Top PDF Arsitektur dan fungsi cpu docx

Arsitektur dan fungsi cpu docx

Arsitektur dan fungsi cpu docx

Kebanyakan operasi harus dalam bentuk register ke register, dengan hanya operasi akses memori LOAD dan STORE yang sederhana. Rancangan ini menyederhanakan set intsruksi dan sekaligus menyederhanakan unik kontrol. Sebagai contoh, sebuah set instruksi RISC bisa mengandung hanya satu atau dua instruksi ADD (misalnya, penambahan bilangan bulat, penambahan dengan carry). VAX mempunyai 25 instruksi ADD yang berbeda. Keuntugan lain adalah bahwa arsitektur seperti itu meningkatkan optimasi penggunaan register, sehingga operand-operand yang sering diakses akan tetap berada dalam penyimpanan berkecepatan tinggi.
Baca lebih lanjut

16 Baca lebih lajut

PERKEMBANGAN ARSITEKTUR ARSITEKTUR KLASI docx

PERKEMBANGAN ARSITEKTUR ARSITEKTUR KLASI docx

Kemudian pada sekitar tahun 1920-an muncullah suatu periode yang disebut dengan Periode Heroic, dimana dimasa itu merupakan jaman penekanan ego pribadi, selain itu sudah berkurangnya ornamen-ornamen yang menghiasi bangunan, namun ornamen-ornamen disini berfungsi sebagai pemberi status, fungsi dan diletakkan di tempat-tempat tertentu. Sehingga kesimpulannya adalah bahwa di masa ini telah terjadi penyederhanaan ornamen-ornamen. Di sini massa-massa bangunan juga dibuat ekspresif namun menggunakan bahan-bahan pabrik sehingga mempunyai ekspresi yang khas contohnya penggunaan bentuk-bentuk melengkung dan skylight. Periode ini juga ditandai dengan keadaan politik Eropa yang saat itu tengah memanas yang menyebabkan munculnya berbagai macam aliran. Seperti adanya Naziisme di Jerman dimana bangunan pada saat itu harus berfungsi sebagai monumental, sedangkan di Italia adanya Fasisme yang mengakibatkan bangunan-bangunan pada saat itu secara teknis mengikuti bentuk-bentuk bangunan klasik. Jadi dapat dilihat bahwa pada saat itu karya-karya arsitektur haus monumental dan prinsip–prinsip arsitektur klasik. Zailgeist yaitu arsitektur mengikuti perkembangan mekanisasi yang terjadi sedangkan Will to form yaitu bahwa perancangan bangunan diserahkan sepenuhnya oleh arsitek yang merancangnya.
Baca lebih lanjut

38 Baca lebih lajut

Makalah Struktur dan Fungsi CPU (1)

Makalah Struktur dan Fungsi CPU (1)

Register prosesor, dalam arsitektur komputer adalah sejumlah kecil memori komputer yang bekerja dengan kecepatan sangat tinggi yang digunakan untuk melakukan eksekusi terhadap program-program komputer dengan menyediakan akses yang cepat terhadap nilai-nilai yang umum digunakan.

15 Baca lebih lajut

Fungsi dan Struktur CPU Bab I

Fungsi dan Struktur CPU Bab I

Makalah ini berjudul “Struktur dan Fungsi CPU” yang berisikan penjabaran serta penjelasan mengenai Struktur dan Fungsi Komputer. Tujuan penyusunan makalah ini ialah untuk memenuhi salah satu tugas yang diberikan dalam Mata Kuliah “Arsitektur Komputer” Prodi Sistem Komputer Universitas Serang Raya.

5 Baca lebih lajut

Arsitektur dan Sistem Komputer docx

Arsitektur dan Sistem Komputer docx

Merupakan konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer. Arsitektur komputer merupakan rancangan dan deskripsi fungsional dari kebutuhan suatu perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan system interkoneksi-nya). Dalam hal ini ,proses perencanaan dari masing–masing bagian akan lebih difokuskan terutama, mengenai bagaimana CPU akan bekerja, serta mengenai cara pengaksesan data dan alamat dari dan ke memori cache, RAM, ROM,

7 Baca lebih lajut

Portofolio Arsitektur dan Bangunan docx

Portofolio Arsitektur dan Bangunan docx

Cenderamata tersebut sebagai ungkapan tali persahabatan dari berbagai negara, maupun cenderamata yang diberikan dari teman, kerabat ataupun rakyat biasa. Karena itu Ibu Tien Soeharto ingin membuat suatu wadah yang berupa museum yang berfungsi sebagai penghimpun, merawat, meneliti dan dokumentasi dari seluruh cenderamata atau penghargaan tersebut. Namun demikian museum yang akan dibangun tersebut tentunya juga memiliki fungsi sebagai bukti eksistensi historis tentang peranan dan perjuangan Pak Harto dalam keterlibatan bagi perjalanan bangsa Indonesia sejak dari merebut, menegakkan, membela dan mengisi kemedekaan.
Baca lebih lanjut

35 Baca lebih lajut

Makalah Struktur dan Fungsi CPU (2)

Makalah Struktur dan Fungsi CPU (2)

Register prosesor, dalam arsitektur komputer adalah sejumlah kecil memori komputer yang bekerja dengan kecepatan sangat tinggi yang digunakan untuk melakukan eksekusi terhadap program-program komputer dengan menyediakan akses yang cepat terhadap nilai-nilai yang umum digunakan.

12 Baca lebih lajut

PARADIGMA ARSITEKTUR DAN CONTOHNYA docx

PARADIGMA ARSITEKTUR DAN CONTOHNYA docx

Less is more adalah semboyan paling terkenal dari Mies Van der Rohe. Semboyan ini muncul sebagai bentuk kritik dari ornament-ornament masa lallu yang tidak memiliki fungsi pada bangunan.Karya arsitektur yang menggambarkan Less is more bisa kita lihat dari karya Mies Van der Rohe sendiri yaitu Farnswort House.

8 Baca lebih lajut

KETERKAITAN MANUSIA DAN ARSITEKTUR docx

KETERKAITAN MANUSIA DAN ARSITEKTUR docx

Yunani yang kaya dengan mitologi dan seni. Hal ini nampak dari fungsi dan bentuk bangunan utama sebagai bagian dari ritual pemujaan. Ideologi kebudayaan masyarakat pra-Yunani kuno tersebut menjadi dasar terbentuknya konsep nilai ke-estetika-an pada saat itu terfokus pada terciptanya bangunan-bangunan megah dan besar sebagai upaya mendekatkan manusia terhadap mitos dewa-dewi alam semesta (Fletcher, 2004). Gambar 1. Parthenon Yunani Sumber : www.google.com Secara umum zaman modern sendiri merupakan masa di mana seluruh cabang ilmu berkembang dengan sangat pesat. Penemuan mesin, revolusi Industri dan penemuan material baru menimbulkan berbagai perubahan dalam masyarakat secara cepat. Sehingga perkembangan ilmu-ilmu tersebut juga memunculkan berbagai gaya dan aliran dalam dunia arsitektur sendiri. Minimalisme, fungsionalisme, industrialisme, konstruktifisme dan rasionalisme merupakan gambaran adanya berbagai gaya arsitektur yang muncul pada zaman modern ini. Meski terdapat berbagai macam gaya arsitektur, kondisi kebudayaan masyarakatnya yang terbentuk tetap dalam koridor ideologi yang cenderung humanis, monoton dan rasionalis akibat perkembangan ilmu itu sendiri. Zaman postmodern secara garis besar berusaha lepas dari batasan-batasan ketat yang ada pada zaman modern. Dekonstruksi, simbiosisme, eklektisisme, feminisme dan hibridisme memberi gagasan pada kebebasan dan kemajemukan. Meski diwarnai oleh berbagai nama gaya atau aliran, ternyata semua tetap merujuk pada pembebasan manusia yang pada era modern terbelenggu ketat oleh struktur-struktur konsensus dan makna tunggal. Pada era post-modern ini filsafat strukturalisme hingga poststrukturalisme menjadi landasan ideologis nilainilai budaya masyarakatnya (Ikhwanuddin, 2005).
Baca lebih lanjut

5 Baca lebih lajut

Arsitektur dan Organisasi Komputer docx

Arsitektur dan Organisasi Komputer docx

orang biasa untuk menggunakan komputer biasa. Komputer tidak lagi menjadi dominasi perusahaan- perusahaan besar atau lembaga pemerintah. Pada pertengahan tahun 1970-an, perakit komputer menawarkan produk komputer mereka ke masyarakat umum. Komputer- komputer ini, yang disebut minikomputer, dijual dengan paket piranti lunak yang mudah digunakan oleh kalangan awam. Piranti lunak yang paling populer pada saat itu adalah program word processing dan spreadsheet. Pada awal 1980-an, video game seperti Atari 2600 menarik perhatian konsumen pada komputer rumahan yang lebih canggih dan dapat diprogram. Pada tahun 1981, IBM memperkenalkan penggunaan Personal Computer (PC) untuk penggunaan di rumah, kantor, dan sekolah. Jumlah PC yang digunakan melonjak dari 2 juta unit di tahun 1981 menjadi 5,5 juta unit di tahun 1982. Sepuluh tahun kemudian, 65 juta PC digunakan. Komputer melanjutkan evolusinya menuju ukuran yang lebih kecil, dari komputer yang berada di atas meja (desktop computer) menjadi komputer yang dapat dimasukkan ke dalam tas (laptop), atau bahkan komputer yang dapat digenggam (palmtop). IBM PC bersaing dengan Apple Macintosh dalam memperebutkan pasar komputer. Apple Macintosh menjadi terkenal karena mempopulerkan sistem grafis pada10 komputernya, sementara saingannya masih menggunakan komputer yang berbasis teks. Macintosh juga mempopulerkan penggunaan piranti mouse. Pada masa sekarang, kita mengenal perjalanan IBM compatible dengan pemakaian CPU: IBM PC/486, Pentium, Pentium II, Pentium III, Pentium IV (Serial dari CPU buatan Intel). Juga kita kenal AMD k6, Athlon, dsb. Ini semua masuk dalam golongan komputer generasi keempat. Seiring dengan menjamurnya penggunaan komputer di tempat kerja, cara-cara baru untuk menggali potensial terus dikembangkan. Seiring dengan bertambah kuatnya suatu komputer kecil, komputer-komputer tersebut dapat dihubungkan secara bersamaan dalam suatu jaringan untuk saling berbagi memori, piranti lunak, informasi, dan juga untuk dapat saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya. Komputer jaringan memungkinkan komputer tunggal untuk membentuk kerjasama elektronik untuk menyelesaikan suatu proses tugas. Dengan menggunakan perkabelan langsung (disebut juga local area network, LAN), atau kabel telepon, jaringan ini dapat berkembang menjadi sangat besar. Pada komputer generasi ini sudah memanfaatkan mikroprocessors.
Baca lebih lanjut

29 Baca lebih lajut

Tinjauan Tentang Arsitektur Kontekstual docx

Tinjauan Tentang Arsitektur Kontekstual docx

Gaya arsitektur modern muncul sebagai gaya internasional yang cukup memiliki kemiripan di semua tempat, semua negara. Setidaknya, gaya modern tetap mengusung fungsi ruang sebagai titik awal desain sehingga, pada zaman itu bangunan-bangunan yang muncul mempunyai style yang hampir sama meskipun diberbagai tempat yang berbeda. Bahkan, bangunan-bangunan yang muncul terkadang tidak memperhatikan kondisi lokal lingkungan sekitar. Sampai-sampai ada yang mengatakan bahwa arsitektur pada masa itu tidak mempunyai ruh.
Baca lebih lanjut

6 Baca lebih lajut

Organisasi dan Arsitektur Komputer docx

Organisasi dan Arsitektur Komputer docx

C.Tujuan Belajar Organisasi dan Arsitektur Komputer  Mengetahui tentang matakuliah CPU Arsitektur  Mengetahui hubungan antara CPU Arsitektur dengan matakuliah lain  Dapat mengikuti d[r]

1 Baca lebih lajut

KEARIFAN LOKAL DALAM ARSITEKTUR. docx

KEARIFAN LOKAL DALAM ARSITEKTUR. docx

perancangantidak harus mengambil tipologi bentukan lama (tradisional), tetapi mengambil esensi ruangatau detail tradisi yang lain, seperti kebiasaan tertentu. Misalkan rumah jawa, yang padabagian depan mewadahi fungsi sosial, pada bagian belakangnya lebih privat danseterusnya. Tampilan boleh modern sesuai dengan selera tetapi tidak menghilangkanidentitasnya yaitu masih menerapkan material lokal dan menghargai alam. Namun kayuyang sekarang sudah semakin terbatas jumlahnya dapat diganti dengan bambu yangmudah dicari dan mudah tumbuhnya selain itu juga dapat menggunakan material yang lebihmodern.
Baca lebih lanjut

10 Baca lebih lajut

FUNGSI DAN CARA KERJA CPU

FUNGSI DAN CARA KERJA CPU

 Interkoneksi yang banyak digunakan sampai saat ini adalah system bus.Dalam arsitektur komputer, sebuah bus adalah sebuah subsistem yangmentransfer data antar komponen komputer pada sebuah komputer atauantar komputer.Secara umum fungsi saluran bus dikategorikan dalam tigabagian : Address Bus, data bus, dan Control bus.

3 Baca lebih lajut

Arsitektur Mikroprosesor dan Pengoperasi docx

Arsitektur Mikroprosesor dan Pengoperasi docx

Control logic menerima sinyal dari instruction decoder yang mendekode instruksi yang disimpan dalam instruction register. Selanjutnya control logic memproduksi sinyal control yang dibutuhkan untuk mengeksekusi instruksi ini. Control logic memiliki sedikit fungsi khusus lainnya. Ia mengawasi tahap penyalaan mikroprosesor. Ia juga memproses interrupt. Sebuah interrupt seperti permintaan ke mikroprosesor dari perangkat eksternal lainnya seperti memori dan I/O. Interrupt meminta mikroprosesor untuk mengeksekusi program khusus.

8 Baca lebih lajut

Pascamodernisme Sejarah dan Arsitektur docx

Pascamodernisme Sejarah dan Arsitektur docx

Label   “minimalis”   yang   dimaksud   bisa   dipastikan   jarang   diangkat   dari   konsep   dan teorinya   secara   sungguh­sungguh,   katakanlah   dari   begawan   minimalisme   arsitektur seperti   Tadao   Ando   atau   John   Pawson.   “Minimalis”   telah   sama   nasibnya   dengan “Green”. Artinya, tiap arsitek, developer atau klien tidak begitu peduli teori dan label tersebut   lebih   karena   seperti   yang   Jenkins   gambarkan:   dengan   label   tersebut, diharapkan komoditas papan mereka akan laku terjual.

8 Baca lebih lajut

Hubungan Pancasila dan Arsitektur docx

Hubungan Pancasila dan Arsitektur docx

Definisi tersebut kuranglah tepat karena lingkup pekerjaan seorang arsitek sangat luas, mulai dari lingkup interior ruangan, lingkup bangunan, lingkup kompleks bangunan, sampai dengan lingkup kota dan regional. Karenanya, lebih tepat mendefinisikan arsitek sebagai seorang ahli di bidang Ilmu Arsitektur, ahli rancang bangun atau lingkungan binaan. Arti lebih umum lagi, arsitek adalah sebuah perancang skema atau rencana.

13 Baca lebih lajut

Ekologi dan Arsitektur Ekologis docx

Ekologi dan Arsitektur Ekologis docx

menggunakan bahan sintetis atau bahan yang canggih, misalnya kaca atau aluminium yang tidak dapat bernapas dan menguap, dengan memakai penghawaan teknis (AC) daripada penyejuk udara secara alamiah atau pemakaian lapisan dinding serta langit-langit yang tipis dengan permukaan yang licin dan keras, sehingga tidak menyerap bising dan panas. Mrenyadari ha-hal tersebut maka perencanaan arsitektur, penentuan struktur gedung dan konstruksi, serta pemilihan bahan bangunan semuanya harus dilakukan dengan teliti dan penuh kepekaan karena kita membicarakan kulit ketiga manusia dan kualitas arsitektur. Karena sebagian bahan bangunan berbahaya akan memperburuk iklim mikro di dalam gedung ataupun meracuni penghuni, sebaiknya dipilih bahan bangunan yang sedemikian rupa sehingga memberi pengaruh yang baik terhadap penghuni, menambah kebahagiaan dan kenyamanan, bahkan bisa menimbulkan efek menyembuhkan juga. Hal ini dapat dialami pada gedung-gedung tradisional yang dibangun dengan bahan bangunan alam seperti kayu, bamboo, serat-serat, daun-daunan, batu bata, batu alam, ubin bata tanah liat, plesteran tanpa semen, dan sebagainya dengan cat, pengawetan, dan finishing lainnya yang alamiah juga.
Baca lebih lanjut

28 Baca lebih lajut

ANALISIS URBAN DAN ARSITEKTUR docx

ANALISIS URBAN DAN ARSITEKTUR docx

Contoh ; di desa tidak terdapat banyak fasilitas umum yang dapat menunjang kegiatan penduduk desa, karena faktor biaya yang tidak AKHIRNYA KOTA SEMAKIN PENUH APALAGI DENGAN ADANYA KEL[r]

5 Baca lebih lajut

Arsitektur dan Organisasi Komputer docx

Arsitektur dan Organisasi Komputer docx

dibutuhkan bus dengan bandwith kecepatan tinggi. PCI berbasis pada local bus yang cepat. Pada perkembangannya, PCI diadopsi menjadi standar industri di bawah administrasi dari PCI Special Interest Group(PCI-SIG) yang kemudian definisi dari PCI diperluas menjadi konektor standa interface bus (slot) ekspansi.PCI mempunyai interface sebesar 64 bit dan mengimpelentasikan lebar jalur 32 bit untuk bus data dan alamat (AD[31:0]) (bandingkan dengan ISA ,16 bit). PCI ialah bus dengan arsitektur sinkronous, yakni bus dimana semua transfer data dijalankan secara relatif bersamaan terhadap pulsa detak kartu grafis tanpa mengganti motherboard, maka sebaiknya pilih motherboard yang telah menyediakan interface PCI, karena interface ini masih akan berkembang lebih lanjut.
Baca lebih lanjut

7 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...