Unsur Mistik

Top PDF Unsur Mistik:

UNSUR MISTIK MAGIS ING NOVEL DHAYOH BENGI SANGU MAESAN ANGGITANIPUN ESMIET.

UNSUR MISTIK MAGIS ING NOVEL DHAYOH BENGI SANGU MAESAN ANGGITANIPUN ESMIET.

Pamrayogi Wontenipun panaliten babagan unsur mistik magis ingkang wonten ing novel Dhayoh Bengi Sangu Maesan anggitanipun Esmiet saged dipunginakaken kangge gambaran bilih mistik mag[r]

146 Baca lebih lajut

Unsur Mistik Pada Pertunjukan Wayang Calonarang Bagian I

Unsur Mistik Pada Pertunjukan Wayang Calonarang Bagian I

Penyacah kanda Calonarang di atas, yang disusun oleh sang dalang dengan rangkaian kata-kata, sehingga membentuk suatu pola untuk mendatangkan aura mistis itu sendiri. Dengan keberanian sang dalang seperti itu sangat jelas, sang dalang telah memiliki kemampuan yang sangat mendalam tentang konsep Rwa-Bhineda, sehingga bisa menempatkan di dalam badan wadag (Bhuana Alit), mampu menyatukan isi buana agung di dalam buana alit sang dalang, itulah sebabnya sang dalang berani mengungkapkan keberadaan ilmu hitam dalam Ajian Calonarang. Menurut tingkatan ilmu yang dimiliki oleh Calonarang sudah mencapai tingkat sangat tinggi yaitu tingkat sebelas (tumpang solas). 4 c). Unsur Mistik Pada Antawacana
Baca lebih lanjut

7 Baca lebih lajut

ANALISIS UNSUR MISTIK DALAM NOVEL THE SINDEN KARYA HALIMAH MUNAWIR DAN KAITANNYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMK

ANALISIS UNSUR MISTIK DALAM NOVEL THE SINDEN KARYA HALIMAH MUNAWIR DAN KAITANNYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMK

dengan pembelajaran sastra di SMK, menyarankan agar hasil penelitian ini dijadikan acuan tambahan dan sumbangan bagi perkembangan ilmu sastra, khususnya sebagai kajian yang membahas novel. Selain itu, hasil penelitian ini diharapkan untuk para pendidik khususnya guru mata pelajaran bahasa Indonesia agar dapat menggunakan novel The Sinden karya Halimah Munawir sebagai alternatif bahan pembelajaran sastra khususnya pada materi analisis unsur intrinsik dan ekstrinsik, karena di dalamnya terdapat unsur-unsur mistik (mistisme). Sehingga siswa dapat dengan mudah memahami mengenai unsur-unsur pembangun karya sastra. Guru juga dapat memberikan soal-soal latihan secara berkala agar melatih kemampuan siswa dalam memahami unsur-unsur mistik (mistisme), baik yang terdapat dalam novel The Sinden karya Halimah Munawir maupun novel-novel lainnya.
Baca lebih lanjut

21 Baca lebih lajut

Unsur Mistik Pada Pertunjukan Wayang Calonarang Bagian II

Unsur Mistik Pada Pertunjukan Wayang Calonarang Bagian II

Pupuh Ginada Basur di atas pada prinsipnya adalah pengundangan (pengaradan), artinya sang dalang mengundang para pelaku mistik (leak) agar datang ke tempat pementasan, guna mencoba kemampuan sang dalang itu sendiri, barang siapapun yang berani memasur (melantunkan pupuh Ginada Basur) di saat tengah malam, otomatis para pelaku mistik (leak) akan datang ke tempat di mana orang melantunkan tembang itu. 1 Bagi orang- orang yang menganut ajaran mejik (pengeleakan) selalu mengharapkan kehancuran orang lain, dengan menghalalkan segala cara agar, orang lain kena musibah yang menyebabkan kematian.
Baca lebih lanjut

6 Baca lebih lajut

TAPPDF.COM  PDF DOWNLOAD JURNAL MANAJEMEN KOMUNIKASI  JURNAL UNIVERSITAS PADJADJARAN 1 PB

TAPPDF.COM PDF DOWNLOAD JURNAL MANAJEMEN KOMUNIKASI JURNAL UNIVERSITAS PADJADJARAN 1 PB

Dengan kata lain, Tappe membagi-bagi zaman di dunia ini melalui warna. Unsur mistik dan anak indigo nampaknya dua hal yang sulit dipisahkan, sebab anak indigo juga dianggap memiliki kemampuan-kemampuan khusus supranatural seperti telepati, kemampuan melihat keadaan yang terjadi di tempat lain, kemampuan memprediksi dan membuat prediksi itu terjadi, kemampuan flashback, menggali informasi dan berkomunikasi dengan objek apa saja, hipnotis, telekinesis sehingga anak indigo punya kemampuan menggerakkan benda dari jarak jauh, dan terakhir anak indigo dipercaya bisa berkomunikasi langsung dengan Tuhan. 1
Baca lebih lanjut

15 Baca lebih lajut

Agama dan hal mistik adalah hal yang tid

Agama dan hal mistik adalah hal yang tid

Dalam perjalanan nya kedua jenis agama ini salaing mempengaruhi, meskit tidak secara langsung berhadapan, namun lewat budaya yang beragam di Bumi ini, ajaran kedua jenis agama ini tergabung, dalam buku ini dituliskan misalnya dalam kristen ada unsur mistik yng muncul dari aliran Helenish. Dengan cara yang sama di india gama mistik yang melakukan Yoga dan melakukan tradisi kultus pribadi yang berorientasi dengan satu ikatan emosional dengan satu Tuhan adalaha pusat dari aliran Agama Hindu yang monoteis.

2 Baca lebih lajut

UNSUR UNSUR BENTUK

UNSUR UNSUR BENTUK

Bidang Atas Bidang atas dapat berupa bidang atap yang melindungi ruang interior terhadap unsur-unsur iklim, atau bidang langit-langit yang menjadi penutup atas suatu ruang.. Bidang Din[r]

9 Baca lebih lajut

Unsur Unsur pesantren

Unsur Unsur pesantren

Peran penting kyai dalam pendirian, pertumbuhan, perkembangan dan pengurusan sebuah pesantren berarti dia merupakan unsur yang paling esensial. Sebagai pemimpin pesantren, watak dan keberhasilan pesantren banyak bergantung pada keahlian dan kedalaman ilmu, karismatik dan wibawa, serta ketrampilan kyai. Dalam konteks ini, pribadi kyai sangat menentukan sebab dia adalah tokoh sentral dalam pesantren 3 .

6 Baca lebih lajut

Unsur Unsur Peta

Unsur Unsur Peta

Peta merupakan alat bantu dalam menyampaikan suatu informasi keruangan. Berdasarkan fungsi tersebut maka sebuah peta hendaknya dilengkapi dengan berbagai macam komponen/unsur kelengkapan yan bertujuan untuk mempermudah pengguna dalam membaca/menggunakan peta. Beberapa komponen kelengkapan peta yang secara umum banyak ditemukan pada peta misalnya adalah:

5 Baca lebih lajut

Unsur alkali adalah unsur

Unsur alkali adalah unsur

Semua logam pada Golongan 1 ini sangat reaktif dan harus dihindarkan dari bersentuhan dengan udara untuk mencegah terjadinya oksidasi. Semakin ke bawah Golongan, kereaktifan semakin meningkat. Lithium, natrium dan kalium disimpan di dalam minyak. (Lithium sebenarnya mengapung dalam minyak, tapi terdapat cukup banyak lapisan minyak untuk melindunginya. Itulah sebabnya lithium kurang reaktif dibanding unsur lain dalam Golongan 1).

79 Baca lebih lajut

ANALISIS PERGESERAN KEPERCAYAAN MASYARAKAT KELURAHAN PENGAJARAN DALAM MENONTON PROGRAM ACARA MISTIK PADA HAL-HAL MISTIK (STUDI PROGRAM ACARA TELEVISI DUA DUNIA DI TRANS7)

ANALISIS PERGESERAN KEPERCAYAAN MASYARAKAT KELURAHAN PENGAJARAN DALAM MENONTON PROGRAM ACARA MISTIK PADA HAL-HAL MISTIK (STUDI PROGRAM ACARA TELEVISI DUA DUNIA DI TRANS7)

tempat yang dianggap angker dan penuh daya tarik mistik oleh masyarakat setempat diangkat menjadi isu sentral, digeneralisasi oleh dan dilegitimasi dengan pengakuan para saksi, penjelasan para normal melalui rubrik deteksi alam gaib, dan diperkuat dengan kesaksian peserta uji nyali di acara tersebut. Yang menarik dalam tayangan ini adalah pemirsa seolah-olah diajak mengalami bersama apa yang dialami oleh masyarakat. Sehingga fenomena apapun dalam tayangan tersebut dapat dikesankan tanpa rekayasa/asli. Dengan demikian melalui penelitian ini dapat diketahui bagaimana analisis pergeseran kepercayaan masyarakat Kelurahan Pengajaran dalam menonton program acara mistik pada hal-hal mistik (studi program acara televisi Dua Dunia di Trans7) ? Berikut ini kerangka pikir tentang tentang dampak program acara televisi mistik terhadap pergeseran kepercayaan masyarakat Kelurahan Pengajaran pada hal-hal mistik.
Baca lebih lanjut

91 Baca lebih lajut

UNSUR UNSUR JARIMAH

UNSUR UNSUR JARIMAH

Dilihat dari Objeknya Aspek ini jg dpt mmbdakan bntuk jarimah adl aspek korban, yaitu jarimah tsb mengenai prseorangan/kelompok masy.. Jika yg mjd korban itu prseorangan disbt jarimah [r]

12 Baca lebih lajut

UNSUR UNSUR MUSIK

UNSUR UNSUR MUSIK

Harmoni mengacu kepada aspek musik secara vertikal, yaitu perpaduan beberapa not dalam satu ketukan secara serempak/simultan.Menggunakan nada secara simultan dalam rangkaian atau jalina[r]

6 Baca lebih lajut

Citra Manusia Dengan Alam Dalam Teks Mistik   Masyarakat Melayu Batubara

Citra Manusia Dengan Alam Dalam Teks Mistik Masyarakat Melayu Batubara

Tinjauan pustaka merupakan sebuah referensi penulis untuk menyelesaikan skripsi ini. Penulis yakin belum ada yang meneliti tentang judul skripsi ini secara signifikan. Namun, agar skripsi ini mempunyai dasar dan landasan yang kuat, selain melakukan penelitian, penulis juga menggunakan buku yang menyangkut daerah, analisis, dan objek kajian. Adapun yang pernah meneliti adalah, Ruslani (2004), “Tabir Mistik Alam Gaib dan Perdukunan” dalam pembahasannya mengatakan, apapun yang dipelajari oleh ahli mistik atau dukun itu selalu berasal dari dukun lain, yang demikian menjadi gurunya. Dan apapun yang dia pelajari, dia dan orang- orang lain menyebut itu sebagai ilmunya. Kemudian Maniyamin Bin Haji Ibrahim (2005), “Citra Takmilah, Analisis Terhadap Kumpulan Puisi Islam” beliau juga mengupas secara ilmiah tentang citra manusia dalam puisi-puisi Melayu, khususnya puisi yang berunsur Islam.
Baca lebih lanjut

70 Baca lebih lajut

UNSUR-UNSUR NEGARA33

UNSUR-UNSUR NEGARA33

Unsur-unsur Negara Unsur-unsur Negara Konvensi Pan Amerika 1933, Montevideo • Penduduk • Wilayah • Pemerintah yang berdaulat • Pengakuan kedaulatan.[r]

5 Baca lebih lajut

View of BATU AKIK: ANTARA MISTIK, GENDER, DAN PERGESERAN CITRA

View of BATU AKIK: ANTARA MISTIK, GENDER, DAN PERGESERAN CITRA

Secara sederhana, citra atau pencitraan merupakan pemakna- an/penggambaran tentang sesuatu. Se- dangkan menurut kamus besar bahasa Indonesia, citra dalam kajian liguistik merupakan kesan mental atau bayangan visual yg ditimbulkan oleh sebuah kata, frasa, atau kalimat. Batu akik yang semula dicitrakan sebagai sesuatu yang berkaitan dengan mistik, laki-laki dan rakyat jelata mulai bergeser dengan munculnya pencitraan di media massa. Dalam hal ini koran harian Surya yang selama empat hari mengulas secara khusus fenomena ‗gila akik‘ di Indonesia.
Baca lebih lanjut

10 Baca lebih lajut

084743 AKJ 15 November 2004 Tayangan Mistik Dihentikan

084743 AKJ 15 November 2004 Tayangan Mistik Dihentikan

Oleh karena itu/ Heniy menegaskan/ bahwa penayangan dunia mistik secara terus menerus di televisi/ hendaknya dihentikan// Acara ini/ selain menimbulkan perasaan takut yang tidak beralasan/ mampu menggerogoti keimanan seseorang/ serta dapat menimbulkan pola pikir/ yang tidak rasional// Himbauan senada juga diungkapkan/ oleh pakar psikiatri atau kejiwaan/ Prof Dr.dr.H. Soewadi, MPh, SpKj/ beberapa waktu lalu// Menurutnya/ meskipun belum ada jumlah pasti/ namun tayangan mistik tersebut/ bisa memicu atau menimbulkan gangguan jiwa berat/ yang biasa disebut skizofrenia/ yang sulit disembuhkan// Sehingga kalau penayangannya terus dilanjutkan/ sebagai prediksi di tahun mendatang/ jumlah penderita penyakit jiwa/ akan semakin meningkat//
Baca lebih lanjut

1 Baca lebih lajut

ANALISIS PERGESERAN KEPERCAYAAN MASYARAKAT KELURAHAN PENGAJARAN DALAM MENONTON PROGRAM ACARA MISTIK PADA HAL-HAL MISTIK (STUDI PROGRAM ACARA TELEVISI DUA DUNIA DI TRANS7)

ANALISIS PERGESERAN KEPERCAYAAN MASYARAKAT KELURAHAN PENGAJARAN DALAM MENONTON PROGRAM ACARA MISTIK PADA HAL-HAL MISTIK (STUDI PROGRAM ACARA TELEVISI DUA DUNIA DI TRANS7)

8 modern mengalami kebuntuan karena tidak mampu lagi mengurai fenomena yang ada secara akurat. Ekses dari modernitas menyeret manusia ke dalam kegersangan rohani karena paradigma yang berkembang terutama dalam ilmu pengetahuan banyak mengabaikan nilai normatif. Akibatnya manusia mencoba mencari solusi pencerahan batin dengan menekuni kegiatan yang bernuansa spiritual sebagai pelampiasan dari tekanan hidup/krisis. Peluang inilah yang dimanfaatkan oleh media, saat media pun juga harus bersaing menarik perhatian pemirsanya. Disinilah keterkaitan hubungan antara maraknya tayangan mistik terhadap pergeseran kepercayaan masyarakat terhadap hal-hal yang bersifat mistik.
Baca lebih lanjut

86 Baca lebih lajut

Show all 9188 documents...

Related subjects