Top PDF Bab 1 Gerak pada Makhluk Hidup dan Benda

Bab 1 Gerak pada Makhluk Hidup dan Benda

Bab 1 Gerak pada Makhluk Hidup dan Benda

Hukum III Newton menyebutkan bahwa ketika benda pertama mengerjakan gaya ke benda kedua, maka benda kedua tersebut akan memberikan gaya yang sama besar ke benda pertama namun berlawanan arah atau gaya aksi dan reaksi bekerja pada dua benda yang berbeda. Misalnya pada peristiwa orang berenang. Gaya aksi dari tangan ke air mengakibatkan gaya reaksi dari air ke tangan dengan besar gaya yang sama namun arah gaya berlawanan, sehingga orang tersebut akan terdorong ke depan meskipun tangannya mengayuh ke belakang. Karena massa air jauh lebih besar daripada massa orang, maka percepatan yang dialami orang akan jauh lebih besar daripada percepatan yang dialami air. Hal ini mengakibatkan orang tersebut akan melaju ke depan.
Baca lebih lanjut

42 Baca lebih lajut

Observasi Makhluk Hidup dan benda Mati (3)

Observasi Makhluk Hidup dan benda Mati (3)

Mengobservasi benda mati lebih mudah dan cepat karena benda mati tidak dapat bergerak sehingga yang bisa diamati hanya ciri-ciri fisiknya saja. Sedangkan saat mengobservasi makhluk hidup membutuhkan waktu yang lebih lama dan lebih teliti karena mereka dapat bergerak sehingga selain ciri-ciri fisik, kita juga mengamati perilaku subjek.

3 Baca lebih lajut

Gerak pada Makhluk Hidup dan Benda Bab 1

Gerak pada Makhluk Hidup dan Benda Bab 1

Setiap makhluk hidup ciptaan Tuhan dianugerahi kemampuan bergerak.Tumbuhan yang kita anggap terus berada di tempatnya, ternyata juga melakukan gerakan pada beberapa bagian tubuhnya. Kemampuan bergerak tersebut nampaknya berguna untuk tujuan tertentu, misalnya untuk mencari makanan, mencari tempat yang aman untuk tumbuh dan berkembang, dan untuk melindungi diri dari serangan musuh. Tidak hanya makhluk hidup, benda mati yang berada di alam juga bergerak walaupun gerakan itu disebabkan gaya luar yang bekerja pada benda tersebut. Salah satu gaya luar yang membuat benda-benda di sekitar kita bergerak adalah gaya gravitasi bumi. Gaya ini menyebabkan benda yang memiliki massa akan tertarik ke permukaan bumi jika dilepaskan dari ketinggian tertentu. Burung memiliki struktur tubuh yang khusus, sehingga burung mampu terbang dan melawan gaya gravitasi. Beberapa produk teknologi dikembangkan dengan meniru struktur tubuh burung untuk melawan gravitasi seperti yang dapat dilakukan oleh burung. Kita sepatutnya bersyukur kepada Tuhan yang telah menciptakan kesempurnaan organ tubuh pada setiap makhluk hidup sesuai dengan lingkungan hidupnya. Menurutmu, apakah gaya gravitasi menguntungkan bagi manusia? Bagaimanakah jika gaya gravitasi bumi tidak ada?
Baca lebih lanjut

42 Baca lebih lajut

BAB I_ 1.Gerak Pada Makhluk Hidup dan Benda

BAB I_ 1.Gerak Pada Makhluk Hidup dan Benda

e. Gerak esionom dibagi menjadi gerak tropisme (yang terdiri dari gerak geotropisme, hidrotropisme, tigmotropisme, foto tropisme, dan gerak kemotropisme), gerak taksis (yang terdiri dari gerak kemotaksis dan fototaksis), dan gerak nasti (yang terdiri dari gerak niktinasti, fotonasti, seismonasti, termonasti, dan nasti kompleks.

12 Baca lebih lajut

Bab 4 Partikel Penyusunan Benda mati dan makhluk Hidup

Bab 4 Partikel Penyusunan Benda mati dan makhluk Hidup

Beberapa unsur seperti emas (Au), perak (Ag), dan platina (Pt) merupakan unsur-unsur logam mulia yang mempunyai nilai ekonomi tinggi. Sebagian besar unsur yang ada di alam sangat penting untuk kehidupan. Namun, beberapa unsur seperti merkuri ( 200 80 Hg ), timbal ( 209 82 Pb ), dan logam berat lain, merupakan unsur yang berbahaya bagi tubuh makhluk hidup terutama manusia. Unsur ini tidak dapat didaur ulang dalam tubuh dan sulit untuk dikeluarkan, karena dalam tubuh kita tidak ada mekanisme yang berfungsi untuk menghilangkan unsur ini. Logam berat ini mampu bertahan dalam tubuh sepanjang hayat kita. Konsentrasi dari logam berat ini dapat bertambah sepanjang waktu atau dikenal dengan bioakumulasi. Logam berat ini dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti kanker dan bahkan dapat menyebabkan kematian. Seorang wanita yang hamil juga dapat mengalami keguguran dan melahirkan bayi yang cacat akibat kandungan logam berat dalam tubuhnya.
Baca lebih lanjut

54 Baca lebih lajut

Gerak Benda dan Makhluk Hidup di Lingkungan Sekitar

Gerak Benda dan Makhluk Hidup di Lingkungan Sekitar

Pada bagian awal pembahasan mengenai gerak pada tumbuhan, kamu telah melakukan percobaan dengan memberikan sentuhan pada tumbuhan putri malu. Apakah kamu masih ingat hasil percobaanmu? Darimana pun arah datangnya sentuhan, arah gerakan yang dilakukan daun putri malu selalu tetap, yaitu menutup dengan arah yang sama. Artinya gerakan yang dilakukan oleh tumbuhan tidak dipengaruhi oleh arah datangnya rangsang. Gerak tumbuhan yang demikian disebut dengan gerak nasti. Berdasarkan jenis rangsangannya gerak nasti dapat dibedakan menjadi beberapa jenis. Apa sajakah rangsangan yang dapat menyebabkan tumbuhan melakukan gerak nasti? Ayo, pelajari materi berikut ini dengan semangat!
Baca lebih lanjut

74 Baca lebih lajut

RPP Membedakan makhluk hidup dengan benda tak hidup

RPP Membedakan makhluk hidup dengan benda tak hidup

Lembar Pengamatan Sikap Nama : ……… Kelas : ……… Semester : ……… No Aspek yang dinilai Ya Tidak 1 Mengikuti pembelajaran IPA dengan penuh perhatian 2 Memahami apa yang disampaikan gur[r]

4 Baca lebih lajut

BAB 4 Partikel Penyusun Benda Mati dan Makhluk Hidup

BAB 4 Partikel Penyusun Benda Mati dan Makhluk Hidup

Atom-atom dengan nomor atom 1 sampai 18 akan ada dalam keadaan stabil bila kulit atom terluarnya berisi 2 elektron seperti helium (He) atau 8 elektron seperti neon (Ne), argon (Ar), dan kripton (Kr). Untuk mencapai jumlah 8 elektron, suatu atom dapat melepaskan atau menerima satu atau lebih elektron. Contoh atom natrium (Na) yang mempunyai 11 elektron mempunyai susunan elektron K=2, L=8, GDQ0 OLKDW*DPEDU3DGDNRQ¿JXUDVLVHSHUWLLQLNXOLWDWRP M hanya terisi satu elektron. Keadaan ini menyebabkan natrium (Na) tidak stabil. Agar mempunyai 8 elektron pada kulit terluarnya, atom Na dapat melepaskan satu elektron atau menerima 7 elektron dari atom lain. Tetapi, menerima 7 elektron sangat sulit, maka atom natrium (Na) cenderung melepaskan 1 elektron. Akibatnya, bila Na melepaskan 1 elektron maka ada satu proton di dalam inti atom natrium (Na) yang tidak diseimbangkan oleh elektron. Jadi natrium (Na) akan kelebihan muatan positif dari satu proton.
Baca lebih lanjut

54 Baca lebih lajut

Gerak pada makhluk hidup dan benda

Gerak pada makhluk hidup dan benda

Sel-sel batang yang tidak terkena sinar tumbuh lebih lambat dari sel-sel batang yang terkena sinar sehingga membengkong b!. Sel-sel batang yang terkena sinar tumbuh lebih panjang dari s[r]

5 Baca lebih lajut

Gerak pada Makhluk Hidup dan Benda (3)

Gerak pada Makhluk Hidup dan Benda (3)

ditimbulkan oleh koordinasi otot dengan rangka tubuh. Misalnya seseorang hendak memanah dengan menarik mata panah ke arah belakang. Gaya gesek adalah gaya yang diakibatkan oleh adanya dua buah benda yang saling bergesekan (arah selalu berlawanan). Contohnya gaya gesekan antara meja dengan lantai pada saat meja didorong.

7 Baca lebih lajut

BAB VII GERAK PADA BENDA MAKHLUK HIDUP

BAB VII GERAK PADA BENDA MAKHLUK HIDUP

Makhluk hidup dapat bergerak karena kemampuannya mengubah energi kimia menjadi energi gerak. Manusia dan hewan memiliki perilaku gerak yang tidak jauh berbeda. Manusia dan hewan sama-sama menunjukkan gerakan yang mudah diamati. Gerak pada tubuh manusia melibatkan tulang dan otot. Tulang merupakan alat gerak pasif, sedangkan otot merupakan alat gerak aktif. Rangka tubuh manusia berfungsi untuk memberi bentuk tubuh, melindungi organ dalam tubuh, menegakkan tubuh, tempat melekatnya otot, tempat menyimpan mineral, dan tempat menyimpan energi. Penyusun rangka manusia adalah tulang. Tulang dibedakan menjadi tulang rawan dan keras. Tulang rawan dibedakan menjadi tulang rawan hialin, elastis dan fibrosa. Berdasarkan bentuknya tulang keras dibedakan menjadi tulang pipa/panjang, tulang pendek, dan tulang tidak beraturan (irregular). Gambar 7.18 memperlihatkan lima jenis tulang manusia.
Baca lebih lanjut

29 Baca lebih lajut

Staff Site Universitas Negeri Yogyakarta silabus prakt ipa 1

Staff Site Universitas Negeri Yogyakarta silabus prakt ipa 1

 Memahami prosedur pengklasifikasian makhluk hidup dan benda-benda tak-hidup sebagai bagian kerja ilmiah,serta mengklasifikasikan berbagai makhluk hidup dan benda-benda tak-hidup berdas[r]

5 Baca lebih lajut

KISI KISI SOAL IPA KLS 7 UAS SMT GANJIL 2014 2015

KISI KISI SOAL IPA KLS 7 UAS SMT GANJIL 2014 2015

Memahami prosedur pengklasifikasian makhluk hidup dan benda-benda tak-hidup sebagai bagian kerja ilmiah,serta mengklasifikasikan berbagai makhluk hidup dan benda-benda tak-hidup berdasa[r]

11 Baca lebih lajut

KENYAMANAN THERMAL PADA BANGUNAN GEREJA

KENYAMANAN THERMAL PADA BANGUNAN GEREJA

1. Lingkungan hidup merupakan segala sesuatu yang ada di sekitar makhluk hidup, termasuk manusia, berupa benda, daya dan keadaan yang mempengaruhi kelangsungan makhluk hidup, baik langsung maupun tidak langsung. Dalam lingkungan hidup terdapat ekosistem yaitu unsur- unsur lingkungan hidup, baik yang hidup (biotik) seperti manusia, tumbuhan, hewan, maupun yang tidak hidup (abiotik) seperti tanah, air dan udara yang saling berhu-bungan dan saling mempengaruhi.

7 Baca lebih lajut

Ringkasan Materi IPA Kelas 8 SMP KTSP dilengkapi dengan soal UTS - WindowBrain Alat Optik smtr 2

Ringkasan Materi IPA Kelas 8 SMP KTSP dilengkapi dengan soal UTS - WindowBrain Alat Optik smtr 2

Bab.1 : Alat-alat Optik • Dengan alat optik, kita dapat melihat benda atau makhluk hidup yang ukurannya sangat kecil bakteri dan virus dan dapat melihat dengan jelas benda-benda yang s[r]

22 Baca lebih lajut

Silabus Praktikum IPA 1

Silabus Praktikum IPA 1

benda-benda tak-hidup sebagai bagian kerja ilmiah,serta mengklasifikasikan berbagai makhluk hidup dan benda-benda tak-hidup berdasarkan ciri yang diamati  Menyajikan hasil pengukuran [r]

6 Baca lebih lajut

IPA SD MI Kelas 6. Bab 1

IPA SD MI Kelas 6. Bab 1

Ciri-ciri di atas membedakan makhluk hidup dengan benda mati. Selain ciri-ciri di atas, makhluk hidup juga dilengkapi dengan ciri khusus. Ciri khusus ini membedakan antara makhluk yang satu dengan yang lain. Ciri khusus merupakan penyesuaian diri makhluk hidup dengan lingkungannya. Proses penyesuaian diri terhadap lingkungan disebut adaptasi. Adaptasi merupakan proses yang berjalan lambat. 1. Bentuk Adaptasi Hewan

14 Baca lebih lajut

PPT IPA Kelas VIII Smt 1 EDIT MEI

PPT IPA Kelas VIII Smt 1 EDIT MEI

BAB I Gerak pada Benda dan Makhluk Hidup BAB II Usaha dan Pesawat Sederhana BAB III Struktur dan Fungsi Tumbuhan serta Pemanfaatannya dalam Teknologi BAB IV Sistem Pencernaan Man[r]

71 Baca lebih lajut

KD 3.2 Klasifikasi Mahluk Hidup

KD 3.2 Klasifikasi Mahluk Hidup

1. Secara berkelompok, Peserta Didik berdiskusi untuk menjelaskan ciri-ciri makhluk hidup dan membedakannya dengan benda-benda tak hidup pada Kegiatan 2.2 “Apa ciri-ciri makhluk hidup?” dan Kegiatan 2.3 “Mengklasifikasikan benda”.

10 Baca lebih lajut

Asal Usul Kehidupan teori abiogenesis

Asal Usul Kehidupan teori abiogenesis

Teori Abiogenesis Menurut teori ini, makhluk hidup berasal dari benda tidak hidup atau dengan kata lain makhluk hidup ada dengan sendirinya.. teori ini dikenal juga dengan teori Genera[r]

17 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...