Top PDF Hakikat Mata Kuliah Konsep Dasar IPS

Hakikat Mata Kuliah Konsep Dasar IPS

Hakikat Mata Kuliah Konsep Dasar IPS

Definisi dan Tujuan Social Studies  Merupakan mata pelajaran dasar diseluruh jenjang pendidikan persekolahan  Mengembangkan siswa untuk menjadi warga negara yang memiliki pengetahu[r]

19 Baca lebih lajut

1. Hakikat Pendidikan Kewaganegaraan - Konsep Dasar PKn

1. Hakikat Pendidikan Kewaganegaraan - Konsep Dasar PKn

Critical book report merupakan salah satu instrument yang dapat mendukung keberhasilan dalam proses pembelajaran di bangku perkuliahan. Indikator keberhasilan critical book report untuk mendukung keberhasilan dalam pembelajaran dapat dilihat dari terciptanya kemampuan mahasiswa untuk mengevaluasi penjelasan, interpretasi serta analisis mengenai kelebihan maupun kelemahan baik dari buku, sehingga berdampak besar bagi pengembangan cara berfikir dari mahasiswa yang pada akhirnya menambah pemahaman dan pengetahuan mahasiswa itu sendiri terhadap kajian mata kuliah yang telah diambil. Dengan kata lain, melalui critical book report mahasiswa diajak untuk menguji pemikiran dari pengarang maupun penulis berdasarkan sudut pandang yang akan dibangun oleh setiap mahasiswa berdasarkan pengetahuan dan pengalaman yang mereka miliki.
Baca lebih lanjut

46 Baca lebih lajut

SILABUS   Pengembangan Konsep Dasar IPS

SILABUS Pengembangan Konsep Dasar IPS

Deskripsi Mata Kuliah : Mata kuliah ini mengantarkan mahasiswa mencapai kompetensi dan metodologi pengembangan keilmuan IPS untuk dapat diterapkan pada pembelajaran di Sekolah Dasar. Untuk mencapai kompetensi tersebut mahasiswa diwajibkan mengkaji : hakekat pembelajaran IPS yang berupa fakta, konsep, dan generalisasi yang bersumber dari ilmu-ilmu sejarah, geografi, ekonomi, politik, antropologi dan sosiologi termasuk didalamnya kebudyaan, konflik, kerjasama, lokasi tempat, perpindahan, region, kebutuhan manusia, keterbatasan sumber ekonomi, faktor produksi, lembaga-lembaga ekonomi, kekuasaan, pengaruh, dan wewenang pemerintah, inividu, masyarakat dan perubahan sosial; kurikulum Sekolah Dasar; metode pembelajaran; dan media pembelajaran.
Baca lebih lanjut

4 Baca lebih lajut

Silabi konsep dasar IPS SD

Silabi konsep dasar IPS SD

Perkuliahan dilaksanakan dengan inquiry, discovery, problem solving, dan serangkaian siasat, pembelajaran aktif lainnya, yang lebih berorientasi kepada aktivitas belajar mahasis- wa (learner oriented). Dalam perkuliahan pembina mata kuliah lebih banyak bertindak sebagai fasilitator dan konsultan dengan memanfaatkan lingkungan sebagai sumber dan media pembelajaran yang diprogramkan guna mencapai tujuan perkuliahan yang telah ditargetkan.

8 Baca lebih lajut

Silabus Mata Kuliah Konsep Pendidikan Seni

Silabus Mata Kuliah Konsep Pendidikan Seni

Mata kuliah ini memberikan bekal pengetahuan kepada mahasiswa terkait dengan konsep dasar Pendidikan Seni secara filosofis, baik yang mencakup domain ontologis, epistemologis, maupun aksiologis. Pengetahuan tersebut diharapkan memberikan dasar pemahaman yang benar terutama terkait dengan perbedaan mendasar perihal konsep Pendidikan Seni dalam konteks sekolah umum dan sekolah yang spesifik seni (sekolah kejuruan seni), beserta pelbagai implikasi metodologi pedagogis yang menyertainya. Adapun yang menjadi pokok penekanan dalam kajian mata kuliah ini adalah pada konsep Pendidikan Seni yang diselenggarakan di sekolah umum, baik di tingkat pendidikan dasar maupun menengah.
Baca lebih lanjut

4 Baca lebih lajut

Silabus Konsep Dasar IPS

Silabus Konsep Dasar IPS

(Uraikan kegiatan belajar apa saja dalam perkuliahaan tersebut baik yang tatap muka, terstruktur maupun tugas-tugas mandiri lainnya yang semuanya itu memberikan pengalaman belajar bermakna bagi mahasiswa yang menempuh mata kuliah ini).

5 Baca lebih lajut

A Hakikat dan Konsep Dasar IPS

A Hakikat dan Konsep Dasar IPS

1. Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) bukan merupakan suatu biadang keilmuan atau disiplin bidang akademis, melainkan lebih merupakan suatu bidang pengkajian tentang gejala dan masalah sosial.Dalam kerangka kerja pengkajian Ilmu Pngetahuan Sosial (IPS) mengunakan bidang-bidang keilmuan yang termasuk bidang-bidang ilmu sosial.

5 Baca lebih lajut

Mata Kuliah Dasar Dasar Kependidikan PRO

Mata Kuliah Dasar Dasar Kependidikan PRO

Pada dasarnya hakikat pendidikan sangatlah luas. Hakikat pendidikan bukanlah hanya sekedar pengertian serta definisi pendidikan semata. Didalam hakekat pendidikan banyak hal menarik untuk dipelajari contohnya saja seperti objek ilmu pendidikan dan macam-macam ilmu pendidikan. Hal-hal menarik inilah yang mendorong kami untuk mempelajari lebih dalam mengenai hakikat pendidikan diluar dari tugas yang telah ditentukan.

10 Baca lebih lajut

RESUME MATA KULIAH DASAR-DASAR KEPENDIDIKAN

RESUME MATA KULIAH DASAR-DASAR KEPENDIDIKAN

Pengembangan yang utuh ditentukan oleh dua faktor yaitu kualitas dimensi hakikat manusia itu sendiri dan kualitas pendidikan yg disediakan. Dapat dilihat dari berbagai segi yaitu wujud dimensinya dan arahnya. Pengembangan yang tidak utuh akan terjadi jika ada unsur dimensi hakikat manusia yang terabaikan untuk di tangani

5 Baca lebih lajut

1. Konsep Pendidikan IPS Terpadu - Konsep Dasar IPS

1. Konsep Pendidikan IPS Terpadu - Konsep Dasar IPS

Tugas mini riset merupakan bagian dari tugas kuliah yang wajib diberikan pada kurikulum KKNI. Meskipun sebagai bentuk penugasan mata kuliah, penugasa mini riset tetap mengikuti kaidah keilmuan sesuai dengan karya ilmiah dan tetap di bawah pengawasan dan pengarahan dari dosen pembimbing. Kegiatan mini riset dipantau secara langsung oleh dosen atau asisten mahasiswa dimana setiap kelompok menyampaikan “progress report” kegiatan yang telah dilakukan dalam selang waktu tertentu setiap kelompok menunjukkan produk atau hasil kegiatan mini riset.
Baca lebih lanjut

43 Baca lebih lajut

TUGAS MATA KULIAH KONSEP DASAR IPA LKM T

TUGAS MATA KULIAH KONSEP DASAR IPA LKM T

Mendekati garis normal Cahaya akan dibiaskan mendekati garis normal jika cahaya merambat dari medium optik kurang rapat ke medium optik lebih rapat, contohnya cahaya merambat dari udara[r]

3 Baca lebih lajut

KONSEP DASAR IPS.

KONSEP DASAR IPS.

Kita sebagai makhluk yang bermasyarakat, dalam kehidupan sehari – hari tidak dapat terlepas dari kehidupan bermasyarakat. Baik secara luas maupun terbatas, Kita harus berhubungan dengan orang lain diluar diri kita masing – masing. Hubungan – hubungan tadi merupaka tuntutan dasar untuk memenuhi kebutuhan kita di masyarakat. Tiap hari kita mengalami dan menyatakan fragmen – fragmen kehidupan di masyarakat, baik yang secara lanngsung menyangkut pribadi kita, maupun yang tidak langsung mengenai kehidupan kita. Kita menyaksikan proses, gejala dan masalah kehidupan. Melalui bacaan da pendengaran, kita juga dapat mengikuti proses tadi ditempat lain luar jangkauan mata. Dapat tidaknya mengerti dan menghayati proses kehidupan tadi, sepenuhnya bergantung pada ketajaman panca indra, pengematan, dan pengetahuan yang ada pada diri kita masing – masing. Pengertian dan penghayatan dipengaruhi pula oleh minat, perhatian, dan keingintahuan yang hidup pada diri kita. Hal ini sepenuhnya merupakan kekayaan pribadi kita msing – amsing sebagai hasil pengaruh dan kerja sama kondisi psiko – biologis, lingkungan dan pendidikan kita. Jadi merupakan hasil keseluruhan system pribadi kita masing – masing.
Baca lebih lanjut

157 Baca lebih lajut

II. Rasional Mata kuliah sistem digital merupakan mata kuliah dasar keahlian yang wajib diikuti oleh mahasiswa. Esensi mata kuliah ini adalah agar mahasiswa mempunyai pemahaman konsep tentang system digital, mampu merancang dan menerapkan konsep – konsep

II. Rasional Mata kuliah sistem digital merupakan mata kuliah dasar keahlian yang wajib diikuti oleh mahasiswa. Esensi mata kuliah ini adalah agar mahasiswa mempunyai pemahaman konsep tentang system digital, mampu merancang dan menerapkan konsep – konsep

Mata kuliah ini memberikan gambaran tentang dasardasar system digital yang meliputi system bilangan, gerbang logika, penyederhanaan rangkaian logika, flip – flop, pencacah, register, rangkaian aritmatika digital. Perkuliahan akan memberikan penjelasan kepada mahasiswa tentang konsepkonsep system digital, bagaimana merancang system digital berdasar konsepkonsep yang ada serta bagaimana membuat simulasi dari perencanaan – perencanaan yang telah dibuat.

5 Baca lebih lajut

Materi Konsep Sejarah Mata Kuliah IPS SD - Repository UNIKAMA

Materi Konsep Sejarah Mata Kuliah IPS SD - Repository UNIKAMA

Pada waktu pasukan Jayakatwang dari Kadiri menyerang Singhasarim Wijaya ditunjuk oleh raja Kertanagara untuk memimpin pasukan Singhasari melawan pasukan Kadiri yang datang dari sebelah U[r]

11 Baca lebih lajut

BUKU PANDUAN MATA KULIAH DASAR DASAR AGR

BUKU PANDUAN MATA KULIAH DASAR DASAR AGR

Mata kuliah Dasar-dasar Agronomi (AGH 200) merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa di seluruh departemen di Fakultas Pertanian dan beberapa departemen dari fakultas lain seperti Departemen Teknik Pertanian (Fakultas Teknologi Pertanian), serta sebagai mata kuliah minor atau supporting course di Departemen Agribisnis, Ekonomi Sumberdaya dan Lingkungan (Fakultas Ekonomi Dan Manajemen), Departemen Biologi, Depertemen Geofisika dan Meteorologi, Departemen Statistika (Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam) di Institut Pertanian Bogor (IPB). Pada tiap pelaksanaan kuliah, di semester ganjil, peserta mata kuliah ini berkisar antara 500 sampai 800 mahasiswa. Selain di IPB, mata kuliah Dasar-dasar Agronomi menjadi mata kuliah wajib bagi mahasiswa di Fakultas Pertanian di seluruh Indonesia.
Baca lebih lanjut

36 Baca lebih lajut

Mata Kuliah : Konsep Teknologi Informasi B

Mata Kuliah : Konsep Teknologi Informasi B

SQL Query Struktur SQL Query Operator pembanding- SQL Operator Boolean Pencarian String Penggunaan Distinct Mahasiswa dapat mengerti dan memahami mengenai struktur SQL dan operator yan[r]

7 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...