Suku bunga

Top PDF Suku bunga:

Pengaruh perkembangan suku bunga PUAB In

Pengaruh perkembangan suku bunga PUAB In

IV. HASIL DAN PEMBAHASAN Berdasrakan model regresi yang telah dilakukan menggunakan software SPSS, dengan langkah multiple regression, maka dapat disaksikan bahwa hubungan antara suku bunga PUAB dan suku bunga Intervensi Rupiah terhadap suku bunga SBI, dapat disimpulkan dari penarikan garis regressi dari tabel coefficient a adalah

12 Baca lebih lajut

Pengaruh Sibor, SBI, Kurs terhadap Suku Bunga Pasar Uang Antar Bank pada Periode Tahun 2000.QI sampai 2009.QIV.

Pengaruh Sibor, SBI, Kurs terhadap Suku Bunga Pasar Uang Antar Bank pada Periode Tahun 2000.QI sampai 2009.QIV.

Pasar uang antar bank (PUAB) atau sering disebut dengan Interbank Call Money merupakan salah satu sarana penting untuk mendorong pengembangan pasar uang yang ditentukan oleh pihak bank yang membutuhkan dana dan dikenakan kepada pihak bank yang melakukan pinjaman atau membutuhkan dana di pasar uang antar bank atas penerbitan PUAB. PUAB menjadi salah satu media tranmisi kebijakan moneter yang berfungsi sebagai alat pemenuhan kebutuhan likuiditas harian perbankan. Krisis ekonomi yang telah terjadi pada tahun 1998 telah membuat kondisi perbankan di Indonesia melemah, terlihat dari banyaknya bank-bank umum yang mengalami kegagalan likuiditas sehingga harus ditutup. Melihat pentingnya PUAB terhadap kondisi pemenuhan likuiditas perbankan dan perekonomian Indonesia, sehingga dilakukan penelitian untuk menganalisis faktor yang mempengaruhi pembentukan suku bunga PUAB yaitu sibor, suku bunga SBI, kurs. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah sibor, suku bunga SBI, kurs secara bersama-sama maupun secara parsial berpengaruh terhadap suku bunga PUAB pada periode tahun 2000 kuartal I sampai 2009 kuartal IV.
Baca lebih lanjut

113 Baca lebih lajut

Resiko Suku Bunga Pada Bank BPR

Resiko Suku Bunga Pada Bank BPR

risiko suku bunga adalah risiko yang dialami akibat dari perubahan suku bunga yang terjadi di pasaran yang mampu memberi pengaruh bagi pendapatan perusahaan. adapun pengertian risiko suku bunga menurut mashud ali adalah terjadi sebagai akibat dari terdapatnya mismatched atas maturities pada interest rate related products di sisi aktiva dan passiva neraca bank.

7 Baca lebih lajut

Resiko Suku Bunga Pada Bank BPR

Resiko Suku Bunga Pada Bank BPR

Alhamdulillah puji tuhan semesta alam atas limpahan rahmat serta senantiasa selalu memeberikan energi positif disetiap insan untuk menjalankan segala aktifitasnya, sehingga insan pribadi mampu menyelesaikan tugas perkuliahan manajemen perbankan dengan tema “resiko suku bunga pada bank bpr di indonesia tahun 2015- 2016”

4 Baca lebih lajut

Bagaimana Suku Bunga Bisa Mempengaruhi Inflasi

Bagaimana Suku Bunga Bisa Mempengaruhi Inflasi

2. Mengurangi permintaan orang untuk mengambil kredit. Jika suku bunga naik, konsumen menghemat uang mereka untuk membeli sesuatu dengan cara mencicil, seperti rumah, mobil, motor, dll. Karena, ketika suku bunga tinggi, semakin banyak uang yang harus mereka keluarkan untuk membayar cicilan.Sehingga dengan cara ini, konsumen tetap menyimpan uangnya. Uang yang beredarpun tidak bertambah banyak.

1 Baca lebih lajut

pengaruh tingkat suku bunga

pengaruh tingkat suku bunga

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Mengetahui pengaruh tingkat suku bunga sertifikat Bank Indonesia,nilai tukar US dollar, tingkat suku bunga deposito, dan perubahan jumlah uang beredar terhadap Inflasi. Sedangkan masalah utama dalam penelitian ini adalah seberapa besar pengaruh suku bunga SBI, nilai tukar rupiah, suku bunga deposito dan jumlah uang beredar terhadap inflasi di indonesia. Untuk hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah diduga bahwa, tingkat suku bunga Sertifikat Bank Indonesia (SBI), nilai tukar rupiah, tingkat suku bunga deposito dan jumlah uang beredar berpengaruh nyata terhadap inflasi. Dimana suku bunga SBI dan perubahan jumlah uang beredar berpengaruh negatif, sedangkan Nilai tukar rupiah,suku bunga deposito berpengaruh positif.
Baca lebih lanjut

1 Baca lebih lajut

ANALISIS PENGARUH SUKU BUNGA LIBOR, SUKU BUNGA SBI, DAN INFLASI TERHADAP TINGKAT SUKU BUNGA DEPOSITO PADA BANK UMUM DI INDONESIA (PERIODE 2007:01-2011:12)

ANALISIS PENGARUH SUKU BUNGA LIBOR, SUKU BUNGA SBI, DAN INFLASI TERHADAP TINGKAT SUKU BUNGA DEPOSITO PADA BANK UMUM DI INDONESIA (PERIODE 2007:01-2011:12)

Suku bunga SBI adalah surat berharga atas unjuk rupiah yang diterbitkan Bank Indonesia sebagai pengakuan utang berjangka waktu pendek dengan sistem diskonto. Tingkat suku bunga SBI yang digunakan adalah tingkat suku bunga berjangka 1 bulan. Hal ini dikarenakan tingkat suku bunga SBI merupakan faktor penting dalam penentuan suku bunga di Indonesia. Dan sejak krisis moneter pertengahan 1997 peranan SBI dalam penetuan tingkat bunga menjadi salah satu patokan bagi perbankan dalam menetapkan tingkat bunga untuk para deposannya. Data diperoleh dari Statistik Ekonomi Keuangan Indonesia, diterbitkan oleh Bank Indonesia (BI) yang dinyatakan dalam persen.
Baca lebih lanjut

85 Baca lebih lajut

Analisis Pengaruh Suku Bunga Libor, Suku Bunga Sbi, Dan Inflasi Terhadap Tingkat Suku Bunga Deposito Berjangka Pada Bank Umum

Analisis Pengaruh Suku Bunga Libor, Suku Bunga Sbi, Dan Inflasi Terhadap Tingkat Suku Bunga Deposito Berjangka Pada Bank Umum

Kondisi ini terlihat dari kembalinya simpanan masyarakat atau terjadinya penambahan deposito milik perorangan yang naik mencapai 66,5 triliun rupiah (Maret-September), setelah gejolak redemtion reksa dana secara besar-besaran adanya kenaikan suku bunga lebih lanjut dan mencerminkan preferensi masyarakat akan likuiditas jangka pendek. Bagi nasabah yang membutuhkan dananya dalam jangka pendek, penanaman uang untuk jangka waktu 1 bulan akan mempermudah penarikannya. Jika dana tersebut belum dibutuhkan dan ekspektasi akan adanya kenaikan suku bunga deposito berjangka benar ada akan memberikan keuntungan bagi nasabah, yaitu pendapatan bunga akibat pengaruh peningkatan tingkat suku bunga tersebut. Perkembangan dana pada jumlah deposito berjangka 1 bulan dapat dilihat pada tabel 4.4 berikut.
Baca lebih lanjut

98 Baca lebih lajut

PENDAHULUAN  Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Persepsi Tingkat Suku Bunga Terhadap Minat Menabung Nasabah Pada PT. Bank Tabungan Negara (Persero) TBK Cabang Surakarta Tahun 2014.

PENDAHULUAN Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Persepsi Tingkat Suku Bunga Terhadap Minat Menabung Nasabah Pada PT. Bank Tabungan Negara (Persero) TBK Cabang Surakarta Tahun 2014.

Selain kualitas pelayanan, minat menabung nasabah juga dipengaruhi oleh tingkat suku bunga yang diberikan oleh bank, baik suku bunga kredit maupun suku bunga tabungan. Menurut Kasmir (2004: 121), “Bunga bank merupakan balas jasa yang diberikan oleh bank berdasarkan prinsip konvensional kepada nasabah yang membeli atau menjual produknya”.

8 Baca lebih lajut

Pengertian Suku Bunga bisa mempengaruhi

Pengertian Suku Bunga bisa mempengaruhi

Teori penentuan tingkat suku bunga Keynes dikenal dengan teori liquidity prefence. Keynes mengatakan bahwa tingkat bunga semata-mata merupakan fenomena moneter yang mana pembentukannya terjadi di pasar uang. Artinya tingkat suku bunga ditentukan oleh penawaran dan permintaan akan uang.

3 Baca lebih lajut

Suku bunga dan kualitas KPR

Suku bunga dan kualitas KPR

Hey kamu, sekarang waktunya ambil langkah berani dengan membeli hunianmu sendiri. Karena BNI Griya memberikan banyak kemudahan dan penawaran keren bagi yang ingin memiliki hunian baik baru maupun seken dengan jangka waktu kredit hingga 25 tahun serta angsuran suka-suka dengan suku bunga mulai dari 3% fixed satu tahun pertama. Program suku bunga ringan yang berlaku hingga 31 Maret 2018 ini berlaku untuk pembelian rumah atau apartemen di developer yang bekerja sama seperti Adhi Karya, Ciputra, Gapuraprima, Lippo Homes, Margahayuland, PP Property, Sentul City dan Wika Realty. Khusus pengemban yang memberikan subsidi ini ada benefit tambahan berupa provisi 0% dan bebas biaya administrasi.
Baca lebih lanjut

3 Baca lebih lajut

Analisis Perbandingan Peranan Jalur Suku Bunga Dan Jalur Nilai Tukar Pada Mekanisme Transmisi Kebijakan Moneter Di Indonesia

Analisis Perbandingan Peranan Jalur Suku Bunga Dan Jalur Nilai Tukar Pada Mekanisme Transmisi Kebijakan Moneter Di Indonesia

Berdasarkan perjalanan suku bunga SBI dari tahun 2004 hingga tahun 2011, cukup mengalami pergerakan yang cukup berarti. Dari tahun 2004 dari kuartal I hingga tahun 2005 kuartal II masih tetap berada kisaran 7-8 persen, angka suku bunga yang cukup stabil. Namun, bila dilanjutkan pada kuartalan berikutnya, terlihat bahwa suku bunga SBI cukup menaik pada tahun 2005 kuartal III hingga tahun 2006 kuartal III, yang berada pada kisaran 10-12 persen. Hal ini disebabkan oleh kondisi ekonomi makro yang menunjukkan bahwa adanya kenaikan tekanan harga barang- barang administered prices (BBM, TDL). Dalam hal ini, sebagai tugas Bank Indonesia dalam menstabilkan nilai rupiah, maka menetapkan suku bunga SBI yang cukup tinggi, dengan maksud melakukan kebijakan ketat moneter. Dengan demikian, akan menimbulkan pihak intermediasi yaitu bank akan menaikkan suku bunga deposito, yang pada akhirnya akan menaikkan minat masyarakat untuk menabung uangnya, sehingga jumlah uang beredar dapat terserap.
Baca lebih lanjut

143 Baca lebih lajut

ANALISIS PENGARUH KURS, TINGKAT SUKU BUNGA, DAN INFLASI TERHADAP PERGERAKKAN INDEKS  Analisis Pengaruh Kurs, Tingkat Suku Bunga, Dan Inflasi Terhadap Pergerakkan Indeks Harga Saham (Studi Kasus Pada Pt Bank Mandiri (Persero) Tbk Periode 2013-2015).

ANALISIS PENGARUH KURS, TINGKAT SUKU BUNGA, DAN INFLASI TERHADAP PERGERAKKAN INDEKS Analisis Pengaruh Kurs, Tingkat Suku Bunga, Dan Inflasi Terhadap Pergerakkan Indeks Harga Saham (Studi Kasus Pada Pt Bank Mandiri (Persero) Tbk Periode 2013-2015).

signifikan antara variabel nilai tukar/kurs terhadap indeks harga saham. Menurunnya kurs Dollar terhadap rupiah berpengaruh positif terhadap ekonomidan pasar modal, sebaliknya kurs dollar terhadap rupiah berpengaruh negatif (Harianto, 2000). Melemahnya rupiah akan menyebabkan pasar modal dalam negeri kurang menarik karena adanya resiko nilai tukar yang menyebabkan penurunan nilai investasi dan mempunyai hubungan negatif terhadap return saham. Sebaliknya,hubungan antara nilai tukar dollar terhadap rupiah bisa saja berpengaruh positif bilainvestor berasal dari luar negeri dan menggunakan mata uang asing sehingga semakinterdepresiasinya mata uang rupiah akan menyebabkan investor luar cenderung melepas mata uang asingnya untuk membeli saham yang harganya turun karena pengaruh kursmata uang. 2) Pengaruh Tingkat Suku Bunga terhadap Pergerakkan IHS
Baca lebih lanjut

15 Baca lebih lajut

MAKALAH ANALISIS TENTANG SUKU BUNGA DAN

MAKALAH ANALISIS TENTANG SUKU BUNGA DAN

Puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT karna berkat limpahan rahmat dan karunianya sehingga penyusun makalah tentang “Analisis Tentang Suku Bunga dan Hukum Suku Bunga dalam Perbankan Menurut Pandangan Islam” ini dapat terselesaikan serta tepat pada waktunya.

7 Baca lebih lajut

PENGARUH SUKU BUNGA DAN INFLASI TERHADAP

PENGARUH SUKU BUNGA DAN INFLASI TERHADAP

Uji F dilakukan untuk menguji pengaruh variabel bebas secara bersama-sama terhadap variabel terikat. Pada tabel (2), diketahui nilai Prob. (F-statistic) sebesar 0,0000 , dibanding dengan nilai α sebesar 0,05. Nilai Prob. (F-statistic) lebih kecil dari nilai α, ini menunjukkan bahwa cukup bukti untuk menyatakan bahwa variabel bebas secara bersama-sama mempunyai pengaruh terhadap variabel terikat atau dengan kata lain variabel suku bunga (SBI) dan inflasi (INF) secara bersama-sama mempengaruhi variabel ROE.

16 Baca lebih lajut

RISIKO TINGKAT SUKU BUNGA

RISIKO TINGKAT SUKU BUNGA

MODEL PENENTUAN HARGA KEMBALI • Pendahuluan • Aset2 Sensitif-Tingkat Bunga • Kewajiban2 Sensitif-Tingkat Bunga • Perubahan2 yang Sama dalam Tingkat Bunga atas RSAs & RSLs... Pe[r]

40 Baca lebih lajut

Modul Pengantar Ilmu Ekonomi

Modul Pengantar Ilmu Ekonomi

RDG bulanan dilaksanakan dalam rangka mengevaluasi perkembangan infasi, nilai tukar, moneter, dan perbankan. Lebih diarahkan utk memantau pencapaian target infasi & arah kebijakan satu bulan berikutnya. Dibahas jg pencapaian target operasional (uang primer & suku bunga) utk diputuskan langkah pengendalian moneter satu bulan yang akan datang, seperti OPT, sterilisasi/intervensi di pasar valas, dan arah suku bunga yg wajar. Keputusan kebijakan moneter dalam RDG bulanan ini disampaikan ke masyarakat melalui siaran pers.
Baca lebih lanjut

61 Baca lebih lajut

Dumadi Tri Restiyanto

Dumadi Tri Restiyanto

Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari Statistik keuangan Bank Indonesia dengan menggunakan beberapa media baik elektronik maupun media tulis berupa Web side BI.go.id maupun Laporan Bulanan, Triwulanan dan tahunan yang diterbitkan oleh Bank Indonesia. Periodisasi data penelitian yang mencakup data periode tahun 1990 kwartal I sampai dengan kwartal IV tahun 2006 dipandang cukup mewakili sejauh mana pengaruh variable-variabel independent terhadap variable dependen. Data-data tersebut setelah diolah dan dianalis dengan menggunakan alat bantu komputasi yaitu dengan program Eviews 3, 4 atau 5. Model yang digunakan adalah model Bernanke-Blinder dengan menggunakan model Quantum Channel. Dengan menggunakan Variabel M1 dan Kredit(L) dengan Suku Bunga SBI(i), PDB atau Pendapatan (Y), suku bunga kredit ( ρ ) , dan inflasi ( π ), kemudian dari regresi OLS dari masing-masing fungsi M1 dan kredit (L) tersebut dibandingkan variance residual-nya diperoleh perbedaan yang menunjukkan seberapa besar dominasi antara besaran moneter dan kredit sebelum dan sesudah gejolak moneter tahun 1997 kuartal III, sehingga dapat diketahui efektifitas Quantum Channel..
Baca lebih lanjut

76 Baca lebih lajut

Pengaruh risiko usaha terhadap return on asset (roa) pada bank pembangunan daerah - Perbanas Institutional Repository

Pengaruh risiko usaha terhadap return on asset (roa) pada bank pembangunan daerah - Perbanas Institutional Repository

Pengaruh IRR terhadap terhadap ROA dapat positif atau negatif. Hal ini terjadi karena apabila IRR meningkat, artinya terjadi peningkatan interest rate sensitivity liabilities rate sensitivity liabilities (IRSL). Jika pada saat itu, tingkat suku bunga meningkat, maka akan terjadi kenaikan pendapatan bunga lebih besar dari kenaikan biaya bunga, sehingga laba bank meningkat dan ROA juga meningkat. Dengan demikian pengaruh IRR terhadap ROA yaitu positif atau searah. Sebaliknya, apabila tingkat suku bunga mengalami penurunan, maka akan terjadi penurunan pendapatan bunga lebih besar daripada penurunan biaya bunga sehingga laba bank menurun dan ROA juga akan menurun. Jadi pengaruh IRR terhadap ROA yaitu negatif atau berlawanan arah. Sehingga pengaruh risiko pasar terhadap ROA yaitu dapat positif atau negatif.
Baca lebih lanjut

12 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...