Top PDF Kebahagiaan pada Buruh Gendong

Kebahagiaan pada Buruh Gendong

Kebahagiaan pada Buruh Gendong

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kebahagiaan dan faktor yang mempengaruhi kebahagiaan pada buruh gendong di pasar tradisional. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara dan observasi. Metode analisis data pada penelitian ini dengan menggunakan analisis tema. Pengambilan sampel menggunakan criterion sampling yaitu sampel yang kriterianya sudah ditentukan sebelumnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subyek I merasa cukup bahagia. pada aspek kognitif dan aspek afektif, ini ditunjukkan dengan adanya perasaan puas pada berbagai domain kehidupannya seperti adanya penerimaan dari pihak keluarga terhadap kondisi pekerjaan subyek, perasaan puas terhadap keadaan keluarga dan pekerjaan, hubungan yang baik dengan sesama buruh gendong dan pandangan positif mengenai kehidupan masa depan serta dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari untuk keluarga. Hal ini membuat subyek merasa senang dan bersyukur dengan keadaannya, namun dengan kondisi pekerjaannya subyek I mengalami masalah kesehatan yang mengganggu kebahagiaan subyek dikarenakan sering mengalami pegal- pegal pada bagian tubuhnya yang terkadang mengganggu aktifitas pekerjaan subyek bahkan pernah membuat subyek tidak bekerja sehingga membuat subyek merasa sedih dan menyalahkan diri sendiri. Sedangkan pada subyek II juga menunjukkan bahwa subyek II cukup bahagia. Pada aspek kognitif dan afektif juga menunjukkan bahwa subyek II merasa puas dan lebih merasakan afek positif di berbagai domain kehidupannya. Kepuasan terlihat dari adanya dukungan dan tidak adanya pemaksaan terhadap subyek untuk bekerja dari keluarga, interaksi dengan sesama buruh gendong yang baik dan penilaian yang positif serta pemanfaatan waktu luang yang positif yang dilakukan subyek membuat subyek lebih banyak merasakan afek positif seperti senang. Hal yang mengganggu kebahagiaan pada subyek II adalah kondisi kesehatan yang mengakibatkan subyek tidak maksimal dalam bekerja karena mengalami batuk-batuk ketika bekerja terlalu berat. Sedangkan faktor yang mempengaruhi kebahagiaan kedua subyek buruh gendong bersifat eksternal yakni uang yang didapat dari bekerja sebagai buruh gendong yang dimanfaatkan untuk membahagiakan keluarga. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa kedua subyek merasa cukup bahagia, dilihat dari pemenuhan aspek kognitif dan afektif dalam domain kehidupannya seperti keluarga, diri sendiri, pekerjaan, uang, kesehatan dan waktu luang.
Baca lebih lanjut

5 Baca lebih lajut

BURUH GENDONG PASAR LEGI SURAKARTA  Subjective Well-Being Buruh Gendong Pasar Legi Surakarta.

BURUH GENDONG PASAR LEGI SURAKARTA Subjective Well-Being Buruh Gendong Pasar Legi Surakarta.

Subjective well-being adalah perasaan bahagia yang tercipta dari evaluasi hidup seseorang yang terdiri dari perasaan kepuasan hidup, kebahagiaan, pengalaman menyenangkan dan rendahnya tingkat mood negative yang cenderung dapat membuat seseorang bersikap lebih bahagia dan lebih puas didalam hidupnya. Beberapa hasil penelitian sebelumnya menyebutkan bahwa pendapatan seseorang berhubungan dengan kebahagiaan seseorang. Subjective well-being buruh gendong pasar Legi Surakarta dapat dilihat dari kepuasan hidup buruh gendong terhadap kehidupannya, buruh gendong merasa bersyukur dan bahagia atas pekerjaannya yang dimiliki dan tidak ingin beralih profesi dari pekerjaannya sekarang. buruh gendong tidak peduli jika harus bekerja keras dengan penghasilan minimal, yang terpenting bagi buruh gendong adalah mampu membantu suaminya dalam mencukupi kebutuhan sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui subjective well-being buruh gendong pasar Legi Surakarta.
Baca lebih lanjut

20 Baca lebih lajut

PENDAHULUAN   Subjective Well-Being Buruh Gendong Pasar Legi Surakarta.

PENDAHULUAN Subjective Well-Being Buruh Gendong Pasar Legi Surakarta.

mensyukuri atas upah yang diperolehnya dari hasil kerja sebagai buruh gendong. Karena buruh gendong percaya rizki setiap manusia sudah ada takaranya masing- masing. Walaupun upah yang diperoleh tidak sebanding dengan kerja kerasnya. Yang terpenting bagi buruh gendong setiap harinya bisa memberi makan untuk anak cucunya. Hal tersebut sudah menjadikan hidupnya bahagia.Buruh gendong mempercayai harta yang melimpah tidak menjamin kebahagiaan. Buruh gendong merasa bersyukur dan memiliki kepuasan tersendiri atas upah yang diperoleh karena hal itu merupakan sesuatu yang halal dan pantas untuk disyukuri.
Baca lebih lanjut

12 Baca lebih lajut

BURUH GENDONG PASAR LEGI SURAKARTA  Subjective Well-Being Buruh Gendong Pasar Legi Surakarta.

BURUH GENDONG PASAR LEGI SURAKARTA Subjective Well-Being Buruh Gendong Pasar Legi Surakarta.

Berdasarkan pendapat para ahli dapat disimpulkan bahwa subjective well-being adalah perasaan bahagia yang tercipta dari evaluasi hidup seseorang yang terdiri dari perasaan kepuasan hidup, kebahagiaan, pengalaman menyenangkan dan rendahnya tingkat mood negative yang cenderung dapat membuat seseorang bersikap lebih bahagia dan lebih puas didalam hidupnya.

11 Baca lebih lajut

PELAYANAN KESEHATAN REPRODUKSI PADA BURUH GENDONG PASAR BERINGHARJO YOGYAKARTA OLEH YAYASAN ANNISA SWASTI (YASANTI.

PELAYANAN KESEHATAN REPRODUKSI PADA BURUH GENDONG PASAR BERINGHARJO YOGYAKARTA OLEH YAYASAN ANNISA SWASTI (YASANTI.

Penulis memanjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, Tuhan semesta alam, yang sedalam-dalamnya atas limpahan rahmat dan hidayah- Nya, penulis dapat menyajikan tulisan skripsi yang berjudul: Pelayanan Kesehatan Reproduksi pada Buruh Gendong Pasar Beringharjo Yogyakarta oleh Yayasan Annisa Swasti (Yasanti) . Di dalam tulisan skripsi ini, disajikan pokok- pokok bahasan yang meliputi keadaan kesehatan reproduksi buruh gendong beserta pelayanan kesehatan reproduksi bagi buruh gendong yang difasilitasi oleh Yasanti dan PKBI Daerah Istimewa Yogyakarta.
Baca lebih lanjut

22 Baca lebih lajut

PEREMPUAN BURUH GENDONG DI PASAR TRADISIONAL (Studi Kasus di Pasar Bandungan Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang)

PEREMPUAN BURUH GENDONG DI PASAR TRADISIONAL (Studi Kasus di Pasar Bandungan Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang)

Pendidikan yang tinggi tidak semua orang beruntung dapat menikmatinya. Beberapa faktor diantaranya karena kondisi ekonomi yang bisa dikategorikan miskin, sehingga buruh lebih mengutamakan pemenuhan kebutuhan hidup sehari- hari dahulu dari pada untuk bersekolah hingga jenjang yang tinggi. Faktor berikutnya yaitu mahalnya biaya pendidikan yang bagi sebagian kalangan dirasa terlalu memberatkan. Pemerintah sekalipun sekarang telah menyelenggarakan program sekolah gratis, akan tetapi hal itu dirasa belum cukup karena orang miskin masih harus membeli sejumlah perlengkapan sekolah bagi anak-anaknya yang dapat menghabiskan biaya yang tidak sedikit.
Baca lebih lanjut

96 Baca lebih lajut

HUBUNGAN ANTARA TEKNIK MENGANGKAT BEBAN DENGAN KELUHAN NYERI PINGGANG PADA BURUH GENDONG DI PASAR BUAH JOHAR SEMARANG 2012

HUBUNGAN ANTARA TEKNIK MENGANGKAT BEBAN DENGAN KELUHAN NYERI PINGGANG PADA BURUH GENDONG DI PASAR BUAH JOHAR SEMARANG 2012

Didapatkan bahwa rata-rata lama masa kerja responden adalah 9.22% dengan masa kerja minimal 1 tahun dan maksimal 25 tahun. Hal ini membuktikan bahwa proporsi responden yang telah lama bekerja sebagai pekerja buruh gendong hampir sama dengan yang masih tergolong baru. Masa kerja dapat mempengaruhi kondisi fisik, semakin lama aktivitas yang dilakukan secara terus menerus akan menyebabkan penurunan kondisi fisik. Peraturan Pemerintah tahun 1951 Nomor 1 Pasal 12 Ayat (1) menyatakan dalam hal-hal, dimana pada suatu waktu atau biasanya pada tiap-tiap waktu atau dalam masa tertentu ada pekerjaan yang tertimbun- timbun yang harus lekas diselesaikan, boleh dijalankan pekerjaan dengan menyimpang dari yang ditetapkan pada Pasal 10 dan 11, akan tetapi waktu kerjaitu tidak boleh lebih dari 54 jam seminggu.
Baca lebih lanjut

11 Baca lebih lajut

PERILAKU SOSIAL BURUH GENDONG PEREMPUAN (ENDONG-ENDONG) DI PASAR GIWANGAN YOGYAKARTA(STUDI DI YAYASAN ANNISA SWASTI).

PERILAKU SOSIAL BURUH GENDONG PEREMPUAN (ENDONG-ENDONG) DI PASAR GIWANGAN YOGYAKARTA(STUDI DI YAYASAN ANNISA SWASTI).

telepon, tellerbank, dan sejenisnya yang tidak benyak memerlukan keterampilan fisik dan tidak benyak menyita waktu dalam seharinya. Jadi, dapat kita lihat bahwa keterlibatan perempuan pada pekerjaan-pekerjaan seperti diatas sesungguhnya memperlihatkan adanya perluasan ketimpangan gender. Dimana dalam kehidupan nyata dapat kita amati dimana kedudukan kaum perempuan sering dilihat sebagai sesuatu yang lebih rendah dibandingkan dengan kaum laki- laki. Padahal bekerja merupakan hal yang mendasar dalam memperoleh penghidupan yang layak sebagaimana dijelaskan dalam Undang-Undang No. 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan (Pasal 88) yang menegaskan bahwa setiap pekerja/buruh berhak memperoleh penghasilan yang memenuhi penghidupan yang layak bagi kemanusiaan, disamping kesetaraan gender merupakan salah satu hak azasi manusia yakni laki-laki dan perempuan memiliki hak yang sama dalam memperoleh penghidupan yang layak tersebut. Dan keterlibatan ekonomi perempuan cenderung dilihat sebagai prasyarat bagi perkembangan ekonomi yang kapitalistik sehingga kepentingan perempuan itu sendiri kurang diperhatikan.
Baca lebih lanjut

215 Baca lebih lajut

Pengaruh Pemberian Jus Semangka Terhadap Kelelahan Kerja Pada Buruh Gendong Di Pasar Gede Surakarta - UNS Institutional Repository

Pengaruh Pemberian Jus Semangka Terhadap Kelelahan Kerja Pada Buruh Gendong Di Pasar Gede Surakarta - UNS Institutional Repository

Puji syukur penulis panjatkan atas kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang senantiasa melimpahkan berkat, kasih karunia, penyertaan-Nya serta memberikan kemudahan dan kelancaran dalam pelaksaksanaan dan penyusunan laporan skripsi dengan berjudul “ garuh Pemberian Jus Semangka Terhadap Kelelahan Kerja Pada Buruh Gendong di Pasar Gede Surakarta”. Skripsi ini disusun sebagai syarat untuk menyelesaikan studi di program Diploma 4 Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret Surakarta.

11 Baca lebih lajut

Hubungan beban kerja dengan gejala prolapsus uteri pada buruh gendong wanita di Pasar Legi Surakarta COVER

Hubungan beban kerja dengan gejala prolapsus uteri pada buruh gendong wanita di Pasar Legi Surakarta COVER

Alhamdulillah puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah Subhanallahu Wata’ala atas limpahan rahmat dan hidayah-Nya, sehingga penulisan Karya Tulis Ilmiah yang berjudul “ Hubungan Beban Kerja dengan Gejala Prolapsus Uteri pada Buruh Gendong Wanita di Pasar Legi Surakarta ” dapat terselesaikan. Karya Tulis Ilmiah ini disusun sebagai salah satu persyaratan dalam menempuh Ujian Akhir Program Studi D IV Bidan Pendidik Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret Surakarta.

12 Baca lebih lajut

Skripsi ini membahas mengenai pandangan buruh gendong perempuan, NIM. 13720015 (2018) PANDANGAN BURUH GENDONG PEREMPUAN LANJUT USIA TERHADAP SOLIDARITAS SOSIAL PAGUYUBAN SAYUK RUKUN PASAR BERINGHARJO YOGYAKARTA.

Skripsi ini membahas mengenai pandangan buruh gendong perempuan, NIM. 13720015 (2018) PANDANGAN BURUH GENDONG PEREMPUAN LANJUT USIA TERHADAP SOLIDARITAS SOSIAL PAGUYUBAN SAYUK RUKUN PASAR BERINGHARJO YOGYAKARTA.

Karakter anime , manga , game maupun tokusatsu yang dipilih oleh coplayer Anoman tidak hanya berdasarkan ketertarikan mereka terhadap karakter yang dilihat dari keind[r]

63 Baca lebih lajut

FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KELUHAN NYERI PINGGANG PADA BURUH GENDONG DI PASAR BANDUNGAN KABUPATEN SEMARANG

FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KELUHAN NYERI PINGGANG PADA BURUH GENDONG DI PASAR BANDUNGAN KABUPATEN SEMARANG

No.1 tahun 1982 yaitu15-18 kg untuk terus-menerus mengangkat. Pada penelitian ini para buruh gendong yang mengangkat beban melebihi ketentuan diatas adalah sebanyak 25 orang (78,125%). Menurut Suma'mur P.K hal ini dapat mengakibatkan terjadinya ketegangan otot, penimbunan asam laktat dan saraf menjadi tertekan sehingga bisa menyebabkan nyeri pinggang. Nyeri pinggang ini bisa mempengaruhi produktifitas dari buruh gendong itu sendiri karena pekerja harus kehilangan harikerja dan pada akhirnya akan mempengaruhi tingkat penghasilan.
Baca lebih lanjut

10 Baca lebih lajut

HUBUNGAN BEBAN KERJA DENGAN GEJALA PROLAPSUS UTERI PADA BURUH GENDONG WANITA DI PASAR LEGI SURAKARTA.

HUBUNGAN BEBAN KERJA DENGAN GEJALA PROLAPSUS UTERI PADA BURUH GENDONG WANITA DI PASAR LEGI SURAKARTA.

Alhamdulillah puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah Subhanallahu Wata’ala atas limpahan rahmat dan hidayah-Nya, sehingga penulisan Karya Tulis Ilmiah yang berjudul “ Hubungan Beban Kerja dengan Gejala Prolapsus Uteri pada Buruh Gendong Wanita di Pasar Legi Surakarta ” dapat terselesaikan. Karya Tulis Ilmiah ini disusun sebagai salah satu persyaratan dalam menempuh Ujian Akhir Program Studi D IV Bidan Pendidik Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret Surakarta.

12 Baca lebih lajut

Hubungan Postur Kerja dan Berat Beban dengan Keluhan Muskuloskeletal pada Buruh Gendong di Pasar Legi Surakarta - UNS Institutional Repository

Hubungan Postur Kerja dan Berat Beban dengan Keluhan Muskuloskeletal pada Buruh Gendong di Pasar Legi Surakarta - UNS Institutional Repository

Puji syukur penulis ucapkan kepada Tuhan Yesus Kristus karena kasih, berkat dan penyertaan-Nya dalam pelaksanaan skripsi serta penyusunan laporan skripsi dengan judul “Hubungan Postur Kerja dan Berat Beban dengan Keluhan Muskuloskeletal pada Buruh Gendong Pasar Legi Surakarta”. Laporan ini disusun sebagai syarat untuk menyelesaikan studi di Program Studi D4 Keselamatan dan Kesehatan Kerja Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret Surakarta, serta guna memperoleh gelar sarjana sains terapan.

12 Baca lebih lajut

LAP PPM JAMU GENDONG

LAP PPM JAMU GENDONG

Dewasa ini peranan jamu gendong tradisional banyak membantu untuk pertolongan pertama, untuk mereka yang tak mampu membeli obat modern, untuk yang tak berhasil dengan pengobatan modern, untuk pencegahan gejala, dan untuk penanggulangan gejala ringan. Namun permasalahannya peralatan proses produksi yang masih tradisional sehingga jamu yangdihasilkan kurang memenuhi kuantitas dan kualitas. Kondisi di atas perlu diatasi melalui program yang bertujuan untuk mengembagkan peralatan proses produksi jamu dengan membuat, memodifikasi, mengganti dengan peralatan yang lebih higienes dan lebih cepat proses kerjanya. Hal ini akan bermanfaat untuk meningkatkan kualitasdan kuantitas jamu yang pada gilirannya akan meningkatkan penghasilan yang selanjutnya merupakan peluang kerja yang menarik.
Baca lebih lanjut

7 Baca lebih lajut

KEBAHAGIAAN DALAM RANAH SOSIAL Hubungan Antara Perilaku Prososial Dengan Kebahagiaan.

KEBAHAGIAAN DALAM RANAH SOSIAL Hubungan Antara Perilaku Prososial Dengan Kebahagiaan.

Tidak ada perbedaan kebahagiaan antara subjek yang berstatus sosial ekonomi tinggi dengan subjek yang berstatus sosial ekonomi rendah. Hasil ini kurang berkesesuaian dengan pendapat yang dikemukakan oleh Seligman (2005) yang menyatakan bahwa kekayaan memiliki korelasi dengan kebahagiaan akan tetapi korelasinya rendah/ tidak signifikan, yang intinya bahwa harta dapat membedakan kebahagiaan seseorang. Hal ini dapat terjadi dikarenakan berbagai penyebab, misalnya kelompok status sosial ekonomi tinggi memiliki perilaku prososial yang tinggi, begitu pula dengan kelompok status sosial ekonomi rendah. Piff dkk (2010) yang menyatakan orang kaya (upper class) akan lebih bahagia jika mereka berbagi bersama dengan orang lain/ saat hartanya digunakan untuk memberi pada orang lain. Saat seseorang memberi kepada orang lain pada saat itu pula dia berbagi serta menolong orang lain dan dirinya sendiri.
Baca lebih lanjut

16 Baca lebih lajut

artikel ppm jamu gendong

artikel ppm jamu gendong

Jamu merupakan sebutan untuk obat tradisional dari Indonesia. Diberbagai kota besar terdapat profesi penjual jamu gendong yang berkeliling menjajakan jamu sebagai minuman sehat dan menyegarkan. Penjualan jenis dan jumlah jamu gendong sangat bervariasi untuk setiap penjaja. Hal tersebut tergantung pada kebiasaan yang mereka pelajari dari pengalaman tentang jamu apa yang diminati serta pesanan yang diminta oleh pelanggan. Setiap hari jumlah dan jenis jamu yang dijajakan tidak selalu sama, tergantung kebiasaan dan kebutuhan konsumen. Setelah dilakukan pendataan diperoleh informasi bahwa jenis jamu yang dijual ada delapan, yaitu beras kencur, cabe puyang, kudu laos, kunci suruh, uyup-uyup/gepyokan, kunir asam, pahitan, dan sinom. Jamu tersebut diminum dengan cara diseduh air panas, terkadang dicampur jeruk nipis,madu, kuning telor, dan selanjutnya minum jamu sinom atau kunir asam sebagai penyegar rasa.
Baca lebih lanjut

17 Baca lebih lajut

Rahasia Kebahagiaan

Rahasia Kebahagiaan

Kajian ini memfokuskan pada pembahasan tentang konsep dan rahasia kebahagiaan. Suatu pembahasan yang sudah sejak lama menjadi bahan kajian. Sebagaimana kebahagiaan itu sendiri sudah sejak lama menjadi harapan semua orang. Dalam kajian ini membahas bahwa Kearifan adalah sumber kebahagiaan. Ajaran semacam itu sebenarnya sudah ada dan dipraktikan sejak ribuan tahun yang lalu, mulai dari kebebasan stoic, kimia kebahagiaan al- Ghazali, dan bahkan pencerahan ala Budha. Namun dalam kajian ini kebahagiaan dibahas dalam perspektif para ulama Islam dan sumber ajaran Islam yaitu Alquran. Diantaranya kebahagiaan yang dibahas oleh Hujjatul Islam, Imam al-Ghazali. Selain itu juga bahasan kebahagiaan dalam tulisan ini disajikan juga pandangan ulama filosof, dengan pendekatan filsafat sosial Profetikseperti pandangan al-Farabi dan Suhrawardi. Juga disajikan pandangan filosof Muslim dan dokter, Ibnu Sina, yang membahas jiwa terbagi dalam tiga (3) yaitu jiwa Nabati, jiwa Hewani dan jiwa manusia (Ilahiah).
Baca lebih lanjut

9 Baca lebih lajut

Pemeriksaan Cemaran Bakteri Escherichia coli  Dan Staphylococcus aureus Pada Jamu Gendong Dari Beberapa Penjual Jamu Gendong

Pemeriksaan Cemaran Bakteri Escherichia coli Dan Staphylococcus aureus Pada Jamu Gendong Dari Beberapa Penjual Jamu Gendong

Jamu gendong merupakan salah satu obat tradisional yang sangat diminati masyarakat karena harganya yang murah, mudah diperoleh dan pemanfaatannya cukup luas, dapat digunakan oleh berbagai kelompok usia, jenis kelamin dan kondisi kesehatan. Jamu gendong adalah obat tradisional dalam bentuk cair yang tidak diawetkan dan diedarkan tanpa penandaan. Jamu gendong dibuat dalam skala industri rumah tangga yang menggunakan peralatan sederhana dan memanfaatkan tenaga manusia pada pegolahannya. Hal ini memungkinkan kurangnya kebersihan selama proses pembuatan sehingga diduga dapat menyebabkan tercemarnya jamu gendong yang diproduksi.
Baca lebih lanjut

85 Baca lebih lajut

PENDAHULUAN  Hubungan Antara Beban Kerja Dengan Kejadian Postural Kifosis Pada Pekerja Buruh Gendong Wanita Dipasar Gede Solo Jawatengah.

PENDAHULUAN Hubungan Antara Beban Kerja Dengan Kejadian Postural Kifosis Pada Pekerja Buruh Gendong Wanita Dipasar Gede Solo Jawatengah.

Pekerjaan buruh gendong pasar dipilih karena adanya unsur keterpaksaan sebagai akibat dari tidak adanya pekerjaan lain yang lebih baik. Motivasi menjadi buruh gendong pada umumnya adalah untuk mencari penghasilan tambahan guna mencukupi kebutuhan hidup yang dirasakan masih kurang. Keadaan yang melingkupi buruh gendong diatas menempatkan buruh gendong sebagai kelompok masyarakat yang taraf kesejahteraan masih dibawah batas wajar, baik sejahtera dari sisi ekonomi, pendidikan, politik dan budaya. Hal tersebut sering mereka hadapi seiring dengan ketidak pastian tingkat upah dan pendapatan mereka yang diiringi pula dengan meningkatnya beban kerja yang harus dihadapi oleh setiap buruh gendong tersebut, akibat dari tuntutan pekerjaan yang dihadapi, serta naiknya harga-harga dan biaya hidup lainnya. Dengan tuntutan keadan tersebut banyak diantaranya buruh gendong melakukan pekerjaan dengan kurang nyaman dalam tempo waktu yang cukup lama sehingga tidak jarang pekerja buruh gendong banyak yang mengalami gangguan pada tulang belakang. Perubahan- perubahan yang terjadi pada tulang belakang (vertebrae) yaitu kifosis, lordosis, skoliosis.
Baca lebih lanjut

6 Baca lebih lajut

Show all 1775 documents...

Related subjects