Sumber Daya Manusia

Top PDF Sumber Daya Manusia:

Manajemen Sumber Daya Manusia

Manajemen Sumber Daya Manusia

Setiap organisasi khususnya perusahaan memerlukan data yang bersifat riil dari setiap tingkatan manajemennya. Data tersebut disusun dan dikelola dalam sebuah sistem informasi. Salah satu sistem informasi terpenting pada perusahaan adalah mengenai Sistem Informasi Sumber Daya Manusia/Human Resourches Information System (SISDM/HRIS).

11 Baca lebih lajut

Perencanaan Sumber Daya Manusia Melalui Pendekatan Manajemen Sumber Daya Manusia Strategis artikel iwan wa

Perencanaan Sumber Daya Manusia Melalui Pendekatan Manajemen Sumber Daya Manusia Strategis artikel iwan wa

bertanggungjawab melakukan proses pemantauan dan evaluasi program yang berjalan di universitas. SPI sudah melakukan audit pada sector keuangan dan asset, namun belum melaksanakan fungsinya sebagai auditor SDM. Hal ini senada dengan yang dinyatakan oleh Sekretaris SPI, Anas Wibowo, bahwa audit SDM belum pernah dilakukan oleh SPI sampai dengan akhir tahun 2013. Audit SDM baru direncanakan akan dilakukan pada tahun 2014. Hal ini berdampak pada aspek-aspek perencanaan SDM yang lain karena proses audit SDM adalah proses dimana akan diperoleh data yang akurat mengenai kesenjangan SDM yang dimiliki, sehingga dapat menentukan secara akurat mengenai langkah yang akan diambil dalam melakukan perbaikan perencanaan manajemen sumber daya manusia.
Baca lebih lanjut

20 Baca lebih lajut

Penegendalian sumber daya manusia .

Penegendalian sumber daya manusia .

manajemen dalam menentukan pergerakan sumber daya manusia organisasi dari posisi yang diinginkan di masa depan, sedangkan sumber daya manusia adalah seperangkat proses-proses dan aktivitas yang dilakukan bersama oleh manajer sumber daya manusia dan manajer lini untuk menyelesaikan masalah organisasi yang terkait dengan manusia. Tujuan dari integrasi system adalah untuk menciptakan proses prediksi demand sumber daya manusia yang muncul dari perencanaan strategik dan operasional secara kuantitatif, dibandingkandengan prediksi ketersediaan yang berasal dari program-program SDM. Oleh karena itu, perencanaan sumber daya manusia harus disesuaikan dengan strategi tertentu agar tujuan utama dalam memflitasi keefektifan organisasi dapat tercapai.
Baca lebih lanjut

12 Baca lebih lajut

PERENCANAAN SUMBER DAYA MANUSIA .

PERENCANAAN SUMBER DAYA MANUSIA .

Perencanaan sumber daya manusia (SDM) merupakan fungsi yang pertama–tama harus dilakukan setiap organisasi. SDM adalah langkah tertentu yang diambil oleh manajemen guna tersedianya tenaga kerja yang tepat untuk waktu yang tepat. Kesemuanya dalam rangka mencapai tujuan dan berbagai sasaran yang telah dan akan ditetapkan yang harus di selesaikan dalam

9 Baca lebih lajut

Sumber daya Manusia . docx

Sumber daya Manusia . docx

Oleh karena itu, sumber daya manusia sangat penting dalam pembangunan ekonomi suatu Negara. Kondisi kualitas sumber daya manusia merupakan kelemahan mendasar bagi negara-negara berkembang, termasuk Indonesia. Pengalaman selama krisis ekonomi menunjukkan bahwa negara - negara yang mempunyai kualitas sumber daya manusia yang lebih baik akan lebih cepat bangkit dari krisis yang melandanya. Hal ini dapat dilihat pada negara - negara seperti Korea, Jepang, Thailand, dan negara - negara lainnya. Bahkan, Singapura tidak terkena krisis padahal negara-negara di sekitarnya mengalami krisis yang cukup parah. Jadi jelas, langsung atau tidak langsung, kualitas sumber daya manusia itu mempunyai peran yang paling utama dan sangat menentukan dalam pembangunan ekonomi. Indikator kualitas sumber daya manusia itu dapat berupa tingkat pendidikan dan tingkat kesehatan. Bagi negara - negara berkembang seperti Indonesia untuk memacu pertumbuhan ekonominya diperlukan sumber daya manusia yang berkualitas. Namun tingginya kualitas sumber daya manusia tidak dapat diukur dengan angka-angka semata, tetapi dapat dilihat dari apa yang dihasilkannya. Hal tersebut tidak terlepas dari kesadaran masyarakat itu sendiri serta pemerintahan akan pentinggnya meningkatkan kualitas sumber daya manusia.
Baca lebih lanjut

30 Baca lebih lajut

Journal Sumber daya manusia .

Journal Sumber daya manusia .

Proses peningkatan kualitas sumber daya manusia adalah sasaran utama pembangunan nasional juga globalisasi yang di tandai dengan persaingan di segala bidang semakin ketat, karena era globalisasi merupakan masa yang penuh dengan tantangan, sehingga dapat mengubah tantangan tersebut menjadi peluang maka di butuhkan kemampuan yang memadai dari setiap pelaku organisasi maupun perusahaan yang di tunjukan oleh efektivitas kerja yang lebih baik pula, dan sumber daya manusia yang handal merupakan kebutuhan yang sangat mendesak untuk di penuhi.
Baca lebih lanjut

20 Baca lebih lajut

A. Perencanaan Sumber Daya Manusia - Manajemen Sumber Daya Manusia   ilmumadya.blogspot.com

A. Perencanaan Sumber Daya Manusia - Manajemen Sumber Daya Manusia ilmumadya.blogspot.com

tersebut. Hal itu tidak hanya akan menyebabkan perusahaan membuka perekrutan eksternal yang membutuhkan banyak biaya, tetapi juga menyebabkan perusahaan harus melakukan training kepada dua karyawan (satu karyawan baru dan satu karyawan yang naik tingkat) yang membutuhkan biaya yang tak sedikit pula. C. Memilih Sumber Daya Manusia

7 Baca lebih lajut

SUMBER DAYA MANUSIA INDONESIA .

SUMBER DAYA MANUSIA INDONESIA .

Jumlah pekerja sektor pertanian tertinggi ada di pulau jawa, yaitu sebanyak 4.919.756 jiwa,terdiri atas 3.275.128 pekerja laki-laki dan 1.644.628 pekerja perempuan. Diikuti Pulau Sumatera dengan jumlah pekerja sebanyak 2.193.566 pekerja , yang berasal dari 1.675.494 pekerja laki-laki dan 517.072 pekerja perempuan . Pulang sulawesi dan kalimantan menepati urutan ketiga dan keempat dengan jumlah pekerja masing-masing sebanyak 477.703 dan 468.528 jiwa. Sisanya sebanyak 419.128 jiwa terdiri dari beberapa pulau lainnya . Jadi Tabel dibawah menunjukkan bahwa sumber daya manusia pertanian masih terkonsentrasi di pulau jawa.
Baca lebih lanjut

1 Baca lebih lajut

Pemeliharaan Sumber Daya Manusia melalui

Pemeliharaan Sumber Daya Manusia melalui

c. Material insentif, adalah daya perangsang yang diberikan pada karyawan berdasarkan prestasi kerjanya, berbentuk uang dan barang. material insentif ini bernilai ekonomis sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan karyawan dan keluarganya. Pemberian insentif yang adil dan terbuka akan menciptakan pemeliharaan yang baik dan selaras, sehingga loyalitas dan semangat kerja karyawan akan meningkat dan absensi serta tingkat keluar- masuk karyawan akan menurun. Jadi, pemberian insentif sangat berpengaruh terhadap kinerja karyawan dalam suatu perusahaan.

22 Baca lebih lajut

Sumber Daya Manusia dan Manusia Bersumber Daya dalam Organisasi.

Sumber Daya Manusia dan Manusia Bersumber Daya dalam Organisasi.

Pada kenyataannya manajemen manusia tidaklah sesederhana tulisan ini, mengingat bahwa manusia merupakan makhluk yang sangat kompleks, dimana manusia memiliki dimensi fisik dan emosional yang dapat dijangkau oleh ilmu pengetahuan tetapi juga memiliki dimensi ruhani atau spiritual yang seringkali dikecualikan dari ilmu pengetahuan ilmiah.

8 Baca lebih lajut

Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM)

Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM)

Penilaian kinerja SDM merupakan tanggung jawab manajer SDM. Setiap manajer bertanggung tanggung jawab utama mengevaluasi bawahannya dan memberikan suatu masukan kepada departemen SDM di dalam pengembangan suatu penilaian kinerja atau performance evaluation yang efektif. Selain itu, setiap manajer juga perlu memberikan kepastian di dalam proses penilaian kinerja tersebut telah dilakukan seluruh bagian perusahaan. Selain itu, Departemen sumber daya rnanusia juga berkewajiban memberikan training terhadap para manajer tentang terkait pembuatan standar kinerja yang baik dan juga akurat.
Baca lebih lanjut

Baca lebih lajut

249247797 Sumber Daya Manusia

249247797 Sumber Daya Manusia

Setelah dilakukan pengumpulan data melalui kuesioner dan wawancara mendalam, selanjutnya akan dianalisis beberapa indikator kualitas sumber daya manusia (SDM) berdasarkan kondisi Desa Batukandik kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung. Hasil yang didapat bisa dijabarkan sebagai berikut; (a) Intelligence (kecerdasan). Indikator ini dinilai berdasarkan tingkat pendidikan kepala keluarga, dan tingkat pendidikan tertinggi anggota keluarga di r umah tangga tersebut. Sebanyak 47,37% dari total responden memiliki riwayat pendidikan yang sangat rendah, yaitu tidak tamat SD, bahkan sebagian tidak pernah mengenyam pendidikan dasar. R esponden yang mampu menamatkan pendidikan dasar 9 tahun (tamat SMP) hanya 14,47% atau 11 orang dari total 76 responden. Hal ini dapat menjadi gambaran bahwa sebagian besa r penduduk di desa Batukandik t idak memandang tingkat pendidikan sebagai suatu hal yang utama dalam hidup mereka. Hal ini diperkuat dengan suatu kenyataan bahwa pendidikan tertinggi di keluarga mereka adalah hanya sampai di tingkat SMP. Alasan terbanyak mengapa tingkat pendidikan mereka tidak dilanjutkan ke jenjang lebih tinggi adalah karena ketidakmampuan membayar pendidikan, dan kebutuhan pendidikan dalam hidup mereka yang tidak menjadi prioritas utama, (b) Inisiative (inisiatif). Indikatornya adalah responden mengetahui dan memahami persoalan di lingkungan tempat tinggalnya, serta ada atau tidaknya usaha untuk mengatasi persoalan yang dihadapi tersebut. Sebagian besar responden mengaku mengetahui kondisi desa mereka, beserta berbagai permasalahan yang dihadapi. Diantaranya, permasalahan air bersih yang sampai saat ini menjadi masalah klasik yang belum terselesaikan dengan tuntas, akses pendidikan dan kesehatan yang dirasa sangat kurang, dan kondisi alam yang tidak memungkinkan mereka untuk dapat berbuat lebih banyak lagi. Yang perlu disayangkan adalah, walaupun para responden mengetahui permasalahan-permasalahan yang dihadapi, namun sebagian besar dari mereka tidak memiliki suatu ide
Baca lebih lanjut

9 Baca lebih lajut

BUKU MSDM PRI MARNIS

BUKU MSDM PRI MARNIS

tujuan organisasi menjadi tidak efisien dan tidak efektif karena daya dalam Surnber Daya Manusia tidak menunjukkan dan tidak menggambarkan sebagaimana diharapkan. Artinya daya yang bersumber dad manusia berupa tenaga atau kekuatan yang ada pada diri manusia itu sendiri tidak mampu memberdayakan sumber-sumber lainnya (Non Human Resources) sehingga tidak memberi manfaat/hasil dalam suatu organisasi. Berkaitan dengan hal tersebut, maka tujuan Pemberdayaan SDM adalah terwujudnya SDM yang mempunyai kemampuan (competency) yang kondusif, adanya wewenang (authority) yang jelas dan dipercayai serta adanya tanggung jawab (responsibility) yang akuntabel dalam rangka pelaksanaan misi organisasi. 4. Arti penting Sumber Daya Manusia, sebagaimana
Baca lebih lanjut

Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...