Top PDF Analisis Pengaruh Aktivitas dan Solvabil

Analisis Pengaruh Aktivitas dan Solvabil

Analisis Pengaruh Aktivitas dan Solvabil

Dilihat dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa jika perusahaan menggunakan lebih banyak hutang dibanding modal sendiri maka tingkat solvabilitas akan menurun karena beban bunga yang harus ditanggung juga meningkat. Hal ini akan berdampak terhadap menurunnya profitabilitas. Kasus tersebut berhubungan dengan keefektifan penggunaan sumber daya yang dimiliki dan berpengaruh terhadap kinerja keuangan yang dihasilkan. Penelitian menganalisis pengaruh aktivitas dan solvabilitas terhadap profitabilitas yang dilakukan dengan mengukur rasio keuangan Working Capital Turnover (WCT), Debt Ratio (DR), dan Return On Investment (ROI) secara lebih mendalam pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di BEI. Karena sektor pertambangan merupakan sumber pendapatan yang paling besar bagi Indonesia. Kondisi ekonomi pertambangan mampu berdampak positif atau negatif bagi stabilitas ekonomi Indonesia.
Baca lebih lanjut

19 Baca lebih lajut

Pengaruh Pelabuhan Perikanan Pantai Tegalsari Terhadap Kesejahteraan Pekerja - Diponegoro University | Institutional Repository (UNDIP-IR)

Pengaruh Pelabuhan Perikanan Pantai Tegalsari Terhadap Kesejahteraan Pekerja - Diponegoro University | Institutional Repository (UNDIP-IR)

Nilai diatas menunjukan jumlah skor yang dipeoleh setiap aktivitas berdasarkan analisis yang telah dilakukan sebelumnya. Terlihat pada gambar aktiitas pelayanan jasa memiliki total nilai tertinggi yaitu aktivitas becak ikan dan gerobak ikan sebesar 14 poin serta aktivitas juru timbang sebesar 13 poin. Analisis aktivitas unggulan memperlihatkan persebaran yang tidak merada jika dilihat dari sudut pandang analisis yang telah dilakukan sebelumnya yaitu rata-rata pendapatan, kesempatan menabung, kesempatan bekerja, serta kesejahteraan. Terlihat pada gambar di atas menunjukan aktivitas dengan warna merah muda yang berarti kategori rendah justru memiliki jumlah lebih banyak dan tersebar merata di setiap sektor aktivitas dari hulu hinga hilir. Kiranya analisis tersbut bisa menjadi sebuah pertimbangan karena fakta di lapangan kesejahteraan pekerja tidak merata di setiap sektor aktivitas di dalam PPP Tegalsari.
Baca lebih lanjut

14 Baca lebih lajut

ANALISIS PENGARUH RASIO AKTIVITAS TERHAD

ANALISIS PENGARUH RASIO AKTIVITAS TERHAD

Penelitian sejenis juga dilakukan oleh Gunawan dan Bandi (2000), meneliti tentang "analisis kandungan informasi laporan arus kas" dengan periode pengamatan 1995 s/d 1998. Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa hanya variabel arus kas bad news dan laba good news signifikan berhubungan dengan harga saham untuk periode sebelum krisis; pada awal periode krisis tidak satupun variabel signifikan dengan harga saham dan selama periode krisis moneter variabel yang signifikan dengan harga saham adalah total arus kas, arus kas good news, total laba, laba good news, dan laba bad news. Sementara itu, bukti empiris yang menghubungkan antara informasi
Baca lebih lanjut

15 Baca lebih lajut

Analisis Pengaruh Aktivitas Non Tradisional Bank terhadap Profitabilitas dan Risiko pada Bank Umum di Indonesia COVER 1

Analisis Pengaruh Aktivitas Non Tradisional Bank terhadap Profitabilitas dan Risiko pada Bank Umum di Indonesia COVER 1

Penelitian ini bertujuan untuk menganilisis pengaruh dari aktivitas non tradisional yang dilakukan oleh lembaga perbankan di indonesia terhadap profitabilitas dan risiko periode 2010 sampai dengan 2014. Aktivitas non tradisional bank yang di jelaskan dengan pendapatan non bunga pada penelitian ini diduga dapat mempengaruhi profitabilitas dan risiko yang di kontrol menggunakan faktor internal perusahaan yaitu loan to asset dan capital adequacy ratio.

14 Baca lebih lajut

ANALISIS PENGARUH AKTIVITAS MATAHARI TERHADAP PERUBAHAN IKLIM

ANALISIS PENGARUH AKTIVITAS MATAHARI TERHADAP PERUBAHAN IKLIM

Iklim memiliki pengertian yang berbeda dari cuaca. Cuaca adalah keadaan udara pada saat tertentu dan di wilayah tertentu yang relatif sempit dan pada jangka waktu yang singkat. Cuaca itu terbentuk dari gabungan unsur cuaca yaitu keadaan berdasarkan gejala suhu, tekanan udara, kelembaban, angin, dan curah hujan dengan jangka waktu cuaca bisa hanya beberapa jam saja. Misalnya: pagi hari, siang hari atau sore hari, dan keadaannya bisa berbeda-beda untuk setiap tempat serta setiap jamnya. Di samping itu terdapat unsur cuaca lainnya yang biasa kita saksikan yaitu penyinaran matahari, keadaan awan, gejala halilintar, pelangi, halo, dan lain-lain. Di Indonesia keadaan cuaca selalu diumumkan untuk jangka waktu sekitar 24 jam melalui prakiraan cuaca hasil analisis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Departemen Perhubungan. Untuk negara
Baca lebih lanjut

5 Baca lebih lajut

Analisis pengaruh rasio aktivitas profit

Analisis pengaruh rasio aktivitas profit

Saham syariah merupakan saham-saham perusahaan yang dalam operasionalnya tidak bertentangan dengan syariat islam, baik mengenai produk maupun manajemennya. Pengelompokan saham syariah berada dalam Jakarta Islamic Index (JII) di Bursa Efek Jakarta (BEJ). Kelompok saham syariah relative masih baru dan index saham syariah pada priode 3 tahun (2003-2005) nilainya terus naik dengan perubahan kenaikan melebihi index kelompok LQ-45 dan IHSG, hal ini merupakan suatu fenomena yang perlu dikaji oleh para analis pasar modal dan investor. Penelitian ini bertujuan mengungkapkan bagaimana pengaruh rasio aktivitas (Total Assets Turnover / TATO dan Inventory Turnover / ITO), rasio profitabilitas (Return On Assets / ROA dan Return On Equity / ROE) dan rasio pasar (Earning Per Share / EPS dan Price Book Value / PBV) terhadap return saham syariah dalam Jakarta Islamic Index (JII).
Baca lebih lanjut

90 Baca lebih lajut

Pengaruh likuiditas dan aktivitas terhadap profitabilitas pada PT PLN ( PERSERO).

Pengaruh likuiditas dan aktivitas terhadap profitabilitas pada PT PLN ( PERSERO).

Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda untuk pengaruh likuiditas dan aktivitas terhadap profitabilitas pada PT PLN (Persero) maka dapat disimpulkan ketiga hipotesis tidak didukung oleh hasil empiris penelitian. Current ratio, total assets turnover ratio dan working capital turnover ratio berpengaruh tidak signifikan terhadap profitabilitas PT PLN (Persero) yang diproksikan dengan return on assets . Saran yang dapat diberikan dalam pengembangan penelitian ini dengan mencoba menggunakan alat uji dan variabel lainnya dalam menguji pengaruhnya terhadap profitabilitas, misalnya variabel hutang. Perusahaan PLN yang dari data laporan keuangan dilihat bahwa PLN terus mengalami kerugian akibat kegiatan investasi yang dijalankan. Seiring dengan penggunaan dana untuk investasi yang besar penulis dapat menyarankan agar menekan biaya guna meningkatkan profitabilitas misalnya dengan melakukan penghematan pemakaian bahan bakar diesel dan lebih condong dalam pemanfaatan energi terbarukan dalam memproduksi tenaga listrik sehingga kerugian dapat ditekan dan subsidi oleh pemerintah dapat dikurangi.
Baca lebih lanjut

10 Baca lebih lajut

TAP.COM -   ANALISIS PENGARUH PRODUK, HARGA, PROMOSI DAN SALURAN DISTRIBUSI ...

TAP.COM - ANALISIS PENGARUH PRODUK, HARGA, PROMOSI DAN SALURAN DISTRIBUSI ...

look like supermodels ”. Produk -produk unggulan dari The Body Shop diantaranya adalah hand body , parfum, sabun mandi dll. The Body Shop juga menjalankan seluruh kegiatan pemasarannnya melalui kegiatan Public Relations dengan kampanye-kampanye yang dilakukan dari pertama kali produk-produk ini diperkenalkan. Anita Roddick menyakini bahwa untuk memperkenalkan sebuah merek tidak perlu memerlukan uang atau angggaran yang besar. Dalam memasarkan produknya The Body Shop juga memiliki satu filosofi “ Profit With Principle ” (Kartajaya, 2003), maksudnya adalah dalam menjalankan aktivitas bisnisnya, The Body Shop bukan hanya menjual kosmetik, tetapi juga membentuk komunitas global yang bertanggung jawab. Hal ini dibuktikan dengan kepedulian mereka terhadap masalah-masalah sosial yang terjadi di masyarakat sekitar. Diantaranya kegiatan mereka adalah :
Baca lebih lanjut

72 Baca lebih lajut

TAPPDF.COM  PDF DOWNLOAD ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUKEBERSIHAN DAN KENYAMANAN DI ...

TAPPDF.COM PDF DOWNLOAD ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUKEBERSIHAN DAN KENYAMANAN DI ...

Dalam hal ini pelanggan sangat memperhatikan hal-hal yang terkait dengan nilai tambah terhadap kenyamanan mereka dalam melakukan aktivitas belanja mengingat berubahnya pandangan bahwa belanja adalah merupakan aktivitas rekreasi, maupun pemenuhan keanekaragaman kebutuhan mereka dalam satu lokasi (one stop shopping). Akan tetapi merosotnya eksistensi pasar tradisional bukan sepenuhnya akibat adanya pasar modern. Karena pada kenyataannya menurunnya omset pasar tradisional juga dipengaruhi oleh perubahan selera konsumen (masyarakat).
Baca lebih lanjut

78 Baca lebih lajut

ANALISIS PENGARUH RASIO NILAI AKTIVITAS  DAN NILAI PASAR TERHADAP PERUBAHAN  Analisis Pengaruh Rasio Nilai Aktivitas Dan Nilai Pasar Terhadap Perubahan Harga Saham.

ANALISIS PENGARUH RASIO NILAI AKTIVITAS DAN NILAI PASAR TERHADAP PERUBAHAN Analisis Pengaruh Rasio Nilai Aktivitas Dan Nilai Pasar Terhadap Perubahan Harga Saham.

Alhamdulillah puji syukur kehadirat Allah SWT atas berkat, rahmat dan hidayah-Nya dan karunia yang telah dilimpahkan penulis dapat menyelesaikan tugas penyusunan skripsi ini guna memenuhi syarat untuk mencapai gelar Sarjana Ekonomi pada Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Surakarta. Adapun judul Skripsi yang penulis susun adalah: “ANALISIS PENGARUH RASIO NILAI AKTIVITAS DAN NILAI PASAR TERHADAP PERUBAHAN HARGA SAHAM ”.

13 Baca lebih lajut

ANALISIS PENGARUH RASIO LIKUIDITAS, ROFITABILITAS, SOLVABILITAS, AKTIFITAS DAN OPINI AUDIT GOING CONCERN TAHUN SEBELUMNYA TERHADAP OPINI AUDIT GOING CONCERN (Studi Empiris pada perusahaan real estate & property yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia 2010-

ANALISIS PENGARUH RASIO LIKUIDITAS, ROFITABILITAS, SOLVABILITAS, AKTIFITAS DAN OPINI AUDIT GOING CONCERN TAHUN SEBELUMNYA TERHADAP OPINI AUDIT GOING CONCERN (Studi Empiris pada perusahaan real estate & property yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia 2010-

Definisi Operasional Variabel Dependen dari penelitian ini adalah opini audit going cocern dan variabel independen dari penelitian ini terdiri dari likuiditas, profitabilitas, solvabil[r]

15 Baca lebih lajut

ANALISIS PENGARUH AKTIVITAS LEVERAGE DAN

ANALISIS PENGARUH AKTIVITAS LEVERAGE DAN

Model regresi linier berganda dengan metode Ordinary Least Square digunakan untuk menguji pengaruh dan hubungan lebih dari dua variable independen terhadap variabel dependen. Menurut Ghozali (2007), metode Ordinary Least Square mengestimasi suatu garis dengan jalan meminimalkan jumlah kuadrat kesalahan setiap observasi terhadap garis tersebut.

8 Baca lebih lajut

Analisis Pengaruh Rasio Aktivitas, Rasio Profitabilitas dan Rasio Pasar Pada Return Saham Syariah BAB 0

Analisis Pengaruh Rasio Aktivitas, Rasio Profitabilitas dan Rasio Pasar Pada Return Saham Syariah BAB 0

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa TATO, ITO, ROA, ROE, EPS dan PBV secara bersama-sama memberikan pengaruh yang signifikan terhadap return saham syariah . Sedangkan secara parsial pengaruhnya berbeda-beda, TATO, ROA, ROE dan EPS masing-masing mempunyai pengaruh positif yang signifikan terhadap return saham syariah , ITO berpengaruh positif tidak signifikan terhadap return saham syariah, dan PBV mempunyai pengaruh negatif yang signifikan terhadap return saham syariah . Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa model regresi yang terbentuk dengan variabel independen yang terdiri dari TATO, ITO, ROA, ROE, EPS dan PBV dapat digunakan untuk memprediksi return saham syariah dalam Jakarta Islamic Index (JII). Kata Kunci : Saham Syariah , Return, Total Assets Turnover, Inventory Turnover,
Baca lebih lanjut

16 Baca lebih lajut

HUBUNGAN RASIO LIKUIDITAS RASIO SOLVABIL

HUBUNGAN RASIO LIKUIDITAS RASIO SOLVABIL

Untuk dapat memperoleh jawaban tentang perkembangan kinerja keuangan suatu perusahaan, maka diperlukan adanya analisis terhadap data keuangan perusahaan. Data keuangan tersebut akan tercermin dalam laporan keuangan yang merupakan laporan peristiwa masa lalu yang berkelanjutan dari sumber, kewajiban, dan aktivitas ekonomi perusahaan. Laporan keuangan butuh dianalisis untuk mengetahui apakah kinerja persusahaan meningkat atau tidak, laporan keuangan bias di analisis menggunakan berbagai cara yang salah satunya adalah analisis rasio, variabel kinerja keuangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis rasio likuiditas, rasio solvabilitas dan analisis rasio aktivitas
Baca lebih lanjut

7 Baca lebih lajut

S GEO 1100607 Table of content

S GEO 1100607 Table of content

Analisis Pengaruh Asap Kebakaran Hutan X terhadap Aktivitas Ekonomi Masyarakat Y di Kota Pekanbaru .... Analisis Pengaruh Asap Kebakaran Hutan X terhadap Aktivitas Pertanian Masyarakat Y[r]

5 Baca lebih lajut

Analisis Rasio Likuiditas Rasio Solvabil

Analisis Rasio Likuiditas Rasio Solvabil

Salah satu alat yang digunakan untuk mengetahui kondisi keuangan perusahaan dapat berwujud laporan keuangan. Laporan keuangan menyajikan gambaran mengenai posisi keuangan dari kinerja perusahaan dalam menghasilkan laba. Posisi keuangan perusahaan ditunjukkan dalam laporan neraca, dalam laporan neraca kita dapat mengetahui kekayaan atau assets perusahaan yang dimiliki (sisi aktiva), dan dari sisi pasiva dapat kita ketahui darimana dana-dana untuk membiayai aktiva tersebut (dari modal sendiri atau hutang), sedangkan kinerja perusahaan dalam menghasilkan laba dapat kita lihat dari laporan laba rugi perusahaan. Analisis laporan keuangan merupakan proses yang penuh pertimbangan dalam rangka membantu mengevaluasi posisi keuangan dan hasil operasi perusahaan pada masa sekarang dan masa lalu, dengan tujuan untuk menentukan eliminasi dan prediksi yang paling mungkin mengenai kondisi dan kinerja perusahaan pada masa mendatang. Analisis terhadap laporan keuangan suatu perusahaan pada dasarnya untuk mengetahui tingkat profitabilitas, tingkat solvabilitas, tingkat likuiditas dan stabilitas usaha, dan tingkat resiko atau tingkat kesehatan suatu perusahaan. Analisis terhadap laporan keuangan sebenarnya banyak sekali, namun pada penelitian ini penulis menggunakan analisis rasio keuangan karena analisis ini lebih sering digunakan dan lebih sederhana. Analisis rasio keuangan adalah perbandingan antara dua atau kelompok data laporan keuangan dalam suatu periode tertentu, data tersebut bisa antar data dari neraca dan data laporan rugi laba. Tujuannya adalah memberi gambaran mengenai kelemahan dan kemampuan finansial perusahaan dari tahun ke tahun. Analisis rasio ini akan sangat membantu dalam menilai prestasi manajemen di masa lalu dan prospeknya di masa yang akan datang. Pada dasarnya ada beberapa rasio keuangan yang biasa digunakan yaitu rasio likuiditas, rasio solvabilitas, rasio keuntungan/profitabilitas, rasio leverage, rasio aktivitas dan rasio penilaian (Sutrisno, 2009:215). Pada penelitian ini, rasio yang digunakan hanya tiga kategori saja yaitu : rasio likuiditas, rasio solvabilitas dan rasio profitabilitas. Berdasarkan hasil penelitian, pendapatan atau laba perusahaan mengalami peningkatan dari tahun ke tahun, sehingga dapat dikatakan bahwa perusahaan tersebut mempunyai kinerja yang baik. Namun, pendapatan atau laba yang besar bukan merupakan suatu ukuran mutlak kinerja keuangan perusahaan. Oleh karena itu, perlu dan penting untuk dianalisis dengan menggunakan rasio likuiditas, rasio solvabilitas dan rasio profitabilitas untuk mengukur kinerja perusahaan sehingga diperoleh hasil yang lebih akurat.
Baca lebih lanjut

17 Baca lebih lajut

ANALISIS RASIO LIKUIDITAS, SOLVABILITAS DAN PROFITABILITAS UNTUK MENGUKUR KINERJA KEUANGAN PADA PT. GLOBAL MULTIPACK PALEMBANG - POLSRI REPOSITORY

ANALISIS RASIO LIKUIDITAS, SOLVABILITAS DAN PROFITABILITAS UNTUK MENGUKUR KINERJA KEUANGAN PADA PT. GLOBAL MULTIPACK PALEMBANG - POLSRI REPOSITORY

Laporan akhir ini membahas tentang Analisis rasio likuiditas, solvabilitas, dan profitabilitas atas laporan keuangan PT. Global Multipack. Penulis menganalisis kondisi keuangan menggunakan rasio likuiditas dan rasio solvabilitas serta menganalisis kinerja keuangan perusahaan menggunakan rasio profitabilitas. Dari hasil analisis ditemukan masalah yaitu kenaikan hutang lancar pada tahun 2013 yang mempengaruhi nilai rasio likuiditas dan rasio solvabilitas sehingga perusahaan diharapkan dapat membuat kebijakan berkaitan dengan batas wajar hutang disesuaikan dengan aktiva dan ekuitas yang dimiliki. Kinerja keuangan pada tahun 2012-2014 terus mengalami peningkatan namun sebaiknya perusahaan lebih meminimalisir beban dan nilai harga pokok penjualan karena keduanya berpengaruh dengan laba kotor yang juga akan berpengaruh pada laba bersih setelah pajak.
Baca lebih lanjut

14 Baca lebih lajut

Pengaruh Rasio Likuiditas, Rasio Rentabilitas dan Rasio Solvabiltas Terhadap Pengambilan Keputusan Kredit pada PT Bank Mayapada Internasional, Tbk Divisi Mayapada Mitra Usaha Unit Kampung Lalang Medan

Pengaruh Rasio Likuiditas, Rasio Rentabilitas dan Rasio Solvabiltas Terhadap Pengambilan Keputusan Kredit pada PT Bank Mayapada Internasional, Tbk Divisi Mayapada Mitra Usaha Unit Kampung Lalang Medan

Dalam penelitian ini, data yang digunakan adalah laporan keuangan debitur yang mengajukan kredit pada PT Bank Mayapada Internasional, Tbk unit kampung Lalang Medan. Pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan kepustakaan yaitu mengumpulkan bahan dan data yang berhubungan dengan pokok bahasan yang dikutip dari berkas-berkas bank yang berhubungan dengan laporan keuangan debitur dan sumber-sumber lain yang menambah keakuratan data. Teknik analisis yang digunakan adalah metode analisis statistic dengan menggunakan Aplikasi SPSS release 19.

11 Baca lebih lajut

Laporan Pendahuluan Rencana Zonasi Wilay

Laporan Pendahuluan Rencana Zonasi Wilay

Metode pengumpulan data yang digunakan untuk mengidentifikasi penggunaan lahan adalah survei primer dan survei sekunder. Survei primer dilakukan untuk obeservasi menyeluruh kondisi eksisting di kawasan studi, survei ini digunakan sebagai gambaran mengenai keadaan wilayah studi mengenai penggunaan lahan yang terdapat pada kawasan tersebut. Sedangakan untuk survey sekunder dilakukan memalui dokume perencanaan serta peraturan pendukung terkait dengan kawasan studi, seperti dipergunakannya RTRW hal ini digunakan sebagai pembanding mengenai penggunaan lahan yang terdapat pada kawasan studi telah sesuai dengan arahan rencana atau mengalami penyimpangan dalam prosesnya. Selain itu untuk mengidentifikasi penggunaan lahan terkait kawasan pesisir maka diperlukannya regulasi yang menunjang proses identifikasi tersebut. Sehingga dari analisis yang didapat juga berguna sebagai tolok ukur mengenai kesesuaian lahan secara eksisting dengan yang terdapat pada dokumen perencanaan. Output identifikasi penggunaan lahan yang nantinya didapatkan setelah melalui proses tersebut yaitu meliputi:
Baca lebih lanjut

97 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...