Tari Gambyong

Top PDF Tari Gambyong:

PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PEMBELAJARAN TARI GAMBYONG PAREANOM UNTUK SISWA SMP.

PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PEMBELAJARAN TARI GAMBYONG PAREANOM UNTUK SISWA SMP.

Pada tahun 1972 S. Ngaliman menyusun tari Gambyong Pareanom yang berpijak pada tari Gambyong Pareanom susunan Nyi Bei Mintoraras. Tujuan S. Ngaliman menyusun tari Gambyong Pareanom adalah untuk dapat ditampilkan dan dipelajari di masyarakat luas, dikarenakan tari Gambyong Pareanom susunan Nyi Bei Mintoraras lebih terbatas di lingkungan Mangkunegaran. Selain itu S. Ngaliman juga menggarap sekaran-sekaran baru diantaranya sekaran ulap-ulap tawing dan gerak nacah miring. Perbedaan susunan yang paling mudah diamati pada awal dan akhir sajian tari tersebut. Apabila tari Gambyong Pareanom susunan Nyi Bei Mintoraras menggunakan sembahan, sedangkan tari Gambyong Pareanom susunan S. Ngaliman menggunakan srisig kanan untuk mengawali dan mengakhiri tarian.
Baca lebih lanjut

182 Baca lebih lajut

Implementasi Animasi Tarian Daerah Dengan Menggunakan iClone (Studi Kasus : Tari Gambyong).

Implementasi Animasi Tarian Daerah Dengan Menggunakan iClone (Studi Kasus : Tari Gambyong).

Animasi adalah gambar begerak berbentuk dari sekumpulan objek (gambar) yang disusun secara beraturan mengikuti alur pergerakan yang telah ditentukan pada setiap pertambahan hitungan waktu yang terjadi. Gambar atau objek yang dimaksud dalam definisi di atas bisa berupa gambar manusia, hewan, maupun tulisan. Pada tahap Animasi tarian daerah dengan meggunakan iClone (studi kasus : Tari Gambyong) menggunakan beberapa prinsip animasi sebagai pilar dalam pembuatan animasi sehingga gerakannya animasi lebih realistis dan enak dilihat. Pencahayaan saat penting dalam mengatur detail obyek dan bayangan obyek, pada tahap ini penulis menggunakan point lighting untuk mengatur pencahayaan dalam ruangan. Penulis menggunakan diffused light dengan sumber pencahayaan diantaranya key light, fill light dan over head light . 3D Rendering merupakan proses untuk membentuk sebuah gambar dari sebuah model yang dibentuk oleh perangkat lunak animasi, model tersebut berisi data geometri, titik pandang, tekstur dan cahaya yang diperlukan untuk membuat gambar yang utuh. 3D Rendering merupakan proses yang sangat penting dan telah digunakan untuk berbagai macam penggunaan, seperti program permainan komputer, efek spesial pada video dan program simulasi.
Baca lebih lanjut

18 Baca lebih lajut

KAJIAN KOREOGRAFI TARI GAMBYONG TAYUB DI KABUPATEN BLORA

KAJIAN KOREOGRAFI TARI GAMBYONG TAYUB DI KABUPATEN BLORA

Bentuk tari Gambyong Tayub terdiri dari gerak, tata rias dan busana, property, tempat pentas, tata lampu, dan iringan musik. Gerak dalam Tari Gambyong Tayub memiliki 36 ragam gerak yang dikelompokkan menjadi 3 bagian yaitu bagian I (pembuka), bagian II (inti), dan bagian III (penutup). Musik Tari Gambyong Tayub terinspiransi dari gendhing-gendhing tayub khas Blora, sedangkan liriknya menggunakan Bahasa Jawa agar mudah diterima oleh masyarakat luas. Pemusik yang memainkan alat musik berjumlah 8 orang. Alat musik yang digunakan untuk mengiringi Tari Gambyong Tayub diantaranya gong, kenong, kendhang, kempul, peking, saron, drum dan simbal. Tata rias yang digunakan yaitu menggunakan rias cantik atau rias korektif (corrective make up). Kostum atau busana yang digunakan dalam Tari Gambyong Tayub yaitu kemben, jarit, dan sampur kupu tarung, sanggul jawa, dengan aksesoris anting-anting, gelang, dan kalung.Tempat pentas atau pertunjukan Tari Gambyong Tayub biasanya dilakukan di tempat terbuka maupun tertutup tergantung sesuai acara yang diselenggarakan.
Baca lebih lanjut

58 Baca lebih lajut

KAJIAN ESTETIS KOREOGRAFIS TARI GAMBYONG RETNO KUSUMO DI SANGGAR SOERYA SOEMIRAT KOTA SURAKARTA

KAJIAN ESTETIS KOREOGRAFIS TARI GAMBYONG RETNO KUSUMO DI SANGGAR SOERYA SOEMIRAT KOTA SURAKARTA

Aspek koreografi ataupun dari aspek nilai-nilai estetik begitu pula artistiknya, terdapat dua kelompok besar, yaitu ada yang termasuk pada kelompok tari tradisional folkloric yang bertolak dari seni tari rakyat dan ada pula yang termasuk kelompok tari tradisional klasik yang bertitik tolak dari seni keraton. Tari Tradisional Folkloric (rakyat)Tari yang hidup serta didukung oleh masyarakat atau wilayah adatnya secara turun temurun, perwujudan tari dari perbendaharaan geraknya sangat berkaitan sekali dengan peristiwa yang menjadi rangkanya dengan tema-tema yang sudah dibakukan serta ditetapkan yang sesuai peristiwa itu.Tari Tradisional Klasik hidup dilingkungan istana yang memiliki bentuk-bentuk gerak yang diatur dengan seperangkat sistem sehingga seolah-olah tidak boleh dilanggar. Unsur- unsur seni sebagai penyempurnaan dari wujud tariannya, diatur dan ditetapkan pula berdasarkan pola-pola atau aturan-aturan yang tertentu yang telah lama hidup sebagai warisan budaya dari leluhurnya. Tari istana yang berkembang salah satunya adalah Tari Gambyong yang banyak diminati oleh semua kalangan.
Baca lebih lanjut

79 Baca lebih lajut

PERANCANGAN KAKI ROBOT PENARI GAMBYONG BERBASIS  Perancangan Kaki Robot Humanoid Untuk Robot Penari Gambyong Berbasis Mikrokontroler Atmega8535.

PERANCANGAN KAKI ROBOT PENARI GAMBYONG BERBASIS Perancangan Kaki Robot Humanoid Untuk Robot Penari Gambyong Berbasis Mikrokontroler Atmega8535.

Saat ini hampir semua orang mengenal robot. Ada banyak jenis robot yang sudah popular, salah satunya adalah robot humanoid. Robot juga dapat membantu mengatasi tugas manusia yang berat, bahaya, dan kaotor, seperti di bidang produksi, bidang pertambangan, bidang hiburan, dan sebagainya. Pada tugas akhir ini, penulis ingin mengkolaborasikan robot humanoid dengan tarian tradisional di Indonesia. Penulis ingin memperkenalkan tarian tradisional yang ada di Indonesia dan meningkatkan cinta tanah air karena Indonesia memiliki banyak jenis tarian tradisional tetapi banyak orang Indonesia yang tidak mengetahui tarian-tarian tradisional bahkan mereka tidak suka tarian tradisional melainkan mereka lebih suka tarian modern. Tarian yang digunakan oleh penulis yaitu Tari Gambyong yang berasal dari Surakarta, Jawa Tengah.
Baca lebih lanjut

13 Baca lebih lajut

PENDAHULUAN  Perancangan Robot Humanoid Penari Gambyong Dengan Sistem Kontrol Sensor Suara Berbasis Microkontroler ATMEGA8535.

PENDAHULUAN Perancangan Robot Humanoid Penari Gambyong Dengan Sistem Kontrol Sensor Suara Berbasis Microkontroler ATMEGA8535.

Tari gambyong adalah suatu tarian yang di sajikan untuk penyambutan tamu atau mengawali suatu resepsi pernikahan. Istilah Gambyong berasal dari nama seorang penari ledhek yang bernama Gambyong. Dalam buku Cariyos Lelampahanipun karya Suwargi R.Ng. Ronggowarsito mengungkapkan bahwa ada penari ledhek yang bernama Gambyong yang memiliki kemahiran dalam menari dan kemerduan dalam suara sehingga menjadi pujaan kaum muda pada zaman itu. Koreografi tari gombyong sebagian besar berpusat pada penggunaan gerak kaki, tubuh, lengan dan kepala.

5 Baca lebih lajut

RPP DAN SILABUS SENI BUDAYA SMP KELAS VII

RPP DAN SILABUS SENI BUDAYA SMP KELAS VII

 memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;  Mendiskusikan ragam gerak tari Gambyong[r]

119 Baca lebih lajut

Profil Penari Gambyong Laki laki Sedap Malam di Desa Mageru Kidul Plumbungan Kecamatan Karangmalang Kabupaten Sragen

Profil Penari Gambyong Laki laki Sedap Malam di Desa Mageru Kidul Plumbungan Kecamatan Karangmalang Kabupaten Sragen

Hasil penelitian yang didapat berupa profil penari yaitu Dwi Setyo Utomo, Endang Sukardi dan Purwanto dilihat dari segi sosial menjadi lebih terkenal dan dihargai, dari segi ekonomi perekonomian Dwi Setyo Utomo, Endang Sukardi dan Purwanto meningkat, dari segi psikologi mereka mempunyai kelainan genetik sejak kecil sehingga menjadikan Dwi Setyo Utomo, Endang Sukardi dan Purwanto menjadi seorang travesti. faktor pendukung dapat dilihat dari adanya pelaku kesenian tari gambyong yaitu penari dan pengrawit, adanya regenerasi penerus pelaku tari gambyong laki-laki Sedap Malam, sarana alat musik gamelan dan tingginya antusias masyarakat yang menonton pertunjukan tari, sedangkan faktor penghambat meliputi psikologi yaitu perbedaan sifat penari serta lingkungan waria luar yang tidak mendapatkan pembinaan kadang membuat pengaruh tidak baik.
Baca lebih lanjut

112 Baca lebih lajut

Soal dan Kunci Jawab Siap UAS Bahasa Indonesia Kelas VII K 13

Soal dan Kunci Jawab Siap UAS Bahasa Indonesia Kelas VII K 13

Teks 1 Taman Nasional adalah kawasan pelestarian alam yang dikelola untuk keperluan berbagai penelitian, perkembangan ilmu pe Teks 2 Tari Gambyong merupakan tarian untuk menyambut t[r]

7 Baca lebih lajut

RPP dan Silabus SMP/MTs Komplit  Ngopy Bareng

RPP dan Silabus SMP/MTs Komplit Ngopy Bareng

 memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;  Mendiskusikan ragam gerak tari Gambyong[r]

150 Baca lebih lajut

rpp bahasa indonesia SMP Kurikulum 2013 edisi revisi

rpp bahasa indonesia SMP Kurikulum 2013 edisi revisi

mengamati 4 Dengan sikap percaya diri, penuh tanggung jawab dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, siswa membaca dan memahami teks tari Gambyong dengan teliti dan cermat [r]

7 Baca lebih lajut

Ulangan Harian Tema 5 Sub Tema 1

Ulangan Harian Tema 5 Sub Tema 1

Properti yang digunakan dalam tari golek adalah.. Kegunaan dari tari gambyong adalah untuk.[r]

11 Baca lebih lajut

Soal Latihan UTS PKn Kelas 5 SD Semester 1

Soal Latihan UTS PKn Kelas 5 SD Semester 1

1.Pada tangal 28 Oktober bangsa Indonesia memperingati hari 2.Kepanjangan dari NKRI adalah 3.Indonesia diapit 2 benua yaitu dan 4.Tari Serimpi dan tari gambyong berasal dari propinsi [r]

5 Baca lebih lajut

PERANCANGAN ROBOT HUMANOID PENARI GAMBYONG  DENGAN SISTEM KONTROL SENSOR  SUARA   Perancangan Robot Humanoid Penari Gambyong Dengan Sistem Kontrol Sensor Suara Berbasis Microkontroler ATMEGA8535.

PERANCANGAN ROBOT HUMANOID PENARI GAMBYONG DENGAN SISTEM KONTROL SENSOR SUARA Perancangan Robot Humanoid Penari Gambyong Dengan Sistem Kontrol Sensor Suara Berbasis Microkontroler ATMEGA8535.

Perancangan Robot Humanoid pada Tugas Akhir ini diharapkan dapat dijadikan bahan referensi dalam perancangan robot humanoid yang efektif dan efisien serta membantu memahamkan mahasiswa khususnya jurusan Teknik Elektro UMS terhadap sistem kendali robot humanoid dan kecerdasan buatan pada robot. Diharapkan pula perancangan Robot Humanoid Penari gambyong ini bisa menjadi media untuk menyampaikan seni Tari Gambyong melalui teknologi kepada dunia luar.

16 Baca lebih lajut

PERANCANGAN ROBOT HUMANOID PENARI GAMBYONG  DENGAN SISTEM KONTROL SENSOR  SUARA   Perancangan Robot Humanoid Penari Gambyong Dengan Sistem Kontrol Sensor Suara Berbasis Microkontroler ATMEGA8535.

PERANCANGAN ROBOT HUMANOID PENARI GAMBYONG DENGAN SISTEM KONTROL SENSOR SUARA Perancangan Robot Humanoid Penari Gambyong Dengan Sistem Kontrol Sensor Suara Berbasis Microkontroler ATMEGA8535.

Robot dengan dimensi 58cm x 24cm x 13cm memiliki dua puluh satu DOF (degree of freedom) / derajat kebebasan yang tersusun atas empat belas buah motor servo TowerPro MG995 dan tujuh buah motor servo TowerPro MG90. Pergerakan Robot didasarkan pada ada atau tidaknya input suara yang masuk ke Sensor Suara. Robot dapat melakukan tujuh gerakan dasar dari Tari Gambyong yaitu Sembah Pembuka, Gerak Srisig Miwir Sampur, Gerak Kebyok Sampur, Gerak Ulap-ulap, Gerak Penthangan, dan Gerak Panggel, dan Sembah Penutup.

13 Baca lebih lajut

PENDAHULUAN  Perancangan Kaki Robot Humanoid Untuk Robot Penari Gambyong Berbasis Mikrokontroler Atmega8535.

PENDAHULUAN Perancangan Kaki Robot Humanoid Untuk Robot Penari Gambyong Berbasis Mikrokontroler Atmega8535.

Pada tugas akhir ini, penulis ingin mengkolaborasikan robot humanoid dengan tarian tradisional di Indonesia. Penulis ingin memperkenalkan tarian tradisional yang ada di Indonesia dan meningkatkan cinta tanah air karena Indonesia memiliki banyak jenis tarian tradisional tetapi banyak orang Indonesia yang tidak mengetahui tarian-tarian tradisional bahkan mereka tidak suka tarian tradisional melainkan mereka lebih suka tarian modern. Tarian yang digunakan oleh penulis yaitu Tari Gambyong yang berasal dari Surakarta, Jawa Tengah.
Baca lebih lanjut

5 Baca lebih lajut

TARIAN SAJOJO DARI PAPUA INDONESIA

TARIAN SAJOJO DARI PAPUA INDONESIA

khususnya Jawa Tengah. Tari gambyong merupakan hasil dari perpaduan tari rakyat dan tari keraton. Asal mula kata ‘Gambyong’ awalnya merupakan nama dari seorang waranggana atau wanita yang terpilih (wanita penghibur) yang mana pandai serta piawai dalam membawakan tarian indah serta lincah. Nama lengkap dari waranggana tersebut di atas ialah Mas Ajeng Gambyong. Awal mula, tari gambyong ini hanya sebagai bagian tari tayub atau dapat disebut tari taledhek. Istilah taledhek ini digunakan juga sebagai penyebut penari taledhek, penari tayub, serta penari gambyong. Sejarah dari Tari Gambyong yang berasal dari Jawa Tengah tersebut juga bisa diartikan sebagai tarian yang bersifat tunggal yang dapat dilakukan oleh wanita atau penari yang memang dipertunjukkan sebagai permulaan dari penampilan tari atau bisa disebut pesta tari. Gambyongan sendiri mempunyai arti golekan atau ‘boneka terbuat dari kayu’ dan menggambarkan wanita yang menari dalam pertunjukan suatu wayang kulit saat penutupan.
Baca lebih lanjut

23 Baca lebih lajut

Menyampaikan Isi Informasi

Menyampaikan Isi Informasi

Seribu seratus penari meramaikan pergelaran tari Gambyong 1.000 penari yang diadakan Paguyuban Guru Tari Indonesia (Pagutri) Surakarta dan Mataya Art and Heritage kemarin. Sajian itu merupakan bentuk perayaan Hari Tari Dunia 2007. Di tempat terpisah, perayaan serupa juga diselenggarakan kalangan sivitas akademika Institut Seni Indonesia (ISI) Solo dengan acara menari 24 jam di kampus Kentingan.

1 Baca lebih lajut

Seni Tari Kelas 11  Alien Wiriatunnisa Yulia Hendrilianti 2010

Seni Tari Kelas 11 Alien Wiriatunnisa Yulia Hendrilianti 2010

Balet berakar pada acara pertemuan para ningrat Italia di masa pencerahan. Selanjutnya, balet dikembangkan dalam ballet de cour, yaitu dansa sosial yang dilakukan bersama musik, pidato, puisi, nyanyian, dekor, dan kostum oleh para ningrat Prancis. Balet kemudian berkembang sebagai bentukan seni tersendiri di Prancis pada masa pemerintahan raja Louise XIV yang sangat mencintai seni tari dan bertekad untuk memajukan kualitas seni tari pada masa itu. Sang raja mendirikan Académie Royale de Danse pada tahun 1661. Pada tahun yang sama, ditampilkan balet komedi karya Jean-Baptist Lully. Bentuk balet awal berupa sebuah seni panggung di mana adegan-adegannya berupa tarian. Lully lalu mendalami balet opera dan mendirikan sekolah untuk mendidik penari balet profesional yang berhubungan dengan Académie Royale de Musique. Di sekolah tersebut, sistem pendidikannya berdasarkan tata krama ningrat.
Baca lebih lanjut

244 Baca lebih lajut

TARI TRADISIONAL INDONESIA DAN DUNIA (1)

TARI TRADISIONAL INDONESIA DAN DUNIA (1)

TARI LEGONG dari BALI TARI PENDET dari BALI TARI GANDRUNG BANYUWANGI dari daerah BANYUWANGI, JAWA TIMUR... TARI SEUDATI dari Nangroe Aceh Darussalam TARI YOSPAN dari PAPUA TARI SAM[r]

15 Baca lebih lajut

Show all 3511 documents...