Top PDF KETELADANAN NABI IBRAHIM AS DALAM MEMBEN

KETELADANAN NABI IBRAHIM AS DALAM MEMBEN

KETELADANAN NABI IBRAHIM AS DALAM MEMBEN

102. Maka tatkala anak itu sampai (pada umur sanggup) berusaha bersama-sama Ibrahim, Ibrahim berkata: "Hai anakku Sesungguhnya aku melihat dalam mimpi bahwa aku menyembelihmu. Maka fikirkanlah apa pendapatmu!" ia menjawab: "Hai bapakku, kerjakanlah apa yang diperintahkan kepadamu; insya Allah kamu akan mendapatiku Termasuk orang-orang yang sabar".

5 Baca lebih lajut

Dzulhijjah Bulan Keteladanan Nabi Ibrahim As

Dzulhijjah Bulan Keteladanan Nabi Ibrahim As

Dalam tafsirnya, Ibnu Katsir menerangkan bahwa Allah menurunkan 313 rasul dan 124 ribu nabi. Diantara para rasul yang dijadikan teladan adalah Nabi Ibrahim as. Dalam menyongsong Idul Adlha ini sangat penting kita ingat kita sebut dan kita renungkan kembali kemudian kita teladani. Nabi Ibrahim as. selain beliau nabi pilihan yang mendapat gelar kholilullah (kekasih Allah) juga disebut Abul anbiya (bapak dari para Nabi) karena Nabi-nabi sesudah beliau adalah dari zduriyahnya (keturunannya) nabi- nabi bani Israil Nabi Ishaq, Ya`qub Yusuf Syuaib Harun, Musa sampai nabi Isa as. Dan demikian juga junjungan Nabi kita Muhammad saw bin Abdullah, bin Abdil Mutholib, bin Hasyim bin Abdi Manaf bin Qushoy bin Kilab, bin Murroh bin Ka`ab, bin Luay, bin Gholib, bin Fihir, (Fihri dilaqobi Quroisy) bin Malik bin Nadlor, bin Kinanah bin Khuzaimah, bin Mudrikah bin Ilyas, bin Mudlor bin Nizar bin Ma`ad bin `Adnan bin Nabi Isma`il bin Ibrahim AS.
Baca lebih lanjut

3 Baca lebih lajut

Ibrahim-Kun: Penanggulangan Tawuran Melalui Pelatihan Peningkatan Kecerdasan Emosi Pada Remaja Laki-Laki Berbasis Keteladanan Terhadap Nabi Ibrahim (Studi Pendahuluan)

Ibrahim-Kun: Penanggulangan Tawuran Melalui Pelatihan Peningkatan Kecerdasan Emosi Pada Remaja Laki-Laki Berbasis Keteladanan Terhadap Nabi Ibrahim (Studi Pendahuluan)

Nabi Ibrahim AS dilahirkan di sebelah selatan Irak di kota Ur Al- Kaldaniyah. Ayahnya adalah Azaar bin Nahur, seorang pembuat berhala yang tinggal di desa Kufah. Nabi Ibrahim AS disebut Abul’ Anbiya yaitu bapak para Nabi. Nabi Ibrahim AS adalah kakek tertua Rasulullah SAW. Nabi Ibrahim AS adalah satu- satunya Nabi yang berhasil mengantar semua remaja keturunannya menjadi Nabi. Allah SWT telah menjelaskan dalam Al- Qur’an perilaku Nabi Ibrahim AS dalam pola pendidikan dalam keluarga adalah perilaku yang pantas untuk dijadikan panutan ummat. Hal ini seperti firman Allah SWT dalam surah Ali Imran ayat 33 :
Baca lebih lanjut

13 Baca lebih lajut

KETELADANAN NABI YUNUS AS DAN NABI AYUB AS

KETELADANAN NABI YUNUS AS DAN NABI AYUB AS

Nama lengkapnya Nabi Yunus Bin Matta dari keturunan Benyamin bin Ya;qub bin Ishaq bin Ibrahim. Beliau diutus oleh Allah untuk berdakwah menghadapi penduduk Ninawa, suatu kaum yang keras kepala , penyembah berhala dan suka melakukan kejahatan. Sedara berulangkali Yunus memperingatkan mereka, tetapi tidak mau berubah , apalagi Yunus bukan dari kaum mereka. Hanya ada dua orang yang bersedia menjadi pengikutnya, yaitu Rubil dan Tanuh. Rubil orang yang alim dan bijaksana, sedang Tanuh adalah seorang yang tenang dan sederhana.

4 Baca lebih lajut

Kisah 25 Nama Nama Nabi dan Rasul Allah disertai mukjizat dan ketauladanannya NABI ISMAIL

Kisah 25 Nama Nama Nabi dan Rasul Allah disertai mukjizat dan ketauladanannya NABI ISMAIL

Dan pada saat itu juga semesta alam beserta seluruh isinya ber-takbir (Allâhu Akbar) mengagungkan kebesaran Allah SWT atas kesabaran kedua umat-Nya dalam menjalankan perintahnya. Melihat itu, malaikai Jibril terkagum-kagum lantas mengagungkan asma Allah, “Allâhu Akbar, Allâhu Akbar, Allâhu Akbar”. Nabi Ibrahim AS menyahut, “Lâ Ilâha Illallâhu wallâhu Akbar”. Ismail mengikutinya, “Allâhu Akbar wa lillâhil hamd”. Kemudian bacaan- bacaan tersebut dibaca pada setiap hari raya kurban (Idul Adha).
Baca lebih lanjut

4 Baca lebih lajut

Aktualisasi Keteladanan Nabi

Aktualisasi Keteladanan Nabi

Substansi maulid Nabi adalah kelahiran seorang pemimpin pembangun peradaban, bukan sekadar pembangun masyarakat dan bangsa. Keteladanan profetik beliau dalam membangun peradaban sungguh relevan diaktualisasikan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, di saat bangsa dan masyarakat dunia pada umumnya mengalami krisis keteladanan.

3 Baca lebih lajut

Ismail dan Ibrahim Potret Relasi Orang t

Ismail dan Ibrahim Potret Relasi Orang t

“Maka tatkala anak itu sampai (pada umur sanggup) berusaha bersama-sama Ibrahim, Ibrahim berkata: "Hai anakku Sesungguhnya aku melihat dalam mimpi bahwa aku menyembelihmu. Maka pikirkanlah apa pendapatmu!" Ia menjawab: "Hai bapakku, kerjakanlah apa yang diperintahkan kepadamu; insya Allah kamu akan mendapatiku

5 Baca lebih lajut

KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER PADA KISAH NABI IBRAHIM AS. DALAM AL QUR’AN.

KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER PADA KISAH NABI IBRAHIM AS. DALAM AL QUR’AN.

mengalahkan Ibrahim dengan memberi pertanyaan sebagai tantangan: “Kami sadari bahwa kamu memang tetap hidup dari tengah-tengah perapian tetapi kamu tidak menghadirkan sembahanmu di hadapan kami, maka kami takkan percaya kepadamu” Ibrahim mengatakan: "Tuhankulah Yang Menghidupkan maupun Yang Mematikan siapa yang Dia kehendaki, sebab Dialah Yang Maha Kuasa atas segala hal yang berada di langit maupun di bumi." Seketika Namrudz memanggil dua orang budak lalu Namrudz membunuh salah seorang budak serta membiarkan seorang yang lain tetap hidup, Namrudz semakin menyombongkan diri: "Aku pun memiliki kuasa di bumi terhadap orang-orang itu sebab akulah raja, dan aku pun dewa yang sanggup menghidupkan maupun mematikan; maka aku bertaruh dengan seluruh budak yang kumiliki bahwa kamu takkan bisa menunjukkan bukti-bukti tentang Tuhanmu itu kepada diriku" Ibrahim berkata: "Sekalipun kamu memberi seisi bumi kepadaku, ketahuilah bahwa segala yang ada di bumi beserta yang ada di langit adalah Milik Allah. Maka lihatlah ke arah matahari yang terbit itu, sesungguhnya Allah adalah Yang Menerbitkan Matahari dari arah timur, jika memang terdapat kuasa pada dirimu terhadap matahari maka terbitkanlah matahari dari arah barat," seketika Namrudz tertegun dan menjadi bisu di hadapan Ibrahim. Hal ini dijelaskan dalam firman-Nya:
Baca lebih lanjut

167 Baca lebih lajut

KELOMPOK KERJA GURU ( KKG)

KELOMPOK KERJA GURU ( KKG)

Sikap tidak perduli terhadap fakir miskin termasuk ciri-ciri orang yang 1 Nabi Adam as, Sulaiman as, dan nabi Musa as 2 Nabi Muhammad SAW, nabi Ibrahim as, dan nabi Ismail as 3 Nabi I[r]

43 Baca lebih lajut

TUGAS BTA KELAPANGAN HATI KELAS XI IPA 1

TUGAS BTA KELAPANGAN HATI KELAS XI IPA 1

Keteladanan (uswah) dalam pendidikan merupakan bagian dari ssejumlah metode yang paling ampuh dan efektif dalam mempersiapkan dan membentuk anak secara moral, spiritual, dan sosial. Sebab, sdeorang pendidik merupakan contoh ideal dalam pandangan anak, yang tingkah laku dan sopan santunya akan ditiru, disadari atau tidak; gahkan semua keteladanan itu akan melekat pada diri dan perasaanya, baik dalam bentuk ucapan, perbuatan, hal yang bersifat material, inderawi maupun spiritual. Karenanya keteladanan merupakan faktor penentu baik buruknya anak didik. Pentingnya metode keteladanan dalam pendidikan, karena dengan keteladanan diharapkan anak didik mempunyai figur pendidik yang dapat dijadikan panutan.
Baca lebih lanjut

7 Baca lebih lajut

KUMPULAN SOAL LATIHAN UJIAN SEKOLAH UASBN SD MI

KUMPULAN SOAL LATIHAN UJIAN SEKOLAH UASBN SD MI

47. Nabi Muhammad SAW ketika menyeru kaum Makkah di bukit Shofa untuk mendakwahkan Islam dan kerosulannya, maka Abu Lahab berkata lantang, ”Celaka kamu Muhammad karena alasan inikah kamu kumpulkan kami disini.” Selanjutnya Abu Lahab meninggalkan bukit Shofa sambil mencaci maki dan marah-marah. Dari cerita tersebut perilaku tidak terpuji Abu Lahab terhadap Nabi Muhammad SAW adalah . . . .

9 Baca lebih lajut

Mimpi menurut Al-Quran ( studi historis mimpi nabi Ibrahim As )

Mimpi menurut Al-Quran ( studi historis mimpi nabi Ibrahim As )

Kisah tentang umat Islam yang merupakan bagian dari isi Al-Qur ’ an yang esensial dari segi proporsi, kisah menempati bagian terbanyak dalam keseluruhan kitab suci. Kisah- kisah itu diturunkan sebagai media penyampaian pesan kepada umat manusia tentang usaha terus menerus meningkatkan harkat martabat manusia sebagai puncak ciptaan Ilahi. 1 Beribadah kepada Allah adalah esensi dari ajaran para Nabi dan Rasul oleh karena itu Allah dalam kitabnya Al-Qur ’ an telah mengisahkan di dalamnya berbagai hal tentang mimpi baik tentang kisah mimpi Nabi Ibrahim, Nabi Yusuf, atau Nabi Muhammad saw. Mimpi merupakan aktifitas fikiran yang dalam keadaan sadar disebut imajinasi, sebagai imajinasi yang jika dikendalikan oleh kehendak akan menjadi suatu fikiran, maka mimpi yang diarahkan akan menjadi mimpi yang nyata, memang benar bahwa kehendak akan kehilangan kontrol pada saat manusia tidur, tetapi jika diteliti secara mendalam tentang seluruh sifat dan cara kerjanya, mimpi biasanya di bawah pengaruh kebiasaan. 2
Baca lebih lanjut

91 Baca lebih lajut

samudra doa nabi ibrahim

samudra doa nabi ibrahim

Oleh sebab itu dalam membangun keluarga, Nabi Ibrahim merupakan sebuah suri tauladan. Di antara banyak hal yang harus diteladani dari beliau adalah persoalan kepemimpinan. Selain sudah tak diragukan lagi akan kesholehan dan ketaatannya, Nabi Ibrahim merupakan sosok yang sangat tegas. Beliau tidak pernah ragu untuk mengeksekusi apa yang menjadi keputusannya, bila itu telah diyakini secara mutlak kebenarannya. Segala jenis gangguan ataupun godaan yang mencoba menggembosi niatnya, ia singkirkan mentah-mentah.

44 Baca lebih lajut

KisikisisoalTulisnomor150

KisikisisoalTulisnomor150

31 9.1 Meneladani perilaku Nabi Ibrahim AS Meneladani perilaku Ibrahim AS Disajikan beberapa pernyataan tentang sikap anak dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat menentukan [r]

8 Baca lebih lajut

Kisah Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail alaih

Kisah Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail alaih

Maka selanjutnya dibuat pondasi Baitullah oleh mereka berdua. Isma'il yang mengambil batu sedangkan Ibrahim yang membangunnya, sampai ketika bangunan sudah tinggi. Putranya mengambil batu ini, lantas meletakan dibawah kaki ayahnya, kemudian beliau mulai membangun dengan berpijakan pada batu tersebut. Ibrahim membangun sedangkan Isma'il mengulurkan batu-batunya, dan keduanya mengatakan:

13 Baca lebih lajut

Poligami Antara Keteladanan Nabi saw dan

Poligami Antara Keteladanan Nabi saw dan

Timur, di kalangan muslim dan non-muslim, di antara para nabi, penguasa, dan pejabat negara, serta rakyat jelata baik dalam strata ekonomi kaya raya maupun papa, tampak senantiasa ada yang melakukan poligami. Dalam pandangan Mahmudah Abdalati, “poligami telah terjadi di mana-mana, dan akan terus ada sepanjang sejarah”. 7 Yusuf al-Qardhawi menegaskan, bahwa “ketika Islam datang, perkawinan dengan lebih dari seorang istri tidak ada ketentuan hukumnya, tidak dibatasi jumlah dan tidak dikenakan persyaratan apapun”. 8 Saat itu seorang lelaki dengan leluasa bisa mengawini banyak wanita tanpa batas jumlah maksimal.
Baca lebih lanjut

11 Baca lebih lajut

 Soal soal Ujian Sekolah SD MI Terbaru PAI

Soal soal Ujian Sekolah SD MI Terbaru PAI

47. Nabi Muhammad SAW ketika menyeru kaum Makkah di bukit Shofa untuk mendakwahkan Islam dan kerosulannya, maka Abu Lahab berkata lantang, ”Celaka kamu Muhammad karena alasan inikah kamu kumpulkan kami disini.” Selanjutnya Abu Lahab meninggalkan bukit Shofa sambil mencaci maki dan marah-marah. Dari cerita tersebut perilaku tidak terpuji Abu Lahab terhadap Nabi Muhammad SAW adalah . . . .

9 Baca lebih lajut

Soal latihan PAI kelas 2 SD

Soal latihan PAI kelas 2 SD

41. Di surga Adam dan Hawa hidup penuh kenikmatan, Alloh SWT melarang keduanya untuk makan buah kuldi. Iblis merasa irihati terhadap Adam As, dengan segala tipu dayanya iblis berhasil menggoda Nabi Adam As dan Hawa sehingga makan buah Kuldi. Alloh SWT murka dan menurunkan Adam dan Hawa dari surga. Dari kisah tersebut dapat diambil kesimpulan penyebab Nabi Adam As diturunkan ke dunia karena . . . .

9 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...