Unti Sayang

Top PDF Unti Sayang:

Pengembangan pisang kepok unti sayang melalui Penerapan good agricultural practices (gap)

Pengembangan pisang kepok unti sayang melalui Penerapan good agricultural practices (gap)

Pisang merupakan komoditas yang sangat potensial dikembangkan untuk menunjang ketahanan pangan. Namun produksi pisang nasional mendapat ancaman serangan penyakit layu darah yang ditularkan oleh serangga melalui bunga jantan pisang. Berdasarkan kegiatan penelitian tahun 2009, PKBT IPB bekerjasama dengan Pemerintah Daerah Propinsi Sulawesi Selatan telah melepas varietas unggul pisang kepok tanpa bunga jantan dengan nama Pisang Unti Sayang. Pisang ini tahan (escape) terhadap penyakit layu darah. Kegiatan perbanyakan benih pisang dan pengembangan Standar Operasional Prosedur (SOP) dengan tujuan untuk didiseminasikan kepada para petani juga mulai dilakukan. Kegiatan yang dilakukan tahun 2010 meliputi diseminasi benih pisang Unti Sayang, diseminasi penerapan Good Agricultural Practices (GAP) di tingkat petani, serta sosialisasi pengolahan minimum pisang kepok. Pelatihan dan sosialisasi GAP pisang Kepok Unti Sayang telah dilakukan di Kecamatan Teras, Boyolali dan Kecamatan Ciampea, Bogor. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa pertumbuhan tanaman dengan perlakuan SOP lebih baik dibandingkan non SOP. Pengembangan teknologi pengolahan minimum pisang dilakukan dengan cara dicacah dan dikeringkan. Dari hasil analisis menunjukkan bahwa kandungan gizi olahan sederhana pisang kepok pada H0 (saat panen) hampir sama dengan beras/nasi.
Baca lebih lanjut

1 Baca lebih lajut

Subkultur Berulang Tunas In Vitro Pisang Kepok Unti Sayang pada Beberapa Komposisi Media.

Subkultur Berulang Tunas In Vitro Pisang Kepok Unti Sayang pada Beberapa Komposisi Media.

Berdasarkan penelitian hasil kerjasama antara PKBT IPB dengan Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura serta UPTD BPSBTPH Propinsi Sulawesi Selatan, pada tahun 2009 telah dilepas varietas unggul pisang kepok tanpa bunga jantan dengan nama pisang Unti Sayang. Pisang ini memiliki keunggulan, yaitu terhindar dari penyakit layu bakteri (Blood Disease Bacterial) dan berpotensi sebagai salah satu bahan pangan alternatif. (Suhartanto et al., 2010). Produktivitas pisang Unti Sayang cukup tinggi sebesar 40 ton/ha/tahun (Suhartanto et al., 2010) bila dibandingkan dengan produktivitas pisang kepok pada umumnya sebesar 22 ton/ha/pohon (Redaksi AgroMedia, 2010).
Baca lebih lanjut

102 Baca lebih lajut

Subkultur Berulang Tunas In Vitro Pisang Kepok Unti Sayang pada Beberapa Komposisi Media

Subkultur Berulang Tunas In Vitro Pisang Kepok Unti Sayang pada Beberapa Komposisi Media

Pisang merupakan komoditi hortikultura yang digemari oleh masyarakat dunia. Pisang cocok digunakan sebagai bahan pangan alternatif. Rasa buah pisang yang lezat, kandungan gizi yang tinggi dan harganya yang relatif murah menjadi alasan banyak orang yang menyukainya. Peminat buah pisang berasal dari semua kalangan dan semua jenis umur. Buah pisang selain dapat dimakan langsung, dapat juga diolah menjadi berbagai jenis makanan. Tanaman pisang umumnya diperbanyak secara vegetatif dengan menggunakan anakan ( " ), bonggol dan belahan bonggol. Perbanyakan secara konvensional ini membutuhkan waktu yang lama, bibit yang dihasilkan sedikit, tidak seragam dan kesehatannya tidak terjamin. Bibit yang berasal dari anakan kurang efisien karena dalam hidupnya tanaman pisang hanya menghasilkan 5 10 anakan/rumpun/tahun. Alternatif penyediaan bibit dalam waktu singkat, jumlah yang besar dan seragam dapat dilakukan melalui teknik kultur jaringan. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari pengaruh subkultur berulang terhadap pertumbuhan dan perbanyakan tunas ( pisang Kepok Unti Sayang pada beberapa komposisi media. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang disusun dalam faktor tunggal, yaitu komposisi media. Terdapat 4 perlakuan komposisi media, yaitu media MS dengan penambahan 2 mg/l BAP + 0.8 mg/l $ + (M1), media MS dengan penambahan 2 mg/l BAP (M2), media MS dengan penambahan 5 mg/l BAP (M3) dan media MS dengan penambahan 7 mg/l kinetin (M4). Setiap botol kultur ditanamn satu tunas mikro. Setelah tanaman berumur 3 minggu, dilakukan subkultur ke media yang sama. Subkultur dilakukan sebanyak 6 kali. Komposisi media terbaik untuk perbanyakan mikro pisang Kepok Unti Sayang adalah media MS + 2 mg/l BAP, yang menghasilkan total tunas 410 tunas dengan 131 tunas yang bermultiplikasi dan jumlah akar sebanyak 9.03 sampai subkultur ke 6. Daya multiplikasi tunas saat disubkultur cenderung meningkat hingga subkultur ke 6, dengan rata rata jumlah tunas yang dihasilkan sampai subkultur ke 6 sebanyak 39.8 tunas pada media MS + 2 mg/l BAP.
Baca lebih lanjut

8 Baca lebih lajut

Perbandingan Keragaman Morfologi Pisang Kepok Unti Sayang (Musa balbisiana) Hasil Subkultur 1 Sampai 6

Perbandingan Keragaman Morfologi Pisang Kepok Unti Sayang (Musa balbisiana) Hasil Subkultur 1 Sampai 6

This experiment was aimed to evaluate sub-culture level of tissue culture propagation of kepok Unti Sayang banana that meet quality standard of seedling effective cost. This experiment was performed with the Complete Random Design with 6 levels and unequal repetitions, in which the mother plant was the control. The data resulted from this experiment was divided into two types: differences among sub-cultures and the ones between two populations of male flowers. The F-test was used to make intra sub-culture comparison, and proceeded by the DMRT at 5 % when the result was significantly different. The T-student test was used to compare two different populations of the male flowers. The differences among sub-cultures indicate that somaclonal variations had been occured by the existance of male flowers in the 4 th and 6 th sub-culture. The productions of kepok Unti Sayang were also declined by the increasing frequency of sub-cultures. The differences between two populations of male flowers showed that the population had male flowers got a higher variation than the population which didn’t have male flowers. The population that didn’t have male flowers got no rachis and bracts.
Baca lebih lanjut

33 Baca lebih lajut

Identification of Morphological and Genetic Markers Related to Male Budless Characters on Kepok Banana Mutant.

Identification of Morphological and Genetic Markers Related to Male Budless Characters on Kepok Banana Mutant.

Untuk mengembangkan teknik kultur jaringan sebagai alat perbanyakan klonal tanaman pisang kepok Unti Sayang (US-1) diperlukan suatu teknik yang mampu mendeteksi adanya abnormalitas, diantaranya pada tingkat morfologi dan DNA. Informasi tersebut dapat digunakan untuk menentukan banyaknya sub kultur yang dapat digunakan untuk perbanyakan pisang varietas kepok US-1, sehingga ada jaminan jika mutan ini diperbanyak maka tidak menghasilkan revertrant mutant yang bermanfaat untuk usaha pemuliaan tanaman. Identifikasi melalui pendekatan morfologi dilakukan untuk melihat apakah ada variasi lain yang timbul akibat munculnya revertrant mutant, akan tetapi pendekatan morfologi mudah berubah akibat pengaruh lingkungan sehingga digunakan juga analisis molekuler menggunakan marka genetik. Identifikasi molekuler berdasarkan pola pita DNA digunakan karena karakter ini didasarkan pada sifat genetik tanaman dan tidak dipengaruhi oleh faktor lingkungan.
Baca lebih lanjut

57 Baca lebih lajut

Simulasi Uji Baru, Unik, Seragam, dan Stabil (BUSS) Pisang (Musa spp.) di Kebun Percobaan Pasir Kuda, Bogor

Simulasi Uji Baru, Unik, Seragam, dan Stabil (BUSS) Pisang (Musa spp.) di Kebun Percobaan Pasir Kuda, Bogor

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi sifat unik, seragam dan stabil (BUSS) pada tujuh varietas pisang yaitu ambon hijau (AHM), cavendish (CVS), kepok kuning (KKU), kepok unti sayang (KUS), pisang ungu (PUG), pisang lampung (PLP), dan pisang mas kirana (PMK) sebagai simulasi uji BUSS untuk permohonan hak Perlindungan Varietas Tanaman. Penelitian dilaksanakan di kebun percobaan Pasir Kuda, Bogor. Pengolahan data dilaksanakan dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap. Aksesi dilaksankan pada seluruh bagian tanaman yang dibagi dengan beberapa bagian pengamatan yaitu bagian batang, tanaman, daun, peduncle, tandan, rachis, jantung dan buah menggunakan panduan pengamatan TG UPOV 123. Simulasi ini menghasilkan 50 karakter beda dari 52 karakter pada TG UPOV di antara varietas yang diuji dengan pembanding. Perbedaan tersebut menyatakan bahwa pisang yang diuji memiliki kategori unik. Keseragaman dan kestabilan dilihat dari tidak adanya off type pada varietas pisang yang diuji dan sumber bahan tanam yang diperbanyak secara vegetatif. Perbedaan karakter yang didapat digunakan untuk mendapatkan varietas contoh. Varietas contoh ini berperan untuk pembuatan pedoman pelaksanaan uji selanjutnya. Kata kunci: contoh, khas, pisang, verifikasi.
Baca lebih lanjut

36 Baca lebih lajut

MEMARAHI ANAK DENGAN KASIH SAYANG

MEMARAHI ANAK DENGAN KASIH SAYANG

Semua orang tua sayang dengan anaknya, namun dalam keseharian anak sering berperilaku yang menjengkelkan, sehingga membuat orang tuanya marah. Acap kali orang tua tidak dapat mengendalikan emosi hingga memukul atau melakukan kekerasan fisik pada anak. Kadang kala orang tua menegur anak bukan ingin meluruskan kesalahan, tetapi justru meluapkan amarah. Sebagai orang tua perlu belajar secara terus-menerus untuk meredakan emosi saat menghadapi anak. Jika tidak, teguran seseorang akan tidak efektif. Bahkan, justru semakin menunjukkan "kenakalannya". Ancaman yang diberikan tidak menghentikan kenakalan anak, justru membuat anak berontak dan menentang. Anak merasa orang tua tidak menyayanginya lagi. Selain itu, seseorang sering lupa menunjukkan apa yang seharusnya dikerjakan anak manakala seseorang asyik melontarkan ancaman. Orang tua marah kepada anak merupakan teguran sehingga anak berperilaku yang baik. Perlu seseorang lakukan duduk bersama-sama anak dalam suasana yang mesra untuk berbicara tentang berperilaku yang baik, dan membangun komunikasi antara orang tua dan anak terutama pada anak usia dini.
Baca lebih lanjut

11 Baca lebih lajut

Mendidik Anak dengan Kasih Sayang

Mendidik Anak dengan Kasih Sayang

Dari sana saya dapat suatu hikmah, dunia anak-anak memang penuh kelucuan, iseng dan kenakalan. Namun untuk mengarahkan mereka menjadi lebih baik, kita butuh suatu formula yaitu kasih sayang. Dengan kasih sayang, senakal apapun anak tersebut akan luluh dan Insya Allah mau kita didik dan arahkan.

2 Baca lebih lajut

Tidak Kenal Maka Tidak Sayang Kiat Menso

Tidak Kenal Maka Tidak Sayang Kiat Menso

Permasalahan timbul karena tujuan dari penyelenggaraan calon mata ajar ini sangat khusus yaitu ''melatih para peserta agar menjadi biasa membaca makalah ilmiah standar 20-30 halaman dari[r]

3 Baca lebih lajut

Dengan Kasih Sayang ibu batusangkar

Dengan Kasih Sayang ibu batusangkar

Jangan dibunuh para lintah darat ciumlah mesra anak jadah tak berayah dan sumbatkan jarimu pada mulut peletupan kerna darah para bajak dan perompak akan mudah mendidih oleh pelor.. Mere[r]

1 Baca lebih lajut

Selasihku Sayang dan Gurindam Jiwa

Selasihku Sayang dan Gurindam Jiwa

Selasihku Sayang AJ: Ku tanam selasih Ku tanamkan di hujung halaman Mengenangkan kasih wahai sayang Yang aku tinggalkan RB: Ku siram selasih Ku siramkan di hujung halaman Mengenangk[r]

1 Baca lebih lajut

beberapa contoh ungkapan perasaan sayang

beberapa contoh ungkapan perasaan sayang

2.Menawarkan Nasihat/Saran  Saya pikir Kamu itu lebih baik mulai menunjukan untuk sebuah pekerjaan baru..  Jika Aku jadi Kamu,Aku akan berhenti menuliskan Dia.[r]

3 Baca lebih lajut

Apakah sama kasih sayang antara orang tu

Apakah sama kasih sayang antara orang tu

Apakah sama kasih sayang antara orang tua dan anak ? Tidak, tidak akan pernah sama. Kasih sayang kita boleh jadi telah terbagi kepada anak dan istri kita, namun kasih sayang orang tua kepada kita tidak akan pernah pudda sampai nafas terakhir yang mereka hembuskan.

2 Baca lebih lajut

Unit 1 Keluargaku Sayang

Unit 1 Keluargaku Sayang

Aktiviti: 7 Sistem Bahasa Pengisian Kurikulum Kemahiran Abad Ke-21 Mahir Berkomunikasi Kemahiran Berfikir Aras Tinggi KBAT Mengaplikasi Strategi Pengajaran dan Pembelajaran Mengec[r]

9 Baca lebih lajut

Hadis Kasih Sayang dalam Mia

Hadis Kasih Sayang dalam Mia

kecil. Adapun masalah mencium anak yang telah dewasa dan anggota keluarga yang lain, para ulama memberikan keringanan, seperti saat baru kembali dari bepergian jauh, maka boleh menciumnya, sekali lagi ditekankan sebagai bukti kasih sayang, bukan dorongan kesenangan pribadi dan hawa nafsu. 23

16 Baca lebih lajut

KASIH SAYANG IBU cubadak SEPANJANG

KASIH SAYANG IBU cubadak SEPANJANG

Pada kesempatan yang berbahagia ini,Izinkanlah saya untuk menyampaikan sebuah pidato singkat yang berjudul…” KASIH SAYANG IBU SEPANJANG MASA“ Begitu tingginya derajat seorang Ibu di ha[r]

2 Baca lebih lajut

Ketulusan Kasih Sayang Seorang Ibu

Ketulusan Kasih Sayang Seorang Ibu

Setelah aku bersiap-siap segalanya, aku mencium bau harum, rupanya itu masakan ibu. Kuhampiri meja makan dan aku melihat sepiring nasi goreng dan telor mata sapi kesukaanku, menunya sih tidak terlalu mewah tapi bumbunya itu istimewa, bumbu kasih sayang. Akupun segera menyantap semua makanan yang telah di siapkan ibu tadi.

4 Baca lebih lajut

Bahan belajar sayang . docx

Bahan belajar sayang . docx

Tidak hanya pasir putih dan air lautnya yang biru, suasana di pantai ini juga terbilang tenang karena belum banyak dikunjungi orang, sehingga sangat cocok buat Anda yang ingin berelaksas[r]

20 Baca lebih lajut

Show all 1012 documents...

Related subjects