution soft skills ability toward work readiness students classs XII Accounting in SMK Negeri 1 Klaten academic year 2016/2017, 3) the contribution of industrial work practice experience and soft skills ability toward work readiness students class XII Accounting in SMK Negeri 1 Klaten academic year 2016/2017. This research employed the ex-post facto design in which the conclusion of the study was acquired based on statistic result where the result was laid out in numbers. The population which was used was class XII Accounting SMK Negeri 1 Klaten academic year 2016/2017, amount to 145 students in which 102 students were taken to be the sample. This study was using random sampling techniques with simple random sampling method. For collecting data techniques, the researcher used questionnaire and documentation method. Previously, the questionnaire method had been through trial run by using validity test and reability test. Data analysis techniques which was used multiple regression, t test, F test, effective contribution and relative contribution. The result of this research using regression analysis was obtained regression formula : Y=5,339 + 0,480X1 + 0,693X2 + e. The result concluded 1) Industrial work practice experience have positive contribution toward work readiness students is 12,59%, 2) Soft Skills ability have contribution toward work readiness students is 49,71%, 3) Indsutrial work practice experience and soft skills ability same have positive contribution toward work readiness students is 62,3% and the rest 37,70% was influenced by other variables which were not included in this research.
Baca lebih lanjut

16 Baca lebih lajut

PENGEMBANGAN APLIKASI “EASY ACCOUNTING” BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK NEGERI 1 KLATEN TAHUN AJARAN 2015/2016.

PENGEMBANGAN APLIKASI “EASY ACCOUNTING” BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK NEGERI 1 KLATEN TAHUN AJARAN 2015/2016.

Puji syukur kehadirat Allah Subhanahu wa Ta ’ ala atas limpahan rahmat, taufik, serta hidayahNya sehingga penulis dapat menyelesaikan Tugas Akhir Skripsi dengan judul Pengembangan Aplikasi “Easy Accounting” Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Untuk Siswa Kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Klaten Tahun Ajaran 2015/2016 dengan lancar. Tugas akhir skripsi ini ditulis untuk memenuhi sebagian syarat memperoleh gelar sarjana pendidikan. Terselesaikannya skripsi ini tidak lepas dari bantuan, bimbingan, dan arahan dari berbagai pihak. Untuk itu penulis mengucapkan terima kasih kepada:
Baca lebih lanjut

170 Baca lebih lajut

LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMK NEGERI 1 KLATEN.

LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMK NEGERI 1 KLATEN.

Selama mahasiswa melaksanakan praktik mengajar di SMK Negeri 1 Klaten, telah banyak pengalaman, pembelajaran, dan pengetahuan yang praktikan dapatkan, diantaranya seperti: 1) bahwa untuk menjadi seorang guru itu dituntut untuk lebih memahami karakteristik setiap siswanya dengan, 2) selain itu juga guru dituntut untuk lebih aktif, kreatif dan inovatif dalam mengembangkan metode dan media pembelajaran serta harus pandai- pandai dalam memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya, 3) untuk menjadi seorang guru yang profesional ternyata membutuhkan persiapan yang lebih, dan disisi lain begitu banyak administrasi seorang guru yang perlu di buat dan disusun sebagai syarat mengajar.
Baca lebih lanjut

45 Baca lebih lajut

LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMK NEGERI 1 KLATEN.

LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMK NEGERI 1 KLATEN.

Dalam melengkapi salah satu Tri Darma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat, Universitas Negeri Yogyakarta mempunyai satu program yang dapat melaksanakan butir tersebut, yaitu suatu program yang disebut Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan wadah kegiatan belajar mahasiswa yang dilakukan secara langsung di lapangan untuk menyempurnakan pengetahuan teori yang diperoleh di kampus dengan pengalaman praktik di lapangan, sehingga target kompetensi yang diharapkan dapat tercapai. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) melatih dan meningkatkan kualitas diri mahasiswa dalam hal pembelajaran di sekolah yang tujuannya adalah untuk melatih peserta agar memiliki pengetahuan dan pengalaman nyata berkenaan dengan proses belajar mengajar. Dengan adanya kegiatan PPL ini, diharapkan mahasiswa akan memiliki bekal untuk mengembangkan dirinya sebagai tenaga kependidikan yang profesional yang memiliki pengetahuan, sikap dan ketrampilan. Salah satu lokasi yang menjadi sasaran sebagai tempat pelaksanaan program PPL pada tahun 2015 ini adalah SMK Negeri 1 Klaten khususnya seluruh peserta didik SMK Negeri 1 Klaten.
Baca lebih lanjut

45 Baca lebih lajut

PENGELOLAAN LABORATORIUM KOMPUTER JURUSANAKUNTANSI (STUDI KASUS DI SMK NEGERI 1 KLATEN) Pengelolaan Laboratorium Komputer Jurusan Akuntansi (Studi Situs Di SMK Negeri 1 Klaten).

PENGELOLAAN LABORATORIUM KOMPUTER JURUSANAKUNTANSI (STUDI KASUS DI SMK NEGERI 1 KLATEN) Pengelolaan Laboratorium Komputer Jurusan Akuntansi (Studi Situs Di SMK Negeri 1 Klaten).

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Proses Pengadaan Peralatan Laboratorium Komputer Jurusan Akuntansi SMK N 1 Klaten; 2) Setting Peralatan Laboratorium Komputer Jurusan Akuntansi SMK N 1 Klaten; 3) Perawatan dan Perbaikan Peralatan Laboratorium Komputer Jurusan Akuntansi SMK N 1 Klaten.

15 Baca lebih lajut

LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMK NEGERI 1 KLATEN.

LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMK NEGERI 1 KLATEN.

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta yang salah satunya berlokasi di SMK N 1 Klaten telah dilaksanakan oleh mahasiswa pada tanggal 10 Agustus sampai dengan 12 September 2015. Kelompok PPL di lokasi ini terdiri dari 26 mahasiswa dari Program Studi Pendidikan Bahasa Jawa, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Program Studi Pendidikan Seni Musik, Program Studi Pendidikan Teknik Informatika, Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran, Program Studi Pendidikan Akuntansi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, dan Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi. Tujuan diadakannya Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah untuk memberikan pengalaman bagi mahasiswa tentang dunia pendidikan secara nyata sehingga nantinya diharapkan dapat menjadi tenaga pendidik yang profesional dibidangnya.
Baca lebih lanjut

188 Baca lebih lajut

EFEKTIFITAS BAHAN AJAR “BUKU PANDUAN PEMBELAJARAN KEBENCANAAN BANJIR KABUPATEN KLATEN” DENGAN  Efektifitas Bahan Ajar “Buku Panduan Pembelajaran Kebencanaan Banjir Kabupaten Klaten” Dengan Menggunakan Strategi Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Siswa

EFEKTIFITAS BAHAN AJAR “BUKU PANDUAN PEMBELAJARAN KEBENCANAAN BANJIR KABUPATEN KLATEN” DENGAN Efektifitas Bahan Ajar “Buku Panduan Pembelajaran Kebencanaan Banjir Kabupaten Klaten” Dengan Menggunakan Strategi Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Siswa

Kabupaten Klaten memiliki potensi bencana alam salah satu bencana yang dapat terjadi di Kabupaten Klaten adalah bencana banjir. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektifitas bahan ajar buku panduan pembelajaran kebencanaan Kabupaten Klaten, yang mana dalam hal ini peneliti menggunakan strategi “Think Pair Share” dalam penyampaian materinya. Penggunaan strategi pembelajaran dengan menggunakan “Think Pair Share” diharapkan dapat membantu siswa dalam menerima penyampaian materi pembelajaran kebencanaan banjir. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Klaten. Jenis penelitian yang dipilih adalah penelitian eksperimental, sedangkan dalam desain pada penelitian menggunakan Nonequivalent Control Group Design. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen dilakukan pada kelas SSB sebanyak 17 siswa pada kelas ini menggunakan strategi Think Pair Share, sedangkan pada kelas kontrol dilakukan pada X Akuntansi 2 sebanyak 29 dengan menggunakan strategi konvensional (ceramah). Pengambilan data dilakukan dengan memberikan soal pre-tes dan pos-tes yang dilakukan pada kelas eksperimen ataupun kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan paired sample t-test, tujuannya untuk melihat apakah ada perbedaan perlakuan antara pre-tes maupun pos-tes pada masing-masing strategi. Berdasarkan hasil nilai rata-rata baik kelas eksperimen dengan menggunakan strategi Think Pair Share diperoleh nilai pre-tes 81,26 dan pos-tes 89,29, dari nilai tersebut mengalami peningkatan sebesar 8,03%. Nilai rata-rata dari kelas kontrol dari pre-tes 74,9 ke pos-tes 87,45 mengalami peningkatan sebesar 12,55% sehingga dapat disimpulkan bahwa dari kedua pelakuan strategi tersebut mengalami peningkatan hasil belajar, nilai tertinggi diperoleh dari hasil pos-tes strategi Think Pair Share. Peningkatan hasil belajar tersebut menunjukkan bahwa terdapat keefektifitasan bahan ajar buku panduan pembelajaran kebencanaan Kabupaten Klaten terutama dengan menggunakan strategi Think Pair Share karena mengalami peningkatan nilai rata-rata pos-tes lebih tinggi dibanding menggunakan strategi konvensional (ceramah).
Baca lebih lanjut

11 Baca lebih lajut

Keefektifan Implementasi Kurikulum 2013 pada Pembelajaran Akuntansi di SMK N 1 Klaten.

Keefektifan Implementasi Kurikulum 2013 pada Pembelajaran Akuntansi di SMK N 1 Klaten.

menyatakan bahwa skripsi saya berjudul “ KEEFEKTIFAN IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA PEMBELAJARAN AKUNTANSI DI SMK NEGERI 1 KLATEN ” ini benar -benar merupakan hasil karya saya sendiri. Selain itu, sumber informasi yang dikutip dari penulis lain telah disebutkan dalam teks dan dicantumkan dalam daftar pustaka.

17 Baca lebih lajut

T2 942012031 Full text

T2 942012031 Full text

Berdasarkan hasil pra observasi di SMK Negeri 1 Klaten ditemukan beberapa permasalahan meskipun jumlahnya hanya sedikit yaitu dari segi kinerja guru, seperti kedisiplinan, sumber belajar, metode mengajar, keterampilan dalam mengajar, dan kreativitas. Untuk guru yang kinerjanya kurang bagus perlu diberi bimbingan dan motivasi agar lebih baik. Hal ini dilakukan mengingat akan sangat pentingnya peran seorang guru dalam proses pembelajaran di kelasDengan susksesnya pembelajaran di kelas,maka tujuan pendidikan di sekolah dapat tercapai. Kerangka berpikir tersebut digambarkan seperti pada gambar bagan berikut:
Baca lebih lanjut

23 Baca lebih lajut

Pengaruh Metode dan Media Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Kearsipan Program Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK N 1 Klaten tahun ajaran 2016/2017 - UNS Institutional Repository

Pengaruh Metode dan Media Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Kearsipan Program Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK N 1 Klaten tahun ajaran 2016/2017 - UNS Institutional Repository

Puji syukur peneliti panjatkan ke hadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan karunia-Nya berupa ilmu, akal, kesehatan dan kesempatan. Atas kehendak-Nya peneliti dapat menyelesaikan skripsi dengan judul “ PENGARUH METODE DAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR KEARSIPAN PROGRAM KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK NEGERI 1 KLATEN TAHUN AJARAN 2016/2017 ” . Peneliti menyadari bahwa terselesaikannya skripsi ini tidak terlepas dari bantuan, bimbingan dan arahan dari berbagai pihak. Oleh karena itu, peneliti mengucapkan terima kasih kepada :
Baca lebih lanjut

17 Baca lebih lajut

PENGELOLAAN PEMBELAJARAN MENGGAMBAR BUSANA DI SMK NEGERI 1 GANTIWARNO KLATEN  Pengelolaan Pembelajaran Menggambar Busana Di SMK Negeri 1 Gantiwarno Klaten.

PENGELOLAAN PEMBELAJARAN MENGGAMBAR BUSANA DI SMK NEGERI 1 GANTIWARNO KLATEN Pengelolaan Pembelajaran Menggambar Busana Di SMK Negeri 1 Gantiwarno Klaten.

Results of this research there are three things about: 1) Lesson plans of drawing fashion in SMK Negeri 1 Klaten Gantiwarno done by teachers prepare learning device, subject matter from various sources, learning support facilities such as VCD, LCD and drawing paper, students prepare textbooks and fashion drawing tool, homework that has provided teachers in previous lessons and the teacher's task to collect pictures of fashion. 2) Implementation of fashion drawing learning in SMK Negeri 1 Klaten Gantiwarno done by giving apperception on the development of clothing design is very rapid, conveying some progress communications equipment that contain a fashion like magic camera, plus camera, and some games that contain with a variety of fashion pictures, assign tasks to students to draw fashion, teach students starting fashion drawing, students practice fashion drawing on drawing paper, ask teachers about fashion drawing, holding discussions with seatmate to design fashion drawing. 3) Evaluation of fashion drawing learning in SMK Negeri 1 Klaten Gantiwarno can be described that students learn before facing the daily tests, teachers provide daily tests in a semester as much as 5 times and drawing practical assignments, teachers make daily tests of multiple choice questions and record the attitudes and behavior of students to determine student learning discipline in the school environment.
Baca lebih lanjut

16 Baca lebih lajut

PENGELOLAAN PEMBELAJARAN MENGGAMBAR BUSANA DI SMK NEGERI 1 GANTIWARNO KLATEN  Pengelolaan Pembelajaran Menggambar Busana Di SMK Negeri 1 Gantiwarno Klaten.

PENGELOLAAN PEMBELAJARAN MENGGAMBAR BUSANA DI SMK NEGERI 1 GANTIWARNO KLATEN Pengelolaan Pembelajaran Menggambar Busana Di SMK Negeri 1 Gantiwarno Klaten.

This study have three aims to describes: 1) lesson planning, 2) learning implementation, 3) evaluation of fashion drawing learning in SMK N 1 Gantiwarno Klaten. This research is qualitative research with etnography design. Data was collected by observation, interview, and documentation. Data analysis use Milles and Huberman analysis. The validity of the data using data and methods triangulation. Results of this research there are three things about: 1) Lesson plans of drawing fashion in SMK Negeri 1 Klaten Gantiwarno done by teachers prepare learning device, subject matter from various sources, learning support facilities such as VCD, LCD and drawing paper, students prepare textbooks and fashion drawing tool, homework that has provided teachers in previous lessons and the teacher's task to collect pictures of fashion. 2) Implementation of fashion drawing learning in SMK Negeri 1 Klaten Gantiwarno done by giving apperception, conveying some progress communications equipment that contain a fashion, assign tasks to students to draw fashion, teach students starting fashion drawing, students practice fashion drawing on drawing paper, ask teachers about fashion drawing, holding discussions with seatmate to design fashion drawing. 3) Evaluation of fashion drawing learning in SMK Negeri 1 Klaten Gantiwarno can be described that students learn before facing the daily tests, teachers provide daily tests in a semester as much as 5 times and drawing practical assignments, teachers make daily tests of multiple choice questions and record the attitudes and behavior of students to determine student learning discipline in the school environment.
Baca lebih lanjut

18 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...