Top PDF KONDISI DAN TANTANGAN AKUNTANSI PEMDA

KONDISI DAN TANTANGAN AKUNTANSI PEMDA

KONDISI DAN TANTANGAN AKUNTANSI PEMDA

Sebagai layaknya untuk setiap perubahan, bisa jadi ada pihak internal yang sudah terbiasa dengan sistem yang lama dan enggan untuk mengikuti perubahan. Untuk itu, perlu disusun berbagai kebijakan dan dilakukan berbagai sosialisasi kepada seluruh pihak yang terkait, sehingga penerapan akuntansi pemerintahan berbasis akrual dapat berjalan dengan baik tanpa ada resistensi.

5 Baca lebih lajut

184 Sistem Informasi Akuntansi Akrual di Pemda

184 Sistem Informasi Akuntansi Akrual di Pemda

Keyakinan diri untuk berubah merupakan keyakinan individu atas kemampuan diri sendiri untuk beradaptasi dengan situasi baru (Bandura, 1995). Ketika menghadapi suatu masalah tiap individu akan mempunyai persepsi yang berbeda dalam memandang suatu masalah. Ada yang menganggap bahwa masalah sebagai suatu tantangan yang harus dipecahkan atau bias juga masalah dianggap sebagai ancaman yang harus dihindari. Perbedaan persepsi tersebut tergantung pada keyakinan diri untuk berubah (self-efficacy for change) masing-masing individu. Penelitian menunjukkan bukti bahwa self- efficacy for change dapat mengurangi resistensi pengguna Syifa dan Sony (2014). Individu dengan tingkat keyakinan diri untuk berubah tinggi akan siap menerima perubahan ke sistem informasi. Kesiapan individu dalam menerima perubahan menunjukkan bahwa individu tersebut tidak resisten terhadap perubahan dan tidak mempertahankan status quo.
Baca lebih lanjut

36 Baca lebih lajut

PROBLEMATIKA PENERAPAN AKUNTANSI BERBASIS AKRUAL PADA PEMERINTAH DAERAH ACEH TENGAH

PROBLEMATIKA PENERAPAN AKUNTANSI BERBASIS AKRUAL PADA PEMERINTAH DAERAH ACEH TENGAH

Tantangan penerapan akuntansi berbasis akrual pada Pemda Aceh Tengah dapat dijelaskan, (1) Sistem Akuntansi dan Information Technology (IT) Based System, yaitu belum tersedianya sistem akuntansi dan sistem teknologi informasi yang mampu mengakomodasi persyaratan-persyaratan dalam penerapan akuntansi berbasis akrual. Hal ini dapat diatasi Pemda Kabupaten Aceh Tengah dengan memakai aplikasi Sistem Informasi Manajemen Daerah (SIMDA), (2) Komitmen Pimpinan, dengan adanya komitmen dan dukungan politik dari pimpinan dan para pengambil keputusan karena dalam pemerintahan, dukungan yang kuat dari pimpinan merupakan kunci keberhasilan dari suatu perubahan. Hal ini ditandai dengan diterbitkannya qanun atau Peraturan Bupati Aceh Tengah mengenai kebijakan dan sistem prosedur akuntansi berbasis akrual, (3) Pendanaan, dalam pelaksanaan akrual membutuhkan dana yang besar dan mencukupi tidak hanya untuk investasi awal tetapi juga untuk kegiatan-kegiatan yang bersifat pemeliharaan. Hal ini disebabkan penerapan basis akrual membutuhkan pembaruan yang terus menerus sehingga tersedianya dana pemeliharaan pun menjadi mutlak. Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah melalui Dinas Pengelolaan Keuangan Kabupaten Aceh Tengah telah mengalokasikan anggaran untuk penerapan akuntansi berbasis akrual setiap tahunnya, dan (4) Tersedianya Sumber Daya Manusia (SDM) yang kompeten. Laporan keuangan diwajibkan untuk disusun secara tertib dan disampaikan oleh pemerintah daerah kepada Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) selambatnya tiga bulan setelah tahun anggaran berakhir. Penyiapan dan penyusunan laporan keuangan tersebut memerlukan SDM yang memadai dalam menguasai akuntansi pemerintahan. Hal ini yang menjadi permasalahan pada Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah yaitu kurangnya Sumber Daya Manusia (SDM) yang kompeten baik itu berdasarkan latar belakang pendidikan maupun pengalaman. Sebagaimana dijelaskan pada wawancara Kasubbag Keuangan Dinas Pengelolaan Keuangan Kabupaten Aceh Tengah:
Baca lebih lanjut

13 Baca lebih lajut

Kondisi Peluang dan Tantangan Pembanguna

Kondisi Peluang dan Tantangan Pembanguna

a. Belum adanya regulasi/nota kesepahaman antara pemerintah daerah dengan PLN untuk mempercepat proses pembangunan transmisi listrik. Sebagai contoh adalah dukungan pemda dalam proses pembebasan lahan untuk keperluan pembangunan jaringan transmisi.

5 Baca lebih lajut

3. Kesiapan Pemda dan BLUD dalam Implementasi Akuntansi Berbasis Akrual dan Evaluasi

3. Kesiapan Pemda dan BLUD dalam Implementasi Akuntansi Berbasis Akrual dan Evaluasi

a. Par. 37. Para pengguna Laporan Keuangan perlu membandingkan laporan keuangan dari suatu entitas pelaporan dari waktu ke waktu untuk mengetahui kecenderungan arah (trend) posisi keuangan, kinerja, dan arus kas. Oleh karena itu, kebijakan akuntansi yang digunakan harus diterapkan secara konsisten pada setiap periode.

32 Baca lebih lajut

Prospek dan Tantangan Penerapan Akuntansi Syariah di Indonesia dan Dunia Global

Prospek dan Tantangan Penerapan Akuntansi Syariah di Indonesia dan Dunia Global

Prospek dan Arah Perkembangan Akuntansi Syariah • Seiring dengan perkembangan lembaga bisnis maupun non bisnis yang berlandaskan syariah, maka kebutuhan terhadap akuntansi syariah aka[r]

63 Baca lebih lajut

Rencana Pembangunan dan Rencana Kerja Pemerintah BAB V (141-157)

Rencana Pembangunan dan Rencana Kerja Pemerintah BAB V (141-157)

RPJMD  Provinsi Banten  Tahun  2012­2017 yang merupakan tahapan  ketiga  dari  RPJPD  Provinsi   Banten  Tahun  2005­2025, berorientasi   pada   pembangunan   dan   peningkatan   kompetensi segenap sumber daya yang terdapat di Banten dalam segala bidang, guna   menyiapkan   kemandirian   masyarakat   Banten.   Hal   tersebut akan   dicapai   dengan   menciptakan   aktivitas   ekonomi   yang   efektif dan efisien, menekankan upaya penguatan suprastruktur pelayanan kesehatan   dan   pendidikan,  melanjutkan   pembangunan infrastruktur wilayah, memantapkan revitalisasi infrastruktur yang telah   ada,   meningkatkan   produktivitas   pertanian   dengan memanfaatkan teknologi berkelanjutan,  meningkatkan  kerja  sama antara pemerintah dengan swasta dan masyarakat, meningkatkan kualitas   lingkungan,   meningkatkan   kinerja   pemerintahan   daerah, menyusun   perencanaan   yang   cerdas   dan   mampu   menjawab masalah serta mengantisipasi peluang dan tantangan yang muncul secara cermat dan cerdas.  
Baca lebih lanjut

18 Baca lebih lajut

AKUNTANSI DI BAWAH KONDISI IDEAL KELOMP

AKUNTANSI DI BAWAH KONDISI IDEAL KELOMP

Dibawah kondisi yang ideal dari arus kas masa depan yang diketahui dengan pasti dan tingkat bunga tetap yang bebas risiko dalam ekonomi, memungkinkan untuk menyiapkan laporan keuangan yang relevan dan andal. Proses arbitrase memastikan bahwa nilai pasar dari sebuah aset setara dengan nilai sekarang dari arus kas masa depannya. Nilai pasar perusahaan kemudian adalah nilai aset keuangannya ditambah nilai aset modalnya (dikurangi kewajiban). Laba bersih untuk periode setara arus kas ditambah atau dikurangi perubahan dalam nilai keuangan ini dan aset modal selama periode atau ekuivalen dengan nilai pasar awal perusahaan dikalikan dnegan tingkat bunga. Bagaimanapun juga, meskipun laba bersih dapat dihitung secara sempurna, ia tidak berisi informasi, karena investor dapat dengan mudah menghitungnya sendiri. Seluruh “tindakan” terdapat dalam neraca, yang menunjukkan nilai perusahaan. Karena ketidakrelevansian deviden, keseluruhan kesimpulan ini bebas dari kebijakan deviden perusahaan.
Baca lebih lanjut

20 Baca lebih lajut

Arsip Berkas Edukasi 1 RKJM SMP SMA SMK

Arsip Berkas Edukasi 1 RKJM SMP SMA SMK

Kondisi saat ini Kondisi yang diharapkan empat tahun ke depan Tantangan Sekolah telah/belum memenuhi standar terkait dengan penyediaan alat dan sumber belajar termasuk buku pelajaran [r]

21 Baca lebih lajut

PENUTUP  ANALISIS PERBEDAAN PENERIMAAN PAJAK BUMI DAN BANGUNAN PERDESAAN DAN PERKOTAAN (PBB-P2) SEBELUM DAN SESUDAH BERLAKUNYA UNDANG-UNDANG NOMOR 28 TAHUN 2009 TENTANG PAJAK DAERAH DAN RESTRIBUSI DAERAH (PDRD).

PENUTUP ANALISIS PERBEDAAN PENERIMAAN PAJAK BUMI DAN BANGUNAN PERDESAAN DAN PERKOTAAN (PBB-P2) SEBELUM DAN SESUDAH BERLAKUNYA UNDANG-UNDANG NOMOR 28 TAHUN 2009 TENTANG PAJAK DAERAH DAN RESTRIBUSI DAERAH (PDRD).

Wahyudi, Eddi. 2012. Peluang dan Tantangan Devolusi PBB-P2 Bagi Pemda Kabupaten/Kota di Provinsi Sumbarja. Diakses dari http://eddiwahyudi.com/2012/03/04/studi-kasus-devolusi-pbb-p2-peluang- dan-tantangan-bagi-pemda-kabupatenkota-di-provinsi-sumbarja/, pada tanggal 16 Maret 2015.

4 Baca lebih lajut

PENGARUH KINERJA DAN KARAKTERISTIK PEMDA TERHADAP PENGUNGKAPAN PADA WEBSITE PEMDA   PENGARUH KINERJA DAN KARAKTERISTIK PEMDA TERHADAP PENGUNGKAPAN PADA WEBSITE PEMDA.

PENGARUH KINERJA DAN KARAKTERISTIK PEMDA TERHADAP PENGUNGKAPAN PADA WEBSITE PEMDA PENGARUH KINERJA DAN KARAKTERISTIK PEMDA TERHADAP PENGUNGKAPAN PADA WEBSITE PEMDA.

Penulis amat berharap agar skripsi ini bermanfaat bagi pembaca untuk menambah wawasan khususnya dalam bidang akuntansi sektor publik. Penulis menyadari bahwa penyelesaian skripsi ini tidak lepas dari berbagai bantuan baik secara langsung maupun tidak langsung. Oleh karena itu, dalam kesempatan ini penulis ingin mengucapkan terima kasih kepada:

16 Baca lebih lajut

BAB II KAJIAN TEORI A. Masalah Matematika - Setyaning Wulan Laras Astuty BAB II

BAB II KAJIAN TEORI A. Masalah Matematika - Setyaning Wulan Laras Astuty BAB II

Jadi, dapat disimpulkan bahwa masalah matematika adalah suatu pertanyaan atau kondisi yang menunjukkan adanya suatu tantangan tetapi penyelesaiannya tidak bisa diperoleh secara langsun[r]

17 Baca lebih lajut

(.doc) Contoh RPS (Rencana Pengembangan Sekolah) Terbaru

(.doc) Contoh RPS (Rencana Pengembangan Sekolah) Terbaru

Pada bagian ini diisi dengan deskripsi kondisi nyata hasil evaluasi program yang telah dilaksanakan dan dan deskripsi kondisi yang sekolah harapkan pada siklus jangka menengah maupun siklus tahunan sebagai Rintisan SMA Bertaraf Internasional (R-SMA-BI) menuju Sekolah Bertaraf Internasional: Sekolah perlu mendefiniskan mutu lulusan yang diharapkannya, mendeskripsikan proses yang akan siswa lalui agar mereka menjadi seperti yang sekolah harapkan, dan merumuskan materi wajib siswa kuasai. Tantangan nyata sekolah minimal menghasilkan mutu lulusan yang sama dengan sekolah unggul pada taraf lokal, nasional, dan global.
Baca lebih lanjut

11 Baca lebih lajut

KEBIJAKAN AKUNTANSI BIAYA KONDISI AWAL S

KEBIJAKAN AKUNTANSI BIAYA KONDISI AWAL S

Terdapat 2 kategori, yaitu beban dan belanja sebagai konsekuensi dari diterapkannya metode akrual dalam sistem akuntansi pemerintah. Sejalan dengan hal tersebut, maka kita diharuskannya mencatat secara ganda (jurnal LRA dan jurnal LO). Dalam LRA disebut sebagai belanja, sedangkan dalam LO disebut sebagai “belanja”.

5 Baca lebih lajut

Penjelasan RKS dan RKAS SSN 2010 Penjela

Penjelasan RKS dan RKAS SSN 2010 Penjela

Analisis pengidentifikasian tantangan nyata (KESENJANGAN KONDISI) antara kondisi pendidikan saat ini terhadap kondisi pendidikan empat tahun ke depan, khususnya ditinjau dari delapan (8) aspek SNP, dimana sekolah sebagai SSN atau SSN yang akan menuju SBI. Dalam mengidentifikasi tantangan nyata, maka diusahakan bersifat kuantitatif dan terukur. Untuk menghasilkan besarnya tantangan nyata yang terukur tersebut, maka dalam analisis pendidikan masa datang dalam tiap aspek SNP adalah menggunakan pedoman kepada: kriteria, standar, spesifikasi, dan lainnya dari peraturan perundangan yang berlaku atau kalau belum diatur secara eksplisit dapat menggunakan dasar-dasar konsep pendidikan yang ideal. Selisih antara kondisi ideal tiap aspek SNP terhadap kondisi nyata tiap aspek SNP adalah merupakan besarnya tantangan nyata yang harus diatasi sekolah.
Baca lebih lanjut

40 Baca lebih lajut

Penyusunan Rencana Kerja Sekolah.

Penyusunan Rencana Kerja Sekolah.

Kondisi saat ini Kondisi yang diharapkan Empat tahun ke depan Persentase Tantangan 1 Standar Isi: Kurikulum Standar Isi:... JUKNIS PENYUSUNAN RENCANA KERJA SEKOLAH DI SMA No.[r]

17 Baca lebih lajut

Akuntansi keuangan daerah

Akuntansi keuangan daerah

Menurut sistem ini, pada dasarnya suatu transaksi ekonomi akan dicatat dua kali. Pencatatan dengan sistem ini disebut dengan istilah  menjurnal . Dalam pencatatan tersebut, sisi Debit berada di sebelah kiri sedangkan sisi Kredit berada di sebelah kanan. Setiap pencatatan harus menjaga keseimbangan persamaan dasar akuntansi. Persamaan dasar akuntansi merupakan alat bantu untuk memahami sistem pencatatan ini. Persamaan dasar akuntansi tersebut berbentuk sebagai berikut:

10 Baca lebih lajut

4. Forum Bidang Ilum Akt.Syariah  Akhyar Adnan

4. Forum Bidang Ilum Akt.Syariah Akhyar Adnan

TANTANGAN YANG DIHADAPI • Persepsi tentang Akuntansi Syariah itu sendiri dari berbagai pihak yang ada: • Persepsi ini tidak berdiri sendiri, tetapi merupakan akibat dari sebuah sebab l[r]

13 Baca lebih lajut

MODUL 1 KONSEP DAN SIKLUS AKUNTANSI PEMDA

MODUL 1 KONSEP DAN SIKLUS AKUNTANSI PEMDA

Pada tahun 2010, pemerintah menerbitkan Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2010 tentang Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP) untuk meningkatkan kualitas pertanggungjawaban kinerja pemerintah. Perubahan yang sangat nyata dari SAP sebelumnya yang diatur oleh Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2005 adalah diwajibkannya penggunaan akuntansi berbasis akrual (accrual) oleh pemerintah, termasuk pemerintah daerah, dari yang sebelumnya menggunakan akuntansi berbasis kas menuju akrual (cash toward accrual). Perubahan basis akuntansi ini tidak serta merta muncul karena sebenarnya sudah disyaratkan oleh peraturan perundang-undangan sebelumnya yaitu pada pasal 1 Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2003 dijelaskan bahwa: 1. Pendapatan negara/daerah adalah hak pemerintah pusat/daerah
Baca lebih lanjut

88 Baca lebih lajut

DI MANA POSISI PEMDA docx

DI MANA POSISI PEMDA docx

Mengikuti perkembangan kabupaten-kabupaten di NTT, memberi kesan Pemda kita sama sekali tidak bergairah meningkatkan pembangunan di daerahnya. Obsesi menangguk untung di balik jabatan, jauh lebih dahsyat dibanding itikad baik menjadi penyalur kepentingan rakyat. Obsesi yang bukan hanya salah, melainkan juga sangat berbahaya. Awasan Thucydides, bahwa yang kuat akan melakukan apapun yang bisa mereka lakukan, sementara yang lemah akan menanggung apapun yang mesti mereka derita, nyaris menjelma sempurna di Flobamorata. Yang kuat pelesir ria, berpose dengan latar menara Eiffel di Perancis, sementara yang lemah tikam kepala cari duit sebagai TKI hingga tersandera pasukan Abu Sayyaf di laut Filipina. Yang kuat berlaku merakyat menjelang Pilkada dan Pileg, lalu seketika berubah jadi predator berbahaya pasca menang.
Baca lebih lanjut

4 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...