Tinjauan Psikologi Sastra

Top PDF Tinjauan Psikologi Sastra:

KONFLIK BATIN TOKOH RINAI DALAM NOVEL RINAI, TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA DAN IMPLEMENTASINYA PADA  Konflik Batin Tokoh Rinai dalam Novel Rinai, Tinjauan Psikologi Sastra dan Implementasinya Pada Pembelajaran Sastra di SMK.

KONFLIK BATIN TOKOH RINAI DALAM NOVEL RINAI, TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA DAN IMPLEMENTASINYA PADA Konflik Batin Tokoh Rinai dalam Novel Rinai, Tinjauan Psikologi Sastra dan Implementasinya Pada Pembelajaran Sastra di SMK.

Ratih Sari Sugeng Wijayanti. A310120240. KONFLIK BATIN TOKOH RINAI DALAM NOVEL RINAI , TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA DAN IMPLEMENTASINYA PADA PEMBELAJARAN SATRA DI SMK. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta. Januari, 2017.

13 Baca lebih lajut

PENDAHULUAN  Nilai Motivasi dalam Novel Negeri 5 Menara Karya Ahmad Fuadi: Tinjauan Psikologi Sastra dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra di SMK Muhammadiyah Kartasura.

PENDAHULUAN Nilai Motivasi dalam Novel Negeri 5 Menara Karya Ahmad Fuadi: Tinjauan Psikologi Sastra dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra di SMK Muhammadiyah Kartasura.

Peneliti meneliti dengan judul Nilai Motivasi dalam Novel Negeri 5 Menara karya Ahmad Fuadi: Tinjauan Psikologi Sastra dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra di SMK muhammadiyah Kartasura karena dengan mengambil judul ini peneliti dapat mengkaji lebih dalam nilai motivasi yang terkandung dalam novel, selain itu dengan mengambil judul dan diimplementasikan di SMK ini peneliti juga memberikan motivasi kepada siswa maupun pembaca untuk terus bersemangat dan optimis meraih cita-cita melalui alur cerita dalam novel.

7 Baca lebih lajut

ASPEK KEPRIBADIAN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL   Aspek Kepribadian Tokoh Utama Dalam Novel Cinta Di Dalam Gelas Karya Andreahirata: Tinjauan Psikologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di SMA.

ASPEK KEPRIBADIAN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL Aspek Kepribadian Tokoh Utama Dalam Novel Cinta Di Dalam Gelas Karya Andreahirata: Tinjauan Psikologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di SMA.

Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan unsur-unsur yang membangun novel Cinta di Dalam Gelas karya Andrea Hirata, (2) mendeskripsikan aspek kepribadian tokoh utama dalam novel Cinta di Dalam Gelas, (3) mendeskripsikan implementasi tokoh utama dalam novel Cinta di Dalam Gelas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode kualitatif. Objek penelitian ini adalah aspek kepribadian tokoh utama dalam novel Cinta di Dalam Gelas karya Andrea Hirata. Data yang digunakan dalam penelitian adalah aspek kepribadian yang terdapat dalam wacana novel Cinta di Dalam Gelas. Sumber data penelitian ini menggunakan sumber data primer dan sekunder. Sumber data primer berupa novel Cinta di Dalam Gelas karya Andrea Hirata, sumber data sekunder berupa wacana yang terdapat dalam teks novel, penyelusuran browsing internet, dan buku-buku lain. pengumpulan data menggunakan teknik catat dan pustaka. Teknik analisis data menggunakan teknik pembacaan semiotik yaitu pembacaan heuristik dan hermeneutik. Berdasarkan tinjauan psikologi sastra, aspek kepribadian tokoh utama dalam novel Cinta di Dalam Gelas adalah (1) perempuan yang sabar, (2) perempuan yang tekun bekerja secara teratur (3) perempuan yang tidak lekas putus asa, (4) perempuan yang berbicara singkat, tetapi mantab, (5) perempuan yang cekatan. Hasil penelitian ini dapat diimplementasikan sebagai bahan ajar sastra di SMA. Dengan demikian aspek kepribadian tokoh utama dalam novel Cinta di Dalam Gelas dapat dijadikan acuan oleh pembaca untuk diaplikasikan dalam kehidupan bermasyarakat dan sebagai bahan ajar pembelajaran di SMA.
Baca lebih lanjut

20 Baca lebih lajut

ASPEK MOTIVASI TOKOH UTAMA DALAM NOVEL HAJI BACKPACKER KARYA AGUK IRAWAN MN: TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA DAN  Aspek Motivasi Tokoh Utama Dalam Novel Haji Backpacker Karya Aguk Irawan MN: Tinjauan Psikologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastr

ASPEK MOTIVASI TOKOH UTAMA DALAM NOVEL HAJI BACKPACKER KARYA AGUK IRAWAN MN: TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA DAN Aspek Motivasi Tokoh Utama Dalam Novel Haji Backpacker Karya Aguk Irawan MN: Tinjauan Psikologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastr

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan (1) latar sosio historis pengarang, (2) struktural novel Haji Backpacker karya Aguk Irawan MN, (3) aspek motivasi tokoh utama dalam novel Haji Backpacker karya Aguk Irawan MN, dan (4) implementasi aspek motivasi tokoh utama dalam novel Haji Backpacker karya Aguk Irawan MN dalam pembelajaran sastra di SMA. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan strategi penelitian studi kasus terpancang. Objek penelitian ini adalah aspek motivasi tokoh utama dalam novel Haji Backpacker karya Aguk Irawan MN dengan tinjauan psikologi sastra. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah novel Haji Backpacker karya Aguk Irawan MN. Sumber data sekunder dalam penelitian adalah wacana dari internet mengenai novel dan buku-buku yang menunjang penelitian ini. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik pustaka, simak, dan catat. Teknik analisis data yang digunanakan adalah metode pembacaan model semiotik yaitu pembacaan heriustik dan hermeneutik. Hasil (1) analisis latar sosio hitoris pengarang bahwa Aguk Irawan MN sebagai pengarang novel Haji Backpacker dari Lamongan, Jawa Timur, telah mengasilkan beberapa novel. (2) struktur diperoleh tema novel adalah perjuangan, cinta, dan kehidupan. Tokoh-tokoh dalam novel yaitu Mada, Sofia, Suchun, Marbel, Mala, Ibu, dan Ayah. Tokoh utama dalam novel yaitu Mada. Alur yang digunakan adalah alur mundur, sorot balik atau flash back. Latar waktu dalam novel berlangsung pada tahun 2008, sedangkan latar tempat berada di Indonesia, Thailand, Vietnam, China, India, Tibet, Nepal, Iran, dan Arab Saudi. (3) aspek motivasi dalam novel Haji Backpacker yaitu: motivasi internal vs motivasi eksternal, motivasi mengejar kesenangan vs motivasi menjauhi rasa sakit, motivasi positif vs motivasi negatif, motivasi dini vs motivasi terlambat, motivasi pribadi vs motivasi orang lain, dan motivasi statis vs motivasi dinamis. (4) aspek motivasi dalam novel tersebut dapat diimplementasikan dalam pembelajaran sastra di SMA.
Baca lebih lanjut

13 Baca lebih lajut

DAFTAR PUSTAKA  Aspek Motivasi Dalam Novel Ayahku (Bukan) Pembohong Karya Tere Liye: Tinjauan Psikologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di SMA.

DAFTAR PUSTAKA Aspek Motivasi Dalam Novel Ayahku (Bukan) Pembohong Karya Tere Liye: Tinjauan Psikologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di SMA.

Kepribadian Tokoh Utama dalam Novel Apa Kabar Cinta karya Izzatul Jannah Tinjauan Psikologi Sastra.. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.[r]

4 Baca lebih lajut

ASPEK KEPRIBADIAN TOKOH KARANG DALAM NOVEL MOGA  Aspek Kepribadian Tokoh Karang dalam Novel Moga Bunda Disayang Allah Karya Tere Liye: Tinjauan Psikologi Sastra dan Implementasinya dalam Pembelajaran Sastra di SMA.

ASPEK KEPRIBADIAN TOKOH KARANG DALAM NOVEL MOGA Aspek Kepribadian Tokoh Karang dalam Novel Moga Bunda Disayang Allah Karya Tere Liye: Tinjauan Psikologi Sastra dan Implementasinya dalam Pembelajaran Sastra di SMA.

Alhamdulillahrobbil’alamin, puji syukur penulis panjatkan kepada Allah Swt. yang telah melimpahkan rahmad, hidayah dan karunia-Nya karena atas izin dan petunjuk- Nya skripsi yang berjudul “ Aspek Kepribadian Tokoh Karang dalam Novel Moga Bunda Disayang Allah Karya Tere Liye: Tinjauan Psikologi Sastra dan Implementasinya dalam Pembelajaran Sastra di SMA” dapat terselesaikan

12 Baca lebih lajut

KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL PASUNG JIWA KARYA OKKY MADASARI: TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA DAN  Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Novel Pasung Jiwa Karya Okky Madasari: Tinjauan Psikologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di SMA.

KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL PASUNG JIWA KARYA OKKY MADASARI: TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA DAN Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Novel Pasung Jiwa Karya Okky Madasari: Tinjauan Psikologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di SMA.

Puji syukur alhamdulillah penulis panjatkan kepada Allah Swt. Atas segala rahmat dan karunia-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan skripsi dengan judul “Konflik Batin Tokoh Utama dalam Novel Pasung Jiwa karya Okky Madasari: Tinjauan Psikologi Sastra dan Implementasinya sebagai Bahan Ajar Sastra di SMA” ini disusun untuk memenuhi sebagian persyaratan memperoleh gelar Sarjana Stara 1 Pendidikan Bahasa Sastra dan Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

12 Baca lebih lajut

NILAI MOTIVASI DALAM NOVEL NEGERI 5 MENARA KARYA AHMAD FUADI: TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA DAN IMPLEMENTASINYA  Nilai Motivasi dalam Novel Negeri 5 Menara Karya Ahmad Fuadi: Tinjauan Psikologi Sastra dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra di SMK Muham

NILAI MOTIVASI DALAM NOVEL NEGERI 5 MENARA KARYA AHMAD FUADI: TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA DAN IMPLEMENTASINYA Nilai Motivasi dalam Novel Negeri 5 Menara Karya Ahmad Fuadi: Tinjauan Psikologi Sastra dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra di SMK Muham

Alhamdulillah, puji syukur kehadirat Allah SWT karena atas nikmat, rahmat dan karuniaNya sehingga saya dapat menyelesaikan karya ilmiah berupa skripsi ini dengan judul Nilai Motivasi dalam Novel Negeri 5 Menara Karya Ahmad Fuadi: Tinjauan Psikologi Sastra dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra di SMK Muhammadiyah Kartasura. Skripsi ini disusun untuk memperoleh gelar sarjana pendidikan pada Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia.

14 Baca lebih lajut

KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL TAHAJUD CINTA DI KOTA  Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Novel Tahajud Cinta Di Kota New York Karya Arumi Ekowati: Tinjauan Psikologi Sastra Dan Implementasi Terhadap Materi Pembelajaran Sastra Di SMA.

KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL TAHAJUD CINTA DI KOTA Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Novel Tahajud Cinta Di Kota New York Karya Arumi Ekowati: Tinjauan Psikologi Sastra Dan Implementasi Terhadap Materi Pembelajaran Sastra Di SMA.

Puji syukur atas kehadirat Allah Swt. Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, atas semua limpahan rahmat dan hidayah-Nya, penulis dapat menyusun dan menyelesaikan skripsi yang berjudul “Konflik Batin Tokoh Utama dalam Novel Tahajud Cinta di Kota New York Karya Arumi Ekowati: Tinjauan Psikologi Sastra dan Implementasi Terhadap Materi Pembelajaran Sastra di SMA” ini disusun untuk memenuhi sebagian persyaratan memperoleh gelar Sarjana Stara 1 Pendidikan Bahasa Sastra dan Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Baca lebih lanjut

11 Baca lebih lajut

 BAB I PENDAHULUAN  Aspek Kepribadian Tokoh Karang dalam Novel Moga Bunda Disayang Allah Karya Tere Liye: Tinjauan Psikologi Sastra dan Implementasinya dalam Pembelajaran Sastra di SMA.

BAB I PENDAHULUAN Aspek Kepribadian Tokoh Karang dalam Novel Moga Bunda Disayang Allah Karya Tere Liye: Tinjauan Psikologi Sastra dan Implementasinya dalam Pembelajaran Sastra di SMA.

Seperti penelitian lainnya, penelitian sastra harus dilakukan dengan hati- hati, cermat dan objektif agar dapat menghasilkan penelitian yang berbobot. Tujuannya adalah menemukan prinsip-prinsip baru yang belum ditemukan orang lain. Hal-hal yang perlu dipertimbangkan dalam penelitian sastra antara lain: 1) hipotesis atau asumsi tidak diperlukan sebab analisis bersifat deskripsi, bukan generaralisasi, 2) populasi dan sempel tidak mutlak diperlukan, 3) kerangka penelitian tidak bersifat tertutup, dan diskripsi pemahaman berkembang terus, 4) objek yang sesungguhnya bukanlah bahasa, tetapi wacana atau teks (Ratna, 2011:20). Penelitian sastra tidak akan berhasil jika peneliti tidak memahami sastra. Salah satu cara untuk memahami karya sastra adalah mengetahui makna-makna yang terkandung dalam karya sastra tersebut, salah satunya dengan menggunakan tinjauan psikologi sastra.
Baca lebih lanjut

20 Baca lebih lajut

NILAI MORAL DALAM NOVEL RINDU KARYA TERE LIYE:   TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA DAN IMPLEMENTASINYA DALAM  Nilai Moral dalam Novel Rindu Karya Tere Liye: Tinjauan Psikologi Sastra Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran Sastra Di SMA.

NILAI MORAL DALAM NOVEL RINDU KARYA TERE LIYE: TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA DAN IMPLEMENTASINYA DALAM Nilai Moral dalam Novel Rindu Karya Tere Liye: Tinjauan Psikologi Sastra Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran Sastra Di SMA.

Penulis memanjatkan puja dan puji syukur ke hadirat Allah SWT. yang telah melimpahkan segala rahmat dan hidayah-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan skripsi yang berjudul Nilai Moral dalam Novel Rindu Karya Tere Liye: Tinjauan Psikologi Sastra dan Implementasinya dalam Pembelajaran Sastra di SMA.

12 Baca lebih lajut

KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA DALAM FILM SERDADU KUMBANG KARYA JEREMIAS NYANGOEN: TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA  Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Film Serdadu Kumbang Karya Jeremias Nyangoen: Tinjauan Psikologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra

KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA DALAM FILM SERDADU KUMBANG KARYA JEREMIAS NYANGOEN: TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Film Serdadu Kumbang Karya Jeremias Nyangoen: Tinjauan Psikologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra

Puji syukur Alhamdulillahhirrobil’alamin , penulis panjatkan kehadirat Allah Swt. Yang senantiasa memberikan rahmat, taufik dan hidayah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan skripsi yang berjudul “ Konflik Batin Tokoh Utama dalam film Serdadu Kumbang karya Jeremias Nyangoen: Tinjauan Psikologi Sastra dan Implementasinya sebagai Bahan Ajar Sastra di SMA ” . Skripsi ini sebagian tugas dan syarat dalam memperoleh gelar Sarjana S-1 Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Baca lebih lanjut

12 Baca lebih lajut

ASPEK MOTIVASI DALAM NOVEL RANTAU 1 MUARA  KAR YA AHMAD FUADI: TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA  Aspek Motivasi Dalam Novel Rantau 1 Muara Karya Ahmad Fuadi: Tinjauan Psikologi Sastra Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran Sastra Di SMA.

ASPEK MOTIVASI DALAM NOVEL RANTAU 1 MUARA KAR YA AHMAD FUADI: TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA Aspek Motivasi Dalam Novel Rantau 1 Muara Karya Ahmad Fuadi: Tinjauan Psikologi Sastra Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran Sastra Di SMA.

Puji syukur Alhamdulillahhirobbil’alamin, penulis ucapkan ke hadirat Allah Swt. yang telah melimpahkan rahmat serta hidayah-Nya sehingga penulis dapat meyelesaikan penyusunan skripsi ini. Atas kehendak Allah Swt. penulis dapat menyelesaikan skripsi dengan judul “Aspek Motivasi dalam Novel Rantau 1 Muara Karya Ahmad Fuadi: Tinjauan Psikologi Sastra dan Implementasinya dalam Pembelajaran Sastra di SMA”. Penulisan skripsi ini digunakan untuk memenuhi syarat dalam rangka mencapai derajat Sarjana S-1, Program Studi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Baca lebih lanjut

12 Baca lebih lajut

ASPEK KEPRIBADIAN PADA ANAK AUTIS (NARENDRA) DALAM NOVEL HADES KARYA DEASYLAWATI PRASETYANINGTYAS:  Aspek Kepribadian Pada Anak Autis (Narendra) Dalam Novel Hades Karya Deasylawati Prasetyaningtyas: Tinjauan Psikologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Ba

ASPEK KEPRIBADIAN PADA ANAK AUTIS (NARENDRA) DALAM NOVEL HADES KARYA DEASYLAWATI PRASETYANINGTYAS: Aspek Kepribadian Pada Anak Autis (Narendra) Dalam Novel Hades Karya Deasylawati Prasetyaningtyas: Tinjauan Psikologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Ba

Segala puji syukur penulis panjatkan ke hadirat Allah Swt., yang senantiasa melimpahkan rahmat, karunia, dan hidayah-Nya, yang telah memberikan kemudahan dalam menyelesaikan penyusunan skripsi yang berjudul “ Aspek Kepribadian pada Anak Autis (Narendra) dalam Novel Hades Karya Deasylawati Prasetyaningtyas: Tinjauan Psikologi Sastra dan Implimentasinya sebagai Bahan Ajar Sastra di SMA”. Skripsi ini disusun sebagai salah satu persyaratan untuk memperoleh gelar Sarjana S-1 Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Baca lebih lanjut

13 Baca lebih lajut

ASPEK MOTIVASI DALAM NOVEL AYAHKU (BUKAN) PEMBOHONG KARYA TERE LIYE: TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA DAN  Aspek Motivasi Dalam Novel Ayahku (Bukan) Pembohong Karya Tere Liye: Tinjauan Psikologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di SMA.

ASPEK MOTIVASI DALAM NOVEL AYAHKU (BUKAN) PEMBOHONG KARYA TERE LIYE: TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA DAN Aspek Motivasi Dalam Novel Ayahku (Bukan) Pembohong Karya Tere Liye: Tinjauan Psikologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di SMA.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) unsur-unsur yang membangun novel Ayahku (Bukan) Pembohong karya Tere Liye, (2) aspek motivasi dalam novel Ayahku (Bukan) Pembohong karya Tere Liye dengan tinjauan psikologi sastra, (3) implementasi hasil penelitian ini sebagai bahan ajar sastra di SMA. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan psikologi sastra. Objek dalam penelitian ini adalah aspek motivasi dalam novel Ayahku (Bukan) Pembohong karya Tere Liye. Data yang digunakan berupa kalimat dan paragraf. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer, yang berupa novel Ayahku (Bukan) Pembohong karya Tere Liye data sekunder dalam penelitian ini diperoleh dari hasil penelitian yang telah dilakukan oleh orang lain sebelumnya, artikel, dan internet. Teknik analisis data menggunakan model pembacaan semiotik, yang terdiri dari pembacaan heuristik dan hermeneutik. Berdasarkan analisis struktural dapat disimpulkan bahwa tema dalam novel Ayahku (Bukan) Pembohong adalah hubungan anak dengan ayahnya. Alur yang digunakan campuran. Tokoh dalam novel ini terdiri dari Dam, Ayah Dam, Ibu Dam, Jarjit, Taani, Retro, Zas dan Qon. Latar tempat dalam novel ini terdapat di angkutan umum, kolam renang, rumah, stadion, sekolah, dan stasiun. Latar waktu dalam novel ini secara eksplisit dan implisit. Latar sosial digambarkan dengan kehidupan keluarga Dam yang sederhana dan kehidupan keluarga Jarjit yang kaya raya. Analisis aspek motivasi dalam novel Ayahku (Bukan) Pembohong karya Tere Liye dengan menggunakan pendekatan psikologi sastra menghasilkan aspek motivasi aktif atau dinamis dan aspek motivasi pasif atau statis. Implementasi hasil penelitian ini dalam pembelajaran sastra di SMA didasarkan pada standar kompetensi membaca yang termuat dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas XI.
Baca lebih lanjut

14 Baca lebih lajut

PENDAHULUAN  Aspek Kepribadian Tokoh Dila Dalam Novel Surat Buat Themis Karya Mira W. Tinjauan: Psikologi Sastra.

PENDAHULUAN Aspek Kepribadian Tokoh Dila Dalam Novel Surat Buat Themis Karya Mira W. Tinjauan: Psikologi Sastra.

Kartika (2008), dengan judul penelitian “Konflik Batin Tokoh Utama dalam Novel Nayla karya Djenar Maesa Ayu:Tinjauan Psikologi Sastra”. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh simpulan sebagai berikut:(1) penderitaan batin menimbulkan konflik batin dalam diri Nayla. Nayla dibesarkan oleh ibu kandungnya sendiri tanpa seorang ayah. Sewaktu dalam kandungan, ayahnya telah meninggalkan mereka sehingga membuat ibunya marah dan selalu menutup diri ketika harus menjelaskan keberadaan ayahnya pada Nayla. (2) Nayla sebagai tokoh utama dalam novel ini juga mempunyai kelebihan dibalik semua penderitaan yang dialaminya. Nayla mampu menulis sebuah novel hasil karyanya sendiri yang isinya sama persis dengan kehidupan yang dialaminya. Artinya nayla mampu mengalahkan egonya dan berani memaparkan kisah hidupnya pada semua orang lewat tulisan dalam novel.
Baca lebih lanjut

28 Baca lebih lajut

KONFLIK BATIN TOKOH RINAI DALAM NOVEL RINAI, TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA DAN IMPLEMENTASINYA PADA PEMBELAJARAN  Konflik Batin Tokoh Rinai dalam Novel Rinai, Tinjauan Psikologi Sastra dan Implementasinya Pada Pembelajaran Sastra di SMK.

KONFLIK BATIN TOKOH RINAI DALAM NOVEL RINAI, TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA DAN IMPLEMENTASINYA PADA PEMBELAJARAN Konflik Batin Tokoh Rinai dalam Novel Rinai, Tinjauan Psikologi Sastra dan Implementasinya Pada Pembelajaran Sastra di SMK.

Tujuan penelitian ini adalah (1) memaparkan struktur novel rinai karya sinta yudisia, (2) memaparkan konflik batin tokoh utama dalam novel Rinai karya sinta yudisia berdasarkan tinjauan psikologi sastra, (3) mengimplementasikan konflik batin dalam novel Rinai karya Sinta Yudisia sebagai bahan ajar studi sastra di smk. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode kualitatif deskriptif. Data yang digunakan dalam penelitian adalah Frasa, kalimat, dan Paragraf yang berkaitan dengan struktur pembangun novel dan konflik batin tokoh Rinai dalam novel Rinai karya Sinta Yudisia. Sumber data primer pada penelitian ini adalah novel Rinai karya Shinta Yudisia, sumber data sekunder berupa jurnal ilmiah, artikel relevan yang berhubungan dengan struktur pembangun novel dan konflik batin tokoh utama dalam novel. Peneliti mengumpulkan data dengan menggunakan teknik pustaka, simak, catat, dan wawancara. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah teknik semiotik yang meliputi pembacaan heuristik dan hermeneutik. Berdasarkan hasil penelitian sebagai berikut. (1) Analisis struktur novel Rinai karya Sinta Yudisia difokuskan pada: tema, fakta cerita, dan sarana sastra. (2) Konflik batin dalam novel Rinai terdapat empat jenis konflik. Konflik tersebut meliputi a) konflik mendekat-mendekat. b) konflik batin mendekat-menjauh. c) konflik menjauh-menjauh. d) konflik mendekat-menjauh ganda. (3) Hasil penelitian ini dapat diimplementasikan ke dalam pembelajaran Sastra di SMK khususnya kelas XII.
Baca lebih lanjut

19 Baca lebih lajut

KEPRIBADIAN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL 2  KARYA DONNY DHIRGANTORO: TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA DAN   Kepribadian Tokoh Utama dalam Novel 2 Karya Donny Dhirgantoro: Tinjauan Psikologi Sastra dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra di SMA.

KEPRIBADIAN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL 2 KARYA DONNY DHIRGANTORO: TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA DAN Kepribadian Tokoh Utama dalam Novel 2 Karya Donny Dhirgantoro: Tinjauan Psikologi Sastra dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra di SMA.

Masalah kepribadian menjadi menarik untuk diangkat dalam cerita novel. kepribadian dalam novel sering menceritakan kejiwaan yang dimiliki seorang tokoh. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan latar sosiohistoris Donny Dhirgantoro sebagai pengarang novel 2, struktur yang membangun novel 2 karya Donny Dhirgantoro, kepribadian tokoh utama dalam novel 2 karya Donny Dhirgantoro dengan tinjauan psikologi sastra, dan implementasi novel 2 karya Donny Dhirgantoro sebagai bahan ajar sastra di SMA. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Objek yang diteliti dalam penelitian ini adalah kepribadian tokoh utama dalam novel 2 karya Donny Dhirgantoro. Data dalam penelitian ini berupa wacana yang menggambarkan kepribadian tokoh utama dalam novel 2 karya Donny Dhirgantoro. Sumber data penelitian ini adalah novel 2 karya Donny Dhirgantoro. Teknik pengumpulan data yakni teknik pustaka dan catat. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode pembacaan model semiotik yakni pembacaan heuristik dan hermeneutik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) latar sosiohistoris Donny Dhirgantoro lahir tanggal 27 Oktober 1978 di Jakarta. (2) secara struktural alur dalam novel 2 yaitu alur maju (Progresif). Tokoh dalam novel 2 terdiri dari tokoh utama yaitu Gusni dan tokoh tambahan yaitu Papa, Mama, Gita, Harry, Pak Pelatih. Latar tempat terjadi di Jakarta. Latar waktu terjadi pada pada tahun 1986 sampai dengan tahun 2011. Latar sosial berupa kehidupan Gusni yang terlahir dari keluarga sederhana yang mempunyai Papa dengan profesi pembuat kok bulutangkis dengan pendapatan tidak menentu. (3) kepribadian tokoh utama dalam novel 2 karya Donny Dhirgantoro terdiri atas pribadi yang sabar, pribadi yang tekun bekerja, dan pribadi yang tak mudah putus asa. (4) implementasi novel 2 karya Donny Dhirgantoro ini dapat diimplementasikan pada pembelajaran Bahasa Indonesia kurikulum 2013 jenjang SMA yang ditekankan pada kelas XII semester 2 (genap) dengan KI 3 dan KD 3.3.
Baca lebih lanjut

11 Baca lebih lajut

POLA MOTIVASI DALAM NOVEL HABIBIE DAN AINUN   Pola Motivasi Dalam Novel Habibie Dan Ainun Karya Bacharuddin Jusuf Habibie : Tinjauan Psikologi Sastra Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran Sastra Indonesia Di SMA.

POLA MOTIVASI DALAM NOVEL HABIBIE DAN AINUN Pola Motivasi Dalam Novel Habibie Dan Ainun Karya Bacharuddin Jusuf Habibie : Tinjauan Psikologi Sastra Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran Sastra Indonesia Di SMA.

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan struktur pembangun novel HDA karya Bacharuddin Jusuf Habibie, (2) mendeskripsikan pola motivasi tokoh novel, (3) dan memaparkan implementasinya sebagai bahan ajar di SMA. Jenis dan strategi penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dan studi terpancang. Objek penelitian ini adalah pola motivasi dalam tokoh tinjauan psikologi sastra. Data penelitian ini berupa paragraf, kalimat, dan kata yang berhubungan dengan struktur dan pola motivasi yang terkandung dalam novel. Sumber data primer pada penelitian ini adalah novel HDA karya Bacharuddin Jusuf Habibie. Sumber data sekunder penelitian ini adalah journal, artikel di internet tentang riwayat hidup Bacharuddin Jusuf Habibie dan buku-buku lain yang relevan dengan penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik pustaka, simak dan catat. Teknik Validitas data menggunakan trianggulasi teori. Teknik analisis data menggunakan metode pembacaan semiotik yaitu pembacaan heuristik dan hermeneutik. Berdasarkan hasil analisis struktural, tema dalam novel tentang kekuatan cinta. Tokoh-tokoh yang dianalisis adalah Ainun, BJ Habibie, Ilham Thareq, Pak Harto, Susilo Bambang Yudhoyono, dan Andi Muhammad Jusuf Amir. Alur yang digunakan dalam novel ini adalah alur maju. Latar waktu pada novel terjadi skitar tahun 1962-2010, latar tempat dalam yaitu Jakarta, Aachen Jerman Barat, Jalan Rangga Malela Bandung, Jalan Imam Bondjol Bandung, Kekerbeck Jerman, rumah sakit Bad Oeynhusuen Jerman, dan latar sosial kehidupan Ainun yang selalu berperan aktif dalam kehidupan sosial. Berdasarkan tinjauan psikologi sastra. Pola motivasi yang ada pada novel HDA yaitu (a) achievement motivation (motivasi menghadapi tantangan) , (b) affiliant motivation (motivasi untuk bersosialisasi), (c) competence motivation (motivasi berprestasi) dan (d) power motivation (motivasi mengambil resiko). Pola motivasi pada novel HDA karya Bacharuddin Jusuf Habibie dapat diimplementasikan sebagai bahan ajar di SMA.
Baca lebih lanjut

11 Baca lebih lajut

KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL RONGGENG DUKUH PARUK KARYA AHMAD TOHARI: TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA  Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Novel Ronggeng Dukuh Paruk Karya Ahmad Tohari: Tinjauan Psikologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastr

KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL RONGGENG DUKUH PARUK KARYA AHMAD TOHARI: TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Novel Ronggeng Dukuh Paruk Karya Ahmad Tohari: Tinjauan Psikologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastr

Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan latar belakang sosial budaya Ahmad Tohari sebagai pengarang novel Ronggeng Dukuh Paruk, (2) mendeskripsikan analisis struktural novel Ronggeng Dukuh Paruk karya Ahmad Tohari, (3) mendeskripsikan analisis konflik batin tokoh utama dalam novel Ronggeng Dukuh Paruk karya Ahmad Tohari, dan (4) mendeskripsikan implementasi konflik batin tokoh utama dalam novel Ronggeng Dukuh Paruk karya Ahmad Tohari sebagai bahan ajar sastra di SMA. Jenis penelitian ini ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan strategi penelitian studi kasus terpancang. Objek penelitian ini adalah konflik batin tokoh utama dalam novel Ronggeng Dukuh Paruk dengan tinjauan psikologi sastra. Data dalam penelitian ini berupa data deskriptif dalam bentuk kalimat dan wacana yang menyangkut konflik batin tokoh utama dalam novel Ronggeng Dukuh Paruk karya Ahmad Tohari. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah novel Ronggeng Dukuh Paruk karya Ahmad Tohari. Sumber data sekunder dalam penelitian ini adalah biografi Ahmad Tohari sebagai pengarang novel Ronggeng Dukuh Paruk dan Hand Out perkuliahan metodologi penelitian sastra. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik pustaka, teknik simak, dan teknik catat. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode pembacaan model semiotik yaitu pembacaan heuristik dan hermeneutik. Hasil analisis latar sosial budaya pengarang Ronggeng Dukuh Paruk diperoleh Ahmad Tohari sebagai pengarang novel Ronggeng Dukuh Paruk adalah seorang penulis dan mantan jurnalis berasal dari Banyumas. Ahmad Tohari telah menghasilkan trilogi novel Ronggeng Dukuh Paruk, yang terdiri dari Catatan Buat Emak, Lintang Kemukus Dini Hari, dan Jantera Bianglala. Analisis struktural novel Ronggeng Dukuh Paruk diperoleh tema novel adalah kehidupan ronggeng Dukuh Paruk yang terkoyak. Tokoh-tokoh dalam novel yaitu, Srintil, Rasus, Nenek Rasus, Sakarya, Nyai Sakarya, Sakum, Ki Kertareja, Nyai Kertareja, Tampi, Bajus. Tokoh utama dalam novel adalah Srintil. Alur yang digunakan dalam Ronggeng Dukuh Paruk adalah alur maju. Latar waktu dalam novel berlangsung pada tahun 1960-1966, sedangkan latar tempatnya berada di Dukuh Paruk, Dawuhan, Alas Wangkal. Latar sosialnya bahwa masyarakat Dukuh Paruk melarat secara turun-temurun dan kebanyakan masyarakatnya mengidap penyakit kulit. Berdasarkan tinjauan psikologi sastra, konflik batin dalam novel Ronggeng Dukuh Paruk mencakup (1) konflik mendekat-mendekat (approach- approach conflict), (2) konflik menghindar-menghindar (advoidance-advoidance conflict), (3) konflik mendekat-menghindar (approarch-advoidance conflict). Konflik batin tokoh utama dalam novel Ronggeng Dukuh Paruk dapat diimplementasikan dalam pembelajaran sastra di SMA.
Baca lebih lanjut

12 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...