Top PDF 29 BAB III METODE PENELITIAN A. Metode Penelitian - 12.40.0171 Ayu Christi Cita Wening BAB III

29 BAB III METODE PENELITIAN A. Metode Penelitian - 12.40.0171 Ayu Christi Cita Wening BAB III

29 BAB III METODE PENELITIAN A. Metode Penelitian - 12.40.0171 Ayu Christi Cita Wening BAB III

Metode penelitian adalah salah satu langkah yang penting dalam melakukan penelitian ilmiah. Metode yang akan digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode penelitian kuantitatif. Dimana metode penelitian kuantitatif merupakan suatu metode yang menekankan analisisnya dalam bentuk data numerikal (Sumarsono, 2004, h.67).

8 Read more

1 BAB 1 PENDAHULUAN A Latar Belakang - 12.40.0171 Ayu Christi Cita Wening BAB I

1 BAB 1 PENDAHULUAN A Latar Belakang - 12.40.0171 Ayu Christi Cita Wening BAB I

Pada pertanyaan berikutnya mengenai peran dukungan sosial, hasil wawancara yang diterima, kelima mahasiswa mengatakan bahwa mereka merasa tidak kesepian, merasa tenang dan dihargai. Mahasiswa berinisial W yang berasal dari Pontianak dan AG dan G dari Cirebon mengatakan bahwa teman membuat mereka tidak kesepian baik saat di kos atau di kampus. Kemudian mahasiswa berinisial A dari Makassar menambahkan dengan adanya teman, ia merasa diterima dan di bantu dalam hal berinteraksi dengan mahasiswa lain, lalu mahasiswa F yang berasal dari Kendal mengatakan jika bersama teman, kerinduannya dengan keluarga dapat berkurang, kelima mahasiswa perantau tersebut memiliki jawaban sama tentang pendapat bahwa teman akan dapat membantu pada saat mereka membutuhkan dan hal tersebut membuat mereka merasa tenang.
Show more

9 Read more

A. SKALA PENELITIAN - 12.40.0171 Ayu Christi Cita Wening LAMPIRAN

A. SKALA PENELITIAN - 12.40.0171 Ayu Christi Cita Wening LAMPIRAN

belajar yang tidak memuaskan 14 Saya senang karena mendapatkan teman-teman yang menyenangkan 15 saya merasa khawatir dengan kegiatan yang saya lakukan 16 Segala perhatian oran[r]

40 Read more

BAB III METODE PENELITIAN DAN ANALISIS DATA A. Metode Penelitian - SUROSO BAB III

BAB III METODE PENELITIAN DAN ANALISIS DATA A. Metode Penelitian - SUROSO BAB III

Penelitian ini hanya dilakukan di Desa Sawangan, Kecamatan Kebasen, Kabupaten Banyumas. Pemilihan lokasi ini dilakukan dengan sengaja (purposive) dengan pertimbangan dikarenakan desa ini merupakan penghasil tanaman pangan terutama padi semi organik. Adapun waktu penelitian ini dimulai pada bulan Oktober 2011– Maret 2012.

10 Read more

BAB III METODE PENELITIAN A. Metode Penelitian - 13.40.0022 Tanry Darmawan   BAB III

BAB III METODE PENELITIAN A. Metode Penelitian - 13.40.0022 Tanry Darmawan BAB III

Validitas berasal dari kata validity yang memiliki arti sejauhmana ketepatan dan kecermatan suatu alat ukur melakukan fungsi ukurnya. Suatu instrumen pengukur dapat dikatakan memiliki validitas tinggi apabila alat tersebut menjalani fungsi ukurnya sesuai dengan maksud dilakukannya pengukuran tersebut (Azwar, 1997, h.5). Pada penelitian ini cara memperoleh validitas dengan menggunakan teknik analisi data Product Moment Pearson.

9 Read more

BAB III METODE PENELITIAN - 13. BAB III METODE PENELITIAN

BAB III METODE PENELITIAN - 13. BAB III METODE PENELITIAN

Wilayah generalisasi yang terdiri atas subyek yang mempunyai kualitas dan karakteristik tertentu yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari dan kemudian ditarik kesimpulannya disebut juga dengan populasi (Anshori dan Iswati, 2009:92). Target populasi ditujukan secara jelas dengan memperhatikan unit sampling, elemen, tingkatan (extent) atau scope dan waktu. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsumen yang belum pernah berbelanja produk fashion secara online di e-retailers yang punya kebijakan pengembalian barang.

13 Read more

BAB III METODE PENELITIAN - 4. BAB III METODE PENELITIAN

BAB III METODE PENELITIAN - 4. BAB III METODE PENELITIAN

Diagram Alir Penelitian Larutan CaCl2 , larutan KH2PO4 pH Tahap pembuatan selulosa bakteri Perendaman selulosa bakteri dalan larutan PVP 0,05 gramdalam 200 ml air selama 7 hari Pen[r]

9 Read more

BAB III METODE PENELITIAN A. Metode dan Prosedur Penelitian 1. Metode Penelitian - 10. BAB III PERBAIKAN

BAB III METODE PENELITIAN A. Metode dan Prosedur Penelitian 1. Metode Penelitian - 10. BAB III PERBAIKAN

Penelitian kualitatif biasanya didesain secara longgar, tidak ketat, sehingga dalam pelaksanaan penelitian berpeluang mengalami perubahan dari apa yang telah direncanakan. Hal itu dapat terjadi bila perencanaan ternyata tidak sesuai dengan apa yang dijumpai di lapangan. Meski demikian, kerja penelitian mestilah merancang langkah-langkah kegiatan penelitian. Paling tidak terdapat tiga tahap utama dalam penelitian kualitatif yaitu:

10 Read more

BAB III METODE PENELITIAN A. Jenis penelitian - MELA   BAB III

BAB III METODE PENELITIAN A. Jenis penelitian - MELA BAB III

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif, metode ini disebut sebagai metode positivistik karena berlandaskan pada filsafat positivisme. Metode ini sebagai metode ilmiah/scientific karena telah memenuhi kaidah-kaidah ilmiah yaitu konkrit/empiris, obyektif, terukur, rasional, dan sistematis. Metode ini juga disebut metode discovery, karena dengan metode ini dapat ditemukan dan dikembangkan berbagai iptek baru. Metode ini disebut metode kuantitatif karena data penelitian berupa angka- angka dan analisis menggunakan statistik. Dalam pendekatan kuantitatif hakikat hubungan di antara variabel-variabel di analisis dengan menggunakan teori yang objektif (Sugiyono, 2016 : 7).
Show more

23 Read more

29 BAB III METODE PENELITIAN 3.1 Pendekatan Penelitian

29 BAB III METODE PENELITIAN 3.1 Pendekatan Penelitian

yang berlandaskan pada filsafat positivisme, yang digunakan untuk meneliti pada populasi dan sampel tertentu, teknik pengambilan sampel pada umumnya dilakukan secara random, pengumpulan data menggunakan instrument penelitian, analisis data bersifat kuantitatif atau statistik dengan tujuan untuk menguji hipotetis yang telah di tetapkan”. Berdasarkan dimensi waktu dan urutan waktu

12 Read more

BAB III METODE PENELITIAN A. Rancangan Penelitian - BAB III new

BAB III METODE PENELITIAN A. Rancangan Penelitian - BAB III new

Untuk mempermudah pengumpulan data yang diperlukan dan agar tercipta penelitian yang valid, maka perlu adanya instrumen penelitian. Instrumen penelitian ini akan membantu peneliti dalam mengumpulkan data-data agar mudah dalam melakukan penelitian dan hasilnya lebih baik. Adapun instrumen yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah skala. Skala adalah teknik pengumpulan data dalam psikologi dengan cara mengajukan pertanyaan tertulis untuk dijawab secara tertulis pula oleh responden.

10 Read more

40 BAB III METODE PENELITIAN 3.1 Jenis dan Desain Penelitian

40 BAB III METODE PENELITIAN 3.1 Jenis dan Desain Penelitian

(a) Skor tes hasil belajar siswa setelah mendapatkan pembelajaran dengan media pembelajaran berbantuan komputer tuntas. Media pembelajaran berbantuan komputer yang dikembangkan dapat dikatakan efektif jika >70% dari seluruh subyek uji coba memenuhi ketuntasan belajar.

14 Read more

BAB III METODE PENELITIAN A. Metode Penelitian 1. Jenis Penelitian - ALDINA F   BAB III

BAB III METODE PENELITIAN A. Metode Penelitian 1. Jenis Penelitian - ALDINA F BAB III

Kuesioner adalah metode pengumpulan data yang dilakukan peneliti dengan cara memberi seperangkat pertanyaan-pertanyaan kepada responden-responden untuk dijawabnya. Kuesioner merupaka Teknik pengumpulan data yang efisien bila peneliti tahu dengan pasti variabel yang akan diukur dan tahu apa yang bisa diharapkan responden (Sugiyono, 2014). Teknik yang digunakan didalam pengambilan data adalah menggunakan Teknik sampling.

17 Read more

BAB III METODE PENELITIAN A. Pendekatan dan jenis Penelitian - 11 BAB III METODE PENELITIAN revisi

BAB III METODE PENELITIAN A. Pendekatan dan jenis Penelitian - 11 BAB III METODE PENELITIAN revisi

Menurut Miles dan Huberman mengemukakan bahwa aktivitas dalam analisis data kualitatif dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus menerus sampai tuntas, sehingga datanya sudah jenuh. Aktivitas dalam analisis data, yaitu data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), dan data conclusion drawing/verification (penarikan kesimpulan). 40

8 Read more

BAB III METODE PENELITIAN A. Desain Penelitian - DISERTASI  BAB III

BAB III METODE PENELITIAN A. Desain Penelitian - DISERTASI BAB III

Sementara itu, menurut Sugiono, metode penelitian kualitatif adalah metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat postpositifsime, digunakan untuk meneliti pada kondisi objek yang alamiah (sebagai lawannya adalah eksperimen) dimana peneliti adalah sebagai instrument kunci, pengambilan sample sumber dan data dilakukan secara purposive dan snowbaal, teknik pengumpulan data dilakukan dengan triangulasi (gabungan) analisis data bersifat induktif / kualitatif, dan hasil penelitian kualitatif lebih menekankan pada makna daripada generalisasi. 5
Show more

11 Read more

BAB III METODE PENELITIAN A. JENIS PENELITIAN - Zakariaardiputra   BAB III

BAB III METODE PENELITIAN A. JENIS PENELITIAN - Zakariaardiputra BAB III

Jenis penilitian ini adalah kuantitatif. Penelitian kuantitatif adalah metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat postivisme, digunakan untuk meneliti pada populasi atau sampel tertentu, pengumpulan data menggunakan instrument penelitian, analisis bersifat kuantitatif/statistik, dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan (Sugiyono, 2015). Penelitian ini menekankan pada pengujian teori-teori melalui pengukuran variabel penelitian dengan angka dan juga menggunakan analisis data dengan prosedur yang bertujuan untuk menguji hipotesis.
Show more

24 Read more

29 BAB III METODE PENELITIAN 3.1 Rancangan Penelitian

29 BAB III METODE PENELITIAN 3.1 Rancangan Penelitian

Berdasarkan tujuan penelitian, penelitian ini adalah termasuk penelitian dasar. Menurut Moh Nazir (2014) penelitian dasar atau penelitian murni merupakan pencarian terhadap sesuatu karena ada perhatian dan rasa ingin tahu terhadap hasil suatu aktivitas. Hasil dari penelitian dasar yaitu pengetahuan umum dan pengertian-pengertian tentang alam serta hukum-hukumnya. Pengetahuan umum merupakan alat untuk memecahkan permasalahan praktika, meskipun tidak memberikan jawaban yang menyeluruh untuk tiap permasalahan.

12 Read more

BAB III METODE PENELITIAN - 12. BAB III FIX

BAB III METODE PENELITIAN - 12. BAB III FIX

Penelitian ini dilaksanakan mulai tahap persiapan hingga pelaksanaan pada pengembangan berupa permainan ular tangga, sehingga membuat peserta didik bertanggung jawab, memecahkan masalah dan rintangan menuntut peserta didik menyelesaikan permainan tersebut di SMPN/ MTsN kelas VII semester II yang dimulai semester genap Tahun Ajaran 2018/2019.

12 Read more

BAB III METODE PENELITIAN A. Metode Penelitian - 10.40.0219 Bernadetha Chintya Ayu Argarani BAB III

BAB III METODE PENELITIAN A. Metode Penelitian - 10.40.0219 Bernadetha Chintya Ayu Argarani BAB III

Dijelaskan lebih lanjut leh Bogdan dan Taylor (dalam Moleong, 2000, h.3) metode penelitian kualitatf adalah sebagai prosedur penelitan yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Pendekatan ini diarahkan pada individu dan lingkungan secara holostik (meyeluruh).

14 Read more

40 BAB III METODE PENELITIAN A. Metode Penelitian - 13.42.0014 VONNY PERMANASARI SIMON (4.7%).BAB III

40 BAB III METODE PENELITIAN A. Metode Penelitian - 13.42.0014 VONNY PERMANASARI SIMON (4.7%).BAB III

menunjukkan dengan teliti perbedaan-perbedaan kecil yang ada pada hasil ukurnya. Van Haasen, dkk. (dalam de Bruin, dkk., 2006) mengatakan bahwa WISC-R memiliki reliabilitas dan validitas yang adekuat. Di sisi lain, sekalipun tes WISC-R telah menjalani pengujian reliabilitas dan validitas, namun hasilnya harus ditafsirkan dan digunakan dengan hati-hati. IQ yang diperoleh dari hasil tes tidaklah dapat menjadi label yang selalu melekat bagi subjek. Kondisi fisik dan psikologis subjek sewaktu dikenai tes akan banyak berpengaruh pada hasil tesnya. Selain interpretasi hasil IQ dan subtes, dalam penelitian ini juga dilakukan interpretasi hasil analisis Faktor Kaufman dan Bannatyne.
Show more

9 Read more

Show all 10000 documents...