Top PDF Analisis Sistem Informasi Akuntansi Pengendalian Persediaan Bahan Baku pada PT. X.

Analisis Sistem Informasi Akuntansi Pengendalian Persediaan Bahan Baku pada PT. X.

Analisis Sistem Informasi Akuntansi Pengendalian Persediaan Bahan Baku pada PT. X.

Kita hidup dalam dunia yang sangat kompetitif dan sering berubah, organisasi terus berhadapan dengan kebutuhan atas cara mendapatkan informasi yang baru, lebih cepat, dan lebih andal. Demi memenuhi kebutuhan ini, sistem informasi harus terus mengalami perubahan, dari penyesuaian kecil hingga ke pergantian besar. Kadang kala, perubahan yang dibutuhkan begitu drastisnya hingga sistem yang lama dibuang serta diganti semuanya dengan sistem yang baru. Perubahan begitu konstan dan sering hingga sebagian besar organisasi senantiasa terlibat dalam beberapa peningkatan atau perubahan sistem. Perusahaan biasanya mengubah sistem mereka untuk perubahan kebutuhan pemakai atau bisnis, perubahan teknologi, peningkatan proses bisnis, keunggulan kompetitif, perolehan produktivitas, pertumbuhan (Romney dan Steinbart, 2003).
Show more

18 Read more

Perancangan Sistem Informasi Persediaan Bahan Baku di PT. Prabu Jaya

Perancangan Sistem Informasi Persediaan Bahan Baku di PT. Prabu Jaya

PT. Prabu Jaya merupakan perusahaan manufaktur yang bergerak di bidang pengolahan kayu. Produk utama yang dihasilkan oleh perusahaan ini adalah pintu kayu. Perusahaan ini berlokasi di Jalan Patumbak No. 10-A Km 8 Medan Tanjung Morawa, Medan-Sumatera Utara. Rumusan masalah di perusahaan ini adalah adanya kesulitan untuk mendapatkan informasi pada bagian persediaan bahan baku dikarenakan belum adanya sistem informasi persediaan bahan baku yang terintegrasi ke departemen yang membutuhkan data persediaan bahan baku termasuk belum akuratnya perhitungan bahan yang dibutuhkan. Tujuan dari penelitian perancangan ini adalah untuk merancang sistem informasi persediaan bahan baku berbasis komputer yang dapat diimplementasikan sebagai pendukung perencanaan dan pengendalian persediaan bahan baku di PT. Prabu Jaya.
Show more

197 Read more

Analisis Penerapan Sistem Informasi Akuntansi Persediaan dalam Meningkatkan Efektifitas Pengendalian Intern terhadap Persediaan Spare Part Mobil pada PT. X.

Analisis Penerapan Sistem Informasi Akuntansi Persediaan dalam Meningkatkan Efektifitas Pengendalian Intern terhadap Persediaan Spare Part Mobil pada PT. X.

Sistem Persediaan Spare part pada PT. X merupakan salah satu divisi atau bagian yang sangat berperan penting terhadap suatu perusahaan yang bergerak di bidang jasa transportasi khususnya bengkel penjualan spare part dan service, pada bagian gudang berperan sebagai pengadaan spare part yang dibutuhkan oleh bengkel untuk menggantikan spare part motor yang rusak, selain itu bagian gudang juga melakukan pengolahan spare part, diantaranya mencatat setiap barang baik yang masuk maupun yang keluar. Pengecekan data yang tidak akurat dan sering kehilangan spare parts karena tidak adanya informasi tentang persediaan yang tidak akurat.
Show more

18 Read more

Peranan Pengendalian Persediaan Bahan Baku dalam Menunjang Kelancaran dan Kontinuitas Proses Produksi Perusahaan Studi Kasus pada PT "X".

Peranan Pengendalian Persediaan Bahan Baku dalam Menunjang Kelancaran dan Kontinuitas Proses Produksi Perusahaan Studi Kasus pada PT "X".

Penelitian ini dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan kuesioner untuk memperoleh informasi yang diinginkan. Berdasarkan metode tersebut di atas diperoleh hasil bahwa pada PTX” mempunyai pengendalian persediaan bahan baku yang kurang baik yaitu sebesar 46% dan tingkat kelancaran maupun kontinuitas proses produksi pun rendah, yaitu sebesar 47%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pada PTX”, pengendalian persediaan bahan baku memiliki keterkaitan terhadap kelancaran dan kontinuitas proses produksi.
Show more

20 Read more

Pengendalian Sistem Persediaan Bahan Baku Di Unit 10 PT. Sritex

Pengendalian Sistem Persediaan Bahan Baku Di Unit 10 PT. Sritex

Tahap verifikasi bertujuan untuk memastikan bahwa penerjemahan skenario ke dalam formula dan fungsi yang ada pada Microsoft Excel telah benar dan sesuai harapan. Sedangkan validasi bertujuan melakukan pemeriksaan terhadap suatu model, apakah sudah sesuai dengan sistem yang sebenarnya. Kedua proses ini menjadi sangat penting untuk menjaga kebenaran atas sumber informasi yang didapat sebelum melakukan perhitungan.

7 Read more

Evaluasi Penerapan Sistem Pengendalian Internal untuk Persediaan Barang Dagangan pada PT. JAYA TERANG MANDIRI - UDiNus Repository

Evaluasi Penerapan Sistem Pengendalian Internal untuk Persediaan Barang Dagangan pada PT. JAYA TERANG MANDIRI - UDiNus Repository

Analisis Pengendalian Internal Persediaan Bahan Baku Terhadap Efektifitas Pengelolaan Persediaan Bahan Baku.Universitas SamRatulangi: Manado... Salangka, 2013.Penerapanakuntansipersed[r]

2 Read more

ANALISIS PENGENDALIAN INTERNAL TERHADAP SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PERSEDIAAN PADA PT SRIWIJAYA BAJA SAKTI

ANALISIS PENGENDALIAN INTERNAL TERHADAP SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PERSEDIAAN PADA PT SRIWIJAYA BAJA SAKTI

metode FIFO (First-In First-Out) dalam persediaan, sebab metode ini mencerminkan harga pasar sesungguhnya dari persediaan, sehingga penerapan metode ini dapat memperbaiki posisi laporan keuangan asgar lebih realistis dan juga mencegah kemungkinan terjadinya selisih pencatatan persediaan. Penulis pun mengusulkan penggunaan sistem akuntansi Accurate 5 dalam pencatatan ataupun pembuatan laporan, sebab sistem ini mempermudah penggunanya dalam mencatat maupun mengontrol persediaan. Sistem informasi akuntansi pengeluaran barang persediaan di PT Sriwijaya Baja Sakti memiliki kendala pada pencatatan persediaanya, hal ini diketahui karena sistem dan prosedur penerbitan dokumen penjualan yang kurang optimal, sehingga mengakibatkan kekeliruan dalam pencatatan persediaan, kurangnya kontrol yang baik atas piutang pelanggan, serta kurangnya pengarsipan yang lengkap pada bagian keuangan yang dapat perpengaruh terhadap pelaporan keuangan. Maka penulis mengususulkan adanya kontrol piutang pada bagian keuangan, sehingga bagian keuangan difungsikan secara optimal untuk perusahaan, Penulis juga mengusulkan adanya sedikit perubahan sistem prosedur pada bagian penjualan dimana pencetakan dokumen faktur dilakukan saat suatu transaksi penjualan benar – benar terjadi, sehingga meminimalisisr terjadinya kesalahan pencatatan persediaan. Penulis juga mengusulkan penggunaan sistem akuntansi Accurate 5 untuk proses pengeluaran barang, sehingga pengguna maupun pimpinan dapat dengan mudah mengetahui rincian penjualan secara detil yang terjadi pada periode tertentu.
Show more

16 Read more

PERANCANGAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PERSEDIAAN BAHAN BAKU PADA UD. UTAMA JATI YOGYAKARTA.

PERANCANGAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PERSEDIAAN BAHAN BAKU PADA UD. UTAMA JATI YOGYAKARTA.

Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa (1) Sistem Informasi Akuntansi persediaan bahan baku di UD. Utama Jati Yogyakarta masih manual. (2) Bagan alir yang ada meliputi: (a) Prosedur Pembelian, (b) Prosedur Retur Pembelian. (3) Perancangan Sistem Informasi Akuntansi persediaan bahan baku UD. Utama Jati Yogyakarta menggunakan metode SDLC sebagai berikut: (a) Analisis sistem meliputi analisis PIECES, analisis kebutuhan sistem dan kelayakan sistem. Hasil dari analisis sistem menunjukkan bahwa sistem layak untuk dikembangkan, layak karena sistem baru sesuai dengan kebutuhan perusahaan dalam menghasilkan laporan terkait persediaan bahan baku. Secara ekonomi, sistem juga layak dikembangkan, dengan masa payback period 7 bulan, NPV Rp 3.027.510. (b) Desain sistem menggunakan software microsoft access sebagai pengolah database dan microsoft visual basic 6 sebagai desain interface, dari desain tersebut terdapat 8 tabel yang meliputi: Tabel jenis barang, supplier, pembelian, pembelian detail, order barang, retur pembelian, transaksi serta login dan 6 form yang meliputi: form jenis barang, form pemasok, form pembelian, retur pembelian, order barang, serta pengeluaran bahan baku. (c) Implementasi sistem informasi akuntansi persediaan bahan baku pada UD. Utama Jati Yogyakarta dimulai dengan tahapan persiapan implementasi, pelatihan kepada calan user, dan pengujian sistem. Pada saat melakukan pengujian sistem informasi akuntansi persediaan bahan baku terbukti mampu memberikan informasi yang dibutuhkan, yaitu : (a) Laporan Persediaan Bahan Baku, (b) Laporan Pembelian, (c) Laporan Retur Pembelian, (d) Laporan Transaksi Pengeluaran Bahan Baku, (e) Laporan Suplier, (f) Laporan Order Barang. Merode konversi yang dilakukan adalah metode konversi langsung.
Show more

190 Read more

PERANCANGAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PERSEDIAAN BAHAN BAKU PADA PT. JOGJA GRAHA SELARAS.

PERANCANGAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PERSEDIAAN BAHAN BAKU PADA PT. JOGJA GRAHA SELARAS.

Selaras pada saat ini menggunakan sistem manual dengan menggunakan buku stok persediaan bahan baku dalam pengelolaan persediaannya. Sistem ini masih mengandung beberapa kelemahan diantaranya adalah pencatatan persediaan masuk dicatat berdasarkan supplier dan tidak dicatat berdasarkan jenisnya dan pencatatan persediaan keluar dicatat berdasarkan kavling konsumen dan bukan berdasarkan jenisnya. Ketika perusahaan ingin mengetahui stok persediaan sewaktu-waktu, manajemen akan kesulitan mengidentifikasikan jumlah persediaan bahan baku yang tersedia. Manajemen PT Jogja Graha Selaras seringkali melakukan pembelian barang berdasarkan acuan dari petugas gudang yang hanya berdasarkan hitungan harian dan tidak berdasarkan kartu stok. Jumlah stok persediaan yang didapatkan oleh manajemen adalah jumlah stok fisik sehingga kemungkinan terjadi pemborosan material atau kerusakan material sulit teridentifikasi.
Show more

269 Read more

ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PERSEDIAAN BAHAN BAKU PADA UMKM PEMPEK DAN KERUPUK BERINGIN

ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PERSEDIAAN BAHAN BAKU PADA UMKM PEMPEK DAN KERUPUK BERINGIN

Hasil penelitian yang dilakukan Dhika Permana (2015), dengan judul “Perancangan Sistem Informasi Akuntansi Persediaan Bahan Baku pada UD. Utama Jati Yogyakarta” diketahui bahwa (1) Sistem Informasi Akuntansi persediaan bahan baku di UD. Utama Jati Yogyakarta masih manual. (2) Bagan alir yang ada meliputi: (a) Prosedur Pembelian, (b) Prosedur Retur Pembelian. (3) Perancangan Sistem Informasi Akuntansi persediaan bahan baku UD. Utama Jati Yogyakarta menggunakan metode SDLC sebagai berikut: (a) Analisis sistem meliputi analisis PIECES, analisis kebutuhan sistem dan kelayakan sistem. Hasil dari analisis sistem menunjukkan bahwa sistem layak untuk dikembangkan, layak karena sistem baru sesuai dengan kebutuhan perusahaan dalam menghasilkan laporan terkait persediaan bahan baku. Secara ekonomi, sistem juga layak dikembangkan, dengan masa payback period 7 bulan, NPV Rp 3.027.510. (b) Desain sistem menggunakan software microsoft access sebagai pengolah database dan microsoft visual basic 6 sebagai desain interface, dari desain tersebut terdapat 8 tabel yang meliputi: Tabel jenis barang, supplier, pembelian, pembelian detail, order barang, retur pembelian transaksi serta login dan 6 form yang meliputi: form jenis barang, form pemasok, form pembelian, retur pembelian, order barang, serta pengeluaran bahan baku. (c) Implementasi sistem informasi akuntansi persediaan bahan baku pada UD. Utama Jati Yogyakarta dimulai dengan tahapan persiapan implementasi, pelatihan kepada calan user, dan pengujian sistem. Pada saat melakukan pengujian sistem informasi akuntansi persediaan bahan baku terbukti mampu memberikan informasi yang dibutuhkan, yaitu : (a) Laporan Persediaan Bahan Baku, (b) Laporan Pembelian, (c) Laporan Retur Pembelian, (d) Laporan Transaksi Pengeluaran Bahan Baku, (e) Laporan Suplier, (f) Laporan Order Barang. Merode konversi yang dilakukan adalah metode konversi langsung.
Show more

17 Read more

ANALISIS SISTEM PENGENDALIAN INTERN ATAS SISTEM AKUNTANSI PEMBELIAN BAHAN BAKU TUNAI PADA PT SUMATERA PRIMA FIBREBOARD INDRALAYA - POLSRI REPOSITORY

ANALISIS SISTEM PENGENDALIAN INTERN ATAS SISTEM AKUNTANSI PEMBELIAN BAHAN BAKU TUNAI PADA PT SUMATERA PRIMA FIBREBOARD INDRALAYA - POLSRI REPOSITORY

4.1.2 Alternatif Struktur Organisasi yangMemisahkan Fungsi dan Pembagian Tanggung Jawab Secara Tegas .............................. 37 4.2 Sistem Otorisasi Wewenang dan Sistem Pencatatan .......................... 38 4.2.1 Analisis Sistem Otorisasi Wewenang dan Sistem Pencatatan 38 4.2.2 Alternatif Sistem Otorisasi Wewenang dan Sistem Pencatatan 38 4.3 Analisis Terhadap Karyawan Yang Mutunya Sesuai Dengan

14 Read more

Analisis Sistem Pengendalian Persediaan Bahan Baku di PT Septatrada Hardaguna, Gunung Putri - Bogor

Analisis Sistem Pengendalian Persediaan Bahan Baku di PT Septatrada Hardaguna, Gunung Putri - Bogor

optimum 4 had sekali, gula pasir dilakukan sebanyak 16 kali pemesanan, kuantitas pemesanan scbesar 17 000 kg per pemesanan dan waktu pemesanan optimum setiap 7 hari sekali Baker's fat dilakukan sebanyak 24 kali pemesanan, kuantitas pemesanan untuk baker's fat beragam mulai dari 2 250 kg sampai 7 500 kg per pemesanan dan waktu pemesanan optimum 6 hari sekali. Pada gula pasir dengan met ode perusahaan, terjadi kekurangan bahan yang tr.enyebabkan timbulnya biaya kekurangan bahan sebesar R, 410 320. Total biaya persediaan selama enam bulan untuk tepung terigu Rp 1 504 865 985, gula pasir Rp 1 171 148 694 dan baker's fat sebesar Rp 576 895 709.3.
Show more

121 Read more

ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PERSEDIAAN BAHAN BAKU PADA PT INDUKTORINDO UTAMA

ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PERSEDIAAN BAHAN BAKU PADA PT INDUKTORINDO UTAMA

Segala puji dan syukur penulis panjatkan kepada Tuhan Allah karena atas kasih karunia yang dilimpahkan – Nya kepada penulis. Atas berkat dan penyertaan – Nya pula penulis dapat menyelesaikan skripsi dengan judul “ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PERSEDIAAN BAHAN BAKU PADA PT INDUKTORINDO UTAMA”.

23 Read more

SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PEMBELIAN DAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU PADA VOLCANO BLOCK.

SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PEMBELIAN DAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU PADA VOLCANO BLOCK.

3. Untuk memperbaiki pengendalian akuntansi dan pengecekan intern, yaitu untuk memperbaiki tingkat keandalan ( relia bility ) informasi akuntansi dan untuk menyediakan catatan lengkap mengenai pertanggungjawaban dan perlindungan kekayaan perusahaan. Akuntansi merupakan alat pertanggungjawaban kekayaan suatu organisasi. Pengembangan sistem akuntansi seringkali ditujukan untuk memperbaiki perlindungan terhadap kekayaan organisasi sehingga pertanggungjawaban terhadap penggunaan kekayaan organisasi dapat dilaksanakan dengan baik. Pengembangan sistem akuntansi dapat pula ditujukan untuk memperbaiki pengecekan intern agar informasi yang dihasilkan oleh sistem tersebut dapat dipercaya.
Show more

38 Read more

Analisis Pengendalian Persediaan Bahan Baku dan Bahan Pendukung pada PT. MGN

Analisis Pengendalian Persediaan Bahan Baku dan Bahan Pendukung pada PT. MGN

Bahan baku disimpan dalam gudang yang berukuran 5 m x10 m. Gudang penyimpanan bersifat terbuka tanpa pembatas dengan atap berupa terpal sebagai pelindung dari panas dan hujan. Tidak ada perawatan khusus untuk bahan baku selama penyimpanan. Dalam operasinya, perusahaan masih menyewa pabrik seluas 1600 m² dengan biaya sewa sebesar Rp 80.000.000,00 per tahun sehingga biaya sewa gudang dapat didekati melalui perbandingan luas gudang dengan luas pabrik dikalikan dengan biaya sewa tahunan. Data bahan baku yang dianalisis dalam penelitian ini hanya sembilan bulan sehingga biaya sewa gudang harus dikonversi ke sembilan bulan penyewaan. Besarnya biaya sewa gudang yaitu Rp.2.500.000,00 per tahun atau Rp 1.875.000,00 untuk periode sembilan bulan.
Show more

40 Read more

Analisis Sistem Pengadaan Dan Pengendalian Persediaan Bahan Baku Jamu Tradisional Pada PT X Bogor

Analisis Sistem Pengadaan Dan Pengendalian Persediaan Bahan Baku Jamu Tradisional Pada PT X Bogor

Simplisia yang digunakan PT X dalam proses produksi sebagian besar diperoleh dari pemasok yang berada di Yogyakarta. Jauhnya jarak dari pemasok dan sifat simplisia yang tergantung pada alam membuat pihak perusahaan perlu merencanakan suatu sistem pengendalian persediaan bahan baku secara efektif dan efisien. Pada bulan Januari tahun 2003 PT X sempat mengalami kekurangan simplisia dipasok dari Yogyakarta. Untuk menghindari kekurangan pasokan simplisia maka pada periode produksi selanjutnya jika perusahaan akan memesan salah satu atau beberapa jenis simplisia yang dipasok dari Yogyakarta maka simplisia lainnya yang juga dipasok dari daerah tersebut juga dipesan sehingga terjadi penumpukan stok simplisia dalam jumlah yang sangat besar.
Show more

122 Read more

Peranan Sistem Informasi Akuntansi Persediaan dalam Menunjang efektivitas Pengendalian Persediaan di PT. Sipatex.

Peranan Sistem Informasi Akuntansi Persediaan dalam Menunjang efektivitas Pengendalian Persediaan di PT. Sipatex.

Sedari dulu sampai sekarang, permasalahan penggelapan persediaan merupakan permasalah klasik yang selalu terjadi di setiap perusahaan, terutama perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan dan manufaktur. Hal tersebut terjadi karena perusahaan dagang dan manufaktur memiliki jumlah persediaan yang cukup besar, sehingga apabila terjadi kelalaian dalam pengawasan persediaan, akan membuka celah yang sangat besar untuk dilakukannya penggelapan persediaan. Persediaan merupakan salah satu elemen yang sangat penting dalam mendukung aktivitas produksi. Persediaan yang dimaksud adalah bahan- bahan yang dipersiapkan untuk proses produksi. Sisterm persediaan yang baik dapat mendukung kelangsungan produksi suatu perusahaan. Namun, penggelapan persediaan bukanlah perkara yang mudah untuk diselesaikan, karena meskipun telah dilakukan berbagai tindakan preventif, masih tetap ada pihak- pihak yang dapat melihat celah untuk melakukan penggelapan tersebut.
Show more

21 Read more

Analisis Pengendalian Persediaan Bahan Baku Busa pada PT. "X" untuk Meminimumkan Biaya Persediaan.

Analisis Pengendalian Persediaan Bahan Baku Busa pada PT. "X" untuk Meminimumkan Biaya Persediaan.

PT. X merupakan perusahaan yang bergerak di bidang home industry yang membuat produk karpet. Produk karpet ini mempunyai 3 bahan baku utama yaitu busa, kain alas dan kain utamanya. Pada penelitian ini bahan baku busa yang diteliti karena bahan baku busa tidak dipengaruhi permintaan konsumen sedangkan kain alas dan kain utamanya dipengaruhi permintaan konsumen yang beragam misalnya seperti warna dan bahan yang berbeda. Bahan baku busa ini perlu diperhatikan persediaannya karena selama ini PT.X mengelola persediaan bahan baku dengan melakukan pemesanan dengan tidak terjadwal secara pasti, dimana PT.X akan melakukan pemesanan kepada pemasok jika bahan baku sudah hampir habis. PT.X rupanya perlu memperhatikan jumlah yang tepat dari bahan baku yang tersedia di gudangnya, serta melakukan pengendalian terhadap bahan baku secara berkelanjutan.
Show more

14 Read more

Analisis pengendalian persediaan bahan baku impor dengan simulasi monte carlo di PT Goodyear Indonesia Tbk - Bogor

Analisis pengendalian persediaan bahan baku impor dengan simulasi monte carlo di PT Goodyear Indonesia Tbk - Bogor

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis sistem pengendalian persediaan bahan baku impor di PT Goodyear Indonesia, Tbk., menganalisis tingkat persediaan dan kebijakan pengendalian persediaan bahan baku impor yang optimal atau sesuai dengan kebutuhan perusahaan, menghasilkan model penentu kebijakan pengendalian bahan baku impor dalam rangka menjaga kelancaran produksi dan meningkatkan efisiensi, mengetahui tingkat efisiensi metode yang digunakan oleh perusahaan dibandingkan dengan metode simulasi dalam hal penghematan biaya persediaan bahan baku impor. Analisis pengendalian persediaan bahan baku impor mengkaji beberapa aspek di antaranya analisis ABC, simulasi permintaan bahan baku impor, jumlah pemesanan optimal (economic order quantity), persediaan pengaman (safety stock), titik pemesanan kembali (re-order point), dan total biaya persediaan bahan baku impor.
Show more

204 Read more

Sistem Informasi Akuntansi Persediaan Pada PT Metro Medan

Sistem Informasi Akuntansi Persediaan Pada PT Metro Medan

Persediaan merupakan bagian utama dari modal kerja yang merupakan aktiva yang pada setiap saat mengalami perubahan. Dalam suatu perusahaan persediaan mempunyai arti penting karena akan mempengaruhi tingkat produksimaupun penjualan. Untuk menjamin agar pengelolaan persediaan sesuai dengankebijakan manajemen perusahaan, maka dibutuhkan suatu sistem yang mampu menjamin tercapainya tujuan perusahaan. Salah satu sistem tersebut adalah sistem akuntansi persediaan bahan baku. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah: (1) Metode pencatatan persediaan bahan baku pada PT. Metro Medan, (2) Bagaimana prosedur yang membentuk sistem persediaan bahan baku pada PT. Metro Medan, (3) Bagaimana pengendalian intern yang terdapat dalam sistem akuntansi persediaan bahan baku pada PT. Metro Medan.
Show more

7 Read more

Show all 10000 documents...