Think Talk Write

Top PDF Think Talk Write:

PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK TALK WRITE TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII SEMESTER GENAP SMP PGRI 4 LABUHAN RATU

PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK TALK WRITE TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII SEMESTER GENAP SMP PGRI 4 LABUHAN RATU

Berdasarkan tahap evaluasi uji pretest, bahwa siswa yang mencapai tuntas belajar hanya 32,35 (11 siswa), sedangkan siswa yang belum mencapai tuntas belajar adalah 67,65 (23 siswa). Dengan demikian dapat di temukan bahwa jumlah siswa yang belum tuntas belajar atau belum mencapai standar ketuntasan yang telah ditetapkan masih banyak yaitu 67,65 atau 23 siswa dari total keseluruhan siswa sebanyak 34 siswa. Dan tabel diatas dapat menunjukkan juga bahwa pada tahap evaluasi uji posttest, setelah siswa mendapatkan treatment atau perlakuan model pembelajaran Cooperative learning tipe think- talk - write yang mencapai tuntas belajar berjumlah 76,47 (26 siswa), sedangkan siswa yang belum mencapai tuntas belajar berjumlah 23,53 (8 siswa), dari total keseluruhan siswa sebanyak 34 siswa. Dalam penelitian ini setelah siswa mendapatkan treatment atau perlakuan Model Pembelajaran Cooperative learning tipe Think-talk-write hasil belajar IPS Terpadu mengalami peningkatan dilihat dari perbandingan pada evaluasi pretest dan evaluasi posttest, yaitu siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal pada evaluasi pretest adalah 32,35 % atau 11 siswa dari total keseluruhan siswa sebanyak 34 siswa, sedangkan siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal pada evaluasi posttest adalah 76,47 atau 26 siswa, dari total keseluruhan siswa sebanyak 34 siswa. Secara keseluruhan bahwa setelah siswa mendapatkan treatment perlakuan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Think-talk-write hasil belajar IPS Terpadu mengalami peningkatan.
Baca lebih lanjut

10 Baca lebih lajut

USAHA PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA DALAM  PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN   Usaha Peningkatan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Strategi Think Talk Write ( PTK Siswa Kelas VIII C Semester Genap SMP Negeri 5 Kudus T

USAHA PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN Usaha Peningkatan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Strategi Think Talk Write ( PTK Siswa Kelas VIII C Semester Genap SMP Negeri 5 Kudus T

matematika kelas VIII C. Beberapa hal yang dijelaskan dalam pembahasan adalah sesuatu yang berkaitan dengan permasalahan penelitian. Tujuan dari penelitian yang dilakukan ini adalah untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan strategi Think Talk Write . Permasalahan : Apakah proses pembelajaran matematika dengan menggunakan strategi Think Talk Write dapat meningkatkan keaktifan siswa?

10 Baca lebih lajut

PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR IPA MELALUI PENERAPAN STRATEGI THINK TALK WRITE (TTW)  Peningkatan Motivasi Belajar Ipa Melalui Penerapan Strategi Think Talk Write (Ttw) Pada Siswa Kelas Ivb Sd Negeri 02 Pulosari Tahun Pelajaran 2014/2015.

PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR IPA MELALUI PENERAPAN STRATEGI THINK TALK WRITE (TTW) Peningkatan Motivasi Belajar Ipa Melalui Penerapan Strategi Think Talk Write (Ttw) Pada Siswa Kelas Ivb Sd Negeri 02 Pulosari Tahun Pelajaran 2014/2015.

This study aims to improve students' motivation by implementing strategies Think Talk Write (TTW) at the IVB grade students of State Elementary School 02 Pulosari. This type of research is the PTK (Classroom Action Research). The subjects were students of State Elementary School class IVB 02 Pulosari totaling 24 students. Techniques of data collection is done through observation, documentation, field notes and interviews. Test the validity of using triangulation techniques and methods. Data analysis was performed with four stages: data collection, data reduction, data display, and conclusion. The results showed an increase motivation to learn in science subjects. This can be evidenced by the increase in student motivation of prior actions 33.34%; then the first cycle to 40.83%; rose to 81.67% in the second cycle. The study concluded that the implementation of the strategy Think Talk Write (TTW) can increase student motivation to learn science at State Elementary School class IVB 02 Pulosari academic year 2014/2015.
Baca lebih lanjut

12 Baca lebih lajut

PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANALISIS PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI: penelitian tindakan kelas di kelas XI IPS 1 SMA Pasundan 7 Bandung.

PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANALISIS PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI: penelitian tindakan kelas di kelas XI IPS 1 SMA Pasundan 7 Bandung.

1. Penerapan metode pembelajaran Think Talk Write (TTW) pada materi biosfer dan antroposfer untuk meningkatkan kemampuan analisis peserta didik di kelas XI IPS 1 SMA Pasundan 7 Bandung berjalan dengan cukup efektif. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan proses pembelajaran yang dilakukan telah sesuai dengan langkah-langkah kegiatan pembelajaran dengan metode Think Talk Write (TTW), yaitu pada tahap think, peserta didik diberikan LKS lalu berfikir secara individu dan mencari informasi dari beberapa referensi seperti internet dan buku serta menganalisisnya secara individu, kemudian pada tahap talk, peserta didik melakukan diskusi dan berbagi informasi atau bertukar pendapat dari hasil analisis pemikiran individu untuk membahas kemungkinan jawaban atau solusi dari permasalahan yang terdapat dalam LKS, setelah berdiskusi dilanjutkan dengan tahap write, dimana peserta didik menyelesaikan LKS dan menuliskan kesimpulan sebagai hasil diskusi, setelah tahap write ditutup dengan presentasi, dimana guru menunjuk perwakilan peserta didik untuk mempresentasikan hasil diskusinya dalam kegiatan diskusi kelas.
Baca lebih lanjut

63 Baca lebih lajut

UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MELALUI STRATEGI TTW (THINK-TALK-WRITE) (PTK Kelas VII SMP Muhammadiyah 10 Surakarta Tahun Ajaran 2008/2009).

UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MELALUI STRATEGI TTW (THINK-TALK-WRITE) (PTK Kelas VII SMP Muhammadiyah 10 Surakarta Tahun Ajaran 2008/2009).

Peneliti menggunakan Strategi TTW dalam upaya meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa dimana Strategi TTW (think-talk-write) yang dilakukan meliputi tiga tahap yaitu think (berfikir), talk (berbicara atau berdiskusi), dan write (menuliskan ide-ide/kesimpulan).

9 Baca lebih lajut

PENDAHULUAN  Peningkatan Penalaran Dan Komunikasi Matematika Dalam Memecahkan Masalah Melalui Strategi Think-Talk-Write (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VIII B Semester Genap SMP Negeri 2 Colomadu Karanganyar Tahun Ajaran 2012/2013).

PENDAHULUAN Peningkatan Penalaran Dan Komunikasi Matematika Dalam Memecahkan Masalah Melalui Strategi Think-Talk-Write (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VIII B Semester Genap SMP Negeri 2 Colomadu Karanganyar Tahun Ajaran 2012/2013).

Secara khusus, tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan proses pembelajaran matematika melalui strategi Think-Talk-Write serta mendeskripsikan peningkatan penalaran dan komunikasi matematika dalam memecahkan masalah pada siswa setelah menggunakan strategi pembelajaran Think-Talk-Write. Peningkatan kemampuan penalaran dan komunikasi siswa

6 Baca lebih lajut

UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA DENGAN PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN TTW (THINK� TALK WRITE) PADA MATERI FAKTORISASI BENTUK ALJABAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 PADANGSIDIMPUAN TAHUN AJARAN 2013/2014.

UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA DENGAN PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN TTW (THINK� TALK WRITE) PADA MATERI FAKTORISASI BENTUK ALJABAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 PADANGSIDIMPUAN TAHUN AJARAN 2013/2014.

“Siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal matematika disebabkan kurangnya siswa dalam memahami konsep matematika untuk menyelesaikan soal apalagi jika soal yang diberikan sedikit bervariasi maka siswa sulit untuk mengerjakannya. Bahkan jika siswa ditugaskan untuk menjelaskan algoritma pemecahan masalahnya dengan bahasanya (kemampuan komunikasi matematiknya) sendiri, siswa masih sulit untuk berkomunikasi matematik. Ibu Elvi Sahara juga menyebutkan bahwa strategi pembelajaran Think Talk Write (TTW) belum pernah diterapkan di sekolah tersebut”.

23 Baca lebih lajut

“Pengaruh Pembelajaran Think-Talk-Write Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa”.

“Pengaruh Pembelajaran Think-Talk-Write Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa”.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen. Metode ini disebut juga metode eksperimen semu. Metode ini dilakukan ketika individu-individu yang menjadi subjek penelitian telah ada dalam kelompok-kelompok dengan dengan tujuan lain, misalnya siswa yang berada dalam kelas. Digunakannya metode penelitian ini karena tidak memungkinkan bagi peneliti untuk memanipulasi atau mengendalikan semua variabel yang relevan. Eksperimen kuasi bisa digunakan minimal kalau dapat mengontrol satu variabel saja meskipun dalam bentuk matching, atau memasangkan/ menjodohkan karakteristik, kalau bisa random lebih baik. 1 Penelitian ini membagi kelompok yang akan diteliti menjadi dua kelompok yaitu kelompok E dan K. E adalah kelompok yang diberikan manipulasi perlakuan, yaitu dengan cara diberikan perlakuan strategi Think-Talk-Write (TTW). Sedangkan K adalah kelompok yang diberikan perlakuan biasa atau diberikan model pembelajaran konvensional.
Baca lebih lanjut

247 Baca lebih lajut

HUBUNGAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE DENGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN SEJARAH SISWA KELAS X IPS SMA NEGERI 1 KOTAGAJAH TAHUN AJARAN 2015/2016

HUBUNGAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE DENGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN SEJARAH SISWA KELAS X IPS SMA NEGERI 1 KOTAGAJAH TAHUN AJARAN 2015/2016

Berdasarkan analisis data yang dilakukan oleh peneliti menggunakan rumus Eta diperoleh hasil penghitungan sebesar 0,53 berdasarkan tabel koefisien korelasi terdapat keeratan hubungan yang cukup berarti atau sedang, Untuk mengetahui adanya hubungan yang signifikan antara model pembelajaran Think Talk Write dengan kemampuan berpikir kritis pada aspek keterampilan analisis pada Mata Pelajaran Sejarah siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Kotagajah Tahun Ajaran 2015/2016 maka dilakukan perhitungan menggunkan rumus uji F, setalah dihitung menggunakan rumus uji F diperoleh hasil sebesar 22,65, karena F hitung > F tabel yaitu 3,84, maka Ada
Baca lebih lanjut

67 Baca lebih lajut

The Application of Think Talk Write Model Using Visual Media in Improving Intensive Reading Skills at the Fourth Grade Students. | Widyanti | KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN 8357 18025 1 PB

The Application of Think Talk Write Model Using Visual Media in Improving Intensive Reading Skills at the Fourth Grade Students. | Widyanti | KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN 8357 18025 1 PB

Penerapan model think talk write dengan media visual dapat mening- katkan kualitas pembelajaran kete- rampilan membaca intensif pada siswa kelas IVA SDN 2 Kebadongan tahun ajaran 2015/2016. Pernyataan tersebut dibuktikan dengan adanya peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa setiap siklus, yaitu pada siklus I persentase ketuntasan hasil tes tertulis siswa mencapai 62,50%, kemudian pada siklus II mengalami peningkatan yang cukup signifikan hingga mencapai 80% tetapi belum mencapai target pada indikator capaian penelitian yaitu 85%. Pada siklus III persentase ketun- tasan hasil belajar siswa telah men- capai 92,50% dan sudah mencapai tar- get pada indikator capaian penelitian.
Baca lebih lanjut

6 Baca lebih lajut

PENINGKATAN KETERAMPILAN MENCERITAKAN KEMBALI ISI CERPEN DENGAN STRATEGI THINK TALK WRITE PADA SISWA KELAS IX A SMP NEGERI 2 JATIKALEN NGANJUK.

PENINGKATAN KETERAMPILAN MENCERITAKAN KEMBALI ISI CERPEN DENGAN STRATEGI THINK TALK WRITE PADA SISWA KELAS IX A SMP NEGERI 2 JATIKALEN NGANJUK.

Guru bersama peneliti memasuki ruang kelas pukul 08.20 WIB. Peneliti langsung menempatkan diri di belakang. Setelah itu, ketua kelas memimpin untuk berdoa. Guru mengkondisikan siswa agar siap untuk menerima pelajaran. Guru meminta siswa untuk duduk seperti pertemuan sebelumnya. Guru menjelaskan kembali mengenai menceritakan kembali secara lisan isi cerpen menggunakan strategi pembelajaran Think Talk write dan prosedur pelaksanaannya. Guru akan kembali menjelaskan kembali hal-hal yang harus diperhatikan dalam kegiatan menceritakan kebali secara lisan isi cerpen. Penjelasan guru ditekankan pada aspek mengurutkan ide pokok cerita dan struktur. Guru memotivasi siswa agar lebih bersemangat dalam kegiatan proses belajar mengajar. Peneliti dan guru menentukan judul cerpen sebagai bahan diskusi. Judul cerpen yang diambil sebagai bahan diskusi pada siklus 2 adalah Remaja Memperjuangkan Cita-cita. Judul cerpen yang dijadikan bahan cerita diambil dari on line di www.teksdrama.com.
Baca lebih lanjut

186 Baca lebih lajut

PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF DESKRIPTIF DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE PADA SISWA KELAS X-1 SMA NEGERI 1 MERAKSAAJI TULANGBAWANG LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015

PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF DESKRIPTIF DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE PADA SISWA KELAS X-1 SMA NEGERI 1 MERAKSAAJI TULANGBAWANG LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015

This research is able to increase student’s skills in wr iting a descriptive paragraph. The skill improvement of student’s descriptive paragraph writing is able to seen on every cycle. On first cycle is 46,67%, on second cycle is 66,67%, and on third cycle is 93,33%. The skill improvement of students’ descripti ve text paragraph writing is designated by the get of students’ score which measure through five main aspect to be criteria valuation, some of the them (a) the completeness content of descriptive; (b) consecutive explain (sequence content so that easy understand); (c) the using of language ( short and clear ); (d) vocabulary application is language appropriate; and (e) appropriateness use of spelling in writing a descriptive. The liveliness improvement of students is reflected from the activity during (a) thinking (b) talking (c) writing. The percentage of student’s liveliness on the first cycle is 56,67%, second cycle is 70,00%, and third cycle is 93,33%. According to the above result, it is able to concluded that the application of think talk write learning strategy can improve the activeness and the skill of students’ descriptive paragraph writing.
Baca lebih lanjut

107 Baca lebih lajut

KEEFEKTIFAN IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE DAN THINK PAIR SHARE BERBASIS  TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS

KEEFEKTIFAN IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE DAN THINK PAIR SHARE BERBASIS TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS

Model pembelajaran Think Talk Write memiliki kelebihan, yaitu dapat mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif pada siswa, dengan berinteraksi dan berdiskusi dengan kelompok akan melibatkan siwa secara aktif dalam proses belajar, dan membiasakan siswa berpikir dan berkomunikasi dengan teman, guru, bahkan dengan diri mereka sendiri. Adapun kekurangan model pembelajaran Think Talk Write sebagai berikut, siswa akan cenderung sibuk sendiri memikirkan penyelesaian masalah, saat bekerja kelompok siswa dimungkinkan kehilangan atau menurunnya kemampuan dan kepercayaan karena didominasi oleh siswa yang lebih pandai (Shoimin, 2014: 215).
Baca lebih lanjut

79 Baca lebih lajut

Keywords : Think Talk Write Learning Strategy and Student Mathematical Understanding Skill

Keywords : Think Talk Write Learning Strategy and Student Mathematical Understanding Skill

Dengan demikian disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan strategi belajar Think Talk Write (TTW) dapat meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa khususnya pada pokok bahasan bilangan berpangkat. Adapun kelemahan-kelemahan dalam penelitian ini masih perlu dikembangkan guna mendapatkan hasil yang baik guna bermanfaat untuk menambah khazanah keilmuan dalam bidang pendidikan. Karena suatu ilmu harus terus digali agar memperoleh kesempurnaan dan

7 Baca lebih lajut

MODÉL PANGAJARAN THINK-TALK-WRITE (TTW) DINA PANGAJARAN NULIS LAPORAN.

MODÉL PANGAJARAN THINK-TALK-WRITE (TTW) DINA PANGAJARAN NULIS LAPORAN.

guru kurang ngamekarkeun sagala pangaweruh jeung kaparigelanana dina nepikeun materi. Sangkan masalah dina ieu panalungtikan leuwih museur sarta jéntré, masalah dina ieu panalungtikan téh diwatesan ngan nalungtik kaéféktifan Modél Pangajaran Think-Talk Write (TTW) dina Pangajaran Nulis Laporan Siswa Kelas VIII A SMP Pasundan 3 Bandung Taun Ajaran 2012/2013.

28 Baca lebih lajut

THE EFFECT OF APPLYING THINK-TALK-WRITE STRATEGY ON STUDENTS ACHIEVEMENT IN WRITING ANALYTICAL EXPOSITION TEXT.

THE EFFECT OF APPLYING THINK-TALK-WRITE STRATEGY ON STUDENTS ACHIEVEMENT IN WRITING ANALYTICAL EXPOSITION TEXT.

Think-Talk-Write is a cooperative learning strategy introduced by Huinker and Laughlin. This strategy basically built through thinking, speaking, and writing. Martinis (2008:84) states that Think-Talk-Write strategy is grouping 3 up to 5 students in one group involving student to think and discuss by themselves after read, then talk and share their ideas with their friend before they write it.

16 Baca lebih lajut

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PANTUN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL BERPIKIR BERBICARA MENULIS (THINK TALK WRITE) | Purwanti | DIKSATRASIA 581 2269 1 PB

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PANTUN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL BERPIKIR BERBICARA MENULIS (THINK TALK WRITE) | Purwanti | DIKSATRASIA 581 2269 1 PB

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis pantun dengan menggunakan model berpikir berbicara menulis (Think Talk Write). Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah langkah-langkah penggunaan model berpikir berbicara menulis (think talk write) dalam pembelajaran menulis pantun? (2) Bagaimanakah peningkatan kemampuan peserta didik dalam menulis pantun setelah digunakannya model berpikir berbicara menulis (think talk write)?Penulis mengharapkan dengan digunakannya model berpikir-berbicara-menulis (think talk write) dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis pantun pada Siswa Kelas XI MIA 1 SMAN 3 Ciamis. Metode penelitian ini adalah metode kualitatif dengan menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Prosedur penelitiannya adalah (1) Tahap persiapan; (2) Tahap pelaksanaan tiap siklus; (3) Tahap akhir. Sumber data dalam penelitian ini adalah peneliti, dua orang observer, dan siswa kelas XI MIA 1 SMA Negeri 3 Ciamis sebanyak 29 orang. Teknik penelitian dan instrumen yang digunakan adalah (1) Teknik studi pustaka dan kajian teori; (2) Teknik pembelajaran; (3) Teknik tes; dan (4) Teknik analisis.
Baca lebih lanjut

5 Baca lebih lajut

PEMBELAJARAN THINK-TALK-WRITE DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN SOAL GEOMETRI

PEMBELAJARAN THINK-TALK-WRITE DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN SOAL GEOMETRI

Buruknya kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal geometri merupakan salah satu permasalahan krusial di bidang pendidikan matematika. Pada penelitian metode campuran ini, strategi pembelajaran ko- operatif Think-Talk-Write digunakan untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas VII dalam menyelesaikan soal-soal geometri. Sampel adalah 35 siswa kelas tujuh di salah satu sekolah menengah pertama di Jawa Timur. Instrumen penelitian adalah lembar kerja siswa (LKS), tes tertulis, maupun lembar observasi. Pem- belajaran Think-Talk-Write dilaksanakan dalam dua sesi pembelajaran. Hasil menunjukkan bahwa pembel- ajaran Think-Talk-Write mampu meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal geometri, baik soal-soal yang diberikan pada LKS maupun saat tes tertulis. Tahapan-tahapan pada strategi pembelajaran Think-Talk-Write membantu siswa untuk merefleksikan, mengorganisasikan, dan memperbaiki pemahaman- nya sehingga mampu menjawab soal-soal geometri yang diberikan dengan lebih baik. Selain kontribusi dari tahapan-tahapan pembelajaran Think-Talk-Write itu sendiri, guru juga berkontribusi terhadap peningkatan kemampuan menyelesaikan soal-soal geometri khususnya dalam hal mendeteksi dan membimbing siswa untuk mengatasi kesulitan-kesulitan yang mereka alami dalam menyelesaikan soal-soal geometri.
Baca lebih lanjut

7 Baca lebih lajut

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE MENGGUNAKAN MEDIA MACROMEDIA FLASH UNTUK   Penerapan Strategi Pembelajaran Think Talk Write Menggunakan Media Macromedia Flash Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII F SMPN 2 Banyudono Kab

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE MENGGUNAKAN MEDIA MACROMEDIA FLASH UNTUK Penerapan Strategi Pembelajaran Think Talk Write Menggunakan Media Macromedia Flash Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII F SMPN 2 Banyudono Kab

Strategi pembelajaran Think Talk Write lebih dikenal dengan pembelajaran individu dalam kelompok. Strategi ini memberi kesempatan kepada siswa untuk aktif dan guru hanya sebagai fasilitator dan motifator dalam kegiatan pembelajaran, sehingga kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah Biologi siswa berkembang. Selain itu dengan adanya ketiga aktivitas Think Talk Write tersebut diharapkan rasa bosan siswa dapat terkurangi dalam pembelajaran Biologi. Melalui penerapan strategi Think Talk Write dalam pembelajaran Biologi siswa diajak untuk berpikir melalui bahan bacaan secara individual kemudian membuat catatan kecil mengenai materi yang telah dibaca. Hasil bacaan dikomunikasikan dengan Talk yaitu diskusi kelompok yang dapat meningkatkan aktivitas lisan siswa. Diskusi merupakan proses
Baca lebih lanjut

13 Baca lebih lajut

MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF MATEMATIK SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK-TALK-WRITE (TTW).

MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF MATEMATIK SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK-TALK-WRITE (TTW).

1. Bagi siswa, penerapan pembelajaran dengan Kooperatif Think-Talk-Write (TTW) sebagai salah satu sarana untuk melibatkan aktivitas siswa secara optimal dalam memahami konsep matematika sehingga konsep yang semula abstrak akan lebih cepat dipahami secara terintegrasi. Dengan menggunakan pembelajaran Kooperatif Think-Talk-Write (TTW) belajar siswa menjadi bermakna karena ia dapat melihat hubungan antara konsep yang dipelajarinya dengan konsep yang dikenalnya. Hal ini diharapkan membuat siswa mengubah pandangannya dengan tidak menganggap lagi matematika sebagai pelajaran yang sulit dan siswa sebenarnya memiliki kemampuan untuk mempelajari mata pelajaran ini sehingga pada akhirnya siswa diharapkan lebih mempunyai kepercayaan diri dalam belajar matematika.
Baca lebih lanjut

47 Baca lebih lajut

Show all 5725 documents...