Top PDF Arsitektur Komputer (Gunadarma) BAB 3

Arsitektur Komputer (Gunadarma) BAB 3

Arsitektur Komputer (Gunadarma) BAB 3

mencapai peningkatan kinerja yang cepat. Pertanyaan tentang berapa banyak ILP ada sangat penting bagi kemampuan jangka panjang kita untuk meningkatkan kinerja pada tingkat yang melebihi peningkatan kecepatan teknologi sirkuit terpadu. Pada skala yang lebih pendek, pertanyaan kritis tentang apa yang dibutuhkan untuk mengeksploitasi lebih banyak ILP sangat penting bagi perancang komputer dan penulis kompiler. Data di bagian ini juga memberi kita sebuah cara untuk memeriksa nilai gagasan yang telah kita perkenalkan di bab ini, termasuk disambiguasi memori, daftar nama, dan spekulasi. Pada bagian ini, kami meninjau sebagian dari salah satu penelitian yang dilakukan terhadap pertanyaan-pertanyaan ini (berdasarkan studi Wall's 1993). Semua studi tentang paralelisme yang tersedia ini beroperasi dengan membuat seperangkat asumsi dan melihat seberapa banyak paralelisme tersedia berdasarkan asumsi-asumsi tersebut. Data yang kami teliti di sini berasal dari studi yang membuat asumsi paling sedikit; Sebenarnya, model perangkat keras utama mungkin tidak dapat direalisasi. Meskipun demikian, semua penelitian semacam itu mengasumsikan tingkat teknologi kompilator tertentu, dan beberapa asumsi ini dapat mempengaruhi hasilnya, terlepas dari penggunaan perangkat keras yang sangat ambisius.
Baca lebih lanjut

117 Baca lebih lajut

Bab 3. Struktur dan Arsitektur Jaringan

Bab 3. Struktur dan Arsitektur Jaringan

adhitya@dsn.dinus.ac.id Fasilkom|| 10/3/2014 Bus Topology  Keuntungan  Menggunakan kabel lebih sedikit dan bekerja secara baik dalam lingkup jaringan yang kecil  Tidak memerlukan[r]

36 Baca lebih lajut

PENGENALAN SIMULASI KOMPUTER DALAM ARSITEKTUR MENGGUNAKAN THE SIMS™ 3

PENGENALAN SIMULASI KOMPUTER DALAM ARSITEKTUR MENGGUNAKAN THE SIMS™ 3

Simulasi komputer dalam arsitektur merupakan sebuah upaya untuk mengalami arsitektur dengan melakukan representasi terhadap keadaan sebenarnya melalui sebuah model di dalam komputer. Peran utama simulasi komputer dalam arsitektur adalah untuk dapat membantu proses perancangan arsitektur itu sendiri, untuk dapat membantu mencitrakan model yang dirancang oleh arsitek. Model rancangan tersebut juga dapat bergerak dan digerakan, sehingga dapat memperdalam pemahaman terhadap desain itu sendiri. Sebuah simulasi komputer mencoba memasukan seluruh elemen pembentuk ruang yang ada pada dunia nyata kedalam program simulasinya, namun pada praktiknya tidak semua unsur yang ada pada dunia nyata tersebut dapat dimasukan karena keterbatasan komputer sebagai perangkat dan keterbatasan ilmu pengetahuan dalam merepresentasikan keadaan nyatanya tersebut. Dengan menggunakan simulasi komputer, kini seorang perancang dapat lebih memahami prilaku didalam sebuah ruang pada umumnya dan dalam arsitektur pada khususnya. TheSims™ 3 merupakan permainan komputer yang bertujuan untuk mensimulasikan kegiatan sehari-hari. Penggunanya dapat merancang sendiri bangunan yang akan dijadikan tempat tinggal dan melihat bagai mana desain tersebut digunakan. Tujuan simulasinya adalah untuk menantang para pemainnya dalam menjalani kehidupan dimulai dari kondisi ekonomi yang sederhana menuju kondisi yang ideal. Dalam permainan tersebut, pengguna dihadapkan pada berbagai permasalahan terhadap perancangan arsitektur serta kualitas ruang yang membutuhkan strategi dan kreatifitas dalam membuat solusinya. Dengan melakukan secara langsung diharapkan penggunanya memahami hubungan antara desain dengan kebutuhan manusia akan sebuah ruang.
Baca lebih lanjut

92 Baca lebih lajut

KOMPUTER ARSITEKTUR PAPER SOFTWARE PENUNJANG ARSITEKTUR

KOMPUTER ARSITEKTUR PAPER SOFTWARE PENUNJANG ARSITEKTUR

Setelah Google membeli hak dari software ini, sekarang menjadi populer dan diketahui banyak pengguna.Perangkat lunak ini memungkinkan pengguna untuk dengan cepat dan mudah membuat desain bangunan 3D.Perangkat lunak ini adalah pilihan tepat bagi siswa yang mencari perangkat lunak yang dapat menghasilkan desain 3 dimensi dalam waktu singkat dan untuk orang- orang yang baru mulai pada karier arsitektur mereka.

21 Baca lebih lajut

BAB 3 ARSITEKTUR DAN PERANCANGAN SISTEM

BAB 3 ARSITEKTUR DAN PERANCANGAN SISTEM

Pada arsitektur Mixed, dilakukan preprocessing terlebih dahulu pada data set korpus paralel Bahasa Inggris. Korpus paralel Bahasa Inggris dimasukkan ke dalam parser untuk mendapatkan informasi frase – frase yang terdapat dalam kalimat. Setelah itu, dilakukan beberapa proses phrase reordering untuk menukar posisi frase dalam kalimat tersebut. Proses phrase reordering yang diterapkan adalah ADJP-NNx (dijelaskan lebih lanjut pada subbab 3.5). Setelah proses phrase reordering, korpus paralel Bahasa Inggris diproses dengan POS tagger dan dilakukan proses word reordering. Terdapat 2 macam proses word reordering yang diterapkan, yaitu: JJx-NNx dan PRP$-NNx (dijelaskan lebih lanjut pada subbab 3.4). Setelah dilakukan proses word reordering, simbol POS tag yang terdapat pada korpus dihapus. Kemudian data set korpus paralel Bahasa Inggris yang telah melalui preprocessing dan Bahasa Indonesia dibagi dengan menggunakan metode K-Fold Cross Validation (dijelaskan lebih lanjut pada subbab 3.3). Setelah itu dilakukan proses pembuatan language model dan translation model dengan data set korpus paralel Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia dalam mesin penerjemah statistik. Kemudian decoder dari mesin penerjemah statistik melakukan proses penerjemahan pada data set korpus paralel Bahasa Inggris. Lalu hasil penerjemahan dari mesin penerjemah statistik tersebut yang tertulis dalam Bahasa Indonesia dibandingkan dengan data set korpus paralel Bahasa Indonesia yang digunakan sebagai rujukan pada Automatic Evaluation.
Baca lebih lanjut

62 Baca lebih lajut

BAB 3 ARSITEKTUR YANG SEDANG BERJALAN

BAB 3 ARSITEKTUR YANG SEDANG BERJALAN

pengimpor menurunkan pesanannya dan nilai ekspor ikut menurun. Beberapa perusahaan melaksanakan program-program penurunan jumlah karyawan dancuti tanpa gaji. Seluruh faktor tersebut mengakibatkan penurunan tingkat pembelanjaankonsumen, yang telah berdampak negatif terhadap pendapatan PT.Trinaga Cemerlang. 3. Kondisi persaingan akan menjadi semakin ketat, para distributor kaca

58 Baca lebih lajut

BAB 3 ANALISIS ARSITEKTUR YANG BERJALAN

BAB 3 ANALISIS ARSITEKTUR YANG BERJALAN

Model dasar komunikasi dapat juga menjadi dasar bagi diagram yang menunjukan cara data dikomunikasikan melalui komputer. Jaringan komunikasi data adalah pergerakan data dan informasi yang dikodekan dari suatu titik ke titik lain. Dalam membagi data internet, PT. Sartonia Agung menggunakan kabel LAN (Local Area Network) dan memanfaatkan Telkom Speedy sebagai internet provider (penyedia layanan internet). Berikut ini merupakan gambaran dari jaringan komunikasi data yang ada pada PT. Sartonia Agung.

99 Baca lebih lajut

PERUBAHAN DEFENISI ARSITEKTUR KOMPUTER

PERUBAHAN DEFENISI ARSITEKTUR KOMPUTER

3. Instrusksi kendali Æ instruksi untuk menangani fungsi piranti I/O khusus yang tidak terlibat dalam transfer data. Contoh : pmemindahkan head R/W untuk menentukan lokasi track dan record pada disk, mencetak pindah baris pada printer, dan-lain-lain.

64 Baca lebih lajut

Arsitektur Komputer tentang Mekanisme Ke

Arsitektur Komputer tentang Mekanisme Ke

3.2 Interupsi Ganda dalam Prosesor Untuk sistemoperasi yang kompleks sangat dimungkinkan adanya interupsi ganda (multiple interrupt). Misalnya suatu komputer akan menerima permintaan interupsi saat proses pencetakan dengan printer selesai, disamping itu dimungkinkan dari saluran komunikasikan mengirimkan permintaan interupsi setiap kali data tiba.

8 Baca lebih lajut

ARSITEKTUR KOMPUTER

ARSITEKTUR KOMPUTER

 Penambahan dan pengurangan membutuhkan waktu 0,3 detik (komputer sekarang dalam 1 detik bisa melakukan lebih dari 1 milyar kali operasi penjumlahan), perkalian kurang dari 6 detik, milyar kali operasi penjumlahan), perkalian kurang dari 6 detik, pembagian kurang dari 16 detik, dan hanya bisa menyimpan 72 angka (komputer sekarang bisa menyimpan lebih dari 30 juta angka di RAM).

75 Baca lebih lajut

Arsitektur komputer

Arsitektur komputer

Dalam bab 4 ini difokuskan pada pembahasan organisasi prosesor dalam menjalankan fungsinya. Internal CPU secara detail dijelaskan dalam bab ini, meliputi organisasi register sebagai penyimpanan sementara internal CPU, juga dijelaskan strategi pipelining instruksi - instruksi.

399 Baca lebih lajut

Arsitektur dan organisasi komputer (3)

Arsitektur dan organisasi komputer (3)

Di atas workstation, terdapat suatu rentang sistem komputer  yang luas dan  sangat  kuat  yang  di  sebut  sistem  enterprise  dan  server  pada  rentang  low­end,  dan  superkomputer  pada  high­end.  Sistem  enterprise,  atau  mainframe,  digunakan  unhik  pengolahan  data  bisnis  pada  korporasi  menengah  hingga  besar  yang  memerlukan  lebih banyak daya komputasi dan kapasitas penyimpanan dari yang dapat disediakan  oleh  workstation.  Server  berisi  unit  penyimpanan  basis  data  yang  cukup  besar  dan  mampu  menangani  banyak  volume permintaan untuk  mengakses data. Pada banyak  kasus,  server  dapat  diakses  secara  luas  oleh  komunitas  pendidikan,  bisnis,  dan  pengguna  personal.  Permintaan  dan  respons  biasanya  ditransportasikan  melalui  fasilitas  komunikasi  Internet.  Tentu  saja,  Internet  dan  server  yang  berhubungan  dengannya  telah  menjadi  sumber  segala  tipe  informasi  yang  dominan  di  seluruh  dunia.  Fasilitas  komunikasi  Internet  terdiri  dari  suatu  struktur  kompleks  hubungan  backbone  serat  optik  kecepatan  tinggi  yang  terinterkoneksi  dengan  kabel  broadcast  dan koneksi telepon ke sekolah, perusahaan, dan rumahrumah. 
Baca lebih lanjut

21 Baca lebih lajut

PERTEMUAN 1,2 DAN 3 ARSITEKTUR KOMPUTER

PERTEMUAN 1,2 DAN 3 ARSITEKTUR KOMPUTER

Tahun 1887 Dr. Herman Hollerith membuat mesin sensus disebut Hollerith Desk dengan konsep machine-readable card dan menggunakan punched card. Hasil perhitungan dengan mesin tersebut ditunjukkan pada dinding mesin, mirip dengan spedometer di jaman sekarang, dengan cara kerja seperti mekanisme Pascaline. Sensus di US yang diambil tahun 1880 membutuhkan waktu 7,5 tahun kalkulasi manual untuk tabulasi. Waktu tabulasi dengan metode Hollerith lebih cepat, sehingga tahun 1890 perhitungan sensus US menggunakan mesin Hollerith dan selesai kurang dari 3 tahun. Setelah sensus, Hollerith mengubah mesinnya untuk penggunaan komersial dan pada tahun 1896 mendirikan Tabulating Machine Company (cikal bakal IBM / International Business Machine Corporation) untuk memproduksi dan menjual penemuannya.
Baca lebih lanjut

16 Baca lebih lajut

Arsitektur dan Organisasi Komputer docx

Arsitektur dan Organisasi Komputer docx

dibutuhkan bus dengan bandwith kecepatan tinggi. PCI berbasis pada local bus yang cepat. Pada perkembangannya, PCI diadopsi menjadi standar industri di bawah administrasi dari PCI Special Interest Group(PCI-SIG) yang kemudian definisi dari PCI diperluas menjadi konektor standa interface bus (slot) ekspansi.PCI mempunyai interface sebesar 64 bit dan mengimpelentasikan lebar jalur 32 bit untuk bus data dan alamat (AD[31:0]) (bandingkan dengan ISA ,16 bit). PCI ialah bus dengan arsitektur sinkronous, yakni bus dimana semua transfer data dijalankan secara relatif bersamaan terhadap pulsa detak kartu grafis tanpa mengganti motherboard, maka sebaiknya pilih motherboard yang telah menyediakan interface PCI, karena interface ini masih akan berkembang lebih lanjut.
Baca lebih lanjut

7 Baca lebih lajut

ARSITEKTUR KOMPUTER. I. Pendahuluan

ARSITEKTUR KOMPUTER. I. Pendahuluan

Kecepatan transmisi data ditentukan oleh banyal factor seperti media pengirimnya seperti kabel, udara (gelombang radio), serat optik dan lainnya. Satuan kecepatan transmisi data adalah baud. Satu baud identik dengan 1 bps (bit per second). Berbagai alat elektronik memiliki kemampuan tersendiri. Unit komputer kecepatannya berkisar antara 30 bps hingga 100 Mps.

15 Baca lebih lajut

I. Pendahuluan - Arsitektur Komputer

I. Pendahuluan - Arsitektur Komputer

Pada tingkatan ini Hardware sebagai tingkatan komputer yang paling bawah dan paling dasar, dimana pada hardware ini “layer” software ditambahkan. Software tersebut berada di atas hardware, menggunakannya dan mengontrolnya. Hardarwe ini mendukung software dengan memberikan atau menyediakan operasi yang diperlukan software.

15 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...