Top PDF Apakah Kita Merayakan Maulid Nabi

Apakah Kita Merayakan Maulid Nabi

Apakah Kita Merayakan Maulid Nabi

Sesungguhnya seutama-utama kewajiban atas seorang mu’min adalah keyakinannya, yaitu beriman secara man tap bahwa Allah telah menyempurnakan agama-Nya bagi kita dan mencukupkan nikmat-Nya atas kita dengan dibangkitkannya serta diutusnya seorang rasul yaitu Nabi kita Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam . Allah subhanahu wa ta’ala berfirman: “ Pada hari ini te lah Kusempurnakan untuk kalian agamamu dan telah Kucukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Ku-ridhai Islam itu menjadi agama bagimu.” (Q.S. Al-Maidah 3). Dan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam telah bersabda : “Aku telah meninggalkan kalian atas hujjah yang terang, malamnya seperti siangnya, maka orang yang menyimpang dari hujjah (keterangan) tersebut setelahku pasti akan binasa.” (H.S.R. Ibnu Majah. Dishahihkan oleh Syaikh Al-Albani dalam Shahih Sunan Ibnu Majah, hadits no. 5). Oleh karena itu bagi seorang mu’min yang menginginkan dan sedang mencari jalan keselamatan harus membatasi tingkah laku dan ibadahnya sesuai dengan apa yang disyariatkan oleh Allah subhanahu wa ta’ala untuknya melalui lisan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, serta tidak boleh ridha terhadap dirinya atau orang lain siapapun dia jika ada yang membuat syariat dalam agama Allah subhanahu wa ta’ala atau menganggap sesuatu itu baik berdasarkan akalnya semata dan hawa nafsunya apa -apa yang tidak diizinkan oleh Allah subhanahu wa ta’ala.
Baca lebih lanjut

10 Baca lebih lajut

Apakah Hukumnya Merayakan Maulid Nabi

Apakah Hukumnya Merayakan Maulid Nabi

sholawaat” Hal: 138-139. Dalam fasal: membicarakan bulan Robi’ul awal dan bid’ah melakukan maulid pada waktu itu. “tidak boleh mengkhususkan bulan ini (Rabi’ul awal) dengan berbagai macam ibadah seperti sholat, zikir, sedekah, dll. Karena musim ini tidak termasuk hari besar Islam seperti hari jum’at dan hari lebaran yang telah ditetapkan oleh Rasulullah saw, bulan ini memang bulan kelahiran Nabi Muhammad saw, tapi juga merupakan bulan wafatnya nabi Muhammad saw, kenapa mereka berbahagia atas kelahirannya tapi tidak bersedih atas kematiannya?, menjadikan hari kelahirannya sebagai perayaan maulid adalah bid’ah yang mungkar dan sesat, tidak diterima oleh syara’ dan akal, kalau sekiranya ada kebaikan dalam melakukannya tentu tidak akan lalai dari melakukannya Abu bakar, Umar, Ustman dan Ali serta para sahabat yang lainnya, dan para tabi’iin serata para ulama yang hidup setelah mereka, maka tidak ragu lagi yang pertama melakukannya adalah kelompok sufisme yang tidak punya kesibukan yang senang melakukan bid’ah kemudian diikuti oleh manusia-manusia lainnya, kecuali orang yang diselamatkan Allah serta di beri taufiq untuk memahami haqiqat agama Islam.
Baca lebih lanjut

44 Baca lebih lajut

Rangkul Kepolisian Untuk Selesaikan Konflik Agraria - Serikat Petani Indonesia

Rangkul Kepolisian Untuk Selesaikan Konflik Agraria - Serikat Petani Indonesia

Terkait dengan kriminalisasi petani yang sedang merayakan Maulid Nabi di Ogan Ilir Sumatera Selatan beberapa hari lalu, Ketua Umum Serikat Petani Indonesia SPI Henry Saragih dengan tegas[r]

16 Baca lebih lajut

Asal Muasal Maulid Nabi Muhammad SAW Ber

Asal Muasal Maulid Nabi Muhammad SAW Ber

dan egalitarian yang dibingkai dalam figura al Quran dan al Hadits. Dengan demikian, 12 Rabiul Awal merupakan tonggak sejarah yang memotivasi masyarakat untuk merayakan maulid Nabi sebagai bentuk ungkapan rasa syukur atas kehadiran beliau di tengah-tengah masyarakat dunia. Situasi dan kondisi umat yang semakin terpuruk akibat kontak budaya dan peradaban yang ‘menggila’, juga turut mengundang motivasi masyarakat untuk merayakan kelahiran Nabi sebagaimana yang telah dilakukan sebelumnya oleh Shalahuddin al Ayyubi pada abad ke XII. Kedua: motivasi teologis, aspek teologis ternyata juga memiliki peran yang cukup strategis dalam memotivasi masyarakat merayakan maulid Nabi. Hal ini dapat dilihat dari fatwa-fatwa yang dikemukakan oleh para ulama madzhab Hanafi dan Maliki yang mengemukakan bahwa “diktum hukum yang ditetapkan dengan diktum tradisi sama dengan diktum hukum yang ditetapkan berdasarkan hukum syar’i”. Hal yang senada pernah juga diungkapkan oleh Syarakhsyi yang menyebutkan bahwa “menetapkan hukum dengan tradisi seolah-olah menetapkan hukum dengan nash”. Namun hukum yang ditetapkan berdasarkan tradisi tersebut sejatinya harus memiliki relevansi dan senafas dengan nilai-nilai al Quran dan al Hadits. Ketiga: motivasi filosofis-sosiologis, masyarakat merupakan sebuah sistem yang terdiri dari kumpulan sekian banyak individu kecil maupun besar yang terikat oleh satuan adat, tradisi, hukum dan hidup bersama. Masyarakat akan dapat hidup tegak berdiri jika instrumen dalam masyarakat tersebut dapat berinteraksi dengan harmonis, tanpa adanya ketimpangan-ketimpangan sosial yang dapat menyuburkan benih-benih pertikaian. Dengan demikian, secara filosofis-sosiologis, perayaan maulid Nabi dapat dijadikan sebagai suplemen yang akan menggugah semangat serta sebagai pondasi yang akan memperkokoh bangunan ukhuwah masyarakat yang diwujudkan dalam sebuah kebersamaan.
Baca lebih lanjut

10 Baca lebih lajut

contoh proposal maulid nabi muhammad saw

contoh proposal maulid nabi muhammad saw

Tanggal 12 Rabiul Awal 1432 H, seluruh kaum muslim merayakan maulid Nabi Muhammad SAW, tidak lain merupakan warisan peradaban Islam yang dilakukan secara turun temurun. Dalam catatan historis, Maulid dimulai sejak zaman kekhalifahan Fatimiyah di bawah pimpinan keturunan dari Fatimah az-Zahrah, putri Nabi Muhammad SAW. Perayaan ini dilaksanakan atas usulan panglima perang, Shalahuddin al-Ayyubi (1137M-1193 M), kepada khalifah agar mengadakan peringatan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW.

11 Baca lebih lajut

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW (1)

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW (1)

Mari kita mengkaji hukum peringatan mauled Nabi Muhammad SAW. Dalam sebuah kitab yang ditulis oleh Imam Jalaluddin as-Suyuthi yang berjudul Husnul Maqasid fil Amal al-Mawalid. Beeliau menjelaskan bahwa di zaman Rasulullah dan Khulafaur Rasyidin memang belum diadakan peringatan dalam bentuk upacara, shalawatan dan pengajian tentang maulid Nabi, sehingga ada sebagian kaum muslimin yang tidak mau memperingati kelahiran dengan bentuk upacara itu.

7 Baca lebih lajut

BUKU PEDOMAN Maulid Nabi Muhammad 1439H

BUKU PEDOMAN Maulid Nabi Muhammad 1439H

Sebagai Generasi Berakhakul Karimah yang mengikuti sunnah Rasulullah untuk memasyarakatkan kebiasaan islami maka diperlukan upgrading dalam hal spiritual. Salah satu Upgrading ini yaitu dengan memperingati hari besar Islam, sebagai wujud peningkatan spiritual. Hari besar Islam salah satunya Isra Mi’raj dan Mauli d Nabi. Serta untuk mewujudkan Misi Lembaga Pengembangan Spiritual (LPS) PHM DKM luqmanul Hakim yaitu Mengajak warga polban senantiasa meningkatkan aktivitas spiritual, ruhiyah serta iman dan taqwa..

19 Baca lebih lajut

Memahami Maulid Nabi Saw Secara Mendalam

Memahami Maulid Nabi Saw Secara Mendalam

Michael H. Heart, Profesor astronomi, fisika dan sejarah sains, dalam bukunya The 100: A Ranking of the Most Influential Persons in History (New York: 1978, hal. 33), dia menulis: "My choice of Muhammad to lead the list of the world's most influential persons may surprise some readers and may be questioned by others, but he was the only man in history who was supremely successful on both the religious and secular level." (Saya memilih Nabi Muhammad sebagai urutan pertama tokoh yang paling berpengaruh di dunia mungkin mengejutkan sebagian pembaca dan mungkin dipertanyakan oleh yang lainnya. Tapi memang hanya dialah Nabi Muhammad satu-satunya manusia dalam sejarah yang berhasil meraih kesuksesan luar biasa, baik dari ukuran agama maupun ruang lingkup dunia).
Baca lebih lanjut

5 Baca lebih lajut

PIDATO SINGKAT PERINGATAN MAULID NABI MU

PIDATO SINGKAT PERINGATAN MAULID NABI MU

Dengan memperhatikan arti dan makna ayat-ayat tersebut diatas maka jelaslah bahwa Peringatan Maulud Nabi Muhammad SAW ini, juga merupakan kesempatan untuk mawas diri sampai dimana kesanggupan kita dalam mengikuti bimbingan dan suri tauladan yang telah diberikan oleh Nabi kita Muhammad SAW.

6 Baca lebih lajut

Proposal Maulid Nabi 2016   Umum

Proposal Maulid Nabi 2016 Umum

Rangkaian kegiatan tersebut merupakan Program Tahunan yang dikemas dengan kreatifitas siswa organisasi ROHIS di bawah naungan SMA PGRI 4, dimana sekolah yang didirikan sejak tahun 1981 t[r]

10 Baca lebih lajut

MAULID NABI MUHAMMAD SAW INDONESIA

MAULID NABI MUHAMMAD SAW INDONESIA

Bulan pertama pada tahun ini Rabiul awal memiliki posisi yang luar biasa di hati setiap umat Muslim baik di Timur dan Barat, karena kita memperingati hari kelahiran seorang Manusia terbaik, nabi, dan rasul. Kelahiran Rasulullah (SAW) adalah cahaya yang menerangi alam semesta dan kisahnya bagaikan cahaya dan rahmat bagi semesta alam. Allah SWT berfirman [Hai Nabi, sesungguhnya Kami mengutusmu untuk jadi saksi, dan pembawa kabar gembira dan pemberi peringatan, dan untuk jadi penyeru kepada Agama Allah dengan izin-Nya dan untuk jadi cahaya yang menerangi] 9 . Ia juga berfirman [Dan tiadalah Kami mengutus kamu, melainkan
Baca lebih lanjut

7 Baca lebih lajut

Download Contoh Proposal Maulid Nabi Muh

Download Contoh Proposal Maulid Nabi Muh

Nabi Muhammad adalah nabi akhir zaman yang selalu menjadi panutan yang tak akan pernah ada yang mengingkari kebenarannya. Beliaulah yang menuntun seluruh umat manusia menuju jalan yang terang benderang yang selalu disinari dengan cahaya islam. Dengan perjuangan beliau umat manusia bangkit dari zaman jahiliyah menuju zaman yang terang dengan cahaya islam. Karena beliau jugalah seluruh manusia yang ada di bumi ini selamat dari kehancuran serta dengan kelahiran nabi akhir zaman ini terciptalah aturan- aturan islam yang penuh dengan keharmonisan, persaudaraan, dan keseimbangan dengan terhapusnya perselisihan, pertikaian, dan peperangan.
Baca lebih lanjut

10 Baca lebih lajut

Surat Undangan Maulid Nabi Muhammad Saw

Surat Undangan Maulid Nabi Muhammad Saw

Dengan mengharapkan ridho Allah SWT. dan restu kaum muslimin dan muslimat kami selaku panitia peringatan Hari Besar Islam (PPHBI) Masjid jami AL-Muhajiriin, akan merayakan Ta’diman watakriman Isra Mi’raj Nabi Besar Muhammad SAW.Untuk itu kami selaku panitia hari besar islam mengetuk hati kaum muslimin dan muslimat untuk memberikan do’a restu dan sekaligus memberikan bantuan sebesar Rp. 250.000 ( Dua puluh lima ribu Rupiah)

13 Baca lebih lajut

Hadits Tentang Maulid Nabi dan Sedekah untuk Almarhum ORTU

Hadits Tentang Maulid Nabi dan Sedekah untuk Almarhum ORTU

Artinya: “Diriwayatkan dari Aisyah r.a.: Bahwa ada seorang laki -laki berkata kepada Nabi saw: Sesungguhnya ibuku meninggal secara mendadak, dan saya menduga jika dia berkata pasti dia bersedekah, maka apakah dia mendapat pahala jika saya bersedekah atas namanya? Jawab beliau: "Ya".” [HR. al-Bukhari dan Muslim, lafadz al-Bukhari]

4 Baca lebih lajut

KHUTBAH JUM’AT (26) Hikmah Moralitas dalam Maulid Nabi

KHUTBAH JUM’AT (26) Hikmah Moralitas dalam Maulid Nabi

Dengan modal akhlak yang mulia itu pula Islam menyebar dalam tempo yang sangat singkat di Jazirah Arab. Praktik kehidupan Nabi, baik di Mekah ataupun Madinah, memberi gambaran kepada kita bahwa peranan akhlak dalam kehidupan ini sangatlah urgen. Penerimaan masyarakat terhadap kebenaran yang disampaikan sangat berkaitan dengan moral si penuturnya. Kebenaran akan meresap cepat ke dalam hati sabubari apabila disampaikan dengan cara-cara yang santun seperti yang dicontohkan Nabi SAW.

4 Baca lebih lajut

080242 AKJ 2006 08 25 Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

080242 AKJ 2006 08 25 Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

Judul : Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW Tempat : Argodalem Samigaluh Kulonprogo Rep : Widi Tanggal : 25 Agustus Peringatan maulid nabi Muhammad di Argodalem Kulonprogo tadi malam d[r]

1 Baca lebih lajut

Makalah PAI Maulid Nabi di sekolah

Makalah PAI Maulid Nabi di sekolah

Adalah Sultan Salahuddin Al-Ayyubi –orang Eropa menyebutnya Saladin, seorang pemimpin yang pandai mengena hati rakyat jelata. Salahuddin memerintah para tahun 1174-1193 M atau 570-590 H pada Dinasti Bani Ayyub –katakanlah dia setingkat Gubernur. Pusat kesultanannya berada di kota Qahirah (Kairo), Mesir, dan daerah kekuasaannya membentang dari Mesir sampai Suriah dan Semenanjung Arabia. Kata Salahuddin, semangat juang umat Islam harus dihidupkan kembali dengan cara mempertebal kecintaan umat kepada Nabi mereka. Salahuddin mengimbau umat Islam di seluruh dunia agar hari lahir Nabi Muhammad SAW, 12 Rabiul Awal kalender Hijriyah, yang setiap tahun berlalu begitu saja tanpa diperingati, kini harus dirayakan secara massal.
Baca lebih lanjut

18 Baca lebih lajut

Sosiologi Maulid Nabi

Sosiologi Maulid Nabi

Nabi SAW lahir pada tahun gajah (571 M) dalam lingkungan sosial budaya jahiliyah. Disebut tahun gajah, karena saat itu tentara gajah di bawah pimpinan Raja Abrahah menyerang Ka'bah, karena marah dan merasa iri dengan Ka'bah di Makkah yang banyak dikunjungi orang dari berbagai pelosok negeri sambil bertransaksi ekonomi, sementara Ka'bah palsu yang dibuatnya sepi pengunjung. Secara sosiologis, kelahirannya disuasanai persaingan sosial ekonomi dengan penistaan dan penyerangan Ka'bah. Dan, para penista dan penyerang Ka'bah itu dihancurkan oleh "tentara langit " (burung ababil) yang melempari mereka dengan batu panas yang membuat mereka seperti daun yang dimakan ulat (QS al-Fil [105]: 1-5).
Baca lebih lanjut

3 Baca lebih lajut

Maulid Dan Nabi Dan SAW.doc

Maulid Dan Nabi Dan SAW.doc

Pendapat Imam Jalaluddin As-Suyuthi, ada sebuah pertanyaan tentang perayaan maulid Nabi pada bulan Rabiul Awal bagaimana hukumnya menurut Syara’. Apakah terpuji atau tercela? Dan apakah orang yang melakukan diberi pahala ataukah tidak? Beliau menjawab “Jawabannya menurut saya bahwa semula perayaan maulid Nabi yaitu manusia berkumpul, membaca Al-qur’an dan kisah-kisah teladan Nabi sejak kelahirannya sampai perjalanan hidupnya, kemudian menghidangkan makanan yang dinikmati bersama, setelah itu mereka pulang. Hanya itu yang dilakukan tidak lebih. Semua itu termasuk bid’ah hasanah. Orang yang melakukan diberi pahala karena mengagungkan derajat Nabi, menampakkan sukacita dan kegembiraan atas kelahiran Nabi Muhammad SAW.” 7
Baca lebih lanjut

9 Baca lebih lajut

Show all 2638 documents...