Top PDF A pengertian dari sosialisasi politik

A pengertian dari sosialisasi politik

A pengertian dari sosialisasi politik

Di sekolah melalui pelajaran civics education (pendidikan kewarganegaraan), siswa dan gurunya saling bertukar informasi dan berinteraksi dalam membahas topik-topik tertentu yang mengandung nilai-nilai politik teoretis maupun praktis. Dengan demikian, siswa telah memperoleh pengetahuan awal tentang kehidupan berpolitik secara dini dan nilai-nilai politik yang benar dari sudut pandang akademis. Misalnya, guru memberikan informasi tentang budaya politik bangsa Indonesia pada era Orde Baru. Dari informasi guru, siswa menjadi tahu bentuk dan ciri budaya politik Indonesia pada era Orde Baru.
Baca lebih lanjut

8 Baca lebih lajut

Pengertian Politik Dan Strategi Nasional

Pengertian Politik Dan Strategi Nasional

Strategi berasal dari bahasa Yunani strategia yang diartikan sebagai “the art of the general” atau seni seorang panglima yang biasanya digunakan dalam peperangan . Karl von Clausewitz (1780- 1831) berpendapat bahwa strategi adalah pengetahuan tentang penggunaan pertempuran untuk memenangkan peperangan . Sedangkan perang itu sendiri merupakan kelanjutan dari politik . Dalam pengertian umum, strategi adalah cara untuk mendapat-kan kemenangan atau pencapaian tujuan . Dengan demikian , strategi tidak hanya menjadi monopoli para jendral atau bidang militer, tetapi telah meluas ke segala bidang kehidupan.
Baca lebih lanjut

17 Baca lebih lajut

KONSEP DAN PENGERTIAN SOSIOLOGI POLITIK

KONSEP DAN PENGERTIAN SOSIOLOGI POLITIK

Selanjutnya, perusahaan juga mempunyai kewajiban yang ditetapkan pada ketentuan III : A.1. diungkapkan bahwa, perusahaan wajib memperhatikan atau mengambil langkah-langkah secara maksimal untuk menjamin keselamatan umum karyawan dan atau orang lain yang berada dalam areal kerjanya. Bahwa, banjir yang diakibatkan oleh areal perusahaan yang tidak dirawat - ditandai dengan desa yang berada dalam kawasan HPH/TI PT Arara Abadi sering kebanjiran – adalah bukti kelalaian yang dapat mencelakakan orang. Banjir diduga disebabkan karena sedikitnya hutan penyanggah yang disisakan, serta tidak tepatnya perencanaan pembangunan (tidak seimbangnya antara pembangunan hulu dan hilir). Bukan semata-mata karena alamiah, melainkan karena prilaku manusia.
Baca lebih lanjut

25 Baca lebih lajut

Pengertian Kekuasaan dan Politik dalam O

Pengertian Kekuasaan dan Politik dalam O

Seseorang bisa saja punya kekuasaan tetapi tidak menerapkannya. Kekuasaan punya fungsi bergantung. Semakin besar ketergantungan B atas A, semakin besar kekuasaan A dalam hubungan mereka. Ketergantungan, pada gilirannya, didasarkan pada alternatif yang ada pada B dan pentingnya alternatif tersebut bagi B dalam memandang kendali A. Penulis lain semisal John A. Wagner and John R. Hollenbeck justru menawarkan definisi kekuasaan dari para politisi semisal Winston Churchill dan Bill Clinton, yaitu “ ... kemampuan untuk mempengaruhi perilaku orang lain dan membujuknya untuk melakukan hal-hal yang tidak bisa mereka tolak.” Sebab itu, Wagner and Hollenbeck mendefinisikan kekuasaan sebagai“ ... kemampuan, baik untuk mempengaruhi perilaku orang lain ataupun untuk melawan pengaruh yang tidak diinginkan.”
Baca lebih lanjut

18 Baca lebih lajut

Pengertian Pendidikan Politik adalah. docx

Pengertian Pendidikan Politik adalah. docx

M. Panggabean, yang menyatakan bahwa pendidikan politik ialah “cara bagaimana suatu bangsa mentransfer budaya politiknya dari generasi yang satu ke generasi yang kemudian”. Dalam hal ini, yang dimaksud dengan budaya politik adalah “keseluruhan dari nilai, keyakinan empirik, dan lambang ekspresif yang menentukan terciptanya situasi dalam mana kegiatan politik terselenggara. Ramsji Tadjuddin menambahkan bahwa azas-azas yang melandasi dilaksanakannya pendidikan politik adalah;

6 Baca lebih lajut

Pandangan dari para ahli terkait dengan

Pandangan dari para ahli terkait dengan

Pengertian Politik sebagai komponen kompromi dan konsensus: Sharing atau pembagian kekuasaan adalah asumsi politik sebagai kompromi dan konsensus. Kompromi dan konsensus dilawankan dengan brutalitas, pertumpahan darah dan kekerasan. Dalam politik, tidak ada pihak yang kepentingannya terselenggarakan 100 %. Masing masing memoderasi tuntutan agar tercapai persetujuan dengan pihak lain. Baiknya politik suatu negara adalah ketika masalah pergesekan kepentingan diselesaikan lewat kompromi dan konsensus di atas meja dan bukan dengan pertumpahan darah.
Baca lebih lanjut

4 Baca lebih lajut

Ekonomi Politik Dari Pengertian Sampai C

Ekonomi Politik Dari Pengertian Sampai C

Sebagai konsekuensi dari pelaksanaan pembangunan nasional yang membawa perubahan di sektor pembangunan ekonomi. proses pemerataan dan peningkatan pendapatan masyarakat serta mendorong pertumbuhan ekonomi dan berperan dalam mewujudkan stabilitas nasional pada umumnya dan stabilitas ekonomi pada khususnya. Pemerintah memiliki posisi strategis baik sebagai pelaksana kebijakan pembangunan, konsumen sekaligus produsen dan investor. Pemerintah juga memiliki peran sebagai pengelola perusahaan negara yang bertujuan untuk mengelola sumberdaya dan pemberi pelayanan publik terutama yang menyangkut “hajat hidup masyarakat” serta sebagai regulator diantara komponen masyarakat. Menurut Gurley permasalahan pokok dalam Ekonomi Politik Kontemporer adalah kendala-kendala sosial, politik, dan ekonomi, yang lebih luas, sebagai akibat terjadinya konflik kepentingan di antara kelas dalam masyarakat. Permasalahannya bukan terbatas pada model pembangunan dan kepentingan keuangan investasi uang asing, akan tetapi terletak pada siapa yang diuntungkan dan siapa yang dirugikan dalam pembangunan. Semuanya terletak pada masalah kekuasaan, konflik antar kelas, dan resistensi terhadap perubahan.
Baca lebih lanjut

5 Baca lebih lajut

Pengertian Budaya Politik Ciri Ciri Maca

Pengertian Budaya Politik Ciri Ciri Maca

Budaya politik berasal dari dua kata, yaitu budaya dan politik. Kata budaya atau kebudayaan berasal dari bahasa Sanskerta, yaitu buddhayah. Buddhayah ini merupakan bentuk jamak dari buddhi, yang berarti akal atau budi. Berdasarkan pengertian tersebut, dapat dikatakan bahwa kebudayaan berarti semua hal yang bersangkutan dengan akal. Akal hanya dimiliki oleh manusia sehingga hanya manusialah yang berbudaya. Menurut E.B. Taylor, kebudayaan adalah sesuatu yang kompleks yang mencakup pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adat istiadat, dan kemampuan-kemampuan lain, serta kebiasaan-kebiasaan yang didapatkan oleh manusia sebagai anggota masyarakat.
Baca lebih lanjut

4 Baca lebih lajut

SOSIALISASI POLITIK DI KALANGAN REMAJA TEPIAN KOTA ( STUDI KASUS MENGENAI SOSIALISASI POLITIK NILAI-NILAI LUHUR PANCASILA DI DESA SROYO, KECAMATAN JATEN, KABUPATEN KARANGANYAR).

SOSIALISASI POLITIK DI KALANGAN REMAJA TEPIAN KOTA ( STUDI KASUS MENGENAI SOSIALISASI POLITIK NILAI-NILAI LUHUR PANCASILA DI DESA SROYO, KECAMATAN JATEN, KABUPATEN KARANGANYAR).

The research method employed in this research was the combination of quantitative and qualitative approaches (multiple methods). Quantitative approach was carried out using survey method and qualitative approach was carried out using in-depth interview method. The sampling technique in this research was cluster sampling and purposive sampling. Meanwhile, data analysis was conducted using a descriptive statistic analysis technique conducted by means of organizing frequency table, table interpretation, data analysis, and result of interview.
Baca lebih lanjut

16 Baca lebih lajut

Pengertian dan Model Komunikasi Politik

Pengertian dan Model Komunikasi Politik

Komunikasi politik adalah transimisi informasi yang relevan secara politis dari suatu bagian sistem politik kepada sistem politik yang lain, dan antara sistem sosial dan sistem politik- merupakan unsur yang dinamis dari suatu sistem politik 3 , dan proses sosialisasi, partisipasi, dan perekrutan tergantung pada komunikasi. Pengetahuan dari pengetahuan, nilai-nilai dan sikap-sikap adalah adalah fundamental bagi ketiga hal tadi, karena semuanya menentukan membentuk aktivitas politik individu yang bersangkutan. Unsur suatu sistem komunikasi diperlihatkan dalam Gambar dibawah ini, yang terdiri dari: sumber (pesan, atau informasi), pesan, penerima informasi (audiens) dan suatu proses yang dikenal sebagai umpan balik.
Baca lebih lanjut

9 Baca lebih lajut

Pengertian Dan Penjelasan Ilmu politik

Pengertian Dan Penjelasan Ilmu politik

FARMACIA | Pengertian Biofarmasi – Biofarmasi adalah ilmu yang mempelajari / menyelidiki pengaruh-pengaruh pembuatan sediaan atas kegiatan terapetik obat. Sekitar tahun 1960 para sarjana mulai sadar bahwa efek obat tidak tergantung semata-mata pada faktor farmakologi, melainkan juga faktor-faktor formulasi yang dapat mengubah efek obat dalam tubuh, antara lain : – Bentuk fisik zat aktif (amorf, kristal atau kehalusannya)

7 Baca lebih lajut

Sosial Politik Sosialisasi Politik dan

Sosial Politik Sosialisasi Politik dan

Puji dan Syukur kami panjatkan ke Hadirat Tuhan Yang Maha Esa, Ida Sang Hyang Widi, karena berkat limpahan Rahmat dan Karunia-nya sehingga makalah ini dapat tersusun dengan baik dan tepat pada waktunya. Dalam makalah ini kami membahas mengenai sosialisai politik. Makalah ini dibuat dengan berbagai observasi dan beberapa bantuan dari berbagai pihak untuk membantu menyelesaikan tantangan dan hambatan selama mengerjakan makalah ini. Oleh karena itu, kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan makalah ini. Kami menyadari bahwa masih banyak kekurangan yang mendasar pada makalah ini. Oleh karena itu kami mengundang pembaca untuk memberikan saran serta kritik yang dapat membangun kami. Kritik konstruktif dari pembaca sangat kami harapkan untuk penyempurnaan makalah selanjutnya. Akhir kata semoga makalah ini dapat memberikan manfaat bagi kita sekalian.
Baca lebih lanjut

11 Baca lebih lajut

MAKALAH SISTEM POLITIK INDONESIA pancasi

MAKALAH SISTEM POLITIK INDONESIA pancasi

Merupakan agen sosialisasi pertama yang dialami seseorang. Keluarga memiliki pengaruh besar terhadap anggota-anggotanya. Pengaruh yang paling jelas adalah dalam hal pembentukan sikap terhadap wewenang kekuasaan. Bagi anak, keputusan bersama yang dibuat di keluarga bersifat otoritatif, dalam arti keengganan untuk mematuhinya dapat mendatangkan hukuman. Pengalaman berpartisipasi dalam pembuatan keputusan keluarga dapat meningkatkan perasaan kompetensi politik si anak, memberikannya kecakapan-kecakapan untuk melakukan interaksi politik dan membuatnya lebih mungkin berpartisipasi secara aktif dalam sistem politik sesudah dewasa.
Baca lebih lanjut

8 Baca lebih lajut

BAB II KAJIAN PUSTAKA 2.1 Sosialisasi Politik 2.1.1 Pengertian Sosialisasi Politik - Strategi Pemenangan Kandidat Walikota Periode 2012 - 2017 pada Pemilihan Umum (PEMILU) Kepala Daerah di Kota Padang Sidempuan

BAB II KAJIAN PUSTAKA 2.1 Sosialisasi Politik 2.1.1 Pengertian Sosialisasi Politik - Strategi Pemenangan Kandidat Walikota Periode 2012 - 2017 pada Pemilihan Umum (PEMILU) Kepala Daerah di Kota Padang Sidempuan

Desiminasi politik sering dilakukan oleh para anggota legislatif dan aparat birokrasi untuk memberi tahu ata menyebarluaskan informasi tentang suatu agenda politik. Aparatur birokrasi, misalnya melakukan desiminasi pemilihan legislatif, presiden dan kepala daerah melalui pertemuan tatap muka (seminar atau pelatihan), penyebaran leefletd baliho dan media massa seperti surat kabar, radio dan televisi. Sedangkan anggota legislatif misalnya mendisiminasikan UUD 1945 yang telah diamandemen ke berbagai unsur masyarakat di seluru indonesia. Desiminasi lebih memiliki pengetahuan tentang apa yang didesiminasi.
Baca lebih lanjut

16 Baca lebih lajut

OBJEK MATERIL DAN OBJEK FORMAL SOSIOLOGI (1)

OBJEK MATERIL DAN OBJEK FORMAL SOSIOLOGI (1)

Pengertian yang lain menyebutkan bahwa sosialaisasi politik adalah segala upaya yang dilakukan secara terus-menerus, baik formal maupun nonformal, agar setiap anggota masyarakat menyadari, memahami, mengkhayati akan hal dan kewajiban politiknya . Dari pengertian di atas kita ketahui bahwa sosialisasi politik adalah upaya untuk memasyarakatkan fungsi dan tanggung jawab politik masyarat dalam sebuah negara. Upaya-upaya yang dilakukan dalam rangka sosialisasi ini terdapat berbagai macam, mulai dari sosialisasi dalam keluarga, sosialisasi dalam sekolah, sosialisasi dalam
Baca lebih lanjut

5 Baca lebih lajut

Pengertian Politik dan Ilmu Politik Menu

Pengertian Politik dan Ilmu Politik Menu

Berbicara tatanan maka kita dapat mengartikan ilmu politik merupakan ilmu yang multidisiplin karena akan berkaitan dengan ekonomi, hukum, social, budaya, sejarah, pendidikan dan lain sebagainya agar menggapai kehidupan lebih baik. Wasby menilai sulit mengartikan politik dalam arti yang tetap, karena kajian politik selalu berkembang dan selalu memunculkan asumsi baru, sehingga ilmu politik harus memiliki batasan-batasan metodologi. Kajian politik merupakan ilmu lunak, namun penggunaan metode dalam kajian politik banyak mengikuti metode-metode ilmu keras agar dapat tersistematis dan terstruktur yang kemudian dinamakan metodologi ilmiah, menurutnya hal ini terlalu dipaksakan. Berbeda dengan pandangan Ramlan Subakti mengatakan yang menjadi pusat perhatian ilmu politik ialah proses pembuatan dan pelaksanaan keputusan politik. 3
Baca lebih lanjut

11 Baca lebih lajut

Type text KISI KISI UJIAN SEKOLAH TAHUN

Type text KISI KISI UJIAN SEKOLAH TAHUN

Menganalisis budaya demokrasi menuju masyarakat madani 7.1Mendeskrepsikan pengertian budaya politik 7.3 Mendeskripsikan pentingnya sosialisasi pengembangan budaya politik 8.2 Mengide[r]

8 Baca lebih lajut

Kumpulan Soal UTS SMA Sederajat Kelas XI Terbaru 2016/2017 uts 1 PKn Kelas XI

Kumpulan Soal UTS SMA Sederajat Kelas XI Terbaru 2016/2017 uts 1 PKn Kelas XI

Sosialisasi politik 24.Kondisi suatu masyarakat yang tidak peduli terhadap system politik atau proses politik yang terjadi disebut budaya politik… a.. Aktif 25.Salah satu prinsip demo[r]

5 Baca lebih lajut

SOSIALISASI PENGEMBANGAN BUDAYA dan POLITIK

SOSIALISASI PENGEMBANGAN BUDAYA dan POLITIK

Perkembangan sosiologi politik diawali pada masa kanak-kanak atau remaja. Hasil riset, David Easton dan Robert Hess mengemukakan bahwa di Amerika Serikat, belajar politik dimulai pada usia tiga tahun dan menjadi mantap pada usia tujuh tahun. Tahap lebih awal dari belajar politik mencakup perkembangan dari ikatan-ikatan lingkungan,, seperti " keterikatan kepada sekolah-sekolah mereka ", bahwa mereka berdiam di suatu daerah tertentu. Anak muda itu mempunyai kepercayaan pada keindahan negerinva, kebaikan serta kebersihan rakyatnya. Manifestasi ini diikuti oleh simbol-simbol otoritas umum, seperti agen polisi, presiden, dan bendera nasional. Pada usia sembilan dan sepuluh tahun timbul kesadaran akan konsep yang lebih abstrak, seperti pemberian suara, demokrasi, kebebasan sipil, dan peranan warga negara dalam sistem politik.
Baca lebih lanjut

23 Baca lebih lajut

Belajar Soal UAS PKN Kelas X XI XII Semester 1 Ganjil UAS 1 PKn Kelas XI

Belajar Soal UAS PKN Kelas X XI XII Semester 1 Ganjil UAS 1 PKn Kelas XI

Sosialisasi politik 24.Kondisi suatu masyarakat yang tidak peduli terhadap system politik atau proses politik yang terjadi disebut budaya politik… a.. Aktif 25.Salah satu prinsip demo[r]

5 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...