Tata Letak Produk

Top PDF Tata Letak Produk:

PENGARUH TATA LETAK PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA ASSALAAM HYPERMARKET.

PENGARUH TATA LETAK PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA ASSALAAM HYPERMARKET.

Diharapkan dapat memberikan masukan dan gambar bagi swalayan Assalaam Hypermarket untuk dapat memberikan perhatian yang lebih baik terhadap tata letak produk dan kualitas pelayanan, karena kedua faktor tersebut mempunyai pengaruh terhadap kepuasan konsumen.

8 Baca lebih lajut

PERBAIKAN TATA LETAK PRODUK DI ASSALAAM HYPERMARKET DENGAN METODE MARKET BASKET ANALYSIS   Perbaikan Tata Letak Produk Di Assalaam Hypermarket Dengan Metode Market Basket Analysis.

PERBAIKAN TATA LETAK PRODUK DI ASSALAAM HYPERMARKET DENGAN METODE MARKET BASKET ANALYSIS Perbaikan Tata Letak Produk Di Assalaam Hypermarket Dengan Metode Market Basket Analysis.

Perkembangan teknologi yang kian hari kian pesat meimbulkan persaingan di berbagai lini bisnis tidak terkecuali industri ritel. Kepuasan pelanggan merupakan salah satu tujuan dari industri ritel. Salah satu faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen adalah penataan produk/product display. Display yang menarik menjadi wajah dari perusahaan ritel itu sendiri. Assalaam Hypermarket merupakan perusahaan ritel yang mengedepankan kepuasan pada konsumen. Luas area Assalaam Hypermarket yang mencapai 4000 m 2 menimbulkan permasalahan rasa lelah pada konsumen ketika mencari produk-produk yang ingin dibeli. Selain luas area, Jarak antar kelompok produk yang diinginkan oleh konsumen terbilang jauh. Permasalahn tersebut mempengaruhi keputusan konsumen untuk kembali datang dan belanja, hingga terjadi penurunan jumlah transaksi yang semula 1500 tiap harinya menjadi 1300. Selama ini penataan produk di Assaalaam hypermarket hanya berdasar pada intuisi dari pihak manajemen perusahaan. Berdasar pada latar belakang diatas dapat dirumuskan masalah mengenai kelompok produk apa yang mendominasi penjualan di Assalaam Hypermarket, Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk mengidentifikasi kelompok produk yang mendominasi penjualan di Assalaam Hypermarket dan merancang tata letak produk pada Assalaam Hypermarket.
Baca lebih lanjut

17 Baca lebih lajut

PENGARUH TATA LETAK PRODUK TERHADAP KEPUASAN

PENGARUH TATA LETAK PRODUK TERHADAP KEPUASAN

Saya adalah mahasiswi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Sanata Dharma. Tujuan saya membagikan kuesioner ini adalah sehubungan dengan penelitian yang akan saya lakukan dalam penulisan skripsi sebagai salah satu syarat ujian sarjana untuk memperoleh gelar sarjana. Adapun judul penelitian saya adalah Pengaruh Tata Letak Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Berbelanja. Studi kasus Mirota Kampus Jl. C. Simanjuntak 70 Yogyakarta.

169 Baca lebih lajut

Analisis Tata Letak Produk Pada Pengelolaan Preferensi Pelanggan Koperasi Retail

Analisis Tata Letak Produk Pada Pengelolaan Preferensi Pelanggan Koperasi Retail

Minimart merupakan salah satu industri retail. Kekurangan dari industri ini adalah kurangnya komitmen dan kemudahan pembeli untuk beralih ke pesaing. Untuk itu, diperlukan manajemen pelanggan atau Customer Relationship Management (CRM). Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi tata letak produk di koperasi retail dan menyusun perbaikan tata letak yang memenuhi preferensi pelanggan. Penelitian ini menggunakan analisis RFM dan metode association rules. Data transaksi per hari diperlukan untuk analisis RFM. Produk pada data transaksi diklasifikasikan menjadi kelompok besar dan kelompok kecil. Nama produk diubah dalam bentuk kode. Perhitungan associacion rules dilakukan dengan menghitung nilai support, confidence dan improvement untuk kelas besar dan kelas kecil. Penentuan nilai dari A, E, I, O, U, X dilakukan dari tiap-tiap kelas. Peletakkan dari produk sudah dapat ditentukan dan dapat digambarkan. Hasil identifikasi tata letak menunjukkan peletakkan produk di koperasi retail selama sebulan tidak beraturan dan tidak mengalami perubahan. Hasil perbaikan tata letak menunjukkan nilai support tertinggi terdapat pada kategori E (Keperluan mencuci) -> K (Bumbu dapur), yaitu 1.2. Dengan demikian, denah peletakan kategori E dan K berposisi mutlak berdekatan.
Baca lebih lanjut

31 Baca lebih lajut

Perbaikan Tata Letak Produk Dalam Gudang Dengan Menggunakan Metode Corelap Di CV.Putra Setia Persada.

Perbaikan Tata Letak Produk Dalam Gudang Dengan Menggunakan Metode Corelap Di CV.Putra Setia Persada.

Dalam melakukan perancangan tata letak produk dalam gudang usulan, penulis terlebih dahulu memperhitungkan kebutuhan luas lantai. Perhitungan luas lantai memperhatikan dimensi dan jumlah produk yang akan disimpan serta cara penataannya. Jumlah produk yang disimpan dipengaruhi oleh besar permintan konsumen (jumlah produk yang keluar) dan jumlah barang yang diterima dari supplier (jumlah produk yang masuk). Dalam penelitian ini, penulis menggunakan data produk selama periode Januari 2010 sampai September 2010. Produk-produk yang berasal dari satu famili akan didekatkan dengan bantuan peta keterkaitan kegiatan (ARC) dan selanjutnya dilakukan pembuatan peta keterkaitan diagram (ARD) dengan bantuan algoritma CORELAP. Setelah itu dilakukan penataan produk di dalam gudang. Langkah terakhir adalah perancangan gudang (AAD) dengan input dari ARD yang telah memperhitungkan ukuran sebenarnya.
Baca lebih lanjut

14 Baca lebih lajut

PENDAHULUAN  Perbaikan Tata Letak Produk Di Assalaam Hypermarket Dengan Metode Market Basket Analysis.

PENDAHULUAN Perbaikan Tata Letak Produk Di Assalaam Hypermarket Dengan Metode Market Basket Analysis.

Perilaku konsumen yang demikian, mengharuskan pihak manajemen Assalaam Hypermarket berpikir kreatif, melakukan pendekatan terhadap konsumen untuk mengenal dan memahami perilaku dan keinginan konsumen. Pengetahuan mengenai perilaku konsumen dapat dimanfaatkan sebagai pengaturan penataan produk berdasarkan produk yang paling diminati oleh konsumen. Hal tersebut dapat memberikan kemudahan, kenyamanan bagi konsumen dalam membeli barang dan dapat memungkinkan terjadinya impulse buying yaitu keinginan membeli produk tanpa disengaja sehingga meningkatkan pendapatan perusahaan. Permasalahan tersebut yang melatarbelakangi perlu adanya penelitian ini.
Baca lebih lanjut

5 Baca lebih lajut

Perancangan Tata Letak Gudang Produk Jadi Di CV Martin Lestari, Bandung.

Perancangan Tata Letak Gudang Produk Jadi Di CV Martin Lestari, Bandung.

CV. Martin Lestari tempat penulis melakukan penelitian adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang garment. Penulis menemukan bahwa adanya permasalahan dalam perusahaan yang menyangkut tata letak produk jadi dalam gudang. Saat ini, tata letak produk tidak beraturan, dimana produk sejenis diletakkan di beberapa lokasi. yang menyebabkan kesulitan saat pencarian dan pengambilan maupun saat penyimpanan produk. Di samping itu tinggi tumpukan adalah 5 tumpuk, sehingga akan mengalami kesulitan dalam penyimpanan dan pengambilan produk. Oleh karena itu, penulis mengusulkan perbaikan tata letak produk jadi di gudang produk jadi.
Baca lebih lanjut

38 Baca lebih lajut

PABRIK GLISEROL DARI CPO DENGAN PROSES CONTINUE FAT SPLITTING.

PABRIK GLISEROL DARI CPO DENGAN PROSES CONTINUE FAT SPLITTING.

Bahan baku utama yaitu CPO yang disuplai dari perusahaan swasta di daerah sekitar Asahan, Medan atau pun disekitarnya. Sedangkan untuk bahan pembantu lainnya yaitu untuk kebutuhan utilitas dan pemurnian air dapat menggunakan produk dalam negeri yang tentunya akan menghemat biaya produksi. Contoh Perusahaan penyedia CPO seperti: (PT.Lahan Tani Sakti,PT.Salim Ifo Pratama,PT.Mitra Tunggal Platatition dan PT.Gunung Mas Raya)

185 Baca lebih lajut

BUKAN SEKEDAR TATA LETAK docx

BUKAN SEKEDAR TATA LETAK docx

Maksimalkan space yang tersedia dengan menyeimbangkan antara ruang produk dengan ruang berbelanja. Ruang jalan berbelanja yang sempit serta produk dan rak yang terlalu banyak dapat membuat konsumen lelah. Jika sudah lelah rasanya ingin segera cepat keluar. Potensi cross seliing menjadi sangat rendah. Triknya adalah, jika space tidak terlalu luas maka jumlah produk yang terpajang dari peewakilan jenis, dan lainnya, jangan terlalu banyak dan menggunakan terlalu banyak rak. Manfaatkan gudang dengan efektif untuk menampung perputaran barang jualan.

1 Baca lebih lajut

Perencanaan Tata Letak Fasilitas

Perencanaan Tata Letak Fasilitas

Pada umumnya jenis proses industri akan juga mempengaruhi aktivitas perencanaan suatu pabrik. Pada continous process industry suatu studi kelayakan harus dilaksanakan secara mendalam dan matang. Disini faktor teknis maupun ekonomis harus dipertimbangkan sebaik-baiknya didalam langkah-langkah pemilihan ataupun penentuan mesin dan fasilitas peralatan penunjang produksi lainnya. Demikian juga tata letak pabrik harus pula direncanakan dengan teliti, karena tidaklah mungkin untuk merubahnya setelah proses produksi berjalan tanpa mengakibatkan kerugian yang besar.
Baca lebih lanjut

74 Baca lebih lajut

Perancangan Tata Letak Fasilitas

Perancangan Tata Letak Fasilitas

Graph-based Method 6 Graph-based Method 7 CRAFT  Computerized Relative Allocation of Facilities Technique Armour, Buffa, and Vollman, 1963  Input data : from – to chart  An[r]

15 Baca lebih lajut

PERENCANAAN TATA LETAK taman pada

PERENCANAAN TATA LETAK taman pada

Tata letak fasilitas adalah tata cara pengaturan fasilitas-fasilitas fisik pabrik untuk menunjang kelancaran proses produksi, dengan mencoba memanfaatkan luas area/ space untuk penempatan mesin atau fasilitas penunjang produksi lainnya, kelancaran gerakan- gerakan material, penyimpanan baik yang bersifat temporer maupun permanen, personil pekerja dan sebagainya. Tata letak yang terencana dengan baik akan ikut menentukan kelancaran dan kesuksesan kerja pabrik itu sendiri (Sritomo, 1996).
Baca lebih lanjut

15 Baca lebih lajut

STRATEGI LOKASI DAN TATA LETAK

STRATEGI LOKASI DAN TATA LETAK

perusahaan mungkin dibutuhkan hanya untuk menutup biaya pengangkutan bahan mentah yang masuk dan produk jadi yang keluar dari perusahaan. Biaya lain yang dapat dipengaruhi oleh lokasi antara lain adalah pajak, upah, biaya bahan mentah, dan sewa. Lokasi sepenuhnya memiliki kekuatan untuk membuat (atau menghancurkan) strategi bisnis sebuah perusahaan. Kerja keras yang dilakukan manajemen untuk menetapkan lokasi fasilitas yang optimal merupakan investasi yang baik. Keputusan lokasi sering bergantung pada tipe bisnis. Untuk keputusan lokasi industri, strategi yang digunakan biasanya adalah strategi untuk meminimalkan biaya, sedangkan untuk bisnis eceran dan jasa professional, strategi yang digunakan terfokus pada
Baca lebih lanjut

28 Baca lebih lajut

PERANCANGAN TATA LETAK FASILITAS DENGAN

PERANCANGAN TATA LETAK FASILITAS DENGAN

Tahapan ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penerapan 5S yang telah dilakukan UKM Setiawati. Dari evaluasi ini nantinya bisa diketahui apa saja yang telah diterapkan dan apa saja yang menjadi kendala pada penerapan metode ini dan pada tahap evaluasi ini juga dilakukan proses pengecekan kegiatan yang dilakukan dengan menggunakan tabel evaluasi kegiatan. Setelah selesai tahapan- tahapan di atas maka langkah selanjutnya yang dilakukan adalah membuat layout akhir berdasarkan kombinasi antara alternatif tata letak terbaik dan perancangan metode 5S.
Baca lebih lanjut

12 Baca lebih lajut

KULIAH 1: INTRODUCTION - KULIAH 1 – TLP

KULIAH 1: INTRODUCTION - KULIAH 1 – TLP

Tata letak fasilitas adalah suatu perencanaan yang terintegrasi dari aliran atau arus komponen-komponen suatu produk (barang dan atau jasa) di dalam sebuah sistem operasi (manufaktur dan atau non manufaktur) guna memperoleh interelasi yang paling efektif dan efesien antara pekerja, bahan, mesin dan peralatan serta penanganan dan pemindahan bahan, barang setengah jadi, dari bagian yang satu ke bagian yang lainnya.

30 Baca lebih lajut

Usulan Perbaikan Tata Letak Storage (Studi Kasus di PT. "X", Bandung).

Usulan Perbaikan Tata Letak Storage (Studi Kasus di PT. "X", Bandung).

5.2.1 Analisis Pengelompokkan Bahan Baku..................................... 5-18 5.2.2 Analisis Kapasitas Maksimum................................................... 5-18 5.2.3 Analisis Luas Lantai dan Frekuensi........................................... 5-19 5.2.4 Analisis Pintu Storage................................................................ 5-20 5.2.5 Analisis Metode Penyimpanan dan Pengambilan Bahan Baku dari Storage....................................................................................... 5-20 5.2.6 Analisis Penyusunan Storage......................................................5-22 5.2.7 Analisis Penyusunan Tata Letak.................................................5-23 BAB 6 KESIMPULAN DAN SARAN
Baca lebih lanjut

13 Baca lebih lajut

TUGAS TATA LETAK PABRIK Oleh

TUGAS TATA LETAK PABRIK Oleh

Maka dapat dikatkan bahwa :  Bobot untuk faktor objektif k = 0.6  Bobot untuk faktor subjektif 1-k = 0.4 Berdasarkan formula dan bobot dari masing - masing faktor mka LPM untuk setia[r]

5 Baca lebih lajut

Tata letak ruang pada presentasi

Tata letak ruang pada presentasi

Meja 6 atau 8 kaki ditempatkan dalam kerangka persegi panjang dengan ruang terbuka di tengahnya. Kursi-kursi diletakkan di luar sekeliling persegi panjang tersebut. Sama halnya dengan Gaya Konferensi, Tata letak ini cocok untuk sesi brainstorming di mana tidak ada yang namanya pimpinan rapat. Pun memiliki ruang yang cukup lapang buat semua peserta dan pandangan yang bebas pada masing- masing peserta.

5 Baca lebih lajut

TATA LETAK RUANG DI HATCHERY

TATA LETAK RUANG DI HATCHERY

Berikut persamaan dan perbedaan penetasan pada berbagai jenis unggas: Persamaan dan Perbedaan Penetasan Telur Telur Ayam Telur Kalkun Telur itik Telur Puyuh Lama Waktu 21 hari 25-26 [r]

16 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...