Top PDF Dewan Perwakilan Rakyat Daerah ( DPRD )

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah ( DPRD )

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah ( DPRD )

RENCANA KERJA DAN ANGGARAN SATUAN KERJA PERANGKAT DAERAH RKA-SKPD KABUPATEN BENGKALIS TAHUN ANGGARAN 2014 Urusan Pemerintahan : 1.20 Urusan Wajib Otonomi Daerah;Pemerintahan Umum;Adm[r]

1 Baca lebih lajut

SKRIPSI  HUBUNGAN ANTARA PEMERINTAH DAERAH DENGAN DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH (DPRD) DALAM PENYUSUNAN ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DAERAH DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA.

SKRIPSI HUBUNGAN ANTARA PEMERINTAH DAERAH DENGAN DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH (DPRD) DALAM PENYUSUNAN ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DAERAH DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA.

telah mengalami perubahan, yang semula hanya dilakukan melalui saluran eksekutif yang dirumuskan melalui kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (musrenbang), saat ini juga perumusan kepentingan dilakukan oleh legislatif melalui kegiatan Jaring Aspirasi Masyarakat (jasmas) yang dilakukan oleh anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD). Begitu juga halnya dengan Penyusunan APBD di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Namun, yang menarik untuk dibahas adalah pelaksanaan fungsi pemerintah yang didanai oleh anggaran terdapat kemungkinan yang terjadi adalah kurangnya komunikasi yang sinergis di antara kedua lembaga pemerintahan tersebut yakni Pemerintah Daerah dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) dalam melaksanakan fungsi tersebut.
Baca lebih lanjut

15 Baca lebih lajut

FUNGSI LEGISLASI DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH (DPRD) KABUPATEN KUDUS.

FUNGSI LEGISLASI DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH (DPRD) KABUPATEN KUDUS.

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Kudus mempunyai fungsi utama sebagai badan legislatif dan merupakan wakil rakyat yang menampung dan menyalurkan aspirasi dari masyarakat. DPRD Kabupaten Kudus dalam memperjuangkan aspirasi masyarakat belum sepenuhnya berperan sebagaimana yang diharapkan. DPRD Kabupaten Kudus sebagai salah satu unsur pemerintahan daerah kurang efektif di dalam menjalankan fungsi legislasinya, hal ini terlihat dari tidak adanya perda yang dihasilkan yang berasal dari hak inisiatif DPRD.
Baca lebih lanjut

2 Baca lebih lajut

KINERJA ANGGOTA DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH (DPRD) PEREMPUAN PERIODE TAHUN 2014-2019 DITINJAU DARI ASPEK LEGISLASI(Studi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Metro)

KINERJA ANGGOTA DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH (DPRD) PEREMPUAN PERIODE TAHUN 2014-2019 DITINJAU DARI ASPEK LEGISLASI(Studi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Metro)

sekedar memenuhi syarat administratif akan memberikan dampak kepada kualitas dari anggota legislatif perempuan itu sendiri. Anggota DPRD perempuan di Kota Metro adalah 8 anggota dari 25 anggota jumlah keseluruhan DPRD Metro, jika di persenkan adalah 32%, dimana persentase tersebut sudah terbilang sangat cukup sebagai jumlah pemenuhan kuota minimum yakni 30%. Jumlah anggota perempuan yang lebih sedikit tetapi dengan posisi Ketua DPRDnya dipimpin oleh seorang perempuan juga yang menjadikan hal ini menarik untuk diteliti. Oleh sebab itu, berdasarkan permasalahan di atas, maka peneliti tertarik untuk meneliti “Kinerja Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Perempuan Ditinjau Dari Aspek Legislasi Dalam Proses Menampung Aspirasi Masyarakat (Studi Kasus Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Ko ta Metro)”.
Baca lebih lanjut

114 Baca lebih lajut

SUSUNAN DAN KEDUDUKAN MAJELIS PERMUSYAWARATAN RAKYAT, DEWAN PERWAKILAN RAKYAT, DEWAN PERWAKILAN DAERAH, DAN DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH

SUSUNAN DAN KEDUDUKAN MAJELIS PERMUSYAWARATAN RAKYAT, DEWAN PERWAKILAN RAKYAT, DEWAN PERWAKILAN DAERAH, DAN DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH

Sejalan dengan perkembangan kehidupan ketatanegaraan dan politik bangsa, setelah dilakukan amandemen Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, telah terjadi perubahan yang mendasar dalam tatanan kenegaraan termasuk dalam susunan dan kedudukan lembaga permusyawaratan, lembaga perwakilan rakyat dengan adanya lembaga perwakilan daerah. Selain itu Ketetapan Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia Nomor IV/MPR/1999 tentang Garis-Garis Besar Haluan Negara Tahun 1999-2004; Ketetapan Majelis Permusyawaratan Rakyat Nomor X/MPR/2001 tentang Laporan Pelaksanaan Putusan Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia oleh Lembaga Tinggi Negara pada Sidang Tahunan MPR-RI Tahun 2001; Ketetapan Majelis Permusyawaratan Rakyat Nomor VI/MPR/2002 tentang Rekomendasi Atas Laporan Pelaksanaan Putusan Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia oleh Presiden, DPA, DPR, BPK, MA, pada Sidang Tahunan MPR-RI Tahun 2002 juga mengamanatkan untuk mengembangkan sistem politik nasional yang lebih demokratis dan terbuka dengan menyempurnakan berbagai peraturan perundang-undangan di bidang politik, termasuk Undang-undang Nomor 4 Tahun 1999 tentang Susunan dan Kedudukan Majelis Permusyawaratan Rakyat, Dewan Perwakilan Rakyat, dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah.
Baca lebih lanjut

88 Baca lebih lajut

Dewan perwakilan rakyat daerah (dprd) dalam perundang-undangan pemerintahan daerah dan lembaga legislatif daerah

Dewan perwakilan rakyat daerah (dprd) dalam perundang-undangan pemerintahan daerah dan lembaga legislatif daerah

Apa implikasi dari rumusan kedudukan DPRD sebagai unsur penyelenggara pemerintahan daerah? Pertama, memposisikan DPRD sebagai unsur penyelenggara pemerintahan ketimbang sebagai lembaga perwakilan rakyat membuat DPRD lebih kuat secara institusional dari perspektif tata pemerintahan, tidak dari perspektif politik. Pada gilirannya, DPRD diposisikan sebagai lembaga perwakilan politik yang terlibat dalam proses politik pemerintahan. Kedua, kedudukan sebagai unsur penyelenggara pemerintahan daerah membuat posisi DPRD mengalami problem psiko-politis di hadapan pemerintah daerah sehingga mekanisme check and balances tidak bisa berjalan dengan baik. Ketiga, selain mengalami problem psiko-politis di hadapan kepala daerah, DPRD juga “lemah” secara psiko-politis di hadapan pemerintah pusat. Kedudukan sebagai unsur penyelenggara pemerintahan daerah membuat DPRD berada dalam struktur hierarkis rezim pemerintahan daerah yang dipimpin oleh Presiden. Akibat bekerjanya struktur hierarkis ini, DPRD tidak bisa melepaskan diri dari proses politik dan produk hukum yang dikeluarkan oleh Pemerintah Pusat, dalam hal ini Menteri Dalam Negeri (Mendagri).
Baca lebih lanjut

18 Baca lebih lajut

PERANAN  DEWAN  PERWAKILAN  RAKYAT  DAERAH (DPRD) DALAM IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN DASAR  Peranan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Dalam Implementasi Kebijakan Pendidikan Dasar Di Kabupaten Pati.

PERANAN DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH (DPRD) DALAM IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN DASAR Peranan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Dalam Implementasi Kebijakan Pendidikan Dasar Di Kabupaten Pati.

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk: (1) mendeskripsikan peran DPRD Kabupaten Pati dalam pendidikan dasar dan tata kelola di bidang perencanaan dan pengelolaannya. (2) Mendeskripsikan karakteristik peran DPRD dalam kebijakan pembiayaan Pendidikan Dasar di Kabupaten Pati.

15 Baca lebih lajut

PENDAHULUAN  Pengaruh Pengetahuan Dewan Tentang Anggaran Terhadap Pengawasan Keuangan Daerah Dengan Variabel Pemoderasi Partisipasi Masyarakat Dan Transparansi Kebijakan Publik (Studi Empiris Pada Dprd Kabupaten Klaten).

PENDAHULUAN Pengaruh Pengetahuan Dewan Tentang Anggaran Terhadap Pengawasan Keuangan Daerah Dengan Variabel Pemoderasi Partisipasi Masyarakat Dan Transparansi Kebijakan Publik (Studi Empiris Pada Dprd Kabupaten Klaten).

Pengetahuan yang luas dan mendalam akan memberikan kemampuan untuk mengartikulasikan segala kepentingan rakyat serta menentukan cara yang lebih tepat dan efisien. Pengetahuan anggota dewan tentang anggaran merupakan pengetahuan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) mengenai pengelolaan Anggaran Pembelanjaan dan Belanja Daerah (APBD) dan prinsip- prinsip Anggaran Pembelanjaan dan Belanja Daerah (APBD) mulai dari proses perencanaan, penyusunan, pengesahan, pelaksanaan dan pertanggungjawaban dan juga mendukung dalam fungsi pengawasan keterlibatan peran sertanya masyarakat dalam kegiatan pemerintahan, sehingga berdampak pada proses evaluasi dan kontrol kinerja pemerintah dan meminimalisir penyalahgunaan wewenang. Untuk mewujudkan anggaran yang efektif diperlukan partisipasi masyarakat untuk memberikan masukan dalam penyusunan arah dan kebijakan anggaran, Sehingga partisipasi mempengaruhi hubungan pengetahuan dewan tentang anggaran dan pengawasan keuangan daerah (Utami dan Syofyan, 2013).
Baca lebih lanjut

7 Baca lebih lajut

Peran Humas di kantor Sekretariat Dewan Perwakilan Kota Surakarta.

Peran Humas di kantor Sekretariat Dewan Perwakilan Kota Surakarta.

Sekretariat Dewan (Setwan) adalah satu bagian penting di dalam Kantor DPRD, dimana keberadaanya tidak pernah lepas dari semua yang berhubungan dengan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah itu sendiri, baik secara langsung maupun tidak langsung semua yang berkenaan dengan DPRD prosesnya akan melalui Sekretariat Dewan terlebih dahulu, dimana Sekretariat Dewan didalamnya memiliki pembagian kepengurusan dan bagian-bagian sendiri, serta memiliki tujuan, tugas, pokok dan fungsi sesuai dengan bidangnya masing-masing sesuai apa yang telah diputuskan oleh Walikota Surakarta
Baca lebih lanjut

59 Baca lebih lajut

PEMILIHAN UMUM ANGGOTA DEWAN PERWAKILAN RAKYAT, DEWAN PERWAKILAN DAERAH, DAN DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH

PEMILIHAN UMUM ANGGOTA DEWAN PERWAKILAN RAKYAT, DEWAN PERWAKILAN DAERAH, DAN DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH

Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 alinea keempat, antara lain, menyatakan bahwa ?kemerdekaan kebangsaan Indonesia disusun dalam suatu Undang-Undang Dasar yang terbentuk dalam suatu susunan negara Republik Indonesia yang berkedaulatan rakyat?. Perubahan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 Pasal 2 ayat (1) menyatakan bahwa ?kedaulatan berada di tangan rakyat dan dilaksanakan menurut Undang-Undang Dasar?. Perubahan tersebut bermakna bahwa kedaulatan rakyat tidak lagi dilaksanakan sepenuhnya oleh MPR, tetapi dilaksanakan menurut ketentuan Undang-Undang Dasar.
Baca lebih lanjut

76 Baca lebih lajut

Contoh Soal UKK SD Kelas 1, 2, 3, 4, 5 Lengkap UKK PKn KLS 4

Contoh Soal UKK SD Kelas 1, 2, 3, 4, 5 Lengkap UKK PKn KLS 4

Berikut ini yang merupakan tugas Dewan Perwakilan Rakyat Daerah DPRD Kabupaten adalah.. memimpin pemerintahan kabupaten mendampingi bupati b.[r]

3 Baca lebih lajut

PENUTUP  PELAKSANAAN KEBIJAKAN PEMERINTAH KABUPATEN MANOKWARI DALAM PENGENTASAN KEMISKINAN SETELAH BERLAKUNYA OTONOMI KHUSUS PAPUA.

PENUTUP PELAKSANAAN KEBIJAKAN PEMERINTAH KABUPATEN MANOKWARI DALAM PENGENTASAN KEMISKINAN SETELAH BERLAKUNYA OTONOMI KHUSUS PAPUA.

1. Penyelenggaraan otonomi daerah yang sehat dapat diwujudkan dengan ditentukan oleh kapasitas yang dimiliki oleh manusia pelaksananya. Dan berarti otonomi daerah hanya dapat berjalan dengan sebaik-baiknya apabila manusia pelaksananya baik, dalam arti mentalitas maupun kapasitasnya. Pentingnya manusia pelaksana karena manusia merupakan unsur dinamis dalam organisasi yang bertindak atau berfunsi sebagai subyek penggerak roda pemerintahan. Oleh karena itu, kualifikasi mentalitas dan kapasitas manusia yang kurang memadai dengan sendirinya melahirkan implikasi yang kurang menguntungkan bagi penyelenggaraan otonomi daerah. Dalam pemerintah daerah terdapat Pemerintah Daerah yang penyelenggaraann urusan pemerintahan oleh pemerintah daerah dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), kemudian Alat-alat perlengkapan daerah, yaitu aparatur atau pegawai daerah dan terakhir rakyat daerah, yatu sebagai komponen yang merupakan sumber energi terpenting bagi daerah sebagai organisasi yang bersistem terbuka.
Baca lebih lanjut

5 Baca lebih lajut

DPRD AKAN PERKETAT PENGAWASAN PROYEK

DPRD AKAN PERKETAT PENGAWASAN PROYEK

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Maluku akan memperketat pengawasan terhadap proyek yang dibiayai dana Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) i maupun Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) ii yang dikelola oleh Pemerintah Daerah (Pemda). Jika ditemukan indikasi penyalahgunaan anggaran iii maka tidak segan-segan lembaga rakyat tersebut merekomendasikan kepada penegak hukum untuk mengusut hal tersebut.

3 Baca lebih lajut

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah ( DPRD )

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah ( DPRD )

RINGKASAN DOKUMEN PELAKSANAAN ANGGARAN SATUAN KERJA PERANGKAT DAERAH DPA-SKPD KABUPATEN BENGKALIS TAHUN ANGGARAN 2014 Urusan Pemerintahan : 1.20 Urusan Wajib Otonomi Daerah;Pemerintah[r]

1 Baca lebih lajut

dewan perwakilan rakyat daerah (dprd)

dewan perwakilan rakyat daerah (dprd)

LAPORAN REALISASI ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DAERAH UNTUK TAHUN YANG BERAKHIR SAMPAI DENGAN 31 DESEMBER 2014 DAN 2013 PEMERINTAH KABUPATEN KERINCI Urusan Pemerintahan : 1 Urusan W[r]

1 Baca lebih lajut

POLITIK INDONESIA ANALISIS SITUASI PANGAN

POLITIK INDONESIA ANALISIS SITUASI PANGAN

Ada perbedaan yang besar antara sistem politik Indonesia dan negara demokratis lainnya di dunia. Di antaranya adalah adanya Majelis Permusyawaratan Rakyat yang merupakan ciri khas dari kearifan lokal Indonesia, Mahkamah Konstitusi yang juga berwenang mengadili sengketa hasil pemilihan umum, bentuk negara kesatuan yang menerapkan prinsip-prinsip federalisme seperti adanya Dewan Perwakilan Daerah, dan sistem multipartai berbatas di mana setiap partai yang mengikuti pemilihan umum harus memenuhi ambang batas 2.5% untuk dapat menempatkan anggotanya di Dewan Perwakilan Rakyat maupun di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah/DPRD Kabupaten/Kota.
Baca lebih lanjut

2 Baca lebih lajut

Dpa Dewan Perwakilan Rakyat Daerah ( DPRD )

Dpa Dewan Perwakilan Rakyat Daerah ( DPRD )

- Otonomi Daerah, Pemerintahan Umum, Administrasi Keuangan Daerah, Perangkat Daerah, Kepegawai Urusan Pemerintahan SATUAN KERJA PERANGKAT DAERAH DPA-SKPD Kode Rekening Uraian Jumlah [r]

1 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...