suku bunga SBI

Top PDF suku bunga SBI:

PENGARUH TINGKAT SUKU BUNGA SBI KURS MAT

PENGARUH TINGKAT SUKU BUNGA SBI KURS MAT

Hipotesis pertama yang menyatakan bahwa tingkat suku bunga SBI berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diterima. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berpengaruh negatif dan siginifikan antara tingkat suku bunga SBI dengan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG). Persamaan regresi punya arah koefisien negatif. Pengaruh negatif menunjukkan bahwa hubungan tingkat suku bunga SBI dan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) adalah berbanding terbalik. Jika tingkat suku bunga SBI semakin tinggi, maka Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) semakin rendah. Terdapat pengaruh yang signifikan tingkat suku bunga SBI terhadap Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG), yang ditunjukkan dengan nilai probabilitas signifikan untuk tingkat suku bunga SBI adalah 0,004 lebih kecil dari 0,05. Berdasarkan hasil analisis regresi linier ganda, maka dapat diambil suatu justifikasi bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara tingkat suku bunga SBI terhadap Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG). Justifikasi diambil dengan mempertimbangkan kajian teori dan emperis. Berdasarkan teori, hukum besi pasar modal merumuskan bahwa jika tingkat suku bunga umum naik, maka IHSG akan turun dan begitu pula sebaliknya jika tingkat suku bunga umum turun, maka IHSG akan naik (Soedigno dan Nasution, 1997:6). Hal ini sejalan dengan pendapat
Baca lebih lanjut

12 Baca lebih lajut

Analisis Pengaruh Tingkat Suku Bunga SBI (1)

Analisis Pengaruh Tingkat Suku Bunga SBI (1)

Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang bersifat kuantitatif, berupa data tingkat suku bunga kupon, tanggal jatuh tempo (maturity date), peringkat dan harga transaksi obligasi yang diperoleh dari Pusat Referensi Pasar Modal (PRPM) Bursa Efek Indonesia (BEI). Tingkat suku bunga SBI merupakan data sekunder yang diperoleh dari website dan laporan tahunan Bank Indonesia. Peringkat obligasi dan data keuangan berupa Debt to Equity Ratio (DER) perusahaan diperoleh dari Indonesia Bond Book 2006, 2007 dan 2008 Bursa Efek Indonesia dan website PT. PEFINDO.
Baca lebih lanjut

5 Baca lebih lajut

PENGARUH SUKU BUNGA SBI INFLASI DAN FUND

PENGARUH SUKU BUNGA SBI INFLASI DAN FUND

2487 Indonesia pada tingkat suku bunga serta diumumkan kepada publik (Bank Indonesia, 2013). Perubahan tingkat suku bunga SBI dapat memicu pergerakan di pasar saham karena kenaikan suku bunga SBI akan mendorong investor untuk menginvestasikan dana mereka di sektor perbankan, bukan pada saham yang memiliki risiko yang lebih besar (Purnamawati, 2015). Menurut Amin (2013) perubahan yang terjadi pada suku bunga SBI akan mempengaruhi tingkat suku suku bunga kredit dan tingkat suku bunga deposito di masyarakat sehingga investor akan menarik investasinya pada saham dan mengalihkannya dalam bentuk tabungan dan deposito. Harga saham di pasar akan turun karena berkurangnya permintaan akan saham tersebut. Penelitian yang dilakukan oleh Alam (2009) menyatakan bahwa tingkat suku bunga SBI memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap harga saham. Hasil yang berbeda diperoleh oleh Liauw (2012), Nugraha (2014) dan Aurora (2013) yang menyatakan bahwa suku bunga SBI berpengaruh negatif signifikan terhadap harga saham. Beberapa penelitian sebelumnya yang dilakukan oleh Amperaningrum et al (2011) dan Kewal (2012) menemukan hasil bahwa suku bunga SBI berpengaruh tidak signifikan terhadap harga saham.
Baca lebih lanjut

27 Baca lebih lajut

PENGARUH NILAI TUKAR DAN SUKU BUNGA SBI

PENGARUH NILAI TUKAR DAN SUKU BUNGA SBI

Variabel suku bunga SBI pada tabel 4.9 mempunyai nilai signifikan sebesar 0.0074 dan nilai koefisiennya sebesar -0.080405. Penelitian ini alpha (α) yang digunakan adalah 5% (0.05). Variabel suku bunga SBI mempunyai nilai signifikan lebih kecil dibandingkan alpha (α) yaitu 0.0074 < 0.05, maka memberikan penjelasan bahwa variabel suku bunga SBI mempunyai pengaruh signifikan terhadap variabel indeks harga saham sektor properti. Sedangkan nilai koefisien yang bertanda negatif (-) dapat diartikan bahwa variabel suku bunga SBI berpengaruh secara negatif terhadap variabel indeks harga saham sektor properti, dengan demikian menolak Ho dan menerima Ha.
Baca lebih lanjut

10 Baca lebih lajut

Analisis Pengaruh Suku Bunga Libor, Suku Bunga Sbi, Dan Inflasi Terhadap Tingkat Suku Bunga Deposito Berjangka Pada Bank Umum

Analisis Pengaruh Suku Bunga Libor, Suku Bunga Sbi, Dan Inflasi Terhadap Tingkat Suku Bunga Deposito Berjangka Pada Bank Umum

Bank Indonesia sebagai pemegang otoritas moneter di Indonesia, berusaha untuk memperbaiki kondisi perekonomian Indonesia dengan berusaha menekan laju inflasi pada tahun 1998 sebesar 77,63% melalui penekanan jumlah uang beredar di masyarakat dengan menaikkan suku bunga SBI. Pada saat itu diharapkan uang yang beredar di masyarakat akan terserap oleh bank-bank umum akibat dari tingkat suku bunga perbankan yang juga ikut naik. Sehingga pada tahun berikutnya, tahun 1999, laju inflasi sudah dapat dikendalikan. Pada tahun 2000 dan tahun 2001 inflasi kembali meningkat menjadi 9,40% dan 12,55% yang kemudian turun menjadi 10,04% pada tahun 2002. Tahun 2003 tingkat inflasi sebesar 5,16%. Untuk lebih jelasnya maka perkembangan inflasi di Indonesia dapat dilihat pada tabel berikut ini.
Baca lebih lanjut

98 Baca lebih lajut

ANALISIS PENGARUH TINGKAT SUKU BUNGA SBI

ANALISIS PENGARUH TINGKAT SUKU BUNGA SBI

Berdasarkan Tabel Koefisien determinasi - Model Summary dapat diketahui bahwa nilai Adjusted R Square atau koefisien determinasi sebesar 0,915, hal tersebut dapat diartikan bahwa sebesar 91,5 % Indeks Harga Saham Gabungan dapat dijelaskan oleh variabel-variabel independen; Tingkat Suku Bunga SBI,Inflasi, Harga Minyak Dunia, Harga Emas Dunia, Kurs Rupiah terhadap dollar Amerika, Indeks Nikkei 225, Indeks Dow Jones. Sedangkan sisanya (100 % - 91,5 % = 8,5 %) dapat dijelaskan oleh faktor-faktor lainnya seperti jumlah uang beredar, stabilitas politik dan keamanan, kondisi perekonomian global, pertumbuhan ekonomi, loan debt ratio, pembagian deviden, pengumuman industri sekuritas, regulasi dan deregulasi ekonomi dan faktor-faktor ekonomi.
Baca lebih lanjut

20 Baca lebih lajut

Pengaruh Suku Bunga SBI BI Rate Kurs dan

Pengaruh Suku Bunga SBI BI Rate Kurs dan

Dari hasil penelitian, diperoleh persamaan regresi return IHSG adalah Y= -1,218 – 0,176 – 0,015 – 0,182 + ε . Selain itu diperoleh bahwa nilai adjusted R square adalah 0,083 atau sebesar 8,3%, yang berarti bahwa model regresi ini menjelaskan 8,3% pengaruh suku bunga SBI, kurs, dan PDB sebagai variabel bebas terhadap return IHSG sebagai variabel terikat. Hasil uji F menunjukan bahwa tidak terdapat pengaruh signifikan antara suku bunga SBI, kurs, dan PDB secara simultan terhadap return IHSG. Hasil uji t menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh signifikan antara suku bunga SBI, kurs, dan PBD secara parsial terhadap retutn IHSG.
Baca lebih lanjut

1 Baca lebih lajut

Analisis Pengaruh Suku Bunga SBI Terhada

Analisis Pengaruh Suku Bunga SBI Terhada

Penentu utama dari penetapan tingkat suku bunga SBI adalah bank sentral yang dalam konteks di indonesia ini adalah Bank Indonesia yang mempunyai wewenang dalam melaksanakan kebijakan moneter termasuk menetapkan suku bunga SBI. Bank sentral menggunakan SBI dalam open market untuk ekspansi dan kontraksi money supply. Ketika bank sentral ingin melakukan ekspansi money supply , maka ia akan menyerap bidding lelang SBI di bawah jatuh tempo nya. Sebaliknya jika bank sentral ingin melakukan kontraksi maka dirinya akan menyerap semua bidding. Pengetatan money supply akan menyebabkan tingkat suku bunga pasar akan meningkat dan pelonggaran money supply akan mengakibatkan turunnya tingkat suku bunga. Berikut ialah hasil dari pengolahan data yang bersangkutan.
Baca lebih lanjut

8 Baca lebih lajut

Analisis hubungan dinamis suku bunga SBI, IHSG, dan suku bunga internasional dengan model vector autoregressive

Analisis hubungan dinamis suku bunga SBI, IHSG, dan suku bunga internasional dengan model vector autoregressive

Hasil peramalan model VAR menunjukkan bahwa suku bunga SBI dan IHSG relatif stabil dari Januari 2006 sampai dengan Mei 2006. Berbeda dengan suku bunga SBI dan IHSG, peramalan suku bunga internasional menunjukkan terjadinya penurunan suku bunga internasional periode Januari 2006 hingga Mei 2006. Evaluasi peramalan untuk peubah suku bunga SBI menghasilkan nilai MAPE yang relatif kecil yaitu sebesar 1,37. Ini menunjukkan bahwa model VAR tersebut efektif digunakan untuk peramalan suku bunga SBI. Sedangkan evaluasi peramalan untuk peubah IHSG dan suku bunga internasional menghasilkan nilai MAPE yang relatif lebih besar yaitu sebesar 14,29 dan 10,68. Nilai MAPE tersebut menunjukkan bahwa penyimpangan nilai ramalan terhadap nilai aktual relatif besar. Hal ini diperjelas melalui gambar 7(b) dan 7(c), dimana hasil peramalan IHSG dan suku bunga internasional dangan menggunakan model VAR menyimpang agak jauh terhadap nilai aktualnya.
Baca lebih lanjut

60 Baca lebih lajut

PENGARUH SUKU BUNGA SBI TINGKAT INFLASI

PENGARUH SUKU BUNGA SBI TINGKAT INFLASI

PENGARUH SUKU BUNGA SERTIFIKAT BANK INDONESIA……..(Rowland Bismark dan Dionysia Kowanda) | 4 tidak selalu memiliki arah yang terbalik, beberapa penelitian tedahulu ada juga yang mengkonfirmasi perihal sebaliknya. Studi yang dilakukan oleh Rivai (2008), Ali (2012), Amin (2012) memberikan informasi yang menarik dimana hasil temuan studi mereka menyatakan bahwa imbal hasil reksa dana saham justru meningkat pada saat suku bunga SBI naik. Lebih lanjut, hasil penelitian Pasaribu dan Firdaus (2013) juga menunjukkan bahwa ternyata tingkat suku bunga BI berpengaruh positif terhadap indeks saham syariah Indonesia.Hubungan positif yang terjadi antara tingkat suku bunga BI dan indeks saham syariah Indonesia mengindikasikan bahwa tidak adanya hubungan substitusi antara sektor perbankan dengan pasar modal. Ini berarti pasar modal bukan merupakan substitusi dari perbankan, akan tetapi merupakan komplementer dari perbankan. Hasil yang sama juga dihasilkan dari penelitian Sutanto, Murhadi, dan Ernawati (2013), Kewal (2013) dan Wijaya (2013)yang menyatakan bahwa SBI berimplikasi positif meski tidak berpengaruh signifikan terhadap IHSG. Di sisi lain, hasil studi Ariyadi (2005), Mu'minin (2007), Anwar (2010) justru menyatakan bahwa SBI justru tidak berpengaruh signifikan sama sekali terhadap tingkat pengembalian reksa dana saham. Dari latar belakang kondisi tersebut, maka hipotesis pertama penelitian ini dirumuskan sebagai berikut:
Baca lebih lanjut

20 Baca lebih lajut

Elastisitas Kredit terhadap suku bunga SBI

Elastisitas Kredit terhadap suku bunga SBI

Sebagai salah satu variabel penting dalam perekonomian Indonesia, suku bunga memegang peranan penting. Tinggi rendahnya nilai suku bunga akan berdampak pada penghimpunan dan penyaluran dana di dunia perbankan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum nilai kredit tidak terlalu peka atau inelastis terhadap perubahan suku bunga SBI, namun demikian Kredit Modal Kerja lebih elastis dibandingkan dengan jenis kredit yang lain.

9 Baca lebih lajut

Analisis Penetapan Suku Bunga SBI Terhad

Analisis Penetapan Suku Bunga SBI Terhad

Penelitian yang dilakukan oleh Kim (1999) dalam Lukman Hakim (2004) menunjukkan hubungan pada model permintaan kredit (LKREDt D ), variabel independen yang berpengaruh positif terhadap variabel dependen adalah variabel suku bunga kredit (LSKRED), dan variabel output riil harga konstan 1993 (LGDPR). Variabel yang mempunyai pengaruh negatif adalah suku bunga obligasi yang diwakili oleh suku bunga SBI (LSBI). Sementara itu, pada model penawaran kredit (LKREDt S ), variabel yang mempunyai hubungan positif adalah variabel output riil (LGDPR), total deposito (LDEP) dan variabel boneka (DUM) yang merupakan representasi dari situasi krisis ekonomi Indonesia mulai periode 1997. Varibel yang mempunyai hubungan negatif adalah suku bunga SBI (LSBI). Volume kredit permintaan dan penawaran di sini benilai sama dan merupakan total kredit dari beberapa kelompok perbankan.
Baca lebih lanjut

23 Baca lebih lajut

ANALISIS PENGARUH SUKU BUNGA LIBOR, SUKU BUNGA SBI, DAN INFLASI TERHADAP TINGKAT SUKU BUNGA DEPOSITO PADA BANK UMUM DI INDONESIA (PERIODE 2007:01-2011:12)

ANALISIS PENGARUH SUKU BUNGA LIBOR, SUKU BUNGA SBI, DAN INFLASI TERHADAP TINGKAT SUKU BUNGA DEPOSITO PADA BANK UMUM DI INDONESIA (PERIODE 2007:01-2011:12)

Pengaruh suku bunga LIBOR terhadap suku bunga deposito terjadi hubungan positif yaitu jika tingkat suku bunga LIBOR naik maka tingkat suku bunga naik. Ketika tingkat suku bunga di luar negeri mengalami peningkatan maka para investor akan cenderung memanfaatkan dana yang ada di dalam negeri (Taufik Kurniawan, 2004:453-456). Dalam perekonomian keadaan terbuka terhadap dunia luar, sehingga tidak ada hambatan terhadap aliran modal, dan tingkat bunga di dalam dan luar negeri saling berhubungan, dalam keadaan ini berlaku teori paritas tingkat bunga yaitu teori mengenai penentuan tingkat bunga dalam sistem devisa bebas (penduduk masing-masing negara bebas memperjualbelikan devisa), teori ini dinyatakan oleh Baitz. Hal ini didukung oleh penelitian yang dilakukan oleh Tambunan (2007) yang menyatakan bahwa variabel suku bunga LIBOR berpengaruh positif terhadap tingkat suku bunga deposito berjangka. Ini juga sejalan dengan pendapat Boediono (1990:101) yang menyatakan bahwa ”dalam
Baca lebih lanjut

85 Baca lebih lajut

Analisis Pengaruh Tingkat Suku Bunga SBI (1)

Analisis Pengaruh Tingkat Suku Bunga SBI (1)

Samples of research consist of 15 companies. Data analysis using multiple regression analysis. Partially, this research shows that SBI interest rate, DER a nd NPM have positive impact not significant and price to book value has negative impact not significant. World Oil prices has negative impact significant to return of textile and garment stock. Simultaneously, have significant influence to return of textile and garment stock.

9 Baca lebih lajut

PENGARUH TINGKAT INFLASI SUKU BUNGA SBI

PENGARUH TINGKAT INFLASI SUKU BUNGA SBI

Uji F digunakan untuk menguji pengaruh Tingkat Inflasi, Tingkat Suku Bunga SBI, Perubahan Nilai Tukar Rupiah Terhadap Dollar AS, dan Indeks Harga Saham Gabungan ( IHSG ) apakah secara bersama – sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Kinerja Reksadana Saham. Hasil uji F sesuai perhitungan SPSS 11,5 dapat dilihat pada tabel 2 dibawah ini :

18 Baca lebih lajut

Suku bunga sbi tingkat inflasi

Suku bunga sbi tingkat inflasi

Bunga bank dapat diartikan sebagai balas jasa yang diberikan oleh bank yang berdasarkan prinsip konvensional kepada nasabah yang membeli atau menjual produknya. Bunga juga dapat diartikan sebagai harga yang harus dibayar kepada nasabah (yang memiliki simpanan) dengan yang harus dibayar oleh nasabah kepada bank (nasabah yang mnemperoleh pinjaman).

Baca lebih lajut

Perilaku Suku Bunga sbi terhad

Perilaku Suku Bunga sbi terhad

mendapatkan sedikit suku bunga atau tidak sama sekali), Keynes mengasumsikan bahwa uang mempunyai tingkat imbal hasil sebesar nol. Obligasi, yaitu satu-satunya alternative asset selain uang dalam kerangka kerja Keynes, mempunyai perkiraan imbal hasil yang sama dengan suku bunga i. ketika suku bunga ini naik (asumsi lainnya tidak berubah), perkiraan imbal hasil dari uang turun secara relative terhadap perkiraan imbal hasil pada obligasi, dan seperti pada teori permintaan asset, hal tersebut menyebabkan uang yang diminta turun. Jika jumlah uang dan yang diminta dan suku bunga seharusnya berhubungan negatif dengan menggunakan konsep biaya peluang (opportunity cost), yaitu jumlah suku bunga (perkiraan imbal hasil) yang dikorbankan dengan tidak memegang asset lainnya dalam hal ini, obligasi. Ketika suku bunga, i , naik, biaya peluang dari memegang uang naik, sehingga uang menjadi kurang disukai dan jumlah uang yang diminta harus turun.
Baca lebih lanjut

Baca lebih lajut

Analisis pengaruh tingkat suku bunga SBI

Analisis pengaruh tingkat suku bunga SBI

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh jawaban mengenai pengaruh tingkat suku bunga Sertifikat Bank Indonesia, tingkat suku bunga deposito dan jumlah uang beredar terhadap Inflasi di Indonesia. Permasalahan yang diangkat dalam penulisan ini adalah berapa besar pengaruh tingkat suku bunga Sertifikat Bank Indonesia, tingkat suku bunga deposito dan Jumlah Uang Beredar terhadap Inflasi di Indonesia periode triwulan I 2002 – triwulan IV 2006. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini, diduga tingkat suku bunga SBI, tingkat suku bunga deposito dan Jumlah Uang Beredar berpengaruh nyata terhadap Inflasi.
Baca lebih lanjut

2 Baca lebih lajut

Pengaruh perkembangan suku bunga PUAB In

Pengaruh perkembangan suku bunga PUAB In

IV. HASIL DAN PEMBAHASAN Berdasrakan model regresi yang telah dilakukan menggunakan software SPSS, dengan langkah multiple regression, maka dapat disaksikan bahwa hubungan antara suku bunga PUAB dan suku bunga Intervensi Rupiah terhadap suku bunga SBI, dapat disimpulkan dari penarikan garis regressi dari tabel coefficient a adalah

Baca lebih lajut

BAB I PENDAHULUAN - PENGARUH DEFISIT ANGGARAN DAN NILAI TUKAR RUPIAH TERHADAP INFLASI DI INDONESIA - Repository Fakultas Ekonomi UNJ

BAB I PENDAHULUAN - PENGARUH DEFISIT ANGGARAN DAN NILAI TUKAR RUPIAH TERHADAP INFLASI DI INDONESIA - Repository Fakultas Ekonomi UNJ

Bank Indonesia sebagai otoritas moneter memegang kendali yang sangat strategis dalam menciptakan kebijakan moneter yang stabil dalam perekonomian nasional. Namun dalam perjalanannya kebijakan Bank Indonesia yang dibuat atau kebijakan yang diambil Bank Indonesia menjadi tidak efektif dan bahkan tidak efisien sebagaimana yang dinginkan oleh bank Indonesia terhadap kebijakan tersebut untuk perekonomian. Bank Indonesia harus dapat mengukur peredaran uang, antara lain dengan menentukan tingkat suku bunga SBI, selain itu pemerintah juga memegang peranan penting dalam mengendalikan laju inlasi untuk itu salah satu kebijakannya adalah mengatur pengeluaran untuk pengeluaran rutinnya (government expenditure).
Baca lebih lanjut

Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...