Zona Selamat Sekolah

Top PDF Zona Selamat Sekolah:

ANALISA EFEKTIFITAS ZONA SELAMAT SEKOLAH (ZoSS) DITINJAU DARI PENURUNAN KECEPATAN (Studi Kasus SDN 1 Sewon Jalan Parangtritis Km. 7 Bantul)

ANALISA EFEKTIFITAS ZONA SELAMAT SEKOLAH (ZoSS) DITINJAU DARI PENURUNAN KECEPATAN (Studi Kasus SDN 1 Sewon Jalan Parangtritis Km. 7 Bantul)

Situasi seperti itu berdampak pada tidak terjaminnya keselamatan perjalanan anak ke sekolah. Dalam upaya menekan angka kecelakaan lalu lintas khususnya dalam bentuk tanggung jawab terhadap keselamatan anak sekolah, pemerintah melalui Departemen Perhubungan, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Direktorat Keselamatan Transportasi Darat menggulirkan percontohan program Zona Selamat Sekolah (ZoSS). Hal tersebut berkaitan dengan peraturan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat No. SK.3236/AJ.403/DRDJ/2006 pasal 7 yang berisi tentang uji coba Zona Selamat Sekolah di 11 kota antara lain Jakarta, Surabaya, Kota Surabaya, Surakarta, Kabupaten Malang, Kota Malang, Semarang, Demak, Daerah Istimewa Yogyakarta, Bandung dan Sukabumi. Program Zona Selamat Sekolah mulai berlaku tanggal 8 Desember 2006. Ditinjau dari pasal tersebut, penelitian ini akan dilakukan di salah satu kota yang disebutkan yaitu Daerah Istimewa Yogyakarta, khususnya Zona Selamat Sekolah SDN 1 Sewon, Jalan Parangtritis, Yogyakarta.
Baca lebih lanjut

89 Baca lebih lajut

Partisipasi Masyarakat Dan Pengguna Zona Selamat Sekolah Di Depan Sekolah Dasar Negeri Madyotaman Kota Surakarta

Partisipasi Masyarakat Dan Pengguna Zona Selamat Sekolah Di Depan Sekolah Dasar Negeri Madyotaman Kota Surakarta

Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan bagaimana partisipasi masyarakat dalam meningkatkan penggunaan Zona Selamat Sekolah khususnya di SD Negeri Madyotaman Kota Surakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini menggunakan teori aksi dari Talcot Parsons. Teori ini memangdang bahwa manusia adalah aktor yang kreatif dari realitas sosialnya. Lokasi penelitian berada di SD Negeri Madyotaman Kota Surakarta. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi langsung, wawancara, dan dokumentasi. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling dan snowball sampling. Validitas data menggunakan teknik trianggulasi sumber.
Baca lebih lanjut

14 Baca lebih lajut

ANALISIS TINGKAT KESELAMATAN PADA ZONA SELAMAT SEKOLAH DI YOGYAKARTA.

ANALISIS TINGKAT KESELAMATAN PADA ZONA SELAMAT SEKOLAH DI YOGYAKARTA.

Metode yang digunakan mengacu pada Peraturan No: SK 3236/AJ 403/DRJD/2006 tentang Uji Coba Penerapan Zona Selamat Sekolah. Analisa data dilakukan dengan statistik distribusi normal (uji Z), dengan membandingkan nilai Zhitung dengan nilai Ztabel dengan tingkat kesalahan 5% untuk perilaku penyeberang, perilaku pengantar dan kecepatan kendaraan. Sedangkan volume lalu lintas mengacu pada Direktur Jenderal Bina Marga (1999) tentang Pedoman Perencanaan Jalur Pejalan Kaki Pada Jalan Umum, bertujuan untuk merekomendasikan fasilitas pejalan kaki yang sesuai kondisi lokasi penelitian. 4.1. Alat yang digunakan
Baca lebih lanjut

14 Baca lebih lajut

KARAKTERISTIK PENGGUNAAN ZONA SELAMAT SEKOLAH DI KOTA JEMBER (STUDI KASUS JALAN AHMAD YANI DAN JALAN BRAWIJAYA)

KARAKTERISTIK PENGGUNAAN ZONA SELAMAT SEKOLAH DI KOTA JEMBER (STUDI KASUS JALAN AHMAD YANI DAN JALAN BRAWIJAYA)

Manajemen lalu lintas merupakan pengelolan dan pengendalian arus lalu lintas dengan melakukan optimasi penggunaan prasarana yang ada. Salah satu tujuannya adalah meningkatkan dan memperbaiki keselamatan dari pengguna jalan sebaik mungkin. Zona Selamat Sekolah (ZoSS) merupakan salah satu program inovatif dalam bentuk zona kecepatan berbasis waktu yang dapat digunakan untuk mengatur kecepatan kendaraan di area sekolah pada jam tertentu.

19 Baca lebih lajut

ANALISIS TINGKAT KESELAMATAN PADA ZONA SELAMAT SEKOLAH DI YOGYAKARTA  ANALISIS TINGKAT KESELAMATAN PADA ZONA SELAMAT SEKOLAH DI YOGYAKARTA.

ANALISIS TINGKAT KESELAMATAN PADA ZONA SELAMAT SEKOLAH DI YOGYAKARTA ANALISIS TINGKAT KESELAMATAN PADA ZONA SELAMAT SEKOLAH DI YOGYAKARTA.

Dengan kepala tertunduk, penulis mengucap syukur kepada Tuhan Yesus Kristus Juru Selamat penulis, atas tuntunan, berkat, hikmat, kasih dan karunia yang senantiasa Ia berikan sehingga penulis dapat menyelesaikan Laporan Tugas Akhir ini dengan baik.

13 Baca lebih lajut

KARAKTERISTIK PENGGUNAAN ZONA SELAMAT SEKOLAH DI KOTA JEMBER (STUDI KASUS JALAN AHMAD YANI DAN JALAN BRAWIJAYA)

KARAKTERISTIK PENGGUNAAN ZONA SELAMAT SEKOLAH DI KOTA JEMBER (STUDI KASUS JALAN AHMAD YANI DAN JALAN BRAWIJAYA)

Dengan mengucapkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa akhirnya penulis dapat menyelesaikan skripsi yang berjudul Karakteristik Penggunaan Zona Selamat Sekolah di Kota Jember (Studi Kasus Jalan Ahmad Yani dan Jalan Brawijaya). Skripsi ini disusun utuk memenuhi salah satu syarat untuk menyelesaikan pendidikan strata satu (S1) pada jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Jember.

19 Baca lebih lajut

TINJAUAN PUSTAKA  ANALISIS TINGKAT KESELAMATAN PADA ZONA SELAMAT SEKOLAH DI YOGYAKARTA.

TINJAUAN PUSTAKA ANALISIS TINGKAT KESELAMATAN PADA ZONA SELAMAT SEKOLAH DI YOGYAKARTA.

Kecepatan yang rendah memberikan waktu reaksi yang lebih lama untuk mengantisipasi gerakan anak-anak yang spontan, tak terduga dan beresiko menimbulkan kecelakaan sehingga tidak menimbulkan kecelakaan di area sekolah tersebut. Pejalan kaki yang tertabrak kendaraan pada kecepatan 60 km/jam hampir selalu berakhir dengan kematian. Sedangkan pada kecepatan 45 km/jam, sebanyak 60 % dari korban mengalami luka berat yang kemungkinan akan ditanggung sepanjang sisa hidupnya. Dengan dasar itu maka dapat disimpulkan bahwa setiap kecelakaan pada kecepatan rendah akan menimbulkan resiko yang lebih rendah. (Dirjen Perhubungan Darat, 2007)
Baca lebih lanjut

8 Baca lebih lajut

PENDAHULUAN  ANALISIS TINGKAT KESELAMATAN PADA ZONA SELAMAT SEKOLAH DI YOGYAKARTA.

PENDAHULUAN ANALISIS TINGKAT KESELAMATAN PADA ZONA SELAMAT SEKOLAH DI YOGYAKARTA.

Lalu lintas dalam transportasi dapat diidefinisikan sebagai gerak kendaraan bermotor, kendaraan tidak bermotor, pejalan kaki termasuk hewan di dalam suatu lintasan/jaringan lintasan, sedangkan jaringan lalu lintas terdiri dari prasarana, bangunan pendukung, dan fasilitas pelengkapnya yang semuanya itu bertujuan sebagai wadah di dalam pergerakan lalu lintas. Setiap orang dipastikan mempunyai harapan dan tujuan untuk mewujudkan lalu lintas yang aman, nyaman, mudah, dan ekonomis. Oleh karena itu, hal-hal seperti kemacetan, kecelakaan, ketidakamanan, ketidaknyamanan, dan kebisingan khususnya pada jaringan lalu lintas di lingkungan sekolah menjadi perhatian khusus dari masyarakat dan pemerintah. Lalu lintas yang tertib dan teratur akan dapat mencegah berbagai kecelakaan, sehingga tercipta lalu lintas yang selamat, aman, dan nyaman, di samping itu juga tentunya dapat mengurangi kemacetan sehingga terwujud lalu lintas yang lancar, efisien, dan ekonomis.
Baca lebih lanjut

4 Baca lebih lajut

BA PEMBUKAAN PENAWARAN ZOSS

BA PEMBUKAAN PENAWARAN ZOSS

Pada hari ini Senin, Tanggal Tiga, Bulan Maret, Tahun Dua Ribu Empat Belas, yang bertanda tangan dibawah ini Kelompok Kerja ULP Pengadaan Barang / Jasa Paket Pengadaan dan Pemasangan Zona Selamat Sekolah (ZOSS), telah mengadakan Pembukaan Penawaran dengan cara men–download dokumen penawaran peserta lelang melalui website .

2 Baca lebih lajut

DAFTAR ZONA SEKOLAH

DAFTAR ZONA SEKOLAH

Menimbang : bahwa dalam rangka pelaksanaan ketentuan Pasal 12 ayat (4) Peraturan Gubernur Nomor 40 Tahun 2013 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru perlu menetapkan Keputusan Kepala Dinas Pendidikan tentang Penetapan Zona Sekolah Dalam Rangka Pelaksaan Penerimaan Peserta Didik Baru;

Baca lebih lajut

Sekolah Internasional Berbasis Teknologi di Kecamatan Beringin, Deli Serdang

Sekolah Internasional Berbasis Teknologi di Kecamatan Beringin, Deli Serdang

Bandar Udara Internasional Kuala Namu (KNO) dikembangkan menjadi sebuah kota yang seluruh kegiatannya berpusat pada bandara tersebut yang disebut sebagai kota Aetropolis yang akan berpengaruh banyak, terutama meningkatkan populasi penduduk. Ekspatriat yang akan menempati kota aerotropolis ini memiliki banyak kebutuhan, salah satunya merupakan kebutuhan pendidikan bagi anak-anak mereka dan akan difasilitasi melalui Sekolah Internasional Beringin yang terletak di Jalan Bakaran Batu Kecamatan Beringin tepat di sebelah utara Rumah Sakit Patar Asih. Sekolah ini bertemakan Arsitektur Eco-Tech, yaitu gaya arsitektur yang ramah lingkungan dengan bantuan teknologi-teknologi yang telah modern, contohnya penggunaan shadding yang secara otomatis mengatur masuknya cahaya. Sistem pengolahan data yaitu dengan survey langsung ke dan melalui studi literatur untuk mendapatkan standar-standar tentang sekolah internasional dan penerapan arsitektur eco-tech pada bangunan. Sekolah ini berkonsep sekolah sehat dengan memperjarak antara pintu masuk utama dengan bangunan sekolah, sehingga para siswa akan melakukan olahraga kecil setiap hari. Zoning sirkulasi sekolah ini berada di tengah bangunan yang dilengkapi dengan sebuah innercourt yang memiliki skylight tepat di atasnya. Zoning untuk ruang-ruang kelas terdapat di bagian sayap bangunan. Zoning komersil terdapat di lantai 1 sekolah dan terdapat mushola disebelahnya. Sekolah ini berkualitas internasional, dimulai dari fasilitas sampai dengan tenaga pengajar. Sekolah ini memiliki lapangan serba guna yang dapat digunakan berbagai macam aktifitas mulai dari aktifitas upacara bendera yang dilakukan pada hari senin, aktifitas olahraga, aktifitas seni, bahkan dapat dijadikan tempat bermain bagi murid-murid. Sekolah ini juga memiliki ruang serbaguna yang berada di lantai 4, digunakan untuk kegiatan-kegiatan yang bersifat formal seperti rapat orang tua murid ataupun upacara hari kelulusan siswa, dan dapat juga digunakan untuk aktifitas yang bersifat non-formal seperti aktifitas komunitas-komunitas yang berada di Sekolah ini seperti seni tari, seni lukis, olahraga badminton, dan lain sebagainya. Sekolah ini menggunakan transportasi bus sekolah, guna menertibkan dan mengamankan perjalanan siswa.
Baca lebih lanjut

Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...