Top PDF Bab 5 Wirausaha Produk Kerajinan Fungsional dari Limbah

Bab 5 Wirausaha Produk Kerajinan Fungsional dari Limbah

Bab 5 Wirausaha Produk Kerajinan Fungsional dari Limbah

Tahapan produksi baik untuk produk hiasan maupun produk fungsional terbagi atas 4 tahap; pengolahan bahan atau pembahanan, pembentukan, perakitan, dan inishing. Teknik yang dilakukan pada 4 tahap tersebut berbeda- beda bergantung dari material yang digunakan dan rancangan produk yang akan dibuat. Tahap pembahanan adalah mempersiapkan bahan baku agar siap diproduksi. Proses pembahanan juga penting untuk menghasilkan produk yang awet, tidak mudah rusak karena faktor cuaca dan mikroorganisme. Contohnya pada pembuatan sendok dari batok kelapa. Material yang digunakan adalah batok kelapa dan potongan kayu. Proses pembahanan yang dilakukan adalah proses pembahanan untuk batok kelapa dan proses pembahanan untuk potongan kayu. Pembahanan batok kelapa yaitu membersihkan batok kelapa dari sabutnya dengan menggunakan pisau dan amplas. Pembahanan kayu adalah memotong kayu dengan ukuran sesuai kebutuhan proses pembentukan.
Baca lebih lanjut

35 Baca lebih lajut

Bab 5 Kerajinan Behan Keras dan Wirausaha

Bab 5 Kerajinan Behan Keras dan Wirausaha

Pada materi kerajinan dari bahan lunak, kamu sudah mempelajari tentang pengemasan produk kerajinan dari bahan keras. Diharapkan kamu dapat mengeksplorasi lebih jauh berbagai macam pengemasan produk kerajinan dari bahan keras yang ada di daerahmu serta di wilayah Nusantara. Pengemasan merupakan sistem yang terkoordinasi untuk menyiapkan barang menjadi siap untuk ditransportasikan, didistribusikan, disimpan, dijual, dan dipakai. Wadah atau pembungkus dapat membantu mencegah atau mengurangi kerusakan, melindungi produk yang ada di dalamnya, melindungi dari bahaya pencemaran serta gangguan isik (gesekan, benturan, getaran). Di samping itu pengemasan berfungsi untuk menempatkan suatu hasil pengolahan atau produk industri agar mempunyai bentuk yang memudahkan dalam penyimpanan, pengangkutan dan distribusi. Dari segi promosi wadah atau pembungkus berfungsi sebagai perangsang atau daya tarik pembeli. Karena itu bentuk, warna dan dekorasi dari kemasan perlu diperhatikan dalam perencanaan.
Baca lebih lanjut

63 Baca lebih lajut

Bab 1 Kerajinan Bahan Lunak dan Wirausaha

Bab 1 Kerajinan Bahan Lunak dan Wirausaha

Produk kerajinan lebih banyak memanfaatkan bahan-bahan alam seperti tanah liat, serat alam, kayu, bambu, kulit, logam, batu, rotan dan lain-lain. Ada juga yang memanfaatkan bahan sintetis sebagai bahan kerajinan seperti limbah kertas, plastik, karet. Pembuatan produk kerajinan di setiap daerah memiliki jenis kerajinan lokal yang menjadi unggulan daerah. Misalnya, Kasongan (Daerah Istimewa Yogyakarta), sumber daya alam yang banyak tersedia tanah liat, kerajinan yang berkembang adalah kerajinan keramik. Palu (Sulawesi Tengah), sumber daya alamnya banyak menghasilkan tanaman kayu hitam, kerajinan yang berkembang berupa bentuk kerajinan kayu hitam. Kapuas (Kalimantan Tengah), sumber daya alamnya banyak menghasilkan rotan dan getah nyatu sehingga kerajinan yang berkembang adalah anyaman rotan dan getah nyatu. Secara umum, jenis bahan dasar produk kerajinan dapat dibagi menjadi dua kelompok, yaitu produk kerajinan dari bahan lunak dan produk kerajinan dari bahan keras. Beberapa kerajinan bahan lunak serta pengemasannya akan diuraikan secara singkat pada penjelasan berikut ini. Namun, materi yang diuraikan disini merupakan contoh saja, kamu dapat mempelajarinya sebagai pengetahuan dan diharapkan dapat mengeksplorasi pengetahuan lainnya sebagai bahan pengayaan.
Baca lebih lanjut

79 Baca lebih lajut

Bab 5 Kerajinan Dari Limbah Organik

Bab 5 Kerajinan Dari Limbah Organik

Tahukah kamu bahwa kemasan produk yang berada di rak-rak supermarket memiliki kurang dari tiga detik untuk menarik perhatian para konsumen (pembeli). Ini artinya dalam tiga detik yang sangat penting berada pada rak yang berisi berbagai macam kemasan produk. Konsumen tidak banyak mempertimbangkan apakah sebuah produk berguna bagi mereka. Yang terpenting adalah bahwa kemasan tersebut membuat mereka harus memiliki sebuah keputusan membeli atau tidak. Maka hal ini menyimpulkan bahwa 70% dari keputusan pembelian dibuat pada rak dan kemasan produk.

38 Baca lebih lajut

Bab 5 Kerajinan Fungsi Pakai

Bab 5 Kerajinan Fungsi Pakai

Kemasan merupakan sentuhan akhir dari VHEXDKSURVHV3DGDNDU\DPRGL¿NDVLNHUDMLQDQGDUL bahan limbah organik, hal yang perlu diperhatikan adalah ukuran dari karya. Tidak semua karya kerajinan dapat dibuat kemasan. Terkadang karena ukurannya sangat besar, karya tidak bisa dibuat kemasan. Oleh sebab, itu kemasan dapat dilakukan pada karya-karya yang berukuran kecil hingga sedang, yang mudah dibawa. Tetaplah mengikuti prinsip bahwa semua bergantung pada cocok tidaknya sebuah produk pada kemasannya. Perlu diingat keempat fungsi kemasan yang telah dibahas pada bagian terdahulu. Prinsip desain berkelanjutan tetap terus menjadi prioritas, meskipun yang dibuat adalah kemasan, perlu dipikirkan agar kemasan tidak langsung dibuang, tetapi dapat digunakan untuk fungsi lain oleh konsumen. Dengan demikian, penting untuk memikirkan bentuk kemasan yang manarik untuk dibuat.
Baca lebih lanjut

76 Baca lebih lajut

Bab 1 Wirausaha Produk Kerajinan Hiasan dari Limbah

Bab 1 Wirausaha Produk Kerajinan Hiasan dari Limbah

Dunia telah melewati empat gelombang peradaban ekonomi. Pada gelombang pertama ekonomi, pertanian menjadi penggerak ekonomi yang utama. Gelombang tersebut dikenal dengan Gelombang Ekonomi Pertanian. Revolusi industri dan perkembangan permesinan, membawa babak baru bagi perekomomian. Industri manufaktur bermunculan dan menghasilkan produk secara masal. Produk dari industri massal menjadi motor penggerak utama ekonomi. Gelombang ini disebut sebagai Gelombang Ekonomi Industri. Gelombang berikutnya muncul sebagai akibat dari inovasi di bidang teknologi informasi. Gelombang ketiga ini disebut sebagai Gelombang Ekonomi Informasi. Sarana dan sumber daya isik memiliki keterbatasan. Ide dan gagasan kreatif dapat memberikan solusi untuk keterbatasan isik yang ada. Ide kreatif membuat ekonomi terus tumbuh. Gelombang dengan ide kreatif sebagai penggeraknya disebut sebagai Gelombang Ekonomi Kreatif. Pada gelombang ini industri kreatif menjadi penggerak utamanya.
Baca lebih lanjut

43 Baca lebih lajut

Bab 5 Kerajinan dan Wirausaha Limbah Tekstil

Bab 5 Kerajinan dan Wirausaha Limbah Tekstil

Pengemasan karya produk dilakukan dengan mempertimbangkan untuk menjaga kualitas produk dan memberikan daya tarik. Bentuk dan jenis material yang digu- nakan untuk mengemas pun perlu dipikirkan secara teliti agar kemasan dapat berfungsi sebagai pelindung sekaligus menambah daya tarik produk. Produk kera- jinan limbah tekstil pada umumnya memiliki estetika yang tinggi, struktur yang lembut (tidak kaku) dan tidak terlalu rentan terhadap benturan sehingga dapat dibuat kemasan yang memperlihatkan isinya, dan tidak perlu menggunakan material yang terlalu keras dan tebal. Agar calon pembeli dapat melihat karya kera- jinan limbah tanpa perlu membuka kemasannya, dapat digunakan model ‘jendela’ atau untuk produk tertentu cukup dengan memberikan gantungan untuk kemu- dahan membawa, keterangan merek, dan cara perawatan tanpa perlu menutup keseluruhan produk.
Baca lebih lanjut

26 Baca lebih lajut

Kelas XI PRAKARYA BS Sem1

Kelas XI PRAKARYA BS Sem1

2. Sumber daya yang Dibutuhkan dalam Usaha Makanan Khas Daerah Indonesia adalah negara yang memiliki kekayaan kuliner sangat luar biasa baik ragam maupun cita rasanya. Hampir semua daerah di Indonesia memiliki makanan khas. Dari yang diolah secara tradisional hingga modern. Bahkan berbagai varian baru muncul sebagai hasil eksperimen dan modiikasi. Makanan khas daerah tersebut menggunakan bahan pangan nabati dan hewani yang menjadi potensi dan unggulan daerah. Beberapa daerah bahkan memiliki lebih dari satu makanan khas. Sebagai contoh Jawa Barat dengan bahan baku utama singkong, diolah makanan yang menjadi makanan khas daerah berupa tape, suwar-suwir (dodol tape), proll tape dan juga brownis tape. Rasanya pun sangat variatif. Hal itu menunjukkan bahwa usaha makanan khas daerah memanfaatkan sumber daya alam. Namun untuk membuat sebuah produk makanan khas daerah, bukan hanya sumber daya alam saja yang dibutuhkan. Sumber daya yang dibutuhkan untuk membuat usaha makanan khas daerah adalah :
Baca lebih lanjut

256 Baca lebih lajut

Kelas 11 SMA Prakarya dan Kewirausahaan Siswa 2017

Kelas 11 SMA Prakarya dan Kewirausahaan Siswa 2017

Indonesia merupakan negara kepulauan yang kaya akan hasil alam. Berbagai jenis tanaman dan hewan yang dapat kita jadikan sebagai bahan pangan nabati dan hewani bisa dengan mudah kita temui di sekitar kita. Kita sebagai makhluk ciptaan Tuhan hendaknya senantiasa bersyukur atas limpahan nikmat yang tidak putus- putusnya diberikan kepada kita. Tuhan telah memberikan karunian-NYA kepada manusia berupa akal pikiran dan kemampuan berpikir melebihi makhluk ciptaan- NYA yang lain. Dengan akal dan pikiran kita dapat memanfaatkan bahan nabati dan hewani menjadi produk yang beraneka ragam.Salah satunya adalah produk makanan khas daerah. Pada awalnya kita hanya bisa menemukan makanan –makanan khas daerah di tempat asalnya saja, namun seiring dengan berkembangnya zaman, kini kita dapat menemukan makanan khas daerah diberbagai macam tempat, tidak hanya di daerah asalnya saja. Contohnya ; pempek dan tekwan adalah makanan khas Palembang, kita bisa menemukan penjual pempek dan tekwan diberbagai daerah, bahkan di mancanegara. Hal ini merupakan peluang usaha yang potensial bagi para wirausawahan kuliner dalam memulai bisnisnya. Peluang dalam bahasa Inggris adalah opportunity yang berarti kesempatan yang muncul dari sebuah kejadian atau moment. Jadi, peluang usaha makanan khas daerah merupakan kesempatan yang muncul dan menjadi inspirasi (ide) bagi seseorang dalam melakukan usaha kuliner makanan khas daerah.
Baca lebih lanjut

257 Baca lebih lajut

prawira kurtilas sem1 xi bukusiswa rev2017 terampilmatematika blogspot com

prawira kurtilas sem1 xi bukusiswa rev2017 terampilmatematika blogspot com

Limbah anorganik umumnya berasal dari kegiatan industri, pertambangan, dan domestik yaitu dari sampah rumah tangga, seperti kaleng bekas, botol, plastik, karet sintetis, potongan atau pelat dari logam, berbagai jenis batu-batuan, dan pecah- pecahan gelas. Limbah anorganik yang dapat didaur ulang contohnya sampah plastik, logam, kaca, plastik, dan kaleng. Limbah-limbah anorganik dapat dipilah- pilah sesuai kebutuhan, jika dinilai tidak layak pakai maka limbah anorganik dapat dilebur. Sedangkan limbah yang masih dalam kondisi baik, dapat dimanfaatkan kembali menjadi karya kerajinan. Jika limbah sudah beralih manfaat menjadi barang kerajinan, maka secara ekonomi nilainya akan meningkat. Kita patut bersyukur bahwa limbah anorganik juga dapat memberi manfaat untuk manusia.
Baca lebih lanjut

258 Baca lebih lajut

Buku Siswa SMP Kelas 8 Prakarya Semester 1 (2014)

Buku Siswa SMP Kelas 8 Prakarya Semester 1 (2014)

proses pemilahan organik dan nonorganik. Hal ini merupakan perilaku cerdas sebagai peningkatan kualitas hidup manusia. Partisipasi untuk menerapkan pengetahuan dan keterampilan serta kreativitas kita sangat dibutuhkan. Adakah diantaramu yang mau proaktif dalam memerangi limbah? Apakah yang akan terjadi limbah-limbah yang ada di bumi kita tercinta ini jika tidak kita olah? Berpikirlah sejenak tentang membuat karya kerajinan yang mungkin menjadi alternatif solusi dari permasalahan tersebut. Selain dapat mengurangi limbah di lingkungan sekitar, kerajinan dapat menjadi aset budaya bangsa yang dapat menambah devisa negara, yang artinya meningkatkan nilai ekonomi kreatif bangsa Indonesia. Jadilah pahlawan limbah!
Baca lebih lanjut

248 Baca lebih lajut

K8 BS Semester 1   Prakarya

K8 BS Semester 1 Prakarya

proses pemilahan organik dan nonorganik. Hal ini merupakan perilaku cerdas sebagai peningkatan kualitas hidup manusia. Partisipasi untuk menerapkan pengetahuan dan keterampilan serta kreativitas kita sangat dibutuhkan. Adakah diantaramu yang mau proaktif dalam memerangi limbah? Apakah yang akan terjadi limbah-limbah yang ada di bumi kita tercinta ini jika tidak kita olah? Berpikirlah sejenak tentang membuat karya kerajinan yang mungkin menjadi alternatif solusi dari permasalahan tersebut. Selain dapat mengurangi limbah di lingkungan sekitar, kerajinan dapat menjadi aset budaya bangsa yang dapat menambah devisa negara, yang artinya meningkatkan nilai ekonomi kreatif bangsa Indonesia. Jadilah pahlawan limbah!
Baca lebih lanjut

248 Baca lebih lajut

Prakarya dan kewirausahaan SMA kelas XI - Repositori Institusi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Prakarya dan kewirausahaan SMA kelas XI - Repositori Institusi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Indonesia merupakan negara kepulauan yang kaya akan hasil alam. Berbagai jenis tanaman dan hewan yang dapat kita jadikan sebagai bahan pangan nabati dan hewani bisa dengan mudah kita temui di sekitar kita. Kita sebagai makhluk ciptaan Tuhan hendaknya senantiasa bersyukur atas limpahan nikmat yang tidak putus- putusnya diberikan kepada kita. Tuhan telah memberikan karunian-NYA kepada manusia berupa akal pikiran dan kemampuan berpikir melebihi makhluk ciptaan- NYA yang lain. Dengan akal dan pikiran kita dapat memanfaatkan bahan nabati dan hewani menjadi produk yang beraneka ragam.Salah satunya adalah produk makanan khas daerah. Pada awalnya kita hanya bisa menemukan makanan –makanan khas daerah di tempat asalnya saja, namun seiring dengan berkembangnya zaman, kini kita dapat menemukan makanan khas daerah diberbagai macam tempat, tidak hanya di daerah asalnya saja. Contohnya ; pempek dan tekwan adalah makanan khas Palembang, kita bisa menemukan penjual pempek dan tekwan diberbagai daerah, bahkan di mancanegara. Hal ini merupakan peluang usaha yang potensial bagi para wirausawahan kuliner dalam memulai bisnisnya. Peluang dalam bahasa Inggris adalah opportunity yang berarti kesempatan yang muncul dari sebuah kejadian atau moment. Jadi, peluang usaha makanan khas daerah merupakan kesempatan yang muncul dan menjadi inspirasi (ide) bagi seseorang dalam melakukan usaha kuliner makanan khas daerah.
Baca lebih lanjut

258 Baca lebih lajut

INOVASI PRODUK KERAJINAN MELALUI PENGOLAHAN LIMBAH PADAT (RECYCLE) INDUSTRI PENGOLAHAN KAYU JATI

INOVASI PRODUK KERAJINAN MELALUI PENGOLAHAN LIMBAH PADAT (RECYCLE) INDUSTRI PENGOLAHAN KAYU JATI

Tujuan utama program kegiatan yakni meningkatkan efisiensi dan produktifitas pada industri pengolahan kayu dengan memanfaatkan limbah padat sisa produksi pada perusahaan Wasiat Jati Klaten. Adapun sisa produksi yang dimaksud meliputi tatal gergaji, debu, dan sebetaan kayu. Upaya tersebut yakni dengan mengolah limbah menjadi produk kerajinan dan mebel. guna menciptaan sinergitas antar industri kerajinan di Klaten, desain produk yakni dipadukan dengan produk-produk hasil kerajinan yang terdapat di Kabupatan Klaten, khususnya yang tergabung dalam klaster industri. Klaster yang dimasud meliputi klaster industri kerajinan lurik, pengecoran logam, mebel, dan gerabah. Bentuk program kegiatan untuk mencapai tujuan tersebut yakni dengan pelatihan, pendampingan, pengadaan peralatan dan perlengkapan, dan pameran produk. Pelatihan yang dimaksud adalah pelatihan pengolahan limbah padat sisa produksi pengolahan kayu, pengadaan alat meliputi alat pencetak, alat pengayak, alat pengaduk, alat pengering, dan alat display pameran. Beberapa kegiatan tersebut selanjutnya akan didistribusikan dalam tiga tahun berdasarkan skala prioritas dan atau berdasarkan pada proses atau urutan aktifitasnya.
Baca lebih lanjut

31 Baca lebih lajut

Tugas KWR Kerajinan dan Wirausaha Teksti

Tugas KWR Kerajinan dan Wirausaha Teksti

mengelompokkan berdasarkan jenis, ukuran, dan nuansa warna. Bila diperlukan, limbah tersebut juga dapat dibersihkan terlebih dahulu. Persiapkan pula tempat kerja dan peralatan yang akan digunakan. Tahap selanjutnya adalah pengerjaan. Kerjakan setiap tahap sesuai dengan perencanaan produksi yang sudah dibuat sebelumnya, dapat membuat lebih dari satu produk sesuai dengan ide dan kreatifitas.

7 Baca lebih lajut

BAB 1 Kerajinan Bahan Lunak dan Wirausaha BAB 2 Makanan Khas Daerah

BAB 1 Kerajinan Bahan Lunak dan Wirausaha BAB 2 Makanan Khas Daerah

Terdapat banyak faktor yang menyebabkan seorangwirausahawan itu dikatakan berhasil atau gagal. Secaraumum, ada 2 faktor penyebab keberhasilan/kegagalantersebut, yaitu faktor internal (diri sendiri) dan faktoreksternal (luar diri). Sebagai seorang wirausaha,keberhasilan dan kegagalan merupakan dua sisi matauang, ini berarti bahwa sewaktu-waktu ia dapat mencapaihasil yang baik, tetapi di waktu lain ia kurang berhasil.Untuk itu, perlu diidentifikasi faktor apa saja yangmenyebabkan ia gagal atau berhasil.Selanjutnya, faktor nonteknis yang menentukankeberhasilan atau kegagalan suatu usaha makanankhas daerah di antaranya seperti berikut.
Baca lebih lanjut

17 Baca lebih lajut

kales viii Prakarya Siswa

kales viii Prakarya Siswa

proses pemilahan organik dan nonorganik. Hal ini merupakan perilaku cerdas sebagai peningkatan kualitas hidup manusia. Partisipasi untuk menerapkan pengetahuan dan keterampilan serta kreativitas kita sangat dibutuhkan. Adakah diantaramu yang mau proaktif dalam memerangi limbah? Apakah yang akan terjadi limbah-limbah yang ada di bumi kita tercinta ini jika tidak kita olah? Berpikirlah sejenak tentang membuat karya kerajinan yang mungkin menjadi alternatif solusi dari permasalahan tersebut. Selain dapat mengurangi limbah di lingkungan sekitar, kerajinan dapat menjadi aset budaya bangsa yang dapat menambah devisa negara, yang artinya meningkatkan nilai ekonomi kreatif bangsa Indonesia. Jadilah pahlawan limbah!
Baca lebih lanjut

248 Baca lebih lajut

BAHAN LIMBAH FUNGSIONAL

BAHAN LIMBAH FUNGSIONAL

Limbah adalah sisa suatu usaha dan/atau kegiatan. Limbah, berdasarkan wujudnya dapat dibagi menjadi limbah padat, cair, dan gas. Limbah berasal dari kegiatan rumah tangga dan industri, termasuk industri pertanian, perkebunan, dan kehutanan. 

8 Baca lebih lajut

Proceeding : Peran Kriya Seni Pada Pembuatan Produk Recycle - ISI Denpasar

Proceeding : Peran Kriya Seni Pada Pembuatan Produk Recycle - ISI Denpasar

Dengan sedikit kreativitas dan inovasi koran bekas yang biasanya letaknya tidak tertata dan sering menumpuk memenuhi ruangan setelah dibaca, bagi para kreator kriya bisa disulap menjadi produk kerajinan yang unik, menarik dan bernilai ekonomi. Demikian juga halnya dengan kardus bekas kemasan suatu produk makanan atau minuman, sering tidak dimanfaatkan yang bernilai guna lebih, misalnya dipakai sebagai bahan bakar pengganti kayu api. Produk yang dapat dibuat dari koran bekas dan kardus ini adalah kap lampu, vas bunga, tempat tisu, tempat majalah, keranjang buah, tempat pensil, baki, keranjang sampah, tempat pakaian kotor, asbak, hiasan dinding dan produk lainnya sesuai kreasi yang dikembangkan. Beberapa bahan dan peralatan yang diperlukan dalam proses pembuatannya produk ini antara lain: koran bekas, lem kertas, lem tembak, kardus bekas, lidi dan gunting.
Baca lebih lanjut

14 Baca lebih lajut

Buku Prakarya VIII Semester 1

Buku Prakarya VIII Semester 1

proses pemilahan organik dan nonorganik. Hal ini merupakan perilaku cerdas sebagai peningkatan kualitas hidup manusia. Partisipasi untuk menerapkan pengetahuan dan keterampilan serta kreativitas kita sangat dibutuhkan. Adakah diantaramu yang mau proaktif dalam memerangi limbah? Apakah yang akan terjadi limbah-limbah yang ada di bumi kita tercinta ini jika tidak kita olah? Berpikirlah sejenak tentang membuat karya kerajinan yang mungkin menjadi alternatif solusi dari permasalahan tersebut. Selain dapat mengurangi limbah di lingkungan sekitar, kerajinan dapat menjadi aset budaya bangsa yang dapat menambah devisa negara, yang artinya meningkatkan nilai ekonomi kreatif bangsa Indonesia. Jadilah pahlawan limbah!
Baca lebih lanjut

248 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...