Top PDF KELOMPOK KERJA GURU KELAS KECAMATAN KARANGASEM 2012

KELOMPOK KERJA GURU KELAS KECAMATAN KARANGASEM 2012

KELOMPOK KERJA GURU KELAS KECAMATAN KARANGASEM 2012

Meningkatnya prestasi belajar siswa adalah harapan semua pihak baik pemerintah, orang tua siswa dan masyarakat termasuk guru itu sendiri. Kemampuan guru dalam membelajarkan siswa tidak terlepas dari kemampuannya secara akademik yang diperoleh dari bangku kuliah, pengalaman mengajar dan pelatihan-pelatihan. Pemerintah dalam kapasitasnya sebagai penyelenggara pendidikan memiliki kewajiban melatih dan meningkatkan kemampuan guru dalam seni membelajarkan siswa. Seiring berkembangnya desentralisasi pendidikan dimana peran melatih melalui workshop bukan hanya menjadi domain pemerintah.
Baca lebih lanjut

28 Baca lebih lajut

t mtk 1007375 table of content

t mtk 1007375 table of content

Mega Achdisty Noodyana, 2012 Pengaruh Kegiatan Kelompok Kerja Guru Kkg Sebagai Wadah Pembinaan Terhadap Kinerja Mengajar Guru Di Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Sumur Bandung Kota Ban[r]

7 Baca lebih lajut

DETERMINASI KOMPETENSI PROFESIONAL MOTIV. pdf

DETERMINASI KOMPETENSI PROFESIONAL MOTIV. pdf

antara kompetensi profesional guru dengan kinerja guru sebesar 0,598 dengan p<0,05. Hal ini berarti makin tinggi kompetensi profesional guru makin baik kinerja guru. Variabel kompetensi profesional guru dapat juga menjelaskan makin tingginya kinerja guru sebesar 35,80%. Ini dapat dijadikan suatu indikasi bahwa kompetensi profesional guru dapat dipakai sebagai prediktor kinerja guru pada SMA Negeri di Kecamatan Karangasem, jadi kompetensi profesional guru merupakan determinan terhadap kinerja guru pada SMA Negeri di Kecamatan Karangasem. Bila dilihat dari determinasi murni, setelah dikendalikan oleh variabel motivasi kerja guru dan konsep diri akademik maka determinasi kompetensi professional sebesar 35,80% terhadap kinerja guru. Bila dikaitkan dengan sumbangan efektif, maka kompetensi professional guru pada SMA Negeri di Kecamatan Karangasem memberikan sumbangan efektif sebesar 16,91%. Temuan emperic ini sesuai dengan kajian teoritik seperti yang dikemukakan oleh Umar Hamalik (2003), menjelaskan bahwa guru yang dinilai kompeten secara profesional, apabila : (1) mampu mengembangkan tanggung jawab dengan sebaik – baiknya; (2) guru tersebut mampu melaksanakan peran – peranannya secara berhasil; (3) guru tersebut mampu bekerja dalam usaha mencapai tujuan pendidikan ( tujuan instruksional ) sekolah; dan (4) guru tersebut mampu melaksanakan perannya dalam proses pembelajaran dalam kelas. Lebih dalam, Kunandar (2007 : 56) menjelaskan bahwa guru yang memiliki kinerja yang baik adalah guru yang profesional dan memiliki ciri-ciri : 1) Memiliki komitmen yang tinggi terhadap siswa dalam proses pembelajaran; 2) Guru menguasai dengan baik bidang pelajaran yang diajarkannya; 3) Bertanggung jawab memantau hasil belajar siswa dan menguasai berbagai teknik evaluasi; 4) Selalu melakukan refleksi dan koreksi diri dan mampu berpikir secara sistimatis tentang apa yang dilakukannya, dan bisa belajar dari pengalamannya; 5) Guru merupakan bagian dari masyarakat belajar dalam lingkungan kerjanya.
Baca lebih lanjut

16 Baca lebih lajut

PEMBERDAYAAN KELOMPOK KERJA GURU (KKG) PADA  GUGUS HASANUDIN DI KECAMATAN KARANGRAYUNG   Pemberdayaan Kelompok Kerja Guru (KKG) Pada Gugus Hasanudin Di Kecamatan Karangrayung Kabupaten Grobogan.

PEMBERDAYAAN KELOMPOK KERJA GURU (KKG) PADA GUGUS HASANUDIN DI KECAMATAN KARANGRAYUNG Pemberdayaan Kelompok Kerja Guru (KKG) Pada Gugus Hasanudin Di Kecamatan Karangrayung Kabupaten Grobogan.

Faktor keberhasilan lainnya dalam penyelenggaraan kegiatan KKG untuk meningkatkan kualitas pembelajaran adalah adanya hubungan diantara guru-guru di KKG yang berjalan harmonis. Hal ini seperti yang ditunjukkan Hung, dkk. (2014) dalam hasil penelitiannya dimana menunjukkan korelasi positif secara khusus antara interaksi dalam komunitas profesional guru dan pendekatan inovatif guru dalam komunitas profesional. Interaksi dalam komunitas profesional guru (KKG) ditunjukkan dengan anggota komunitas saling mau menerima, peduli, mengandalkan, mendukung, dan saling memaafkan, persahabatan yang menguntungkan dan kemitraan melalui jaringan kerja formal, dan terus belajar, bekerja sama, dan berpartisipasi memberikan kontribusi lingkungan dan budaya melalui akuisisi sumber daya kognitif dan brainstorming, komunikasi, dan pembelajaran dari ide-ide dalam domain yang berbeda. Sejenis dengan KKG, Van Driel dan Berry (2012) mengemukakan kelompok belajar Professional Learning Communities (PLCs) di Australia terbukti mampu meningkatkan profesional guru, berkolaborasi, berinteraksi antar teman sejawat, membangun hubungan, dan memberi kesempatan kepada guru untuk berpartisipasi aktif.
Baca lebih lanjut

16 Baca lebih lajut

PERAN KELOMPOK KERJA GURU DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Penelitian di Kelompok Kerja Guru PAI Kecamatan Kasihan)

PERAN KELOMPOK KERJA GURU DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Penelitian di Kelompok Kerja Guru PAI Kecamatan Kasihan)

mendiskusikan permasalahan-permasalahan yang mereka hadapi ketika di dalam kelas. Adanya KKG PAI yang anggotanya semua guru mata pelajaran dimaksudkan bertujuan untuk membantu para guru dalam memecahkan permasalahan yang mereka hadapi ketika proses belajar mengajar berlangsung. Pada dasarnya kegiatan KKG terbagi atas tiga program, yaitu program rutinitas, program pengembangan dan program penunjang. Secara umum pada pertemuan KKG yang dilaksanakan setiap bulannya tidak hanya membahas tentang program rutinitas, karena program pengembangan juga perlu dilaksanakan, agar guru lebih menambah wawasan dan meningkatakan kompetensi profesionalnya. Program pengmbangan yang biasanya dihadirkan yaitu kegiaan diklat KKG, kegitan diklat KKG ini akan membntu guru dalam mengatasi permasalahanya terkait dengan masalah dalam proses belajar mengajar, dengan mengacu pada program rutinitas. KKG memiliki tugas sebagai program dan organisasi sebagai wadah profesionalisme guru. (wawancara dengan pengewas KKG PAI Kecamatan Kasihan tanggal 7 Desember 2016)
Baca lebih lanjut

117 Baca lebih lajut

REVITALISASI KELOMPOK KERJA GURU DI KECAMATAN GRABAG KABUPATEN PURWOREJO   Revitalisasi Kelompok Kerja Guru Di Kecamatan Grabag Kabupaten Purworejo.

REVITALISASI KELOMPOK KERJA GURU DI KECAMATAN GRABAG KABUPATEN PURWOREJO Revitalisasi Kelompok Kerja Guru Di Kecamatan Grabag Kabupaten Purworejo.

Dalam rangka peningkatan profesionalisme guru, pada program kerja juga belum merencanakan pemberian materi Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Setiap guru dalam proses belajar mengajarnya pasti memiliki masalah dalam upaya mengoptimalkan output yang berupa prestasi siswa yang diharapkan. Masalah dapat berasal dari guru, sarana prasarana, maupun siswa. Maka dengan PTK diharapkan semua masalah dapat teratasi. Bentuk penelitian yang bersifat reflektif dengan melakukan tindakan- tindakan tertentu untuk memperbaiki dan meningkatkan praktik pembelajaran di kelas secara lebih berkualitas sehingga siswa dapat memperoleh hasil belajar yang lebih baik.
Baca lebih lanjut

13 Baca lebih lajut

REVITALISASI KELOMPOK KERJA GURU DI KECAMATAN GRABAG KABUPATEN  Revitalisasi Kelompok Kerja Guru Di Kecamatan Grabag Kabupaten Purworejo.

REVITALISASI KELOMPOK KERJA GURU DI KECAMATAN GRABAG KABUPATEN Revitalisasi Kelompok Kerja Guru Di Kecamatan Grabag Kabupaten Purworejo.

It is a qualitative research. The data in this research was collected by using observation, interview and documentation. The data resources are events, informen, and document. Events in this research is all events in Urip Sumoharjo Teachers Workgroup in the academic year of 2012/2013. Informers are all personel of the board of the teachers workgroup, all teachers and headmasters of the school under the teachers workgroup. While the documents are the Work Plan of the workgroup in the academic year of 2012/2013. The steps in analyzing the data are: data reduction, data display, and conclusion drawing.
Baca lebih lanjut

15 Baca lebih lajut

t adp 0909923 chapter3

t adp 0909923 chapter3

Dalam penelitian ini, proporsi anggota populasi didasarkan pada masa kerja ≥ 5 t ahun maksudnya bahwa agar guru lebih memahami tugas- tugas kepala sekolah , golongan ≥ 3a dengan maksud memotivasi kerja guru dengan ketentuan yang berlaku, dan kualifikasi pendidikan minimal S1 dengan tujuan untuk memposisikan guru dengan kumulasi kinerjanya. Berdasarkan data yang di himpun dari Kecamatan Campaka dan Kecamatan Cibatu Kabupaten Purwakarta bahwa, jumlah sampel secara keseluruhan yaitu 100, Kecamatan Campaka terdiri dari 59 sampel dan Kecamatan Cibatu 41 sampel, sehingga total sampel berjumlah 100, seperti yang tertera dalam tabel 3.1 dan tabel 3.2
Baca lebih lanjut

21 Baca lebih lajut

PENGARUH PENGUASAAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP  HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS 3 DI SD MUHAMMADIYAH I6   Pengaruh Penguasaan Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Kelas 3 di SD Muhammadiyah I6 Karangasem Surakarta Tah

PENGARUH PENGUASAAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS 3 DI SD MUHAMMADIYAH I6 Pengaruh Penguasaan Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Kelas 3 di SD Muhammadiyah I6 Karangasem Surakarta Tah

0,048. Dengan hasil uji koefisien determinasi (R 2 ) sebesar 0,994, arti dari koefisien ini adalah bahwa pengaruh yang diberikan oleh variabel kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar siswa adalah sebesar 99,4% sedangkan 0,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

15 Baca lebih lajut

t adp 0909923 bibliography

t adp 0909923 bibliography

Ninis Kusniasih, 2012 Pengaruh Kinerja Kepala Sekolah Dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Mengajar Guru Di Lingkungan Sekolah Dasar Kecamatan Campaka Dan Kecamatan Cibatu Kabupat[r]

3 Baca lebih lajut

IbM Kelompok Guru Sekolah Dasar di Desa Bugbug Karangasem Pendampingan dalam Penelitian dan Tindakan Kelas dan Penulisan Karya Ilmiah.

IbM Kelompok Guru Sekolah Dasar di Desa Bugbug Karangasem Pendampingan dalam Penelitian dan Tindakan Kelas dan Penulisan Karya Ilmiah.

8% SIMILARITY INDEX 8 % INTERNET SOURCES 5 % PUBLICATIONS 6 % STUDENT PAPERS 1 3% 2 3% 3 2% EXCLUDE QUOTES OFF EXCLUDE BIBLIOGRAPHY OFF EXCLUDE MATCHES OFF IbM KELOMPOK GURU S[r]

6 Baca lebih lajut

KELOMPOK KERJA GURU ( KKG)

KELOMPOK KERJA GURU ( KKG)

Sikap tidak perduli terhadap fakir miskin termasuk ciri-ciri orang yang 1 Nabi Adam as, Sulaiman as, dan nabi Musa as 2 Nabi Muhammad SAW, nabi Ibrahim as, dan nabi Ismail as 3 Nabi I[r]

43 Baca lebih lajut

t adp 0909923 table of content

t adp 0909923 table of content

Ninis Kusniasih, 2012 Pengaruh Kinerja Kepala Sekolah Dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Mengajar Guru Di Lingkungan Sekolah Dasar Kecamatan Campaka Dan Kecamatan Cibatu Kabupat[r]

4 Baca lebih lajut

Peraturan Bupati Karangasem No. 30 Th. 2012 870241

Peraturan Bupati Karangasem No. 30 Th. 2012 870241

b. bahwa guna menunjang implementasi serta mekanisme proses pengadaan barang/jasa secara elektronik di Kabupaten Karangasem, maka perlu adanya pedoman pelaksanaan pengadaan barang/jasa secara elektronik; c. bahwa berdasarkan pertimbangan sebagaimana

13 Baca lebih lajut

KELOMPOK KERJA GURU ( KKG)

KELOMPOK KERJA GURU ( KKG)

1 Ketentuan Allah SWT yang telah ditetapkan sejak zaman azali terhadap makhluknya 2 Ketentuan Allah SWT yang telah terjadi pada makhluknya 3 Ketentuan Allah SWT yang telah ditetapkan ses[r]

6 Baca lebih lajut

KESIMPULAN DAN SARAN  ANALISI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LABA PENGRAJIN (Studi Kasus pada Centra Industri Kerajinan Ayaman dan Tenun ATBM di Desa Gamplong Kelurahan Sumber Rahayu Kecamatan Moyudan Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta tahun 201

KESIMPULAN DAN SARAN ANALISI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LABA PENGRAJIN (Studi Kasus pada Centra Industri Kerajinan Ayaman dan Tenun ATBM di Desa Gamplong Kelurahan Sumber Rahayu Kecamatan Moyudan Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta tahun 201

1. Peningkatan Laba pengrajin akan dapat dilakukan jika faktor-faktor produksi yang ada sebisa mungkin dimanfaatkan atau dikelola secara maksimal dan lebih efisien. Misalnya dengan tidak menambah banyak tenaga kerja yang berlebihan karena akan menyebabkan pemborosan dalam pembiayaan tenaga kerja. Selain itu hendaknya pengrajin dapat menjalankan sistem target pada tenaga kerjanya agar jam kerja yang berlaku dapat berjalan maksimal dan meningkatkan produktifitas. melakukan pemisahan harta antara harta pribadi dengan harta yang digunakan sebagai modal kerja untuk usaha kerajinan, melakukan penambahan modal kerja yaitu menjalin hubungan kerja sama dengan lembaga perbankkan atau lembaga keuangan lainnya guna peminjaman modal serta melakukan pencatatan rutin tentang sumber dan penggunaan modal kerja.
Baca lebih lanjut

17 Baca lebih lajut

PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK MELALUI CERITA DENGAN ALAT PERAGA GAMBAR PADA ANAK DIDIK KELOMPOK  Peningkatan Kemampuan Membaca Anak Melalui Cerita Dengan Alat Peraga Gambar Pada Anak Didik Kelompok B2 Di Tk Mdi 1 Pandeyan Ngemplak Boyolali Tahun Ajar

PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK MELALUI CERITA DENGAN ALAT PERAGA GAMBAR PADA ANAK DIDIK KELOMPOK Peningkatan Kemampuan Membaca Anak Melalui Cerita Dengan Alat Peraga Gambar Pada Anak Didik Kelompok B2 Di Tk Mdi 1 Pandeyan Ngemplak Boyolali Tahun Ajar

Penarikan kesimpulan merupakan pengambilan keputusan yang didukung dengan bukti yang valid dan konsisten. Dalam penelitian ini penarikan kesimpulan dilakukan oleh peneliti bersama dengan teman sejawat sebagai mitra dalam berkolaborasi. Penarikan kesimpulan dilaksanakan dengan cara diskusi dengan teman sejawat mengenai keaktifan anak dalam pembelajaran dan hasil belajar anak yang berupa kemampuan membaca. Kesimpulan yang di dapat bila menunjukkan keaktifan anak selama pembelajaran meningkat dan kemampuan membaca anak juga meningkat berarti usaha yang dilakukan dalam Penelitian Tindakan Kelas ini berhasil. Sebaliknya bila keaktifan anak dalam pembelajaran menurun atau tetap dan kemampuan anak dalam membaca tetap atau bahkan menurun maka dikatakan Penelitian Tindakan Kelas ini tidak berhasil.
Baca lebih lanjut

15 Baca lebih lajut

ANGGARAN DASAR - contoh

ANGGARAN DASAR - contoh

Untuk melaksanakan dan mengembangkan kerjasama dan koordinasi antar Guru/Pendidik, dan instansi/lembaga terkait sebagaimana tersebut di atas dapat berlangsung dengan baik, serasi dan harmonis, maka perlu dibentuk suatu wadah yang dapat membantu tugas guru/pendidik dalam proses pembelajaran yang berkualitas.

8 Baca lebih lajut

84923592 RPP Bahasa Indonesia XII 2

84923592 RPP Bahasa Indonesia XII 2

 Berdasarkan pengalaman peserta didik pada diskusi kelompok, peserta didik diminta untuk mendengarkan pembacaan berita kemudian berpasangan dengan teman sebangku untuk mengerjakan tugas sebagai berikut: menuliskan pokok- pokok isi informasi, 2) menuliskan kalimat saran perbaikan, dan 3) membuat ringkasan isi informasi. (nilai yang ditanamkan adalah rasa tanggung jawab dan kerja sama).

64 Baca lebih lajut

IBM KELOMPOK GURU SEKOLAH DASAR DI DESA BUGBUG KARANGASEM, PENDAMPINGAN DALAM PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) DAN PENULISAN ARTIKEL ILMIAH.

IBM KELOMPOK GURU SEKOLAH DASAR DI DESA BUGBUG KARANGASEM, PENDAMPINGAN DALAM PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) DAN PENULISAN ARTIKEL ILMIAH.

8% SIMILARITY INDEX 8 % INTERNET SOURCES 0 % PUBLICATIONS 0 % STUDENT PAPERS 1 2% 2 2% 3 2% 4 1% EXCLUDE QUOTES OFF EXCLUDE BIBLIOGRAPHY OFF EXCLUDE MATCHES OFF IbM KELOMP[r]

7 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...