Top PDF Analisis Butir Soal Ujian Semester Genap Mata Pelajaran Kimia Kelas X IPA SMA PGRI Pekanbaru Tahun Ajaran 2013/2014

Analisis Butir Soal Ujian Semester Genap Mata Pelajaran Kimia Kelas X IPA SMA PGRI Pekanbaru Tahun Ajaran 2013/2014

Analisis Butir Soal Ujian Semester Genap Mata Pelajaran Kimia Kelas X IPA SMA PGRI Pekanbaru Tahun Ajaran 2013/2014

yang sangat penting dalam sistem pembelajaran. Salah satu evaluasi yang dilakukan adalah evaluasi hasil belajar siswa. Hasil evaluasi belajar siswa pada umumnya memposisikan siswa pada kurva normal, sehingga sebagian besar siswa berada atau mendekati garis rata-rata (KKM), serta sebagian kecil berada di atas rata-rata dan di bawah rata-rata. Data yang diperoleh dari SMA PGRI Pekanbaru menunjukkan bahwa hasil ujian semester genap mata pelajaran kimia kelas X IPA tidak memposisikan siswa pada kurva normal. Terdapat 69 siswa yang memperoleh nilai di atas KKM dan 1 orang siswa yang memperoleh nilai di bawah KKM. nilai KKM yang harus dicapai siswa untuk mencapai ketuntasan adalah 80. Sehingga kurva hasil evaluasi belajar siswa yang diperoleh berbentuk kurva juring ke kanan. Oleh karena itu perlu dilakukan analisis terhadap butir-butir soal yang digunakan pada ujian tersebut. Analisis butir soal dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil analisis secara kualitatif dari 40 soal diperoleh 10 soal (25%) yang telah memenuhi kriteria aspek materi, konstruksi dan bahasa. Proporsi pembagian soal pada setiap pokok bahasan tidak seimbang dan distribusi jenjang ranah kognitif taksonomi Bloom belum tersebar merata. Hasil analisis kuantitatif dari 40 soal diperoleh 1 soal (2,5%) dengan kriteria diterima, 15 soal (37,5%) dengan kriteria diperbaiki dan 24 soal (60%) dengan kriteria ditolak.
Baca lebih lanjut

15 Baca lebih lajut

ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER GASAL PADA MATA PELAJARAN EKONOMI AKUNTANSI KELAS XI DI SMA NEGERI 1  Analisis Butir Soal Ujian Akhir Semester Gasal Pada Mata Pelajaran Ekonomi Akuntansi Kelas XI Di SMA Negeri 1 Kartasura Tahun Ajaran 2014/2015.

ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER GASAL PADA MATA PELAJARAN EKONOMI AKUNTANSI KELAS XI DI SMA NEGERI 1 Analisis Butir Soal Ujian Akhir Semester Gasal Pada Mata Pelajaran Ekonomi Akuntansi Kelas XI Di SMA Negeri 1 Kartasura Tahun Ajaran 2014/2015.

Metode analisis data dalam penelitian ini, menganalisis soal pilihan objektif dilakukan meliputi dua bagian yaitu analisis data dalam pendekatan kualitatif dan analisis data dalam pendekatan kuantitatif. Menurut Sudjana (2013 : 212) mengatakan bahwa evaluasi dengan menggunakan pendekatan kualitatif adalah prosedur evaluasi yang menghasilkan data deskriptif berupa narasi kata-kata tertulis atau lisan dari fakta-fakta yang ditanyakan dan diamati. Teknik-teknik yang banyak digunakan untuk menghasilkan data yang dapat diolah dengan menggunkakan pendekatan kualitatif adalah wawancara, observasi, (partisipatifdan non partisipatif) dan teknik pengumpulan data secara partisipan. Penelitian ini menggunakan analisis kualitatif meliputi validitas isi yaitu aspek isi (materi) dan aspek konstruksi (budaya dan bahasa).Sedangkan analisis kuantitatif meliputi validitas empiris (validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya beda, dan efektifitas pengecoh).
Baca lebih lanjut

15 Baca lebih lajut

ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER GASAL MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XII IPS SMA NEGERI BANYUMAS TAHUN AJARAN 2014/2015.

ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER GASAL MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XII IPS SMA NEGERI BANYUMAS TAHUN AJARAN 2014/2015.

(Suharsimi, 2013: 46), while the non-test is a procedure used to measure the affective domain such as attitudes, interests, talents , and motivation, for example using questionnaires, interviews, observations, and others (Sudijono, 2011: 67). Although there are two kinds of measuring instruments evaluation activities, but the test is often used for the evaluation tool. The test in question is a test that is made by the teacher (teacher-made test). The results of the test should reflect the real situation, because the results of the test will be used to make decisions. The size of the mistake (error) could affect the measurement of learning outcomes assessment, the test would be said as a good questions if they meet the requirements like eligibility, level of difficulty, distinguishing power, the pattern of answer distribution and relationship or correlation of each item with an overall score. Besides, the test should also have the characteristic of validity, reliability and objectivity. To find those things, it is needed a valuation activity through the test item analysis to obtain information about the test which has been meets the requirements of a good question. Tests are said to be good as a measurement tool if they meet the requirements of the test, which has: validity, reliability, practicability, objectivity and economical (Suharsimi, 2013: 72).
Baca lebih lanjut

144 Baca lebih lajut

ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER GASAL MATA PELAJARAN EKONOMI AKUNTANSI KELAS XII IPS SMA NEGERI 2 WONOSOBO TAHUN AJARAN 2014/2015 SKRIPSI

ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER GASAL MATA PELAJARAN EKONOMI AKUNTANSI KELAS XII IPS SMA NEGERI 2 WONOSOBO TAHUN AJARAN 2014/2015 SKRIPSI

Analisis kualitas tes adalah tahap yang dapat ditempuh untuk mengetahui derajat kualitas tes baik keseluruhan tes maupun butir soal yang merupakan bagian dari tes. Analisis butir soal merupakan kegiatan mengkaji pertanyaan-pertanyaan dalam tes sudah memenuhi syarat sebagai tes yang berkualitas atau belum. Dari analisis butir soal ini dapat diidentifikasikan soal yang berkualitas, cukup berkualitas, atau tidak berkualitas. Analisis butir soal dapat dihitung melalui beberapa aspek yaitu validitas, reliabilitas, daya pembeda, tingkat kesukaran, dan efektivitas pengecoh (Zainal Arifin. 2013: 246-280). Validitas adalah ketepatan atau kecermatan suatu instrument pengukur tes dalam melakukan fungsi ukurnya. Reliabilitas digunakan untuk menguji keajegan pertanyaan tes bila diberikan berulangkali pada objek yang sama. Daya pembeda adalah kemampuan soal untuk membedakan siswa yang berkemampuan tinggi dan siswa yang berkemampuan rendah. Tingkat kesukaran adalah pengukuran besar derajat kesukaran suatu soal. Efektivitas pengecoh dapat diketahui dengan melihat pola sebaran jawaban siswa. Kegiatan analisis butir soal meskipun sulit serta membutuhkan waktu yang lama, akan tetapi perlu dilakukan oleh guru Akuntansi untuk melihat sejauh mana butir soal dinyatakan baik secara keseluruhan.
Baca lebih lanjut

202 Baca lebih lajut

ANALISIS ITEM UJIAN AKHIR SEMESTER (UAS) GENAP MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS X TAHUN AJARAN 2014/2015 DI SMA YANG MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM 2013 DI KABUPATEN SLEMAN.

ANALISIS ITEM UJIAN AKHIR SEMESTER (UAS) GENAP MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS X TAHUN AJARAN 2014/2015 DI SMA YANG MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM 2013 DI KABUPATEN SLEMAN.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kualitas item Ujian Akhir Semester (UAS) Genap Mata Pelajaran Biologi Kelas X Tahun Ajaran 2014/2015 di SMA yang mengimplementasikan Kurikulum 2013 di Kabupaten Sleman dari aspek materi, konstruksi, dan bahasa, (2) kesesuaian/fit item dengan Model Rasch dan reliabilitas bila dianalisis menggunakan program QUEST, (3) pemenuhan persyaratan item sebagai tes untuk mengukur prestasi hasil belajar peserta didik, dan (4) pendeteksian adanya bias item/DIF (Differential Item Function) antarsekolah yang mengimplementasikan Kurikulum 2013 di Kabupaten Sleman.
Baca lebih lanjut

1 Baca lebih lajut

ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER GASAL MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XII IPS SMA NEGERI 1 WONOSARI TAHUN AJARAN 2014/2015.

ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER GASAL MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XII IPS SMA NEGERI 1 WONOSARI TAHUN AJARAN 2014/2015.

Good question is a question that is not too difficult and not too easy (Suharsimi, 2013: 222). The same opinion was expressed by Anas Sudjiono (2011: 307), the test item can be said as a good item if the item is not too difficult and not too easy, in other words the level of difficulty of the items is medium or sufficient. The question which is too easy will not stimulate learners to heighten efforts to solve it. Too difficult question will causes students become desperate and do not have the spirit to try again because beyond his reach. The level of difficulty is seen from the ability of learners to answer it, not from the standpoint of the teacher as a question maker. The analysis technique to determine the level of difficulty is by using the following formula:
Baca lebih lanjut

133 Baca lebih lajut

ANALISIS BUTIR SOAL TES OBJEKTIF BUATAN GURU ULANGAN SEMESTER GANJIL MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X DI SMA NEGERI 1 MLATI TAHUN AJARAN 2013/2014.

ANALISIS BUTIR SOAL TES OBJEKTIF BUATAN GURU ULANGAN SEMESTER GANJIL MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X DI SMA NEGERI 1 MLATI TAHUN AJARAN 2013/2014.

mata pelajaran lain yang serumpun dalam naungan mata pelajaran IPS, maka di tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) materi ekonomi berdiri sendiri dalam satu mata pelajaran yang utuh yaitu mata pelajaran ekonomi. Dalam proses evaluasi pembelajaran ekonomi ini membutuhkan instrumen yang benar-benar dapat menunjukkan kemampuan peserta didik yang sebenarnya agar mutu mata pelajaran Ekonomi semakin meningkat, serta tujuan dari mata pelajaran Ekonomi dapat tercapai. Dalam proses evaluasi hasil belajar mata pelajaran Ekonomi, sekolah menggunakan Ulangan Akhir Semester sebagai alat evaluasi untuk mengetahui dan mengukur tingkat hasil belajar siswa, dimana soal Ulangan Akhir Semester disusun oleh guru yang terdiri dari 50 butir soal pilihan ganda. Ulangan Akhir Semester Ganjil merupakan salah satu bentuk tes sekaligus sebagai alat evaluasi sehingga kualitas dari soal-soal Ulangan Akhir Semester Ganjil harus memperhatikan kriteria-kriteria alat evaluasi yang baik. Oleh karena itu perlu diketahui bagaimana kualitas soalnya apakah syarat validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda dan fungsi pengecoh sudah terpenuhi atau belum.
Baca lebih lanjut

146 Baca lebih lajut

ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER GENAP PADA MATA PELAJARAN PRODUKTIF AKUNTANSI KELAS X AKUNTANSI DI SMK NEGERI 1 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015.

ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER GENAP PADA MATA PELAJARAN PRODUKTIF AKUNTANSI KELAS X AKUNTANSI DI SMK NEGERI 1 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015.

Keseluruhan Soal Ujian Akhir Semester Gasal Mata Pelajaran Teori Kejuruan Kelas XI Akuntansi di SMK YPKK 1 Gamping Sleman termasuk soal tidak baik karena berdasarkan analisis yang dilakukan terdapat 17 butir soal (42,5%) tidak memenuhi syarat validitas, reliabilitas, daya pembeda, tingkat kesukaran, dan pola sebaran jawaban. Persamaan dengan penelitian yang dilakukan oleh Nur Hidayati Indra Rukmana yaitu sama sama merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dan meneliti tentang analisis butir soal. Perbedaan dengan penelitian yang dilakukan oleh Nur Hidayati Indra Rukmana dengan penelitian yang peneliti laksanakan adalah terletak pada subjek penelitian, tempat, dan waktu penelitian.
Baca lebih lanjut

218 Baca lebih lajut

ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER GENAP MATA PELAJARAN KOMPUTER AKUNTANSI KELAS XI AKUNTANSI SMK YPPK 1 GAMPING SLEMAN TAHUN AJARAN 2014/2015.

ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER GENAP MATA PELAJARAN KOMPUTER AKUNTANSI KELAS XI AKUNTANSI SMK YPPK 1 GAMPING SLEMAN TAHUN AJARAN 2014/2015.

Untuk dapat mengetahui kualitas soal yang diujikan, guru dapat melaksanakan suatu kegiatan, yaitu menganalisis butir soal yang diujikan. Menurut Nana Sudjana (2013: 135), mengemukakan bahwa analisis butir soal atau analisis item adalah pengkajian pertanyaan-pertanyaan tes agar diperoleh perangkat pertanyaan yang memiliki kualitas yang memadai. Soal-soal dianalisis untuk diketahui soal yang baik dan soal yang tidak baik.Soal yang baik dapat dijadikan alat ukur dan acuan dalam pembuatan soal pada periode selanjunya.Soal yang tidak baik yang masih dapat direvisi dilakukan perbaikan kembali sehingga dapat dipergunakan kembali, sedangkan untuk soal yang tidak baik serta membutuhkan revisi yang signifikan sebaiknya dibuang. Dengan menganalisis butir soal, guru dapat mengetahui kualitas soal yang diujikan yang nantinya juga akan dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas soal yang akan diujikan. Dengan demikian, kualitas soal yang baik, akan mencerminkan hasil belajar siswa yang memang mencerminkan kemampuan siswa sebenarnya.
Baca lebih lanjut

160 Baca lebih lajut

ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER GASAL MATA PELAJARAN PENGANTAR AKUNTANSI KELAS X AKUNTANSI SMK NEGERI 1 GODEAN TAHUN AJARAN 2014/2015.

ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER GASAL MATA PELAJARAN PENGANTAR AKUNTANSI KELAS X AKUNTANSI SMK NEGERI 1 GODEAN TAHUN AJARAN 2014/2015.

Pendidikan merupakan sarana untuk mencapai kesuksesan bagi setiap orang. Suatu Negara dapat dikatakan maju apabila memperhatikan pendidikan bangsa. Pendidikan berasal dari kata didik, yang berarti memelihara dan membentuk latihan dengan demikian, pendidikan adalah suatu usaha yang dilakukan secara sadar dan sengaja untuk mengubah tingkah laku manusia secara individu maupun kelompok untuk mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan. Menurut Zainal Arifin (2013: 1) dalam dunia pendidikan, salah satu kompetensi yang harus dikuasai oleh guru adalah evaluasi pembelajaran. Kompetensi ini sejalan dengan tanggung jawab guru dalam pembelajaran yaitu mengevaluasi pembelajaran termasuknya adalah melaksanakan penilaian dan hasil belajar dan instrumen penilaian kemampuan guru, salah satu indikatornya adalah melakukan evaluasi pembelajaran.
Baca lebih lanjut

202 Baca lebih lajut

ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER GASAL MATA PELAJARAN PENGANTAR AKUNTANSI DAN KEUANGAN KELAS X KEUANGAN SMK NEGERI 1 BANTUL TAHUN AJARAN 2014/2015.

ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER GASAL MATA PELAJARAN PENGANTAR AKUNTANSI DAN KEUANGAN KELAS X KEUANGAN SMK NEGERI 1 BANTUL TAHUN AJARAN 2014/2015.

Mata pelajaran Pengantar Akuntansi dan Keuangan merupakan salah satu mata pelajaran pokok pada kompetensi keahlian Akuntansi kelas X SMK. Materi yang ada di dalamnya meliputi, pengertian dasar akuntansi, bentuk badan usaha, prinsip dan konsep akuntansi, pencatatan transaksi, neraca saldo dan laporan keuangan. Mata pelajaran ini baru diterapkan dalam Kurikulum 2013, sebelumnya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) mata pelajaran yang digunakan untuk SMK adalah Produktif Akuntansi. kedua mata pelajaran tersebut tidak jauh berbeda, hanya ada tambahan materi badan usaha dalam mata pelajaran Pengantar Akuntansi dan Keuangan. Oleh karena itu, guru dalam membuat soal tidak dapat mengambil seluruhnya dari bank soal. Soal yang digunakan benar-benar baru dan belum diketahui kualitasnya.
Baca lebih lanjut

136 Baca lebih lajut

ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER GASAL MATA PELAJARAN EKONOMI AKUNTANSI KELAS XII IPS SMA NEGERI 2 WONOSOBO TAHUN AJARAN 2014/2015.

ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER GASAL MATA PELAJARAN EKONOMI AKUNTANSI KELAS XII IPS SMA NEGERI 2 WONOSOBO TAHUN AJARAN 2014/2015.

Analisis kualitas tes adalah tahap yang dapat ditempuh untuk mengetahui derajat kualitas tes baik keseluruhan tes maupun butir soal yang merupakan bagian dari tes. Analisis butir soal merupakan kegiatan mengkaji pertanyaan-pertanyaan dalam tes sudah memenuhi syarat sebagai tes yang berkualitas atau belum. Dari analisis butir soal ini dapat diidentifikasikan soal yang berkualitas, cukup berkualitas, atau tidak berkualitas. Analisis butir soal dapat dihitung melalui beberapa aspek yaitu validitas, reliabilitas, daya pembeda, tingkat kesukaran, dan efektivitas pengecoh (Zainal Arifin. 2013: 246-280). Validitas adalah ketepatan atau kecermatan suatu instrument pengukur tes dalam melakukan fungsi ukurnya. Reliabilitas digunakan untuk menguji keajegan pertanyaan tes bila diberikan berulangkali pada objek yang sama. Daya pembeda adalah kemampuan soal untuk membedakan siswa yang berkemampuan tinggi dan siswa yang berkemampuan rendah. Tingkat kesukaran adalah pengukuran besar derajat kesukaran suatu soal. Efektivitas pengecoh dapat diketahui dengan melihat pola sebaran jawaban siswa. Kegiatan analisis butir soal meskipun sulit serta membutuhkan waktu yang lama, akan tetapi perlu dilakukan oleh guru Akuntansi untuk melihat sejauh mana butir soal dinyatakan baik secara keseluruhan.
Baca lebih lanjut

202 Baca lebih lajut

Analisis butir soal pilihan ganda ulangan akhir semester genap tahun pelajaran 2014/2015 mata pelajaran IPA kelas V SD di Kecamatan Depok.

Analisis butir soal pilihan ganda ulangan akhir semester genap tahun pelajaran 2014/2015 mata pelajaran IPA kelas V SD di Kecamatan Depok.

Perbedaan empat hasil penelitian relevan dengan penelitian yang dilakukan oleh peneliti terletak pada lokasi dilakukannya penelitian. Pada empat hasil penelitian yang relevan melakukan penelitian di Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) yang terletak di berbagai daerah, sedangkan lokasi pada penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar (SD) dan terletak di Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Selain itu perbedaan juga terletak pada sampel penelitian. Sampel penelitian pada empat hasil penelitian yang relevan ini adalah siswa kelas VII dan VIII SMP, X SMA, dan 1000 lembar jawaban siswa.Sedangkan, sampel pada penelitian ini adalah 27 SD Negeri dan Swasta yang mengimplementasikan Kurikulum 2006 atau KTSP. Perbedaan juga terletak pada mata pelajaran yang akan dilakukan penelitian. Pada empat hasil penelitian yang relevan melakukan penelitian pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, Ekonomi, dan Kimia. Sementara itu, mata pelajaran yang akan diteliti pada penelitian ini adalah Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) semester genap 2kelas V SD. Secara lebih ringkas gambaran hasil penelitian yang relevan dapat dilihat pada gambar 2.4 mengenai Literature Map berikut ini.
Baca lebih lanjut

223 Baca lebih lajut

ANALISIS KUALITAS BUTIR SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER (UAS) GENAP MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS X SMA NEGERI 1 LABUAPI TAHUN AJARAN 20142015 sampai 20162017

ANALISIS KUALITAS BUTIR SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER (UAS) GENAP MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS X SMA NEGERI 1 LABUAPI TAHUN AJARAN 20142015 sampai 20162017

Tindak lanjut yang dapat dilakukan antara lain: butir soal dengan kualitas baik dapat dimasukkan ke dalam bank soal dan menjaga kerahasiaan soal tersebut sehingga dapat dipergunakan kembali sebagai instrumen evaluasi (tes) yang akan datang. Butir soal dengan kualitas sedang belum bisa dimasukkan ke dalam bank soal karena harus dilakukan revisi terlebih dahulu sesuai dengan indikator kegagalannya. Sedangkan butir soal dengan kualitas tidak baik lebih baik dibuang karena butir soal tersebut membutuhkan revisi yang signifikan.
Baca lebih lanjut

17 Baca lebih lajut

Analisis Butir Soal Ujian Semester Ganjil Pelajaran Kimia Kelas XI IPA SMA Negeri 10 Pekanbaru Tahun Pelajaran 2013/2014

Analisis Butir Soal Ujian Semester Ganjil Pelajaran Kimia Kelas XI IPA SMA Negeri 10 Pekanbaru Tahun Pelajaran 2013/2014

Soal Ujian Semester Ganjil mata pelajaran kimia Kelas XI IPA SMA Negeri 10 Pekanbaru tahun pelajaran 2013/2014 yang dilaksanakan di SMA Negeri 10 Pekanbaru berupa soal objektif (pilihan ganda) yang disusun sendiri oleh guru pengampu bidang studi kimia di sekolah tersebut. Soal-soal yang digunakan untuk tes semester ganjil tahun pelajaran 2013/2014 tersebut belum pernah diujicoba atau dianalisis baik secara kualitatif maupun kuantitatif, baik dari tingkat kesukaran soal, daya pembeda soal, distraktor, validitas butir soal maupun reliabilitanya. Sehingga butir-butir soal yang diujikan tersebut belum diketahui apakah soal-soal tersebut sudah memiliki kualitas yang baik atau belum. Sebab menurut Suharsimi Arikunto (2012) soal dikatakan mempunyai kualitas apabila mempunyai validitas, reliabilitas, dan daya pembeda yang tinggi, tingkat kesukaran yang sedang serta pengecoh yang berfungsi efektif.
Baca lebih lanjut

10 Baca lebih lajut

Kualitas Butir Soal Ujian Akhir Semester Genap Mata Pelajaran Fisika Kelas X Tahun Ajaran 2018/2019 Di SMA Unggul Harapan Persada

Kualitas Butir Soal Ujian Akhir Semester Genap Mata Pelajaran Fisika Kelas X Tahun Ajaran 2018/2019 Di SMA Unggul Harapan Persada

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Risca Ferry Fergyana bahwa hasil analisi butir soal terhadap kualitas butir soal menujukkan bahwa Soal Ujian Akhir Semester Ganjil Teori Kejuruan Kelas X Akuntansi SMK Muhammadiyah Wonosari Tahun 2016/2017 memiliki kualitas yang baik sebesar 62,5 % dan 37,5% soal yang kualitasnya tidak baik. 5 Sedangkan menurut M.Redho Alfendo pada tahun 2017 dengan judul “kualitas soal ujian tengah semester genap mata pelajaran teori kejuruan kelas X teknik pemesinan SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta tahun ajaran 2016/ 2017” masih rendah. Berdasar kualitas butir soal, butir soal berkualitas sangat baik berjumlah 6 soal (15%), soal berkualitas baik berjumlah 5 soal (12,5%), soal berkualitas sedang berjumlah 9 soal (22,5%), soal berkualitas tidak baik berjumlah 10 soal (25%), dan soal berkualitas sangat tidak baik berjumlah 10 soal (25%). 6 Kemudian penelitian yang dilakuakan oleh Adinda Titis Kumudaswara pada tahun 2016 dengan judul “Analisis Butir Soal Pilihan Ganda Ulangan Akhir Semester Genap Tahun Pelajaran 2014/2015 Mata Pelajaran Matematika Kelas V SD di Kecamatan Depok” menunjukkan bahwa (1) 100% butir soal valid, (2) Tingkat kesukaran soal adalah 20% mudah, 66,67% sedang, dan 13,33% sulit, (3) Daya pembeda butir soal adalah 63,33% sangat baik, 16,67% cukup baik, 13,33% sedang, dan 6,67% buruk,(4) Efektifitas ____________
Baca lebih lanjut

121 Baca lebih lajut

ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER GENAP MATA PELAJARAN EKONOMI AKUNTANSI KELAS XI IPS SMA N 1 KALASAN TAHUN AJARAN 2013/2014.

ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER GENAP MATA PELAJARAN EKONOMI AKUNTANSI KELAS XI IPS SMA N 1 KALASAN TAHUN AJARAN 2013/2014.

Tes yang digunakan untuk mengukur peserta didik haruslah tes yang berkualitas karena tes yang berkualitas dapat memberikan gambaran yang tepat mengenai hasil belajar peserta didik. Suharsimi Arikunto (2013: 72) menyatakan bahwa tes yang baik adalah tes yang memenuhi syarat validitas, reliabilitas, objektivitas, praktibilitas, dan ekonomis. Tes dikatakan valid apabila tes tersebut dapat mengukur apa yang seharusnya diukur (Suharsimi Arikunto. 2013: 72). Tes yang dinyatakan valid maka akan menghasilkan data hasil belajar yang valid pula.Tes dikatakan reliabel (dapat dipercaya) apabila tes tersebut memberikan hasil yang tetap apabila diteskan berkali-kali (Suharsimi Arikunto. 2013: 72). Hal yang tetap di sini adalah ranking peserta didik.Tes dikatakan objektif apabila dalam pelaksanaan tes tidak ada faktor subjektif yang mempengaruhi, terutama dalam sistem skoringnya (Suharsimi Arikunto. 2013: 72). Faktor yang mempengaruhi subjektivitas dalam pelaksanaan tes ada dua yaitu bentuk tes dan penilaian.Tes dikatakan memiliki praktibilitas yang tinggi apabila ter tersebut bersifat praktis dan mudah dalam pengadministrasiannya (Suharsimi Arikunto. 2013: 72).Tes dikatakan ekonomis apabila pelaksanaan tes tersebut tidak membutuhkan biaya yang mahal, tenaga yang banyak, dan waku yang lama (Suharsimi Arikunto. 2013: 72).
Baca lebih lanjut

226 Baca lebih lajut

ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER GENAP MATA PELAJARAN EKONOMI AKUNTANSI KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 PENGASIH KULON PROGO TAHUN AJARAN 2015/2016.

ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER GENAP MATA PELAJARAN EKONOMI AKUNTANSI KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 PENGASIH KULON PROGO TAHUN AJARAN 2015/2016.

Arikunto (2012: 220), “Analisis butir soal adalah suatu prosedur yang sistematis, yang akan memberikan informasi-informasi yang sangat khusus terhadap butir tes yang kita susun.” Dari kedua pendapat tersebut, dapat disimpulkan bahwa analisis butir soal merupakan serangkaian proses atau kegiatan identifikasi terhadap soal-soal yang disusun untuk mengetahui apakah setiap item soal benar-benar sudah baik. Jika soal sudah dapat dikatakan baik maka bisa dijadikan referensi untuk tes selanjutnya, jika soal termasuk dalam kriteria kurang baik maka bisa dilakukan perbaikan, namun jika soal termasuk dalam kriteria tidak baik maka lebih baik tidak digunakan lagi. Menurut Sukiman (2012: 164) Analisis Butir Soal dilakukan dengan cara mengkaji Validitas, Reliabilitas, Daya Pembeda, Tingkat Kesukaran, dan Efektivitas Pengecoh/Distractor.
Baca lebih lanjut

175 Baca lebih lajut

ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER GASAL MATA PELAJARAN PENGANTAR AKUNTANSI DAN KEUANGAN KELAS X AKUNTANSI SMK NEGERI 1 KLATEN TAHUN AJARAN 2014/2015.

ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER GASAL MATA PELAJARAN PENGANTAR AKUNTANSI DAN KEUANGAN KELAS X AKUNTANSI SMK NEGERI 1 KLATEN TAHUN AJARAN 2014/2015.

Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa Soal Ujian Akhir Semester Gasal Mata Pelajaran Pengantar Akuntansi dan Keuangan Kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Klaten Tahun Ajaran 2014/2015 merupakan soal yang baik. Artinya soal tersebut dapat membedakan antara siswa yang sudah menguasai kompetensi dengan siswa yang belum/kurang menguasai kompetensi karena dari 30 butir soal pilihan ganda 20 butir soal (66,67%) tergolong soal agak baik, baik dan sangat baik. Sedangkan dalam bentuk soal uraian tergolong soal yang kurang berkualitas karena 4 butir soal (80%) buruk dan 1 butir soal (20%) sangat buruk. Daya pembeda soal dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas soal berdasarkan data empirik dan analisis butir. Indeks daya pembeda dapat menunjukkan apakah soal tersebut baik dan diterima, harus direvisi, atau harus dibuang.
Baca lebih lanjut

229 Baca lebih lajut

ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN SEMESTER GANJIL MATA PELAJARAN GEOGRAFI SISWA KELAS X SMA BINA MULYA BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2011/2012

ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN SEMESTER GANJIL MATA PELAJARAN GEOGRAFI SISWA KELAS X SMA BINA MULYA BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2011/2012

Kegiatan evaluasi sebagai bagian tak terpisahkan dari aktivitas pembelajaran secara menyeluruh, menuntut adanya kemampuan yang memadai dari guru sebagai pelaksana pembelajaran di kelas tentang hal-hal yang berkaitan dengan evaluasi seperti kemampuan menyusun, menguji alat tes, menganalisis serta mengolah atau menafsirkan hasil tes. Evaluasi dimaksudkan untuk memberi umpan balik terhadap tujuan atau sasaran kegiatan belajar yang sudah ditetapkan.

29 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...

Related subjects