Sosis Sapi tidak terdaftar pada BPOM RI

Top PDF Sosis Sapi tidak terdaftar pada BPOM RI:

Analisis Kadar Air, Abu, Karbohidrat (Pati), Protein dan Lemak dalam Produk Sosis Sapi X dan Y yang Terdaftar pada BPOM RI - Ubaya Repository

Analisis Kadar Air, Abu, Karbohidrat (Pati), Protein dan Lemak dalam Produk Sosis Sapi X dan Y yang Terdaftar pada BPOM RI - Ubaya Repository

Telah dilakukan analisis kandungan gizi meliputi antara lain: air, abu, karbohidrat (pati), protein, dan lemak dalam sosis sapi produk terdaftar X dan Y. Kedua sampel tersebut memiliki nomor registrasi dari BPOM. Merk X dengan nomer regristrasi BPOM RI MD214813088138 dan merk Y dengan nomer regristrasi BPOM RI MD214810003609. Hasil analisis menunjukkan bahwa kedua sampel mengandung senyawa yang tertera dalam SNI 01-3820-1995 dalam kadar tertentu. Analisis kadar air dilakukan dengan metode gravimetri, abu dengan menggunakan tanur listrik, protein menggunakan metode Kjeldahl-spektrofotometri, lemak dengan metode ekstraksi soxhletasi, dan pati dengan menggunakan metode titrasi Luff-Schoorl. Dari hasil analisis kelima senyawa tersebut, menunjukkan bahwa pada sampel X mengandung air sebesar 60,84% b/b, abu 2,66% b/b, protein 6,08% b/b, lemak 19,74% b/b, dan pati 7,0% b/b. Keempat senyawa (kecuali protein) dalam sampel X tersebut telah memenuhi syarat ketentuan yang tercantum dalam SNI 01-3820-1995. Sampel Y menunjukkan hasil kadar air 64,92% b/b, abu 2,49% b/b, protein 7,45% b/b, lemak 15,55% b/b, dan pati 8,81% b/b. Kadar air, abu, dan lemak dalam sampel Y tersebut memenuhi syarat yang tercantum dalam SNI 01-3820-1995. Sedangkan kadar protein dan pati dalam sampel Y tidak memenuhi syarat yang tercantum dalam SNI 01-3820-1995.
Baca lebih lanjut

1 Baca lebih lajut

Analisis Air, Abu, Protein, Lemak, dan Karbohidrat (Amilum) dalam Produk Sosis Sapi A Dan B yang tidak Terdaftar pada BPOM RI - Ubaya Repository

Analisis Air, Abu, Protein, Lemak, dan Karbohidrat (Amilum) dalam Produk Sosis Sapi A Dan B yang tidak Terdaftar pada BPOM RI - Ubaya Repository

Telah dilakukan analisis kandungan gizi meliputi antara lain: air, abu, protein, lemak, dan karbohidrat, dalam dua produk sosis sapi “A” dan “B” tidak terdaftar (tidak memiliki nomor registrasi dari BPOM RI). Hasil analisis menunjukkan bahwa kedua sampel mengandung senyawa yang tertera dalam SNI 01-3820-1995 dalam kadar tertentu. Analisis kadar air dilakukan dengan metode gravimetri, abu menggunakan tanur listrik, protein menggunakan metode Kjeldahl spektrofotometri, lemak menggunakan metode ekstraksi soxhletasi, dan karbohidrat (amilum) menggunakan metode titrasi Luff-Schoorl. Dari hasil analisis kelima senyawa tersebut, menunjukkan bahwa pada sampel A mengandung air sebesar 57,66% b/b, abu 2,61% b/b, protein 7,22% b/b, lemak 23,02% b/b, dan karbohidrat (amilum) 7,24% b/b. Keempat senyawa (kecuali protein) dalam sampel A tersebut telah memenuhi syarat yang tercantum dalam SNI 01-3820-1995. Sampel B menunjukkan hasil kadar air 55,51% b/b, abu 3,59% b/b, protein 7,81% b/b, lemak 26,43% b/b, dan karbohidrat (amilum) 8,91% b/b. Pada sampel B ini, hanya kandungan air yang memenuhi syarat sesuai yang tercantum dalam SNI 01-3820-1995.
Baca lebih lanjut

1 Baca lebih lajut

Analisis Bahan Pengawet Nitrat dan Nitrit dalam Dua Sosis Sapi Produk Terdaftar - Ubaya Repository

Analisis Bahan Pengawet Nitrat dan Nitrit dalam Dua Sosis Sapi Produk Terdaftar - Ubaya Repository

Telah dilakukan analisis bahan pengawet dalam dua sosis sapi produk terdaftar. Produk tersebut adalah X dan Y. Produk X dengan nomer regristrasi BPOM RI MD214813088138 dan Y dengan nomer regristrasi BPOM RI MD214810003609. Hasil analisis menunjukkan bahwa kedua sampel tersebut mengandung nitrat dan nitrit. Analisis nitrat menggunakan Spektrofotometer UV pada λ maksimum 202 nm, menunjukkan bahwa sampel X dan Y masing-masing mengandung nitrat sebesar 1,85% (18.500 mg/kg) dan 0,70% (7.000 mg/kg), yang tidak sesuai dengan Peraturan Menkes RI No.722/Menkes/Per/IX/1988 yaitu batas maksimum penggunaan 500 mg/kg. Analisis nitrit menggunakan Spektrofotometer tampak pada λ maksimum 536 nm, menunjukkan bahwa sampel X dan Y masing-masing mengandung nitrit sebesar 0,00061% (6,1 mg/kg) dan 0,00039% (3,9 mg/kg), yang sesuai dengan Peraturan Menkes RI No.722/Menkes/Per/IX/1988 yaitu batas maksimum penggunaan 125 mg/kg.
Baca lebih lanjut

1 Baca lebih lajut

Sifat Kimia dan Organoleptik Sosis Asap Daging Sapi dengan Penambahan Minyak Canola dan Lemak Sapi pada Taraf Berbeda

Sifat Kimia dan Organoleptik Sosis Asap Daging Sapi dengan Penambahan Minyak Canola dan Lemak Sapi pada Taraf Berbeda

Hasil uji terhadap tingkat kesukaan panelis terhadap juiceness dari ketiga perlakuan menunjukkan hasil yang tidak berbeda nyata. Panelis cenderung tidak menyukai juiceness sosis daging sapi yang dihasilkan meskipun berdasarkan hasil uji mutu hedonik nilai juiceness dari sosis asap daging sapi perlakuan P1 memiliki tingkat juiceness yang lebih baik dibandingkan dengan perlakuan P2 dan P3. Tingkat juiceness sosis asap daging sapi perlakuan P1 berbeda nyata dengan perlakuan P2, sedangkan perlakuan P3 tidak berbeda dengan P1 dan P2. Berdasarkan hasil tersebut dapat dilihat bahwa rataan sosis asap daging sapi dengan perlakuan P1 dan P3 lebih mendekati kualitas sosis yang agak juicy dibandingkan dengan sosis asap daging sapi perlakuan P2 yaitu sosis yang kering. Data tersebut menunjukkan hasil yang berbeda dengan penelitian sebelumnya yang menyatakan bahwa penggunaan minyak nabati sebagai pengganti lemak babi pada umumnya dapat menurunkan intensitas flavor, kekerasan dan juiceness (Moon et al. 2012; Pejkovski et al. 2009). Yoo et al. 2005 dan Pejkovski et al. (2009) juga menambahkan penggunaan lemak hewani dalam produk olahan daging dapat menghasilkan produk yang lebih juicy.
Baca lebih lanjut

26 Baca lebih lajut

Obat Wasir Merk AmbeJOSS Terdaftar Bpom

Obat Wasir Merk AmbeJOSS Terdaftar Bpom

Sudah banyak yang menggunakan obat ambeien herbal dari Denature dan terbukti mengalami kesembuhan. Jadi anda tidak perlu ragu lagi untuk menentukan pilihan obat ambeien yang akan digunakan. De Nature memproduksi obat ambeien dari bahan herbal dan di beri merek dagang Ambejoss. Obat ambeien ini sudah tidak perlu dikhawatirkan soal legalitasnya. Ambejoss sudah mendapat ijin resmi dari BPOM. Ambejoss dengan ijin No POM TR.163 395 051. Jadi anda tidak perlu cemas dan khawatir obat ambeien alami ambejoss udah pasti tidak berbahaya. Dan dipastikan tanpa bahan kimia obat (BKO).
Baca lebih lanjut

11 Baca lebih lajut

Sifat Fisik Dan Palatabilitas Sosis Daging Sapi dengan Penambahan Karagenan

Sifat Fisik Dan Palatabilitas Sosis Daging Sapi dengan Penambahan Karagenan

Daya mengikat air sosis yang diolah menggunakan karagenan lebih tinggi dibandingkan dengan kontrol (tanpa penambahan karagenan). Pada saat pengolahan-sosis terdapat perlakuan fisik seperti pelumatan akan menyebabkan terbentuknya ikatan kimia antara protein miofibril yang berperan untuk membentuk struktur jaringan tiga dimensi (Foegeding et al, 1996). Penambahan karagenan dalam pengolahan sosis akan menyebabkan jaringan tiga dimensi yang dibangun mampu menyerap air. Hal ini disebabkan karagenan merupakan senyawa polisakarida yang mudah mengikat air dengan adanya gugus sulfat pada rantai molekulnya yang bersifat reversible , artinya air tersebut akan mudah
Baca lebih lanjut

55 Baca lebih lajut

HIGIENE DAN SANITASI JAJAN PASAR DI PASAR KOTAGEDE YOGYAKARTA

HIGIENE DAN SANITASI JAJAN PASAR DI PASAR KOTAGEDE YOGYAKARTA

Berdasarkan wawancara men- dalam terhadap penjual jajan pasar yang ada di pasar Kotagede, diketahui bahwa pengetahuan mengenai higiene dan sani- tasi oleh masing-masing penjual sangat kurang hanya sebagian penjual saja yang sudah mengetahui apa itu higiene, dan apa itu sanitasi. Sebagian informan men- gutarakan bahwa mereka tahu, akan teta- pi belum paham betul apa yang dimaksud dengan higiene dan sanitasi pada ma- kanan. Setelah mengetahui kemampuan penjual dalam hal pengetahuan higiene dan sanitasi pada makanan, terdapat be- berapa temuan yang tidak sesuai dengan teori ataupun dengan pernyataan dari ket- ua bagian informasi BPOM Dinas Kesehatan DIY, antara lain:
Baca lebih lanjut

8 Baca lebih lajut

Sifat Fisik dan Palatabilitas Sosis Daging Sapi dengan Penambahan Karagenan

Sifat Fisik dan Palatabilitas Sosis Daging Sapi dengan Penambahan Karagenan

kisaran 0,10-0,20 ml. Nilai ini menunjukkan semakin tinggi konsentrasi karagenan yang ditambahkan maka semakin banyak lemak yang terlepas sehingga stabilitas emulsinya semakin rendah. Nilai yang didapatkan tidak sesuai dengan hasil penelitian Syarif (2004) untuk sosis daging sapi yang ditambahkan karagenan sebanyak 1% dengan kombinasi tepung tapioka dan bayam yaitu 0,07- 0,11 ml. Hal ini dapat disebabkan karagenan lebih berfungsi sebagai water binding (pengikat air) dari pada sebagai fat binding (pengikat lemak). Pernyataan ini dapat ditunjukkan dengan tidak larutnya karagenan dalam lemak, tetapi karagenan dapat berikatan dengan protein. Pada produk yang kaya lemak, lemak akan diikat oleh kutup positif protein. Penambahan karagenan menyebabkan protein akan lebih mengikat karagenan dan air sehingga ikatan lemak oleh protein menjadi berkurang. Hal ini mengakibatkan pada saat sentrifus selama pengujian stabilitas emulsi banyak lemak yang terlepas sehingga disarankan penambahan karagenan lebih digunakan pada produk rendah lemak.
Baca lebih lanjut

55 Baca lebih lajut

Obat Wasir Ambejoss Herbal Terdaftar Bpom

Obat Wasir Ambejoss Herbal Terdaftar Bpom

Obat Wasir Ambejoss Herbal Terdaftar Bpom - Selain itu, perhatikan asupan garam yang Anda konsumsi. Ini bisa menyebabkan tekanan lebih pada pembuluh darah, termasuk pembuluh darah vena yang menyebabkan wasir bila kadar garamnya tinggi. Mengonsumsi suplemen zat besi juga dapat menyebabkan sembelit. Bila muncul gejala ambeien lainnya dan kondisi tidak membaik, segera periksa kesehatan Anda ke dokter.

8 Baca lebih lajut

Obat dan Salep Wasir Salwa Terdaftar BPOM

Obat dan Salep Wasir Salwa Terdaftar BPOM

Obat dan Salep Wasir Salwa Terdaftar BPOM - Penyebab utama terjadinya ambeien (wasir) adalah dari buruknya pola makan. Jadi, agar kondisi tidak memburuk, kuncinya adalah dengan mengonsumsi makanan yang dianjurkan dan menjauhi makanan yang memicu gejala ambien muncul kembali. Apa saja makanan saat ambeien yang dianjurkan dan dihindari untuk dikonsumsi? Simak ulasannya berikut ini.

8 Baca lebih lajut

Perbandingan Kualitas Sosis Daging Angsa dengan Penambahan Level Lemak Sapi dan Dua Jenis Selongsong Sosis

Perbandingan Kualitas Sosis Daging Angsa dengan Penambahan Level Lemak Sapi dan Dua Jenis Selongsong Sosis

Dalam pembentukan adonan sosis yang stabil biasanya ditambahkan lemak, baik lemak nabati maupun lemak hewani, karena disamping untuk kestabilan sosis, penambahan lemak dalam pembuatan sosis juga untuk memperoleh produk sosis yang kompak, tekstur yang empuk, dan rasa serta aroma yang lebih baik. Jumlah penambahan lemak untuk pembuatan sosis berkisar antara 5-25%. Penambahan lemak yang terlalu sedikit akan menghasilkan sosis yang keras dan kering, sedangkan jika terlalu banyak akan menghasilkan sosis yang lunak dan keriput. Menurut Meat Inspection Division dan USDA, kandungan lemak pada sosis masak tidak melebihi 30% (Purwaningsih, 2006). Sedangkan menurut SNI kandungan maksimal kadar lemak sosis adalah sebesar 25% (Chatroom.informe.com, 2010)
Baca lebih lanjut

81 Baca lebih lajut

Analisis tingkat preferensi dan perilaku konsumen sosis sapi di Daerah Bogor

Analisis tingkat preferensi dan perilaku konsumen sosis sapi di Daerah Bogor

yang dimiligi oleh jenjs sosis safi ngan tinggat harga menegan dan thng!, sedansan di sisi lm tingoat fengelulran resfonden ourng dari Rf 500 00. Keadaan tersebut mengagjbatkn tingkat intensitas konsumsi sosis safi rsonden hnia 1-2 gali fer bula Untk meningkatkan intensian kOnsumSI konsumen sosis safi di Bogor henda‘ia frodusen memfertimbangonn penernfan hargn

91 Baca lebih lajut

Potensi Penggunaan Tepung Buah Sukun Terhadap Kualitas Kimia Dan Fisik Sosis Sapi.

Potensi Penggunaan Tepung Buah Sukun Terhadap Kualitas Kimia Dan Fisik Sosis Sapi.

Keempukan sosis semakin keras dengan meningkatnya penggunaan tingkat tepung sukun. Penurunan kandungan protein dalam adonan sosis akan menyebabkan kehilangan air lebih banyak, hal tersebut akan menurunkan keempukan produk sosis. Kramlich (1973) menyatakan bahwa keempukkan dipengaruhi oleh kadar air, lemak dan protein, sedangkan Lukman (1995) menyatakan semakin banyak tepung yang ditambahkan kedalam adonan maka kadar protein akan semakin sedikit sehingga keempukan menurun.

13 Baca lebih lajut

Karakteristik Kimia Sosis Asap dengan Bahan Baku Campuran Daging dan Lidah Sapi Selama Penyimpanan Dingin (4-8oC)

Karakteristik Kimia Sosis Asap dengan Bahan Baku Campuran Daging dan Lidah Sapi Selama Penyimpanan Dingin (4-8oC)

Selongsong atau casing untuk sosis ada dua tipe yaitu selongsong alami dan selongsong buatan. Selongsong alami terutama berasal dari saluran pencernaan ternak, misalnya sapi, babi, domba dan kambing. Selongsong sapi dapat berasal dari esofagus, usus kecil, usus besar bagian tengah, caecum dan kandung kecil (Pearson dan Tauber, 1973). Pada dasarnya selongsong alami adalah kolagen. Selama pengolahan sosis selongsong alami dalam keadaan basah mudah ditembus oleh asap dan cairan. Selongsong alami akan menjadi kurang permeabel karena pengeringan dan pemakaian asap, misalnya asidik. Cairan dan panas akan menyebabkan selongsong menjadi lebih lunak dan porus, sehingga proses pengasapan dan pemasakan harus dikendalikan sehubungan dengan kelembaban (Bacus, 1984).
Baca lebih lanjut

63 Baca lebih lajut

ANALISIS PERTANGGUNGJAWABAN PIDANA PELAKU PENJUALAN OBAT-OBATAN TIDAK TERDAFTAR DI BADAN PENGAWAS OBAT DAN MAKANAN (BPOM) (Studi Kasus Putusan Pengadilan Negeri Tanjung Karang Nomor 801/PID/SUS/2010/PN.TK)

ANALISIS PERTANGGUNGJAWABAN PIDANA PELAKU PENJUALAN OBAT-OBATAN TIDAK TERDAFTAR DI BADAN PENGAWAS OBAT DAN MAKANAN (BPOM) (Studi Kasus Putusan Pengadilan Negeri Tanjung Karang Nomor 801/PID/SUS/2010/PN.TK)

hakim harus memuat pertimbangan hakim yang didasarkan pada alasan dan dasar hukum yang tepat dan benar. Dasar pertimbangan hakim dalam menjatuhkan hukuman terhadap terdakwa Ferry mustgfirin Bin Abror didakwa dengan Pasal 197 jo Pasal 106 ayat (1) Undang-undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan dijatuhi pidana penjara masing-masing 4 (empat) bulan denda sebesar Rp 300.000.00. (tiga ratus ribu rupiah). Pertanggungjawaban pidana tersebut konsekuensi dari perbuatan para terdakwa yang menurut Majelis Hakim telah terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana “Menjual Obat-Obatan Yang Tidak Terdaftar di
Baca lebih lanjut

43 Baca lebih lajut

DAFTAR PUSTAKA   Anwar, Faisal dan Ali Khomsan. 2009.  Makanan Tepat Badan Sehat. Jakarta:  Inovasi Es Krim Tape Sukun Dengan Penambahan Sari Koro Pedang Dan Bit Sebagai Pewarna Alami.

DAFTAR PUSTAKA Anwar, Faisal dan Ali Khomsan. 2009. Makanan Tepat Badan Sehat. Jakarta: Inovasi Es Krim Tape Sukun Dengan Penambahan Sari Koro Pedang Dan Bit Sebagai Pewarna Alami.

“Pengaruh Penambahan Bit Beta vulgaris Sebagai Pewarna Alami Terhadap Karakteristik Fisikokimia Dan Sensori Sosis Daging Sapi”.. Jurnal Taksonomi Pangan: Vol..[r]

4 Baca lebih lajut

DAFTAR PUSTAKA  KONSUMEN DAN LABEL Studi Tentang Perlindungan Hukum Bagi Konsumen Dalam Mengkonsumsi Produk Berlabel Halal Di Kota Yogyakarta.

DAFTAR PUSTAKA KONSUMEN DAN LABEL Studi Tentang Perlindungan Hukum Bagi Konsumen Dalam Mengkonsumsi Produk Berlabel Halal Di Kota Yogyakarta.

Keputusan Menteri Agama RI Nomor 518 Tahun 2001 Tentang Pedoman dan Tata Cara Pemeriksaan Dan Penetapan Pangan Halal Keputusan kepala BPOM RI nomor :HK.00/05.1.2569 Tentang Kriteria dan[r]

4 Baca lebih lajut

ANALISIS KUALITATIF MERKURI PADA LOTION PEMUTIH YANG DIJUAL DI ONLINE SHOP DAERAH KOTA BANJARMASIN

ANALISIS KUALITATIF MERKURI PADA LOTION PEMUTIH YANG DIJUAL DI ONLINE SHOP DAERAH KOTA BANJARMASIN

HASIL DAN PEMBAHASAN Hasil uji organoleptis pada sampel didapatkan bahwa sampel lotion yang tidak terdaftar BPOM dengan indra penglihatan memiliki warna yang berbeda-beda, indra penciuman memiliki bau wangi yang menyengat dan indra peraba memiliki tipe emulsi o/w karena mudah dibasuh dengan air.

7 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...