Teks laporan hasil observasi

Top PDF Teks laporan hasil observasi:

CONTOH TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI SING

CONTOH TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI SING

Jadi yang dimaksud dengan teks laporan hasil observasi itu berisikan laporan secara umum tentang penjabaran atas sesuatu hasil dari pengamatan atau observasi. Teks laporan atau yang juga biasa disebut dengan teks klasifikasi ini juga menerangkan jenis-jenis sesuatu hal yang diamati berdasarkan kriteria tertentu.

2 Baca lebih lajut

KEMAMPUAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 13 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2013/2014

KEMAMPUAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 13 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Penulis bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan rahmat serta hidayah-Nya sehingga skripsi ini dapat diselesaikan tepat pada waktunya. Skripsi dengan judul “Kemampuan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 3 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2013/2014” disusun sebagai salah satu syarat untuk mencapai gelar sarjana pada Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

67 Baca lebih lajut

KEEFEKTIFAN MODEL SOMATIS, AUDITORIS, VISUAL, INTELEKTUAL (SAVI) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI.

KEEFEKTIFAN MODEL SOMATIS, AUDITORIS, VISUAL, INTELEKTUAL (SAVI) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI.

Model pembelajaran yang peneliti pilih ini menggabungkan antara kemampuan dalam mengolah gerakan, alat indera (penglihatan dan pendengaran) dengan intelektual siswa. Pada teks laporan hasil observasi siswa tidak hanya mendengar (audio) penjelasan dari guru dan penjelasan dari narasumber tetapi juga terjun langsung ke lapangan untuk mengamati (visual) dan mencari data-data yang diperlukan. Lalu, (dengan intelektualnya) siswa dapat mengolah data tersebut melalui nalarnya sehingga dari proses bernalarnya mereka tuangkan menjadi sebuah tulisan (somatis) yang bersifat informatif, objektif, faktual bukan berupa opini, dan sistematis sesuai dengan struktur sehingga dalam pembelajaran memproduksi teks laporan hasil observasi dapat berjalan menyenangkan, menarik, dan hasil yang didapat akan maksimal. Selain itu juga Model SAVI sangat relevan dengan mengamati, menanya, menalar, mencoba, mengomunikasikan (5M) yang terdapat di kegiatan inti kurikulum 2013.
Baca lebih lanjut

Baca lebih lajut

EFEKTIVITAS TEKNIK CLUSTERING (PENGELOMPOKAN) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI.

EFEKTIVITAS TEKNIK CLUSTERING (PENGELOMPOKAN) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI.

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran kemampuan menulis teks laporan hasil observasi siswa sebelum dan sesudah menggunakan teknik clustering (pengelompokan), serta mengkaji ada atau tidaknya perbedaan yang signifikan antara kemampuan menulis teks laporan hasil observasi siswa dengan menggunakan teknik clustering (pengelompokan) dengan kemampuan menulis teks laporan hasil observasi siswa dengan menggunakan teknik diskusi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Rancaekek Tahun ajaran 2013/2014. Sampel dalam penelitian ini adalah dua kelas yang ditentukan secara acak tanpa memerhatikan strata dalam populasi tersebut. Kelas yang digunakan adalah kelas X IPS 4 Sebagai kelas eksperimen dan X IPS 2 sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan desain penelitian group pretes-postes. Berdasarkan data yang diperoleh, nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 68,53 dan postes 80,17, sedangkan kelas kontrol nilai rata-rata postes adalah 59,00 dan postes 63,92 . Berdasrkan perhitungan uji hipotesis yang dilakukan dengan penghitungan uji-t, hasilnya adalah 2,005 ≤ 3,66 atau t tabel ≤ t hitung ≥ t tabel. hal ini berarti H 0 ditolak dan H 1
Baca lebih lanjut

50 Baca lebih lajut

PENERAPAN MODEL JIGSAW II UNTUK PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGANALISIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI DI SMK

PENERAPAN MODEL JIGSAW II UNTUK PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGANALISIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI DI SMK

Jigsaw II merupakan variasi model pembelajaran kooperatif yang menitikberatkan pada kerja kelompok dan setiap anggota dalam kelompok menjadi ahli (expert) pada submateri. Menurut Aronson’s (dalam Bistari, 2015: 316) “Model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw II ini dikarenakan model ini didesain untuk meningkapkan rasa tanggung jawab siswa terhadap pembelajarannya sendiri dan juga pembelajaran orang lain. Siswa tidak hanya mempelajari materi yang diberikan, mereka juga harus siap memberikan dan mengajarkan materi tersebut kepada anggota kelompoknya”. Dengan model pembelajaran ini diharapkan pemahaman konsep struktur dan kaidah kebahasan teks laporan hasil observasi akan lebih mudah dipelajari oleh siswa. Setiap siswa saling membantu untuk memahami konsep yang diajarkan. Pada akhirnya pencapaian kompetensi yang telah direncanakan diharapkan dapat terpenuhi.
Baca lebih lanjut

Baca lebih lajut

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Ling

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Ling

Sampah konsumsi merupakan sampah yang dihasilkan oleh kegiatan konsumsi manusia dan dibuang ke tempat sampah. Jumlah sampah konsumsi sampai sekarang tidak melebihi jumlah sampah industri. Limbah radioaktif adalah sampah nuklir yang merupakan hasil dari fusi nuklir dan fisi nuklir yang menghasilkan uranium dan thorium. Limbah radioaktif berbahaya bagi

2 Baca lebih lajut

RPP BAHASA INDONESIA KURIKULUM 2013

RPP BAHASA INDONESIA KURIKULUM 2013

o Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam menyimpulkan : struktur teks laporan hasil observasi antara lain tentang :

43 Baca lebih lajut

Identifikasi buku teks Bahasa Imdonesia

Identifikasi buku teks Bahasa Imdonesia

2. Pengorganisasian materi; dalam buku teks kurikulum 2013 materi tersusun tidak sistematik, karena terjadi pemenggalan materi dalam setiap aspek. Misalnya seperti pada materi ‘teks laporan hasil observasi’. Materi yang sama dikulas ulang secara terus menerus hingga akhir semester meskipun dalam aspek yang berbeda-beda namun hal ini terbukti membuat siswa jenuh, sebab siswa merasa sudah mempelajari materi tersebut namun masih harus terus berkutat dengan teks yang sama.

1 Baca lebih lajut

Bahasa indonesia

Bahasa indonesia

Teks laporan hasil observasi adalah teks yang memuat klasifikasi mengenai jenis sesuatu berdasarkan kriteria tertentu. Teks laporan bersifat global atau universal. Teks laporan lebih menekankan pada pengelompokan berbagai hal ke dalam jenis sesuai dengan ciri setiap jenis pada umumnya Struktur Teks Laporan Hasil Observasi

5 Baca lebih lajut

pelajaran 1 kegiatan 3

pelajaran 1 kegiatan 3

Untuk melaksanakan kegiatan Bhakti Sosial Pengiriman Air Bersih 2011, panitia pelaksana berkoordinasi dengan Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Trasnmigrasi Kabupaten Gunung Kidul untuk dapat memfasilitasi dan memberikan arahan wilayah yang akan di tuju sebagai sasaran utama pemberian air bersih tahun ini. Hasil kordinasi yang dilakukan selama hampir 2 pekan, Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kab. Gunung Kidul memberikan arahan untuk dibagikan ke wilayah Desa di Kecamatan Nglipar yang saat ini juga sangat membutuhkan bantuan air bersih. Sebanyak 28 tangki untuk 7 Desa di 28 Dusun se-Kecamatan Nglipar dan 5 tangki untuk 1 Desa di Kecamatan Panggang Gunung Kidul.
Baca lebih lanjut

Baca lebih lajut

LAPORAN HASIL OBSERVASI MENGENAI KAJIAN

LAPORAN HASIL OBSERVASI MENGENAI KAJIAN

Berdasarkan penjelasan di atas maka penyusun membuat beberapa tujuan yaitu: 1) untuk mengetahui sejarah kurikulum di Indonesia, 2) untuk mengetahui korelasi antara konsep kurikulum yang dipelajari dalam perkuliahan dengan praktiknya yang terdapat di sekolah penyusun amati, 3) untuk mengetahui gambaran umum mengenai pengembangan kurikulum di SMP Putra Siliwangi Lembang. Adapun manfaat dari penulisan laporan ini untuk penyusun adalah sebagai sarana kreativitas mahasiswa dan mengimplementasikan ilmu yang telah didapat. Dan semoga dengan adanya laporan ini dapat memberi informasi kepada pembaca mengenai praktik perkembangan kurikulum salah satunya di SMP Putra Bumi Siliwangi. Metode yang penyusun gunakan dalam penulisan laporan ini adalah metode observasi dan metode pustaka. Dalam mencari data, penyusun mengamati langsung kepada responden yaitu dengan teknik wawancara. Sehingga penyusun mendapatkan informasi mengenai lika-liku perkembangan kurikulum di SMP yang penyusun pilih. Dan juga di dalam penulisan laporan ini didukung oleh buku-buku kepustakaan dan sumber-sumber untuk dijadikan acuan yang relevan dengan materi yang sedang dibahas.
Baca lebih lanjut

7 Baca lebih lajut

LAPORAN HASIL OBSERVASI DAN WAWANCARA

LAPORAN HASIL OBSERVASI DAN WAWANCARA

Makalah ini terdiri dari tiga bab. Bab pertama berisi pendahuluan yang menjelaskan latar belakan pentingnya bimbingan dan konseling di Sekolah Menengah Atas, indentifikasi masalah bimbingan dan konseling diSekolah Menengah Atas. Bab kedua berisikan pengertian bimbingan dan konseling menurut para ahli, kedudukan bimbingan dalam pendidikan, tujuan, fungsi, jenis, prinsip- prinsip dan asas-asas dalam bimbingan dan konseling, pelaksanaan observasi dan wawancara di SMKN 14 Bandung, proses wawancara dan observasi serta hasil dari observasi dan wawancara bimbingan dan konseling di Sekolah Menengah Atas. Bab ketiga berisikan mengenai kesimpulan dan saran.
Baca lebih lanjut

Baca lebih lajut

LAPORAN HASIL OBSERVASI DESKRIPSI HASIL

LAPORAN HASIL OBSERVASI DESKRIPSI HASIL

Puji syukur atas kehadirat Tuhan Yang Maha Esa memberikan rahmat dan taufik kepada kita semua, sehingga saya dapat menyelesaikan laporan observasi ini dengan tujuan memenuhi tugas mata kuliah Antropologi. Saya selaku penulis laporan ini menyadari masih banyak kekurangan dari tulisan ini. Maka dari itu penulis menerima kritik dan saran yang membangun demi penyempurnaan tulisan ke depannya.

Baca lebih lajut

Selasa 14 Oktober 2014 RINGKASAN MATERI

Selasa 14 Oktober 2014 RINGKASAN MATERI

Pernyataan umum berisi kalimat-kalimat definisi yang menguraikan objek yang akan dibahas sebagai pengantar untuk membuka laporan. Dekripsi bagian adalah penjelasan mengenai bagian-bagian dari objek yang dilaporkan atau diamati. Deskripsi bagian bisa berisi jenis, macam-macam dan ciri-ciri. Sementara itu deskripsi fungsi menjelaskan fungsi tiap bagian yang diuraikan sebelumnya. Penutup adalah pernyataan akhir dari sebuah laporan yang berisi kesimpulan dan saran.

7 Baca lebih lajut

Soal UAS Bhs Indonesia X sem 1

Soal UAS Bhs Indonesia X sem 1

Bacalah teks hasil observasi berikut dengan saksama untuk menjawab soal nomor 42 sampai 44 ! Ternyata, hewan yang bernama semut (Ant) ada juga memiliki sengatan yang berbahaya. Meskipun b entuknya tidak seberapa besar, akibat yang dihasilkan sangat fatal. Semut ini bernama Captotermes Formosanus Shiraki, yaitu sejenis semut perang dan sering juga menjadi hama tanaman. Bentuk sem ut ini besar, berbisa, dan bisa dijumpai di tanah pekuburan dan bukit berwarna kemerahan.

12 Baca lebih lajut

Buku Siswa SMP Kelas 7 Bahasa Indonesia (revisi 2014)

Buku Siswa SMP Kelas 7 Bahasa Indonesia (revisi 2014)

C erita pendek adalah jenis karya sastra yang berupa kisah atau cerita tentang manusia dan seluk beluknya lewat tulisan pendek. Cerita pendek pertama kali dikenalkan oleh pengarang Amerika. Cerita pendek bermula pada tradisi penceritaan lisan. Pada waktu itu kisah Iliad dan Odyssey karya Homer disampaikan secara lisan dalam bentuk puisi yang berirama. Irama itu berfungsi sebagai alat untuk menolong orang untuk mengingat ceritanya. Dalam cerita pendek dikisahkan sepenggal kehidupan tokoh, yang penuh pertikaian, peristiwa yang mengharukan atau menyenangkan, dan mengandung kesan yang tidak mudah dilupakan. Pada Bab VI ini kamu diajak memahami teks cerita pendek yang berjudul “Kupu-Kupu Ibu” .
Baca lebih lanjut

Baca lebih lajut

Buku Pegangan Siswa Bahasa Indonesia SMP Kelas 7 Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2014 www.matematohir.wordpress.com

Buku Pegangan Siswa Bahasa Indonesia SMP Kelas 7 Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2014 www.matematohir.wordpress.com

Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan vii proses pemilihan bentuk-bentuk kebahasaan untuk mengungkapkan makna, (3) bahasa bersifat fungsional, yaitu penggunaan bahasa yang tidak pernah dapat dilepaskan dari konteks karena dalam bentuk bahasa yang digunakan itu tercermin ide, sikap, nilai, dan ideologi penggunanya, dan (4) bahasa merupakan sarana pembentukan kemampuan berpikir manusia. Sehubungan dengan prinsip-prinsip itu, perlu disadari bahwa di dalam setiap teks terdapat struktur tersendiri yang satu sama lain berbeda. Sementara itu, dalam struktur teks tercermin struktur berpikir. Dengan demikian, makin banyak jenis teks yang dikuasai siswa, makin banyak pula struktur berpikir yang dapat digunakannya dalam kehidupan sosial dan akademiknya nanti. Hanya dengan cara itu, siswa kemudian dapat mengonstruksi ilmu pengetahuannya melalui kemampuan mengobservasi, mempertanyakan, mengasosiasikan, menganalisis, dan menyajikan hasil analisis secara memadai.
Baca lebih lanjut

Baca lebih lajut

BAHAN AJAR TEKS HASIL OBSERVASI

BAHAN AJAR TEKS HASIL OBSERVASI

Observasi menurut keduanya ialah suatu teknik yang dapat dimanfaatkan untuk memilah-milah derajat dalam membuat keputusan dan konklusi tentang orang lain yang diamati, meskipun observasi ini tidak bisa berdiri sendiri, harus dilengkapi juga dengan penggunaan metode lainnya dalam penilaian.

11 Baca lebih lajut

LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMA NEGERI 1 MINGGIR PAKERAN, SENDANGMULYO, MINGGIR, SLEMAN, DIY Disusun Sebagai Persyaratan Akhir Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (Ppl) 15 Juli - 15 September 2016.

LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMA NEGERI 1 MINGGIR PAKERAN, SENDANGMULYO, MINGGIR, SLEMAN, DIY Disusun Sebagai Persyaratan Akhir Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (Ppl) 15 Juli - 15 September 2016.

Seperti juga teks lainnya, anekdot memiliki fitur kebahasaan yang khas yaitu (a) menggunakan kalimat yang menyatakan peristiwa masa lalu, (b) menggunakan kalimat retoris, kalimat pertanyaan yang tidak membutuhkan jawaban, (c) menggunakan konjungsi (kata penghubung) yang menyatakan hubungan waktu seperti kemudian, lalu, dan sebagainya, (d) menggunakan kata kerja aksi seperti menulis, membaca, berjalan, dan sebagainya; (e) menggunakan imperative sentece (kalimat perintah); dan (f) menggunakan (kalimat seru). Khusus untuk anekdot yang disajikan dalam bentuk drama atau dialog, penggunaan kalimat langsung sangat dominan.
Baca lebih lanjut

Baca lebih lajut

Bahan Ajar Teks Hasil Observasi

Bahan Ajar Teks Hasil Observasi

Observasi merupakan suatu pengamatan langsung terhadap lingkungan fisiknya atau pengamatan langsung suatu aktifitas yang sedang berlangsung / berjalan yang meliputi seluruh aktifitas perhatian terhadap suatu kajian objek dengan menggunakan alat indranya. Atau sautu usaha yang dilakukan dengan sengaja dan sadar untuk mengumpulkan data dan dilakukannya dengan cara sistematis dan sesuai prosedurnya.

Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...