Top PDF IMPLEMENTASI DAN ANALISIS FETAL DOPPLER UNTUK MENDETEKSI DETAK JANTUNG JANIN DENGAN PENGOLAHAN SINYAL DIGITAL

IMPLEMENTASI DAN ANALISIS FETAL DOPPLER UNTUK MENDETEKSI DETAK JANTUNG JANIN DENGAN PENGOLAHAN SINYAL DIGITAL

IMPLEMENTASI DAN ANALISIS FETAL DOPPLER UNTUK MENDETEKSI DETAK JANTUNG JANIN DENGAN PENGOLAHAN SINYAL DIGITAL

The pregnance period is a time what make happy for a mother. At this time, a mother always wish what the best for the fetus in the womb. Not infrequently every control her womb to the doctor or midwife, the mother will be ask about condition of her fetus. Fetal monitoring certainly can not do with the naked eye. Therefore, fetal monitoring will do by listening to the fetal heart rate or by performing an ultrasound. This research aims to design a fetal Doppler system and design a digital signal processing system of the fetal Doppler in order to display the graph to make easier for doctor or midwife in labor action to establish abnormalities in fetal heart arrhythmia. The study shows the system design fetal Doppler frequency of 2.8 MHz is required in order to detect the fetal heartbeat with a gestational age between 5 months to 9 months. The error generated during the testing of fetal Doppler is 20.72%, the smallest error of 2% and the average error 7.041%. Error percent is caused by entered the signal interference (noise) and sensors are too sensitive so that when there is little change, sensors read it as a data entry.
Baca lebih lanjut

48 Baca lebih lajut

IMPLEMENTASI ALGORITMA FAST FOURIER TRANSFORM UNTUK PENGOLAHAN SINYAL DIGITAL PADA TUNING GITAR DENGAN OPEN STRING

IMPLEMENTASI ALGORITMA FAST FOURIER TRANSFORM UNTUK PENGOLAHAN SINYAL DIGITAL PADA TUNING GITAR DENGAN OPEN STRING

10 looping dapat direduksi. Dilihat dari metode yang digunakan , FFT dibagi menjadi dua yaitu DIT (decimation in time) dan metode DIF (Decimation in Frequency), namun keduanya memiliki fungsi yang sama yaitu untuk mentransformasi sinyal menjadi frekuensi dasarnya. Decimation adalah proses pembagian sinyal menjadi beberapa bagian yang lebih kecil yang bertujuan untuk memperoleh waktu proses yang lebih cepat. Jika input sinyal pada time domain dari N-points adalah x(n) ,langkah awal yang dilakukan adalah dengan memisahkan menjadi 2 bagian yang sama (N/2 ponts).
Baca lebih lanjut

41 Baca lebih lajut

PRAKTIKUM PENGOLAHAN SINYAL DIGITAL Labo

PRAKTIKUM PENGOLAHAN SINYAL DIGITAL Labo

Tiga matriks masking diperlukan untuk mewakili masing-masing kasus saturasi positif, saturasi negatif, dan tanpa aksi. Operasi penjumlahan berkoresponden dengan operator logika OR pada semua kasus ini. Jumlah operasi aritmetik yang harus dilakukan pada pernyataan ini adalah 3N perkalian dan 2N penjumlahan, di mana N adalah jumlah elemen pada x. Tampak proses ini memerlukan lebih banyak pekerjaan daripada loop pada clip.m ila kita ha a e perhitu gka operasi arit etik. Na u , harga a g harus di a ar untuk interpretasi kode sangat mahal. Pernyataan tervektorisasi (vertorized) ini hanya diinterpretasikan sekali saja, sementara tiga pernyataan di dalam loop for harus direinterpretasikan sebanyak N kali. Bila Anda menggunakan etime untuk mencatat waktu kedua implementasi tersebut, maka versi vektorisasi akan jauh lebih cepat untuk vektor- vektor panjang.
Baca lebih lanjut

72 Baca lebih lajut

Tentang detak jantung dan treadmill

Tentang detak jantung dan treadmill

Menurut Laskowski (2012) ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi jumlah denyut jantung seseorang, yaitu aktivitas fisik atau tingkat kebugaran seseorang, suhu udara disekitar, posisi tubuh (berbaring atau berdiri), tingkat emosi, ukuran tubuh serta obat yang sedang dikonsumsi.

1 Baca lebih lajut

PENGENALAN MATLAB PENGOLAHAN SINYAL DIGITAL

PENGENALAN MATLAB PENGOLAHAN SINYAL DIGITAL

Kita dapat belajar Matlab melalui berbagai macam cara seperti dari buku maupun internet. Banyak situs di internet yang menyediakan tutorial tentang matlab. Seperti tutorial dasar, toolboxes, simulink, dan sebagainya. Kita dapat menggunakan situs http://www.mathworks.com. Untuk memperoleh informasi dan pengetahuan terkini tentang matlab.

21 Baca lebih lajut

Penampil detak jantung berbasis visual basic - USD Repository

Penampil detak jantung berbasis visual basic - USD Repository

Untuk memantau detak jantung dapat digunakan dua metode yaitu palpasi dan auskultasi. Metode palpasi adalah proses penghitungan denyut jantung dengan teknik perabaan, sedangkan metode auskultasi adalah proses penghitungan denyut jantung dengan menggunakan alat pemeriksa denyut jantung. Dalam perkembangan metode grafik atau visualisasi di bidang kedokteran mengakibatkan beberapa alat bantu pemeriksaan denyut jantung dapat dikombinasikan dengan alat lain untuk menghasilkan suatu data berupa grafik. Hal tersebut ditujukan untuk mengoptimalkan pemberian informasi data sehingga didapatkan diagnosis yang tepat. Kendati demikian, tidak semua tempat pelayanan kesehatan memiliki alat penampil grafik detak jantung seperti osiloskop. Hal ini disebabkan, harga alat penampil yang begitu mahal. Selain itu juga cara penggunaannya yang sulit, sehingga membutuhkan sumber daya manusia yang berkualitas. Sumber daya manusia yang berkualitas jarang dapat ditemui pada tempat pelayanan kesehatan yang rendah.
Baca lebih lanjut

116 Baca lebih lajut

Aplikasi Pengukur Detak Jantung Menggunakan Sensor Pulsa

Aplikasi Pengukur Detak Jantung Menggunakan Sensor Pulsa

Sensor pulsa mendeteksi jari, kemudian cahaya Infrared akan terpancar dan mengenai ujung jari.Kemudian cahaya yang terpancar akan mendeteksi jari manusia, aliran darah yang seiring dengandetak jantung akan membuat cahaya inframerah berubah sehingga akan terdeteksi oleh phototransistor akibat perubahan cahaya tersebut. Cahaya yang berubah di ubah menjadi tegangan melalui phototransistor. Kemudian Penguat akan menguatkan pulsa – pulsa dari detak jantung yang telah di ukur sehingga dapat diterima oleh rangkaian andruino. Data yang sudah dikirim tersebut akan diolah pada rangkaian arduino dan hasilnya akan dikirim ke PC melalui serial RS-232. Data yang diterima PC berupa pulsa – pulsa detak jantung per-menit dan data - data tersebut tersimpan di Ms.Excel.
Baca lebih lanjut

5 Baca lebih lajut

Pengolahan Sinyal Digital Dari Sampling

Pengolahan Sinyal Digital Dari Sampling

Pada gambar 12 dapat dilihat proses pemfilteran pada sinyal suara yang direkam pada ruang terbuka dengan � = , � . Grafik pertama menunjukkan grafik sinyal suara sebelum difilter. Grafik kedua menunjukkan grafik hasil fft dari sinyal suara sebelum difilter. Grafik ketiga menunjukkan grafik respons impuls yang digunakan untuk low pass filter. Grafik keempat menunjukkan grafik sinyal yang telah difilter. Grafik keempat didapat dengan cara melakukan perkalian titik hasil fft sinyal dengan respons impuls. Hasil kali tersebut kemudian dibalikkan ke dalam domain waktu dengan menggunakan perintah ifft.
Baca lebih lanjut

19 Baca lebih lajut

PENGOLAHAN CITRA DIGITAL UNTUK MENDETEKSI TANDA AIR UANG KERTAS

PENGOLAHAN CITRA DIGITAL UNTUK MENDETEKSI TANDA AIR UANG KERTAS

Morfologi adalah teknik pengolahan citra berdasarkan bentuk segmen atau region dalam citra. Morfologi memiliki banyak fungsi di dalamnya untuk mengelola citra hingga mendapatkan bentuk sederhana dari sebuah citra. Hasil terakhir dari proses morfologi adalah kumpulan piksel yang digunakan untuk menentukan apakah di citra tersebut memiliki tanda air atau tidak.

16 Baca lebih lajut

 Pengaruh Kelembaban Temperatur Udara

Pengaruh Kelembaban Temperatur Udara

Ketidaknyamanan (discomfort) dapat ditimbulkan oleh respon fisiologis tubuh terhadap temperatur dan kelembaban udara yang berada di luar com- fort zone. Derajat ketidaknyamanan tersebut antara lain dapat diketahui dengan mengukur suhu permukaan kulit, laju pengeluaran keringat dan detak jantung. Tingkat ketidaknyamanan yang disebabkan oleh panas akan naik jika salah satu atau beberapa diantara parameter tadi mengalami kenaikan (heat discomfort atau heat stress) [3].

13 Baca lebih lajut

Gambar 2.2 Skema Warna Rubik RGB[5] 2.3.2 Rolling Average[8]

Gambar 2.2 Skema Warna Rubik RGB[5] 2.3.2 Rolling Average[8]

Aplikasi ini menggunakan metode Rolling Average Filter pada proses deteksi denyut nadi serta memanfaatkan teknologi photopletysysmograph, yaitu sebuah metode pengukuran suatu besaran berdasarkan perubahan intensitas antar nilai maksimum dari warna merah pada ujung jari yang ditempelkan pada photo sensor (kamera smartphone) dapat didefinisikan sebagai satu denyut nadi. Aplikasi penghitung denyut nadi dapat menjadi alternatif untuk mengganti alat kesehatan yang biasa digunakan oleh dokter, aplikasi ini memanfaatkan kamera dan lampu flash yang tertanam di Smartphone. Platform yang digunakan di khusus kan pada pengguna sistem operasi android karena kemudahan dan banyak nya pengguna sistem operasi ini.
Baca lebih lanjut

8 Baca lebih lajut

Institutional Repository | Satya Wacana Christian University: Alat Perekam Aktivitas Jantung Dengan Mic Kondensor dan Pc-Link Usb Smart I/O

Institutional Repository | Satya Wacana Christian University: Alat Perekam Aktivitas Jantung Dengan Mic Kondensor dan Pc-Link Usb Smart I/O

Intisari - Gangguan organ jantung dapat diidentifikasi dari suara jantung yang tidak normal,mulai dari frekuensi, irama ,dan kekuatan denyutannya. Stetoskop biasa tidak dapat mendengarkan suara jantung yang lemah dan tidak terdapat fasilitas penampil dan perekam aktivitas jantung. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah alat yang dapat menguatkan suara jantung, menampilkan aktivitas jantung dan menghitung jumlah denyut jantung manusia per menit secara otomatis. Mic kondensor dapat dipakai untuk menangkap sinyal suara jantung. PC link adalah sebuah alat yang dapat mengkomunikan sinyal dari mic kondensor ke PC sehingga informasi yang diperoleh dapat diolah oleh PC dan dapat menghitung jumlah detak jantung per menit.
Baca lebih lanjut

1 Baca lebih lajut

Telemonitoring Detak Jantung Pasien Berbasis Internet untuk Implementasi pada Sistem Telemedika.

Telemonitoring Detak Jantung Pasien Berbasis Internet untuk Implementasi pada Sistem Telemedika.

Perancangan Telemonitoring detak jantung pasien berbasis internet menggunakan arduino uno bias dibagi dalam 2 tahap perancangan yaitu hardware dan software. Gambar 1 berikut memperlihatkan blok diagram sistem yang dirancang. Sinyal analog yang dihasilkan oleh Pulse sensor menjadi data masukan pada Arduino. Arduino bertugas sebagai pengolah sinyal dari pulse sensor yang hasilnya berupa data detak jantung pasien akan ditampilkan pada komputer. Selanjutnya dengan memasukkan perintah pengiriman data melalui komputer, data akan dikirimkan melalui email kepada dokter yang memerlukan data tersebut.
Baca lebih lanjut

17 Baca lebih lajut

PENGOLAHAN CITRA DIGITAL UNTUK MENDETEKSI TANDA AIR UANG KERTAS.

PENGOLAHAN CITRA DIGITAL UNTUK MENDETEKSI TANDA AIR UANG KERTAS.

Dalam tugas akhir ini, penelitian dilakukan hanya dengan metode segmentasi. Dikarenakan setelah dilakukan percobaan sendiri menggunakan deteksi tepi, metode ini tidak akurat untuk digunakan. Metode segmentasi yang digunakan pada penelitian ini adalah grayscale, binerisasi, dilasi, erosi, dilasi-erosi, skeleton. Pada proses tersebut dimungkinkan untuk mengelola citra hingga bisa diidentifikasi hasil tanda airnya. Dari proses penulangan atau skeletonizing sudah bisa menjadi proses akhir segmentasi untuk mendeteksi ada atau tidaknya tanda air, karena dari hasil penulangan sudah terbentuk pola tanda air apabila di citra uji terdapat tanda air, tetapi banyak faktor yang dapat mengganggu hasilnya, seperti adanya coretan, pencahayaan yang terlalu berlebihan dan kualitas foto yang rendah.
Baca lebih lanjut

90 Baca lebih lajut

ASUHAN KEPERAWATAN IBU HAMIL DENGAN HIPE

ASUHAN KEPERAWATAN IBU HAMIL DENGAN HIPE

g. Terminasi kehamilan: Pada hipertensi sedang atau berat yang tidak membaik setelah rawat inap biasanya dianjurkan pelahiran janin demi kesejahteraan ibu dan janin. Persalinan sebaiknya diinduksi dengan oksitosin intravena. Apabila tampaknya induksi persalinan hampir pasti gagal atau upaya induksi gagal, diindikasikan seksio sesaria untuk kasus-kasus yang lebih parah.

9 Baca lebih lajut

Staff Site Universitas Negeri Yogyakarta

Staff Site Universitas Negeri Yogyakarta

Pengolahan sinyal digital  Sebagian besar sinyal di alam adalah sinyal analog  Ubah menjadi sinyal digital, olah secara digital, ubah lagi menjadi sinyal analog, bila diperlukan A[r]

26 Baca lebih lajut

ANALISIS CARDIAC FREQUENCY PADA SINYAL PHOTOPLETHYSMOGRAPH (PPG) UNTUK MENDETEKSI KELAINAN DETAK JANTUNG MENGGUNAKAN FAST FOURIER TRANSFORM (FFT) - Repositori Universitas Andalas

ANALISIS CARDIAC FREQUENCY PADA SINYAL PHOTOPLETHYSMOGRAPH (PPG) UNTUK MENDETEKSI KELAINAN DETAK JANTUNG MENGGUNAKAN FAST FOURIER TRANSFORM (FFT) - Repositori Universitas Andalas

Pendeteksian detak jantung menjadi bagian terpenting dalam melakukan pemeriksaan kondisi jantung. Sinyal photoplethysmograph digunakan untuk monitoring detak jantung dengan melihat perubahan volume darah dalam pembuluh darah. Hasil dari pendeteksian detak jantung diperoleh melalui analisis frekuensi detak jantung pada sinyal photoplethysmograph dengan metode Fast Fourier Transform (FFT). Metode FFT digunakan untuk memperoleh spektrum yang membentuk komponen frekuensi dari sinyal photoplethysmograph sehingga dapat dilihat bentuk dari pola data detak jantung normal dan detak jantung tidak normal. Data detak jantung berasal dari 5 orang yang tidak mengidap penyakit jantung yang dipilih secara acak dan 3 orang yang mengidap penyakit jantung dengan pengambilan data dilakukan sebanyak 2 kali. Berdasarkan hasil pendeteksian detak jantung, nilai frekuensi dominan untuk pola data detak jantung normal dan detak jantung tidak normal pada range 0.683594- 0.927734 Hz. Sebanyak 40 % ditemukan pola data detak jantung normal yang memiliki kemiripan dengan pola data detak jantung tidak normal. Hal tersebut karena jenis penyakit jantung yang diderita berbeda-beda bergantung dari keluhan maupun jenis penyakit.
Baca lebih lanjut

2 Baca lebih lajut

Realisasi Aplikasi Android Pemandu Cardio-Exercise dengan Bantuan Alat Pemantau Detak Jantung dan Tekanan Darah Berbasis Oscillometric Photoplethysmography.

Realisasi Aplikasi Android Pemandu Cardio-Exercise dengan Bantuan Alat Pemantau Detak Jantung dan Tekanan Darah Berbasis Oscillometric Photoplethysmography.

Pada sistem yang direalisasikan digunakan modul PulseSensor Amped sebagai sensor photoplethysmography yang dapat mendeteksi perubahan volume di dalam arteri dan mendeteksi sinyal detak jantungi Untuk pendeteksian rerata tekanan arteri sistem bekerja berdasarkan metoda oscillometric dengan menggunakan tekanan satu titik di jari lengan yang diukur oleh sensor tekanan FSR dan mengandalkan tekanan hidrostatis yang bekerja pada pembuluh darah selama pengguna menggerakkan lengani Tinggi relatif perangkat terhadap jantung yang mempengaruhi tekanan hidrostatis diukur dengan dua buah modul sensor accelerometer+gyrometer GY-521i Untuk pengolahan data dari setiap sensor digunakan Arduino Pro Mini sebagai mikrokontroleri Data pembacaan sensor yang telah diolah akan dikirimkan ke ponsel berbasis Android melalui komunikasi Bluetooth menggunakan modul HC-05i Selanjutnya data akan diolah lebih lanjut melalui aplikasi Android yang telah direalisasikani
Baca lebih lanjut

22 Baca lebih lajut

IMPLEMENTASI TRANSFORMASI FOURIER CEPAT UNTUK MENGANALISIS ISYARAT SUARA JANTUNG NORMAL DAN ABNORMAL MENGGUNAKAN FETAL DOPPLER SEBAGAI ALAT PUNGUT

IMPLEMENTASI TRANSFORMASI FOURIER CEPAT UNTUK MENGANALISIS ISYARAT SUARA JANTUNG NORMAL DAN ABNORMAL MENGGUNAKAN FETAL DOPPLER SEBAGAI ALAT PUNGUT

Di dalam tulisan ini disajikan pokok-pokok bahasan yang meliputi pemahamaan tentang Fetal Doppler, Implementasi FFT, Rekaman suara Jantung, Analisis nilai-nilai Spektral beserta Grafik dari pengelompokan isyarat suara jantung normal dan abnormal.

18 Baca lebih lajut

ANALISIS CARDIAC FREQUENCY PADA SINYAL PHOTOPLETHYSMOGRAPH (PPG) UNTUK MENDETEKSI KELAINAN DETAK JANTUNG MENGGUNAKAN FAST FOURIER TRANSFORM (FFT) - Repositori Universitas Andalas

ANALISIS CARDIAC FREQUENCY PADA SINYAL PHOTOPLETHYSMOGRAPH (PPG) UNTUK MENDETEKSI KELAINAN DETAK JANTUNG MENGGUNAKAN FAST FOURIER TRANSFORM (FFT) - Repositori Universitas Andalas

2 Melalui sinyal PPG akan dilakukan analisis cardiac frequency menggunakan metode Fast Fourier Transform (FFT). Metode ini bekerja dengan mengubah sinyal yang sebelumnya berada pada domain waktu menjadi domain frekuensi sehingga dihasilkan spektrum yang membentuk komponen frekuensi. Melalui spektrum tersebut akan terlihat bentuk dari pola data detak jantung normal dan detak jantung tidak normal.

3 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...