Top PDF ILMU LINGKUNGAN DAN PENDIDIKAN LINGKUNGA

ILMU LINGKUNGAN DAN PENDIDIKAN LINGKUNGA

ILMU LINGKUNGAN DAN PENDIDIKAN LINGKUNGA

Pendidikan lingkungan bertujuan untuk membentuk manusia yang memiliki sikap dan perilaku sadar lingkungan. Seorang peserta terdidik lingkungan akan mempunyai sensitivitas yang tinggi atau kepekaan terhadap setiap isu-isu lingkungan, termasuk permasalahan yang berkaitan dengan lingkungan baik secara langsung maupun tidak langsung. Kepekaan ini mewujudkan struktur berpikir sensitif, ―sense of belonging‖ terhadap lingkungan dimana saja ia berada. Ada perasaan memiliki dan sifat perhatian yang dalam pada setiap isu lingkungan.
Baca lebih lanjut

18 Baca lebih lajut

ILMU PENGETAHUAN LINGKUNGAN PENDIDIKAN B

ILMU PENGETAHUAN LINGKUNGAN PENDIDIKAN B

3. Sebaiknya dalam mengeksploitasi sumber daya alam dan lingkungan serta kegiatan yang berorientasi pada teknologi, yang dilakukan oleh dunia industri tidak hanya bertujuan meningkatkan keuntungan ekonomi semata, tetapi harus pula memperhatikan lingkungan dan SDA serta diiringi dengan kemauan untuk menyisihkan biaya pemeliharaan lingkungan. Serta perlu dilibatkan masyarakat dalam pengawasan pengolahan limbah buangan industri agar lebih intens dalam menjaga mutu lingkungan hidup.

19 Baca lebih lajut

PARTISIPAN MASYARAKAT TERHADAP LINGKUNGA

PARTISIPAN MASYARAKAT TERHADAP LINGKUNGA

Alhamdulillah, segala puji syukur kehadirat Allah yang maha kuasa yang mana telah memberikan limpahan kesehatan, rahmat nikmat serta hidayahnya sehingga kami dapat membuat makalah tentang “partisipasi masyarakat terhadap lingkungan sekitar di desa Sukadamai” Natar, Lampung Selatan. Shalawat beserta salam semoga tetap tercurah limpahkan atas keharibaan junjungan kita yakni Nabi Muhammad SAW. karena dengan jerih payahnya kita dapat terangkis dari alam kebodohan menuju alam yang penuh dengan ilmu pengetahuan yakni adanya Addinul Islam.
Baca lebih lanjut

9 Baca lebih lajut

PENGARUH LITERASI KEUANGAN DAN LINGKUNGA

PENGARUH LITERASI KEUANGAN DAN LINGKUNGA

Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Variabel yang digunakan adalah variabel bebas dan variabel terikat. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Literasi keuangan dan lingkungan sosial pegawai. Sedangkan Variabel terikat dalam penelitian ini adalah Perencanaan Keuangan. Data penelitian diperoleh melalui kuesioner yang disebar kepada 156 responden meliputi pegawai kependidikan di Fakultas Ilmu Agama Islam, Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum dan Fakultas D3 Ekonomi UII yang masih menjadi pegawai aktif. Selain itu data juga diperoleh melalui sumber-sumber tertentu, baik melalui bahan bacaan, buku, jurnal, arsip,dan lain sebagainya. Karakteristik responden dalam penelitian ini meliputi jenis kelamin, status responden, usia, lokasi kerja, latar belakang pendidikan, status pekerjaan, status kepegawaian, pendapatan dan pengeluaran.
Baca lebih lanjut

14 Baca lebih lajut

PENEGAKAN HUKUM DI DALAM HUKUM LINGKUNGA

PENEGAKAN HUKUM DI DALAM HUKUM LINGKUNGA

Bab 1 memberikan uraian tentang pengertian prinsip-prinsip ekologi yang menjadi dasar dan pertimbangan hukum lingkungan dalam UULH-82 yang berlaku sekarang. Pengertian ini akan membantu karakter ketentuan hukum baru ini, terutama dilihat dari ilmu lingkungan yang memepengaruhi pembentukan hukum lingkungan. Pembahasan di dalam bab ini maksudnya untuk memberikan secara umum ringkasan mengenai masalah lingkungan yang meliputi pengertian dan pengetahuan dasar bagi konsep pengaturan hukumnya dalam perspektif yang luas. Mengingat masalahnya sangat luas makan ditekankan pada aspek aspek dan masalah yang sudah menjadi perhtian umum masalah lingkungan dan pembatasan ini di tujukan pada kepentingan para ahli hukum., peminat di dalam hukum serta pengamat masalah hukum lingkungan. Dengan perkembangan saat ini membuat kita segera membawa pada suatu persoalan pokok penting, meliputi cara bagaimana sistem hukum mampu menjawab secara efektif persoalan yng timbul dari berbagai benturan-benturan kepentingan yang timbul dari pemanfaatan lingkungan yang sudah terjadi akhir-ahir ini yang membuat kita turut serta memperhatikan dan menilai tentang sistem hukum lingkungan Indonesia. Yang dimaksud dengan Analisis mengenai dampak lingkungan adalah hasil studi mengenai dampak suatu kegiatan yang direncanakan terhadap lingkungan hidup yang diperjlukan bagi “Proses pengambilan Keputusan. (Pasal 1butir 10 UULH-82 jo. Pasal 1 butir 21 UULH-97).
Baca lebih lanjut

7 Baca lebih lajut

ILMU LINGKUNGAN PENGELOLAAN LINGKUNGAN PROYEK

ILMU LINGKUNGAN PENGELOLAAN LINGKUNGAN PROYEK

UU No. 32 Th 2009, pasal 22 (1): “Setiap usaha dan/atau kegiatan yg berdampak penting thd lingk hidup wajib memiliki AMDAL”. Pelaksanaannya diatur dg PP No 27 Th 2012 tentang Izin Lingkungan; PerMen LH No 16 Th 2012 ttg Penyusunan Dokumen AMDAL.

31 Baca lebih lajut

Pelaksanaan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan PLTU Tanjung Jati B Jepara - Diponegoro University | Institutional Repository (UNDIP-IR)

Pelaksanaan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan PLTU Tanjung Jati B Jepara - Diponegoro University | Institutional Repository (UNDIP-IR)

Puji syukur atas berkat dan karunia Tuhan Yang Mahakasih sehingga tesis ini dapat disusun sebagai syarat menyelesaikan jenjang pendidikan S2 pada Program Studi Ilmu Lingkungan Program Pascasarjana Universitas Diponegoro Semarang. Penyusunan tesis dengan judul “Pelaksanaan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan PLTU Tanjung Jati B Jepara” ini merupakan jawaban atas keingintahuan situasi sosial masyarakat yang hidup berdampingan dengan PLTU.

12 Baca lebih lajut

ppl1_4301409076_R112_1346251162. 1.97MB 2013-07-11 22:13:13

ppl1_4301409076_R112_1346251162. 1.97MB 2013-07-11 22:13:13

Biologi merupakan mata pelajaran wajib yang terdapat pada kurikulum pendidikan khususnya pada jenjang pendidikan sekolah menengah atas. Selain itu, mata pelajaran ini juga merupakan mata pelajaran yang diujikan dalam Ujian Akhir Nasional sehingga biologi juga merupakan mata pelajaran yang penting dan berbobot. Terlepas dari hal tersebut, biologi merupakan suatu mata pelajaran yang sangat penting, mudah diaplikasikan, dan juga mudah dalam menemukan sumber belajar yang autentik karena inti dari biologi adalah belajar mengenai hubungan makhluk hidup dengan lingkungan sekitar serta proses yang terjadi di dalamnya sehingga baik secara langsung maupun tidak langsung pembelajaran ini sangat dekat dengan kehidupan peserta didik karena mempelajari diri sendiri dan lingkungan di sekelilingnya. Disamping itu dalam praktik pembelajarannya, mata pelajaran ini menerapkan metode inquiry dimana pesserta didik dapat melakukan kegiatan eksplorasi, observasi maupun eksperimen karena dapat dipelajari langsung dari alam sehingga peserta didik dapat menjadi aktif untuk mencari tahu dan menemukan konsep dari suatu pengetahuan dan dapat membangunnya sendiri. Kelemahan Mata Pelajaran Biologi
Baca lebih lanjut

122 Baca lebih lajut

20140626_jabatan fungsional peneliti update24juni2014

20140626_jabatan fungsional peneliti update24juni2014

N0 NAMA JABATAN KUALIFIKASI PENDIDIKAN 1 Peneliti Magister S2/Pasca Sarjana S2/Doktor S3 sesuai dengan kualifikasi pendidikan di bidang Ilmu yang dibutuhkan 2 Peneliti Kimia Lingkunga[r]

1 Baca lebih lajut

MAKALAH HADIST TARBAWI TENTANG LINGKUNGA

MAKALAH HADIST TARBAWI TENTANG LINGKUNGA

Dari hal itu dapat dipahami bahwa manusia dengan seluruh perwatakan dan pertumbuhannya adalah hasil pencapaian dua faktor, yaitu faktor warisan dan faktor lingkungan. Faktor inilah yang mempengaruhi manusia dalam berinteraksi dengannya semenjak ia menjadi embrio hingga akhir hayat. Kemudian, lingkungan yang nyaman dan mendukung bagi terselenggaranya suatu pendidikan sangat dibutuhkan dan turut berpengaruh terhadap pencapaian tujuan pendidikan yang diinginkan. Demikian pula dalam sistem pendidikan Islam, lingkungan harus diciptakan sedemikian rupa sesuai dengan karakteristik pendidikan Islam itu sendiri.
Baca lebih lanjut

9 Baca lebih lajut

PENTINGNYA KONSEP EKOLOGI ILMU LINGKUNGA

PENTINGNYA KONSEP EKOLOGI ILMU LINGKUNGA

menjelaskan bahwa Ekologi adalah kajian tentang bagaimana tanaman, binatang, dan organisme lain yang saling berhubungan satu sama lain dalam lingkungan atau “rumah” mereka. Kata Ekologi berasal dari kata Yunani “oikos” yang berarti “rumah.” Ekologi juga berarti

6 Baca lebih lajut

ILMU TEKNOLOGI DAN PENGETAHUAN LINGKUNGA

ILMU TEKNOLOGI DAN PENGETAHUAN LINGKUNGA

kemerosotan kualitas hidup. Maka dibuatlah Baku mutu lingkungan hidup juga Nilai ambang batas. Nilai ambang batas adalah standar faktor bahaya di tempat kerja sebagai pedoman pengendalian agar tenaga kerja masih dapat menghadapinya tanpa mengakibatkan penyakit atau gangguan kesehatan dalam pekerjaan sehari- hari untuk waktu tidak lebih dari 8 jam sehari atau 40 jam seminggu . Dalam kata lain, nilai ambang batas juga diidentikkan sebagai kadar maksimum zat yang manusia mampu meneriamanya.

6 Baca lebih lajut

ILMU LINGKUNGAN ETIKA LINGKUNGAN

ILMU LINGKUNGAN ETIKA LINGKUNGAN

# Diperkuat dg paradigma ilmu Cartesian yg bersifat mekanistik reduksionis => ada pemisahan yg tegas antara manusia sbg subyek dan alam sbg obyek ilmu pengetahuan => ilmu pengetahuan bersifat otonom dan bebas nilai => melahirkan sikap dan perilaku

14 Baca lebih lajut

PENDEKATAN SISTEM DALAM KAJIAN LINGKUNGA

PENDEKATAN SISTEM DALAM KAJIAN LINGKUNGA

Kedua macam eksremitas alternatif tersebut di atas dapat diako- modasikan melalui analisis manfaat/biaya. Pendekatan ini berdasarkan pada konsep bahwa sungai merupakan sumberdaya yang dapat diman- faatkan melalui tatacara yang menguntungkan. Hal ini membutuhkan penelitian tentang konsekwensi moneter dari pembuangan limbah pada kedua belah pihak pengguna sungai. Oleh karena masing-masing pengguna mempunyai tatacara yang spesifik dalam perhitungan manfaat/biaya, maka diperlukan suatu ukuran , yaitu Indeks Mutu Lingkungan, environmental quality index. Indeks ini merupakan pembakuan dari peraturan tentang baku mutu lingkungan minimum yang diperbolehkan dalam bentuk parameter yang terukur dari sumberdaya alam dan lingkungan. Indeks ini juga dapat merupakan mekanisme untuk menangani preferensi sosial untuk distribusi manfaat dan biaya. Misalnya, kalau pemerintah menganggap bahwa usaha perikanan harus berjalan maka diperlukan baku mutu air minimum agar ikan tidak mati. Setelah baku mutu ditetapkan maka alternatif solusi yang terbaik baru dapat diselesaikan secara sistematis.
Baca lebih lanjut

29 Baca lebih lajut

PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN LINGKUNGA

PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN LINGKUNGA

Dalam hal ini Ahyari (1986) mengemukakan bahwa lingkungan kerja dalam perusahaan mempunyai pengaruh terhadap semangat dan kegairahan kerja dalam melaksanakan tugas. Sebaliknya lingkungan kerja yang kurang baik akan menyebabkan semangat dan kegairahan kerja menurun. Lebih jauh As’ad (1998) membagi lingkungan kerja menjadi dua yaitu lingkungan fisik dan lingkungan non fisik. Lingkungan non fisik merupakan suasana yang tercipta dari hubungan antara karyawan dengan lingkungan fisik atau hubungan antara karyawan dengan karyawan lainnya mengingat setiap hari kerja, seseorang karyawan akan mengadakan interaksi dengan sejawatnya terkait dengan bidang pekerjaan yang ditangani. Menurut Organ (1988), OCB melibatkan beberapa perilaku meliputi perilaku menolong orang lain, menjadi volunteer untuk tugas-tugas ekstra, patuh terhadap atasan dan prosedur ditempat kerja. Perilaku OCB menurut Aldag dan Rescjhe (1997) menggambarkan ”nilai tambah” dan merupakan salah satu bentuk perilaku prososial, yaitu perilaku sosial positif, konstruktif dan bermakna mau membantu karyawan lain atau rekan sejawat dalam interaksinya sehari-hari ditempat kerja.
Baca lebih lanjut

14 Baca lebih lajut

Evaluasi dan Perbaikan Kinerja Lingkunga

Evaluasi dan Perbaikan Kinerja Lingkunga

Kelestarian lingkungan dan kesehatan masyarakat menuntut semua pihak untuk menjaga kelesatarian lingkungan termasuk pihak industri. Penelitian di Pabrik Gula ini dilakukan dalam rangka memperbaiki proses produksi, sehingga proses itu menjadi ramah lingkungan. Pada tahap planning, proses pemecahan masalah penelitian ini diawali dengan wawancara dan brainstroming pada para kepala bagian pabrikasi untuk menentukan akar permasalahannya dan mempelajari proses produksi dan melihat kemungkinan perbaikan yang dilakukan. Dilanjutkan dengan studi literatur untuk mencari solusi terhadap proses produksi tersebut menjadi lebih efisien dan ramah lingkungan. Pengumpulan data-data yang diperlukan melalui penyebaran kuesioner, mencari data BAPEDAL sehingga bisa dijadikan acuan untuk mencari solusi yang tepat. Metode untuk menganalisa alternatif yang paling tepat menggunakan indeks produktivitas, indeks EPI. Dari hasil penelitian diperoleh dua permasalahan yaitu pada stasiun boiler dan unit pengolahan limbah cair. Alternatif yang terpilih untuk permasalahan stasiun boiler yaitu memasang HE (Heat exchanger) dan bahan bakar alternatif yaitu minyak bakar (IDO) dengan NPV sebesar Rp. 233.302.435,- Untuk permasalahan di unit pengolahan limbah cair, alternatif yang terpilih yaitu dengan memasang seperangkat DAF (Dissoleved Air Flotation) dengan NPV sebesar Rp. 19.637.800,-
Baca lebih lanjut

9 Baca lebih lajut

Legal Opini tentang Pencemaran Lingkunga

Legal Opini tentang Pencemaran Lingkunga

Hidup adalah ditemukannya zat logam berat berupa Arsen dan Merkuri di dasar Teluk Buyat, dalam tubuh ikan yang hidup di Teluk Buyat, dalam air minum (air tanah) penduduk, dalam tubuh penduduk dan dalam udara sekitar Teluk Buyat. Zat logam berat tersebut terbukti dihasilkan dari aktifitas pabrik PT Newmont Minahasa Raya, bukan tercipta secara ilmiah. Zat logam berat ini telah menyalahi ambang batas dan baku mutu lingkungan hidup sehingga berdampak buruk bagi kesehatan masyarakat dan merusak kelestarian lingkungan sekitarnya.

8 Baca lebih lajut

PEMETAAN KOGNITIF DAN KOGNITIF LINGKUNGA

PEMETAAN KOGNITIF DAN KOGNITIF LINGKUNGA

• Pemetaan Kognitif merupakan proses mental yang berisikan serangkaian transformasi psikologis dari informasi yang diterima, dikategorikan atau dibuat kode, disimpan, disampaikan dala[r]

13 Baca lebih lajut

Pemahaman Mengenai Entitas dan Lingkunga

Pemahaman Mengenai Entitas dan Lingkunga

Dalam melakukan penaksiran ini, auditor harus mempertimbangkan faktor risiko kecurangan yang berkaitan dengan baik salah saji yang timbul sebagai akibat kecurangan dalam pelaporan keuang[r]

7 Baca lebih lajut

PENGERTIAN BISNIS DAN PENGARUH LINGKUNGA

PENGERTIAN BISNIS DAN PENGARUH LINGKUNGA

Fungsi utama bisnis adalah menciptakan nilai suatu produk atau jasa dengan cara :  Mengubah bentuknya form utility, yang tidak lain dari fungsi produksi  Memindahkan tempat prod[r]

25 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...