Top PDF ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPERASI BENTUK ALJABAR PADA SISWA KELAS VIID Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Operasi Bentuk Aljabar Pada Siswa Kelas VIId SMP Al-Islam Kartasura.

ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPERASI BENTUK ALJABAR PADA SISWA KELAS VIID   Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Operasi Bentuk Aljabar Pada Siswa Kelas VIId SMP Al-Islam Kartasura.

ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPERASI BENTUK ALJABAR PADA SISWA KELAS VIID Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Operasi Bentuk Aljabar Pada Siswa Kelas VIId SMP Al-Islam Kartasura.

Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan kesulitan-kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal operasi bentuk aljabar dan menganalisis faktor-faktor penyebabnya. Jenis penelitian adalah kualitatif diskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIID SMP Al Islam Kartasura pada semester gasal tahun pelajaran 2015/2016. Metode pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan (1) kesulitan mentransfer pengetahuan yang berkaitan mengenai konsep operasi hitung aljabar, meliputi: kesulitan pada konsep perkalian satu suku dengan dua suku, dua suku dengan dua suku, dan pemangkatan, serta konsep pecahan bentuk aljabar dalam mencari Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) atau pecahan aljabar yang senilai. (2) Kesulitan dalam kemampuan bahasa matematika yaitu kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita bentuk aljabar dan memahami maksud soal bentuk aljabar. (3) Kesulitan dalam menghitung soal bentuk aljabar yaitu pada operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian bilangan bulat bentuk aljabar, serta menghitung pada operasi hitung pecahan bentuk aljabar. Faktor yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan meliputi: kurangnya minat siswa, cara belajar siswa yang cenderung menghafalkan materi sehingga tidak ada konsep yang jelas, kebingungan dalam konsep pengerjaan, prosedur pengerjaan yang ribet dan panjang, siswa malas membaca text soal, kurang ketelitian siswa saat mengerjakan, kurang cermat dalam memahami kata demi kata pada soal, siswa jarang melakukan latihan soal, siswa belum memahami materi prasyarat mengenai bilangan bulat, motivasi belajar kurang, suasana kelas yang tidak nyaman dan strategi pembelajaran yang monoton.
Baca lebih lanjut

15 Baca lebih lajut

PEDAHULUAN  Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Operasi Bentuk Aljabar Pada Siswa Kelas VIId SMP Al-Islam Kartasura.

PEDAHULUAN Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Operasi Bentuk Aljabar Pada Siswa Kelas VIId SMP Al-Islam Kartasura.

Perkembangan teknologi dan pengetahuan pada jaman sekarang ini tidak terlepas dari peran penting pendidikan.Dalam kehidupan sehari-hari seseorang akan bermartabat ditengah-tengah masyarakat apabila memahami tata cara dalam meletakkan sendi-sendi pendidikan baik dari kalangan anak- anak, remaja, dewasa bahkan hingga kepada orang tua. Kesadaran seseorang mengenai pendidikan mempengaruhi pola pemikiran seseorang dalam menyelesaikan suatu permasalahan maupun dalam mengambil suatu tindakan. Manusia yang memiliki pendidikan dan ketrampilan yang berkualitas akan mampu melakukan transformasi sikap sesuai dengan disiplin ilmu yang dimiliki. Seseorang yang mengenyam pendidikan yang baik dan cukup memadai akan lebih tenang dalam menyikapi masalah-masalah sehingga akan menghasilkan keputusan-keputusan yang baik pula, bahkan akan berdampak pada perkembangan teknologi dan pengetahuan pada diri sendiri ataupun pada masyarakat luas pada umumnya.
Baca lebih lanjut

5 Baca lebih lajut

KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPERASI BENTUK ALJABAR PADA SISWA SMP  Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Operasi Bentuk Aljabar Pada Siswa Kelas VIId SMP Al-Islam Kartasura.

KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPERASI BENTUK ALJABAR PADA SISWA SMP Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Operasi Bentuk Aljabar Pada Siswa Kelas VIId SMP Al-Islam Kartasura.

Kesulitan siswa dalam memahami maksud soal juga dapat dilihat dari soal nomor 4. Dari hasil pekerjaan siswa dapat dilihat bahawa siswa tidak menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan dalam soal. Hasil wawancara dengan menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam memahami maksud soal. Letak kesulitan siswa yaitu tidak mengerti yang dimaksud mencari keliling dari suatu tanah dalam x, selain siswa lupa rumus untuk mencari keliling suatu tanah yang berbentuk persegi panjang. Prosedur untuk menjawab dari soal tersebut seharusnya siswa terlebih dahulu menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan pada soal kemudian menjawab, karena siswa mengalami kesulitan dalam memahami soal menyebabkan siswa tidak menuliskan langkah-langkah itu. Senada dengan penelitan Bunga Suci da Tjang Daniel (2013) menyimpulkan bahwa pada tahap pemahaman dalam menyelesaikan soal cerita kesalahan siswa yang ditemukan yaitu tidak menuliskan apa yang diketahui dan ditanya dalam soal, menuliskan yang diketahui dan ditanyakan tidak sesuai dengan permintaan soal, serta tidak mengetahui maksud pertanyaan.Kesulitan yang dialami siswa dalam memahami soal tentunya disebabkan oleh beberapa faktor selain siswa malas dalam membaca soal cerita juga tidak cermat dalam memahami kata demi kata dalam soal. Hal tersebut juga diungkapkan oleh guru pengampu matematika kelas VIID bahwa kesulitan yang sering dialami siswa yaitu dalam mengerjakan soal cerita matematika, karena siswa kesulitan dalam mengubah bentuk cerita tersebut kedalam bahasa matematika dan malas untuk membaca soal cerita.
Baca lebih lanjut

13 Baca lebih lajut

ANALISIS PENGGUNAAN ALAT PERAGA KENIK ALJABAR DAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPERASI HITUNG BENTUK ALJABAR PADA MATERI PERSEGI (Studi Eksperimen di Kelas VII SMPN 1 Maja) - IAIN Syekh Nurjati Cirebon

ANALISIS PENGGUNAAN ALAT PERAGA KENIK ALJABAR DAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPERASI HITUNG BENTUK ALJABAR PADA MATERI PERSEGI (Studi Eksperimen di Kelas VII SMPN 1 Maja) - IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Berdasarkan hal tersebut di atas, penulis tertarik untuk menganalisis penggunaan alat peraga yang dapat menjelaskan konsep operasi hitung bentuk aljabar yang digunakan dalam pembelajaran matematika. Salah satu alat peraga yang dapat menjelaskan konsep operasi hitung bentuk aljabar tersebut adalah alat peraga kenik aljabar. Alat peraga kenik aljabar ini berfungsi untuk menentukan penyelesaian Persamaan Linier Satu Variabel (PLSV). Penulis berharap penggunaan alat peraga kenik aljabar ini mendapatkan respon yang baik dari siswa. Selain itu, penulis berharap kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal yang berkaitan dengan konsep operasi hitung bentuk aljabar bisa diselesaikan siswa dengan baik. Penelitian yang akan diteliti peneliti ini ber judul “Analisis Penggunaan Alat Peraga Kenik Aljabar dan Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Operasi Hitung Bentuk Aljabar pada Materi Persegi”.
Baca lebih lanjut

19 Baca lebih lajut

KESULITAN-KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL MATEMATIKA KONSEP OPERASI HITUNG  KESULITAN-KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL MATEMATIKA KONSEP OPERASI HITUNG PADA SISWA KELAS VII SMP 1 WADASLINTANG WONOSOBO.

KESULITAN-KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL MATEMATIKA KONSEP OPERASI HITUNG KESULITAN-KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL MATEMATIKA KONSEP OPERASI HITUNG PADA SISWA KELAS VII SMP 1 WADASLINTANG WONOSOBO.

Matematika merupakan ilmu universal yang mendasari perkembangan teknologi modern, mempunyai peran penting dalam berbagai disiplin dan memajukan daya pikir manusia. Perkembangan pesat di bidang teknologi informasi dan komunikasi dewasa ini dilandasi oleh perkembangan matematika di bidang teori bilangan, aljabar, analisis, teori peluang dan matematika diskrit. Untuk menguasai dan menciptakan teknologi di masa depan diperlukan penguasaan matematika yang kuat sejak dini.

8 Baca lebih lajut

ANALISIS KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPERASI BENTUK ALJABAR PADA SISWA KELAS VII SEMESTER GASAL  Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Operasi Bentuk Aljabar Pada Siswa Kelas VII Semester Gasal Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Ngadirojo Tahu

ANALISIS KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPERASI BENTUK ALJABAR PADA SISWA KELAS VII SEMESTER GASAL Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Operasi Bentuk Aljabar Pada Siswa Kelas VII Semester Gasal Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Ngadirojo Tahu

Dalam pembelajaran matematika motivasi belajar siswa masih tergolong rendah, ini terbukti dengan kesulitan siswa dalam mengerjakan soal dan kesalahan dalam menyelesaikan suatu masalah. Kesulitan dan kesalahan siswa dapat dilihat dari hasil pekerjaan siswa yang masih kurang memuaskan. Seorang guru hendaknya harus pintar-pintar memilih metode untuk membuat siswa lebih tertarik dalam mengikuti pelajaran matematika. Untuk mendapatkan proses belajar maka harus ada komunikasi dua arah antara guru dengan siswa, sehingga siswa tidak cenderung pasif dalam mengikuti pelajaran.
Baca lebih lanjut

10 Baca lebih lajut

ANALISIS KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPERASI BENTUK ALJABAR PADA SISWA KELAS VII SEMESTER GASAL  Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Operasi Bentuk Aljabar Pada Siswa Kelas VII Semester Gasal Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Ngadirojo Tahu

ANALISIS KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPERASI BENTUK ALJABAR PADA SISWA KELAS VII SEMESTER GASAL Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Operasi Bentuk Aljabar Pada Siswa Kelas VII Semester Gasal Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Ngadirojo Tahu

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal operasi bentuk aljabar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Informan penelitian yaitu siswa kelas VII SMP Negeri 1 Ngadirojo. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui metode tes sebagai metode pokok sedangkan observasi,dokumentasi dan wawancara sebagai metode bantu. Hasil analisis menunjukkan adanya tipe kesalahan antara lain: (a) prosentase kesalahan dalam aspek bahasa 0 % ( tergolong sangat rendah ) disebabkan siswa sudah dapat memahami atau mencerna bahasa, menafsirkan kata yang digunakan dalam matematika dengan cara menuliskan diketahui dan ditanyakan(b) prosentase kesalahan dalam aspek imajinasi 49 % (tergolong cukup/sedang), disebabkan siswa masih kesulitan dalam mengekspresikan imajinasi dalam bentuk ruang(c) prosentase kesalahan dalam aspek prasyarat 61 % ( tergolong tinggi), disebabkan siswa masih kesulitan dalam penguasaan konsep dengan menuliskan rumus(d) prosentase kesalahan dalam aspek tanggapan 61 % ( tergolong tinggi ), disebabkan siswa masih kurang teliti dalam mensubstitusikan jawaban kedalam rumus(e) prosentase kesalahan dalam aspek terapan 61 % ( tergolong tinggi ), disebabkan siswa masih belum mengusai dalam mengerjakan soal operasi bentuk aljabar. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kesalahan dalam mengerjakan soal operasi bentuk aljabar yang terbesar terdapat pada aspek prasyarat,aspek tanggapan dan aspek terapan 61 %, disebabkan karena siswa masih cendurung belum menguasai materi/kosep dan kurang teliti dalam mengerjakan.
Baca lebih lanjut

14 Baca lebih lajut

ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL BENTUK ALJABAR KELAS VII SMP  Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Bentuk Aljabar Kelas VII SMP.

ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL BENTUK ALJABAR KELAS VII SMP Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Bentuk Aljabar Kelas VII SMP.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan konseptual dan prosedural siswa dalam menyelesaikan soal bentuk aljabar kelas VII SMP dan menganalisis faktor penyebab siswa melakukan kesalahan tersebut. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII F SMP Negeri 3 Kartasura. Metode pengumpulan data adalah tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal aljabar. Pertama kesalahan konseptual yang dibagi menjadi dua, yaitu: (1) kesalahan dalam memahami makna soal; (2) kesalahan dalam memahami konsep dasar aljabar. Kedua kesalahan prosedural yang dibagi menjadi dua, yaitu: (1) kesalahan dalam langkah-langkah penyelesaian yang berhubungan dengan materi prasyarat yang harus dimengerti; (2) kesalahan dalam menghitung suatu operasi. Faktor penyebab siswa melakukan kesalahan yaitu kemampuan pemahaman siswa yang rendah, kurang mengerjakan latihan soal-soal yang serupa, belum mampu menerjemahkan soal, terlalu tergesa-gesa dalam mengerjakan sehingga tidak teliti dalam menyelesaikan permasalahan tersebut dan lemahnya daya ingat siswa.
Baca lebih lanjut

17 Baca lebih lajut

PENDAHULUAN  Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Bentuk Aljabar Kelas VII SMP.

PENDAHULUAN Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Bentuk Aljabar Kelas VII SMP.

Aljabar merupakan salah satu cabang matematika yang cukup penting di samping beberapa cabang ilmu matematika lainnya. Salah satu materi dalam pelajaran matematika yang dipelajari siswa pada tingkat SMP adalah aljabar. Menurut informasi dari guru matematika dan pengamatan di SMP Negeri 3 Kartasura kelas VII, bentuk aljabar merupakan salah satu materi dimana siswa banyak melakukan kesalahan dalam penyelesaiannya. Padahal materi ini merupakan materi prasyarat dalam mempelajari materi matematika pada tingkat selanjutnya. Oleh karena itu, untuk mencegah kesalahan yang berkelanjutan, penanganan terhadap kesalahan dalam menyelesaikan soal aljabar perlu dilakukan.
Baca lebih lanjut

5 Baca lebih lajut

Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Operasi Aljabar Berdasarkan Teori Pemahaman Skemp pada Siswa Kelas VIII D SMP Negeri 4 Jember;

Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Operasi Aljabar Berdasarkan Teori Pemahaman Skemp pada Siswa Kelas VIII D SMP Negeri 4 Jember;

penguasaan materi guru dan kejelasan menerangkan. Indikator ini terdapat pada soal no 13 dan 14. Pada soal angket no 13 sebanyak 25 siswa men- jawab guru selalu memberikan penjelasan pada setiap rumus yang diberikan, 5 siswa menjawab kadang-kadang, dan sebanyak 3 siswa menjawab guru langsung memberikan rumus tanpa menjelaskan darimana asal rumus terse- but. Pada soal no 14 sebanyak 13 siswa menjawab guru sangat jelas dalam menerangkan materi operasi aljabar, sebanyak 18 siswa menjawab cukup jelas, dan 2 siswa menjawab kurang jelas. Kemudian untuk indikator kedua dilihat dari penggunaan metode mengajar, penggunaan alat peraga, dan penggunaan media. Indikator ini terdapat pada soal angket no 12, 15 dan 16. Pada soal angket no 12 sebanyak 7 siswa menjawab bahwa media yang digunakan guru saat mengajar adalah slide/power point yang interaktif, dan sebanyak 26 siswa menjawab guru tidak menggunakan media saat menga- jar. Pada soal angket no 15 sebanyak 3 siswa menjawab bahwa mereka diajak untuk berdiskusi dan berkelompok saat menyelesaikan soal operasi aljabar, sebanyak 10 siswa menjawab kadang-kadang menggunakan metode yang menarik, dan sebanyak 20 siswa menjawab guru selalu menggunakan media ceramah. Pada soal angket no 16, hanya 1 orang siswa menjawab guru selalu menggunakan alat peraga, sebanyak 17 siswa menjawab pernah, dan 15 siswa menjawab tidak pernah. Berdasarkan analisis di atas, dilihat dari kualitas dan metode guru dalam mengajar, maka persentase pengaruh sebesar 54,7%, sehingga disimpulkan kualifikasi faktor yang berasal dari guru adalah lemah.
Baca lebih lanjut

120 Baca lebih lajut

ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATERI ALJABAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 BANGIL

ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATERI ALJABAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 BANGIL

menyatakan ulang sebuah konsep, mengklasifikasikan objek sesuai dengan konsepnya, mengidentifikasi dan membuat contoh dan bukan contoh konsep, menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematika, mengidentifikasi sifat-sifat suatu konsep dan mengenal syarat yang menentukan suatu konsep, menggunakan, memanfaatkan dan memilih prosedur tertentu, serta mengaplikasikan konsep atau algoritma ke pemecahan masalah . Sedangkan faktor penyebab kesulitan siswa ditinjau dari faktor intern dan faktor ekstern.

17 Baca lebih lajut

ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL BENTUK ALJABAR KELAS VII SMP   Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Bentuk Aljabar Kelas VII SMP.

ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL BENTUK ALJABAR KELAS VII SMP Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Bentuk Aljabar Kelas VII SMP.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan konseptual dan prosedural siswa dalam menyelesaikan soal bentuk aljabar kelas VII SMP dan menganalisis faktor penyebab siswa melakukan kesalahan tersebut. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII F SMP Negeri 3 Kartasura. Metode pengumpulan data adalah tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal aljabar. Pertama kesalahan konseptual yang dibagi menjadi dua, yaitu: (1) kesalahan dalam memahami makna soal; (2) kesalahan dalam memahami konsep dasar aljabar. Kedua kesalahan prosedural yang dibagi menjadi dua, yaitu: (1) kesalahan dalam langkah-langkah penyelesaian yang berhubungan dengan materi prasyarat yang harus dimengerti; (2) kesalahan dalam menghitung suatu operasi. Faktor penyebab siswa melakukan kesalahan yaitu kemampuan pemahaman siswa yang rendah, kurang mengerjakan latihan soal-soal yang serupa, belum mampu menerjemahkan soal, terlalu tergesa-gesa dalam mengerjakan sehingga tidak teliti dalam menyelesaikan permasalahan tersebut dan lemahnya daya ingat siswa.
Baca lebih lanjut

19 Baca lebih lajut

PENDAHULUAN  Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Operasi Bentuk Aljabar Pada Siswa Kelas VII Semester Gasal Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Ngadirojo Tahun Pelajaran 2013/2014.

PENDAHULUAN Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Operasi Bentuk Aljabar Pada Siswa Kelas VII Semester Gasal Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Ngadirojo Tahun Pelajaran 2013/2014.

Motivasi belajar mempunyai peranan penting terhadap kegiatan belajar baik untuk guru maupun siswa. Dalam pembelajaran matematika motivasi belajar siswa masih tergolong rendah, ini terbukti dengan kesulitan siswa dalam mengerjakan soal dan kesalahan dalam menyelesaikan suatu masalah. Kesulitan dan kesalahan siswa dapat dilihat dari hasil pekerjaan siswa yang masih kurang memuaskan.

6 Baca lebih lajut

ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA MATERI OPERASI PECAHAN BENTUK ALJABAR KELAS VIII SMP NEGERI 2 MALANG

ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA MATERI OPERASI PECAHAN BENTUK ALJABAR KELAS VIII SMP NEGERI 2 MALANG

Untuk mendapatkan data penelitian, metode pengumpulan data sebagai berikut: a) Tes tertulis, tes yang dimaksud dalam penelitian ini adalah tes berbentuk uraian. Jumlah soal yang diberikan adalah 10 soal yang harus dikerjakan. Adapun perbandingan antara soal yang termasuk dalam kategori mudah, sedang dan sulit yaitu 3: 5: 2. b) Wawancara, Untuk mendapatkan data atau informasi yang relevan pada wawancara ini menggunakan rancangan pokok masalah yang akan dijadikan acuan dalam pembicaraan. Rancangan yang diajukan dalam wawancara tersebut disusun sebelum wawancara dilakukan. Oleh karena itu pelaksanaan wawancara dan urutan pertanyaan yang diberikan mengacu pada jenis kesalahan dan kecenderungan responden dalam menyelesaikan soal. Jawaban dari siswa yang diwawancarai inilah nantinya yang akan dijadikan sebagai dasar untuk menemukan faktor-faktor penyebab terjadinya kesalahan dalam menyelesaikan soal-soal yang berkaitan dengan operasi pada pecahan bentuk aljabar. c) Lembar validasi soal, Untuk mengetahui apakah instrumen yang telah dibuat oleh peneliti benar-benar valid maka instrumen harus divalidasi oleh validator. Oleh karena itu dibutuhkan lembar validasi tes untuk mengetahui valid atau tidaknya soal-soal yang telah dibuat. Data validasi soal dikumpulkan dengan cara memberikan lembar validasi soal kepada validator, yaitu satu orang dosen matematika dan satu orang guru matematika. Validator akan
Baca lebih lanjut

10 Baca lebih lajut

ANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 8 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017 DALAM MENYELESAIKAN  Analisis Kesalahan Siswa Kelas Vii Smp Muhammadiyah 8 Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017 Dalam Menyelesaikan Soal Operasi Hitung Aljabar.

ANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 8 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017 DALAM MENYELESAIKAN Analisis Kesalahan Siswa Kelas Vii Smp Muhammadiyah 8 Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017 Dalam Menyelesaikan Soal Operasi Hitung Aljabar.

Berdasarkan analisa data mengenai hasil pekerjaan dan hasil wawancara dengan siswa maupun guru pada saat penelitian, peneliti memperoleh data mengenai jenis-jenis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal operasi hitung aljabar dan faktor-faktor penyebabnya. Menurut guru mata pelajaran matematika kelas VII, siswa kurang paham terhadap materi bentuk aljabar ini dikarenakan materinya yang bersifat abstrak, faktor kognitif siswa masih rendah, keterbatasan waktu dalam proses pembelajaran dikarenakan untuk mengejar materi selanjutnya, kurangnya latihan soal, dan siswa kurang teliti pada saat mengerjakan. Diperkuat dengan hasil penelitian White (2010) siswa membuat kesalahan kecerobohan dan memberi jawaban yang salah karena mereka tidak termotivasi untuk menjawab sesuai dengan tingkat kemampuan mereka dalam memahami konteks soal.
Baca lebih lanjut

18 Baca lebih lajut

ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA POKOK BAHASAN OPERASI HITUNG  Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pokok Bahasan Operasi Hitung Bentuk Aljabar(Studi Kasus Pada Siswa Kelas Vii Smp Muhammadiyah 1 Surakar

ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA POKOK BAHASAN OPERASI HITUNG Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pokok Bahasan Operasi Hitung Bentuk Aljabar(Studi Kasus Pada Siswa Kelas Vii Smp Muhammadiyah 1 Surakar

Puji syukur Alhamdulilah hamba panjatkan atas rahmat, hidayah dan karunia Allah SWT, shalawat serta salam hanya bagi Nabi Muhammad SAW. Suatu kebanggaan tersendiri bagi penulis dapat menyelesaikan karya sederhana ini, dengan rasa syukur karya ini penulis persembahkan untuk :

15 Baca lebih lajut

Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Operasi Aljabar

Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Operasi Aljabar

Materi aljabar merupakan salah satu bagian dari matematika yang diajarkan pada jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang digunakan pada materi matematika lainnya, meliputi fungsi, persamaan garis lurus, trigonometri, dan lain sebagainya. Oleh sebab itu konsep aljabar sangat penting ditanamkan pada jenjang ini. Berdasarkan uraian diatas, maka dalam penelitian ini dipilihlah judul “Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Operasi Aljabar Berdasarkan Teori Pemahaman Skemp pada Siswa Kelas VIII D SMP Negeri 4 Jember”. Dengan penelitian ini diharapkan guru dapat mengetahui letak kesulitan serta faktor-faktor yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan saat mengerjakan soal operasi aljabar.
Baca lebih lanjut

7 Baca lebih lajut

KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN OPERASI HITUNG ALJABAR BENTUK PECAHAN  Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Operasi Hitung Aljabar Bentuk Pecahan.

KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN OPERASI HITUNG ALJABAR BENTUK PECAHAN Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Operasi Hitung Aljabar Bentuk Pecahan.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan dan kesulitan siswa serta mengetahui faktor penyebab siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal operasi aljabar bentuk pecahan. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini yaitu 6 orang siswa yang diambil dari kelas VII A dan VII B di SMP Muhammadiyah 8 Surakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan tiga tahapan yaitu reduksi data, paparan data, dan kesimpulan atau verifikasi. Analisis dikembangkan berdasarkan tiga jenis kesalahan yaitu kesalahan pada konsep, kesalahan pada prinsip, dan kesalahan dalam menyelesaikan operasi. Sehingga dapat diketahui apa saja kesulitan-kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal operasi hitung aljabar bentuk pecahan. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa kesulitan yang paling banyak dialami siswa adalah kesulitan pada prinsip, dimana terlihat bahwa siswa melakukan kesalahan pada soal pecahan aljabar yang berkaitan dengan perkalian dua aljabar dengan dua suku. Faktor penyebabnya adalah siswa tidak memahami aturan-aturan serta sifat-sifat dalam menyelesaikan operasi pecahan aljabar.
Baca lebih lanjut

12 Baca lebih lajut

ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN OPERASI HITUNG ALJABAR BENTUK PECAHAN  Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Operasi Hitung Aljabar Bentuk Pecahan.

ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN OPERASI HITUNG ALJABAR BENTUK PECAHAN Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Operasi Hitung Aljabar Bentuk Pecahan.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan dan kesulitan siswa serta mengetahui faktor penyebab siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal operasi aljabar bentuk pecahan. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini yaitu 6 orang siswa yang diambil dari kelas VII A dan VII B di SMP Muhammadiyah 8 Surakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan tiga tahapan yaitu reduksi data, paparan data, dan kesimpulan atau verifikasi. Analisis dikembangkan berdasarkan tiga jenis kesalahan yaitu kesalahan pada konsep, kesalahan pada prinsip, dan kesalahan dalam menyelesaikan operasi. Sehingga dapat diketahui apa saja kesulitan-kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal operasi hitung aljabar bentuk pecahan. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa kesulitan yang paling banyak dialami siswa adalah kesulitan pada prinsip, dimana terlihat bahwa siswa melakukan kesalahan pada soal pecahan aljabar yang berkaitan dengan perkalian dua aljabar dengan dua suku. Faktor penyebabnya adalah siswa tidak memahami aturan- aturan serta sifat-sifat dalam menyelesaikan operasi pecahan aljabar.
Baca lebih lanjut

17 Baca lebih lajut

PENGARUH PEMAHAMAN KONSEP OPERASI HITUNG BENTUK ALJABAR TERHADAP KEMAMPUAN SISWA MENYELESAIKAN SOAL-SOAL SUKU BANYAK (Studi Kasus Pada Siswa Kelas XI IPA MA Negeri Cirebon 1) - IAIN Syekh Nurjati Cirebon

PENGARUH PEMAHAMAN KONSEP OPERASI HITUNG BENTUK ALJABAR TERHADAP KEMAMPUAN SISWA MENYELESAIKAN SOAL-SOAL SUKU BANYAK (Studi Kasus Pada Siswa Kelas XI IPA MA Negeri Cirebon 1) - IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Ketertinggalan siswa Indonesia dalam bidang sains, teknologi, teknik dan matematika (STEM) dinilai disebabkan metode pembelajaran yang kurang tepat. Menurut Wono, kelemahan utama buruknya pembelajaran matematika akibat kualitas guru matematika yang rendah. Karena itu, penguatan kualitas guru matematika perlu diprioritaskan. Untuk itu, langkah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan berencana untuk merevisi kurikulum yang diharapkan dapat memecah kebuntuan rendahnya kemampuan siswa Indonesia di bidang ini, serta perlunya memprioritaskan penguatan kualitas guru matematika (edukasi. kompas).
Baca lebih lanjut

17 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...