Suku bunga

Top PDF Suku bunga:

Pengaruh Sibor, SBI, Kurs terhadap Suku Bunga Pasar Uang Antar Bank pada Periode Tahun 2000.QI sampai 2009.QIV.

Pengaruh Sibor, SBI, Kurs terhadap Suku Bunga Pasar Uang Antar Bank pada Periode Tahun 2000.QI sampai 2009.QIV.

Berdasarkan hasil penelitian untuk variabel kurs mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap variabel tingkat suku bunga pasar uang antar bank harian (PUAB). Hal tersebut menunjukkan bahwa nilai kurs nominal secara rata-rata rupiah terhadap dollar AS meningkat ini berarti mata uang rupiah melemah dan terdepresiasi terhadap dollar AS. Pada kondisi seperti ini akan menyebabkan peningkatan permintaan dana, dimana masyarakat lebih tertarik untuk menginvestasikan dananya pada bidang lain yang dianggap lebih menguntungkan atau lebih tertarik untuk menukarnya dengan valuta asing. Sehingga banyak bank yang mengalami gangguan pada pemenuhan likuiditas hariannya, oleh karena itu banyak bank yang kekurangan dana melakukan peminjaman dana pada pihak bank yang kelebihan dana. Kondisi seperti ini akan mendorong terjadinya kenaikan pada tingkat suku bunga PUAB.
Baca lebih lanjut

113 Baca lebih lajut

Resiko Suku Bunga Pada Bank BPR

Resiko Suku Bunga Pada Bank BPR

risiko suku bunga adalah risiko yang dialami akibat dari perubahan suku bunga yang terjadi di pasaran yang mampu memberi pengaruh bagi pendapatan perusahaan. adapun pengertian risiko suku bunga menurut mashud ali adalah terjadi sebagai akibat dari terdapatnya mismatched atas maturities pada interest rate related products di sisi aktiva dan passiva neraca bank.

4 Baca lebih lajut

Resiko Suku Bunga Pada Bank BPR

Resiko Suku Bunga Pada Bank BPR

sepengendali returns.it berarti bahwa semakin randah tingkat suku bunga harga sepengendali meningkat. jika kenaikan harga sepengendali, menunjukkan bahwa sepengendali penyanyi semakin diminati oleh investor .. sehingga lebih randah bunga, semakin tinggi tingkat kepercayaan pada prospek perusahaan, itu akan menjadi daya tarik bagi investor membeli untuk review.

7 Baca lebih lajut

Pengaruh perkembangan suku bunga PUAB In

Pengaruh perkembangan suku bunga PUAB In

pemenuhan kebutuhan likuiditas harian. Suku bunga PUAB dan tingkat suku Bunga intervensi rupiah merupakan tolak ukur bagi tingkat investasi di sector riil. Tingkat suku Bunga pasar uang antar bank ( PUAB) dipengaruhi oleh tingkat suku bunga sertifikat bank Indonesia, semakin tinggi tingkat suku bunga sertifikat Bank Indonesia, maka semakin tinggi juga tingkat suku bunga pasar uang antar bank. Berbeda dengan tingkat suku Bunga intervensi rupiah, tidak bergantung kepada tingkat suku bunga sertifikat Bank Indonesia(SBI).
Baca lebih lanjut

12 Baca lebih lajut

PENDAHULUAN  Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Persepsi Tingkat Suku Bunga Terhadap Minat Menabung Nasabah Pada PT. Bank Tabungan Negara (Persero) TBK Cabang Surakarta Tahun 2014.

PENDAHULUAN Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Persepsi Tingkat Suku Bunga Terhadap Minat Menabung Nasabah Pada PT. Bank Tabungan Negara (Persero) TBK Cabang Surakarta Tahun 2014.

Berdasarkan latar belakang yang telah dipaparkan diatas, maka peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul “ PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PERSEPSI TINGKAT SUKU BUNGA TERHADAP MINAT MENABUNG NASABAH PADA PT. BANK TABUNGAN NEGARA (PERSERO) TBK CABANG SURAKARTA TAHUN 2014”.

8 Baca lebih lajut

Analisis Perbandingan Peranan Jalur Suku Bunga Dan Jalur Nilai Tukar Pada Mekanisme Transmisi Kebijakan Moneter Di Indonesia

Analisis Perbandingan Peranan Jalur Suku Bunga Dan Jalur Nilai Tukar Pada Mekanisme Transmisi Kebijakan Moneter Di Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan jalur suku bunga dan jalur nilai tukar dalam mekanisme transmisi kebijakan moneter di Indonesia. Variabel dalam penelitian ini adalah suku bunga SBI, suku bunga PUAB, suku bunga deposito, suku bunga kredit, investasi, interest rate differentials, capital inflows, nilai tukar, ekspor neto, output gap, dan inflasi. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan model Vector Auto Regression (VAR), yaitu Impulse Response Function dan Varians Decomposition dengan program Eviews 6. Dalam aplikasi model VAR mensyaratkan beberapa pengujian, yaitu uji stationeritas, uji kointegrasi, uji kausalitas Granger, dan penentuan Lag Optimal. Penelitian ini dimulai dari periode tahun 2004 kuartal I hingga tahun 2011 kuartal IV.
Baca lebih lanjut

143 Baca lebih lajut

Analisis Pengaruh Suku Bunga Libor, Suku Bunga Sbi, Dan Inflasi Terhadap Tingkat Suku Bunga Deposito Berjangka Pada Bank Umum

Analisis Pengaruh Suku Bunga Libor, Suku Bunga Sbi, Dan Inflasi Terhadap Tingkat Suku Bunga Deposito Berjangka Pada Bank Umum

Penurunan tingkat suku bunga di Indonesia dari tahun ke tahun akan makin terbatas. Hal ini terkait dari faktor-faktor risiko, baik risiko eksternal maupun internal. Dari sisi eksternal, risiko yang muncul terkait dengan membaiknya prospek negara-negara maju serta prospek perlambatan penurunan tingkat suku bunga internasional. Dalam kondisi tersebut penurunan suku bunga akan semakin terbatas sehubungan dengan upaya Bank Indonesia dalam mempertahankan perbedaan tingkat suku bunga domestik terhadap tingkat suku bunga internasional agar tetap menarik bagi penanam modal asing. Di sisi internal, risiko yang muncul terkait dengan ekspektasi masyarakat terhadap inflasi ke depan, yang diperkirakan akan meningkat sejalan dengan meningkatnya permintaan agregat.
Baca lebih lanjut

98 Baca lebih lajut

ANALISIS PENGARUH KURS, TINGKAT SUKU BUNGA, DAN INFLASI TERHADAP PERGERAKKAN INDEKS  Analisis Pengaruh Kurs, Tingkat Suku Bunga, Dan Inflasi Terhadap Pergerakkan Indeks Harga Saham (Studi Kasus Pada Pt Bank Mandiri (Persero) Tbk Periode 2013-2015).

ANALISIS PENGARUH KURS, TINGKAT SUKU BUNGA, DAN INFLASI TERHADAP PERGERAKKAN INDEKS Analisis Pengaruh Kurs, Tingkat Suku Bunga, Dan Inflasi Terhadap Pergerakkan Indeks Harga Saham (Studi Kasus Pada Pt Bank Mandiri (Persero) Tbk Periode 2013-2015).

signifikan antara variabel nilai tukar/kurs terhadap indeks harga saham. Menurunnya kurs Dollar terhadap rupiah berpengaruh positif terhadap ekonomidan pasar modal, sebaliknya kurs dollar terhadap rupiah berpengaruh negatif (Harianto, 2000). Melemahnya rupiah akan menyebabkan pasar modal dalam negeri kurang menarik karena adanya resiko nilai tukar yang menyebabkan penurunan nilai investasi dan mempunyai hubungan negatif terhadap return saham. Sebaliknya,hubungan antara nilai tukar dollar terhadap rupiah bisa saja berpengaruh positif bilainvestor berasal dari luar negeri dan menggunakan mata uang asing sehingga semakinterdepresiasinya mata uang rupiah akan menyebabkan investor luar cenderung melepas mata uang asingnya untuk membeli saham yang harganya turun karena pengaruh kursmata uang. 2) Pengaruh Tingkat Suku Bunga terhadap Pergerakkan IHS
Baca lebih lanjut

15 Baca lebih lajut

PENGARUH RISIKO USAHA DAN RENTABILITAS TERHADAP MODAL PADA BANK UMUM SWASTA NASIONAL DEVISA - Perbanas Institutional Repository

PENGARUH RISIKO USAHA DAN RENTABILITAS TERHADAP MODAL PADA BANK UMUM SWASTA NASIONAL DEVISA - Perbanas Institutional Repository

IRR dapat berpengaruh positif atau negatif terhadap risiko pasar. Hal ini dapat terjadi karena apabila IRR meningkat, berarti terjadi peningkatan Interest Rate Sensitivity Asset (IRSA) lebih besar daripada peningkatan Interest Rate Sensitivity Liabilities (IRSL). Jika pada saat itu tingkat suku bunga cenderung mengalami kenaikan, maka akan terjadi kenaikan pendapatan bunga lebih besar dibanding kenaikan biaya bunga yang berarti risiko suku bunga pada risiko pasar yang dihadapi bank menurun sehingga pengaruh IRR terhadap risiko pasar negatif. Sebaliknya, jika pada saat itu tingkat suku bunga mengalami penurunan, maka akan terjadi penurunan pendapatan bunga lebih besar dibanding penurunan biaya bunga yang berarti risiko suku bunga pada risiko pasar adalah positif. Pada sisi lain pengaruh IRR terhadap CAR dapat positif atau negatif. Hal ini dapat terjadi apabila IRR meningkat, maka terjadi peningkatan IRSA lebih besar daripada peningkatan IRSL. Jika pada saat itu, tingkat suku bunga cenderung meningkat maka akan terjadi kenaikan pendapatan bunga lebih besar daripada kenaikan biaya bunga sehingga laba bank meningkat, modal bank meningkat, dan CAR juga meningkat. Jadi, pengaruh IRR terhadap CAR adalah positif. Sebaliknya, apabila tingkat suku bunga mengalami penurunan maka akan terjadi penurunan pendapatan bunga lebih besar daripada penurunan biaya bunga sehingga laba bank menurun, modal bank menurun dan CAR juga menurun. Jadi pengaruh IRR terhadap CAR adalah negatif. Dengan demikian pengaruh risiko pasar terhadap CAR dapat positif atau negatif.
Baca lebih lanjut

Baca lebih lajut

Suku Bungadi indonesia suku docx

Suku Bungadi indonesia suku docx

Permintaan uang mempunyai hubungan yang negative dengan tingkat bunga. Hubungan yang negative antara permintaan uang dengan tingkat bunga ini dapat diterangkan Keynes, dia mengatakan bahwa masyarakat mempunyai pendapat tentang adanya tingkat bunga nominal (natural rate). Bilamana tingkat bunga turun dari tingkat bunga nominal dalam masyarakat ada suatu keyakinan memegang obligasi (surat berharga) pada saat suku bunga naik (harga obligasi mengalami penurunan) pemegang obligasi tersebut akan menderita kerugian (capital loss). Guna menghindari kerugian ini, tindakan yang dilakukan adalah menjual obligasi denga sendirinya akan mendapatkan uang kas, dan uang kas ini yang akan dipegang pada saat suku bunga naik. Hubungan inilah yang disebut motif spekulasi permintaan uang karena masyarakat akan melakukan spekulasi tentang obligasi dimasa yang akan datang.
Baca lebih lanjut

Baca lebih lajut

BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Masalah - PENGARUH RISIKO USAHA TERHADAP CAPITAL ADEQUACY RATIO (CAR) PADA BANK PEMBANGUNAN DAERAH - Perbanas Institutional Repository

BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Masalah - PENGARUH RISIKO USAHA TERHADAP CAPITAL ADEQUACY RATIO (CAR) PADA BANK PEMBANGUNAN DAERAH - Perbanas Institutional Repository

IRR memiliki pengaruh positif atau negatif terhadap pasar. Hal ini dapat terjadi karena apabila IRR meningkat berarti telah terjadi peningkatan interest rate sensitivity asset (IRSA) dengan persentase lebih besar dibanding persentase peningkatan interest rate sensitivity liabilities (IRSL). Jika pada saat itu, tingkat suku bunga cenderung meningkat, akibatnya terjadi peningkatan pendapatan bunga lebih besar dibanding peningkatan biaya bunga, sehingga menyebabkan risiko suku bunga atau pasar yang dihadapi bank menurun. Jadi pengaruh IRR terhadap risiko pasar negatif. Sebaliknya, Apabila tingkat suku bunga saat itu mengalami penurunan, maka terjadi penurunan pendapatan bunga lebih besar dibanding penurunan biaya bunga yang berarti risiko suku bunga atau risiko pasar yang dihadapi bank meningkat. Jadi pengaruh IRR terhadap risiko pasar adalah positif.
Baca lebih lanjut

Baca lebih lajut

BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang - PENGARUH RISIKO USAHA TERHADAP CAR PADA BANK-BANK SWASTA NASIONAL GO PUBLIC - Perbanas Institutional Repository

BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang - PENGARUH RISIKO USAHA TERHADAP CAR PADA BANK-BANK SWASTA NASIONAL GO PUBLIC - Perbanas Institutional Repository

IRR dapat berpengaruh positif atau negatif terhadap risiko pasar. Hal ini dapat terjadi karena apabila IRR meningkat, berarti terjadi peningkatan interest rate sensitivity asset ( IRSA) lebih besar dari peningkatan interest rate sensitivity liabilities (IRSL). Jika pada saat itu, tingkat suku bunga cenderung meningkat, maka akan terjadi kenaikan pedapatan bunga lebih besar dari kenaikan biaya bunga, yang berarti risiko suku bunga atau risiko pasar yang dihadapi bank menurun. Jadi pengaruh IRR terhadap risiko pasar negatif. Sebaliknya, apabila tingkat suku bunga mengalami penurunan, maka akan terjadi penurunan pendapatan bunga lebih besar dari pada penurunan biaya bunga yang berarti risiko suku bunga atau risiko pasar yang dihadapi bank naik. Jadi pengaruh IRR terhadap risiko pasar adalah positif. Pada sisi lain pengaruh IRR terhadap CAR bisa positif atau negatif. Hal ini dapat terjadi karena apabila IRR meningkat, berarti terjadi peningkatan interest rate sensitivity asset ( IRSA) lebih besar dari peningkatan interest rate sensitivity liabilities (IRSL). Jika pada saat itu, tingkat suku bunga cenderung meningkat, maka akan terjadi kenaikan pedapatan bunga lebih besar dari kenaikan biaya bunga, sehingga laba bank meningkat, modal bank meningkat dan CAR juga meningkat. Jadi pengaruh IRR terhadap CAR adalah positif. Sebaliknya, apabila tingkat suku bunga mengalami penurunan, maka akan terjadi penurunan pendapatan bunga lebih besar daripada penurunan biaya bunga sehingga laba bank menurun, modal bank menurun dan CAR juga menurun. Jadi pengaruh IRR terhadap CAR adalah negatif. Dengan demikian pengaruh risiko pasar terhadap CAR dapat positif atau negatif.
Baca lebih lanjut

Baca lebih lajut

ekonomi teknik

ekonomi teknik

Pembayaran bunga 15% selama satu tahun dapat dibagi menjadi tiga kali dengan tingkat suku bunga 5% per empat bulan. Dengan kata lain, tingkat suku bunga 15% yang bersusun setiap 4 bulan, maka tingkat suku bunga 15% disebut tingkat suku bunga nominal.

Baca lebih lajut

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Nasabah  Dalam Memutuskan Pengambilan kredit Pada PT. Bank Internasional Indonesia (BII) Cabang Medan.

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Nasabah Dalam Memutuskan Pengambilan kredit Pada PT. Bank Internasional Indonesia (BII) Cabang Medan.

Perusahaan atau perorangan yang ingin mengajukan permohonan kredit ke bank harus mengevaluasi terlebih dahulu untung ruginya mengajukan kredit kepada bank dibandingkan dengan sumber pembiayaan lain seperti memanfaatkan hutang dagang atau menambah modal dari pemilik. Apabila sumber pembiayaan dari hutang dagang tidak memadai lagi dan demikian pula sumber dana dari pemilik, maka sumber pembiayaan yang dapat digunakan adalah kredit bank. Debitur akan berusaha untuk memperoleh kredit dari bank yang menawarkan tingkat suku bunga yang rendah, proses penyaluran kredit yang mudah, lokasi bank yang strategis dan jumlah kredit.
Baca lebih lanjut

Baca lebih lajut

BAB I PENDAHULUAN - PENGARUH DEFISIT ANGGARAN DAN NILAI TUKAR RUPIAH TERHADAP INFLASI DI INDONESIA - Repository Fakultas Ekonomi UNJ

BAB I PENDAHULUAN - PENGARUH DEFISIT ANGGARAN DAN NILAI TUKAR RUPIAH TERHADAP INFLASI DI INDONESIA - Repository Fakultas Ekonomi UNJ

sehat dan kegairahan dunia usaha yang berada pada tingkat yang tinggi tetap dapat terpelihara. Namun kesemuanya itu tidaklah mudah dan memerlukan perhatian yang besar. Faktor-faktor yang mempengaruhi inflasi sangat beragam sehingga perlu diketahui bagaimana perilaku inflasi dalam jangka pendek dan jangka panjang, sehingga memudahkan pemerintah dalam menerapkan kebijaksanaan pengendalian inflasi. Faktor-faktor tersebut antara lain adalah jumlah uang yang beredar, tingkat suku bunga, nilai tukar (Exchange Rate), defisit anggaran dan Produk Domestik Bruto Riil (PDB Riil).

Baca lebih lajut

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Nasabah  Dalam Memutuskan Pengambilan kredit Pada PT. Bank Internasional Indonesia (BII) Cabang Medan

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Nasabah Dalam Memutuskan Pengambilan kredit Pada PT. Bank Internasional Indonesia (BII) Cabang Medan

Wando Silalahi melakukan penelitian yang berjudul Analisis Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan permintaan kredit pada PT. Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Karya Bhakti Ugahari Tanjung Morawa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh faktor tingkat suku bunga kredit, proses penyaluran kredit dan lokasi bank terhadap keputusan permintaan kredit pada PT. Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Karya Bhakti Ugahari Tanjung Morawa. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda. Hasil dari penelitian ini adalah variabel tingkat suku bunga kredit dinyatakan paling dominan mempengaruhi keputusan permintaan kredit pada PT. Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Karya Bhakti Ugahari Tanjung Morawa.
Baca lebih lanjut

Baca lebih lajut

T1  Lampiran Institutional Repository | Satya Wacana Christian University: Strategi Pengembangan Koperasi Simpan Pinjam: Studi Kasus pada Koperasi Simpan Pinjam Mentari Dana Mandiri Salatiga

T1 Lampiran Institutional Repository | Satya Wacana Christian University: Strategi Pengembangan Koperasi Simpan Pinjam: Studi Kasus pada Koperasi Simpan Pinjam Mentari Dana Mandiri Salatiga

Suku bunga merupakan ancaman bagi koperasi kami karena meskipun bunga yang ditetapkan oleh koperasi berdasarkan ketetapan koperasi dan tidak terpengaruh dengan suku bunga bankakan tetapi jika suku bunga bank terus meningkat maka para anggota akan menyimpan uangnya dibank dan jika suku bunga turun para anggota akan meminjam uang dari bank. Hal ini karean bunga dikoperasi yang tidak berubah-ubah dan bunga dikenakan berdasarkan jumlah plafond pinjaman.

Baca lebih lajut

BAB II TINJAUAN PUSTAKA 2.1 - Pengaruh risiko usaha terhadap capital Adequacy ratio (car) pada bank Pembangunan daerah - Perbanas Institutional Repository

BAB II TINJAUAN PUSTAKA 2.1 - Pengaruh risiko usaha terhadap capital Adequacy ratio (car) pada bank Pembangunan daerah - Perbanas Institutional Repository

Asset (IRSA) dengan prosentase yang lebih besar dari pada prosentase peningkatan Interest Rate Sensitivity Liabilities(IRSL). Jika pada saat itu tingkat suku bunga cenderung naik, maka akan terjadi peningkatan pendapatan suku bunga yang lebih besar dari pada peningkatan biaya bunga, yang berarti risiko suku bunga atau risiko pasar yang dihadapi oleh bank menurun. Apabila tingkat suku bunga pada saat itu mengalami penurunan maka akan terjadi penurunan pendapatan bunga lebih besar dari pada penurunan biaya bunga yang artinya risiko bunga yang dihadapi bank meningkat. Pada sisi lain, pengaruh IRR terhadap CAR dapat berpengaruh positif ataupun negatif. Hal ini dapat terjadi karena apabila IRR meningkat, maka terjadi peningkatan IRSA dengan prosentase lebih besar dari pada prosentase peningkatan IRSL. Dimana apabila tingkat bunga cenderung meningkat maka akan terjadi peningkatan pendapatan bunga lebih besar dari peningkatan biaya bunga sehingga, laba bank , modal bank , dan juga CAR bank meningkat. Jadi pengaruh IRR terhadap CAR adalah positif. Begitu juga sebaliknya, jika tingkat suku bunga mengalami penurunan maka akan terjadi penurunan pendapatan bunga lebih besar dari penurunan biaya bunga sehingga laba bank menurun, modal bank menurun, dan CAR bank juga menurun. Jadi pengaruh IRR terhadap CAR adalah menurun. Dengan demikian, pengaruh risiko pasar terhadap CAR adalah bisa berpengaruh positif maupun negatif.
Baca lebih lanjut

Baca lebih lajut

Pengaruh risiko usaha terhadap return on asset (roa) pada bank pembangunan daerah - Perbanas Institutional Repository

Pengaruh risiko usaha terhadap return on asset (roa) pada bank pembangunan daerah - Perbanas Institutional Repository

Risiko pasar merupakan risiko yang timbul karena adanya pergerakan variabel pasar (tingkat suku bunga dan nilai tukar) dari portofolio yang dimiliki oleh bank, yang dapat merugikan bank (Veithzal Rivai, 2012:569). Risiko tingkat suku bunga (Interest Rate Risk) yaitu risiko yang timbul akibat berubahnya tingkat bunga yang pada gilirannya akan menurunkan nilai pasar surat-surat berharga dan pada saat yang sama, bank membutuhkan likuiditas. Rasio yang digunakan untuk mengukur risiko suku bunga yaitu Interest Rate Risk (IRR).
Baca lebih lanjut

12 Baca lebih lajut

1 BAB I PENDAHULUAN - PENGARUH RISIKO USAHA TERHADAP RETURN ON ASSET (ROA) PADA BANK UMUM GO PUBLIC - Perbanas Institutional Repository

1 BAB I PENDAHULUAN - PENGARUH RISIKO USAHA TERHADAP RETURN ON ASSET (ROA) PADA BANK UMUM GO PUBLIC - Perbanas Institutional Repository

suku bunga cenderung meningkat, maka akan terjadi kenaikan pendapatan bunga lebih besar dari kenaikan biaya bunga, sehingga laba bank meningkat, dan ROA juga meningkat. Jadi pengaruh IRR terhadap ROA adalah positif. Sebaliknya, apabila tingkat suku bunga mengalami penurunan, maka akan terjadi penurunan pendapatan bunga lebih besar daripada penurunan biaya bunga sehingga laba bank menurun, dan ROA juga menurun. Jadi pengaruh IRR terhadap ROA adalah negatif. Dengan demikian pengaruh risiko pasar terhadap ROA dapat positif atau negatif.
Baca lebih lanjut

Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...