Top PDF Aplikasi Game Teknologi untuk Edukasi

Aplikasi Game Teknologi untuk Edukasi

Aplikasi Game Teknologi untuk Edukasi

Scott McCloud, seorang akademisi yang khusus berkecimpung dalam bidang komik menawarkan satu pendapat yang menarik dalam bukunya, Understanding Comics (Tundra Publishing, 1993). McCloud menjabarkan bahwa untuk bisa mendeskripsikan sebuah media, kita harus melakukan Operasi Estetika dengan memisahkan antara bentuk media dan konten/materi media (But to define comics, we must first do a little aesthetic surgery and separate form from content [McCloud, 1993:5]). Lebih jauh lagi, McCloud mensimulasikan media sebagai sebuah bejana air (teko, kendi, dsb) yang dapat diisi apa saja. Materi yang diisikan pada bejana air tadi tentunya terserah dari para kreator dan tentunya masing-masing kreator tadi pun memiliki ide dan seleranya masing-masing (yang belum tentu sesuai dengan selera dari pengguna media tadi). Yang paling utama dari realitas ini
Baca lebih lanjut

4 Baca lebih lajut

Pembangunan aplikasi game edukasi cegah banjir

Pembangunan aplikasi game edukasi cegah banjir

Pada tahun 1950, Alan Turing merancang suatu ujian bagi komputer berintelejensia untuk menguji apakah komputer tersebut mampu mengelabui seorang manusia yang mengintrogasinya melalui teletype atau komunikasi berbasis teks jarak jauh. Jika interrogrator tidak dapat membedakan yang diinterogasi adalah manusia atau komputer, maka komputer berintelejensia tersebut lolos dari Turing test. Komputer tersebut perlu memiliki kemampuan: Natural Language Processing, Knowledge Representation, Automated Reasoning, Machine Learning, Computer Vision, Robotics. Turing test sengaja menghindari interaksi fisik antara interrogator dan komputer karena simulasi fisik manusia tidak perlu intelejensia.
Baca lebih lanjut

143 Baca lebih lajut

Pembangunan Aplikasi Game Edukasi Pertolongan Pertama

Pembangunan Aplikasi Game Edukasi Pertolongan Pertama

Pada tahun 1950, Alan turing merancang suatu ujian bagi komputer berintelijensia untuk menguji apakah komputer tersebut mampu mengelabui seorang manusia yang mengintrogasinya melalui teletype (komunikasi berbasis teks jarak jauh). Jika interrogator tidak dapat membedakan yang diinterogasi adalah manusia atau komputer, maka komputer berintelijensia tersebut lolos dari turing test. Komputer tersebut perlu memiliki kemampuan : Natural Language Processing, Knowledge representation, Automated Reasoning, Machine Learning, Komputer Vision, Robotics. Turing test sengaja menghindari interaksi fisik antara interrogator dan komputer karena simulasi fisik manusia tidak memerlukan intelijensia. 3. Thinking Rationally (Berpikir Rasional)
Baca lebih lanjut

181 Baca lebih lajut

Pembangunan Aplikasi Game Edukasi Pariwisata Indonesia

Pembangunan Aplikasi Game Edukasi Pariwisata Indonesia

Video Game jenis ini dibuat dengan tujuan spesifik sebagai alat pendidikan, baik itu untuk belajr mengenal warna, mengenal huruf dan angka, matematika, belajar bahasa asing dan lain-lain. Developer yang membuatnya, harus memperhitungkan berbagai hal agar game ini benar- benar dapat mendidik, menambah pengetahuan dan meningkatkan ketrampilan yang memainkannya. Target segmentasi pemain harus pula disesuaikan dengan tingkat kesulitan dan design visual ataupun animasinya. 2.5 Game edukasi

82 Baca lebih lajut

Pembangunan Aplikasi Game Edukasi Merawat Tanaman

Pembangunan Aplikasi Game Edukasi Merawat Tanaman

Seledri juga dikenal dengan nama daun sop, adalah tanaman sayuran yang juga banyak dipakai sebagai tanaman obat. Seledri dapat tumbuh pada dataran rendah sampai tinggi. Perbanyakan seledri bisa dengan biji atau anakan. Seledri termasuk tanaman ang mudah perawatannya. Untuk skala rumah tangga seledri juga bisa berfungsi sebagai tanaman hias dengan menanamnya dalam pot, atau pada kotak memanjang seperti talang plastik. Media tanaman yang cocok adalah campuran tanah subur, pupuk kandang dan serbuk gergaji/sekam dengan perbandingan 1:1:1. seperti pada Gambar 2.1 Seledri
Baca lebih lanjut

155 Baca lebih lajut

APLIKASI GAME EDUKASI PENGENALAN ANGKA UNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS TUNAGRAHITA BERBASIS KINECT  Aplikasi Game Edukasi Pengenalan Angka Untuk Anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita Berbasis Kinect.

APLIKASI GAME EDUKASI PENGENALAN ANGKA UNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS TUNAGRAHITA BERBASIS KINECT Aplikasi Game Edukasi Pengenalan Angka Untuk Anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita Berbasis Kinect.

Anak tunagrahita memiliki kemampuan intelektual di bawah rata-rata yang mengakibatkan mereka kesulitan dalam menerima pelajaran, termasuk pelajaran Matematika yang didalamnya terdapat materi pengenalan angka. Dibutuhkan suatu media interaktif yang dapat membuat suasana di kelas menjadi menyenangkan dan tidak membosankan. Oleh karena itu, peneliti berinisiatif untuk membuat sebuah game edukasi pengenalan angka berbasis Kinect. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat sebuah game edukasi pengenalan angka berbasis Kinect yang menarik dan interaktif yang dapat membantu anak berkebutuhan khusus tunagrahita dalam belajar mengenal angka. Game ini dibuat menggunakan Unity3D sebagai game engine dan software pendukung seperti 3DS Max , Adobe Audition 3.0 dan Bandicam . Pengujian game dilakukan di SLB-C YPSLB Surakarta dihadapan murid kelas 1 SD yang berjumlah 8 dan didampingi oleh 3 guru. Kemudian 3 guru tersebut memberikan penilaian melalui kuesioner. Sesuai dengan hasil pengumpulan data melalui wawancara, materi pengenalan angka yang ada di game ini adalah berisi pengenalan angka 1-5, sesuai dengan kurikulum yang berlaku di sekolah ini. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah telah dibuat aplikasi game edukasi pengenalan angka untuk anak tunagrahita berbasis Kinect dengan baik yang dibuktikan dengan semua responden menyatakan sangat setuju bahwa game edukasi ini menarik, interaktif dan mendidik yang dapat membantu anak tunagrahita belajar mengenal angka.
Baca lebih lanjut

17 Baca lebih lajut

Pembangunan aplikasi game 2D sebagai perangkat pembelajaran anak-anak terhadap perilaku baik

Pembangunan aplikasi game 2D sebagai perangkat pembelajaran anak-anak terhadap perilaku baik

Teknologi baru terutama multimedia mempunyai peranan semakin penting dalam pembelajaran [4]. Banyak orang percaya bahwa multimedia akan dapat membawa kita kepada situasi belajar di mana "learning with effort" akan dapat digantikan dengan "learning with fun". Apalagi dalam pembelajaran orang dewasa, “learning with effort” menjadi hal yang cukup menyulitkan untuk dilaksanakan karena berbagai faktor pembatas seperti usia, kemampuan daya tangkap, kemauan berusaha, dan lain-lain. Proses pembelajaran yang menyenangkan, kreatif, dan tidak membosankan menjadi pilihan para guru atau fasilitator. Jika situasi belajar seperti ini tidak tercipta, paling tidak multimedia
Baca lebih lanjut

130 Baca lebih lajut

Membangun Game Edukasi Pengenalan Bahasa Inggris Sebagai Media Pembelajaran Siswa Kelas IV SD Berbasis Multimedia

Membangun Game Edukasi Pengenalan Bahasa Inggris Sebagai Media Pembelajaran Siswa Kelas IV SD Berbasis Multimedia

Tujuan penelitian ini adalah merancang aplikasi multimedia interaktif, berupa aplikasi game edukasi yang digunakan sebagai media pembelajaran pengenalan bahasa inggris untuk siswa kelas IV SD, dan mengetahui tanggapan siswa terhadap penggunaan game edukasi ini. Materi dalam media pembelajaran berupa materi dasar, meliputi pengenalan hewan, buah- buahan, sayur-sayuran, dan alat transportasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimental. Tahapan dalam prosedur penelitian ini adalah survei, menemukan masalah, merumuskan masalah, analisa, perancangan, dan implementasi. Perancangan game edukasi pengenalan bahasa inggris tersebut meliputi perancangan antarmuka dan model proses. Aplikasi game edukasi pengenalan bahasa inggris sebagai media pembelajaran ini diharapkan dapat membantu siswa dalam belajar dan memahami pelajaran bahasa Inggris, khususnya dalam hal membaca dengan menciptakan suasana kelas yang berbeda.
Baca lebih lanjut

7 Baca lebih lajut

Pembangunan Aplikasi Game Edukasi IPA Dan Matematika Untuk Siswa SMP

Pembangunan Aplikasi Game Edukasi IPA Dan Matematika Untuk Siswa SMP

Perancangan adalah suatu bagian dari metodologi pengembangan pembangunan suatu perangkat lunak yang dilakukan setelah tahapan untuk memberikangambaran secara terperinci. Berdasarkan uraian diatas perancangan sistem merupakan tahapan dari siklus pengembangan sistem yang didefinisikan dari kebutuhan-kebutuhan fungsional dan persiapan untuk rancang bangun implementasi yang menggambarkan bagaimana suatu sistem dibentuk, yang dapat berupa penggambaran, perancangan, dan pembuatan sketsa atau pengaturan dari beberapa elemen yang terpisah kedalam satu kesatuan yang utuh dan berfungsi, juga menyangkut konfigurasi dari komponen-komponen perangkat keras dan perangkat lunak dari suatu sistem.
Baca lebih lanjut

172 Baca lebih lajut

 BAB I PENDAHULUAN  Aplikasi Game Edukasi Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Pada Anak Berkebutuhan Khusus Tuna Grahita.

BAB I PENDAHULUAN Aplikasi Game Edukasi Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Pada Anak Berkebutuhan Khusus Tuna Grahita.

Mendapatkan cara belajar yang lain selain belajar dengan guru disekolah yaitu dengan memanfaatkan aplikasi game edukasi ini. Dan memberikan suasana belajar yang menyenangkan dan menarik bagi anak berkebutuhan khusus tuna grahita dengan memanfaatkan game edukasi sehingga akan memotivasi anak berkebutuhan khusus tuna grahita dalam mengenal lingkungan keluarga yang ada disekitarnya sekaligus menyukai pelajaran berhitung .

7 Baca lebih lajut

Rancang Bangun Aplikasi Game Edukasi Bahasa Inggris Untuk Anak Berbasis Android

Rancang Bangun Aplikasi Game Edukasi Bahasa Inggris Untuk Anak Berbasis Android

Sarana pembelajaran bahasa inggris dengan metode permainan (game) merupakan salah satu inovasi yang banyak digemari oleh kalangan anak usia dini, dimana anak – anak di usia dini masih sangat senang bermain. Maka dari itu alangkah baiknya jika sebuah permainan anak yang dimainkan dapat mendidik anak sebagai sarana untuk belajar dan karena game juga dapat mengembangkan kinerja kerja otak anak atau seseorang.

6 Baca lebih lajut

RANCANG BANGUN APLIKASI GAME EDUKASI ANAK UNTUK MENGENAL BENTUK DAN WARNA BENDA.

RANCANG BANGUN APLIKASI GAME EDUKASI ANAK UNTUK MENGENAL BENTUK DAN WARNA BENDA.

Edukasi adalah penambahan pengetahuan dan kemampuan seseorang melalui teknik praktik belajar atau instruksi, dengan tujuan untuk mengingat fakta atau kondisi nyata, dengan cara memberi dorongan terhadap pengarahan diri (self direction), aktif memberikan informasi-informasi atau ide baru (Craven dan Hirnle, 1996 dalam Suliha, 2002). Edukasi merupakan serangkaian upaya yang ditujukan untuk mempengaruhi orang lain, mulai dari individu, kelompok, keluarga dan

5 Baca lebih lajut

gunadarma 50403160 ssm fti

gunadarma 50403160 ssm fti

APLIKASI GAME EDUKASI "BOMBERMAN SCHOLL" MENGGUNAKAN PYGAME BISMO NUGROHO, IDA AYU YULIE PRIMASHANTI Penulisan Ilmiah, Fakultas Teknologi Industri, 2006 Universitas Gunadarma http://[r]

2 Baca lebih lajut

Aplikasi Pengenalan Alam dan Satwa Melalui Game Edukasi dengan Game Engine Unity

Aplikasi Pengenalan Alam dan Satwa Melalui Game Edukasi dengan Game Engine Unity

Game yang akan dibangun menggunakan game engine Unity. Unity merupakan sebuah mesin pengembang untuk pembuatan permainan 2D dan 3D dan konten interaktif. Unity adalah suatu ekosistem pengembangan game. Unity memiliki mesin render yang kuat dan terintegrasi dengan satu set lengkap alat intuitif dan alur kerja yang cepat untuk membuat 3D interaktif dan konten 2D, penerbitan multiplatform yang mudah, terdapat ribuan kualitas lainnya, aset-aset yang siap pakai yang ada di Asset Store dan juga sebagai komunitas saling berbagi ilmu pengetahuan [2] . Proses pembuatan skenario game dibuat langsung di dalam Unity.
Baca lebih lanjut

11 Baca lebih lajut

Rancang Bangun Aplikasi Game Fun With Physic Berbasis Android - Repositori UIN Alauddin Makassar

Rancang Bangun Aplikasi Game Fun With Physic Berbasis Android - Repositori UIN Alauddin Makassar

Ilmu fisika sangat mendukung perkembangan teknologi, industri, komunikasi, termasuk kerekayasaan (engineering), kimia, biologi, kedokteran, dan lain-lain. Ilmu fisika dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan mengenai fenomena- fenomena yang menarik. Walaupun demikian sayang sekali kenyataannya minat siswa terhadap pelajaran fisika sangat rendah. Pembelajaran fisika di sekolah memiliki kecenderungan menjadi suatu pembelajaran yang terkesan kaku dan tersistem dengan skenario yang sudah diciptakan oleh guru dalam proses pembelajarannya. Apabila kondisi ini terus berlanjut dapat menimbulkan turunnya minat dan kurangnya penguasaan konsep pada pelajaran fisika. Karena itulah perlu dibangun aplikasi game fun with physic sebagai salah satu sarana edukasi bagi pengguna sehingga dapat memotivasi pengguna untuk terus belajar di bidang fisika.
Baca lebih lanjut

100 Baca lebih lajut

APLIKASI AUGMENTED REALITY GAME EDUKASI  UNTUK PENGENALAN ORGAN TUBUH MANUSIA  Aplikasi Augmented Reality Game Edukasi Untuk Pengenalan Organ Tubuh Manusia.

APLIKASI AUGMENTED REALITY GAME EDUKASI UNTUK PENGENALAN ORGAN TUBUH MANUSIA Aplikasi Augmented Reality Game Edukasi Untuk Pengenalan Organ Tubuh Manusia.

Upgrading Counting Ability On Preschool Children” mengatakan bahwa anak-anak biasanya tidak suka belajar matematika. Karena matematika sulit untuk dipelajari, dan membosankan. Disisilain permainan komputer sangat efektif dalam pembelajaran matematika. Salahsatu cara untuk mengurangi kecemasan terhadap matematika dengan cara relaksasi dengan game. Dalam penelitiannya digunakan beberapa genre permainan yang berbada yaitu petualangan, balap dan menembak. Tujuan penelitian ini adalah membandingkan antara tiga platform yg cocok untuk pembelajaran matematika. Tiga platform yang digunakan yaitu Kodu, Unity dan Construct 2. Hasil penelitian diharapkan dapat memaksimalkan belajar kognitif pada anak.
Baca lebih lanjut

17 Baca lebih lajut

APLIKASI GAME EDUKASI SEBAGAI UPAYA UNTUK  MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PADA   Aplikasi Game Edukasi Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Pada Anak Berkebutuhan Khusus Tuna Grahita.

APLIKASI GAME EDUKASI SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PADA Aplikasi Game Edukasi Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Pada Anak Berkebutuhan Khusus Tuna Grahita.

Aplikasi game edukasi ini dibuat dengan menggunakan game engine Unity3D dengan bahasa pemrograman C# dan beberapa software pendukung seperti Autodesk 3ds Max, Adobe Photoshop CS3, Audacity, Camtasia Studio dan Vegas Pro 11.0. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah SDLC. SDLC (System Development Life Cycle) adalah model konseptual yang digunakan dalam manajemen proyek yang menggambarkan tahap-tahap yang terlibat dalam suatu proyek pengembangan sistem informasi dari definisi kebutuhan awal melalui pemeliharaan aplikasi sampai selesai.
Baca lebih lanjut

16 Baca lebih lajut

APLIKASI GAME EDUKASI BUDAYA DAN AKSARA LAMPUNG BERBASIS ANDROID

APLIKASI GAME EDUKASI BUDAYA DAN AKSARA LAMPUNG BERBASIS ANDROID

Pengembangan game edukasi ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat dan keinginan orang dalam mempelajari Aksara Lampung, oleh karena itu dalam hal ini diperlukan sebuah sistem pembelajaran yang menarik dan menyenangkan sehingga dapat menarik minat orang-orang untuk tetap mengikuti perkembangan teknologi yang ada, salah satunya yaitu sistem belajar dengan menggunakan media game edukasi. Penelitian ini menggunakan metode eXtreme Programing (EX) dan dirancang dengan menggunakan Unified Modeling Language (UML). Aplikasi ini diuji dengan menggunakan metode pengujian Black Box dengan pendekatan Equivalence Partitioning (EP) dan perhitungan Skala Likert. Di sisi lain, berdasarkan hasil yang diperoleh dari kuesioner, aplikasi ini adalah aplikasi yang user friendly (dengan nilai rata-rata 77% / Baik).
Baca lebih lanjut

81 Baca lebih lajut

APLIKASI AUGMENTED REALITY GAME EDUKASI UNTUK PENGENALAN ORGAN TUBUH MANUSIA  Aplikasi Augmented Reality Game Edukasi Untuk Pengenalan Organ Tubuh Manusia.

APLIKASI AUGMENTED REALITY GAME EDUKASI UNTUK PENGENALAN ORGAN TUBUH MANUSIA Aplikasi Augmented Reality Game Edukasi Untuk Pengenalan Organ Tubuh Manusia.

Hasil penelitian diujicoba ke siswa SDIT Muhammadiyah Al-Kautsar Kartasura Kelas IV C dengan mendemokan dan siswa mengoperasikan langsung. Berdasar data dari kuisioner, aplikasi yang dibuat dapat menarik dan membantu siswa belajar pada organ tubuh manusia.

17 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...