Top PDF Bab 1 Wirausaha Produk Kerajinan Hiasan dari Limbah

Bab 1 Wirausaha Produk Kerajinan Hiasan dari Limbah

Bab 1 Wirausaha Produk Kerajinan Hiasan dari Limbah

Tahapan produksi secara umum terbagi atas pengolahan bahan atau pembahanan, pembentukan, perakitan, dan inishing. Tahap pembahanan adalah mempersiapkan bahan baku agar siap diproduksi. Pada limbah berbahan alami, proses pembahanan penting untuk menghasilkan produk yang awet, tidak mudah rusak karena faktor cuaca dan mikroorganisme. Proses pembahanan pada limbah kulit jagung dilakukan produk hiasan yang dihasilkan awet dan tahan dari mikroorganisme. Limbah kulit jagung yang digunakan adalah bagian dalam, pada proses ini kulit jagung bagian luar dipisahkan dengan kulit jagung bagian dalam. Lembaran-lembaran kulit jagung bagian dalam dikeringkan selama 2-3 hari. Kulit jagung yang sudah kering biasanya kusut dan tidak rata permukaannya. Apabila diperlukan bahan baku lembaran yang rata, kulit jagung dapat disetrika atau dipress dengan menggunakan panas. Kulit jagung yang sudah dikeringkan siap dibentuk menjadi produk hiasan.
Baca lebih lanjut

43 Baca lebih lajut

Bab 1 Kerajinan Bahan Lunak dan Wirausaha

Bab 1 Kerajinan Bahan Lunak dan Wirausaha

Produk kerajinan lebih banyak memanfaatkan bahan-bahan alam seperti tanah liat, serat alam, kayu, bambu, kulit, logam, batu, rotan dan lain-lain. Ada juga yang memanfaatkan bahan sintetis sebagai bahan kerajinan seperti limbah kertas, plastik, karet. Pembuatan produk kerajinan di setiap daerah memiliki jenis kerajinan lokal yang menjadi unggulan daerah. Misalnya, Kasongan (Daerah Istimewa Yogyakarta), sumber daya alam yang banyak tersedia tanah liat, kerajinan yang berkembang adalah kerajinan keramik. Palu (Sulawesi Tengah), sumber daya alamnya banyak menghasilkan tanaman kayu hitam, kerajinan yang berkembang berupa bentuk kerajinan kayu hitam. Kapuas (Kalimantan Tengah), sumber daya alamnya banyak menghasilkan rotan dan getah nyatu sehingga kerajinan yang berkembang adalah anyaman rotan dan getah nyatu. Secara umum, jenis bahan dasar produk kerajinan dapat dibagi menjadi dua kelompok, yaitu produk kerajinan dari bahan lunak dan produk kerajinan dari bahan keras. Beberapa kerajinan bahan lunak serta pengemasannya akan diuraikan secara singkat pada penjelasan berikut ini. Namun, materi yang diuraikan disini merupakan contoh saja, kamu dapat mempelajarinya sebagai pengetahuan dan diharapkan dapat mengeksplorasi pengetahuan lainnya sebagai bahan pengayaan.
Baca lebih lanjut

79 Baca lebih lajut

BAB 1 Kerajinan Limbah Lunak

BAB 1 Kerajinan Limbah Lunak

Limbah lunak organik lebih banyak berasal dari tumbuh-tumbuhan. Semua bagian dari tumbuhan yang dapat dikategorikan limbah dapat diolah menjadi produk kerajinan. Namun, semuanya harus melalui pengolahan terlebih dahulu, agar diperoleh bahan baku yang baik. Contohnya daun-daunan, kulit buah, kulit sayuran, batang tumbuhan atau hasil olahan tumbuhan seperti kertas. Limbah lunak organik juga dikatakan limbah basah. Penyebabnya limbah lunak ini termasuk sampah yang mempunyai kandungan air cukup tinggi, dan mudah sekali membusuk jika tidak langsung diolah saat ingin dipergunakan kembali. Limbah lunak organik yang dapat dijadikan karya kerajinan antara lain kulit jagung, kulit bawang, kulit kacang, kulit buah/biji- bijian, jerami, kertas, dan pelepah pisang.
Baca lebih lanjut

52 Baca lebih lajut

Prakarya dan Kewirausahaan SMA Kelas XI. Bab 1. Kerajinan dan Wirausaha Tekstil   Database www.dadangjsn.com

Prakarya dan Kewirausahaan SMA Kelas XI. Bab 1. Kerajinan dan Wirausaha Tekstil Database www.dadangjsn.com

Aneka bentuk karya kerajinan tekstil atau kain tradisional Indonesia, beberapa di antaranya membutuhkan perawatan khusus. Pada umumnya, kain tradisional Indonesia sebelum disimpan dalam lemari, tiap lembar kainnya dibungkus dengan menggunakan kertas roti dan diberi kamper agar kain tradisional terlindung dari gigitan rayap dan tidak mudah lapuk. Secara berkala kain-kain tersebut harus dikeluarkan dari pembungkusnya supaya tidak lembab dengan cara menjemurnya di tempat yang tidak mendapat terik matahari secara langsung. Pencucian bagi kain-kain tenun cukup direndam dalam air suam-suam kuku dan dijemur di tempat teduh. Kain batik dicuci dengan menggunakan buah lerak agar warna kain batik tetap terjaga. Kain dibilas dengan air bersih dan dijemur di tempat teduh. Benda-benda lain yang menggunakan kain tradisional namun sudah dibentuk dan berfungsi selain kain dapat dicuci biasa baik dengan menggosok menggunakan tangan maupun dengan menggunakan mesin cuci. Keterangan cara perawatan produk kerajinan tekstil sebaiknya juga dicantumkan pada kemasan agar pembeli mendapat infomasi yang tepat untuk merawat produk tersebut.
Baca lebih lanjut

51 Baca lebih lajut

651477543.doc 71.92KB 2015-10-12 00:18:05

651477543.doc 71.92KB 2015-10-12 00:18:05

Pembuatan hiasan dinding berbahan baku limbah kulit bawang dalam pembuatannya menggunakan alat yang mudah didapatkan dan pengolahannya cukup sederhana. Selain limbah kulit bawang, kerajinan hiasan dinding membutuhkan bahan baku yang lain tetapi tidak terlepas dari memanfaatkan limbah yang ada disekitar dan mudah ditemukan, seperti alas untuk pembuatan hiasan dinding yang nantinya menggunakan limbah kardus. Hal tersebut menunjukkan bahwa dalam pembuatan produk ini tidak terlepas dari pemanfaatan limbah yang lain dan produksi yang lainnya. Adanya keterkaitrannya tersebut dapat memberikan keuntungan kepada produsen lain, memanfaatkan dan mengurangi limbah yamg lain.
Baca lebih lanjut

23 Baca lebih lajut

BAB 1 Kerajinan Bahan Lunak dan Wirausaha BAB 2 Makanan Khas Daerah

BAB 1 Kerajinan Bahan Lunak dan Wirausaha BAB 2 Makanan Khas Daerah

Bahan pangan merupakan salah satu kebutuhan dasar manusiayang penting. Seiring dengan pertumbuhan penduduk, industripangan pun makin meningkat. Tidak heran jika industri pangan,terutama industri berskala kecil makin bermunculan untuk memenuhipermintaan tersebut. Untuk memenuhi kebutuhan industri pangan, kita harus mengetahui tentang bahan pangan tersebut. Umumnya,bahan pangan berasal dari dua sumber, yaitu bahan pangan nabatidan bahan pangan hewani. Bahan pangan nabati adalah bahanmakanan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan, seperti: sayursayuran,buah-buahan, umbi-umbian, dan serealia. Bahan panganhewani adalah bahan makanan yang berasal dari hewan, seperti:telur ,ayam, daging, ikan, dan susu.Kita sebagai makhluk ciptaan Tuhan hendaknya senantiasabersyukur atas limpahan nikmat yang tidak putus-putusnya diberikan kepada kita. Tuhan telah memberikan karunian-Nya kepadamanusia berupa akal pikiran dan kemampuan berpikir melebihimakhluk ciptaan-Nya yang lain. Dengan akal dan pikiran, kita dapatmemanfaatkan bahan nabati dan hewani menjadi produk yang beraneka ragam. Salah satunya adalah produk makanan khasdaerah.
Baca lebih lanjut

17 Baca lebih lajut

Bab 1 Kerajinan Fungsi Hias

Bab 1 Kerajinan Fungsi Hias

Kemasan merupakan sentuhan akhir dari VHEXDKSURVHV3DGDNDU\DPRGL¿NDVLNHUDMLQDQ dari bahan limbah organik, hal yang perlu diperhatikan adalah ukuran dari karya. Tidak semua karya kerajinan dapat dibuat kemasan. Terkadang karena ukurannya sangat besar karya tidak bisa dibuat kemasan. Oleh sebab itu, kemasan dapat dilakukan pada karya-karya yang berukuran kecil hingga sedang, yang mudah dibawa. Tetaplah mengikuti prinsip bahwa semua bergantung pada cocok tidaknya sebuah produk pada kemasannya. Perlu diingat keempat fungsi kemasan yang telah dibahas pada bagian terdahulu. Prinsip desain berkelanjutan tetap terus menjadi prioritas, meskipun yang dibuat adalah kemasan, perlu dipikirkan agar kemasan tidak langsung dibuang, tetapi dapat digunakan untuk fungsi lain oleh konsumen. Dengan demikian, penting untuk memikirkan bentuk kemasan yang manarik untuk dibuat.
Baca lebih lanjut

70 Baca lebih lajut

Bab 1 Kerajinan dan Wirausaha Tekstil

Bab 1 Kerajinan dan Wirausaha Tekstil

Saat ini keragaman tekstil tradisional Indonesia serta keragaman budaya khas daerah merupakan potensi untuk terjadinya akulturasi (percampuran) budaya yang dapat menjadi dasar penciptaan karya-karya tekstil baru yang akan menambah kekayaan tekstil Nusantara. Nilai estetika kain tekstil Indonesia sangat unik dan khas sehingga diminati tidak hanya oleh kalangan pecinta kerajinan tekstil di Indonesia namun juga di mancanegara. Hal itu merupakan peluang wirausaha di bidang tekstil dan produk dari tekstil seperti busana dan perlengkapan interior. Kebutuhan masyarakat Indonesia terhadap kebutuhan sandang dan produk kerajinan pelengkap kebutuhan sandang merupakan peluang yang dapat digarap dan mendorong munculnya bisnis kreatif industri rumahan.
Baca lebih lanjut

48 Baca lebih lajut

Bab 1 Kerajinan dari Limbah Organik

Bab 1 Kerajinan dari Limbah Organik

Kemasan merupakan sentuhan akhir dari sebuah proses. Pada karya modifikasi kerajinan dari bahan limbah organik yang perlu diperhatikan adalah ukuran dari karya. Tidak semua karya kerajinan dapat dibuat kemasan, terkadang karena ukurannya sangat besar karya tidak bisa dibuat kemasan. Oleh sebab itu kemasan dapat dilakukan pada karya-karya yang berukuran kecil hingga sedang, yang mudah dibawa. Tetaplah mengikuti prinsip bahwa semua bergantung kepada cocok tidaknya sebuah produk pada kemasannya. Perlu diingat keempat fungsi kemasan yang telah dibahas pada bagian terdahulu. Prinsip desain berkelanjutan tetap terus menjadi prioritas, meskipun yang dibuat adalah kemasan, perlu dipikirkan agar kemasan tidak langsung dibuang namun dapat digunakan untuk fungsi lain oleh konsumen. Dengan demikian penting untuk memikirkan bentuk kemasan yang manarik untuk dibuat.
Baca lebih lanjut

61 Baca lebih lajut

BAB 1 Kerajinan dari Limbah Organik

BAB 1 Kerajinan dari Limbah Organik

Kemasan merupakan sentuhan akhir dari sebuah proses. Pada karya modifikasi kerajinan dari bahan limbah organik yang perlu diperhatikan adalah ukuran dari karya. Tidak semua karya kerajinan dapat dibuat kemasan, terkadang karena ukurannya sangat besar karya tidak bisa dibuat kemasan. Oleh sebab itu kemasan dapat dilakukan pada karya-karya yang berukuran kecil hingga sedang, yang mudah dibawa. Tetaplah mengikuti prinsip bahwa semua bergantung kepada cocok tidaknya sebuah produk pada kemasannya. Perlu diingat keempat fungsi kemasan yang telah dibahas pada bagian terdahulu. Prinsip desain berkelanjutan tetap terus menjadi prioritas, meskipun yang dibuat adalah kemasan, perlu dipikirkan agar kemasan tidak langsung dibuang namun dapat digunakan untuk fungsi lain oleh konsumen. Dengan demikian penting untuk memikirkan bentuk kemasan yang manarik untuk dibuat.
Baca lebih lanjut

63 Baca lebih lajut

Bab 5 Kerajinan dan Wirausaha Limbah Tekstil

Bab 5 Kerajinan dan Wirausaha Limbah Tekstil

Kita sudah mengenal berbagai jenis dan karakter bahan limbah, teknik produk- si, pengolahan serta pembuatan kemasan. Kamu juga sudah melakukan eksperimen teknik untuk dimanfaatkan membuat kerajinan limbah tekstil. Pengetahuan dan pengalaman tersebut menjadi dasar pembuatan produk kerajinan limbah. Sebelumnya, kita harus mencari ide produk apa yang akan dibuat. Karya kerajinan limbah tekstil dapat berupa produk fungsional ataupun hiasan, atau campuran keduanya. Flora, fauna, budaya khas daerahmu dapat menjadi ide dari pembuatan produk, misalnya membuat produk gantungan kunci berbentuk penyu, apabila penyu merupakan fauna khas daerahmu. - Perhatikan daerah sekitar tempat tinggal dan sekolahmu, apakah ada indus-
Baca lebih lanjut

26 Baca lebih lajut

Bab 5 Wirausaha Produk Kerajinan Fungsional dari Limbah

Bab 5 Wirausaha Produk Kerajinan Fungsional dari Limbah

Man (manusia) atau SDM (Sumber Daya Manusia) dalam wirausaha kerajinan meliputi Man Power dan Mind Power. Mind (pemikiran dan kreativitas) dari sumber daya manusia di bidang kerajinan sama pentingnya dengan tenaga dan keterampilan yang dimiliki. Pengelolaan sumber daya manusia dalam bidang kerajinan meliputi pengelolaan terhadap pembagian tugas isik serta pengelolaan ide-ide dan buah pikiran. Suasana kerja harus dibuat agar memberikan kenyamanan bagi pekerjanya. Suasana kerja yang nyaman akan memicu munculnya ide-ide inovatif baik untuk perkembangan produk maupun usaha secara umum untuk kemajuan wirausaha.
Baca lebih lanjut

35 Baca lebih lajut

PRAKARYA dan KEWIRAUSAHAAN (2). pptx

PRAKARYA dan KEWIRAUSAHAAN (2). pptx

Produk Kerajinan Tekstil dan Pengemasannya 1.Pengertian Desain Produk Kerajinan Tekstil ➢Kerajinan tekstil merupakan karya seni atau kerajinan yang dibuat atau memakai tekstil seba[r]

17 Baca lebih lajut

DINAS PENDIDIKAN PROVINSI JAWA BARAT 2018

DINAS PENDIDIKAN PROVINSI JAWA BARAT 2018

27. Kerajinan dari bahan lunak seperti tanah liat sering dikenal dengan kerajinan keramik dan gerabah. Kerajinan ini melalui proses sedemikian rupa (dipijit, butsir, pilin, pembakaran dan glasir) sehingga menghasilkan barang atau benda pakai dan benda hias yang indah. Proses produksi tanah liat dengan cara di pelintir menjadi bentuk bulat dan memanjang disebut teknik...

21 Baca lebih lajut

prawira kurtilas sem1 xi bukusiswa rev2017 terampilmatematika blogspot com

prawira kurtilas sem1 xi bukusiswa rev2017 terampilmatematika blogspot com

Indonesia merupakan negara kepulauan yang kaya akan hasil alam. Berbagai jenis tanaman dan hewan yang dapat kita jadikan sebagai bahan pangan nabati dan hewani bisa dengan mudah kita temui di sekitar kita. Kita sebagai makhluk ciptaan Tuhan hendaknya senantiasa bersyukur atas limpahan nikmat yang tidak putus- putusnya diberikan kepada kita. Tuhan telah memberikan karunian-NYA kepada manusia berupa akal pikiran dan kemampuan berpikir melebihi makhluk ciptaan- NYA yang lain. Dengan akal dan pikiran kita dapat memanfaatkan bahan nabati dan hewani menjadi produk yang beraneka ragam.Salah satunya adalah produk makanan khas daerah. Pada awalnya kita hanya bisa menemukan makanan –makanan khas daerah di tempat asalnya saja, namun seiring dengan berkembangnya zaman, kini kita dapat menemukan makanan khas daerah diberbagai macam tempat, tidak hanya di daerah asalnya saja. Contohnya ; pempek dan tekwan adalah makanan khas Palembang, kita bisa menemukan penjual pempek dan tekwan diberbagai daerah, bahkan di mancanegara. Hal ini merupakan peluang usaha yang potensial bagi para wirausawahan kuliner dalam memulai bisnisnya. Peluang dalam bahasa Inggris adalah opportunity yang berarti kesempatan yang muncul dari sebuah kejadian atau moment. Jadi, peluang usaha makanan khas daerah merupakan kesempatan yang muncul dan menjadi inspirasi (ide) bagi seseorang dalam melakukan usaha kuliner makanan khas daerah.
Baca lebih lanjut

258 Baca lebih lajut

Bahan Ajar Produk Kerajinan dari Bahan Limbah Organik

Bahan Ajar Produk Kerajinan dari Bahan Limbah Organik

Kerajinan tempurung kelapa banyak dijual untuk dijadikan buah tangan dengan berbagai macam bentuk. Mulai dari aksesoris wanita seperti jepitan, bingkai foto, tas, sandal ingga perabotan rumah tangga seperti : sendok garpu, piring, mangkuk, gelas, sendok sayur/nasi, nampan, dan asbak. Selain itu tempurug kelapa juga bisa dibentuk menjadi penutup lampu, jam dinding, dan aneka bentuk lainnya. Dengan sentuhan seni yang sangat halus, hasil kerajinan tempurung kelapa tersebut terlihat sangat artistik. Bahkan hasilnya bisa berupa ragam bentuk dengan berbagai model dan ukuran, beragam bentuk model manik-manik/kancing, dan lain sebagainya.
Baca lebih lanjut

6 Baca lebih lajut

229659604.doc 63.13KB 2015-10-12 00:17:37

229659604.doc 63.13KB 2015-10-12 00:17:37

Berdasarkan uraian singkat diatas, kami hendak mengembangkan sebuah inovasi pemanfaatan limbah pelepah pisang menjadi sebuah produk buku binder. Karena buku binder dikalangan mahasiswa dan pelajar sangat diminati. Melalui inovasi ini juga diharapkan mampu memunculkan peluang bisnis baru, menghasilkan produk dari limbah yang bermanfaat dan mampu bersaing di dunia bisnis saat ini.

13 Baca lebih lajut

Bab 5 Kerajinan Dari Limbah Organik

Bab 5 Kerajinan Dari Limbah Organik

1BEBTFNFTUFS*LJUBTVEBINFOHFOBMMJNCBIPSHBOJL1BEB TFNFTUFS**TFDBSBLIVTVTLJUBBLBONFNQFMBKBSJMJNCBIBOPSHBOJL -JNCBIBOPSHBOJL, BEBMBIKFOJTMJNCBIZBOHCFSXVKVEQBEBU TBOHBUTVMJUBUBVCBILBOUJEBLCJTBVOUVLEJVSBJLBOBUBVUJEBL CJTB NFNCVTVL MJNCBI BOPSHBOJL UJEBL NFOHBOEVOH VOTVS LBSCPODPOUPIMJNCBIBOPSHBOJLBEBMBIQMBTUJLCFMJOHEBOCBKB 4BNQBIBOPSHBOJLCFSBTBMEBSJTVNCFSEBZBBMBNEBOLJNJBZBOH UBLUFSCBIBSVJ "LVNVMBTJMJNCBIZBOHNFSVQBLBOTJTBIBTJM CVBOHBONFNQVOZBJQPUensi sebagai polutan (penZFCBCQPMVTJ 0MFILBSFOBJUVEFOHBOQSPTFTEBVSVMBOH limbah  BOPSHBOJL NFOEBQBUQFSIBUJBOLIVTVTEBOQFOBOHBOBOZBOHTFNBLTJNBM -JNCBIBOPSHBOJLSFMBUJGTVMJUUFSVSBJEBONVOHLJOCFCFSBQB CJTa  UFSVSBJ UFUBQJ NFNFSMVLBO XBLUV ZBOH MBNB -JNCBI UFSTFCVU CFSBTBM  EBSJ TVNCFS EBZB BMBN ZBOH  CFSBTBM EBSJ QFSUBNCBOHBOTFQFSUJNJOZBLCVNJCBUVCBSa, besi, timah, dan OJLFM-JNCBIBOPSHBOJLVNVNOZBCFSBTBMEBSJLFHJBUBOJOEVTUSJ QFStambangan, dan domistik yBJUVEBSJTBNQBISVNBIUBOHHB DPOUPIOZBLBMFOHCFLBTCPUPM, plastikLBSFUTJOUFUJTQPUPOHBO BUBVQFMBUEBSJMPHBNCFSCBHBJKFOJTCBUVCBUVBOQFDBIQFDBIBO HFMBTUVMBOHCFMVMBOHLBSUPOLBSEVTZBOHUFCBMEBOMBJOMBJO 1FOHPMBIBO MJNCBI BOPSganik  ZBOH BEB EJ MJOHLVOHBO NBTZBSBLBUUFSMFCJIEBIVMVEJMBLVLBONFMBMVJCFCFSBQBDBSB ZBJUV
Baca lebih lanjut

38 Baca lebih lajut

Kelas 11 SMA Prakarya dan Kewirausahaan Siswa 2017

Kelas 11 SMA Prakarya dan Kewirausahaan Siswa 2017

Indonesia merupakan negara yang terdiri dari berbagai suku bangsa di mana memiliki keanekaragaman olahan masakan yang menjadi ciri khas daerah tersebut atau sering disebut makanan khas daerah. Makanan khas daerah adalah makanan yang biasa di konsumsi di suatu daerah. Karakter masakan di suatu daerah biasanya mencerminkan karakter masyarakatnya. Di daerah pegunungan karena iklim pegunungan yang dingin dan menghasilkan bahan pangan berupa sayur-mayur, umumnya olahan masakannya berbahan dasar sayur yang disajikan dalam suhu panas dengan rasa pedas, dengan tujuan untuk menghangatkan badan. Di daerah pantai maka olahan makanannya banyak menggunakan hasil laut. Namun seiring dengan perkembangan zaman, kontak dengan orang dari luar daerah semakin tinggi sehingga melahirkan banyak masakan campuran yang ikut memperkaya produk makanan khas daerah.
Baca lebih lanjut

257 Baca lebih lajut

Prakarya dan kewirausahaan SMA kelas XI - Repositori Institusi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Prakarya dan kewirausahaan SMA kelas XI - Repositori Institusi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Indonesia merupakan negara kepulauan yang kaya akan hasil alam. Berbagai jenis tanaman dan hewan yang dapat kita jadikan sebagai bahan pangan nabati dan hewani bisa dengan mudah kita temui di sekitar kita. Kita sebagai makhluk ciptaan Tuhan hendaknya senantiasa bersyukur atas limpahan nikmat yang tidak putus- putusnya diberikan kepada kita. Tuhan telah memberikan karunian-NYA kepada manusia berupa akal pikiran dan kemampuan berpikir melebihi makhluk ciptaan- NYA yang lain. Dengan akal dan pikiran kita dapat memanfaatkan bahan nabati dan hewani menjadi produk yang beraneka ragam.Salah satunya adalah produk makanan khas daerah. Pada awalnya kita hanya bisa menemukan makanan –makanan khas daerah di tempat asalnya saja, namun seiring dengan berkembangnya zaman, kini kita dapat menemukan makanan khas daerah diberbagai macam tempat, tidak hanya di daerah asalnya saja. Contohnya ; pempek dan tekwan adalah makanan khas Palembang, kita bisa menemukan penjual pempek dan tekwan diberbagai daerah, bahkan di mancanegara. Hal ini merupakan peluang usaha yang potensial bagi para wirausawahan kuliner dalam memulai bisnisnya. Peluang dalam bahasa Inggris adalah opportunity yang berarti kesempatan yang muncul dari sebuah kejadian atau moment. Jadi, peluang usaha makanan khas daerah merupakan kesempatan yang muncul dan menjadi inspirasi (ide) bagi seseorang dalam melakukan usaha kuliner makanan khas daerah.
Baca lebih lanjut

258 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...