Sumber Daya Manusia

Top PDF Sumber Daya Manusia:

PERENCANAAN SUMBER DAYA MANUSIA .

PERENCANAAN SUMBER DAYA MANUSIA .

Pada saat awal pembuatan penyusunan program kerja bagi satuan kerja yang menangani sumber daya manusia dalam mengatur strategi bisnis yang akan diciptakan.. Tantangan perencanaa[r]

11 Baca lebih lajut

SUMBER DAYA MANUSIA INDONESIA .

SUMBER DAYA MANUSIA INDONESIA .

Jumlah pekerja sektor pertanian tertinggi ada di pulau jawa, yaitu sebanyak 4.919.756 jiwa,terdiri atas 3.275.128 pekerja laki-laki dan 1.644.628 pekerja perempuan. Diikuti Pulau Sumatera dengan jumlah pekerja sebanyak 2.193.566 pekerja , yang berasal dari 1.675.494 pekerja laki-laki dan 517.072 pekerja perempuan . Pulang sulawesi dan kalimantan menepati urutan ketiga dan keempat dengan jumlah pekerja masing-masing sebanyak 477.703 dan 468.528 jiwa. Sisanya sebanyak 419.128 jiwa terdiri dari beberapa pulau lainnya . Jadi Tabel dibawah menunjukkan bahwa sumber daya manusia pertanian masih terkonsentrasi di pulau jawa.
Baca lebih lanjut

1 Baca lebih lajut

Sumber daya Manusia . docx

Sumber daya Manusia . docx

Oleh karena itu, sumber daya manusia sangat penting dalam pembangunan ekonomi suatu Negara. Kondisi kualitas sumber daya manusia merupakan kelemahan mendasar bagi negara-negara berkembang, termasuk Indonesia. Pengalaman selama krisis ekonomi menunjukkan bahwa negara - negara yang mempunyai kualitas sumber daya manusia yang lebih baik akan lebih cepat bangkit dari krisis yang melandanya. Hal ini dapat dilihat pada negara - negara seperti Korea, Jepang, Thailand, dan negara - negara lainnya. Bahkan, Singapura tidak terkena krisis padahal negara-negara di sekitarnya mengalami krisis yang cukup parah. Jadi jelas, langsung atau tidak langsung, kualitas sumber daya manusia itu mempunyai peran yang paling utama dan sangat menentukan dalam pembangunan ekonomi. Indikator kualitas sumber daya manusia itu dapat berupa tingkat pendidikan dan tingkat kesehatan. Bagi negara - negara berkembang seperti Indonesia untuk memacu pertumbuhan ekonominya diperlukan sumber daya manusia yang berkualitas. Namun tingginya kualitas sumber daya manusia tidak dapat diukur dengan angka-angka semata, tetapi dapat dilihat dari apa yang dihasilkannya. Hal tersebut tidak terlepas dari kesadaran masyarakat itu sendiri serta pemerintahan akan pentinggnya meningkatkan kualitas sumber daya manusia.
Baca lebih lanjut

30 Baca lebih lajut

PERENCANAAN SUMBER DAYA MANUSIA melalui

PERENCANAAN SUMBER DAYA MANUSIA melalui

1. Indonesia merupakan salah satu Negara yang pertumbuhan lapangan kerjanya, paling lambat didunia. Untuk itu, kaum intelektual dituntut untuk dapat menciptakan lapangan kerja baru, yang bertujuan untuk memberikan kesempatan kerja kepada para pencari kerja. Untuk mendirikan suatu perusahaan dibutuhkan penentuan Visi, Misi dan Rencana Strategis dan Renop yang baik dan mantap agar penyelenggaraan aktivitas bisnis berjalan sesuai rencana yang telah ditentukan. Dalam penyelenggaraan aktivitas bisnis ada tiga komponen penting yang saling berhubungan antara lain : perencanaan SDM, Manajemen Sumber daya manusia dan Organisasi. Jika anda sebagai operator perusahaan, bagaimana anda
Baca lebih lanjut

15 Baca lebih lajut

249247797 Sumber Daya Manusia

249247797 Sumber Daya Manusia

sumber daya manusia (SDM) yang dilakukan, memberikan hasil bahwa dari beberapa indikator yang dianalisis, memang menunjukkan bahwa kualitas SDM ber kaitan dengan kondisi kehidupan meraka sendiri. Masyarakat desa cenderung menerima apa adanya kondisi mereka saat ini, sehingga sulit untuk lepas dari kemiskinan, dan (2) analisis SWOT yang dila kukan menunjukkan hasil bahwa Desa Batukandik memiliki berbagai kekuatan yang bisa dimanfaatkan dalam usaha pengentasan kemiskinan. Peluang yang ada juga cukup besar dalam menunjang usaha tersebut. Namun perlu diperhatikan kelemahan mendasar yang ada, yaitu ketersediaan air bersih yang sangat terbatas. Ini berkaitan dengan kondisi alam yang menjadi kesulitan terbesar bagi desa Batukandik. Selain itu, salah satu ancaman bagi usaha pengentasan kemiskinan di desa ini adalah rendahnya rasa optimis dan inisiatif dari masyarakat desa untuk berusaha agar dapat meningkatkan kualitas hidup.
Baca lebih lanjut

9 Baca lebih lajut

Pengelolaan Sumber Daya Manusia di

Pengelolaan Sumber Daya Manusia di

Fungsi – fungsi dalam Pengelolaan Sumber Daya Manusia upaya untuk memperoleh jumlah dan jenis tenaga kerja yang tepat untuk memenuhi kebutuhan organisasi dalam upaya mencapai tujuan yan[r]

20 Baca lebih lajut

Manajemen Sumber Daya Manusia

Manajemen Sumber Daya Manusia

Sumber Daya Manusia (SDM) dalam konteks bisnis, adalah orang yang bekerja dalam suatu organisasi yang sering pula disebut karyawan. Sumber Daya Manusia merupakan aset yang paling berharga dalam perusahaan, tanpa manusia maka sumber daya perusahaan tidak akan dapat mengahasilkan laba atau menambah nilainya sendiri. Manajemen Sumber Daya Manusia didasari pada suatu konsep bahwa setiap karyawan adalah manusia, bukan mesin, dan bukan semata menjadi sumber daya bisnis. Manajemen Sumber Daya Manusia berkaitan dengan kebijakan dan praktek-praktek yang perlu dilaksanakan oleh manajer, mengenai aspek-aspek Sumber Daya Manusia dari Manajemen Kerja.
Baca lebih lanjut

11 Baca lebih lajut

Journal Sumber daya manusia .

Journal Sumber daya manusia .

Proses peningkatan kualitas sumber daya manusia adalah sasaran utama pembangunan nasional juga globalisasi yang di tandai dengan persaingan di segala bidang semakin ketat, karena era globalisasi merupakan masa yang penuh dengan tantangan, sehingga dapat mengubah tantangan tersebut menjadi peluang maka di butuhkan kemampuan yang memadai dari setiap pelaku organisasi maupun perusahaan yang di tunjukan oleh efektivitas kerja yang lebih baik pula, dan sumber daya manusia yang handal merupakan kebutuhan yang sangat mendesak untuk di penuhi.
Baca lebih lanjut

20 Baca lebih lajut

Penegendalian sumber daya manusia .

Penegendalian sumber daya manusia .

manajemen dalam menentukan pergerakan sumber daya manusia organisasi dari posisi yang diinginkan di masa depan, sedangkan sumber daya manusia adalah seperangkat proses-proses dan aktivitas yang dilakukan bersama oleh manajer sumber daya manusia dan manajer lini untuk menyelesaikan masalah organisasi yang terkait dengan manusia. Tujuan dari integrasi system adalah untuk menciptakan proses prediksi demand sumber daya manusia yang muncul dari perencanaan strategik dan operasional secara kuantitatif, dibandingkandengan prediksi ketersediaan yang berasal dari program-program SDM. Oleh karena itu, perencanaan sumber daya manusia harus disesuaikan dengan strategi tertentu agar tujuan utama dalam memflitasi keefektifan organisasi dapat tercapai.
Baca lebih lanjut

12 Baca lebih lajut

PERENCANAAN SUMBER DAYA MANUSIA .

PERENCANAAN SUMBER DAYA MANUSIA .

Perencanaan sumber daya manusia (SDM) merupakan fungsi yang pertama–tama harus dilakukan setiap organisasi. SDM adalah langkah tertentu yang diambil oleh manajemen guna tersedianya tenaga kerja yang tepat untuk waktu yang tepat. Kesemuanya dalam rangka mencapai tujuan dan berbagai sasaran yang telah dan akan ditetapkan yang harus di selesaikan dalam

9 Baca lebih lajut

Perencanaan Sumber Daya Manusia Melalui Pendekatan Manajemen Sumber Daya Manusia Strategis COVER

Perencanaan Sumber Daya Manusia Melalui Pendekatan Manajemen Sumber Daya Manusia Strategis COVER

perpustakaan.uns.ac.id digilib.uns.ac.id commit to user i PERENCANAAN SUMBER DAYA MANUSIA MELALUI PENDEKATAN MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA STRATEGIS Studi Tenaga Kependidikan di Ka[r]

1 Baca lebih lajut

Perencanaan Sumber Daya Manusia Melalui Pendekatan Manajemen Sumber Daya Manusia Strategis artikel iwan wa

Perencanaan Sumber Daya Manusia Melalui Pendekatan Manajemen Sumber Daya Manusia Strategis artikel iwan wa

Dalam monitoring (pemantauan) dikumpulkan data dan dianalisis, hasil analisis diinterpretasikan dan dimaknakan sebagai masukan bagi organisasi untuk mengadakan perbaikan. monitoring harus bersifat komprehensif dan terbuka terhadap berbagai prinsip-prinsip yang ada, diantaranya adalah prinsip ilmiah, prinsip demokratis, prinsip kerjasama , prinsip konstruktif dan kreatif. Dengan kata lain, kegiatan monitoring dan evaluasi ini bisa dikatakan merupakan langkah pamungkas dalam tahap penyusunan strategi perencanaan sumber daya manusia guna mencapai tujuan organisasi. Menurut apa yang disampaikan oleh Payaman Simanjuntak (2005) pelaksanaan evaluasi program akan memberikan berbagai manfaat. Diantaranya adalah pengembangan SDM, pemberian kompensasi, program peningkatan produktivitas, program kepegawaian., menghindari perlakuan diskriminasi.
Baca lebih lanjut

20 Baca lebih lajut

A. Perencanaan Sumber Daya Manusia - Manajemen Sumber Daya Manusia   ilmumadya.blogspot.com

A. Perencanaan Sumber Daya Manusia - Manajemen Sumber Daya Manusia ilmumadya.blogspot.com

Manajemen sumber daya manusia atau yang biasa disebut HRM (human resource management) adalah sebuah aktivitas organisasi yang bertujuan menciptakan dan mengembangkan sumber daya manusianya agar dapat bekerja secara efektif. Semua karyawan, termasuk karyawan lini bawah sekalipun, memiliki peranan yang penting dalam perusahaan. Oleh karena itu, manajer pengelola sumber daya manusia harus mampu melakukan perencanaan yang baik untuk mendukung efektivitas kerja karyawannya. Bagian atau unit yang biasanya mengurus dan menangani sumber daya manusia adalah departemen sumber daya manusia atau HRO (human resource department).
Baca lebih lanjut

7 Baca lebih lajut

Sumber Daya Manusia dan Manusia Bersumber Daya dalam Organisasi.

Sumber Daya Manusia dan Manusia Bersumber Daya dalam Organisasi.

Dalam konteks organisasi yang demikian maka manusia harus dipandang bukan lagi sebagai salah satu faktor produksi atau sumber daya manusia; akan tetapi harus dihargai sebagai manusia yang bersumber daya yaitu orang yang cerdas dan memiliki potensi.

8 Baca lebih lajut

SUMBER DAYA MANUSIA dan (2)

SUMBER DAYA MANUSIA dan (2)

Upaya-upaya manusia itu bukan sesuatu yang statis, tetapi terus berkembang dan berubah, seirama dengan dinamika kehidupan manusia, yang berlangsung dalam kebersamaan sebagai suatu masyarakat. Oleh karena itu salah satu situasi yang mendukung adalah seluruh peraturan pengelolaan sumber daya manusia yang berdampak pada perlakuan yang sama kepada pegawai.

3 Baca lebih lajut

Sumber daya manusia dalam (4)

Sumber daya manusia dalam (4)

Sumber daya manusia (SDM) adalah salah satu faktor yang sangat penting bahkan tidak dapat dilepaskan dari sebuah organisasi, baik institusi maupun perusahaan. SDM juga merupakan kunci yang menentukan perkembangan perusahaan. Pada hakikatnya, SDM berupa manusia yang dipekerjakan di sebuah organisasi sebagai penggerak untuk mencapai tujuan organisasi itu. Dewasa ini, perkembangan terbaru memandang karyawan bukan sebagai sumber daya belaka, melainkan lebih berupa modal atau aset bagi institusi atau organisasi. Karena itu kemudian muncullah istilah baru di luar H.R. (Human Resources), yaitu H.C. atau Human Capital. Di sini SDM dilihat bukan sekadar sebagai aset utama, tetapi aset yang bernilai dan dapat
Baca lebih lanjut

3 Baca lebih lajut

Sumber Daya Manusia di (1)

Sumber Daya Manusia di (1)

Tersedianya Sumber Daya Manusia (SDM) dengan tingkat kompetensi yang bersaing dan memiliki produktifitas di atas rata – rata di setiap industri adalah tertuang dalam visi perusahaan dalam mengembangkan SDM. Untuk mencapai visi tersebut maka perusahaan menetapkan indikator kinerja pengembangan SDM sebagai tolok ukur tahap – tahap pencapaiannya. Indikator kinerja tersebut antara lain meliputi tingkat produktifitas, kepuasan kerja dan kaderisasi untuk menjaga sustainabilitas perusahaan.

3 Baca lebih lajut

SUMBER DAYA MANUSIA dan (3)

SUMBER DAYA MANUSIA dan (3)

Faktor yang ketiga, perubahan perilaku merupakan hak peserta itu sendiri, dalam artian peserta dapat membuat kesimpulan-kesimpulan sendiri dalam mengaplikasikan hasil pelatihan, seperti:[r]

14 Baca lebih lajut

SUPLAI SUMBER DAYA MANUSIA .

SUPLAI SUMBER DAYA MANUSIA .

ESTIMASI SUPLAI INTERNAL Suatu informasi yang berisi evaluasi kinerja para karyawan, informasi ini memungkinkan para perencana untuk menugaskan para karyawan tertentu untuk mengisi lowo[r]

5 Baca lebih lajut

Pemeliharaan Sumber Daya Manusia melalui

Pemeliharaan Sumber Daya Manusia melalui

c. Material insentif, adalah daya perangsang yang diberikan pada karyawan berdasarkan prestasi kerjanya, berbentuk uang dan barang. material insentif ini bernilai ekonomis sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan karyawan dan keluarganya. Pemberian insentif yang adil dan terbuka akan menciptakan pemeliharaan yang baik dan selaras, sehingga loyalitas dan semangat kerja karyawan akan meningkat dan absensi serta tingkat keluar- masuk karyawan akan menurun. Jadi, pemberian insentif sangat berpengaruh terhadap kinerja karyawan dalam suatu perusahaan.

22 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...