Top PDF Buku panduan akademik tahun akademik 2011:2012

Buku panduan akademik tahun akademik 2011:2012

Buku panduan akademik tahun akademik 2011:2012

G.4 Kompetensi Lulusan Kompetensi lulusan yang ingin dibentuk dengan menggunakan kurikulum ini, disusun berdasarkan ciri-ciri yang esensial dari ilmu Fisika dan ciri-ciri seorang Fisikawan yang menggeluti ilmu Fisika. Beberapa di antara ciri-ciri itu adalah: Fisika mencakup aktivitas-aktivitas pengamatan, pemahaman dan peramalan atau prediksi terhadap gejala-gejala alam. Aktivitas-aktivitas ini diwujudkan dalam bentuk aktivitas-aktivitas ilmiah para fisikawan yang bersifat teoretik, eksperimental dan aplikatif. Dalam aktivitasnya yang bersifat teoretik, eksperimental maupun aplikatif, seorang fisikawan memanfaatkan bantuan ilmu Matematika dan ketrampilan komputasi. Fisika merupakan ilmu empiris sehingga tidak bisa lepas dari ketrampilan melakukan eksperimen. Di samping itu karena fisika mempelajari gejala-gejala alam yang sangat mendasar, misalnya partikel elementer penyusun segala materi dan jagad raya, maka tidak bisa lepas juga dari kemampuan berpikir secara filosofis yang tersusun dan terjabarkan dalam bahasa matematis. Sebagai tambahan, dengan melakukan berbagai aktivitas di bidang ilmu Fisika akan membawa manfaat dalam pengembangan pribadi seseorang, misalnya dapat membangun kemampuan memecahkan masalah, kemampuan berpikir logis dan analitis serta kemampuan untuk mandiri . Berdasarkan ciri-ciri esensial ilmu Fisika dan para Fisikawan yang menggelutinya, disusunlah kompetensi lulusan sarjana (S1) Fisika UGM yang diharapkan dapat dicapai melalui pelaksanaan kuliah berdasarkan kurikulum 2011 prodi Fisika (S1) UGM, sebagai berikut:
Baca lebih lanjut

108 Baca lebih lajut

Buku Panduan Akademik Tahun Akademik 2011/2012

Buku Panduan Akademik Tahun Akademik 2011/2012

G.4 Kompetensi Lulusan Kompetensi lulusan yang ingin dibentuk dengan menggunakan kurikulum ini, disusun berdasarkan ciri-ciri yang esensial dari ilmu Fisika dan ciri-ciri seorang Fisikawan yang menggeluti ilmu Fisika. Beberapa di antara ciri-ciri itu adalah: Fisika mencakup aktivitas-aktivitas pengamatan, pemahaman dan peramalan atau prediksi terhadap gejala-gejala alam. Aktivitas-aktivitas ini diwujudkan dalam bentuk aktivitas-aktivitas ilmiah para fisikawan yang bersifat teoretik, eksperimental dan aplikatif. Dalam aktivitasnya yang bersifat teoretik, eksperimental maupun aplikatif, seorang fisikawan memanfaatkan bantuan ilmu Matematika dan ketrampilan komputasi. Fisika merupakan ilmu empiris sehingga tidak bisa lepas dari ketrampilan melakukan eksperimen. Di samping itu karena fisika mempelajari gejala-gejala alam yang sangat mendasar, misalnya partikel elementer penyusun segala materi dan jagad raya, maka tidak bisa lepas juga dari kemampuan berpikir secara filosofis yang tersusun dan terjabarkan dalam bahasa matematis. Sebagai tambahan, dengan melakukan berbagai aktivitas di bidang ilmu Fisika akan membawa manfaat dalam pengembangan pribadi seseorang, misalnya dapat membangun kemampuan memecahkan masalah, kemampuan berpikir logis dan analitis serta kemampuan untuk mandiri. Berdasarkan ciri-ciri esensial ilmu Fisika dan para Fisikawan yang menggelutinya, disusunlah kompetensi lulusan sarjana (S1) Fisika UGM yang diharapkan dapat dicapai melalui pelaksanaan kuliah berdasarkan kurikulum 2011 prodi Fisika (S1) UGM, sebagai berikut:
Baca lebih lanjut

108 Baca lebih lajut

tahun akademik 2011/2012 buku panduan universitas indonesia

tahun akademik 2011/2012 buku panduan universitas indonesia

Fakultas Kedokteran merupakan unit tertua dalam lintas sejarah Universitas Indonesia. Kini FKUI terus mengembangkan diri melalui pendidikan yang telah disesuaikan dengan Program Standar Internasional, yang ditetapkan oleh Federasi Pendidikan Kedokteran Dunia. Di FKUI Mahasiswa harus mengikuti sistem modul yang sudah ditetapkan secara sistematis. Kurikulum FKUI terdiri atas tiga tahap. Tahap pertama general education pada semester satu. Tahap kedua medical sciences pada semester 2-6, kemudian tahap ketiga berupa clinical practice pada semester 7-10. Tahap pendidikan ini dilengkapi dengan masa internship selama satu tahun.
Baca lebih lanjut

47 Baca lebih lajut

Buku Panduan Akademik Tahun Akademik 2020/2021

Buku Panduan Akademik Tahun Akademik 2020/2021

Koleksi perpustakaan menyediakan berbagai koleksi buku, majalah, jurnal, skripsi, laporan penelitian, laporan kerja praktek, dan prossiding. Perpustakaan juga menyediakan CD interaktif program yang dapat dipinjam dan dimanfaatkan untuk kepentingan proses belajar mengajar. Untuk mendukung proses pembelajaran dan penelitian di seluruh lingkungan UII, Direktorat Perpustakaan berlangganan data base: Scopus, Science Direct, ProQuest, SciFinder, IG Publishing, Springer, EBSCO, Westlaw, eBooks, Jstor.

50 Baca lebih lajut

Buku Panduan Akademik

Buku Panduan Akademik

Pada tahun 2002 Universitas Kristen Maranatha menyelenggarakan Program Magister Manajemen berdasarkan surat izin No. 1063/D/T/2002 dari Direktur Jenderal pendidikan Tinggi tertanggal 29 Mei 2002. Izin penyelenggaraan tersebut telah diperpanjang berdasarkan surat No. 6569/D/T/K-IV/2011 tertanggal 21 April 2011. Penyelenggaraan program Magister Manajemen ini didasarkan pada kebutuhan akan pembentukan dan pendidikan pemimpin- pemimpin yang kompeten. Dalam era globalisasi dengan lingkungan yang turbulen dan kompetitif sangat dirasakan perlunya akan pemimpinpemimpin yang handal dan terampil agar mampu memberikan kontribusinya kepada kinerja organisasi dan dengan demikian memberikan kontribusinya kepada kesejahteraan bangsa dan negara.
Baca lebih lanjut

23 Baca lebih lajut

Buku Panduan Akademik

Buku Panduan Akademik

serta pengelolaan pimpinan YBWSA dan Unissula, para Dekan mampu mengembangkan fakultasnya masing-masing. Hanya Fakultas Ilmu Pasti Alam, pada tahun 1967 terpaksa ditutup untuk sementara tidak menerima mahasiswa baru karena kekurangan animo, sedangkan sisa mahasiswanya digabungkan dengan Fakultas Teknik. Selanjutnya pada tahun 1985, dibuka Fakultas Tarbiyah Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) dengan Dekan pertamanya, Drs. H. Abdullah Salim (yang nama lengkap sekarang Dr. H. Abdullah Salim, M.A.).

92 Baca lebih lajut

Buku Panduan Akademik

Buku Panduan Akademik

i KATA SAMBUTAN REKTOR Upaya peningkatan mutu akademik Universitas Syiah Kuala terus ditingkatkan, seiring dengan perjalanan waktu yang menuntut berbagai perubahan yang sesuai dengan kebutuhan terkini, perkembangan teknologi, dan perubahan kebijakan pemerintah. Rektor Universitas Syiah Kuala melalui surat keputusan Nomor 923 Tahun 2014 tanggal 24 Juni 2014 telah membentuk suatu tim untuk memperbaiki dan menyempurnakan peraturan akademik dan sistem administrasi akademik yang berlaku di Unsyiah. Dalam perjalanan penyempurnaannya, dikarenakan Permendikbud Nomor 49 Tahun 2014 yang ditunda dan diterbitkan pada Desember tahun 2015 dalam bentuk baru yang tertuang dalam Permenristekdikti Nomor 44 Tahun 2015 maka hasil kerja tim ini telah ditetapkan dengan surat Keputusan Rektor Nomor 1011 Tahun 2016 tanggal 19 Mei 2016. Keputusan Rektor ini dikeluarkan setelah memperhatikan hasil rapat Komisi Akademik Senat Universitas Syiah Kuala pada tanggal 3 Februari 2016.
Baca lebih lanjut

91 Baca lebih lajut

Buku Panduan Akademik

Buku Panduan Akademik

Pengurus Lembaga kemahasiswaan tersebut di atas dipilih dari, oleh dan untuk para mahasiswa Fakultas (dalam hal SMF dan EMF) atau para mahasiswa Jurusan (untuk HMJ). Penyelenggaraan pemilihan dan susunan pengurus SMF dan EMF di lingkungan Universitas Janabadra diatur berdasarkan surat keputusan Rektor Universitas Janabadra yang diterbitkan untuk setiap periode kepengurusan yaitu 1 (satu) tahun sekali.

80 Baca lebih lajut

BUKU PANDUAN AKADEMIK

BUKU PANDUAN AKADEMIK

Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Islam Sultan Agung (FKG Unissula) didirikan tidak terlepas dari keinginan seluruh keluarga besar Yayasan Badan Wakaf Sultan Agung untuk selalu meningkatkan peran sertanya dalam mengembangkan dunia Pendidikan Tinggi, khususnya Pendidikan tinggi bidang kedokteran dan kesehatan. Pendidikan pada FKG Unissula menggunakan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) dengan pendekatan strategi pembelajaran Problem Base Learning (PBL) dan berpedoman pada Standar Kompetensi Dokter Gigi oleh Konsil Kedokteran Indonesia (KKI) tahun 2015, dan Standar Luaran Unissula.
Baca lebih lanjut

73 Baca lebih lajut

BUKU PANDUAN AKADEMIK

BUKU PANDUAN AKADEMIK

Kurikulum Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Al-Hikmah Bumi Agung Way Kanan yang digunakan adalah kurikulum 2004 (kurikulum 1997 yang disempurnakan) yakni kurikulum yang disusun berdasarkan Pedoman Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi Islam Nomor: 353 tahun 2004 dengan penekanan pada kompetensi kelulusan. Kurikulum tersebut akan ditinjau pada setiap periode tertentu sekurang-kurangnya setelah dilakukan evaluasi terhadap output yang dihasilkan oleh unit penjamin mutu akademik dan regulasi melalui UU no 12 tahun 2012 tentang pendidikan pendidikan tinggi memberikan keleluasaan pada satuan pendidikan tinggi untuk untuk merumuskan kurikulum yang khas distingtif seperti PP 66/2010 dengan tegas memberikan ruang penyusunan dan pada perguruan tinggi serta otonomi perguruan tinggi juga dapat dimanfaatkan secara maksimal.
Baca lebih lanjut

39 Baca lebih lajut

BUKU PANDUAN AKADEMIK

BUKU PANDUAN AKADEMIK

TERBILANG DI HAMPARAN WARISAN TIGA GENERASI Universiti Pendidikan Sultan Idris (UPSI) merupakan sebuah institusi pengajian tinggi awam yang penting dalam sejarah pendidikan negara. Institusi ini berkembang secara bertahap dari sebuah Maktab Perguruan sehinggalah menjadi sebuah Universiti Pendidikan. Perkembangan UPSI melalui tiga (3) era, iaitu era Sultan Idris Training College (SITC), 29 November 1922 – 1957, era Maktab Perguruan Sultan Idris (MPSI), 1957 – 1987 dan era Insti Perguruan Sultan Idris (IPSI), 21 Februari 1987- April 1997. Tiga (3) era ini juga memperlihatkan wadah generasi pendidik yang dilahirkan oleh insti ini dalam tempoh 75 tahun. Tanggal 1 Mei 1997 bermulalah lembaran barunya sebagai sebuah universiti apabila universiti ini diperbadankan di bawah Perintah Universiti Pendidikan Sultan Idris (Perbadanan) 1997 dan Perintah Universiti Pendidikan Sultan Idris (Kampus) 1997 menerusi Warta Kerajaan P. U (A) 132 & 133 yang bertarikh 24 Februari 1997.
Baca lebih lanjut

70 Baca lebih lajut

BUKU PANDUAN AKADEMIK

BUKU PANDUAN AKADEMIK

prestasi dalam berbagai bidang seperti olahraga, seni dan akademik sudah menjadi ‘santapan’ dalam kehidupan sehari-hari civitas akademika UAD. Maka, sudah tepatlah jika banyak calon mahasiswa menyerbu gerbang UAD untuk segera mengikuti kegiatan-kegiatan kami. Kami menghargai dan menyambut gembira atas bergabungnya para mahasiswa baru tahun ini. Yakinlah bahwa Anda tidak akan menyesal memilih untuk kuliah prodi Sastra Inggris Universitas Ahmad Dahlan, dan Silahkan dibuktikan.

50 Baca lebih lajut

BUKU PANDUAN AKADEMIK

BUKU PANDUAN AKADEMIK

Dalam Buku Panduan edisi tahun 2015 ini, data organisasi dan personalia Pimpinan Fakultas, Jurusan, data tenaga pengajar dan data lainnya telah disesuaikan dengan perkembangan sampai dengan akhir Mei 2015. Kurikulum sudah menggunakan KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia) yang lebih berorientasi pada pasar kerja. Dengan demikian diharapkan para mitra kerja, pengguna, alumni Fakultas Teknik Universitas Sam Ratulangi akan memperoleh informasi terbaru, serta dapat pula mengkaji, untuk selanjutnya menyumbangkan saran-saran untuk perbaikan dan peningkatan kualitas pendidikan, demi menghasilkan lulusan yang diharapkan pasar kerja serta mampu mandiri.
Baca lebih lanjut

167 Baca lebih lajut

BUKU PANDUAN AKADEMIK

BUKU PANDUAN AKADEMIK

Pada awal tahun 2018, Akademi Farmasi Samarinda mengajukan perubahan bentuk menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Samarinda disertai dengan penambahan program studi Sarjana (S1) Farmasi. Perubahan bentuk dan penambahan prodi S1 pada akhirnya terealisasi pada tanggal 31 Desember 2018 dengan diterbitkannya Surat Keputusan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 1307/KPT/I/2018 tentang Perubahan Bentuk Akademi Farmasi Samarinda di Kota Samarinda Menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Samarinda yang diselenggarakan oleh Yayasan KAGAMA Kalimantan Timur.
Baca lebih lanjut

77 Baca lebih lajut

BUKU PANDUAN AKADEMIK

BUKU PANDUAN AKADEMIK

Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia beroleh izin operasional Dikti dengan nomor 3397D/T/2008 dan Program Studi Teknologi Pembelajaran beroleh izin operasional Dikti dengan nomor 3397D/T/2008. Tuntutan masyarakat mendorong Pascasarjana Untirta agar membuka program studi lain sesuai dengan kebutuhan. Pada tahun 2009 Pascasarjana Untirta mengajukan Program Studi Magister Ilmu Hukum dan Magister Administrasi Publik. Pada tahun 2010 keluar izin pertimbangan Dikti untuk Program Studi Ilmu Hukum dengan nomor 3327.20/D2.2/2010 dan izin operasional dengan Nomor 158/E/O/2013. Pada tahun 2014, Pascasarjana Unirta diberi mandat untuk menyelenggarakan Program Studi Magister Administrasi Publik melalui Surat Dirjen DIKTI Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan nomor 1607/E2.2/KL/2014 tentang mandat penyelenggaraan program studi pada Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Saat ini program studi yang terakreditasi BAN PT dengan peringkat akreditasi “B” adalah (1) Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia terakreditasi dengan nomor 1085/SK/BAN-PT/Ak- SURV/M/VII/2016, (2) Program Studi Teknologi Pembelajaran terakeditasi dengan nomor 0004/SK/BAN-PT/Akred/M/I/2016, dan (3) Program Studi Ilmu Hukum dengan nomor 245/SK/BAN-PT/Akred/M/I/2018.
Baca lebih lanjut

74 Baca lebih lajut

BUKU PANDUAN AKADEMIK

BUKU PANDUAN AKADEMIK

Kurikulum Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Al-Hikmah Bumi Agung Way Kanan yang digunakan adalah kurikulum 2004 (kurikulum 1997 yang disempurnakan) yakni kurikulum yang disusun berdasarkan Pedoman Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi Islam Nomor: 353 tahun 2004 dengan penekanan pada kompetensi kelulusan. Kurikulum tersebut akan ditinjau pada setiap periode tertentu sekurang-kurangnya setelah dilakukan evaluasi terhadap output yang dihasilkan oleh unit penjamin mutu akademik dan regulasi melalui UU no 12 tahun 2012 tentang pendidikan pendidikan tinggi memberikan keleluasaan pada satuan pendidikan tinggi untuk untuk merumuskan kurikulum yang khas distingtif seperti PP 66/2010 dengan tegas memberikan ruang penyusunan dan pada perguruan tinggi serta otonomi perguruan tinggi juga dapat dimanfaatkan secara maksimal.
Baca lebih lanjut

47 Baca lebih lajut

Buku Panduan Akademik 2012 rev 2017 akhir

Buku Panduan Akademik 2012 rev 2017 akhir

Ruang Referensi jurusan kimia FMIPA Unnes telah dirintis sejak tahun 1970 – an yang keberadaan dan pengelolaannya sebagai bagian dari laboratorium kimia. Pada saat ini ruang referensi jurusan kimia menempati ruang D – 126 Gedung D4 Lantai 1 FMIPA Unnes terdiri dari ruang baca, ruang buku dan administrasi. Perpustakaan dibuka setiap hari kerja pukul 08.00 s.d 16.00 WIB, kecuali hari Jumat pukul 08.00 s.d 14.00 WIB. Pengelola perpustakaan terdiri atas seorang dosen, 1 tenaga pustakawan dibantu oleh mahasiswa piket. Koleksi buku berasal dari pembelian, hibah, dan sumbangan alumni. Aktivitas sehari-hari melayani mahasiswa, dosen kimia, dan mahasiswa jurusan lain dalam peminjaman buku teks dan skripsi di bidang kimia, pendidikan kimia, penelitian, dan pengajaran untuk menunjang aktivitas dosen dan mahasiswa dalam perkuliahan, penyusunan skripsi, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Koleksi yang dimiliki terdiri dari Skripsi/Tugas Akhir mahasiswa, buku teks, diktat, makalah seminar, dan jurnal yang terkait dengan kimia dan pendidikan kimia prosiding seminar, tesis, dan disertasi dosen. Mulai awal tahun 2005 perpustakaan telah dilengkapi dengan 1 buah komputer yang terhubung dengan sistem LAN dan internet.
Baca lebih lanjut

64 Baca lebih lajut

BUKU PANDUAN BIMBINGAN AKADEMIK

BUKU PANDUAN BIMBINGAN AKADEMIK

Penelitian Guthrie dan kawan-kawan melaporkan bahwa lebih dari 50 % mahasiswa tahun pertama mengalami stress yang berhubungan dengan tugas-tugas perkuliahan. Penelitian Moffat dan kawan-kawan menemukan bahwa pada awal perubahan kurikulum di beberapa fakultas merupakan sumber stress bagi mahasiswa.

73 Baca lebih lajut

Buku Panduan Akademik   Temp

Buku Panduan Akademik Temp

Untuk meningkatkan kualitas pendidikan, dilaksanakan program kerjasama antara Fakultas Teknik UGM dengan University of California at Los Angeles, melalui dana USAID, yang saat itu sangat dikenal dengan simbol gambar ‘jabat tangan’ atau istilah masyarakat ‘gambar salaman’. Bantuan dana US-AID ini berujud sejumlah sejumlah mikroskop polarisasi (masih difungsikan di lab. Geo-Optik), sejumlah contoh batuan (yang kini masih dapat kita lihat di Lab. Bahan Galian), sejumlah buku antara, serta palu dan kompas geologi tipe Brunton. Selain itu terdapat pula dosen tamu yaitu Prof. Dr. Daniel Klemme. Bantuan guru besar dari USA tersebut diakhiri beberapa tahun kemudian karena situasi politik yang tidak memungkinkan antara Indonesia-Amerika. Bantuan lainnya diwujudkan pula dalam program tugas belajar ke USA yang memberangkatkan beberapa dosen UGM, termasuk Iman W. Sumarinda dari Geologi Teknik dan Aryono Suwarno dari Pertanian yang kemudian pindah ke Geologi.
Baca lebih lanjut

41 Baca lebih lajut

BUKU PANDUAN Akademik Final

BUKU PANDUAN Akademik Final

Kegiatan mahasiswa ekstra kurikuler merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dengan kegiatan kurikuler dalam rangka upaya memberikan bekal ilmu dan ketrampilan serta wawasan berorganisasi bagi lulusan STIE Pelita Nusantara. Sejak tahun 2005 perhatian pimpinan STIE Pelita Nusantara terhadap pembinaan kegiatan mahasiswa lebih ditingkatkan, sejalan dengan pemahaman tentang pentingnya pembinaan kegiatan ekstra kurikuler tersebut. Fasilitas ruangan untuk Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan beberapa UKM telah diadakan dan ditingkatkan fungsinya.

102 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...