Top PDF contoh proposal maulid nabi muhammad saw

contoh proposal maulid nabi muhammad saw

contoh proposal maulid nabi muhammad saw

Betapa luar biasanya jasa Nabi Muhammad SAW kepada seluruh umat manusia yang ada di dunia ini. Maka sudah sepantasnya kita sebagai umatnya untuk selalu mengenangnya dan sekuat tenaga mengamalkan apa yang telah di ajarkan oleh beliau. Karena apa yang telah dikatakan, dilakukan, dan ditetapkan oleh beliau telah menjadi sumber dasar segala hukum islam setelah Al – Qur’an yang sudah tidak diragukan kebenarannya. Karena dengan selalu mengikuti apa yang telah diajarkan kepada kita maka kita akan di akui sebagai umat beliau kelak di Hari Kiamat.

11 Baca lebih lajut

Hukum Memeperingati Maulid Nabi saw

Hukum Memeperingati Maulid Nabi saw

Sebagian umat Isalam tentunya mafhum bahwa Nabi Muhammad saw di lahirkan pada tanggal 12 Robi'ul Awwal tahun Gajah. Berpedoman dengan hal itu, umat Islam memperingati maulid Nabi Muhammad saw. Oleh orang jawa, bulan Robi'ul awwal di sebut juga dengan bulan mulud, sedangkan tradisi peringatan maulid di sebut juga dengan Muludan.

5 Baca lebih lajut

Assalamualaikum Wr

Assalamualaikum Wr

Bapak ebu tor sadhaja tantretan se bahdan kaule amulje agi saat samangken se penting dhe’ bheden kaule sadhaje benni coma ngemodi sejarah beberreh kanjeng nabi Muhammad SAW meloloh tape sepaleng penting enggi paneka ka’ dinto Uswatun hasanah Rosululloh sepaleng parloh kaangguy e contoh monggut bedhen kaule sadhaja menangka ummat epon sopaje bhadan kaule kak dinto salamet fiddunya wal akhirot.

2 Baca lebih lajut

080242 AKJ 2006 08 25 Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

080242 AKJ 2006 08 25 Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

Judul : Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW Tempat : Argodalem Samigaluh Kulonprogo Rep : Widi Tanggal : 25 Agustus Peringatan maulid nabi Muhammad di Argodalem Kulonprogo tadi malam d[r]

1 Baca lebih lajut

Download Contoh Proposal Maulid Nabi Muh

Download Contoh Proposal Maulid Nabi Muh

3. Motivasi bagi para peserta untuk meningkatkan diri agar menjadi lebih baik. 4. Sebagai fasilitator untuk menumbuhkan rasa cinta pada Nabi Muhammad SAW. 5. Mengisi momentum besar Maulid Nabi dengan kegiatan yang bermanfaat. VII. PENYELENGGARA

10 Baca lebih lajut

KONSTRUKSI IDENTITAS NAHDHATUL ULAMA’ DALAM PERINGATAN MAULID KANZUS SHOLAWAT DI KOTA PEKALONGAN

KONSTRUKSI IDENTITAS NAHDHATUL ULAMA’ DALAM PERINGATAN MAULID KANZUS SHOLAWAT DI KOTA PEKALONGAN

Maulid Nabi Muhammad SAW di Kota Pekalongan yang diselenggarakan oleh Habib Luthfi bin Yahya Ra‟is „Am Jam‟iyah Ahlu Thariqah al Mu‟tabarah an Nahdiyah (badan otonom Nahdhatul Ula ma‟) sering disebut dengan Maulid Kanzus Sholawat. Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW ini tidak hanya secara seremonial pengajian saja, melainkan penuh dengan pesan dan simbol- simbol yang merupakan langkah Nahdhatul Ulama‟ untuk merekonstruksi identitasnya. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pelaksanaan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dalam rangkaian Maulid Kanzus Sholawat di Kota Pekalongan, (2) mengetahui identitas yang dibangun oleh Nahdhatul Ulama‟ melalui peringatan Maulid Kanzus Sholawat di Kota Pekalongan, (3) mengetahui upaya- upaya yang dilakukan Nahdhatul Ulama‟ dalam merekonstruksi identitas tersebut pada peringatan Maulid Kanzus Sholawat di Kota Pekalongan.
Baca lebih lanjut

106 Baca lebih lajut

BUKU PEDOMAN Maulid Nabi Muhammad 1439H

BUKU PEDOMAN Maulid Nabi Muhammad 1439H

Peringatan Hari Besar Islam merupakan suatu bentuk Rasa Syukur sebagai Insan yang menjadi pengikut Rasulullah SAW, Banyak sekali moment dalam mengimplementasikannya. Berbagai Kegiatan dapat memeriahkan dalam peringatan tersebut. Kegiiatan tersebut dapat berupa suatu kompetensi atau transfer ilmu agama. Tujuannya tetap bernaung pada pengingkatan aspek spiritual pada Insan.

19 Baca lebih lajut

Makna Maulid Nabi Muhammad SAW (Study pada Maudu Lompoa di Gowa) - Repositori UIN Alauddin Makassar

Makna Maulid Nabi Muhammad SAW (Study pada Maudu Lompoa di Gowa) - Repositori UIN Alauddin Makassar

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Maudu Lompoa bagi masyarakat setempat di maknai sebagai (1) Makna Maudu Lompoa yang terkandung di dalamnya antara lain terdapat zikir dan doa, yang merupakan sebuah ungkapan rasa cinta pada Rasulullah, dan dapat mempererat tali silaturahmi antar sesama dan sebagai tempat berkumpul dan saling berinteraksi satu samalain. Ini dilakukan semata-mata hanya untuk Rasulullah sebagai seseorang yang dianggap suci yang telah mengajarkan agama Islam. (2) Makna Maulid dalam Islam adalah meneladani sikap dan perbuatan rasulullah, terutama akhlak mulia nan agung dari baginda nabi besar Muhammad saw. Dengan adanya tradisi maulid ini membawa banyak manfaat bagi masyarakat Gowa (1) dapat membagun Hubungan dan bekerjasama. (2) Saling bersilaturahmi dan keharmonisasian dalam bermasyarakat berkumpul dengan maksud dan tujuan yang sama.
Baca lebih lanjut

98 Baca lebih lajut

Hukum Memperingati Hari Besar Islam: Studi Terhadap Pendapat Ormas Islam di Sumatera Utara - Repository UIN Sumatera Utara

Hukum Memperingati Hari Besar Islam: Studi Terhadap Pendapat Ormas Islam di Sumatera Utara - Repository UIN Sumatera Utara

Perlarangan memperingati hari besar I slam yang dimotori Arifin di mediamassa menurut Dalail karena Arifin menganggap bahwa peringatan tersebut adalah bagian dari ibadah dan ia tidak setuju dengan pendapat ini. Menurutnya memperingati hari besar I slam merupakan salah satu sarana dakwah. Peringatan hari besar I slam dibenarkan sepanjang tidak bertentangan dengan Alquran dan Hadis yang sahih, misalnya pada peringatan maulid Nabi Muhammad saw. ada marhabannya, di mana ketika mengatakan “ ¢alla All±h ‘Al± Mu¥ammad” hadirin berdiri dan menganggap bahwa roh nabi Muhammad hadir. Contoh lain, seperti amalan Nisfu Sya’ban tiga kali surah Y±s³ n dan doa tiga kali untuk panjang umur, rezeki agar dapat taat kepada Allah dan dikuatkan iman. Karena ketiga doa tersebut bisa kita baca setelah selesai salat. Amalan yang benar sesuai hadis seperti puasa Nisfu Sya’ban. 31
Baca lebih lanjut

41 Baca lebih lajut

Biografi Nabi Muhammad SAW

Biografi Nabi Muhammad SAW

Salah satu contoh rasa prikemanusian rasul saw adalah ketika mengutus pasukan untuk berperang dengan musuh dia selalu berpesan tidak boleh menyerang kaum sipil,dia lebih memilih damai terhadap musuh dari pada berperang ketika berperang dia berpesan tidak boleh membunuh lanjut usia anak kecil perempuan dan mengniaya musuh yang sudah tidak berdaya

9 Baca lebih lajut

Asal Muasal Maulid Nabi Muhammad SAW Ber

Asal Muasal Maulid Nabi Muhammad SAW Ber

Setelah Dinasti Fatimiyah, perayaan maulid selanjutnya dilakukan oleh orang-orang sunni yang ketika itu diselenggarakan oleh Sultan Atabek Nuruddin (569 H) yang merupakan seorang penguasa di Shuriah. Perayaan maulid ketika itu dilaksanakan pada malam hari dengan mendeklamasikan syair yang berisi puji-pujian kepada raja. Di Mosul (Irak) perayaan maulid dilaksanakan oleh seorang ulama yang bernama Umar al Malla. Perayaan maulid dilaksanakan setiap tahun dengan mengundang para tokoh masyarakat, ulama, dan fuqaha ke kediamannya. Sementara di Ibril (10 km dari Mosul), pada masa pemerintahan Muzafaruddin, perayaan maulid pertama kali dirayakan secara besar-besaran dan populer hingga ke berbagai daerah, sehingga setiap tahun perayaan ini selalu menarik perhatian orang-orang dari berbagai daerah.
Baca lebih lanjut

10 Baca lebih lajut

Sejarah Nabi Muhammad SAW

Sejarah Nabi Muhammad SAW

Banyak sekali contoh penganiayaan dan penyiksaan kaum Quraisy, Tiap hari nabi menghadapi penganiayaan baru. Misalnya, suatu hari Uqbah bin Abi Mu’ith melihat Nabi bertawaf, lalu menyiksanya. Ia menjerat leher Nabi dengan serbannya dan menyeret beliau ke luar masjid. Beberapa orang datang membebaskan Nabi karena takut kepada Bani Hasyim. Dan masih banyak lagi. Nabi menyadari dan prihatin terhadap kondisi kaum Muslim. Kendati beliau mendapat dukungan dan lindungan Bani Hasyim, kebanyakan pengikutnya budak wanita dan – pria serta beberapa orang tak terlindung. Para pemimpin Quraisy menganiaya orang-orang ini terus-menerus , para pemimpin terkemuka berbagai suku menyiksa anggota suku mereka sendiri yang memeluk Islam. Maka ketika para sahabatnya meminta nasihatnya menyangkut hijrah, Nabi menjawab, “Ke Etiopia akan lebih mantap. Penguasanya kuat dan adil, dan tak ada orang yang ditindas di sana. Tanah negeri itu baik dan bersih, dan Anda boleh tinggal di sana sampai Allah menolong Anda.
Baca lebih lanjut

14 Baca lebih lajut

proposal kegiatan maulid nabi di sekolah

proposal kegiatan maulid nabi di sekolah

Adapun maksud diadakannya aktivitas ini yaitu sebagai wujud rasa syukur pada Allah SWT atas dilahirkannya Nabi Besar Muhammad SAW di atas muka bumi ini. Adapun tujuan utama diselenggarakan acara ini adalah untuk meningkatkan iman kepada Allah serta menumbuhkan rasa cinta terhadap Nabi Muhammad SAW, dapat meneladani sikap-sikap baik dan hasanah Rasul, serta untuk menambah pengetahuan tentang ajaran-ajaran agama Islam, untuk menjauhkan diri dari pergaulan bebas remaja, serta untuk mengisi waktu luang dengan hal-hal positif.

7 Baca lebih lajut

Memahami Maulid Nabi Saw Secara Mendalam

Memahami Maulid Nabi Saw Secara Mendalam

John William Draper (1811-1882), Ilmuwan, filosof, dan sejarawan Amerika, dalam bukunya A History of the Intellectual Development of Europe (London: 1875, vol. 1, hal. 329-330): "Four year after the death of Justinian, A.D. 569, was born at Mecca, in Arabia the man who, of all men exercised the greatest influence upon the human race.. Mohammed..” (Empat tahun setelah runtuhnya kekaisaran Roma Timur (Kaisar Justin), tahun 569 Masehi, di kota Makkah jazirah Arab, lahirlah manusia yang di antara seluruh manusia telah memberikan pengaruh amat besar bagi umat manusia.. Muhammad).
Baca lebih lanjut

5 Baca lebih lajut

MEMPERINGATI MAULID NABI MUHAMMAD SAW

MEMPERINGATI MAULID NABI MUHAMMAD SAW

Mengutip dari berbagai sumber, substansi Maulid Nabi Muhammad SAW dititikberatkan pada bagaimana umat Muslim menyegarkan lagi memori untuk selalu meneladani perjuangan Rasulullah. Dengan begitu, peringatan Maulid akan terasa manfaatnya oleh umat Islam itu sendiri. Mereka bisa memacu lagi berbagai amalan ibadah yang lebih berkualitas dan sesuai dengan petunjuk Allah dan Rasul-Nya.

12 Baca lebih lajut

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW (1)

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW (1)

Akhirnya para ulama yang hadir bersama Al-Malik Mudhaffaruddin dalam pertemuan itu memutuskan bahwa peringatan Maulid Nabi Muhammad itu boleh. Kemudian Al- Malik Mudhafar sendiri langsung menyumbang 100 ekor unta dan sekian ton gandum untuk mengadakan peringatan maulid Nabi muhammad SAW. Setiap daerah diundang penyair untuk membuat syair pujian dan shalawat kepada Nabi muhammad. Kitab-kitab yang tersisa hingga sekarang di antaranya yang dikarang oleh Syeikh al-Bearzanji dan Syeikh Addiba’i.
Baca lebih lanjut

7 Baca lebih lajut

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

Pada prinsipnya, Tim Fatwa belum pernah menemukan dalil tentang perintah menyelenggarakan peringatan Maulid Nabi saw, sementara itu belum pernah pula menemukan dalil yang melarang penyelenggaraannya. Oleh sebab itu, perkara ini termasuk dalam perkara ijtihadiyah dan tidak ada kewajiban sekaligus tidak ada larangan untuk melaksanakannya. Apabila di suatu masyarakat Muslim memandang perlu menyelenggarakan peringatan Maulid Nabi saw tersebut, yang perlu diperhatikan adalah agar jangan sampai melakukan perbuatan yang dilarang serta harus atas dasar kemaslahatan.
Baca lebih lanjut

2 Baca lebih lajut

MAULID NABI MUHAMMAD SAW INDONESIA

MAULID NABI MUHAMMAD SAW INDONESIA

Segala puji bagi Allah, Maha Pengasih dan Penyayang, yang telah mengutus pemimpin bagi seluruh umat manusia di dunia. Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan yang patut disembah kecuali Allah. Saya juga bersaksi bahwa Muhammad (SAW) adalah Nabi dan Rasul-Nya. Ia diangkat ke posisi yang terhormat. Allah mengutusnya pada saat belum ada nabi selama beberapa waktu dan tidak ada wahyu selama bertahun-tahun. Ia menyampaikan pesan dari Allah dan memimpin bangsanya untuk memberikan pencerahan dan mengatasi segala perbedaan pendapat. Semoga Allah memberikan ketenangan dan kehormatan pada dirinya, keluarga dan para sahabatnya yang setia, bersujud, dan bertakwa kepada Allah serta siapa pun yang mengikuti mereka hingga Hari Kiamat.
Baca lebih lanjut

7 Baca lebih lajut

 Contoh Format Proposal Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

Contoh Format Proposal Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

Tempat : Masjid Besar Al-Mukhlashin Desa Bulurejo – Benjeng – Gresik Maka untuk kelancaran kegiatan tersebut kami mohon bantuan dana untuk kegiatan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tersebut. Demikian surat permohonan ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

10 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...