Top PDF BAB I PENDAHULUAN. Fenomena gerhana memang merupakan salah satu fenomena alam yang

BAB I PENDAHULUAN. Fenomena gerhana memang merupakan salah satu fenomena alam yang

BAB I PENDAHULUAN. Fenomena gerhana memang merupakan salah satu fenomena alam yang

Fenomena gerhana memang merupakan salah satu fenomena alam yang menarik perhatian seluruh penduduk dunia. Di antara penyebabnya adalah fenomena gerhana jarang ditemui pada suatu tempat dan bisa menjadi pemandangan yang sangat indah. Misalkan dari segi warna Bulan saat terjadi gerhana Bulan yang bisa berwarna merah tua, merah bata, hingga merah kecoklatan, bahkan jingga. Keindahan akan bertambah apabila fenomena gerhana ini dilihat dari daerah pedesaan, yang kondisi langitnya masih cerah, karena akan ada awan putih terang memanjang dari barat daya ke utara sesaat setelah Bulan tersembunyi di balik umbra. Awan putih ini adalah galaksi bima sakti, tempat bermukimnya 200 miliar bintang termasuk Matahari. 1 Oleh karenanya, tidak heran banyak orang, terutama para astronom menanti-nanti kehadiran even yang sangat menarik ini. Selain itu, gerhana juga pernah menjadi mitos yang sangat melegenda di berbagai belahan dunia, termasuk di daerah Arab dan Indonesia.
Show more

21 Read more

BAB I PENDAHULUAN. permasalahan. Salah satu fenomena tersebut adalah fenomena relasi kuasa dalam

BAB I PENDAHULUAN. permasalahan. Salah satu fenomena tersebut adalah fenomena relasi kuasa dalam

Dari fenomena dan pemikiran di atas, penelitian “Relasi Kuasa dalam Dinamika Tari Ulu Ambek pada Masyarakat Pariaman, Sumatera Barat” menarik untuk diteliti secara kritis, dan holistis sebagai sebuah kajian budaya (cultural studies). Cultural studies, seperti yang dijelaskan oleh Hartley (2010:41-42) bahwa kajian budaya mengarah pada empat butir penting dalam wilayah kajian, yaitu (1) hubungan antara kesadaran dan kuasa tempat budaya dijadikan lahan politik; (2) identitas masyarakat dan nilai budaya yang berhadapan dengan formasi dalam modernitas serta budaya sebagai kehidupan sehari-hari; (3) budaya populer yang dikaitkan dengan hiburan dan dimediasi maka hal ini merupakan budaya sebagai teks hari ini; dan (4) ekspansi dari perbedaan arus globalisasi yang menimbulkan pluralitas budaya yang menyebabkan sebuah kebudayaan menjadi beragam.
Show more

22 Read more

BAB I PENDAHULUAN. Pariwisata merupakan salah satu fenomena yang selalu dikaitkan dengan

BAB I PENDAHULUAN. Pariwisata merupakan salah satu fenomena yang selalu dikaitkan dengan

Pariwisata merupakan salah satu fenomena yang selalu dikaitkan dengan kegiatan perjalanan seseorang untuk memperoleh pengalaman baru yang menyenangkan dan berkesan. Menurut Undang-Undang nomor 10 Tahun 2009 tentang kepariwisataan, yang dimaksud dengan pariwisata adalah berbagai macam kegiatan wisata dan didukung berbagai fasilitas serta layanan yang disediakan oleh masyarakat, pengusaha, pemerintah dan pemerintah daerah. Pariwisata dianggap sebagai suatu aset yang strategis untuk mendorong pembangunan pada wilayah-wilayah tertentu yang mempunyai potensi objek wisata sehingga dapat membawa manfaat dan pengaruh yang cukup besar meliputi aspek ekonomi (sumber devisa), aspek sosial (penciptaan lapangan kerja) dan aspek budaya. Selain itu parwisata juga merupakan sektor yang sangat kompleks yang terdiri atas berbagai komponen, seperti atraksi, transportasi, akomodasi, promosi dan sebagainya (Mill dan Morrison, dalam Hestiana, 2011)
Show more

24 Read more

BAB I PENDAHULUAN. Pelacuran merupakan salah satu fenomena sosial dalam masyarakat yang sangat

BAB I PENDAHULUAN. Pelacuran merupakan salah satu fenomena sosial dalam masyarakat yang sangat

Belum adanya satu program terpadu dari pemerintah untuk mengatasi masalah prostitusi menyebabkan fenomena wanita pekerja seks komersial terus tumbuh dengan subur, yang dibuktikan dengan semakin meningkatnya jumlah wanita pekerja seks komersial setiap tahunnya. Praktik prostitusi yang dilakukan secara terang-terangan hingga praktik prostitusi terselubung menambah jumlah wanita pekerja seks komersial di Indonesia. Salah satu contohnya ialah Dolly Dolly atau Gang Dolly adalah nama sebuah kawasan lokalisasi pelacuran yang terletak di daerah Jarak, Pasar Kembang, Kota Surabaya , Jawa Timur , Indonesia ., yaitu sebagai lokalisasi pelacuran yang terbesar di Asia Tenggara. Di kawasan lokalisasi ini, wanita penghibur "dipajang" di dalam ruangan berdinding kaca mirip etalase. Konon lokalisasi ini adalah yang terbesar di Asia Tenggara lebih besar dari Patpong di Bangkok , Thailand dan Geylang di Singapura . Bahkan pernah terjadi kontroversi untuk memasukkan Gang Dolly sebagai salah satu daerah tujuan wisata Surabaya bagi wisatawan mancanegara.
Show more

8 Read more

BAB I PENDAHULUAN. Salah satu fenomena menarik dalam perkembangan teknologi adalah

BAB I PENDAHULUAN. Salah satu fenomena menarik dalam perkembangan teknologi adalah

Salah satu fenomena menarik dalam perkembangan teknologi adalah adanya internet yang dapat memberi kemudahan baik setiap individu untuk berhubungan dalam jangka waktu yang cepat dan mudah tanpa dibatasi oleh jarak ruang dan waktu. Teknologi Internet merupakan sarana untuk berkomunikasi yang dapat menghubungkan individu satu dengan individu yang lain. Komunikasi yang dilakukan antar individu melibatkan suatu informasi dan pengetahuan yang bermanfaat bagi individu lain. Suatu pengetahuan dapat dikatakan bermanfaat apabila pengetahuan tersebut disebarkan dari individu satu kepada individu lain.
Show more

9 Read more

BAB I PENDAHULUAN. berbagai fenomena-fenomena alam yang dapat teramati secara langsung ataupun

BAB I PENDAHULUAN. berbagai fenomena-fenomena alam yang dapat teramati secara langsung ataupun

Fisika merupakan salah satu mata pelajaran yang sangat berkaitan erat dengan berbagai fenomena-fenomena alam yang dapat teramati secara langsung ataupun tidak. Rosdianto, Murdini & hendra (2017) menyatakan bahwa fisika merupakan ilmu yang mengkaji berbagai fenomena alam dan sebagai rumpun ilmu sains yang berisi fakta, konsep dan prinsip yang didasarkan pada hasil pengamatan. Berdasarkan hal tersebut fisika menjadi salah satu mata pelajaran yang harus dikuasai dengan baik oleh peserta didik. Selain berkaitan dengan berbagai fenomena alam fisika juga sangat berkaitan erat dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang terus berkembang. Chodijah, Fauji & Wulan (2012) mengungkapkan bahwa mata pelajaran fisika memiliki peranan besar dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Oleh sebab itu peserta didik harus memiliki literasi fisika yang baik agar mampu memahami, memaknai, mengkaji dan menghadapi berbagai fenomena alam dan perkembangan IPTEK.
Show more

13 Read more

BAB I PENDAHULUAN. Salah satu fenomena penggunaan bahasa yang menarik dalam masyarakat

BAB I PENDAHULUAN. Salah satu fenomena penggunaan bahasa yang menarik dalam masyarakat

fenomena penggunaan bahasa dalam interaksi komunikasi. Tabu telah ada dalam setiap bahasa dan budaya, meskipun ‘kata tabu’ belum didefinisikan sampai pada tahun 1977 oleh kapten James Cook. Cook, melaporkan bahwa kata tabu berasal dari ‘Tongan tapu’ yang berarti sesuatu yang dilarang (Cook, 1812: 676). Kapten Cook menggunakan istilah ‘taboo’ untuk menggambarkan perilaku masyarakat Polinesia dalam menyikapi sesuatu yang tidak boleh dilakukan, dimasuki, dilihat atau disentuh. Tabu tersebut dalam bentuknya berlaku secara universal. Cook melaporkan bahwa para perempaun Tahiti tidak boleh makan satu meja dengan laki-laki kecuali mereka dapat memastikan bahwa hal tersebut tidak dilihat oleh warga Tahiti lainnya. Ini merupakan contoh tabu yang berkaitan dengan tingkah laku yang tidak baik. (Allan dan Burridge, 2006: 3-4).
Show more

31 Read more

BAB I PENDAHULUAN. Periklanan merupakan fenomena sosial yang menjadi salah satu cara

BAB I PENDAHULUAN. Periklanan merupakan fenomena sosial yang menjadi salah satu cara

Salah satu cara yag dilakukan perusahaan dalam meningkatkan penjualan agar lebih cepat direspon oleh konsumen adalah dengan menghadirkan selebriti sebagai endorser. Selebriti endorser akan membantu dalam menciptakan kesadaran (awareness), apalagi iklan tersebut menarik dan dibawakan seorang selebriti yang terkenal akan mempengaruhi keberadaan produk dalam segi penjualan. Ohanian (1990) mengidentifikasi tiga dimensi yang membentuk kredibilitas pada seorang endorser, yakni: kemenarikan (attractiveness), tingkat keterpercayaan (trustworthiness), dan keahlian (expertise). Ketepatan pemilihan endorser adalah sangat penting untuk menyesuaikan karakteristik endorser tersebut dengan merek atau produk tertentu.
Show more

11 Read more

BAB I PENDAHULUAN. Anak jalanan merupakan salah satu fenomena sosial di perkotaan yang

BAB I PENDAHULUAN. Anak jalanan merupakan salah satu fenomena sosial di perkotaan yang

perlindungan terhadap anak. Anak jalanan sering dikejar-kejar dan diperlakukan kasar oleh aparat Pemerintah (Polisi Pamong Praja atau Polisi). Beberapa penelitian terdahulu yang ditulis oleh Hani Nurdiawati (2008), dengan judul “Pembinaan Anak Jalanan Menjadi Warga Negara yang Baik (Studi Kasus Tentang Proses Pembinaan Anak Jalanan pada Yayasan Saudara Sejiwa Ujungberung, Bandung)”. Dalam penelitian ini didapatkan temuan bahwa, program pembinaan yang dilakukan Yayasan Saudara Sejiwa sering kurang maksimal dan terhambat karena kurangnya dana, salah satu kendalanya berasal dari pemerintah. Dukungan dari pemerintah yang kurang maksimal menjadi hambatan dari pelaksanaan program yang ada, padahal upaya penanganan anak jalanan seharusnya dapat direalisasikan secara maksimal, karena program penanganan masalah anak jalanan merupakan kewajiban negara dalam melindungi warga negaranya.
Show more

12 Read more

BAB I PENDAHULUAN. Perkembangan persaingan bisnis di Indonesia merupakan salah satu fenomena

BAB I PENDAHULUAN. Perkembangan persaingan bisnis di Indonesia merupakan salah satu fenomena

Perkembangan persaingan bisnis di Indonesia merupakan salah satu fenomena yang sangat menarik untuk kita simak, terlebih lagi dengan adanya globalisasi dalam bidang ekonomi yang membuat persaingan bisnis menjadi semakin sengit. Dampak dari globalisasi menyebabkan industri jasa yang terdiri dari berbagai macam industri seperti industri telekomunikasi, transportasi, perbankan, dan perhotelan berkembang dengan cepat. Perusahaan lokal sebagai tuan rumah semakin dituntut untuk mengenali perilaku konsumen untuk kemudian dapat menyesuaikan kemampuan perusahaan dengan kebutuhan mereka. Perusahaan yang ingin bertahan harus mempunyai nilai lebih yang menjadikan perusahaan tersebut berbeda dengan perusahaan lain. Nilai lebih yang ditawarkan ini akan semakin memberikan kemantapan kepada konsumen untuk bertransaksi serta mendorong para konsumen tersebut untuk bertransaksi kembali.
Show more

6 Read more

BAB I PENDAHULUAN. Fenomena pariwisata sebagai salah satu sektor unggulan sangat mengesankan,

BAB I PENDAHULUAN. Fenomena pariwisata sebagai salah satu sektor unggulan sangat mengesankan,

BAB I PENDAHULUAN 1.1. Latar Belakang Fenomena pariwisata sebagai salah satu sektor unggulan sangat mengesankan, terutama kontribusinya dalam menambah pendapatan daerah. Sektor pariwisata merupakan sumber ekonomi yang cepat mendatangkan devisa bagi negara atau daerah tujuan wisata. Adapun keuntungan yang bisa diperoleh melalui pendapatan nilai tukar mata uang asing, pendapatan pemerintah yang diperoleh melalui pengenaan pajak langsung atas barang dan jasa serta pajak tidak langsung melalui bea dan cukai.

29 Read more

BAB I PENDAHULUAN. Multidrug resistant tuberculosis (MDR-TB) merupakan salah satu fenomena

BAB I PENDAHULUAN. Multidrug resistant tuberculosis (MDR-TB) merupakan salah satu fenomena

Multidrug resistant tuberculosis (MDR-TB) merupakan salah satu fenomena resistensi tuberkulosis (TB). MDR-TB didefinisikan sebagai keadaan resistensi terhadap setidaknya Isoniazid (INH) dan Rifampisin (RIF) yang merupakan obat antituberkulosis (OAT) lini pertama (WHO, 2012). World Health Organization (WHO) memperkirakan terdapat 480.000 kasus baru MDR-TB dan 190.000 kematian akibat MDR-TB di seluruh dunia pada tahun 2014. Dari jumlah kasus MDR-TB di dunia, 3,3% diantaranya merupakan kasus baru dan sekitar 20% merupakan kasus MDR-TB yang telah diobati sebelumnya (WHO, 2015). Dari jumlah kasus baru MDR-TB, diperkirakan hanya 7% yang berhasil didiagnosis. Pada 27 negara dengan angka kejadian MDR-TB tertinggi diperkirakan hanya 1% dari kasus baru MDR-TB yang dapat dideteksi dengan drug susceptibility testing (DST) karena keterbatasan kapasitas laboratorium. Akibatnya, pasien MDR-TB memperoleh terapi yang tidak tepat dan risiko transmisi strain MDR-TB meningkat (O’Grady et al., 2011).
Show more

6 Read more

BAB I PENDAHULUAN. Pengasuhan oleh orang tua tunggal adalah salah satu fenomena di zaman

BAB I PENDAHULUAN. Pengasuhan oleh orang tua tunggal adalah salah satu fenomena di zaman

percaya diri, emosi yang kurang terkontrol, terperangkap di dalam kesedihan dalam jangka waktu yang lama. Sehubungan dengan itu, single mother yang memiliki Autonomy yang rendah akan memiliki resiliency yang cenderung rendah juga. Sense of purpose yaitu kemampuan untuk fokus terhadap masa depan yang positif dan kuat secara konsisten telah diidentifikasikan dengan identitas diri yang positif, dan sedikitnya tingkah laku yang beresiko terhadap kesehatan. Kategori Sense of purpose terbagi ke dalam beberapa bagian yaitu arah goal, kreativitas, sense of meaning, dan koherensi belief bahwa hidup seseorang memiliki makna dan ia memiliki tempat di alam semesta ini. Single mother yang memiliki Sense of Purpose yang tinggi akan memiliki motivasi untuk memperbaiki keadaannya, dapat menemukan minat khusus yang dapat mengalihkan perhatian mereka dari keterpurukkannya (Werner dan Smith,2001), dapat mengaktualisasikan dirinya, memiliki optimisme dan harapan akan masa depan, memperoleh kekuatan yang tinggi dari agama dan manfaat lain dari keyakinan atau spiritualitas yang lebih umum.
Show more

25 Read more

BAB I PENDAHULUAN. 1.1 Identifikasi Permasalahan. Pertumbuhan penduduk merupakan salah satu fenomena sosial yang selalu

BAB I PENDAHULUAN. 1.1 Identifikasi Permasalahan. Pertumbuhan penduduk merupakan salah satu fenomena sosial yang selalu

Dari data yang ada terlihat bahwa tubektomi banyak dilakukan oleh perempuan, sedangkan vasektomi untuk laki-laki sama sekali tidak ada. 1.2 Alasan Pemilihan Judul Skripsi Sebagaimana sudah disebutkan di atas, kebanyakan pengguna sterilisasi KB adalah perempuan, sedangkan laki-laki tidak ada yang melakukan sterilisasi atau vasektomi.Padahal sterilisasi KB juga bisa dilakukan oleh laki-laki, namun mereka cenderung beranggapan bahwa sterilisasi KB hanya dilakukan oleh perempuan saja. Hal tersebut dikarenakan kuatnya budaya patriakhi dalam tatanan sosial masyarakat Maluku, sehingga laki-laki menjadi orang nomor satu dan perempuan hanya mengikuti apa yang diperintahkan oleh suaminya. Anehnya kenyataan ini masih saja dianggap sebagai tradisi yang harus dilakukan dalam kehidupan masyarakat Maluku.Ini seolah-olah menyatakan bahwa mereka belum menyadari adanya kesetaraan jender khususnya dalam kehidupan keluarga Kristen di RSUD Ambon.
Show more

12 Read more

BAB I PENDAHULUAN. Indonesia menjadi salah satu fenomena yang menarik untuk dibahas. Persaingan

BAB I PENDAHULUAN. Indonesia menjadi salah satu fenomena yang menarik untuk dibahas. Persaingan

Oleh karena itu setiap hotel akan mempunyai cara-cara yang berbeda untuk memancing konsumen agar memakai jasa mereka. Hal ini bukan saja menjadikan sebuah tantangan tetapi juga sebagai peluang. Salah satu tempat tujuan wisata yang terdapat di Indonesia adalah kota Bandung yang merupakan salah satu kota dengan berbagai macam potensi dan keanekaragaman daya tarik wisata yang dimilikinya. Kepala bidang Pemasaran Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung mengatakan pada saat ini kota Bandung merupakan salah satu kota yang sering dikunjungi oleh wisatawan domestik maupun mancanegara (Kompas 2014).
Show more

15 Read more

BAB I PENDAHULUAN. Bencana alam merupakan sebuah fenomena yang menimpa lingkungan dan

BAB I PENDAHULUAN. Bencana alam merupakan sebuah fenomena yang menimpa lingkungan dan

Peneliti mengambil Tirto.id sebagai objek penelitian karena Tirto.id merupakan salah satu media yang memproduksi berita berbasis data dalam beberapa artikelnya. Pada halaman situsnya, Tirto.id memperkenalkan diri sebagai media yang mengarah pada jurnalisme presisi. Mereka memanfaatkan foto, rekaman wawancara, dan data statistik yang diolah menjadi infografik atau video infografik. Tirto.id juga memiliki rubrik tersendiri untuk artikel yang berbasis data, seperti In-Depth dan Periksa Data.

11 Read more

BAB 1 PENDAHULUAN. gejala-gejala alam dan keteraturannya serta mempelajari fenomena-fenomena

BAB 1 PENDAHULUAN. gejala-gejala alam dan keteraturannya serta mempelajari fenomena-fenomena

Mempelajari IPA berarti mempelajari tentang alam, mempelajari gejala-gejala alam dan keteraturannya serta mempelajari fenomena-fenomena yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Pembelajaran IPA tidak hanya dihadapkan pada sekumpulan teori dan hukum saja. Pembelajaran IPA juga dihadapkan pada sekumpulan data fakta teori yang diarahkan pada pengalaman siswa untuk memahami peristiwa, gejala dan dapat menyelesaikan masalahnya dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu sumber belajar dari pembelajaran IPA adalah teks IPA. Teks IPA seharusnya dapat membantu siswa untuk memahami konsep – konsep IPA, termasuk didalamnya konsep fisika. Melalui pemahaman konsep yang didapatkan, siswa diharapkan memiliki keterampilan scientific inquiry yang dapat membuat pembelajaran lebih bermakna.
Show more

33 Read more

BAB I PENDAHULUAN. satu fenomena penting yang tidak dapat diabaikan dari seluruh proses

BAB I PENDAHULUAN. satu fenomena penting yang tidak dapat diabaikan dari seluruh proses

Migrasi internasional pekerja Indonesia ke luar negeri merupakan salah satu fenomena penting yang tidak dapat diabaikan dari seluruh proses pembangunan. Arti penting mobilitas pekerja tersebut secara regional dapat dilihat melalui perannya terhadap penerimaan devisa (foreign exchange). Aliran uang masuk dari remitan 1 (inflow worker’s remittances), baik yang dikirim oleh pekerja migran maupun yang dibawa saat mereka pulang, akan berpengaruh pada besarnya Neraca Pembayaran Indonesia. Berdasarkan hasil survei tentang remitan yang dilakukan oleh Bank Indonesia 2008, dikatakan bahwa nilai remitan telah mencapai satu pertiga inflow dari penanaman modal asing (foreign direct investment) dan melampaui utang luar negeri pemerintah (Official Aid) (BI, 2009).
Show more

29 Read more

BAB I PENDAHULUAN. Salah satu fenomena yang menarik adalah bahwa setiap orang. menginginkan perubahan dalam kehidupannya. Setiap manusia pada umumnya

BAB I PENDAHULUAN. Salah satu fenomena yang menarik adalah bahwa setiap orang. menginginkan perubahan dalam kehidupannya. Setiap manusia pada umumnya

Sesuai yang di katakan tersebut diatas, bahwa salah satu cara merubah kehidupan sosial ekonom inya maka dilakukan oleh sesorang maupun berkelompok bahkan bedol desa dari daerah asalnya. Istilah merantau berasal dari bahasa melayu, minangkabau dan bahasa indonesia yang mempunyai persamaan arti dan juga pemakaian kata dari dasar kata rantau (M ochtar Naim, 1979). Sebagai referensi bahwa salah satu tanda khas yang merupakan suatu bahasa ciri khas suku minang adalah mereka sejak jaman dulu terkenal sebagai perantau. Orang minang terkenal sebagai etnis yang mampu berbaur dengan masyarakat dengan cepat. M ampu melakukan adaptasi pada lingkungan yang baru secara cepat (Latief, N, CH, Bandoro, DT. 2002) .
Show more

16 Read more

BAB I PENDAHULUAN. 1.1 Latar Belakang. Salah satu fenomena sosial di Indonesia adalah anak jalanan yang semakin

BAB I PENDAHULUAN. 1.1 Latar Belakang. Salah satu fenomena sosial di Indonesia adalah anak jalanan yang semakin

1 1.1 Latar Belakang Salah satu fenomena sosial di Indonesia adalah anak jalanan yang semakin banyak. Hal ini berawal dari kemiskinan, yang merupakan faktor ekonomi. Selain itu disebabkan oleh kekerasan/ paksaan dari keluarga, ingin memiliki uang sendiri dan pengaruh dari teman. Mereka melakukan berbagai jenis pekerjaan di jalanan, yang dapat mengganggu kesehatannya serta tumbuh kembangnya (Buramare, Yudiernawati, & Nurmaningsari, 2017). Menurut Mezak (2007,dalam Rahayu, 2017), mengemukakan bahwa istilah anak jalanan pertama kali disebut di brazil dengan istilah “Men inos de Ruas”sebagai sebutan dari sekelompok anak yang hidup dijalanan dan tidak mempunyai keluarga.
Show more

11 Read more

Show all 10000 documents...