Top PDF cara pelayanan farmasi yang baik

cara pelayanan farmasi yang baik

cara pelayanan farmasi yang baik

Ketatnya persaingan di jaman globalisasi menyebabkan suatu pelayanan kesehatan saling berlomba untuk mendapatkan konsumen sebanyak mungkin dengan berbagai rnacam sumber daya yang dimiliki, pada sisi lain tidak dapat dipungkiri bahwa konsumen semakin selektif dalam memilih sebuah produk barang/jasa. Untuk dapat bersaing tidak hanya cukup dengan memberikan mutu petayanan terbaik dalam mencapai apa yang disebut dengan customer satisfaction akan tetapi mutu barang / jasa yang ditawarkan juga harus mampu memberikan jaminan mutu, sehingga mampu memenuhi tuntutan konsumen. Oleh karena itu penerapan sistem Manajemen Mutu tidak dapat dihindari lagi.
Baca lebih lanjut

82 Baca lebih lajut

Evaluasi pelaksanaan cara distribusi obat yang baik pada pedagang besar farmasi di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta tahun 2016.

Evaluasi pelaksanaan cara distribusi obat yang baik pada pedagang besar farmasi di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta tahun 2016.

Subjek penelitian adalah 48 pedagang besar farmasi yang terdaftar di Dinas Kesehatan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta berdasarkan data pelaporan tahun 2016. Teknik sampling cluster yang dilakukan terdiri dari 2 tahap yaitu pertama menentukan sampel daerah dimana ada 5 kabupaten yang terdiri dari Kabupaten Kota Yogyakarta, Bantul, Kulonprogo, Gunungkidul, dan Sleman Di Provinsi DIY. Namun hanya ada 3 kabupaten yang memiliki PBF yaitu Kabupaten Kota, Bantul dan Sleman yang kedua dilakukan penentuan sampling 50% PBF pada masing-masing daerah sehingga didapatkan sampel sebesar 24 PBF. Jumlah sampel yang didapat dianggap dapat mewakili jumlah keseluruhan PBF yang akan diteliti. Proses pengambilan data dilakukan pada Maret – Mei 2016 dengan cara cross sectional membawa kuisioner pada setiap 24 Pedagang Besar Farmasi yang telah dilakukan cluster sebelumnya dan telah terdaftar pada Dinas Kesehatan DIY. Peneliti menyampaikan kuisioner kepada penanggung jawab (responden) PBF dan menjelaskan tata cara pengisian kuisioner. Pengisian kuisioner dilakukan sendiri oleh responden pada saat di tempat penelitian. Selama proses pengisian, responden didampingi oleh peneliti sekaligus diwawancarai.
Baca lebih lanjut

40 Baca lebih lajut

Laporan Praktek Kerja Profesi Apoteker Farmasi Industri

Laporan Praktek Kerja Profesi Apoteker Farmasi Industri

Produksi Herbal secara keseluruhan telah mengacu pada Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik (CPOTB), baik bangunan, personalia, peralatan, dan proses produksinya. PT. Indofarma (Persero) Tbk. sudah mempunyai pusat ekstraksi yang digunakan sebagai sarana pengolahan obat dari bahan alam yang modern meliputi unit ekstraksi, destilasi dan produksi yang dilengkapi fasilitas produksi dengan peralatan yang modern. Bahan baku simplisia yang digunakan untuk pembuatan obat tradisional belum sepenuhnya diproduksi sendiri oleh Indofarma, sebagian dipenuhi dengan cara membeli langsung dari supplier, melalui petani binaan, atau bekerja sama dengan institusi lain (universitas, petani, dan sebagainya). Pembentukan petani binaan dimaksudkan agar simplisia yang dihasilkan dapat terjamin mutunya dan sekaligus dimaksudkan untuk mengembangkan ekonomi kerakyatan.
Baca lebih lanjut

80 Baca lebih lajut

Implementasi cara distribusi obat yang baik pada pedagang besar farmasi di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Implementasi cara distribusi obat yang baik pada pedagang besar farmasi di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Data di Departemen Kesehatan per 30 April 2010 terdapat 2.821 PBF yang tersebar di 33 provinsi di Indonesia. Provinsi Jawa Timur memiliki PBF terbanyak yakni 461 (16,3%), sedang Provinsi Sulawesi Barat hanya memiliki 1 PBF (5). Sediaan farmasi yang telah mendapat izin edar dari menteri kesehatan sebanyak 79.045 jenis terdiri dari 16,4% obat, 10,5% obat tradisional, dan 73,1% kosmetik (6). Beberapa penelitian terkait PBF yang telah dilakukan yakni tentang aspek manajemen dan tata cara pendirian PBF (7, 8, 9, dan 10). Penelitian ini mengevaluasi implementasi CDOB pada PBF di Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.
Baca lebih lanjut

14 Baca lebih lajut

Tips cara belajar yang baik

Tips cara belajar yang baik

Apabila kita telah membuat jadwal belajar maka harus dijalankan dengan baik. Contohnya seperti belajar tepat waktu dan serius tidak sambil main-main dengan konsentrasi penuh. Jika waktu makan, mandi, ibadah, dan sebagainya telah tiba maka jangan ditunda-tunda lagi. Lanjutkan belajar setelah melakukan kegiatan tersebut jika waktu belajar belum usai. Bermain dengan teman

17 Baca lebih lajut

Bagaimana cara menjadi wanita yang baik

Bagaimana cara menjadi wanita yang baik

Wanita memiiki peran yag sangat penting dalam berbagai hal. Mulai dari hidup berkeluarga, menjadi seorang istri dan ibu yang baik, serta berdampak bagi lingkungan dan kehidupan yang lebih luas. Seiring dengan perannya yang sangat penting, maka keinginan untuk terus belajar menjadi individu yang lebih baik harus selalu tertanam.

9 Baca lebih lajut

Cara persentasi yang baik dan menarik

Cara persentasi yang baik dan menarik

Audiens menghadiri sebuah presentasi dengan motivasi awal yang berbeda-beda. Ada yang memang ingin mendapatkan informasi baru dari Anda. Namun ada pula yang sekedar datang karena diminta oleh atasannya. Oleh karena itu, inilah kesempatan Anda untuk menciptakan motivasi yang sama bagi audiens agar mereka merasa perlu mendengarkan presentasi Anda sampai selesai. Pembukaan yang baik juga

31 Baca lebih lajut

CARA PENILAIAN BAIK DAN BURUK

CARA PENILAIAN BAIK DAN BURUK

Bisikan hati adalah “kekuatan batin yang dapat mengidentifikasi apakah sesuatu perbuatan itu baik atau buruk tanpa terlebih dahulu melihat akibat yang ditimbulkan perbuatan itu”. Faham ini merupakan bantahan terhadap faham hedonisme. Tujuan utama dari aliran ini adalah keutamaan, keunggulan, keistimewaan yang dapat juga diartikan sebagai “kebaikan budi pekerti”

6 Baca lebih lajut

TIPS CARA BELAJAR YANG BAIK

TIPS CARA BELAJAR YANG BAIK

berpengaruh dalam peningkatan prestasi belajar, apabila kamu jarang belajar maupun hanya belajar jika akan ada ulangan pasti prestasinya gak akan maksimal. Jadi belajarlah dengan tekun dan rutin selagi ada waktu untuk belajar. Juga jangan belajar dengan tergesa-gesa pada hari terakhir sebelum ulangan, cara belajar yang baik seperti itu hasilnya juga nggak akan maksimal.

2 Baca lebih lajut

Cara presentasi yg baik

Cara presentasi yg baik

Contoh presentasi yang baik biasanya juga ditampilkan dalam bentuk video yang bisa Anda download secara gratis. Beberapa pembicara-pembicara hebat memberikan kunci dan trik-trik menyajikan presentasi melalui skill kemampuan berbicara yang memikat dan sajian bahasa tubuh yang menarik perhatian. Cara berbicara merupakan hal yang akan pertama menjadi sorotan audiens saat memperhatikan Anda melakukan sebuah presentasi, kemudian dilanjutkan bagaimana gaya bahasa tubuh Anda yang menyesuaikan dengan bahasa lisan.

3 Baca lebih lajut

Cara penggunaan AC yang baik

Cara penggunaan AC yang baik

5. Jangan sering buka-tutup pintu ruangan dan jangan biarkan ada pintu yang terbuka. Ini juga masalah klasik dalam cara menggunakan ac. Apabila kita sering keluar masuk ruangan, pastikan pintu selalu ditutup kembali. Atau kalau kamar tidur kita ada kamar mandinya, pastikan supaya pintu selalu ditutup kembali. Mengapa? Karena begitu ada pintu yang terbuka, angin dingin akan langsung keluar ruangan, dan AC akan kembali berusaha menurunkan suhu di dalam ruangan. Nah apabila pintu terus terbuka baik ke kamar mandi atau bahkan ke ruangan lain di luar kamar, sebenarnya ukuran ruangan yang di dinginkan jadi lebih besar dari seharusnya. Ini akan berimbas dengan kompressor yang akan terus bekerja menjaga suhu ruangan agar sama dengan suhu remote. Itulah kenapa di semua mall di Jakarta pintu kaca yang menghubungkan tempat parkir dengan Mall pasti ada stiker di pintu kacanya yang kira-kira bertuliskan “Pintu harus selalu dalam keadaan tertutup”
Baca lebih lanjut

18 Baca lebih lajut

Cara kerja laptop yang baik

Cara kerja laptop yang baik

Sebuah komputer desktop memuat motherboard, video card, hard drive dan komponen lainnya dimasukkan kedalam sebuah kotak besar. Monitor keyboard dan periperal lainnya disambungkan menggunakan kabel maupun wireless. Baik kotak itu berdiri secara vertikal maupun horisontal, memerlukan ruangan lebih banyak untuk penambahan card, kabel dan sirkulasi udara.

5 Baca lebih lajut

Laporan Praktek Kerja Profesi Apoteker  Farmasi Industri di Lembaga Farmasi Direktorat Kesehatan Angkatan Darat (Lafi Ditkesad) Bandung 03 – 28 Oktober 2011

Laporan Praktek Kerja Profesi Apoteker Farmasi Industri di Lembaga Farmasi Direktorat Kesehatan Angkatan Darat (Lafi Ditkesad) Bandung 03 – 28 Oktober 2011

Untuk meningkatkan kualitas dan efektifitas kerja selain dengan penambahan personil, Lafi Ditkesad masih perlu melakukan pelatihan secara rutin. Pelatihan CPOB bagi personil Lafi Ditkesad merupakan salah satu wujud komitmen Lafi Ditkesad dalam melaksanakan fungsinya untuk memproduksi obat yang terjamin mutu dan khasiatnya, terutama untuk semua personil yang terlibat dalam proses produksi dan Instalwastu. Di Lafi AD, pelatihan CPOB bagi personil dilakukan secara internal setiap satu bulan sekali (pada minggu ke empat), dimana pelatihan ini dilakukan dengan materi yang bergantian diikuti oleh semua personil Lafi AD. Materi pelatihan diberikan oleh atasan yang bersangkutan, para praktisi dan profesional di bidang industri farmasi.
Baca lebih lanjut

101 Baca lebih lajut

Pengaruh Pengetahuan dan Sikap Serta Karakteristik Dokter Spesialis Empat Dasar Terhadap Pola Peresepan Obat di Rumah Sakit Santa Elisabeth Medan Tahun 2006

Pengaruh Pengetahuan dan Sikap Serta Karakteristik Dokter Spesialis Empat Dasar Terhadap Pola Peresepan Obat di Rumah Sakit Santa Elisabeth Medan Tahun 2006

bagian yang tidak terpisahkan dari sistem pelayanan kesehatan rumah sakit yang utuh dan berorientasi kepada pelayanan pasien, penyediaan obat yang bermutu, termasuk pelayanan farmasi klinik yang terjangkau bagi semua lapisan masyarakat. Farmasi rumah sakit bertanggung jawab terhadap semua barang farmasi yang bersedar di rumah sakit tersebut.

19 Baca lebih lajut

Cara Wawancara Dengan Baik. docx

Cara Wawancara Dengan Baik. docx

Cara Wawancara Dengan Baik, Benar & Efektif - Bagaimana cara melakukan kegiatan wawancara dengan baik dan benar? serta aspek apa saja yang perlu di perhatikan saat kita hendak melakukan proses wanwancara? Dan Bagaimana cara membuat laporan hasil wawancara itu? mari kita simak uraian berikut ini.

2 Baca lebih lajut

Cara bekerja yang baik di laboratorium

Cara bekerja yang baik di laboratorium

• Sebelum memindahkan bahan kimia, hal yang harus dilakukan adalah mengetahui segala informasi tentang bahan kimia yang akan dipindahkan, cara membawa, bahaya yang ditimbulkan, dll. Pindahkanlah sesuai kebutuhan dan jangan berlebihan. Bila ada sisa bahan kimia, jangan dikembalikan ke tempatnya semula karena dapat menyebabkan kontaminasi pada bahan kimia asal.

70 Baca lebih lajut

Cara Bekerja di laboratorium yang Baik

Cara Bekerja di laboratorium yang Baik

oven, incubator, water bath • Buatlah kartu keterangan untuk eksperimen yang ditinggal, yang berisi: nama peneliti, no telp yang dapat dihubungi, nama supervisor, tanggal mulai, tangg[r]

31 Baca lebih lajut

CARA BETERNAK BABI YANG BAIK

CARA BETERNAK BABI YANG BAIK

Jangan memberikan obat yang tidak sesuai dengan penyakit yang diderita oleh babi.. Jaga bagus untuk tanaman kebersihan babi maupun tempat makan dan kandangnya.[r]

1 Baca lebih lajut

Cara menggugurkan kandungan paling baik

Cara menggugurkan kandungan paling baik

Hampir bisa dipastikan bahwa Semua jamu berbahaya jika dikonsumsi untuk ibu hamil. Apalagi yang biasanya diyakini berkhasiat memperlancar proses persalinan. Itulah mengapa, walaupun masyarakat adat menyarankan, sebaiknya ibu hamil menyadari segala risiko yang mungkin timbul. Apalagi bila di dalam kemasannya terdapat tulisan “wanita hamil dilarang minum karena dapat berakibat cara gugurnya kandungan”. Tulisan seperti ini memang bisa diartikan Minuman yang dapat menggugurkan kandungan Nah itulah apa yang kami sampaikan dengan proses yang alami dan aman bagi kesehatan tubuh anda sehingga tidak banyak beresiko yang terjadi jika anda berniat untuk menggugurkan janin yang ada di dalam kandungan anda.Kami harap dengan apa yang kami rangkum tentang Cara menggugurkan kandungan paling baik dan aman bisa dapat membantu anda dalam mengatasi masalah anda.Jika anda tidak ingin repot dan cepat secara ampuh dan herbal kami menyediakan obat yang dapat menggugrkan kandungan secara tuntas dengan usia kandungan 1 – 4 bulan kami dapat membatu anda.
Baca lebih lanjut

4 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...