Top PDF KAJIAN SEMIOTIKA TERHADAP NOVEL JANTERA BIANGLALA KARYA AHMAD TOHARI

KAJIAN SEMIOTIKA TERHADAP NOVEL JANTERA BIANGLALA KARYA AHMAD TOHARI

KAJIAN SEMIOTIKA TERHADAP NOVEL JANTERA BIANGLALA KARYA AHMAD TOHARI

Sastra merupakan ungkapan pribadi manusia yang berupa pengalaman, pemikiran, semangat, dan keyakinan dalam suatu bentuk gambaran konkret yang membangkitkan pesona dengan alat bahasa. Untuk mempelajari sastra lebih dalam lagi, setidaknya terdapat 5 karakteristik sastra yang mesti dipahami. Pertama, pemahaman bahwa sastra memiliki tafsiran mimesis. Artinya, sastra yang diciptakan harus mencerminkan kenyataan. Kalau pun belum, karya sastra yang diciptakan dituntut untuk mendekati kenyataan. Kedua, manfaat sastra. Mempelajari sastra mau tidak mau harus mengetahui apa manfaat sastra bagi para penikmatnya. Dengan mengetahui manfaat yang ada, paling tidak mampu memberikan kesan bahwa sastra yang diciptakan berguna untuk kemaslahatan manusia. Ketiga, dalam sastra harus disepakati adanya unsur fiksionalitas. Unsur fiksionalitas sendiri merupakan cerminan kenyataan, yang merupakan unsur realitas yang tidak terkesan dibuat-buat. Keempat, pemahaman bahwa karya sastra merupakan sebuah karya seni.
Baca lebih lanjut

24 Baca lebih lajut

UTILITAS BAHASA DALAM MENGKONSTRUKSI HEGEMONI KEKUASAAN PADA NOVEL RONGGENG DUKUH PARUK, LINTANG KEMUKUS DINI HARI DAN JANTERA BIANGLALA KARYA AHMAD TOHARI DALAM PERSPEKTIF ANTROPOLOGI LINGUISTIK

UTILITAS BAHASA DALAM MENGKONSTRUKSI HEGEMONI KEKUASAAN PADA NOVEL RONGGENG DUKUH PARUK, LINTANG KEMUKUS DINI HARI DAN JANTERA BIANGLALA KARYA AHMAD TOHARI DALAM PERSPEKTIF ANTROPOLOGI LINGUISTIK

Bahasa dan sastra memiliki hubungan sangat erat, dengan bahasa sastra dapat hadir dalam realitas kehidupan ini. Bahasa dapat digunakan alat untuk menyampaikan pesan tersembunyi di balik teks. Seperti halnya bagaimana bahasa yang digunakan dalam teks sastra terkadang memiliki maksud sendiri sesuai dengan pilihan metafor yang digunakan oleh pengarang. Antropologi linguistik telah menunjukkan kategori dan generalisasi yang tidak hanya ditemukan dalam tulisan-tulisan akademik atau dalam diskusi-diskusi ilmiah, namun hal itu juga muncul pada saat seseorang menceritakan sesuatu (Duranti, 1997). Lahirnya bahasa itu akibat proses kreatif menemukan konsep dasar yang dapat memberikan penjelasan tentang bahasa, sistem kekuasaan dan kebudayaan dalam perspektif antropologi linguistik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif deskriptif sebagai upaya untuk menjelaskan bahwa utilitas bahasa dalam perspektif antropologi linguistik mampu menformulasi dan merekonstruksi hegemoni kekuasaan yang terdapat dalam novel Ronggeng Dukuh Paruk, Lintang Kemukus Dini Hari dan Jantera Bianglala karya Ahmad Tohari.. Data penelitian ini meliputi data primer dan data sekunder. Data primer berupa teks sastra (novel). Sedangkan data sekunder meliputi: (1) berbagai referensi atau jurnal yang relevan dengan permasalahan penelitian; (2) berbagai informasi penting yang diperoleh dari pengarang, budayawan dan pembaca yang dirujuk dari internet. Pengumpulan dapat dilakukan dengan teknik studi dokumentasi atau studi kepustakaan dengan disertai pemahaman arti secara mendalam. Teknik analisis data untuk pemaknaan menggunakan metode pembacaan semiotik yaitu pembacaan heuristik dan pembacaan hermeneutik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hegemoni kekuasaan yang diungkapkan pengarang melalui sistem penanda dapat diperhatikan dalam penggunaan tanda/simbol yang mengarah pada pemaknaan kekuasaan pada kategori linguistik yang dikaitkan dengan budaya masyarakat dalam teks; (2) hegemoni kekuasaan yang ditunjukkan dalam teks sebagai representasi kemanusiaan menunjukkan bahwa bahasa merupakan salah satu alat yang jitu untuk memberikan suatu pembenaran terhadap perilaku manusia untuk kepentingan-kepentingan tertentu; (3) bahasa yang digunakan dalam teks tidak dapat dilepaskan dengan kebudayaan masyarakat dalam memberikan pemaknaan tentang kekuasaan. Representasi kekuasaan tergambar secara jelas dalam membicarakan dan menafsirkan penggunaan penanda bahasa yang mengacu pada realitas sosial.
Baca lebih lanjut

17 Baca lebih lajut

REALISASI KESANTUNAN BERBAHASA DALAM NOVEL RONGGENG DUKUH PARUK KARYA AHMAD TOHARI

REALISASI KESANTUNAN BERBAHASA DALAM NOVEL RONGGENG DUKUH PARUK KARYA AHMAD TOHARI

Salah satu novelis besar di Indonesia adalah Ahmad Tohari. Namanya melejit lewat novel berjudul Ronggeng Dukuh Paruk. Dia dilahirkan di Tinggarjaya, Jatilawang, Banyumas, Jawa Tengah pada tanggal 13 Juni 1948. Pendidikan terakhirnya adalah di tingkat SMA. Cerpennya berjudul “Jasa-jasa buat Sanwirya” mendapat Hadiah Hiburan Sayembara Kincir Emas 1975 yang diselenggarakan Radio Nederland Wereldomroep. Novelnya Di Kaki Bukit Cibalak (1986) mendapat salah satu hadiah Sayembara Penulisan Roman DKJ 1979. Novel Kubah (1980) dan Jantera Bianglala (1986) meraih hadiah Yayasan Buku Utama Departemen P&K. Novel lainnya berjudul Lintang Kemukus Dini Hari (1986), Bekisar Merah (1993), dan Lingkar Tanah Lingkar Air (1995). Selain itu, beberapa kumpulan cerpen juga telah dihasilkannya, yakni Senyum Karyamin (1989) dan Nyanyian Malam (2000). Pada tahun 1995, dia menerima Hadiah Sastra ASEAN.
Baca lebih lanjut

178 Baca lebih lajut

GAYA BAHASA PADA NOVEL TRILOGI RONGGENG DUKUH PARUK BUKU III (JANTERA BIANGLALA) KARYA AHMAD TOHARI (SEBUAH KAJIAN PRAGMATIK)

GAYA BAHASA PADA NOVEL TRILOGI RONGGENG DUKUH PARUK BUKU III (JANTERA BIANGLALA) KARYA AHMAD TOHARI (SEBUAH KAJIAN PRAGMATIK)

The first step of this research is colleting the quotes of the novel that is in the novel and classitying it into the language styles that had been found. Based on the result of the classified language style, then the researcher analyzed the meaning and the characteristic of the language style of novel Jantera Bianglala pragmatically, then concluded the use of language style on the novel Jantera Bianglala. Each text that contained language style, the researcher can understand and clarity the content by searching on the novel alone so that the researcher can grab the internal dynamics of the novel thorough the language style.the subject of this research is Ahmad Tohari novel Ronggeng Dukuh Paruk Jantera Bianglala.
Baca lebih lanjut

141 Baca lebih lajut

GAYA KATA DALAM NOVEL TRILOGI RONGGENG DUKUH PARUK  Gaya Kata Dalam Novel Trilogi Ronggeng Dukuh Paruk Karya Ahmad Tohari: Kajian Stilistika Dan Relevansinya Sebagai Bahan Ajar Bahasa Indonesia Di SMA.

GAYA KATA DALAM NOVEL TRILOGI RONGGENG DUKUH PARUK Gaya Kata Dalam Novel Trilogi Ronggeng Dukuh Paruk Karya Ahmad Tohari: Kajian Stilistika Dan Relevansinya Sebagai Bahan Ajar Bahasa Indonesia Di SMA.

Dini Restiyanti Pratiwi. “Gaya Kata dalam Novel Trilogi Ronggeng Dukuh Paruk Karya Ahmad Tohari: Kajian Stilistika dan Relevansinya sebagai Bahan Ajar Bahasa Indonesia di SMA.” Tesis. Magister Pengkajian Bahasa. Universitas Muhammadiyah Surakarta. 2012.

13 Baca lebih lajut

ANALISIS GENDER DALAM NOVEL DWILOGI BERKISAR MERAH KARYA AHMAD TOHARI

ANALISIS GENDER DALAM NOVEL DWILOGI BERKISAR MERAH KARYA AHMAD TOHARI

The reason the authors chose gender analysis is because the author wants to analyze gender on the main character by using gender prejudices and gender injustices that are influenced by the environment. The research problems revealed by the authors are (1) Gender prejudice in the Dwilogi Ranged novel by Ahmad Tohari. (2) gender inequality in the Dwilogi Ranges novel by Ahmad Tohari. The method used in this research is descriptive qualitative method, with approach of feminism study. The data in this study are sentences or quotations containing the main character's gender analysis. The technique of data collection using documentary study with key instrument is the author. Based on the results of existing data analysis, the research results show gender analysis on the main character of gender prejudice that is gender, age ,. Skin color is a natural view that is easy to see. People assume that female gender is a kind of class in the social layer. Adat views women as being inferior to men, so it is not surprising that society considers women to be slaves. While the gender inequality is marginalization, subordination, and streotipe.
Baca lebih lanjut

9 Baca lebih lajut

NILAI SOSIAL DALAM NOVEL KUBAH  KARYA AHMAD TOHARI: KAJIAN SOSIOLOGI SASTRA SERTA IMPLEMENTASINYA  SEBAGAI BAHAN AJAR SASTRA  Nilai Sosial Dalam Novel Kubah Karya Ahmad Tohari: Kajian Sosiologi Sastra Serta Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di SMA

NILAI SOSIAL DALAM NOVEL KUBAH KARYA AHMAD TOHARI: KAJIAN SOSIOLOGI SASTRA SERTA IMPLEMENTASINYA SEBAGAI BAHAN AJAR SASTRA Nilai Sosial Dalam Novel Kubah Karya Ahmad Tohari: Kajian Sosiologi Sastra Serta Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di SMA

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan 1) Struktur pembangun novel Kubah karya Ahmad Tohari 2) Nilai sosial novel Kubah karya Ahmad Tohari, 3) Implementasi novel Kubah karya Ahmad Tohari terhadap pembelajaran sastra di SMA N 1 Jatinom. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data dari novel Kubah. Data berupa kata, kalimat dan paragraf. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik pustaka, simak dan catat. Teknik validitas data menggunakan triangulasi data. Teknik analisis data menggunakan metode dialektika. Hasil analisis menunjukkan bahwa struktur pembangun novel Kubah terdiri atas tema kebjikan dalam menjalani hidup. Alur yakni alur campuran. Tokoh yakni Karman, Marni, Tini, Haji Bakir, Triman, Margo, dan Gigi Baja. Sudut pandang yang digunakan orang ketiga pelaku utama. Pesan yang terkandung dalam novel harus dapat memahami dan memberikan maaf terhadap seseorang yang telah menyadari kesalahanya dan orang yang telah menyadari kesalahnya harus dapat membuktikan bahwa ia telah berubah, kembali kejalan yang benar. Nilai sosial dalam novel terdiri dari Love (kasih sayang) terdiri atas pengabdian, tolong-menolong, kekeluargaan, kesetiaan, dan kepedulian. Responsibility (tanggung jawab) terdiri atas nilai rasa memiliki, disiplin dan empati. Life Harmony (keserasian hidup) terdiri atas nilai keadilan, toleransi, kerjasama, dan demokrasi.
Baca lebih lanjut

12 Baca lebih lajut

MAJAS  NOVEL TRILOGI  RONGGENG  DUKUH  PARUK  Majas Novel Trilogi Ronggeng Dukuh Paruk Karya Ahmad Tohari: Kajian Stilistika Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Bahasa Indonesia Di Sma.

MAJAS NOVEL TRILOGI RONGGENG DUKUH PARUK Majas Novel Trilogi Ronggeng Dukuh Paruk Karya Ahmad Tohari: Kajian Stilistika Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Bahasa Indonesia Di Sma.

Tesis ini mengkaji tiga hal, yaitu majas yang digunakan oleh Ahmad Tohari dalam novel Ronggeng Dukuh Paruk, Pemanfaatan majas yang paling dominan dan yang paling sedikit dalam novel Ronggeng Dukuh Paruk . Implementasi majas sebagai bahan ajar Bahasa Indonesia di SMA. Analisis data menggunakan metode pandan intralingual dengan Teknik Hubung Banding Menyamakan hal pokok (HBSP).

14 Baca lebih lajut

Geologi dalam Karya Sastra sebuah apresi

Geologi dalam Karya Sastra sebuah apresi

Di dalam novel “Di Kaki Bukit Cibalak” karya Ahmad Tohari dan novel “Romo Rahadi” karya Romo Mangun, kedua sastrawan kawakan tersebut memasukkan pengetahuan ilmu kebumian (geologi) dalam mengilustrasikan alam sekitar. Keduanya mampu dengan sangat baik menggambarkan proses endogenik yang menyebabkan terbentuknya pegunungan, daratan dan lautan, serta proses eksogenik yang terjadi di atas permukaan bumi, berupa perubahan dan perpindahan material batuan oleh air, angin dan es. Meski keduanya tidak memiliki latar belakang pendidikan ilmu kebumian secara khusus, mereka berjasa memasyarakatkan ilmu kebumian kepada khalayak pecinta sastra. Maksud tulisan ini adalah untuk memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya terhadap kedua sastrawan kawakan Indonesia tersebut.
Baca lebih lanjut

5 Baca lebih lajut

NILAI SOSIAL DALAM NOVEL KUBAH  KARYA AHMAD TOHARI: KAJIAN SOSIOLOGI SASTRA SERTA IMPLEMENTASINYA  SEBAGAI BAHAN AJAR SASTRA   Nilai Sosial Dalam Novel Kubah Karya Ahmad Tohari: Kajian Sosiologi Sastra Serta Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di SM

NILAI SOSIAL DALAM NOVEL KUBAH KARYA AHMAD TOHARI: KAJIAN SOSIOLOGI SASTRA SERTA IMPLEMENTASINYA SEBAGAI BAHAN AJAR SASTRA Nilai Sosial Dalam Novel Kubah Karya Ahmad Tohari: Kajian Sosiologi Sastra Serta Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di SM

Penulis dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Metode kualitatif ini berusaha memberikan deskripsi berupa kata-kata atau lisan melalui dialog yang ada dalam novel Kubah karya Ahmad Tohari. Data penelitian berupa kata, kalimat, paragraf dan bukan angka. Dalam penelitian ini penulis menggunakan strategi studi kasus terpancang (embeded case study). Objek adalah sasaran yang akan diteliti dan tentu saja tidak terlepas masalah penelitian. Objek dalam penelitian ini adalah nilai sosial dalam novel kubah karya Ahmad Tohari.Data dalam penelitian ini berupa paparan bahasa (teks tertulis) yaitu kata-kata, frasa, kalimat. Sumber data dalam penelitian terdiri dari data sekunder dan data primer. Sumbr data primer diperoleh dari novel Kubah karya Ahmad Tohari.Sumber data sekunder diperoleh dari pustaka, buku- buku serta guru.Data dalam penelitian ini penulis kumpulkan dengan menggunakan teknik catat dan simak serta pustaka.
Baca lebih lanjut

17 Baca lebih lajut

GAYA KATA DALAM NOVEL TRILOGI RONGGENG DUKUH PARUK  KARYA AHMAD TOHARI: KAJIAN STILISTIKA DAN   Gaya Kata Dalam Novel Trilogi Ronggeng Dukuh Paruk Karya Ahmad Tohari: Kajian Stilistika Dan Relevansinya Sebagai Bahan Ajar Bahasa Indonesia Di SMA.

GAYA KATA DALAM NOVEL TRILOGI RONGGENG DUKUH PARUK KARYA AHMAD TOHARI: KAJIAN STILISTIKA DAN Gaya Kata Dalam Novel Trilogi Ronggeng Dukuh Paruk Karya Ahmad Tohari: Kajian Stilistika Dan Relevansinya Sebagai Bahan Ajar Bahasa Indonesia Di SMA.

Novel trilogi Ronggeng Dukuh Paruk dapat dijadikan sebagai bahan ajar. Adapun gaya kata yang terdapat di dalam novel RDP dapat dijadikan sebagai materi ajar oleh guru untuk memberikan arahan kepada peserta didik mengenai gaya bahasa sebagai unsur instrinsik pembangun karya sastra yang di dalamnya terdapat gaya kata sesuai dengan indikator pembelajaran. Gaya kata dapat dijadikan contoh hasil apresiasi sastra dan proses pengidentifikasian kata-kata yang digunakan pengarang untuk menyampaikan pikiran/ gagasannya. Selain itu, dengan membaca secara komprehensif novel RDP , peserta didik dapat mengenal budaya Jawa dan kehidupan masyarakat Jawa sebagai salah satu wujud keanekaragaman budaya Indonesia.
Baca lebih lanjut

23 Baca lebih lajut

KONFLIK BATIN TOKOH LASI DALAM NOVEL BEKISAR MERAH KARYA AHMAD TOHARI DALAM PERSPEKTIF KEPRIBADIAN HUMANISTIK ABRAHAM MASLOW DAN IMPLEMENTASINYA SEBAGAI MATERI PEMBELAJARAN DI SMA KELAS XI (SUATU TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA) SKRIPSI Diajukan untuk Memenuhi

KONFLIK BATIN TOKOH LASI DALAM NOVEL BEKISAR MERAH KARYA AHMAD TOHARI DALAM PERSPEKTIF KEPRIBADIAN HUMANISTIK ABRAHAM MASLOW DAN IMPLEMENTASINYA SEBAGAI MATERI PEMBELAJARAN DI SMA KELAS XI (SUATU TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA) SKRIPSI Diajukan untuk Memenuhi

(1) Kehidupan di Karangsoga tetap mengalir seperti air di sungai- sungai kecil yang berbatu-batu. Manusianya hanyut, terbentur- bentur, kadang tenggelam atau bahkan membusuk di dalamnya. Tak ada yang mengeluh, tak ada yang punya greget, misalnya mencari kemungkinan memperoleh mata pencaharian lain karena menyadap nira punya resiko besar dengan hasil sangat rendah. Atau menggalang persatuan agar mereka bisa bertahan dari kekejaman pasar bebas yang sangat leluasa memainkan harga gula. Tidak. Karangsoga tetap adhem-ayem seperti biasa, tenang, seolah kemiskinan para penyadap di sana adalah kenyataan yang sudah dikemas dan harus mereka terima (Tohari, 2011:40-41). Masyarakat Karangsoga sangat menjunjung tinggi adat istiadat. Mereka sangat takut untuk melanggar tradisi yang sudah ada sejak dulu kala. Ini terjadi karena pemikiran mereka yang masih tradisional sehingga dapat dikatakan masih terbelakang dan belum maju. Hal ini terdapat dalam kutipan berikut:
Baca lebih lanjut

152 Baca lebih lajut

Menggali Kearifan Lokal pada Novel Ronggeng Dukuh Paruk Karya Ahmad Tohari

Menggali Kearifan Lokal pada Novel Ronggeng Dukuh Paruk Karya Ahmad Tohari

Berdasarkan kajian stilistika ditemukan bahwa RDP memanfaatkan style ‘gaya bahasa‘ baik diksi, kalimat, wacana, bahasa figuratif maupun citraan yang memiliki keunikan dan keistimewaan (uniqueness and idiosyncracy) yang khas Tohari dalam rangka menciptakan efek makna dan efek estetik. Melalui kajian Semiotik dan Interteks ditemukan bahwa dalam RDP terkandung nilai-nilai kearifan lokal (local genius) budaya Jawa sebagai pembentuk identitas yang berguna untuk memperkaya budaya bangsa. Nilai kearifan lokal itu antara lain sikap arif menghadapi orang khilaf, hidup dalam keserbawajaran, dan manusia hidup menjadi tokoh wayang dalam cerita yang sudah pakem. Nilai-nilai kearifan lokal tersebut sangat berguna dalam rangka pembangunan karakter bangsa.
Baca lebih lanjut

16 Baca lebih lajut

 this  file 6962 15203 1 PB

this file 6962 15203 1 PB

keadaan di Pegaten mulai mereda. Namun, ternyata rencana yang telah dipikirkan tidak jadi dilaksanakan karena ia jatuh sakit. Perjalanan Karman berakhir karena seorang gembala kerbau melihat gerak-geriknya. Dalam keadaan sakit yang parah akhirnya Karman ditemukan bahkan orang-orang tidak tega untuk menghabisinya karena melihat keadaannya yang begitu parah. Penangkapan anggota PKI dalam novel Kubah sejalan dengan kenyataan yang ada pada sejarah pada masa itu yang diungkapkan oleh Samsudin (2004,p.208) yang menyatakan bahwa anggota PKI yang tertangkap dalam proses persembunyiannya akan dijebloskan dalam penjara dan diasingkan dari kehidupannya.
Baca lebih lanjut

9 Baca lebih lajut

T IND 1004779 Abstract

T IND 1004779 Abstract

This study, entitled "Sociological Study of Character and Values in the Novel About Corruption and Utilization as Subjects in high school". The problems in this study is formulated as follows. 1) How does the sociological description is based on the elements and structure of the novel Orang-Orang Proyek by Ahmad Tohari, Korupsi by Pramoedya Ananta Toer, and Sebuah Novel 86 by Okki Madasari ?; 2) The values contained a wildcard character in the novel Orang- orang Proyek by Ahmad Tohari, Korupsi works of Pramoedya Ananta Toer, and Sebuah novel 86 works Okki Madasari ?; 3) How to package the results of sociological studies and the value character of the novel's Oranf-orang Proyek by Ahmad Tohari, Korupsi works of Pramoedya Ananta Toer, and Sebuah novel 86 Okki Madasari work as teaching materials appreciation of literature in high school?
Baca lebih lanjut

2 Baca lebih lajut

MAJAS NOVEL TRILOGI RONGGENG DUKUH PARUK KARYA AHMAD TOHARI: KAJIAN STILISTIKA DAN IMPLEMENTASINYA  Majas Novel Trilogi Ronggeng Dukuh Paruk Karya Ahmad Tohari: Kajian Stilistika Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Bahasa Indonesia Di Sma.

MAJAS NOVEL TRILOGI RONGGENG DUKUH PARUK KARYA AHMAD TOHARI: KAJIAN STILISTIKA DAN IMPLEMENTASINYA Majas Novel Trilogi Ronggeng Dukuh Paruk Karya Ahmad Tohari: Kajian Stilistika Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Bahasa Indonesia Di Sma.

The type of the research is descriptive qualitative. The object of the study is the usage of figure of speech and the meaning in trylogy novel RDP. The data in the research is in the form of words dealing with the usage of figure of speech by Ahmad Tohari. The source of data in the research is the trylogy novel Ronggeng Dukuh Paruk by Ahmad Tohari published by PT Gramedia Pustaka. The novel has 408 pages as the fifth edition in the year of 2009; and also the articles from the internet. The technique of collecting the data is the lybrary technique to find the figure of speech in the novel. The technique of data analysis used in the research is the method of equal-intralingual with the technique of comparing and relating to equalize the main thing. The meaning of the figure of speech is learned using the semiotics reading.
Baca lebih lanjut

24 Baca lebih lajut

IDENTITAS PEREMPUAN DALAM NOVEL RONGGENG DUKUH PARUK KARYA AHMAD TOHARI DAN MEMOIRS OF A GEISHA KARYA ARTHUR GOLDEN: (SEBUAH KAJIAN SASTRA BANDINGAN).

IDENTITAS PEREMPUAN DALAM NOVEL RONGGENG DUKUH PARUK KARYA AHMAD TOHARI DAN MEMOIRS OF A GEISHA KARYA ARTHUR GOLDEN: (SEBUAH KAJIAN SASTRA BANDINGAN).

Juga atas dasar perbedaan konteks sastra yaitu konteks sosial dan budaya yang melatarbelakangi kedua novel, peneliti melakukan perbandingan keduanya melalui kajian sastra bandingan. Sastra bandingan sendiri merupakan pendekatan dalam ilmu sastra yang tidak menghasilkan teori sendiri. Boleh dikatakan teori apa pun bisa dimanfaatkan dalam penelitian sastra bandingan, sesuai dengan objek dan tujuan penelitiannya (Damono, 2011, hlm. 1). Maka atas dasar tersebut peneliti kemudian mengkaji gambaran identitas perempuan yang terkait dengan kontekstual sastra masing-masing melalui kajian sosiologi sastra sebagai kajian pendekatan utama. Selain dengan dukungan teori analisis feminisme dalam beberapa aspek. Pengkajian sosiologi sastra dirasa cocok untuk mengkaji fenomena yang telah disebutkan di atas.
Baca lebih lanjut

32 Baca lebih lajut

ASPEK GENDER DALAM NOVEL RONGGENG DUKUH  ASPEK GENDER DALAM NOVEL RONGGENG DUKUH PARUK KARYA AHMAD TOHARI DAN SINTREN KARYA DIANING WIDYA YUDHISTIRA: KAJIAN INTERTEKS.

ASPEK GENDER DALAM NOVEL RONGGENG DUKUH ASPEK GENDER DALAM NOVEL RONGGENG DUKUH PARUK KARYA AHMAD TOHARI DAN SINTREN KARYA DIANING WIDYA YUDHISTIRA: KAJIAN INTERTEKS.

Secara interteks novel RDP menjadi hipogram dari novel Sintren. Novel RDP dan Sintren sarat dengan muatan masalah-masalah gender. Aspek gender dalam novel RDP karya Ahmad Tohari yaitu, Diskriminasi yang terdapat dalam masyarakat, pelecehan seksual, pemaksaan, cara berpikir dan penyifatan. Selain itu juga ditemukan aspek gender dari segi kecantikan dan kekuasaan. Aspek gender dalam Sintren karya Dianing Widya Yudhistira yaitu, dari masyarakat berupa pengucilan, pelecehan seksual, pemaksaan, penyifatan, cara berpikir, selain itu juga terjadi dalam dunia pendidikan, kecantikan dan kekuasaan.
Baca lebih lanjut

10 Baca lebih lajut

Gambaran Pemikiran Modern Tokoh Utama Novel Di Kaki Bukit Cibalak Karya Ahmad Tohari: Analisis Psikologi Sastra

Gambaran Pemikiran Modern Tokoh Utama Novel Di Kaki Bukit Cibalak Karya Ahmad Tohari: Analisis Psikologi Sastra

”Masyarakat Miskin Dalam Novel Di Kaki Bukit Cibalak karya Ahmad Tohari: Sebuah Kajian Sosiologi Sastra” Skripsi Online.. Yogyakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Aminuddin.[r]

2 Baca lebih lajut

DAFTAR PUSTAKA  Gaya Kata Dalam Novel Trilogi Ronggeng Dukuh Paruk Karya Ahmad Tohari: Kajian Stilistika Dan Relevansinya Sebagai Bahan Ajar Bahasa Indonesia Di SMA.

DAFTAR PUSTAKA Gaya Kata Dalam Novel Trilogi Ronggeng Dukuh Paruk Karya Ahmad Tohari: Kajian Stilistika Dan Relevansinya Sebagai Bahan Ajar Bahasa Indonesia Di SMA.

Rohmi, Siti. 2010. “Kekerasan dalam Rumah tangga pada Novel Nikah Semusim: Kajian Feminisme Sastra dan Implementasinya dalam Pemebelajaran Sastra di Kelas VIII SMP N 1 Bancak”. Tesis. Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta.

4 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...