Top PDF KONFLIK BATIN PADA TOKOH UTAMA DALAM FILM SERDADU KUMBANG KARYA JEREMIAS NYANGOEN: TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Film Serdadu Kumbang Karya Jeremias Nyangoen: Tinjauan Psikologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar S

KONFLIK BATIN PADA TOKOH UTAMA DALAM FILM SERDADU KUMBANG KARYA JEREMIAS NYANGOEN: TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA   Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Film Serdadu Kumbang Karya Jeremias Nyangoen: Tinjauan Psikologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar S

KONFLIK BATIN PADA TOKOH UTAMA DALAM FILM SERDADU KUMBANG KARYA JEREMIAS NYANGOEN: TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Film Serdadu Kumbang Karya Jeremias Nyangoen: Tinjauan Psikologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar S

nilai-nilai yang bisa digunakan sebagai bahan ajar sastra di SMA, sehingga peserta didik bisa terinspirasi dari cerita film tersebut. Film Serdadu Kumbang termasuk film keluarga yang memperlihatkan perjuangan seorang anak dalam menjalani hidup bukan film percintaan atau film romantis. Karena banyak karya Jeremias Nyangoen yang mengisahkan percintaan. Lebih tertarik lagi Jeremias Nyangoen mengerjakan film ini karena diangkat dari realita kehidupan desa terpencil di pulau Sumbawa bernama Desa Mantar. Sebagaimana dikisahkan kedekatan tiga anak bersahabat karib yang sangat menarik dan jarang diangkat di perfilman, sehingga peneliti tertarik untuk meneliti film Serdadu Kumbang karya Jeremias Nyangoen.
Baca lebih lanjut

22 Baca lebih lajut

PENDAHULUAN  Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Novel Lalita Karya Ayu Utami: Tinjauan Psikologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di Sma.

PENDAHULUAN Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Novel Lalita Karya Ayu Utami: Tinjauan Psikologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di Sma.

Berdasarkan uraian di atas, penulis ingin melihat lebih dalam permasalahan-permasalahan mengenai konflik batin yang dialami oleh Lalita dalam novel Lalita karya Ayu Utami yang akan dikaji dengan menggunakan tinjauan psikologi sastra dan implementasinya sebagai bahan ajar sastra di SMA. Gambaran keadaan tokoh yang dijelaskan di dalam novel Lalita ini akan didahului dengan analisis struktur yang meliputi tema, alur, tokoh, dan latar. Analisis konflik batin tokoh utama dalam novel Lalita karya Ayu Utama yang akan dianalisis dengan menggunakan pendekatan psikologi sastra dan implementasinya sebagai bahan ajar sastra di SMA.
Baca lebih lanjut

8 Baca lebih lajut

KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL PASUNG JIWA KARYA OKKY MADASARI: TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA DAN  Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Novel Pasung Jiwa Karya Okky Madasari: Tinjauan Psikologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di SMA.

KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL PASUNG JIWA KARYA OKKY MADASARI: TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA DAN Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Novel Pasung Jiwa Karya Okky Madasari: Tinjauan Psikologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di SMA.

Puji syukur alhamdulillah penulis panjatkan kepada Allah Swt. Atas segala rahmat dan karunia-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan skripsi dengan judul “Konflik Batin Tokoh Utama dalam Novel Pasung Jiwa karya Okky Madasari: Tinjauan Psikologi Sastra dan Implementasinya sebagai Bahan Ajar Sastra di SMA” ini disusun untuk memenuhi sebagian persyaratan memperoleh gelar Sarjana Stara 1 Pendidikan Bahasa Sastra dan Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Baca lebih lanjut

12 Baca lebih lajut

KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA DALAM FILM SERDADU KUMBANG KARYA JEREMIAS NYANGOEN: TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA  Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Film Serdadu Kumbang Karya Jeremias Nyangoen: Tinjauan Psikologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra

KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA DALAM FILM SERDADU KUMBANG KARYA JEREMIAS NYANGOEN: TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Film Serdadu Kumbang Karya Jeremias Nyangoen: Tinjauan Psikologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra

Puji syukur Alhamdulillahhirrobil’alamin , penulis panjatkan kehadirat Allah Swt. Yang senantiasa memberikan rahmat, taufik dan hidayah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan skripsi yang berjudul “ Konflik Batin Tokoh Utama dalam film Serdadu Kumbang karya Jeremias Nyangoen: Tinjauan Psikologi Sastra dan Implementasinya sebagai Bahan Ajar Sastra di SMA ” . Skripsi ini sebagian tugas dan syarat dalam memperoleh gelar Sarjana S-1 Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Baca lebih lanjut

12 Baca lebih lajut

KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL RONGGENG DUKUH PARUK KARYA AHMAD TOHARI: TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA  Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Novel Ronggeng Dukuh Paruk Karya Ahmad Tohari: Tinjauan Psikologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastr

KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL RONGGENG DUKUH PARUK KARYA AHMAD TOHARI: TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Novel Ronggeng Dukuh Paruk Karya Ahmad Tohari: Tinjauan Psikologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastr

Puji syukur penulis ucapkan ke hadirat Allah Swt. yang telah melimpahkan rahmat, hidayah, serta inayah-Nya sehingga penulis dapat meyelesaikan penyusunan skripsi ini. Shalawat serta salam penulis haturkan kepada junjungan Nabi Muhammad Saw. atas kehendak Allah Swt. penulis dapat menyelesaikan skripsi dengan judul “Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Novel Ronggeng Dukuh Paruk Karya Ahmad Tohari: Tinjauan Psikologi Sastra dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra di SMA”. Penulisan skripsi ini digunakan untuk memenuhi syarat dalam rangka mencapai derajat Sarjana S-1, Program Studi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Baca lebih lanjut

12 Baca lebih lajut

KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL PULANG KARYA TERE LIYEDAN IMPLEMENTASINYA SEBAGAI BAHAN AJAR SASTRA  Konflik Batin Tokoh Utama pada Novel Pulang Karya Tere Liye dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra di SMA: Tinjauan Psikologi Sastra.

KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL PULANG KARYA TERE LIYEDAN IMPLEMENTASINYA SEBAGAI BAHAN AJAR SASTRA Konflik Batin Tokoh Utama pada Novel Pulang Karya Tere Liye dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra di SMA: Tinjauan Psikologi Sastra.

Segala puji syukur senantiasa penulis ucapkan terima kasih kepada Allah Swt yang telah melimpahkan berkat dan karunia-Nya. Penulis dapat menyelesaikan skripsi dengan judul Konflik Batin Tokoh Utama pada Novel Pulang Karya Tere Liye dan Implementasinya sebagai Bahan Ajar Sastra di SMA: Tinjauan Psikologi Sastra. Penyusunan skripsi ini digunakan untuk memenuhi syarat memperoleh gelar Sarjana Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta.

12 Baca lebih lajut

KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL CERITA CINTA ENRICO KARYA AYU UTAMI: TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA  Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Novel Cerita Cinta Enrico Karya Ayu Utami: Tinjauan Psikologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Di Sma.

KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL CERITA CINTA ENRICO KARYA AYU UTAMI: TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Novel Cerita Cinta Enrico Karya Ayu Utami: Tinjauan Psikologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Di Sma.

Dengan ini, saya menyatakan bahwa dalam skripsi yang berjudul “Konflik Batin Tokoh Utama dalam Novel Cerita Cinta Enrico Karya Ayu Utami: Tinjauan Psikologi Sastra dan Implementasinya sebagai Bahan Ajar Sastra di SMA”, tidak terdapat karya yang pernah diajukan untuk memperoleh gelar kesarjanaan di suatu Perguruan Tinggi dan sepanjang pengetahuan saya juga tidak terdapat karya atau pendapat yang pernah ditulis atau diterbitkan oleh orang lain, kecuali yang secara tertulis diacu dalam naskah dan disebutkan dalam daftar pustaka.
Baca lebih lanjut

12 Baca lebih lajut

KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL RONGGENG DUKUH  Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Novel Ronggeng Dukuh Paruk Karya Ahmad Tohari: Tinjauan Psikologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di SMA.

KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL RONGGENG DUKUH Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Novel Ronggeng Dukuh Paruk Karya Ahmad Tohari: Tinjauan Psikologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di SMA.

serempak dua hal yang sama-sama tidak menarik atau tidak disukainya dan harus memilih salah satu, seperti contoh ketika Srintil pergi ke Dawuhan ketika disuruh pulang oleh Nyai Kartareja karena ada Pak Marsusi yang hendak bertemu dengannya akan tetapi Srintil memilih pergi. Contoh lagi ketika Srintil memutuskan untuk tidak melayani laki- laki lagi, Ia hanya ingin meronggeng layaknya seorang ronggeng. Ketiga, konflik mendekat-menghindar (approach-advoidance conflict), konflik ini terjadi apabila seseorang menghadapi serempak antara yang menarik dan yang tidak menarik dan harus memilih salah satu daripadanya, seperti contoh Srintil kecewa karena Rasus menolaknya ketika ia hendak menyerahkan kehormatannya. Contoh lainnya ketika hendak disuruh dukun ronggeng untuk bertemu dengan Pak Marsusi, Srintil lebih memilih bersama Goder.
Baca lebih lanjut

14 Baca lebih lajut

KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA PADA NOVEL PULANG KARYA TERE LIYE DAN IMPLEMENTASINYA SEBAGAI BAHAN AJAR SASTRA DI SMA:  Konflik Batin Tokoh Utama pada Novel Pulang Karya Tere Liye dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra di SMA: Tinjauan Psikologi Sastra.

KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA PADA NOVEL PULANG KARYA TERE LIYE DAN IMPLEMENTASINYA SEBAGAI BAHAN AJAR SASTRA DI SMA: Konflik Batin Tokoh Utama pada Novel Pulang Karya Tere Liye dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra di SMA: Tinjauan Psikologi Sastra.

Novel karya Tere Liye antara lain, (1) #Aboutlove (Gramedia, 2015), (2) Bulan (Gramedia, 2015), (3) Pulang (Gramedia, 2015), (4) Rindu (Republika, 2014), (5) Bumi (Gramedia, 2014), (6) Amelia (Republika, 2013), (7) Negeri Di Ujung Tanduk (Gramedia , 2013), (8) Berjuta Rasanya (Publishing, 2012), (9) SepotongHatiyang Baru (Publishing, 2012), (10) Kau, Aku & Sepucuk Angpau Merah (Gramedia, 2012), (11) Negeri Para Bedebah (Gramedia, 2012), (12) Sang Penanda (Publishing, 2011), (13) Ayahku (Bukan) Pembohong (Gramedia, 2011), (14) Eliana, Serial Anak-anak Mamak (Gramedia, 2011), (15) Daun yang Jatuh tak Pernah Membenci Angin (Gramedia, 2011), (16) Pukat, Serial Anak-anak Mamak (Gramedia, 2010), (17) Burlian, Serial Anak-anak Mamak (Republika, 2009), (18) Rembulan Tenggelam di Wajahmu (Republika, 2009), (19) Bidadari-bidadari Surga (Republika, 2008), (20) Sunset Bersama Rosie (Grafindo, 2008), (21) Hafalan Shalat Delisa (Republika, 2007), (22) Moga Bunda Disayang Allah (Republika, 2007), (23) Cintaku Antara Jakarta dan Kuala Lumpur (Add Print, 2006), (24) The Gogons Series: Jams and Incridible Incidents (Gramedia, 2006), dan (25) Mimpi-mimpi si Patah Hati (Add Print, 2005).
Baca lebih lanjut

16 Baca lebih lajut

PENDAHULUAN  Konflik Batin Tokoh Utama pada Novel Pulang Karya Tere Liye dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra di SMA: Tinjauan Psikologi Sastra.

PENDAHULUAN Konflik Batin Tokoh Utama pada Novel Pulang Karya Tere Liye dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra di SMA: Tinjauan Psikologi Sastra.

Karya sastra dapat lahir dari kehidupan atau latar belakang pengarang, hal ini menyebabkan latar belakang pengarang memiliki pengaruh terhadap karya sastra yang dihasilkan. Pengarang akan menggunakan cipta, rasa, dan karya dalam berkarya. Pengarang akan menangkap gejala jiwa kemudian diolah ke dalam teks dan dilengkapi dengan kejiwaannya, sehingga pengalaman sendiri dan pengalaman hidup di sekitar pengarang akan terproyeksi secara imajiner ke dalam teks sastra. Begitu pula pembaca, dalam menanggapi karya sastra tak akan lepas dari kejiwaan masing-masing. Karya sastra tersebut dapat berupa novel, cerpen, drama, maupun puisi. Bentuk karya sastra yang terkenal dikalangan masyarakat dewasa ini adalah novel. Novel berisi cerita fiksi dalam bentuk tulisan yang memiliki unsur instrinsik dan ekstrinsik. Novel menceritakan kehidupan makhluk hidup dengan interaksinya dengan lingkungan dan sesama.Novel merupakan sebuah karya sastra yang panjang yang isinya mengandung rangkaian cerita pada kehidupan tokoh tertentu serta tokoh-tokoh yang mengelilinginya. Novel juga menonjolkan watak dan sifat perilaku pada setiap tokoh yang berada dalam novel.
Baca lebih lanjut

6 Baca lebih lajut

PENDAHULUAN  Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Novel Pasung Jiwa Karya Okky Madasari: Tinjauan Psikologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di SMA.

PENDAHULUAN Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Novel Pasung Jiwa Karya Okky Madasari: Tinjauan Psikologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di SMA.

Sangidu (dalam Endraswara, 2004:74) menyatakan bahwa pendekatan psikologis terhadap sastra merupakan suatu pendekatan yang menggambarkan perasaan dan emosi pengarang. Sastra sebagai gejala kejiwaan terkandung fenomena-fenomena kejiwaan yang tampak lewat perilaku tokoh-tokohnya. Karya sastra dapat menggunakan psikologi sasta. Psikologi dan karya sastra memiliki hubungan fungsional, yakni sama-sama berguna untuk sarana mempelajari keadaan kejiwaan orang lain. Hanya perbedaannya gejala kejiwaan yang ada dalam karya sastra adalah gejala-gejala kejiwaan dari manusia-manusia yang riil. Keduanya saling melengkapi dan saling mengisi untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam terhadap kejiwaan manusia.
Baca lebih lanjut

9 Baca lebih lajut

PENDAHULUAN  Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Film Serdadu Kumbang Karya Jeremias Nyangoen: Tinjauan Psikologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di SMA.

PENDAHULUAN Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Film Serdadu Kumbang Karya Jeremias Nyangoen: Tinjauan Psikologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di SMA.

Film Serdadu Kumbang digunakan sebagai bahan ajar karena film tersebut banyak memberikan cerita yang positif. Sastra merupakan bidang keilmuan di bidang akademi. Pembelajaran sastra di sekolah masih menghadapi berbagai masalah. Hal tersebut dapat dilihat dari minimnya implementasi sastra dalam pembelajaran. Pendidik pada umumnya masih menekankan pada aspek kebahasaan saja. Pemilihan bahan ajar sastra harus mempertimbangkan beberapa aspek. Pemilihan bahan ajar sastra harus mempertimbangkan tiga faktor, yaitu bahasa, psikologi, dan latar belakang kebudayaan para siswa (Rahmanto, 2004:27).
Baca lebih lanjut

8 Baca lebih lajut

KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL LALITA KARYA AYU UTAMI: TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA DAN  Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Novel Lalita Karya Ayu Utami: Tinjauan Psikologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di Sma.

KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL LALITA KARYA AYU UTAMI: TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA DAN Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Novel Lalita Karya Ayu Utami: Tinjauan Psikologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di Sma.

sahabat Sandi Yuda merasakan kekhawatiran yang mendalam atas hilangnya Buku Indigo itu. Konflik antara Lalita dengan Janaka berlanjut ketika saudaranya mengebom Yuda dari tahanan polisi. Saudara Lalita itu menginginkan Buku Indigo yang selama ini dia cari. Perselisihan antara Lalita dengan Janaka yang menjadikan sahabatnya Lalita terancan itu belum berakhir. Tak lama kemudian Jisheng mengakui bahwa Buku Indigo yang selama ini di cari Janaka saudara kandung Lalita ada di saya. Jisheng yang mencuri buku tersebut di rumah Ibu Lalita. Setelah Buku Indigo itu ditangan Parang Jati. Dan akhirnya Buku Indigo yang selama ini diinginkan oleh Janaka yang selama perselisihan antara Lalita yang melibatkan permasalahan dengan sahabat- sahabatnya menjadi korban juga. Kemudian Parang Jati mengembalikan Buku Indigo ke rumah Ibu Lalita. Keadaan yang sudah kacau itu, Ibu Lalita menghilang.
Baca lebih lanjut

26 Baca lebih lajut

KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL LALITA KARYA AYU UTAMI: TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA DAN IMPLEMENTASINYA SEBAGAI  Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Novel Lalita Karya Ayu Utami: Tinjauan Psikologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di S

KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL LALITA KARYA AYU UTAMI: TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA DAN IMPLEMENTASINYA SEBAGAI Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Novel Lalita Karya Ayu Utami: Tinjauan Psikologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di S

The purpose of this is ( 1 ) describes the socio-historical background of the author Ayu Utami , ( 2 ) describe the structure may develop novel Lalita Ayu Utami 's work , ( 3 ) describe the inner conflict of the main character in the novel Lalita Ayu Utami 's work , ( 4 ) Implement an inner conflict in the novel Lalita Ayu Utami 's work as a study in high school teaching materials . This study uses descriptive qualitative research method . The research object is the inner conflict in the novel works Lalita Ayu Utami . Source of data used is the primary data source in Ayu Utami's novel Lalita works are published by Scholastic as thick as 251 and secondary sources of data collection techniques was done by using the literature , see and record . Data analysis techniques include heuristic and hermeneutic readings . Based on the results of the study can be summarized as follows . ( 1 ) socio-historical background the author ( 2 ) The structure of the novel Lalita Ayu Utami 's work is focused on the theme , plot , character, and background . The theme in this novel is the mystery of Borobudur . This is a novel Lalita groove groove mix . Characters in the novel consists of a main character ( Lalita ) , companion figure ( Password Yuda , Parang Jati , and Marja ) , a subordinate figure ( Janaka , Oscar , Ansheldan Jisheng ) . Background includes background place ( in Plaza Indonesia , Jalan Teuku Umar , Menteng Jakarta region , Borobudur , Mendut , campus in Bandung ( ITB ) , and East Java ) . Background Lalita time in this novel from 2008 until 2010 . In 2008 the opening of Buddha Bar and Restaurant closed in 2010 . Social background ( subconscious journey and everyday life with dreams and Villagers believe that a vampire is a mere superstition ) . ( 3 ) Inner Conflict Lalita main character in the novel there are 3 conflicts . a) approach - approach conflict , namely Lalita felt happy in his life when a man admires . b ) inner conflict avoidance - avoidance , there are two conflicts that 1 ) the conflict between belief and unbelief , 2 ) conflict between sadness and disappointment . c ) Inner conflict - avoidance approach , there are two conflicts that 1 ) the conflict between desire and guilt , 2 ) conflict between happy and disappointed . ( 4 ) The results of this study can also be implemented into the learning of literature in particular high school class XI .
Baca lebih lanjut

13 Baca lebih lajut

KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL CERITA CINTA  Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Novel Cerita Cinta Enrico Karya Ayu Utami: Tinjauan Psikologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Di Sma.

KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL CERITA CINTA Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Novel Cerita Cinta Enrico Karya Ayu Utami: Tinjauan Psikologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Di Sma.

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengungkapkan latar sosio-historis Ayu Utami, (2) mendeskripsikan struktur yang membangun novel Cerita Cinta Enrico karya Ayu Utami, (3) mengungkapkan konflik batin tokoh utama dalam novel Cerita Cinta Enrico karya Ayu Utami, (4) mengimplementasikan konflik batin tokoh utama, Enrico terhadap pembelajaran sastra di SMA. Data penelitian ini berupa paragraf yang terdapat dalam novel Cerita Cinta Enrico karya Ayu Utami. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dan menggunakan pendekatan psikologi sastra. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik pustaka, simak, dan catat. Teknik validasi data yang digunakan adalah teknik trianggulasi teori. Teknik analisis data menggunakan pembacaan model semiotik. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) latar sosio-historis Ayu Utami, seorang sastrawan yang semua karyanya terdapat bahasa vulgar dan mengangkat derajat perempuan, (2) secara struktural, alur dalam novel Cerita Cinta Enrico yaitu maju (Progresif). Tokoh dalam novel terdiri dari tokoh utama yaitu Enrico, tokoh tambahan Syrnie Masmirah, Muhamad Irsyad, Om Khasiar, dan A sebagai tokoh bawahan. Latar tempat terjadi di Bukittinggi, Padang, Bandung, Bogor. Latar waktu terjadi pada tahun 1958 sampai tahun 1998. Latar sosial adalah seseorang yang memliki perilaku kehidupan sosial yang baik bagi kehidupan sosial masyarakat, (3) konflik batin dalam novel Cerita Cinta Enrico yakni, Konflik mendekat-mendekat (approach-approach conflict), konflik mendekat-menjauh (approach-avoidance conflict), konflik menjauh-menjauh (avoidance-avoidance conflict), (4) hasil penelitian ini juga dapat diimplementasikan sebagai bahan ajar sastra di SMA khususnya kelas XII semester 2 (genap).
Baca lebih lanjut

18 Baca lebih lajut

KONFLIK BATIN TOKOH MIDAH DAN FIRDAUS  DALAM NOVEL LANGIT MEKAH BERKABUT MERAH   Konflik Batin Tokoh Midah Dan Firdaus Dalam Novel Langit Mekah Berkabut Merah Karya Aguk Irawan: Tinjauan Psikologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di SM

KONFLIK BATIN TOKOH MIDAH DAN FIRDAUS DALAM NOVEL LANGIT MEKAH BERKABUT MERAH Konflik Batin Tokoh Midah Dan Firdaus Dalam Novel Langit Mekah Berkabut Merah Karya Aguk Irawan: Tinjauan Psikologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di SM

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan (1) unsur-unsur yang membangun novel Langit Mekah Berkabut Merah, (2) konflik batin tokoh Midah dan Firdaus yang terkandung dalam novel Langit Mekah Berkabut Merah dengan menggunakan tinjauan psikologi sastra. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif deskriptif. Objek penelitian ini adalah konflik batin tokoh Midah dan Firdaus dalam novel Langit Mekah Berkabut Merah karya Aguk Irawan tinjauan psikologi sastra. Data dalam penelitian ini adalah kalimat, paragraf, dan wacana dalam teks novel Langit Mekah Berkabut Merah. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu teknik pustaka, simak, dan catat. Teknik validasi dalam penelitian ini menggunakan triangulasi teori. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik pembacaan heuristik, hermeneutik, dalam aplikasinya menggunakan cara berpikir induktif. Hasil penelitian berdasarkan analisis struktural, tema novel Langit Mekah Berkabut Merah yaitu sikap rela berkorban seorang perempuan demi orang yang disayanginya, meski mengakibatkan penderitaan. Alur dalam novel ini yaitu alur maju. Tokoh utama dalam novel Langit Mekah Berkabut Merah yaitu Midah. Latar tempat dalam novel ini di negara Indonesia, Mesir dan Arab. Latar waktu terjadi selama kurang lebih 1,5 sampai 2 tahun. Latar sosial yang digambarkan adalah Midah terpaksa meninggalkan sekolah dan bekerja sebagai TKW demi memperbaiki keadaan ekonomi keluarganya. Berdasarkan tinjauan psikologi sastra, konflik batin tokoh Midah dan Firdaus dalam novel Langit Mekah Berkabut Merah meliputi konflik mendekat-mendekat, konflik mendekat-menjauh, dan konflik menjauh-menjauh. Hasil penelitian ini dapat diimplementasikan sebagai bahan ajar sastra di SMA, pada Standar Kompetensi ke-2 berkaitan dengan membaca dan Kompetensi Dasar 7.2 yaitu menganalisis unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik novel Indonesia/ terjemahan Hasil penelitian ini dapat diimplementasikan sebagai bahan ajar sastra di SMA, khususnya kelas X1.
Baca lebih lanjut

12 Baca lebih lajut

KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL  Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Novel Bintang Anak Tuhan Karya Kirana Kejora: Kajian Psikologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di SMA.

KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Novel Bintang Anak Tuhan Karya Kirana Kejora: Kajian Psikologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di SMA.

Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan latar sosial budaya Kirana Kejora , (2) mendeskripsikan struktur novel, (3) mendeskripsikan konflik batin tokoh utama yang terkandung dalam novel dengan menggunakan tinjauan psikologi sastra, (4) mendeskripsikan bagaimana implementasi psikologi sastra dalam pelajaran Bahasa Indonesia sebagai bahan ajar sastra di SMA. Metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Data penelitian ini berupa paragraf. Sumber data primer penelitian ini adalah novel Bintang Anak Tuhan karya Kirana Kejora. Sumber data sekunder penelitian ini adalah buku acuan yang berhubungan dengan penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik pustaka, simak, dan catat. Teknik validasi menggunakan trianggulasi data. Analisis data yaitu dengan model semiotik teknik pembacaan heuristik dan hermeneutik. Hasil penelitian menunjukan (1) latar belakang sosial budaya Kirana Kejora merupakan seorang penulis wanita kelahiran Ngawi, Jawa Timur pada 2 Februari 1972. Ciri khas karya Kirana Kejora yaitu tentang perjuangan dan cinta. (2) Struktur novel ini yaitu perjuangan hidup dan cinta seorang ibu. Alur dalam novel ini , yaitu alur maju. Tokoh dalam novel ini adalah tokoh utama yaitu Hanum (protagonis) dan tokoh tambahan yaitu Bintang (tritagonis), Agung (antagonis). Latar tempat dalam novel ini di Jakarta. Latar waktu novel ini antara tahun 1999-2009. Latar sosial novel ini adalah orang yang terkena HIV yang lalu mendapat cibiran dan penolakan dari masyarakat sekitar. (3) Konflik batin dalam novel ini (a) konflik mendekat-mendekat, yaitu konflik rasa bahagia dengan rasa syukur, dan konflik syukur dan bangga (b) konflik mendekat-menjauh, yaitu konflik cinta dan perpisahan, serta konflik bahagia dan sedih, dan (c) konflik menjauh-menjauh, yaitu konflik pasrah dan sedih, serta konflik marah dan kesal. (4) Implikasi hasil penelitian pembelajaran sastra di SMA khususnya kelas XI.
Baca lebih lanjut

12 Baca lebih lajut

KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL  Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Novel Bintang Anak Tuhan Karya Kirana Kejora: Kajian Psikologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di SMA.

KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Novel Bintang Anak Tuhan Karya Kirana Kejora: Kajian Psikologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di SMA.

berbagai media cetak. Kirana Kejora juga produktif dalam menulis novel dan script film, baik layar lebar maupun film televisi. Karya-karya tersebut yaitu; Kepak Elang, novellete dan kumpulan puisi (2006). Selingkuh, antologi cerpen dan puisi (2006). Perempuan dan Daun, antologi cerpen dan puisi bergambar, bekerja sama dengan Darwis Triadi (2007). Elang, novel Dwilogi drama humanis (2009). Gema Padang, antologi puisi bersama penyair Brunei Darussalam, singapura, Malaysia, dan Indonesia (2010). Bintang Anak Tuhan, novel inspiring tentang gadis kecil ODHA (2010). Querido, unpredictable novel (2011). Air Mata Terahir Bunda best seller nasional (2012). MetroTV:FTV”Lelaki Penjaga Kereta” (2008). TPI:FTV” Cinta Berlafadz” (2010). Layar Lebar: Ketika Cinta Memilih, Hidup Itu Biutipul, Munajat Cinta Sang Gibran, Hasduk Berpola (2009). Jawa Pos TV: 8 episode serial Kos X (2006) . Jawa Pos TV: 9 episode Embong Malam (2006).
Baca lebih lanjut

17 Baca lebih lajut

PENDAHULUAN  KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL MANJALI DAN CAKRABIRAWA KARYA AYU UTAMI: TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA.

PENDAHULUAN KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL MANJALI DAN CAKRABIRAWA KARYA AYU UTAMI: TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA.

yakni tentang penderitaan batin yang dialami oleh Marja Manjali sebagai tokoh utama. Tokoh utama mengalami konflik batin karena menghianati pacarnya dengan mencintai sahabatnya sendiri dan namanya yang sama dengan nama putri Calwanarang sang pemilik ilmu hitam yaitu Ratna Manjali di masa kerajaan Airlangga, hal itu membuat Marja selalu merasakan aliran ganjil sehingga tubuhnya selalu merasa tegang. Alur dalam novel Manjali dan Cakrabirawa ini menggunakan alur campuran. Alur maju dalam novel ini adalah saat menceritakan liburan selama di desa bersama Parang jati. Alur mundurnya menceritakan tentang sejarah arca pada candi di Jawa Timur dan Cakrabirawa. Bahasanya lugas, tetapi ada sebagian yang menggunakan bahasa perbandingan, sehingga pembaca bisa memahami isi novel tersebut.
Baca lebih lanjut

27 Baca lebih lajut

PENDAHULUAN  Konflik Batin Tokoh Utama Novel Sang Maharani KArya Agnes Jessica : Tinjauan Psikologi Sastra.

PENDAHULUAN Konflik Batin Tokoh Utama Novel Sang Maharani KArya Agnes Jessica : Tinjauan Psikologi Sastra.

Perkembangan novel di Indonesia sekarang ini cukup pesat, terbukti dengan banyaknya novel-novel baru yang telah diterbitkan. Novel tersebut mempunyai bermacam-macam tema dan isi yang lebih banyak mengetengahkan kisah romantisme anak muda. Tema dalam karya sastra sejak dahulu hingga sekarang banyak mengangkat tentang problem-problem sosial yang terjadi pada umumnya. Bentuk karya fiksi yang terkenal dewasa ini adalah novel. Novel mengungkapkan suatu konsentrasi kehidupan pada suatu saat yang tegang, dan pemusatan kehidupan yang tegas (Semi, 1988: 32).
Baca lebih lanjut

35 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...